brand merek: Tesla

  • Wall Street Rebound, Nasdaq Melonjak di Atas 20 Ribu Usai AS Umumkan Laju Inflasi – Halaman all

    Wall Street Rebound, Nasdaq Melonjak di Atas 20 Ribu Usai AS Umumkan Laju Inflasi – Halaman all

     Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia

    TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Mayoritas saham AS di bursa Wall Street mencatatkan kenaikan, termasuk indeks Nasdaq yang melesat di atas 20.000 untuk pertama kalinya usai   AS umumkan Laju Inflasi 

    Menurut pantauan Yahoo Finance, Indeks S&P 500 bertambah 49,28 poin, atau 0,82 persen, menjadi 6.084,19 disusul indeks Komposit Nasdaq yang meningkat 347,65 poin, atau 1,77 persen ke level 20.034,89 jadi ekor tertinggi sepanjang masa serta rekor penutupan. Sedangkan Dow Jones Industrial Average justru melemah dengan penurunan 0,2 persen. 

    Kepala Ekonom Spartan Capital Securities, Peter Cardillo, mengatakan penguatan Nasdaq terjadi karena prospek penurunan suku bunga minggu depan pasca data inflasi AS periode November 2024 sesuai dengan ekspektasi pasar sebelumnya.

    Biro Statistik Tenaga Kerja AS melaporkan Indeks Harga Konsumen (IHK) pada bulan lalu tumbuh 2,7 persen secara tahunan (year-on-year/yoy), dari sebelumnya pada Oktober lalu yang tumbuh 2,6 persen.

    Sementara secara bulanan (month-to-month/mtm), IHK AS pada November lalu tumbuh 0,3 persen, bila dibandingkan dengan periode sebelumnya dimana pada Oktober lalu IHK hanya tumbuh 0,2 persen.

    Pertumbuhan ini lantas membuat pasar berekspektasi bahwa The Fed kemungkinan besar akan memangkas suku bunga ke kisaran 4,25 persen hingga 4,5 persen pekan depan.

    Spekulasi meningkat setelah laporan ketenagakerjaan Jumat lalu, yang menunjukkan lonjakan jumlah pengangguran bersamaan dengan kenaikan pertumbuhan lapangan kerja.

    “Dengan angka-angka CPI yang secara umum sesuai, kemungkinan besar Fed tidak akan tergelincir dan akan memangkas suku bunga lagi minggu depan,” Jochen Stanzl, kepala analis pasar di CMC Markets.

    “Data tersebut bukan merupakan penghambat kenaikan harga saham di Wall Street saat ini,” tambahnya.

    Meski pemangkasan suku bunga masih dalam tahap wacana namun pasca pengumuman inflasi AS dirilis investor mulai melirik saham-saham teknologi untuk bulan keempat berturut-turut.

    Membuat saham Tesla Inc, Amazon.com Inc, dan induk perusahaan Facebook, Meta Platforms Inc mencapai titik tertinggi sepanjang masa. 

    Tak hanya itu, saham Nvidia dan Tesla juga tumbuh usai laporan data inflasi yang cukup tenang. Produsen chip itu tumbuh lebih dari 3 persen dan produsen kendaraan listrik tumbuh hampir 6 persen.

    Bursa Asia Bullish

    Mengekor kenaikan Wall Street, mayoritas saham Asia juga mencatatkan lonjakan. 

    Diantaranya seperti Saham berjangka Jepang dan Australia yang melesat sementara Hong Kong stabil, dengan sektor teknologi mendorong Amazon.com Inc dan Meta Platforms Inc ke rekor baru.

    Saham Broadcom Inc melonjak 6,6 persen setelah laporan bahwa perusahaan chip tersebut sedang menjajaki kerjasama kecerdasan buatan (AI) dengan Apple Inc.

     

  • Terus Merugi, Nissan Lakukan Perombakan Manajemen

    Terus Merugi, Nissan Lakukan Perombakan Manajemen

    Jakarta, Beritasatu.com – Produsen mobil asal Jepang, Nissan, tengah menghadapi tantangan berat dan melakukan langkah strategis untuk memulihkan kinerja perusahaan. Dalam perombakan manajemen yang diumumkan Kamis (12/12/2024), Nissan menunjuk Jeremie Papin, yang sebelumnya memimpin operasi di Amerika Serikat, sebagai chief financial officer (CFO). Papin akan menggantikan Stephen Ma yang kini bertanggung jawab atas operasi Nissan di China.

    Dilansir dari AP, penunjukan ini terjadi di tengah spekulasi terkait pengganti Ma, terutama setelah performa Nissan di pasar utama Amerika Serikat (AS) merosot karena kalah bersaing dengan Tesla, Toyota, dan Ford.

    Nissan sebelumnya melaporkan kerugian kuartalan sebesar 9,3 miliar yen (sekitar US$ 61 juta), berbanding terbalik dengan laba 190,7 miliar yen pada periode yang sama tahun lalu. Penjualan juga turun menjadi 2,9 triliun yen (US$ 19 miliar). Akibatnya, Nissan mengumumkan pengurangan 9.000 pekerja atau sekitar 6% dari tenaga kerja global, serta pemotongan kapasitas produksi hingga 20%.

    CEO Nissan Makoto Uchida menerima pemotongan gaji sebesar 50% sebagai bentuk tanggung jawab atas performa buruk tersebut. Uchida menegaskan, Nissan perlu lebih efisien dan responsif terhadap perubahan global serta preferensi pasar.

    “Perubahan ini mencerminkan pengalaman dan urgensi yang dibutuhkan untuk membawa Nissan kembali ke jalur yang benar. Kami akan terus fokus pada pertumbuhan berkelanjutan,” ujar Uchida dalam pernyataannya.

    Jeremie Papin, warga negara AS dan Prancis, memiliki latar belakang kuat di bidang strategi, pengembangan bisnis, dan perbankan investasi. Sebelum bergabung dengan Nissan, ia bekerja di Renault SA, mitra aliansi Nissan sejak 1999. Papin juga memiliki pengalaman lebih dari satu dekade sebagai analis keuangan di Deutsche Bank, Lehman Brothers, dan Nomura.

    Sebagai bagian dari perombakan manajemen Nissan, Christian Meunier, mantan CEO Jeep, akan kembali ke Nissan sebagai ketua komite manajemen Amerika mulai 1 Januari 2025. Sementara itu, Asako Hoshino tetap memimpin divisi pengalaman pelanggan, dan Shohei Yamazaki mengambil alih sebagian tanggung jawabnya di wilayah Jepang-ASEAN.

  • Gokil! Elon Musk Jadi Konglomerat Pertama Berharta di Atas Rp 6.378 Triliun

    Gokil! Elon Musk Jadi Konglomerat Pertama Berharta di Atas Rp 6.378 Triliun

    Jakarta

    Bos Tesla Elon Musk, berhasil menjadi miliarder pertama yang memiliki harta di atas US$ 400 miliar atau setara dengan Rp 6.378,8 triliun (asumsi kurs Rp 15.947/dolar AS). Sebagian besar harta kekayaan ini ia dapat setelah Donald Trump terpilih sebagai Presiden AS berikutnya.

    Berdasarkan laporan Bloomberg Billionaires Index, Kamis (12/12/2024), Elon Musk diperkirakan memiliki kekayaan bersih senilai US$ 447 miliar atau Rp 7.128,3 triliun. Jumlah tersebut tercatat masih lebih besar dari total kekayaan Jeff Bezos dan Bill Gates jika digabungkan.

    Saat ini Jeff Bezos yang berada di posisi kedua sebagai orang terkaya di dunia ditaksir memiliki kekayaan senilai US$ 249 miliar atau Rp 3.970,8 triliun. Sedangkan Bill Gates yang saat ini berada di posisi ke-7 di dunia memiliki harta senilai US$ 165 miliar atau Rp 2.631,25 triliun.

    Melansir dari Daily Mail, harta kekayaan Elon Musk tercatat mengalami peningkatan yang sangat pesat dalam beberapa minggu terakhir setelah kemenangan Donald Trump dalam pemilihan presiden AS.

    Selama kampanye Pilpres AS kemarin, pemilik media sosial X tersebut merupakan sponsor politik utama Trump dan banyak menggaet miliarder lain untuk turut mendukung Partai Republik. Berkat itu dirinya dinilai akan memiliki pengaruh yang cukup besar ketika Trump resmi menjabat pada Januari 2025 nanti.

    Bahkan saat ini bos Tesla itu sudah diberikan posisi yang cukup strategis di pemerintah yakni Departemen Efisiensi Pemerintah (Department of Government Efficiency/Doge) yang bertugas untuk membantu pemerintah melakukan berbagai perubahan yang menguntungkan.

    Berkat berbagai hal inilah banyak investor berani menaruh modalnya di perusahaan milik Musk. Termasuk salah satunya Tesla yang nilai sahamnya telah melonjak sekitar 65% sejak Trump terpilih.

    Tidak hanya Tesla, investor lain tercatat telah setuju untuk membeli saham SpaceX senilai US$ 1,25 miliar atau Rp 19,93 triliun. Pembelian saham ini membuat nilai valuasi perusahaan perusahaan roket dan satelit milik Elon Musk ini naik menjadi US$ 350 miliar atau Rp 5.581,45 triliun.

    “Lonjakan kekayaannya itu merupakan perubahan haluan yang luar biasa bagi Musk, yang kekayaannya sempat turun di angka US$ 137 miliar dua tahun lalu,” pungkas Daily Mail.

    (kil/kil)

  • Rekor! Kekayaan Elon Musk Tembus 400 Miliar Dollar

    Rekor! Kekayaan Elon Musk Tembus 400 Miliar Dollar

    Bisnis.com, JAKARTA – Kekayaan Elon Musk per Kamis, 12 Desember 2024 dilaporkan sudah tembus 400 miliar dollar atau setara Rp6.377 Triliun.

    Dilansir dari Gulf News, Elon Musk mengalami peningkatan kekayaan yang sangat pesat sejak kemenangan Presiden terpilih Donald Trump bulan lalu.

    Kini, ia menjadi orang pertama yang mencapai kekayaan bersih $400 miliar, tonggak sejarah terbaru bagi individu terkaya di dunia.

    Salah satu hal yang menbuat kekayaan Elon Musk bertambah yakni penjualan saham orang dalam SpaceX miliknya yang meningkatkan kekayaan bersih Musk sekitar $50 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index.

    Saham Tesla Inc. juga melonjak ke titik tertinggi sepanjang masa pada hari Rabu, 11 Desember 2024 kemarin dan mendorong kekayaan Musk menjadi $447 miliar.

    Lonjakan kekayaan Musk dalam satu hari sebesar $62,8 miliar merupakan yang terbesar yang pernah tercatat.

    Ini sekaligus membantu mendorong kekayaan gabungan dari 500 orang terkaya di dunia di atas $10 triliun, juga untuk pertama kalinya, menurut indeks tersebut.

    Kekayaan bersih kelompok tersebut serupa dengan gabungan produk domestik bruto Jerman, Jepang, dan Australia tahun lalu, menurut data yang dikumpulkan oleh Bank Dunia.

    Musk sendiri telah menambah sekitar $218 miliar ke kekayaan bersihnya sejak awal tahun 2024, lebih banyak daripada anggota grup lainnya.

    Saham Tesla, yang merupakan bagian terbesar dari kekayaan Musk, telah naik 71% tahun ini dan ditutup pada hari Rabu di angka $424,77, rekor tertinggi pertama sejak tahun 2021.

    Sementara itu, nilai perusahaan rintisan kecerdasan buatannya, xAI, telah meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi $50 miliar sejak terakhir kali mengumpulkan uang pada bulan Mei.

    Wall Street Journal melaporkan pada bulan November bahwa kemenangan Trump membantu mendorong minat baru.

  • Elon Musk Tukang Bohong, Korbannya Sampai Meninggal

    Elon Musk Tukang Bohong, Korbannya Sampai Meninggal

    Jakarta, CNBC Indonesia – Tesla dan Elon Musk dituduh berbohong terkait teknologi ‘Autopilot’ pada unit mobilnya. Dampaknya fatal karena merenggut nyawa pengemudi yang mengalami kecelakaan 2023 silam.

    Keluarga korban menuntut Tesla atas insiden tersebut. Mereka mengklaim Tesla telah melakukan penipuan melalui teknologi Autopilot-nya. Teknologi tersebut memungkinkan mobil berjalan dengan sistem pengemudi otomatis sebagian.

    Pengemudi Tesla yang meninggal bernama Genesis Giovanni Mendoza-Martinez. Ia menabrak truk pemadam kebakaran yang sedang terparkir ketika menggunakan sistem Autopilot Tesla Model S di Walnut Creek, California, Amerika Serikat (AS).

    Saudara lelakinya, Caleb, yang merupakan penumpang kala itu, mengalami luka parah.

    Keluarga Mendoza menuntut Tesla pada Oktober lalu di Contra Costa County. Belakangan Tesla memindahkan persidangan dari pengadilan negara bagian ke pengadilan federal di Distrik Utara California.

    The Independent pertama kali melaporkan pemindahan pengadilan tersebut. Gugatan biasanya mengalami tekanan untuk pembuktian lebih tinggi atas klaim penipuan di pengadilan tingkat federal.

    Pengacara Mendoza menuduh Tesla dan Musk telah membesar-besarkan klaim soal kecanggihan sistem Autopilot selama bertahun-tahun. Dengan begitu, banyak orang antusias untuk menjajal sistem Autopilot Tesla dan meningkatkan profit perusahaan.

    Tuduhan itu disertai bukti tweet, blog perusahaan, dan pernyataan Musk dalam laporan kinerja perusahaan dan wawancara ke media.

    Pengacara Tesla mengatakan kelalaian korban merupakan penyebab tabrakan terjadi. Ia juga mengatakan materi promosi Tesla tak menjadi faktor substantif dalam insiden tersebut.

    Tesla tidak menanggapi permintaan komentar untuk kasus ini. Pengacara yang mewakili keluarga Mendoza juga menolak permintaan wawancara ke kliennya.

    Setidaknya ada 15 kasus aktif yang fokus terhadap kecelakaan Tesla yang melibatkan sistem Autopilot atau FSD (Full Self-Driving) milik perusahaan. Tiga di antaranya sudah berpindah ke pengadilan federal.

    FSD merupakan versi premium dari sistem Autopilot Tesla. Jika Autopilot merupakan opsi standar pada mobil Tesla, maka FSD membutuhkan biaya langganan premium dari konsumen.

    Kasus tabrakan Mendoza-Martinez juga menjadi cikal-bakal penyelidikan sistem Autopilot Tesla yang digelar Lembaga Keamanan Lalu Lintas Nasional AS (NHTSA) pada Agustus 2021. Sebagai bagian penyelidikan tersebut, Tesla telah membuat perubahan pada sistemnya, termasuk melakukan pembaruan software otomatis atau over-the-air (OTA).

    NHTSA juga telah membuka penyelidikan kedua yang masih berjalan. Tujuannya untuk mengevaluasi apakah penarikan (recall) unit mobil Tesla untuk mengatasi masalah pada sistem Autopilot-nya efektif atau tidak.

    NHTSA telah memberikan peringatan kepada Tesla terkait postingan di media sosialnya. NHTSA mengatakan materi promosi Tesla bisa membuat orang mengira mobilnya benar-benar bisa dikemudikan tanpa awak.

    Departemen Kendaraan Bermotor California juga telah menutut Tesla atas tuduhan sistem Autopilot dan FSD dengan klaim kesalahan dalam materi periklanan.

    Di saat bersamaan, Musk tetap mengumbar janji ke investor bahwa mobil-mobil Tesla akan sepenuhnya otomatis tanpa perlu pengemudi manusia. Janji ini sudah digaungkan sejak 2014 dan terus diumbar dalam berbagai kesempatan.

    (fab/fab)

  • 7 Dari 10 Mobil Listrik di Dunia Bikinan China!

    7 Dari 10 Mobil Listrik di Dunia Bikinan China!

    Jakarta

    China makin menjadi-jadi dalam dominasi pada kendaraan listrik. Statistik terbaru mencatat, per 10 mobil listrik yang ada di dunia 7 di antaranya bikinan Negara Tirai Bambu tersebut.

    Dikutip dari Guardian, per Oktober 2024 China menguasai 76% pasar mobil listrik dunia. Ini semakin menegaskan dominasi produsen-produsen kendaraan negara tersebut sebagai nomor satu dalam persaingan mobil elektrifikasi.

    Meski menguasai 76% penjualan mobil listrik dunia, mayoritas penjualan merek-merek China ada di dalam negeri sendiri. Masih dikutip dari Guardian, dari 76% penjualan mobil listrik China secara global, yang terserap pasar dalam negeri sebanyak 69%.

    Pada bulan Oktober 2024 saja, pangsa pasar China mencapai tiga perempat dari total penjualan global BYD dkk. Laporan dari Badan Energi Internasional (IEA) sebelumnya mencatat bahwa pada 2023, hampir 60% pendaftaran mobil listrik baru juga berasal dari China.

    Meski dominasinya kuat, China menghadapi tantangan dari tarif yang diberlakukan negara-negara Barat. Amerika Serikat meningkatkan tarif impor mobil listrik China dari 25% menjadi 100% pada tahun ini.

    Uni Eropa turut menambah tarif hingga 35%, di atas bea masuk 10% yang telah berlaku sebelumnya. Kebijakan ini ditentang keras oleh pemerintah China yang melihatnya sebagai penghambat ekspansi pasar.

    Meski akses ke pasar Barat kian sulit, permintaan di dalam negeri tetap tinggi. Pemerintah China telah menggandakan subsidi untuk pembelian mobil listrik menjadi 20.000 yuan atau sekitar Rp 43 juta bagi konsumen yang menukar kendaraan konvensional mereka.

    Kebijakan ini mendorong peningkatan penjualan merek-merek lokal maupun internasional seperti Tesla yang mengalami kenaikan penjualan hingga 7% pada kuartal ketiga 2024.

    China juga memanfaatkan peluang di Rusia. Hal tersebut terlihat dari angka ekspor mobil ke negara tersebut yang meningkat 109% dalam dua tahun terakhir. Hal ini terjadi karena pesaing internasional menghindari pasar Rusia akibat risiko geopolitik. Sebaliknya, ekspor mobil China ke Amerika Serikat menurun 23% pada periode yang sama.

    China menunjukkan kemampuan besar dalam memimpin pasar mobil listrik global melalui kombinasi inovasi teknologi dan dukungan kebijakan domestik. Meskipun hambatan tarif dari negara Barat menjadi tantangan, fokus pada pasar lokal dan perluasan ke wilayah alternatif seperti Rusia menunjukkan fleksibilitas strategi industri mobil listrik China.

    (din/din)

  • Segini Bocoran Harga Mobil Listrik Kedua Xiaomi

    Segini Bocoran Harga Mobil Listrik Kedua Xiaomi

    Jakarta

    Mobil listrik kedua Xiaomi akan meluncur pertengahan tahun depan. Kendaraan tersebut berjenis SUV dan menyandang nama ‘Xiaomi YU7’. Lantas, berapa bocoran harganya?

    Disitat dari Reuters dan Carnewschina, Selasa (10/12), sejumlah informasi mengenai mobil listrik kedua Xiaomi bocor setelah raksasa teknologi tersebut melaporkan hasil homologasi ke Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi (MIIT). Dokumen tersebut berisi permohonan izin Xiaomi untuk menjual kendaraan baru.

    Di China, setiap mobil harus disetujui regulator setempat sebelum dipasarkan, dan MIIT menerbitkan daftar kendaraan yang menjalani proses homologasi bulanan. Produsen sebenarnya tak senang dengan administrasi tersebut. Sebab, wujud dan spesifikasi produk terungkap sebelum peluncuran.

    Mobil listrik Xiaomi YU7. Foto: Doc. MIIT China.

    Xiaomi YU7 akan bermain di kelas lebih tinggi dari Xiaomi SU7. Kendaraan tersebut kabarnya akan dibanderol berkisar 300-400 ribu yuan atau sekira Rp 650-870 jutaan. Nominal itu cukup murah untuk SUV listrik sekelasnya.

    Meski sedikit lebih mahal, Xiaomi YU7 akan berhadapan langsung dengan Tesla Model Y yang sama-sama bermain di segmen mid-SUV listrik.

    Spesifikasi Xiaomi YU7

    Secara tampilan, Xiaomi YU7 masih membawa sejumlah detail milik Xiaomi SU7, terutama di bagian depan. Pabrikan membekalinya dengan wajah sporty melalui penggunaan lampu utama modern dan gril minimalis. Selain itu ada aksen cembung sisi kap mesin yang mengingatkan kita dengan mobil-mobil buatan Eropa.

    Bagian belakangnya juga kurang lebih masih sama dengan SU7. Kendaraan tersebut hanya berbeda di bagian pelek roda, dimensi dan tarikan garis secara keseluruhan.

    Xiaomi YU7 punya dimensi panjang 4.999 mm, lebar 1.996 mm, dan tinggi 1.600 mm. Sementara jarak sumbu rodanya 3.000 mm dan berat kosongnya 2.405 kg.

    Laporan yang sama mengungkap, pabrikan membekali kendaraan tersebut dengan motor listrik ganda 220 kw di depan dan 288 kw di belakang. Sehingga, secara total mampu menghasilkan tenaga 508 kw atau 681 dk! Baterainya NMC dari CATL dengan spesifikasi yang belum terungkap.

    (sfn/dry)

  • Pentagon Berubah Total Gara-gara Elon Musk

    Pentagon Berubah Total Gara-gara Elon Musk

    Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden AS terpilih Donald Trump mendorong efisiensi pada pemerintahannya. Elon Musk bersama dengan Vivek Ramaswamu ditunjuk sebagai pemimpin untuk badan yang disebut Department of Government Efficiency (DOGE).

    Musk telah mengindikasikan bahwa anggaran dan prioritas Departemen Pertahanan atau Pentagon akan menjadi target rencana efisiensinya. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa Pentagon akan dirombak habis-habisan.

    Menurut beberapa eksekutif perusahaan di AS, Elon Musk kemungkinan akan membuat lebih banyak proyek gabungan antara kontraktor pertahanan kelas kakap dengan firma lebih kecil di sektor kecerdasan buatan (AI) dan drone.

    Hal ini memicu keresahan bagi kontraktor besar seperti Boeing, Northrop Grumman, Lockheed Martin, dan General Dynamics.

    Firma teknologi militer seperti Palantir yang bergerak di sektor software AI dan Anduril yang memproduksi drone menyambut gembira inisiatif Musk. Mereka berupaya mengambil sedikit ceruk yang telah dikuasai perusahaan-perusahaan besar selama beberapa dekade.

    Dalam Reagan National Defense Forum yang digelar di California dan menghadirkan para eksekutif korporasi, pemimpin militer AS, dan pemangku kebijakan, mereka mengatakan firma-firma kecil akan mengambil peran lebih besar di sektor pertahanan berkat peran baru Musk di pemerintahan Trump.

    Musk dan beberapa firma kecil sudah satu suara mengkritisi program-program pertahanan dengan anggaran jumbo seperti jet tempur F-35 dari Lockheed Martin. Musk juga merekomendasikan produksi massal untuk drone, rudal, dan kapal selam berbasis AI yang lebih murah.

    Hal tersebut bisa diwujudkan melalui kemitraan antara kontraktor-kontraktor pertahanan besar dengan firma teknologi baru. Beberapa eksekutif industri teknologi mengatakan beberapa firma kecil sudah memiliki hubungan yang dekat dengan perusahaan milik Musk seperti SpaceX dan Tesla.

    Namun, jumlah uang yang tersedia untuk perusahaan pertahanan baru mungkin terbatas, yakni kurang dari 20% anggaran Pentagon untuk membeli persenjataan.

    Secara historis, hanya sekitar 1% yang digunakan untuk pembelian program baru seperti yang ditawarkan oleh pendatang baru di pasar ini, menurut Tara Murphy Dougherty, CEO perusahaan perangkat lunak akuisisi pertahanan Govini.

    (fab/fab)

  • Elon Musk Peringatkan Singapura Bisa Punah, Ini Buktinya

    Elon Musk Peringatkan Singapura Bisa Punah, Ini Buktinya

    Singapura

    Elon Musk memberikan peringatan besar bagi Singapura, bahwa negara tetangga itu terancam punah. Nakhoda Tesla dan SpaceX itu memang perhatian pada turunnya angka kelahiran di berbagai negara.

    Jadi, Total Fertility Rate (TFR) Singapura menurun ke titik terendah sepanjang sejarah yaitu 0,97 tahun lalu, penurunan pertama di bawah 1,0. Krisis fertilitas tidak terbatas di Singapura karena tren serupa terlihat di Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, China, dan juga India.

    Singapura mengukur TFR sebagai jumlah rata-rata anak yang diharapkan dimiliki seorang wanita dalam hidupnya. Data resmi mengungkap TFR di sana skornya 0,97 tahun 2023, turun dari 1,04 tahun 2022, jauh di bawah angka penggantian 2,1 yang dibutuhkan untuk stabilitas populasi.

    “Pertumbuhan populasi penduduk yang melambat dan penuaan populasi kita akan menyebabkan kendala tenaga kerja dalam jangka menengah,” sebut Kementerian Tenaga Kerja Singapura yang dikutip detikINET dari First Post.

    “Pada saat yang sama, kami perlu tetap terbuka terhadap pekerja asing dan investasi asing langsung untuk terus menghasilkan peluang kerja yang baik bagi warga Singapura,” tambah mereka.

    PBB memproyeksi 24% populasi Singapura akan jadi warga senior pada tahun 2030, menempatkan negara itu pada jalur menjadi “masyarakat super-tua” mirip dengan Jepang. Tingkat kelahiran Singapura termasuk terendah di dunia, dengan Korea Selatan melaporkan TFR lebih rendah lagi yaitu 0,72 pada tahun 2023.

    Singapura menghadapi tantangan demografis ganda dari tingkat kesuburan yang menurun dan populasi menua. Menanggapi postingan yang membahas ‘krisis bayi’ di Singapura dan kemungkinan peran robotika dalam mengatasinya, Elon Musk menulis di X: “Singapura (dan banyak negara lain) akan punah.”

    Apa penyebabnya? Indranee Rajah, Second Minister for Finance, menyebut pandemi Covid-19 mengganggu rencana pernikahan dan jadi orang tua bagi banyak pasangan. “Yang lain menyebut kekhawatiran biaya finansial membesarkan anak, tekanan jadi orang tua yang baik, atau kesulitan mengelola pekerjaan dan komitmen keluarga,” paparnya.

    Indranee juga menyebut pergeseran prioritas, dengan kaum muda makin memandang pernikahan dan menjadi orang tua sebagai tujuan hidup kurang penting. Ia memperingatkan bahwa implikasi dari penurunan TFR serius, misalnya lebih banyak pasangan sekarang bertanggung jawab untuk merawat orang tua yang menua.

    “Dengan lebih sedikit kelahiran, kita akan menghadapi penyusutan tenaga kerja. Akan makin sulit mempertahankan dinamisme kita, menarik bisnis global, dan menciptakan peluang bagi generasi berikutnya,” katanya. Indranee membandingkannya dengan Korea Selatan dan Italia, di mana tren serupa memicu perlambatan ekonomi, penurunan upah, dan tantangan demografi.

    Data pemerintah menunjukkan bahwa lebih banyak wanita berusia 25-34 tahun memilih untuk tetap melajang. Lebih jauh, tingkat kesuburan perkawinan di antara wanita berusia 20-an telah menurun, berkontribusi terhadap 32% dari keseluruhan penurunan TFR.

    (fyk/rns)

  • Ini Dia Mobil Terbaik di Jepang 2024, Sayang Nggak Dijual di Indonesia

    Ini Dia Mobil Terbaik di Jepang 2024, Sayang Nggak Dijual di Indonesia

    Jakarta

    Japan Car of The Year telah mengumumkan 10 nominasi mobil terbaik periode 2024-2025. Keluar satu nama sebagai pemenang mobil terbaik.

    Mobil terbaik itu dinilai dari kritikus otomotif, jurnalis, dan pakar. Totalnya sebanyak 59 juri, perwakilan dari 41 media otomotif.

    Honda Freed keluar sebagai pemenang dengan perolehan 220 suara. Berada di tempat kedua setelah mengumpulkan 196 suara adalah Mazda CX-80. Atas hasil ini Honda Freed generasi ketiga dinobatkan sebagai Japan Car of the Year 2024-2025.

    “Tim kami bekerja sama untuk dapat terus menyempurnakan nilai-nilai yang selalu dijunjung oleh Freed, dengan tujuan menciptakan mobil yang tidak hanya sesuai dengan gaya hidup pelanggan kami, tetapi juga perasaan orang yang menggunakannya. Kami sangat senang bahwa apa yang kami ciptakan ini telah diterima dengan baik oleh banyak orang sehingga mobil tersebut dapat terpilih sebagai Japan Car of the Year,” kata Satoru Azumi, Freed Development Manager Honda Motor Co., Ltd.

    Freed mengalahkan merek lain. Dari 10 daftar tersebut, hanya BYD Seal yang jadi satu-satunya pabrikan China. Kemudian dua merek Eropa antara lain Mini Cooper dan Volvo EX30.

    Sementara itu, penghargaan Technology Car of the Year diberikan kepada Honda CR-V e:FCEV sebagai pionir untuk kendaraan berbahan bakar sel. Kemudian, truk pickup Mitsubishi Triton yang gagah memenangkan Penghargaan Desain.

    Berikut ini urutan 10 mobil terbaik untuk tahun 2024-2025: Honda Freed (220), Mazda CX-80 (196), Mini Cooper (172), Suzuki Fronx (110), Lexus LBX (70), Hyundai IONIQ 5 N (52), Toyota Land Cruiser (44), BYD Seal (32), Volvo EX30 (30), dan Mitsubishi Triton (18).

    Di antara mobil-mobil yang dinominasikan tetapi tidak mencapai sepuluh besar adalah Honda CR-V e: FCEV, Ferrari Purosangue, Lexus LM, G60 BMW 5 Series, Honda WR-V, Honda Spacia, Suzuki Swift, Mitsubishi Minicab EV, Honda N-Van e;, Land Cruiser 70, Fiat 600e, Hyundai Kona, Hyundai Ioniq 5 N, Mini Cooper, Porsche Panamera, Toyota Crown, dan Tesla Model 3 Performance.

    Daftar 10 mobil terbaik di Jepang dalam 10 tahun terakhir:

    2024: Honda Freed
    2023: Toyota Prius
    2022: Nissan Sakura/Mitsibishi eK Cross EV
    2021: Nissan Note
    2020: Subaru Levorg
    2019: Toyota Rav4
    2018: Volvo XC40
    2017: Volvo XC60
    2016: Subaru Impreza
    2015: Mazda Roadster
    2014: Mazda Demio
    2013: Volkswagen Golf

    (riar/din)