brand merek: Toyota

  • Penjualan Mobil di RI 2025 Jatuh ke Level Terendah Sejak Pandemi

    Penjualan Mobil di RI 2025 Jatuh ke Level Terendah Sejak Pandemi

    Jakarta

    Meski belum sepenuhnya berakhir, namun 2025 kemungkinan besar menjadi tahun terburuk industri otomotif nasional sejak pandemi Covid-19. Karuan saja, untuk pertama sejak enam tahun lalu, penjualan mobil di Indonesia diprediksi tak mencapai 800 ribu unit.

    Sebagai gambaran, ketika pandemi muncul pertama kali di Indonesia pada 2020, penjualan mobil di dalam negeri hanya 532 ribu unit setahun. Kemudian program PPnBM DTP atau Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah diterbitkan untuk mendongkrak permintaan.

    Hasilnya, pada 2021, penjualan mobil di Indonesia bounce back ke level 887 ribu unit/tahun. Angkanya kemudian naik lagi pada 2022 menjadi 1,04 juta dan 2023 menjadi 1,05 juta. Namun, permintaan lantas turun pada 2024 menjadi 865 ribu unit.

    Penjualan mobil di Indonesia ditargetkan tembus 780 ribu unit/tahun Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) pada awal tahun menargetkan pabrikan mobil mampu menjual 900 ribu unit kendaraan selama 2025. Sayangnya, menuju penutupan tahun, angka itu terasa mustahil digapai.

    Akhirnya, mereka mengumumkan revisi target menjadi hanya 780 ribu unit mobil selama 2025. Jika angka tersebut sesuai, maka penjualan roda empat di Indonesia benar-benar berada di level terendah sejak pandemi lima-enam tahun lalu.

    “Iya, proyeksi (penjualan) menjadi 780 ribu unit,” kata Ketua I Gaikindo Jongkie D Sugiarto saat dikonfirmasi, dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (2/12).

    Penjualan Mobil di Indonesia 2025

    Disitat dari laman resmi Gaikindo, penjualan mobil selama Januari-Oktober 2025 baru mencapai 634 ribu unit dan mengalami penurunan sebesar 10,6 persen dari periode sama tahun lalu.

    Lima besar merek terlaris mengalami penurunan penjualan. Honda menjadi yang terparah dengan penurunan 35,5 persen, kemudian Daihatsu 23,5 persen, Toyota 14 persen, Suzuki 8,6 persen dan Mitsubishi 5,3 persen.

    Hasil terbalik datang dari para merek baru yang sebagian besar berasal dari China. BYD dan merek turunannya, Denza, mengalami peningkatan paling signifikan, naik masing-masing 178,2 persen dan 651,1 persen pada Januari-Oktober 2025 dikomparasi dengan periode sama sebelumnya.

    Merek lain yang melonjak adalah Chery 142,7 persen, GWM 94,6 persen, BAIC 167,8 persen, Scania 32,4 persen dan Volkswagen 193,2 persen.

    (sfn/rgr)

  • Subbrand Chery iCar Bakal Ramaikan IIMS 2025, Bawa SUV V23?

    Subbrand Chery iCar Bakal Ramaikan IIMS 2025, Bawa SUV V23?

    JAKARTA – Pasar otomotif Indonesia dipastikan akan kedatangan merek baru lagi asal China, merek yang dimaksud yaitu iCar subbrand dari Chery Group yang akan mengikuti pameran IIMS 2026.

    Kepastian tersebut tertera dalam gambar saat konferensi pers IIMS 2026, dari berbagai brand mobil ada nama iCar. Memang, iCar sendiri sudah hadir di negara tetangga Malaysia, dan artinya tak lama lagi akan hadir di Indonesia.

    “Iya (di bawah Chery Gorup), nanti akan ada Lepas, Jaecoo,” katanya, saat dikonfirmasi saat konferensi pers, di kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa, 2 Desember.

    Ketika disinggung terkait produknya, ia tak merinci detail model apa yang akan dibawa, hanya saja diprediksi V23 akan menjadi model perdana yang akan diperkenalkan, mengingat sudah hadir di negara tetangga.

    “Kalian juga sudah pasti tahu (model V23),” tambahnya.

    Secara desain, mobil yang pernah tim VOI temui saat berkunjung ke Wuhu, China, menampilkan kesan yang kokoh terinspirasi dari mobil-mobil offroad ternama seperti Toyota Land Cruiser, Mercedes-Benz G-Class.

    Hal ini terlihat jelas dari bodinya yang tegak, lampu depan bundar, lengkungan roda yang bersudut dan pintu belakang bukaan samping dengan kotak utilitas terpasang.

    Interior V23 juga tampak lebih fungsional, karena tidak mengintegrasikan semua fungsi kendaraan ke dalam layar sentuh infotainment sentral berukuran 15,4 inci. Bagi yang menyukai sentuhan, panel dengan tombol putar yang terletak tepat di bawah ventilasi udara.

  • Pengakuan Sopir Penyebab Kecelakaan di Tol Cipularang: Nggak Bisa Ngerem

    Pengakuan Sopir Penyebab Kecelakaan di Tol Cipularang: Nggak Bisa Ngerem

    Jakarta

    Kecelakaan maut di tol Cipularang disebabkan oleh truk yang gagal melakukan pengereman. Sopir bilang mobil nggak bisa direm hingga membuatnya banting setir ke lajur kiri.

    Ada 10 kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di Tol Cipularang KM 112 B. Akibat kecelakaan itu, satu orang meregang nyawa dan lima orang lainnya mengalami luka-luka. Mengutip detikJabar, kecelakaan itu dipicu oleh truk boks yang gagal ngerem. Sopir truk boks Rian Hidayat mengungkap mobil yang dikemudikannya itu memang sudah mengalami masalah rem sejak KM 116 atau 4 km sebelum insiden terjadi.

    “Truk kosong, nggak bawa muatan. Jadi saya dari KM 116 itu memang sudah enggak bisa ngerem. Saya langsung buang ke kiri, tadi di jalur memang enggak ada tempat pembuangan yang di tol itu makanya langsung nabrak mobil di depannya,” ujar Rian.

    Upaya Rian banting setir itu tak berhasil menghentikan laju truk. Tabrakan beruntun pun tak terhindarkan.

    Benturan yang sangat keras menyebabkan sejumlah kendaraan ringsek. Kecelakaan ini melibatkan kendaraan pribadi hingga angkutan penumpang. Di antaranya terdapat Toyota Cayla B 1387 HZI; Toyota Avanza D 1074 AFP; Honda HR-V; Toyota Innova B 1819 RYB; Toyota Innova D 1144 AJZ; Toyota Innova T 1608 AG; Hiace City Trans B 7295 SAA; serta Toyota Raize D 1279 AKU. Dua kendaraan barang, yaitu truk Fuso Z 9256 HA sebagai pemicu insiden dan truk boks D 8753 XZ, juga terlibat dalam rangkaian kecelakaan tersebut. Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Yudha, menyebut bahwa kerusakan fungsi rem menjadi penyebab utama kecelakaan.

    “Ini kecelakaan beruntun karena pengemudi tidak bisa mengendalikan laju kendaraan. Untuk yang meninggal masih dalam proses penyelidikan,” jelas Yudha dilansir laman Korlantas Polri.

    Penyebab Rem Truk Blong

    Kegagalan ngerem memang seringkali jadi penyebab kecelakaan. Dikutip dari laman Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan, rem truk mengalami kegagalan fungsi lantaran terjadinya panas karena beban kerja yang berat. Ini umumnya terjadi saat truk melewati jalanan menurun.

    “Kampas menjadi panas karena penggunaan rem kaki secara maksimal dan terus-menerus, hal ini jadi penyebab utama rem truk blong. Apa pun yang terjadi, jangan pernah mengocok pedal rem, mengocok pedal rem secara berulang kali akan membuat tekanan angin menjadi tekor atau minyak rem masuk angin,” tulis laman Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan.

    Sebagian besar kecelakaan yang disebabkan rem blong terjadi saat memasuki jalanan menurun yang panjang. Truk atau bus yang mengalami rem blong umumnya memakai gigi tinggi pada saat memasuki jalanan menurun.

    “Pengemudi supaya selalu mengantisipasi dalam melihat kondisi di jalan. Para pengemudi sering kali mengocok pedal rem saat rem tidak bekerja secara maksimal. Pada saat mengalami rem blong, sebaiknya tidak melakukan pemindahan gigi ke gigi rendah, karena akan menyebabkan gigi masuk ke posisi netral,” demikian penjelasannya.

    (dry/rgr)

  • 3
                    
                        Penampakan Gembong Narkoba Internasional Dewi Astutik Saat Tiba di Tanah Air 
                        Nasional

    3 Penampakan Gembong Narkoba Internasional Dewi Astutik Saat Tiba di Tanah Air Nasional

    Penampakan Gembong Narkoba Internasional Dewi Astutik Saat Tiba di Tanah Air
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Gembong narkoba internasional bernama Dewi Astutik alias Mami (42) akhirnya tiba di Tanah Air pada Selasa (2/12/2025) malam setelah ditangkap oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).
    Menurut dokumentasi yang diterima Kompas.com, sejumlah pejabat BNN tampak menunggu kedatangan tim penangkapan di sisi landasan Bandara Soekarno-Hatta.
    Begitu pesawat berhenti dan terparkir, para pejabat itu bergerak mendekat untuk menyambut rombongan.
    Anggota BNN yang mendampingi tersangka turun lebih dulu satu per satu.
    Tak lama kemudian,
    Dewi Astutik
    terlihat keluar dari pesawat dengan didampingi seorang petugas perempuan.
    Ia mengenakan kaus biru muda berlengan pendek dan masker hitam, dengan rambut sebahu.
    Kedua tangannya terikat kabel ties putih di bagian depan.
    Setelah turun, Dewi Astutik diarahkan masuk ke sebuah mobil.
    Di tengah perjalanan, ia dipindahkan ke mobil dinas bertuliskan Badan Narkotika.
    Di dalam kendaraan tersebut, petugas berompi dan berseragam hitam, lengkap dengan helm, naik bergiliran untuk melakukan pengawalan ketat.
    Konvoi itu kemudian bergerak dengan pengawalan sejumlah petugas, termasuk voorrijder.
    Dokumentasi lain memperlihatkan saat Dewi Astutik tiba di Kantor BNN RI.
    Petugas perempuan yang mendampinginya terlihat meremas bagian belakang pakaiannya.
    Dalam rekaman itu, Dewi Astutik sudah tidak mengenakan masker hitam.
    Ia berjalan menuju area dalam kantor hingga akhirnya memasuki sebuah ruangan untuk proses penyidikan lebih lanjut.
    Penangkapan Dewi Astutik di Kamboja berlangsung dramatis dan hanya membutuhkan hitungan menit sejak target terdeteksi.
    Badan Narkotika Nasional
    (BNN) Republik Indonesia mengungkap detik-detik operasi penangkapan di Kamboja pada 1 Desember 2025.
    Penangkapan tersebut merupakan hasil operasi gabungan lintas negara dan lembaga.
    Kepala BNN RI Komjen Suyudi Ario Seto menjelaskan, penangkapan ini merupakan tindak lanjut dari Red Notice Interpol nomor A-3536/3-2025 serta surat DPO BNN nomor 31/INTER/D/X/2024 yang diterbitkan pada 3 Oktober 2024.
    “Operasi penindakan dimulai pada 17 November 2025 setelah Kedeputian Berantas dan Kedeputian Hukum dan Kerja Sama BNN menerima informasi intelijen mengenai keberadaan sasaran di Phnom Penh,” ujarnya saat menemui media di Gedung 600, Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (2/12/2025).
    Setelah mendapatkan informasi tersebut, BNN membentuk tim dan menerbitkan surat perintah pemberangkatan pada 25 November 2025, dan tim tiba pada 30 November di Phnom Penh, Kamboja.
    “Tim BNN Republik Indonesia tiba di Phnom Penh dan langsung melakukan koordinasi dengan Kepolisian Kamboja, KBRI, dan BAIS perwakilan Kamboja untuk melakukan penangkapan terhadap DPO tersebut,” lanjut Suyudi.
    Pada Senin (1/12/2025) sekitar pukul 13.39 waktu setempat, tim gabungan mendeteksi PA di lobi sebuah hotel di Sihanoukville.
    Ia berada dalam mobil Toyota Prius warna putih.
    Begitu kendaraan berhenti, tim yang sudah bersiaga langsung mengepung area dan mengamankan PA yang saat itu sedang bersama seorang laki-laki.
    Langkah cepat ini dilakukan untuk mencegah target melarikan diri maupun menghancurkan barang bukti.
    “Pada saat di TKP penangkapan, tim BNN Republik Indonesia langsung melakukan verifikasi dan klarifikasi fisik untuk memastikan bahwa orang yang diamankan adalah benar DPO dimaksud,” ungkap Suyudi.
    Verifikasi dilakukan melalui pencocokan ciri fisik, identitas pendukung, serta data intelijen yang telah dikumpulkan sebelumnya.
    Setelah identitasnya dipastikan cocok, target langsung dibawa untuk proses hukum lebih lanjut.
    Penangkapan Dewi Astutik merupakan bagian dari operasi besar memburu aktor utama penyelundupan 2 ton sabu senilai Rp 5 triliun yang diungkap BNN pada Mei 2025.
    BNN juga menyebut PA sebagai salah satu figur penting jaringan
    narkotika internasional
    yang bergerak di kawasan Golden Triangle serta Asia-Afrika.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Kijang LGX Digeber Ribuan Km buat Gathering Komunitas

    Kijang LGX Digeber Ribuan Km buat Gathering Komunitas

    Jakarta

    Komunitas pencinta Toyota Kijang yang tergabung dalam Indonesia Kijang Club (IKC) menggelar Gathering Nasional ke-16 di Pangandaran, Jawa Barat, pada 22-23 November lalu. Salah satu peserta yang menggunakan Kijang LGX menggeber ribuan kilometer untuk menghadiri acara ini.

    Kegiatan ini diikuti tidak kurang dari 200 anggota IKC beserta 100 unit Toyota Kijang dari 63 cabang resmi dan 37 cabang prospek yang tersebar di seluruh Indonesia. Mereka berasal dari Medan, Manado, Solok, Tanjungpinang, Yogyakarta, Lampung, Cirebon, Karawang, Batam, Palembang, Samarinda, Jakarta, Temanggung, Wonosobo, Sumedang, Majalengka, Jayapura, Nabire, dan berbagai daerah lainnya.

    Peserta terjauh datang menggunakan Toyota Kijang LGX tahun 2003 dengan pelat nomor kendaraan asal Samarinda, Kalimantan Timur, yang dikemudikan sendiri hingga lokasi acara. Ini membuktikan meski mobil Kijang tersebut sudah berusia lebih dari 20 tahun, tapi masih sanggup diajak jalan jarak jauh.

    Rangkaian kegiatan diawali dengan servis bersama di Toyota Sinarmas Ciamis, melibatkan kurang lebih 10 unit Toyota Kijang.

    “Karena acara Gathering Nasional dihadiri oleh berbagai peserta yang bahkan hadir dari luar Pulau Jawa, kami menyediakan layanan servis khusus agar performa unit yang digunakan tetap prima hingga bisa kembali ke daerah asalnya nanti. Ini sekaligus membuktikan bahwa hingga saat ini Toyota Kijang generasi lama seperti Kijang ‘Kotak LGX’ dan ‘Kapsul’ tidak hanya memiliki nilai klasik, tetapi masih sangat layak digunakan selama belasan hingga puluhan tahun dengan durabilitas yang sangat baik,” kata Ketua Umum IKC, Poltak Parapat.

    Gathering Komunitas Indonesia Kijang Club Foto: Dok. IKC

    Menurutnya, kegiatan Gathering ini mengusung tema “Hybrid Experience”. Gathering Nasional kali ini juga memberikan kesempatan kepada member untuk mencoba berkendara langsung menggunakan Kijang Innova Zenix HEV sebagai generasi terbaru dari Kijang di Indonesia.

    “Melalui kegiatan ini, IKC memberikan kesempatan kepada seluruh member untuk merasakan langsung pengalaman berkendara dengan teknologi Hybrid melalui model Kijang Innova Zenix HEV. Harapannya, semakin banyak member yang beralih ke kendaraan hybrid, khususnya Innova Zenix HEV sebagai generasi Kijang terbaru yang terus berkembang mengikuti dinamika perubahan kebutuhan dan preferensi pengguna. Kami meyakini bahwa teknologi hybrid merupakan solusi mobilitas paling tepat saat ini bagi masyarakat Indonesia di mana pun mereka berada,” ujar Poltak.

    Acara ini juga mengagendakan program sosial berupa penanaman 500 bibit pohon mangrove sebagai wujud kepedulian IKC terhadap lingkungan sekitar.

    Puncak acara ditutup dengan pengundian doorprize, termasuk 1 unit Toyota Kijang, velg, ban, merchandise, dan sejumlah hadiah menarik lainnya.

    (rgr/dry)

  • Toyota Kijang Innova Reborn Terbaru Meluncur, Ini Bedanya

    Toyota Kijang Innova Reborn Terbaru Meluncur, Ini Bedanya

    Toyota Kijang Innova Reborn Terbaru Meluncur, Ini Bedanya

  • Kejagung Periksa Dirjen Kemenkeu Astera Bhakti di Kasus Manipulasi Pajak

    Kejagung Periksa Dirjen Kemenkeu Astera Bhakti di Kasus Manipulasi Pajak

    Bisnis.com, JAKARTA — Kejaksaan Agung (Kejagung) telah memeriksa Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI, Astera Primanto Bhakti.

    Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung RI, Anang Supriatna mengatakan Astera telah diperiksa sebagai saksi sejak Senin (24/11/2025) terkait kasus dugaan korupsi pembayaran pajak 2016-2020.

    “Benar ya pernah diperiksa hari Senin tanggal 24 November 2025,” ujar Anang saat dihubungi, Selasa (2/12/2025)

    Namun, Anang tidak menjelaskan materi pemeriksaan terhadap Astera secara detail. Dia hanya mengungkap bahwa Astera diperiksa dalam kapasitasnya sebagai sebagai Staf Ahli Menkeu periode 2015-2017.

    “Beliau diperiksa terkait dengan jabatan yang bersangkutan sebagai staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Penerimaan Negara Tahun 2015-2017,” pungkasnya.

    Sekadar informasi, kasus ini berkaitan dengan dugaan manipulasi terkait pembayaran pajak oleh wajib pajak atau perusahaan oleh Ditjen Kemenkeu periode 2016-2020.

    Modusnya, oknum Ditjen Pajak diduga melakukan kongkalikong dengan wajib pajak dengan modus memperkecil pembayaran pajak dari wajib pajak atau perusahaan. Setelah itu, oknum pada Ditjen Pajak mendapatkan keuntungan atau imbalan.

    Sebelumnya, Kejagung menetapkan lima orang dicekal dalam perkara ini mulai dari Bos Djarum Victor Rachmat Hartono; Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Ken Dwijugiasteadi; Karl Layman selaku pemeriksa pajak muda di Direktorat Jenderal Pajak; Ning Dijah Prananingrum selaku Kepala KPP Madya Dua Semarang; Heru Budijanto Prabowo.

    Pencekalan itu berlaku sejak (14/11/2025) hingga (14/5/2025). Namun, belum sebulan status cekal itu berlaku, Kejagung justru telah mencabut pencekalan terhadap Victor Rachmat Hartono karena dinilai kooperatif.

    Adapun, penyidik juga telah melakukan penggeledahan di delapan titik wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) pada Minggu (23/11/2025).

    Dari penggeledahan itu, penyidik telah menyita satu Toyota Alphard, dua motor gede (Moge) dan dokumen terkait dengan perkara pajak ini.

  • Harga Mobil LCGC Desember 2025, Termurahnya Segini

    Harga Mobil LCGC Desember 2025, Termurahnya Segini

    Jakarta

    Mobil LCGC (low cost green car) bisa jadi opsi menarik buat segmen pembeli mobil pertama atau calon konsumen yang ingin beralih dari roda dua ke roda empat. Di pasaran, pilihan mobil LCGC pun beragam. Ada keluaran Daihatsu, Toyota, termasuk juga Honda. Bagi yang berminat, ini harga mobil LCGC Desember 2025.

    Meski penjualannya terus turun, mobil LCGC tetap menarik di mata konsumen. Sebab mobil LCGC harganya relatif masih bisa dijangkau mayoritas konsumen Indonesia. Mobil ini dijual mulai harga Rp 138 jutaan hingga Rp 202 jutaan.

    Pilihan mobil LCGC pun ada beragam, dari Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Honda Brio Satya, Toyota Agya, hingga Toyota Calya. Mobil-mobil LCGC besutan Daihatsu dan Toyota, seringnya dijadikan sebagai armada taksi online. Sementara Honda Brio Satya diminati oleh kalangan muda yang belum butuh mobil sekelas MPV.

    Harga mobil LCGC pun masih terpantau relatif terjangkau. Daihatsu Ayla contoh, dijual mulai Rp 138 jutaan hingga Rp 188 jutaan. Lalu Honda Brio dijual mulai Rp 170 jutaan hingga Rp 202 jutaan. Dan Toyota Agya harganya mulai Rp 173 jutaan hingga Rp 200 jutaan.

    Buat yang menginginkan mobil LCGC dengan kapasitas kabin lebih lega, 5+2, maka bisa pilih Daihatsu Sigra yang dijual mulai Rp 141 jutaan hingga Rp 185 jutaan. Juga ada model Toyota Calya yang harganya Rp 167 jutaan sampai Rp 192 jutaan.

    Harga Mobil LCGC Desember 2025 OTR Jakarta

    Daihatsu Ayla

    1. Ayla 1.0 M MT: Rp 138.500.000

    2. Ayla 1.0 X MT: Rp 151.400.000

    3. Ayla 1.0 X CVT: Rp 171.400.000

    4. Ayla 1.2 R MT: Rp 168.500.000

    5. Ayla 1.2 R CVT: Rp 188.500.000

    Daihatsu Sigra

    1. Sigra 1.0 D MT: Rp 141.500.000

    2. Sigra 1.0 M MT: Rp 152.100.000

    3. Sigra 1.2 X MT: Rp 159.800.000

    4. Sigra 1.2 X AT: Rp 173.100.000

    5. Sigra 1.2 X Deluxe MT: Rp 165.400.000

    6. Sigra 1.2 X Deluxe AT: Rp 178.600.000

    7. Sigra 1.2 R MT: Rp 166.500.000

    8. Sigra 1.2 R AT: Rp 181.300.000

    9. Sigra 1.2 R Deluxe MT: Rp 170.300.000

    10. Sigra 1.2 R Deluxe AT: 185.100.000

    Honda Brio Satya

    1. Brio Satya S MT: Rp 170.400.000

    2. Brio Satya E MT: Rp 185.500.000

    3. Brio Satya E CVT: Rp 202.500.000

    Toyota Agya

    1. Agya 1.2 E MT (Spot Order): Rp 173.200.000

    2. Agya 1.2 G MT: Rp 180.900.000

    3. Agya 1.2 G CVT: Rp 197.100.000

    4. Agya Stylix 1.2 G CVT: Rp 200.600.000

    Toyota Calya

    1. Calya 1.2 E STD MT Low: Rp 167.000.000

    2. Calya 1.2 E STD MT Basic: Rp 169.600.000

    3. Calya 1.2 E MT Basic: Rp 172.500.000

    4. Calya 1.2 G MT Basic: Rp 178.200.000

    5. Calya 1.2 G AT Basic: Rp 192.600.000.

    (lua/dry)

  • Target Penjualan Mobil di Indonesia Tahun 2025 Direvisi, Jadi 780 Ribu Unit

    Target Penjualan Mobil di Indonesia Tahun 2025 Direvisi, Jadi 780 Ribu Unit

    Jakarta

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) resmi merevisi target penjualan mobil di Tanah Air tahun ini. Sebab, permintaan kendaraan hingga saat ini masih terhitung lemah.

    Sebelumnya, penjualan mobil di Indonesia ditargetkan tembus 900 ribu unit/tahun selama 2025. Namun, Gaikindo akhirnya melakukan perubahan angka menjadi 780 ribu unit/tahun. Penentuan angka tersebut telah melalui banyak hitung-hitungan.

    “Iya, proyeksi (penjualan) menjadi 780 ribu unit,” kata Ketua I Gaikindo Jongkie D Sugiarto saat dikonfirmasi, dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (2/12).

    Gaikindo revisi target penjualan mobil di Indonesia jadi 780 ribu unit setahun. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Dengan demikian, target tersebut jauh lebih rendah dibandingkan penjualan tahun lalu yang mencapai 865 ribu unit/tahun. Harapannya, permintaan kendaraan mengalami peningkatan kembali pada 2026.

    Disitat dari laman resmi Gaikindo, penjualan mobil selama Januari-Oktober 2025 mengalami penurunan sebesar 10,6 persen dari periode sama tahun lalu.

    Lima besar merek terlaris mengalami penurunan penjualan. Honda menjadi yang terparah dengan penurunan 35,5 persen, kemudian Daihatsu 23,5 persen, Toyota 14 persen, Suzuki 8,6 persen dan Mitsubishi 5,3 persen.

    Gaikindo revisi target penjualan mobil di Indonesia jadi 780 ribu unit setahun. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Hasil terbalik datang dari para merek baru yang sebagian besar berasal dari China. BYD dan merek turunannya, Denza, mengalami peningkatan paling signifikan, naik masing-masing 178,2 persen dan 651,1 persen pada Januari-Oktober 2025 dikomparasi dengan periode sama sebelumnya.

    Merek lain yang melonjak adalah Chery 142,7 persen, GWM 94,6 persen, BAIC 167,8 persen, Scania 32,4 persen dan Volkswagen 193,2 persen.

    (sfn/dry)

  • Kans Kejagung Tetapkan Tersangka di Kasus Pajak Usai Status Cekal Bos Djarum Dicabut

    Kans Kejagung Tetapkan Tersangka di Kasus Pajak Usai Status Cekal Bos Djarum Dicabut

    Bisnis.com, JAKARTA — Kejaksaan Agung (Kejagung) menjelaskan potensi menetapkan tersangka kasus dugaan korupsi manipulasi pembayaran pajak periode 2016-2020.

    Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung RI, Anang Supriatna mengatakan untuk saat ini pihaknya masih mendalami semua temuan yang ada.

    Pendalaman itu dilakukan terhadap keterangan saksi maupun alat bukti yang telah diperoleh dari penggeledahan yang ada. 

    “Penyidik masih mendalami semua. Keterangan saksi dan dokumentasi-dokumentasi yang ada serta alat bukti yang ada,” ujar Anang di Kejagung, dikutip Selasa (2/12/2025).

    Di samping itu, dia juga masih enggan terbuka terkait pihak yang dibidik untuk dijadikan tersangka dalam perkara ini. Sebab, kata Anang, proses penyidikan ini ada yang sifatnya rahasia maupun yang bisa diungkap ke publik.

    “Belum, belum. Ya mohon dipahami juga karena ini sifatnya penyidikan, kami belum bisa terlalu terbuka. Ada sebagian kita buka, ada sebagian kita tutup,” pungkasnya.

    Sekadar informasi, kasus ini berkaitan dengan dugaan manipulasi terkait pembayaran pajak oleh wajib pajak atau perusahaan oleh Ditjen Kemenkeu periode 2016-2020.

    Modusnya, oknum Ditjen Pajak diduga melakukan kongkalikong dengan wajib pajak dengan modus memperkecil pembayaran pajak dari wajib pajak atau perusahaan. Setelah itu, oknum pada Ditjen Pajak mendapatkan keuntungan atau imbalan.

    Sebelumnya, Kejagung menetapkan lima orang yang dicekal dalam perkara ini mulai dari Bos Djarum Victor Rachmat Hartono; Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Ken Dwijugiasteadi; Karl Layman selaku pemeriksa pajak muda di Direktorat Jenderal Pajak; Ning Dijah Prananingrum selaku Kepala KPP Madya Dua Semarang; Heru Budijanto Prabowo.

    Pencekalan itu berlaku sejak (14/11/2025) hingga (14/5/2025). Namun, belum sebulan status cekal itu berlaku, Kejagung justru telah mencabut pencekalan terhadap Victor Rachmat Hartono karena dinilai kooperatif.

    Adapun, penyidik juga telah melakukan penggeledahan di delapan titik wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) pada Minggu (23/11/2025).

    Dari penggeledahan itu, penyidik telah menyita satu Toyota Alphard, dua motor gede (Moge) dan dokumen terkait dengan perkara pajak ini.