brand merek: Toyota

  • Cuma Jual 1 Model Mobil

    Cuma Jual 1 Model Mobil

    Jakarta

    Denza masuk dalam jajaran merek mobil terlaris di Indonesia periode Maret 2025. Padahal secara portofolio produk, Denza hanya menjajakan satu model di Indonesia.

    Denza menorehkan catatan positif dalam tiga bulan pertama tahun 2025. Pada bulan ketiga misalnya, Denza merangsek daftar 10 besar merek mobil terlaris di Indonesia.

    Berdasarkan data penjualan retail yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Maret 2025, Denza bertengger di posisi kesepuluh. Sementara pada data penjualan wholesales, Denza menghuni posisi ke-12.

    Secara total pada kuartal pertama tahun ini, Denza sudah mendistribusikan 2.524 unit ke dealer-dealernya sementara yang dikirim ke garasi konsumen tercatat 2.320 unit. Menariknya, ribuan unit penjualan itu hanya ditopang satu model. Seperti diketahui, Denza saat ini baru menawarkan MPV premium D9 yang menghuni satu segmen bersama Toyota Alphard, Toyota Vellfire, Lexus LM350, dan beberapa model lainnya.

    Meski cuma satu model, torehan tersebut tentu jadi catatan positif tersendiri. Sebagai perbandingan dengan merek-merek lainnya, catatan penjualan itu disumbang oleh beberapa model.

    Sebagai perbandingan dengan rival-rivalnya, distribusi Denza pada Maret 2025 ini memang yang paling unggul. Denza mencatatkan distribusi sebanyak 1.587 unit, sementara Alphard 255 unit, Vellfire 55 unit, Lexus LM350h 131 unit, dan Hyundai Staria 12 unit.

    Spesifikasi Denza D9

    Dari sisi harga, Denza D9 cukup memikat. MPV premium ini dibanderol di bawah Rp 1 miliar. Harga untuk OTR Jakarta yaitu Rp 950 juta. Jarak tempuh yang ditawarkan juga cukup jauh yaitu hingga 620 km. Mengecas baterai Denza D9 pun tak butuh waktu lama, dari 0 ke 80 persen cuma butuh waktu 7 menit menggunakan pengisian daya DC fast charging. Di sisi lain BYD mengklaim dapat mengisi daya baterai berjarak 243 kilometer cuma dalam 15 menit.

    Di balik desain box premium, Denza D9 menawarkan performa melalui platform e-Platform 3.0. Motor yang dipadukan dengan Blade Battery memberikan jangkauan hingga 600 km dan dengan pengisian cepat 166 kW, dapat menempuh jarak 150 km hanya dalam 10 menit. Spesifikasi baterainya itu sama seperti yang ditawarkan di China.

    Denza D9 untuk menggoda konglomerat Tanah Air hadir dengan berbagai pilihan warna eksterior seperti Arctic White, Cosmos Black, Whale Sea Blue, dan Harbour Grey. Sedangkan untuk interiornya, Denza D9 memiliki pilihan warna Beige dan Brown menambah daya tarik visualnya.

    (dry/din)

  • Fix No Debat, Ini Bukti Innova Diesel Matic Masih Jadi Primadona

    Fix No Debat, Ini Bukti Innova Diesel Matic Masih Jadi Primadona

    Jakarta

    Toyota Kijang Innova menjadi mobil paling laris sepanjang Januari-Maret 2025. Model yang paling diminati masyarakat Indonesia adalah Innova Reborn diesel matic.

    Pamor Kijang Innova Reborn Diesel Matic yang masih oke tercermin dari data wholesales (distribusi pabrik ke dealer) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) Januari-Maret 2025. Sebanyak 46,67 persen Kijang Innova Reborn diesel matic mengambil porsi penjualan, lebih laris daripada Kijang Innova Zenix.

    Kijang Innova Reborn dan Zenix terdistribusi sebanyak 16.532 unit pada kuartal pertama 2025, Innova Reborn diesel matic menyumbang 7.712 unit, Zenix Hybrid sebanyak 2.738 unit, dan Zenix non hybrid sebanyak 6.082 unit.

    Sebagai informasi, mesin diesel memang hanya tersemat pada Innova Reborn. Di Innova Zenix keseluruhan mengusung mesin bensin. Pada beberapa varian, mesin bensin itu dipadukan dengan teknologi hybrid sehingga membuatnya lebih irit dalam konsumsi BBM.

    Selain desain Innova Reborn yang masih kelihatan MPV, mobil ini juga bertahan pada penggerak roda belakang (rear wheel drive).

    Sementara itu, Toyota Kijang Innova Zenix kini menggunakan platform Toyota New Generation Architecture (TNGA). Toyota Kijang generasi ketujuh di Indonesia ini mengadopsi platform TNGA: GA-C dengan struktur monokok. Platform ini menggantikan struktur ladder on frame pada Kijang sebelumnya. Toyota Kijang Innova Zenix juga beralih menggunakan penggerak roda depan (FWD).

    Kijang Innova Zenix versi bensin mengusung mesin 2.000 cc berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine. Mesin berkapasitas 1.987 cc empat silinder dual VVT-i ini menghasilkan tenaga hingga 174 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 204,9 Nm. Sementara varian hybrid menggabungkan mesin TNGA 2.000 cc M20A-FXS (152 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm) dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Hasilnya, tenaga gabungan mencapai 186 PS.

    Sebagai perbandingan, Toyota Kijang Innova Reborn diesel dilengkapi dengan mesin berkode 2GD FTV dengan empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm.

    (riar/din)

  • Harta Kekayaan Gubernur Kalteng, Bicara Belepotan, Komika yang Roasting Diintimidasi Ormas

    Harta Kekayaan Gubernur Kalteng, Bicara Belepotan, Komika yang Roasting Diintimidasi Ormas

    PIKIRAN RAKYAT – Simak harta kekayaan Agustiar Sabran Gubernur Kalteng (Kalimantan Tengah) yang dianggap bicara terbata-bata alias belepotan. Sang gubernur kemudian terkena roasting dari seorang komika bernama Saif Hola di media sosial.

    Videonya viral hingga publik mencari video aslinya yang ternyata ada di kanal YouTube salah satu media massa nasional. Banyak di antara warganet menyayangkan retorika Agustiar Sabran yang dinilai buruk karena tidak bisa berbicara di depan wartawan.

    “Pentingnya memiliki otak yang cemerlang dan etika yang luhur sebagai bekal untuk menjadi kepala daerah yang professional,” kata akun YouTube @adr***

    “Bisa-bisanya masyarakat kalteng, milih gabener kayak gini, ngomong balepotan, cuma menang uang saja,” tulis akun @Cen***

    “Bapaknya yang ngomong, aku yang denger jadi malah kumur2 air liur keluar,” ujar akun @mva***

    “Seangkatan Dustin (artis Dustin Tiffany yang bicaranya terbata-bata,” kata akun @syu***

    Saat itu, Gubernur Kalteng sedang menjelaskan komitmen mendukung program Presiden Prabowo Subianto, salah satunya soal swasembada pangan. Menurutnya, Kalimantan Tengah memiliki potensi besar untuk mewujudkan hal tersebut.

    Kronologi intimidasi terhadap komika Saif Hola yang membuat video parodi roasting terhadap Gubernur Kalteng Agustiar Sabran akibat gaya bicaranya yang terbata-bata dan belepotan. Kolase foto Facebook

    Kronologi roasting terhadap Agustiar Sabran yang berujung intimidasi

    Berikut kronologi selengkapnya dari kasus tersebut:

    Agustiar Sabran dilantik Presiden Prabowo Subianto sebagai Gubernur Kalimantan Tengah pada Kamis, 20 Februari 2025 di Istana Negara Agustiar diwawancara media massa nasional seusai pelantikan Sang gubernur terlihat terbata-bata dan kurang jelas artikulasi bicaranya Komika Saif Hola membuat video parodi terkait gaya bicara Agustiar Sabran, dalam video itu, ia berperan sebagai wartawan yang seolah-olah sedang mewawancara sang Gubernur Kalteng Saif Hola mengunggah videonya di TikTok dengan username @saif_hola Video Saif Hola tentang roasting Agustiar Sabran viral di media sosial hingga diunggah ulang di Facebook dan X (Twitter)
    Akibat video parodi itu, rumah dan tempat usaha Saif didatangi sekelompok orang diduga ormas untuk melakukan intimidasi Saif Hola saat itu tidak berada di tempat Kelompok diduga ormas itu menyebut Saif adalah pendatang yang melakukan pelecehan terhadap Gubernur Kalteng Pihak yang menggeruduk dan diduga melakukan intimidasi terhadap Saif Hola berencana lapor polisi atas dugaan pelecehan melalui video roasting tersebut Saif Hola minta maaf kepada Guberjur Kalteng Agustiar Sabran, keluarga, jajaran pemerintahan, wartawan, dan relawan pendukung didampingi ormas Lembaga Swadaya Rakyat (LSR) Harta kekayaan Agustiar Sabran Tanah Seluas 1.882 m2 di KAB / KOTA KOTAWARINGIN BARAT, HASIL SENDIRI, Rp7.000.000.000 Tanah dan Bangunan Seluas 344 m2/200 m2 di KAB / KOTA KOTAWARINGIN BARAT, HASIL SENDIRI, Rp4.500.000.000

    Total tanah dan bangunan: Rp11.500.000.000

    Daftar mobil milik Agustiar Sabran MOBIL, LEXUS LEXUS LX 570 4X4 A/T Tahun 2016, HASIL SENDIRI, Rp2.550.000.000 MOBIL, TOYOTA LCRUISERER 200VXR 4X4AT Tahun 2017, HASIL SENDIRI, Rp2.175.000.000 MOBIL, TOYOTA ALPHARD 3.5Q A/T Tahun 2016, HASIL SENDIRI, Rp904.700.000 MOBIL, JEEP GLADIATOR RUBICON 3.6 DOUBLE CABIN A/T Tahun 2020, HASIL SENDIRI, Rp1.400.000.000 Total kendaraan: Rp7.029.700.000 Daftar harta lainnya milik Agustiar Sabran HARTA BERGERAK LAINNYA: Rp481.000.000 KAS DAN SETARA KAS: Rp120.884.240.000 HARTA LAINNYA: Rp39.041.590.000

    Total harta kekayaan: Rp178.936.530.000

    Demikian harta kekayaan Agustiar Sabran, Gubernur Kalteng yang bicara belepotan. Muncul video parodi roasting terhadap dirinya oleh seorang komika bernama Saif Hola, Saif kemudian digeruduk, mendapat intimidasi, dan dituntut minta maaf oleh ormas.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Peringati Hari Kartini 21 April, Transjakarta Tetapkan Tarif Rp 1 untuk Perempuan – Page 3

    Peringati Hari Kartini 21 April, Transjakarta Tetapkan Tarif Rp 1 untuk Perempuan – Page 3

    Sebelumnya, PT Toyota Astra Motor (TAM) berkolaborasi dengan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), menjalankan proyek penamaan halte (naming rights), Halte Pasar Senen menjadi Halte Senen Toyota Rangga.

    Inisiatif ini sejalan dengan langkah strategis jenama asal Jepang untuk mendukung peningkatan solusi mobilitas yang relevan di perkotaan, meningkatkan perputaran ekonomi lokal, mempermudah akses transportasi umum, sekaligus memperkenalkan kendaraan niaga serbaguna terbaru Hilux Rangga sebagai solusi mobilitas yang dapat mendukung berbagai sektor usaha.

    Halte Pasar Senen dipilih karena memiliki peran penting sebagai salah satu pusat aktivitas perekonomian, sosial, dan mobilitas masyarakat Jakarta.

    Pasar Senen yang telah ada sejak 1733, merupakan simbol dari semangat kewirausahaan dan kerja keras pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang sejalan dengan semangat Multi Solution for All dari Hilux Rangga.

    Pemberian nama baru halte ini bukan hanya sebagai media branding, tetapi juga sebagai bentuk kontribusi dalam menciptakan ekosistem transportasi publik yang terintegrasi, nyaman, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat urban masa kini.

    “Melalui inisiatif ini, Toyota ingin hadir lebih dekat di titik-titik mobilitas masyarakat dan menjadi bagian dari perjalanan usaha mereka sehari-hari,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily, dalam keterangan resmi, Jumat (18/4/2025).

    Sementara itu, Toyota Rangga merupakan kendaraan niaga serbaguna dengan desain modular yang dapat disesuaikan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari logistik, kuliner, layanan publik, hingga solusi usaha kreatif.

  • Indonesia Bisa Lebih Cepat Adopsi Mobil Hidrogen

    Indonesia Bisa Lebih Cepat Adopsi Mobil Hidrogen

    Jakarta

    PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menilai adopsi mobil hidrogen di Indonesia bisa lebih cepat dari Jepang. Pasalnya Indonesia tidak memulai teknologi hidrogen dari nol.

    “Sekali lagi butuh studi, menurut Prof Eniya minimal 10 tahun. Mudah-mudahan bisa lebih cepat,” kata Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Nandi Julyanto, belum lama ini.

    Dia melanjutkan kunci percepatan adopsi teknologi mobil hidrogen di Indonesia terletak pada dukungan kebijakan pemerintah, ketersediaan bahan baku, dan pembangunan ekosistem yang mendukung.

    “Karena kita nggak dari nol kan. Kalau di Jepang dari nol. Sekarang produknya sudah ada. Infra-nya tinggal copy. Tinggal sekarang kebijakan, kemudian ketersediaan bahan baku, kalau itu tersedia ekosistem ada, otomatis akan jalan,” tambah dia.

    Toyota sudah membangun Hydrogen Refueling Station dengan modal Rp 34 miliar, meski kala itu belum muncul roadmap soal hidrogen. Satu dekade yang lalu, Toyota mulai mendatangkan mobil hidrogen (Toyota Mirai) ke Indonesia. Kemudian muncul Mirai FCEV generasi kedua pada 2024, dan paling anyar adalah Crown FCEV pada 2025.

    “Kita sangat menghargai. Dengan adanya roadmap itu sekarang punya arah yang jelas,” kata Nandi.

    “Tapi kita sudah mendahului walaupun belum ada roadmap, kita sudah bangun infrastruktur, sudah ada studi car, edukasi. Sekarang roadmap sudah jelas, nanti kita lihat dulu roadmap seperti apa, kita akan follow roadmap tersebut,” tambah dia.

    Kini, pemerintah lewat Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral menerbitkan roadmap hidrogen dan amonia nasional (RHAN).

    Dalam RHAN, proyeksi pertumbuhan pemanfaatan hidrogen khusus sektor transportasi dibagi tiga fase:

    Fase Inisiasi (2025-2034), sektor transportasi memulai dengan proyek percontohan dan komersialisasi stasiun pengisian bahan bakar hidrogen serta kendaraan bus dan truk beban berat berbasis hidrogenPengembangan dan Integrasi (2035-2045), penggunaan hidrogen dalam transportasi semakin meningkat dengan proyek pilot untuk mobil fuel cell dan transportasi laut berbasis fuel cell.Akselerasi dan Berkelanjutan (2051-2060), teknologi fuel cell terus dioptimalkan dan diperbaiki untuk kendaraan listrik. Penggunaan hidrogen dalam transportasi diharapkan mencapai skala besar, dengan peningkatan jumlah kendaraan berbasis hidrogen
    Peta jalan itu juga membagi membagi transportasi berbahan bakar hidrogen menjadi tiga, FCEV (Fuel Cell Electric Vehicles), kapal laut, dan kereta api dari tahun 2030 hingga 2060.

    Lebih lanjut, pemanfaatan hidrogen diproyeksikan mencapai 438 ton per tahun pada 2030 yang digunakan oleh 3 ribu unit mobil. Pemanfaatan tersebut diproyeksikan akan meningkat mencapai 530 ribu ton per tahun dengan 3,6 juta unit mobil FCEV pada tahun 2060.

    “Tentu kalau kita bicara komersialisasi ujungnya adalah konsumen. Konsumen ini pasti mau biaya yang paling tidak sama biaya yang sekarang,” kata Nandi.

    (riar/lua)

  • Kecelakaan Kijang Vs Bus Bagong di Jombang: 8 Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

    Kecelakaan Kijang Vs Bus Bagong di Jombang: 8 Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

    Jombang (beritajatim.com) – Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sebuah mobil Toyota Kijang dan bus PO Bagong terjadi di Jalan Raya Desa Kayen, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Minggu (20/4/2025).

    Akibat insiden tersebut, delapan orang terluka. Rinciannya, satu orang mengalami luka berat dan tujuh lainnya luka ringan. Kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp 25 juta.

    Kanit Gakkum Satlantas Polres Jombang, Ipda Siswanto menjelaskan kronologi kecelakaan yang terjadi pada jalur selatan ke utara tersebut. “Awalnya mobil Toyota Kijang nopol S 1940 DU melaju dari selatan ke utara. Diduga kurang menjaga jarak, kendaraan tersebut menabrak pantat bus Bagong nopol N 7311 UI yang berjalan di depannya. Maka terjadilah kecelakaan itu,” ujarnya.

    Toyota Kijang dengan nomor polisi S 1940 DU dikemudikan oleh Soekardjo (58), seorang pensiunan PNS asal Jl. Dr Sutomo GG Kecamatan II/5, Kelurahan Jombatan, Kecamatan/Kabupaten Jombang. Ia mengalami luka dan saat ini sedang dirawat di RSUD Kabupaten Jombang. Seluruh korban luka dilarikan ke RSUD Kabupaten Jombang untuk mendapatkan perawatan medis.

    Sementara itu, bus Hino PO Bagong dengan nomor polisi N 7311 UI dikemudikan oleh Eko Bagus Nurianto (42), warga Kediri, tidak mengalami luka. Pihak kepolisian juga telah memeriksa dua orang saksi, yakni Akhirudin Lubis (35), warga Desa Gondangmanis, dan Fadla Novan (28), warga Desa Sambiroto, Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk.

    Satlantas Polres Jombang saat ini masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan penyebab pasti kecelakaan serta memastikan keselamatan seluruh pengguna jalan di wilayah hukum Kabupaten Jombang. [suf]

    Selain sopir Kijang, berikut nama korban akibat kecelakaan tersebut:

    1. Mulyadi (58), penumpang depan kiri, mengalami luka dan dirawat
    2. Ilvi Laili Hayati (58), penumpang kursi tengah kiri, mengalami luka
    3. Maslikhah (58), penumpang tengah kursi tengah, mengalami luka
    4. Musrifam (58), penumpang kanan kursi tengah, mengalami luka

    5. Suhartono (58), penumpang kiri kursi belakang, mengalami luka
    6. Irsyad (58), penumpang tengah kursi belakang, mengalami luka
    7. Irfan Zakariyah (58), penumpang kanan kursi belakang, mengalami luka

  • Merek Mobil China Melejit di Indonesia, Ada yang Naik 500 Persen!

    Merek Mobil China Melejit di Indonesia, Ada yang Naik 500 Persen!

    Jakarta

    Sejumlah merek mengalami penurunan penjualan per Maret 2025, meski begitu mayoritas brand China mengalami kenaikan, antara lain BYD, Chery, Denza, Aion, DFSK, Geely, Neta, Baic, dan Haval.

    Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil secara wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) per Maret 2025, angka wholesales penjualan mobil di Indonesia mencapai 70.892 unit, turun dibandingkan bulan lalu yang jumlahnya 72.336 unit. Sementara retail sales-nya naik 9,6 persen dari 69.872 unit menjadi 76.582 unit.

    Hal senada juga terjadi pada akumulasi tiga bulan pertama 2025, pasar otomotif Indonesia mengalami penurunan dibanding periode yang sama tahun lalu.

    Wholesales Januari-Maret 2025: 205.160 unit, turun 4,7% (10.090 unit) dari tahun lalu.Retail sales Januari-Maret 2025: 210.483 unit, turun 8,9% (20.554 unit) dari tahun lalu

    Toyota masih memimpin penjualan otomotif secara nasional. Toyota mencatatkan penjualan wholesales sebanyak 22.476 unit pada Februari 2025 atau turun 1.921 unit dari bulan sebelumnya. Sementara retail sales-nya, Toyota sudah mendistribusikan 24.614 unit atau naik 10,3 persen dari Maret.

    Daihatsu menempati urutan kedua dengan wholesales 13.057 unit. Merek ini mengalami kenaikan dari bulan lalu yang mencapai 11.959. Sementara retail sales, Daihatsu mencatat 13.111 unit atau naik 4,9 persen dari bulan Februari.

    Honda melengkapi tiga besar sebagai brand terlaris di Indonesia. Angka wholesales-nya mencapai 6.303 unit atau minus 28 persen dari bulan lalu. Namun sebanyak 8.165 unit terdistribusi retail sales pada Maret 2025. Honda mengalami tren kenaikan 5,3 persen.

    Merek China yang mengalami kenaikan signifikan adalah BYD. Brand mobil listrik itu mengalami kenaikan 129,1 persen pada Maret 2025. Secara wholesales, BYD mencatat penjualan 3.205 unit, padahal bulan lalu BYD mendistribusikan 1.399 unit. Kemudian retail sales, BYD sudah mengirim 2.870 unit atau naik 1.382 unit dibanding bulan sebelumnya.

    Brand lain yang mengalami lonjakan signifikan adalah AION. Merek itu naik 503,1 persen dibanding bulan sebelumnya. Per Maret 2025, AION mendistribusikan 959 unit, sementara Februari, AION cuma mendistribusikan 159 unit.

    Wuling yang menempati posisi 10 sebagai mobil terlaris di Indonesia mencatatkan penjualan sebanyak 1.850 unit per Maret 2025. Performa itu turun 4,4 perseen dibandingkan bulan sebelumnya.

    Chery yang berada di posisi 11 naik 24,6 persen dari bulan sebelumnya. Chery mendistribusikan 1.829 unit.

    DFSK juga naik 86 persen dari bulan lalu. Penjualan DFSK pada Februari mencapai 79 unit, sebulan kemudian naik menjadi 147 unit.

    Brand China lain seperti Geely naik 166,7 persen (dari 66 unit menjadi 176 unit), Tank naik 52,9 persen (dari 70 menjadi 107 unit), Neta naik 3,8 persen (dari 53 menjadi 55 unit), Baic naik 13,7 persen (dari 51 unit menjadi 58 unit), Haval naik 54,1 persen (dari 37 unit menjadi 57 unit).

    Penjualan mobil di Indonesia mengalami kelesuan di awal tahun 2025. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengungkap biang kerok penjualan selama kuartal pertama 2025.

    “Daya beli masyarakat dan minat beli belum ada,” kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi di Jakarta Pusat, Rabu (15/5/2025).

    15 Merek Mobil Terlaris Maret 2025

    Wholesales

    1. Toyota: 22.476 unit
    2. Daihatsu: 13.057 unit
    3. Honda: 6.303 unit
    4. Mitsubishi Motors: 5.769 unit
    5. Suzuki: 4.442 unit
    6. Hyundai: 2.424 unit
    7. Isuzu: 1.802 unit
    8. Mitsubishi Fuso: 1.604 unit
    9. BYD: 3.205 unit
    10. Wuling: 1.850 unit
    11. Chery: 1.829 unit
    12. Hino: 1.193 unit
    13. Denza: 1.587 unit
    14. AION: 959 unit
    15. Mazda: 281 unit

    Retail Sales

    1. Toyota: 24.514 unit
    2. Daihatsu: 13.111 unit
    3. Honda: 8.165 unit
    4. Mitsubishi Motors: 6.372 unit
    5. Suzuki: 5.006 unit
    6. Hyundai: 2.354 unit
    7. Hino: 2.083 unit
    8. Mitsubishi Fuso: 1.929 unit
    9. Isuzu: 2.007 unit
    10. Wuling: 1.725 unit
    11. BYD: 2.870 unit
    12. Chery: 1.521 unit
    13. Denza: 1.801 unit
    14. AION: 712 unit
    15. Mazda: 313 unit

    (riar/lua)

  • Harta Kekayaan Arif Suhartono, Dirut Pelindo Pelabuhan Tanjung Priok yang Macet Parah

    Harta Kekayaan Arif Suhartono, Dirut Pelindo Pelabuhan Tanjung Priok yang Macet Parah

    PIKIRAN RAKYAT – Simak harta kekayaan Arif Suhartono, Dirut Pelindo BUMN pengelola Pelabuhan Tanjung Priok. Sebelumnya, pelabuhan itu mengalami macet parah pada Rabu malam, 16 April 2025 sampai Kamis pagi, 17 April 2025.

    Arif Suhartono tak sendirian memimpin PT Pelabuhan Indonesia (Persero). Ia didampingi Wakil Direktur Utama Hambra, Direktur Keuangan Mega Satria, Direktur SDM dan Umum Ihsanuddin Usman, Direktur Strategi Prasetyo, Direktur Investasi Boy Robyanto, dan Direktur Pengelola Putut Sri Muljanto.

    Selain Pelabuhan Tanjung Priok, beberapa pelabuhan lain yang dikelola Pelindo di Regional II adalah Cirebon dan Ciwandan (Cilegon, Banten) di Pulau Jawa. Pelabuhan di regional yang sama berlokasi di Sumatera Barat sampai Pontianak, Kalimantan Barat.

    Pelabuhan Tanjung Priok macet parah

    Pelabuhan Tanjung Priok yang dikelola BUMN PT Pelindo macet parah pada Rabu malam, 16 April 2025 lalu. Direktur Utama Arif Suhartono menjelaskan pada dua hari kemudian yakni pada Jumat, 18 April 2025 tentang alasan di balik peristiwa yang meresahkan masyarakat tersebut.

    “Penyebab utama dari kemacetan tersebut adalah meningkatnya jumlah kendaraan yang akan mengambil dan mengirim peti kemas, khususnya ke terminal NPCT1. Yang biasanya hanya 2.500 kendaraan, saat ini mencapai lebih dari 4.000,” ujarnya pada Jumat, 18 April 2025.

    Tak hanya itu, Arif juga menyebut pihaknya membatasi jumlah kontainer yang akan masuk dan keluar. Hal itu akan dilakukannya sampai situasi normal kembali.

    Pelabuhan Tanjung Priok macet parah, simak harta kekayaan Arif Suhartono Dirut Pelindo BUMN yang mengelola pelabuhan tersebut. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/rwa.

    Gubernur Jakarta sampai minta maaf

    Gubernur Jakarta Pramono Anung menyampaikan permohonan maaf atas kasus macet parah di Pelabuhan Tanjung Priok tersebut. Hal itu disampaikannya pada Sabtu, 19 April 2025 di Balai Kota DKI Jakarta.

    “Saya ingin menyampaikan bahwa peristiwa ini sungguh membuat saya resah. Untuk itu, secara khusus, saya ingin menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya,” ujarnya kepada wartawan Pikiran-rakyat.com, Boy Darmawan.

    “Sehingga mengalami kemacetan lalu lintas dan akhirnya saya juga baru tahu tadi pagi dari Kepala Dinas Perhubungan. Bukan lagi 4.000 tetapi menjadi 7.000 truk per hari. Ini menunjukkan bahwa ketidakprofesionalan pengelola yang ada di Tanjung Priok,” katanya melanjutkan.

    Harta kekayaan Arif Suhartono Dirut Pelindo

    Arif Suhartono terakhir kali lapor harta kekayaan pada 15 April 2024 (periode 2023). Sedangkan dokumen LHKPN untuk harta periode 2024 tidak ditemukan di website resmi e-lhkpn KPK menurut pantauan Pikiran-rakyat.com hari ini, Minggu 20 April 2025 pukul 10.30 WIB. Berikut rincian hartanya periode 2023:

    Tanah dan Bangunan Seluas 500 m2/340 m2 di KAB / KOTA BEKASI, HASIL SENDIRI, Rp1.250.000.000 Tanah dan Bangunan Seluas 170 m2/54 m2 di KAB / KOTA BEKASI, HASIL SENDIRI, Rp500.000.000 Tanah dan Bangunan Seluas 248 m2/220 m2 di KAB / KOTA BEKASI, HASIL SENDIRI, Rp1.250.000.000 Bangunan Seluas 22.75 m2 di KAB / KOTA KOTA DEPOK, HASIL SENDIRI, Rp570.700.000 Tanah Seluas 1000 m2 di KAB / KOTA KOTA BEKASI, HASIL SENDIRI, Rp3.500.000.000 Tanah Seluas 10000 m2 di KAB / KOTA BOGOR, HASIL SENDIRI, Rp500.000.000 Tanah dan Bangunan Seluas 667 m2/250 m2 di KAB / KOTA BEKASI, HASIL SENDIRI, Rp8.050.000.000

    Total tanah dan bangunan: Rp15.620.700.000

    Daftar kendaraan milik Arif Suhartono MOTOR, HONDA SEPEDA MOTOR Tahun 2011, HASIL SENDIRI, Rp2.500.000 MOBIL, TOYOTA ALPHARD G 2.5 PUTIH Tahun 2022, HASIL SENDIRI, Rp1.300.000.000 MOBIL, HONDA HONDA HR-V 1.5L SE CVT Tahun 2023, HASIL SENDIRI, Rp390.100.000

    Total kendaraan: 1.692.600.000

    Daftar harta lainnya milik Arif Suhartono HARTA BERGERAK LAINNYA: Rp1.258.635.500 SURAT BERHARGA: Rp7.528.289.071 KAS DAN SETARA KAS: Rp3.372.977.386 HARTA LAINNYA: Rp5.500.000.000

    Total harta kekayaan: Rp34.973.201.957

    Demikian harta kekayaan Arif Suhartono Dirut Pelindo pengelola Pelabuhan Tanjung Priok. Pelabuhan itu sempat macet parah sehingga meresahkan masyarakat pada Rabu-Kamis 16-17 April 2025 lalu.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Honda Fit Terbaru Siap Meluncur di China, Kok Tampangnya Begini?

    Honda Fit Terbaru Siap Meluncur di China, Kok Tampangnya Begini?

    Jakarta

    Honda Fit siap dipasarkan di China dengan tampilan eksterior yang jauh berbeda dari Honda Fit yang dijual di Jepang. Jika Honda Fit versi Jepang punya desain lampu depan yang ‘belo’, maka Fit versi China ini justru punya tampilan lampu depan yang terpisah dan sipit.

    Dikutip dari Carscoops, foto-foto calon Honda Fit terbaru dibocorkan oleh Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China. Foto-foto memperlihatkan mobil ini telah didesain ulang, sehingga hampir tidak menyerupai model sebelumnya. Sepintas, mobil ini malah terlihat lebih mirip Toyota Yaris ketimbang Honda Fit versi sebelumnya.

    Honda Fit versi China (atas) dan versi Jepang (bawah) Foto: Carscoops

    Dari bagian fascia, model lampu ‘belo’ yang sebelumnya menyatu dengan fungsi lampu depan, lampu DRL, dan lampu sein, kini susunannya digantikan. Pada Fit model anyar, lampu utamanya dibikin terpisah, dan di atasnya ada lampu DRL dan lampu sein yang desainnya tipis dan agresif, menyatu dengan bagian grille.

    Oh iya, Honda Fit yang dibuat di China merupakan versi facelift yang diproduksi oleh perusahaan patungan GAC (China) dan Honda (Jepang). Mobil ini akan memiliki panjang sekitar 4.196 mm (165,2 inci), yang sedikit lebih panjang dari model sebelumnya.

    Di balik kap mobil ini terdapat mesin bensin empat silinder 1,5 liter iVTEC naturally aspirated yang sama seperti sebelumnya. Mesin ini menghasilkan tenaga 122 dk atau lebih besar 6 dk dibanding Fit versi Jepang. Tidak seperti model Jepang yang menawarkan opsi 4WD, Fit China tetap menggunakan FWD, dipasangkan dengan transmisi CVT.

    Sekadar informasi, generasi keempat Honda Fit atau Honda Jazz kalau di Indonesia, meluncur kali pertama pada 2019 dan mengalami sedikit perubahan tampilan pada tahun 2022 untuk pasar Jepang dan Eropa. Meski tampilannya seperti minivan, Honda Fit secara teknis masih merupakan mini hatchback.

    Sementara itu, di perusahaan patungan Dongfeng-Honda, ada model lain berbasis Fit yang ditawarkan di China yang disebut Life. Model ini berbeda dari GAC-Honda Fit berkat bemper depan yang sedikit berbeda dan lampu belakang berwarna merah muda.

    Dongfeng-Honda Life telah hadir sejak 2020 dan juga diharapkan akan segera mendapatkan pembaruan segera. Dongfeng-Honda Life baru kemungkinan akan tetap mendekati desain versi Eropa dan Jepang.

    (lua/riar)

  • Jarang-jarang Mobil Mewah Masuk Daftar Terlaris, Segini Denza D9 yang Terjual di RI

    Jarang-jarang Mobil Mewah Masuk Daftar Terlaris, Segini Denza D9 yang Terjual di RI

    Jakarta

    BYD Denza D9 nampaknya berhasil membetot perhatian orang tajir di Indonesia. Mobil listrik premium itu masuk dalam daftar 20 mobil terlaris per Maret 2025. Jarang-jarang mobil mewah bisa masuk, lho!

    Perlu diketahui, mobil terlaris per Maret 2025 adalah Toyota Kijang Innova Zenix dan Reborn. MPV itu memimpin pasar penjualan otomotif di Indonesia, totalnya 5.353 unit. Kalau dibandingkan bulan lalu terjadi penurunan. Sebab pada Februari 2025, total penjualan MPV itu bisa tembus 6.008 unit.

    Kejutan datang dari Denza, brand China yang mulai menggoda konsumen Indonesia lewat MPV premium Denza D9. Mobil listrik itu berada di urutan ke-11 daftar 20 mobil terlaris di Indonesia per Maret 2025 dengan total penjualan 1.587 unit!

    Kalau dilihat data wholesales (distribusi pabrik ke dealer) secara bulan ke bulan, penjualan Denza terlihat signifikan. Sebab pada bulan lalu Denza D9 cuma mendistribusikan 912 unit. Naik dari Januari yang cuma mengirimkan 25 unit. Artinya sepanjang Januari-Maret 2025, Denza D9 sudah mencapai angka 2.524 unit.

    Seperti diketahui Denza baru memasarkan model D9 di Indonesia. Berdasarkan data wholesales Gaikindo ecara total pasar otomotif nasional, Denza sudah mengambil pasar 1,2 persen. Merek premium dari BYD ini menempati posisi ke-13 sebagai merek mobil terlaris di Indonesia.

    Harga yang lebih rendah ini menjadikan Denza D9 sebagai pilihan menarik bagi konsumen yang menginginkan kendaraan premium dengan harga kompetitif. Denza D9 dipasarkan dengan harga Rp 950 juta.

    Di sisi lain, keunggulan Denza D9 karena ini mobil listrik. Sekali baterai dicas penuh mampu menampung hingga tujuh penumpang hingga menempuh tempuh jarak 600 kilometer. Denza D9 menawarkan performa yang mengesankan dengan akselerasi halus dan efisiensi energi yang luar biasa dimana memiliki waktu akselerasi yang mengesankan mencapai 9.5 detik pada jarak 0-100 km.

    Apalagi Pemerintah Indonesia memberikan insentif bagi produsen kendaraan listrik, yang turut mendukung penurunan harga jual kendaraan listrik. Belum lagi insenfif perpajakan yang membuat mobil ini lebih murah untuk dimiliki.

    Berikut ini penjualan Denza D9 sepanjang Januari-Maret 2025

    Denza D9

    Januari: 25 unitFebruari: 912 unitMaret: 1.587 unit

    Total: 2.524 unit

    (riar/lua)