brand merek: Tesla

  • China Makin Ganas, Amerika Makin Terpuruk

    China Makin Ganas, Amerika Makin Terpuruk

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pameran otomotif terbesar di dunia, Shanghai Auto Show, resmi dibuka dan langsung menunjukkan dominasi China di pasar kendaraan listrik (EV) global.

    Lebih dari 70 merek otomotif dari China dan internasional memamerkan lebih dari 100 model baru atau penyegaran. Hal ini mempertegas betapa sengitnya persaingan di pasar EV terbesar dunia itu.

    Raksasa otomotif China seperti BYD dan Geely tampil sebagai bintang utama, sementara merek asing seperti Volkswagen, Nissan, Toyota, hingga General Motors lewat Cadillac, bersaing keras untuk mencuri perhatian.

    China kini memimpin revolusi kendaraan listrik dunia. Penjualan kendaraan energi baru (NEV), yang mencakup EV dan hybrid, kini sudah menyumbang lebih dari 50% dari seluruh penjualan mobil baru di China, jauh melampaui AS dan Eropa.

    Target tersebut bahkan tercapai lebih cepat dari proyeksi pemerintah China yang awalnya dipatok untuk 2030.

    Tesla Terpuruk

    Sementara itu, Tesla, ikon EV asal Amerika Serikat, kian terpuruk. Pangsa pasar Tesla di China merosot dari 15% pada 2020 menjadi hanya 9% di kuartal pertama 2025. Ini diperparah dengan penurunan penjualan global dan kontroversi CEO Elon Musk yang terlibat dalam politik AS.

    Kondisi Tesla di China juga diperburuk oleh absennya mereka di Shanghai Auto Show sejak 2021, setelah insiden protes konsumen. Sementara para pesaing lokal terus mengeluarkan model baru dengan cepat, Tesla tetap dengan ritme peluncuran produk yang lebih lambat.

    Analis independen otomotif Lei Xing bahkan menyebut fenomena ini sebagai “tsunami tekanan” untuk Tesla. “Bukan hanya satu, tapi ada 12 atau 13 model yang siap menumbangkan Model Y,” ujarnya, dikutip dari Reuters, Selasa (22/4/2025).

    Dalam pameran ini, sederet model baru dari merek-merek China seperti Xpeng G6 dan Zeekr E6 siap menantang dominasi Tesla Model Y, menawarkan teknologi baterai, fitur berkendara otomatis, hingga hiburan di dalam mobil yang lebih canggih dengan harga lebih murah.

    Tak hanya itu, pesaing utama Tesla, BYD, menggebrak pasar dengan melengkapi seluruh lini produknya. Bahkan merek ini merilis mobil listrik yang hanya seharga US$10.000, dengan sistem bantuan mengemudi canggih “God’s Eye” secara gratis. Ini makin mempersempit ruang gerak Tesla yang inovasinya mulai melambat.

    (fab/fab)

  • ‘Badai yang Sempurna buat Tesla’

    ‘Badai yang Sempurna buat Tesla’

    Jakarta

    Tesla punya tambahan penderitaan imbas kebijakan tarif baru Donald Trump. Situasi ini bak badai yang sempurna bagi perusahaan Elon Musk.

    Dikutip dari CNN Internasional, Elon Musk saat ini berada pada kondisi yang dilematis. Jika Musk melanjutkan hubungan dekatnya dengan Trump, perusahaan dapat kehilangan pelanggan potensial, baik di dalam maupun di luar negeri, yang tidak menyukai kebijakan Trump. Namun, jika Musk menjauhkan diri dari Trump, dia berisiko menimbulkan kemarahan Gedung Putih. Ini adalah situasi kalah-kalah, dan ini adalah jebakan yang dibuat Musk sendiri.

    Protes di luar showroom Tesla yang disertai dengan aksi vandalisme menjadi reaksi keras yang dihadapi Tesla dan Elon Musk.

    Musk telah membuat janji ambisius untuk armada robotaksi swakemudi dan robot humanoid, mengklaim bahwa mereka akan membuat perusahaan menjadi yang paling berharga di dunia.

    Dan Ives, seorang analis untuk Wedbush Securities mengatakan Musk menghadapi “situasi kode merah” jika dia melanjutkan perannya dalam pemerintahan Trump.

    “Musk perlu meninggalkan pemerintah, mengambil langkah besar kembali pada DOGE, dan kembali menjadi CEO Tesla penuh waktu,” kata dia.

    Tesla juga menghadapi persaingan yang meningkat dari pembuat mobil EV lainnya, terutama di China. Apalagi negeri Tiongkok jadi salah satu pasar terbesar Tesla. Seperti diketahui Amerika Serikat dan China sedang adu tarif tinggi.

    “Itu berubah menjadi mimpi buruk bagi Tesla dan bagi para investor,” kata Ives kepada CNN.

    “Tarif, kontroversi DOGE, kerusakan merek, ini adalah badai yang sempurna,” kata dia.

    Tesla sudah menghentikan pesanan mobil Model S dan Model X dengan harga lebih tinggi, yang dibuat di California, karena tarif pembalasan 125% Cina, tetapi model-model itu hanya sebagian kecil dari penjualan keseluruhannya. Tetapi Musk telah mengatakan bahwa biaya untuk Tesla bukan hal sepele.

    “Penting untuk dicatat bahwa Tesla TIDAK luput di sini. Dampak tarif pada Tesla masih signifikan,” katanya di platform media sosialnya, X.

    Dia telah menggembar-gemborkan rencana untuk layanan ride-hailing tanpa pengemudi di Austin, Texas, yang akan dimulai pada bulan Juni. Tetapi belum ada pembaruan. Sementara itu, Uber dan unit mobil tanpa pengemudi milik Google, Waymo, telah telah mengalahkan Tesla dengan dimulainya layanan taksi tanpa pengemudi bersama di kota itu.

    “Ini akan menjadi negatif besar untuk saham jika dia mendorong kembali (rencana robotaxi),” kata Ives.

    “Kita perlu mendengar kabar baik di sana, karena tidak akan ada kabar baik dalam hal pendapatan atau seperti apa sisa tahun ini secara finansial.”

    (riar/dry)

  • Tesla Hancur Lebur, Elon Musk Langsung Ditagih Investor

    Tesla Hancur Lebur, Elon Musk Langsung Ditagih Investor

    Jakarta, CNBC Indonesia – Para investor menagih janji peluncuran robotaxi dan mobil murah Tesla kepada Elon Musk. Ini dilakukan saat keadaan kinerja perusahaan terus memburuk.

    Penjualan Tesla terus jatuh, bahkan juga terjadi di California sebagai pasar Amerika Serikat (AS) terbesarnya. Begitu juga dengan saham perusahaan yang terus anjlok hingga 40% dan nilai pasarnya menghilang lebih dari US$500 miliar.

    Keterlibatan Musk dengan pemerintahan Trump juga berdampak pada Tesla. Dia diketahui sebagai pendukung setia Trump bahkan ikut dalam pemerintahannya kali ini.

    Dalam laporan perusahaan hasil Selasa, para investor akan menanyakan dua hal kepada Musk. Mulai dari kapan kendaraan terjangkau diluncurkan dan apakah rencana robotaxi masih sesuai jadwal, dikutip dari Reuters, Selasa (22/4/2025).

    Tesla dilaporkan Reuters akan meluncurkan versi murah dari model Y SUV di AS. Namun produksinya masih ditunda selama berbulan-bulan.

    Sementara robotaxi dan juga AI dijadikan alat Tesla untuk menjawab perlambatan permintaan produk selama beberapa waktu terakhir.

    Musk sudah menyampaikan waktu peluncuran layanan tanpa pengemudi di AS. Robotaxi akan mulai mengaspal di Texas pada bulan Juni dan California bisa melihatnya di jalanan pada akhir tahun ini.

    Kepala Startegi Stock Trader Network, Dennis Dick mengatakan Musk harus berfokus memulihkan Tesla. Bos SpaceX itu juga diminta membatasi komentarnya soal politik di hadapan publik.

    “Jika Musk bisa mulai fokus kembali memulihkan merek Tesla, saya percaya kerusakannya bisa diminimalkan,” kata dia.

    “Penting untuk Musk membatasi komentar politiknya ke depan dan fokus pda FSD, robotaxi dan optimus,” jelasnya menambahkan.

    (fab/fab)

  • BYD Mau Bikin Mobil Listrik Mungil, Harganya Mulai Rp 200 Jutaan

    BYD Mau Bikin Mobil Listrik Mungil, Harganya Mulai Rp 200 Jutaan

    Jakarta

    BYD berencana membuat mobil listrik mungil di Jepang. Mobil listrik itu bakal menantang Nissan Sakura dan dijual dengan harga ramah kantong.

    Pasar mobil listrik di Jepang tercatat mengalami penurunan hingga 33 persen pada tahun 2024. Meski mengalami penurunan, nyatanya merek BYD justru menorehkan peningkatan penjualan di pasar tersebut. Nissan Sakura masih jadi idaman warga lokal, penjualannya sangat mendominasi. Sementara untuk mobil listrik impor ada Tesla yang juga jadi favorit di Negeri Sakura.

    BYD pun tampaknya bakal makin agresif mengisi pasar Jepang. Pabrikan yang bermarkas di Shenzhen itu dilaporkan tengah menyiapkan mobil listrik terbaru yang diharapkan bisa memuncaki penjualan mobil listrik di Jepang.

    Dari laporan Nikkei Asia, BYD tengah mengembangkan mobil listrik di segmen kei car untuk menyaingi mobil listrik terlaris di Jepang, Nissan Sakura. Nissan Sakura adalah kei car yang dijual dengan harga USD 18.250 atau kalau dirupiahkan dengan kurs saat ini setara Rp 307 jutaan. (1 USD = Rp 16.824). Mobil mungil itu dibekali dengan baterai berkapasitas 20 kWh yang menawarkan jarak tempuh 180 km. Sakura juga sudah memiliki sistem pengecasan fast charging 100 kW.

    Setidaknya untuk bisa meraih kesuksesan dengan bakal kei carnya itu, spesifikasi mobil listrik BYD itu harus lebih baik dari Nissan Sakura. Tak kalah penting, harganya juga harus lebih murah. Di Jepang, sejumlah warga masih enggan membeli mobil listrik karena harganya yang masih mahal. Jika BYD bisa bikin terobosan baru dengan harga murahnya, bukan tidak mungkin pasar mobil listrik di Jepang pun bisa dikuasai.

    Masih dari Nikkei, BYD disebut menargetkan mobil listrik mungilnya itu bisa dijual lebih murah. Harganya mulai dari USD 17.700 atau dirupiahkan setara Rp 297 jutaan. Terpenting BYD harus memenuhi aturan kei car di Jepang agar mendapat pajak rendah dan juga kemudahan parkir. Mobil itu tak boleh punya dimensi panjang lebih dari 3,4 meter, lebar lebih dari 1,48 meter, dan tingginya tak lebih dari 2 meter. Tenaga kei car di Jepang juga dibatasi hanya 64 daya kuda.

    Dengan spesifikasi yang ketat tersebut, hampir tidak ada pabrikan non-Jepang yang membuat kei car. Satu-satunya pengecualian adalah Smart yang membuat ForTwo dengan ukuran mungil. BYD bisa jadi bikin terobosan baru tersebut. BYD saat ini menjual empat model mobil listrik di Jepang. Keempat mobil listrik itu adalah Dolphin, Atto 3, Seal, dan Sealion 7. Sementara kei car BYD kabarnya bakal dihadirkan pada tahun 2026.

    (dry/din)

  • Kebijakan Donald Trump Termasuk Perang Dagang AS China Didemo Ribuan Warga Amerika Serikat

    Kebijakan Donald Trump Termasuk Perang Dagang AS China Didemo Ribuan Warga Amerika Serikat

    PIKIRAN RAKYAT – Pada Sabtu, 19 April 2025 waktu setempat, ribuan warga Amerika Serikat menggelar demonstrasi di berbagai kota. Mereka memprotes kebijakan-kebijakan Donald Trump, termasuk perang dagang AS China.

    Hari tersebut bertepatan dengan peringatan 250 tahun Perang Revolusi AS. Gedung Putih yang berlokasi di Washington DC menjadi salah satu lokasi demonstrasi.

    Aksi tersebut ada juga di New York City, Chicago, dan San Fransisco. Di New York City, para pendemo membentangkan poster bertuliskan Tidak Ada Raja di Amerika dan Tolak Tirani.

    Di Chicago, para pendemo meneriakkan Lindungi demokrasi kita. Di San Francisco, terbentang spanduk bertuliskan Pemakzulan dan Pemberhentian.

    Di antara mereka, ada juga yang memprotes deportasi para imigran, pemecatan di departemen federal, pengurangan dana kantor jaminan sosial, anti transgender, dan kebijakan iklim.

    Kekhawatiran Warga AS

    Raymond Lotta, seorang ekonom politik sekaligus penulis, mengutarakan negara AS berada di situasi berbahaya yang belum pernah terjadi sebelumnya. Raymond yang membentang spanduk Deportasi Trump pun menyebut Donald Trump merusak supremasi hukum.

    Hal senada diungkapkan juga oleh Thomas Bassford. Ia pun mengungkapkan bahwa warga AS saat ini diserang oleh pemerintahnya sendiri sehingga perlu melawannya.

    Chris, seorang demonstran lainnya, mengutarakan bahwa kebijakan penetapan tarif Trump sebagai hal yang tak perlu. Sebabnya, merugikan ekonomi AS dan dunia. Ia membentangkan poster Tarif Sama Dengan Resesi. 

    George Bryant, seorang demonstran lainnya yang tinggal di Boston, mengutarakan bahwa Donald Trump sedang mendirikan negara fasis. Ia membentangkan spanduk Rezim Fasis Trump Harus Lengser Sekarang Juga.

    Elon Musk, pengusaha yang juga penasihat Donald Trump, menjadi sasaran kemarahan juga. Para demonstran mendatangi dealer mobil Tesla. Elon Musk menjabat CEO di perusahaan otomotif tersebut.

    Demonstrasi Tanggal 5 April 2025

    Sebelum demonstrasi tersebut, ribuan warga Amerika Serikat telah mengadakan aksi serupa pada tanggal 5 April 2025. Pengamat politik menilai aksi ini sebagai wujud kekecewaan masyarakat AS terhadap pemerintahan Donald Trump.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Penjualan Terus Turun, Sales Dealer Tesla Kerja Lembur Bagai Kuda

    Penjualan Terus Turun, Sales Dealer Tesla Kerja Lembur Bagai Kuda

    Jakarta

    Tenaga penjual dealer Tesla di China terpaksa harus bekerja hingga melebihi batas jam kerja. Hal itu disebabkan penjualan Tesla yang terus turun di China. Maka, sales atau tim marketing mereka harus bekerja lebih keras untuk memenuhi target penjualan.

    Seperti dikutip dari Carnewschina, status Tesla kini telah berganti dari pelopor inovator menjadi pemain konservatif. Menurut data Asosiasi Mobil Penumpang China, penjualan grosir Tesla di China turun hingga 21,8% pada kuartal pertama tahun 2025.

    Performa tersebut sangat kontras dengan pesaing utama Tesla di China, BYD, yang penjualannya tumbuh 18,8% selama periode yang sama. Dibandingkan Tesla, merek China tersebut dinilai lebih punya inovasi dan lini produk yang beragam.

    Turunnya penjualan Tesla di China disebut-sebut bikin tenaga penjual mereka mengalami tekanan besar. Bahkan beberapa tenaga penjual Tesla mengatakan kepada wartawan setempat bahwa mereka memilih bekerja tujuh hari seminggu, dengan shift harian berlangsung dari pukul 9 pagi hingga 10 malam alias hampir 13 jam per hari.

    “Hari-hari ketika kami tidak perlu bekerja keras untuk memperkenalkan produk dan pesanan akan tiba ‘secara otomatis’ sudah berakhir selamanya,” kata staf tenaga penjualan Tesla yang telah memutuskan resign.

    Kata staf penjualan Tesla di Beijing, standar kinerja saat ini mengharuskan penjualan minimal satu per hari, yang berarti sekitar 30 mobil per bulan. Alih-alih mencapai target tersebut, menjual 3-4 mobil per minggu saja mereka kesulitan.

    Karena banyaknya staf penjualan yang mengalami tekanan, maka perputaran keluar-masuk karyawan pun sangat cepat di sana. Pada salah satu dealer di Beijing, seluruh tim penjualan diganti kira-kira setiap satu setengah bulan, dibandingkan dengan sebelumnya yang diganti setiap tiga bulan.

    Staf penjualan Tesla disebut-sebut dibebankan target berat. Mereka harus menguasai pengetahuan produk dalam waktu tiga hari sembari menjalani pemeriksaan ulang setiap hari. Pada hari keempat, mereka diharapkan bisa menghasilkan transaksi jual beli atau berpotensi menghadapi pemecatan.

    (lua/dry)

  • Pasar Saham Asia Beragam Jelang Rilis Laporan Keuangan Big Tech

    Pasar Saham Asia Beragam Jelang Rilis Laporan Keuangan Big Tech

    Jakarta, Beritasatu.com – Pasar saham Asia menunjukkan pergerakan yang bervariasi pada Senin (21/4/2025) seusai libur akhir pekan Paskah dan beberapa bursa masih tutup. Di tengah ketidakpastian global, investor menanti laporan keuangan dari perusahaan-perusahaan teknologi raksasa Amerika Serikat (AS) atau big tech yang dijadwalkan dirilis pekan ini.

    Dilansir dari AP, di Jepang, indeks Nikkei 225 pada perdagangan pagi turun 1% ke level 34.368,42 karena belum ada tanda-tanda kemajuan signifikan dalam kesepakatan dagang. Industri otomotif Jepang, khususnya, menghadapi tarif sebesar 25% untuk ekspor mobil dan suku cadang ke AS.

    Sementara itu, indeks Shanghai Composite naik tipis 0,3% ke 3.244,44. Indeks Kospi di Korea Selatan stagnan di 2.484,23, dan indeks Taiex Taiwan melemah 1,2%.

    Indeks harga saham gabungan (IHSG) juga belum stabil. Setelah dibuka menguat, IHSG pada pukul 10.06 WIB melemah 0,09% atau 6,82 ke level 6.432,2. 

    Pasar saham di kawasan Asia lainnya, seperti Hong Kong dan Australia masih libur.

    Pekan ini menjadi awal musim laporan keuangan untuk perusahaan-perusahaan teknologi besar AS, atau yang dikenal sebagai “magnificent seven”, yaitu Apple, Microsoft, Nvidia, Amazon, Tesla, Alphabet (Google), dan Meta (Facebook). Sejak masa jabatan Trump dimulai, nilai pasar gabungan ketujuh perusahaan ini telah anjlok sebesar US$ 3,8 triliun atau sekitar 22% hingga 20 April lalu.

    Tarif tinggi yang diberlakukan Trump turut mengganggu rantai pasokan global, termasuk di China, tempat Tesla memproduksi kendaraan listriknya. Tesla dijadwalkan merilis laporan keuangan penuh pada Selasa (22/4/2025) setelah sebelumnya mengumumkan penjualan mobil kuartal pertama mereka turun 13% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

    Pada saat pasar saham Asia dibuka beragam, harga minyak mentah acuan AS pada Senin pagi turun US$ 1,20 menjadi US$ 62,81 per barel. Minyak Brent juga turun US$ 1,20 menjadi US$ 66,76 per barel.

  • Trump Ingin Rebut Dominasi Asia di Manufaktur Chip, China-Taiwan Terancam?

    Trump Ingin Rebut Dominasi Asia di Manufaktur Chip, China-Taiwan Terancam?

    Jakarta

    Selama bertahun-tahun, AS dinilai “salah langkah” di sektor manufaktur chip sehingga China dan pusat-pusat teknologi Asia lainnya melaju pesat. Hal ini diutarakan Gina Raimondo, bekas Menteri Perdagangan AS, dalam wawancara pada 2021.

    Empat tahun berselang, chip masih menjadi medan pertempuran dalam persaingan AS-China untuk supremasi teknologi.

    Sekarang, Presiden AS Donald Trump ingin mempercepat proses manufaktur yang sangat rumit dan sensitif. Bahkan negara-negara lain butuh waktu puluhan tahun untuk menyempurnakannya.

    Trump berpendapat bahwa kebijakan tarifnya akan membebaskan ekonomi AS dan membawa lapangan kerja kembali ke dalam negeri.

    Namun kenyataannya, sejumlah perusahaan terbesar menghadapi masalah kurangnya pekerja terampil dan kualitas produk yang kurang memuaskan di pabrik-pabrik AS

    Lantas, langkah berbeda apa yang akan diambil Trump?

    Dan, mengingat Taiwan serta wilayah lain di Asia memiliki keunggulan dalam menciptakan chip berpresisi tinggi, mungkinkah AS juga memproduksinya dalam skala besar?

    Rahasia di balik mikrochip

    Kepingan silikon kecil yang dikenal sebagai chip ini sebenarnya ditemukan di AS. Akan tetapi, produksi chip tercanggih dalam skala besar justru berpusat di Asia.

    Secara teknis, proses pembuatan chip begitu mahal dan sangat kompleks.

    Sebagai contoh, sebuah iPhone boleh saja berisi chip yang dirancang di AS, tetapi produksinya dilakukan di Taiwan, Jepang, atau Korea Selatan.

    Bahan baku seperti mineral tanah jarang (rare earth) yang digunakan untuk chip juga sebagian besar ditambang di China.

    Selanjutnya, chip tersebut dikirim ke Vietnam untuk pengemasan, kemudian ke China untuk perakitan dan pengujian, sebelum akhirnya dikapalkan ke AS.

    BBC

    BBC News Indonesia hadir di WhatsApp.

    Jadilah yang pertama mendapatkan berita, investigasi dan liputan mendalam dari BBC News Indonesia, langsung di WhatsApp Anda.

    BBC

    Ekosistem ini sangat terintegrasi, dan telah berkembang selama puluhan tahun.

    Di satu sisi, Trump menyatakan dukungannya kepada industri chip. Di sisi lain, dia juga mengancamnya dengan tarif.

    Trump bahkan mengultimatum pemimpin industri, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), bahwa perusahaan harus membayar pajak 100% jika tidak membangun pabrik di AS.

    Dengan ekosistem yang rumit dan persaingan yang ketat, perusahaan perlu merencanakan biaya yang lebih tinggi dan investasi jangka panjangjauh melampaui masa pemerintahan Trump.

    Perubahan kebijakan yang terus-menerus tidak memberikan kepastian. Sejauh ini, sebagian perusahaan menunjukkan kesediaan untuk berinvestasi di AS.

    Subsidi besar yang diberikan China, Taiwan, Jepang, dan Korsel kepada perusahaan swasta pengembang chip adalah alasan utama keberhasilan mereka di sektor ini.

    Hal ini menjadi dasar pemikiran Undang-Undang Chips and Sains AS yang disahkan pada tahun 2022 di bawah Presiden Joe Biden.

    AS adalah penemu mikrochip, tetapi produksi saat ini didominasi oleh negara-negara Asia (Getty Images)

    Undang-undang ini bertujuan untuk memindahkan kembali produksi chip ke dalam negeri dan mendiversifikasi rantai pasokan.

    Hal ini dilakukan dengan mengalokasikan hibah, kredit pajak, dan subsidi untuk mendorong manufaktur domestik.

    Sejumlah perusahaan, seperti produsen chip terbesar dunia TSMC dan pembuat ponsel pintar terbesar Samsung, menjadi penerima manfaat utama dari undang-undang tersebut.

    TSMC menerima hibah dan pinjaman sebesar US$6,6 miliar (sekitar Rp110 triliun) untuk pabrik di Arizona. Adapun Samsung diperkirakan menerima US$6 miliar (sekitar Rp100 triliun) untuk fasilitas di Taylor, Texas.

    TSMC bahkan mengumumkan investasi tambahan sebesar US$100 miliar (sekitar Rp1,6 kuadriliun) di AS bersama Trump, di luar US$65 miliar (sekitar Rp1 triliun) yang telah dijanjikan untuk tiga pabrik.

    Baca juga:

    Diversifikasi produksi chip juga menguntungkan TSMC, mengingat China berulang kali mengancam untuk menguasai Taiwan.

    Namun, baik TSMC maupun Samsung menghadapi tantangan dalam investasi mereka.

    Ini termasuk biaya yang melonjak, kesulitan merekrut tenaga kerja terampil, penundaan konstruksi, dan penolakan dari serikat pekerja lokal.

    “Ini bukan sekadar pabrik tempat Anda membuat kotak,” kata Marc Einstein, direktur riset di perusahaan intelijen pasar Counterpoint.

    “Pabrik yang membuat chip adalah lingkungan steril berteknologi tinggi. Pembangunannya membutuhkan waktu bertahun-tahun.”

    Dan meskipun ada investasi dari AS, TSMC menyatakan bahwa sebagian besar produksinya akan tetap berada di Taiwan, terutama untuk chip komputer tercanggihnya.

    Apakah China berupaya mengungguli Taiwan?

    Saat ini, pabrik TSMC di Arizona menghasilkan chip berkualitas tinggi.

    Namun, Chris Miller, penulis buku Chip War: The Fight for the World’s Most Critical Technology, berpendapat bahwa “teknologi mereka tertinggal satu generasi dari yang terdepan di Taiwan”.

    “Pertanyaan tentang skala produksi bergantung pada besarnya investasi di AS dibandingkan dengan Taiwan,” ujarnya.

    “Saat ini, Taiwan memiliki kapasitas produksi yang jauh lebih besar.”

    Kenyataannya, Taiwan membutuhkan waktu puluhan tahun untuk membangun kapasitas tersebut.

    Meskipun ada ancaman China yang menggelontorkan miliaran dolar untuk mencuri keunggulan Taiwan di sektor ini, industri Taiwan terus berkembang pesat.

    Trump mengancam TSMC dengan pengenaan pajak 100% jika mereka tidak membangun pabrik di Amerika Serikat (Getty Images)

    TSMC adalah pelopor “model foundry”, yaitu ketika pembuat chip mengambil desain dari AS dan memproduksi chip untuk perusahaan lain.

    Memanfaatkan momentum perusahaan rintisan Silicon Valley seperti Apple, Qualcomm, dan Intel, TSMC mampu bersaing dengan raksasa AS dan Jepang.

    Ini karena TSMC punya insinyur terbaik, tenaga kerja sangat terampil, dan pertukaran pengetahuan.

    “Bisakah AS membuat chip dan menciptakan lapangan kerja?” tanya Einstein.

    “Tentu saja, tapi apakah mereka akan mampu membuat chip dengan ukuran nanometer? Kemungkinan tidak.”

    Baca juga:

    Salah satu alasannya adalah kebijakan imigrasi Trump yang berpotensi membatasi kedatangan talenta terampil dari China dan India.

    “Bahkan Elon Musk pun punya masalah imigrasi terkait insinyur Tesla,” kata Einstein.

    Dia merujuk ke dukungan Musk terhadap program visa H-1B AS yang membawa pekerja terampil ke AS.

    “Itu adalah hambatan. Satu-satunya yang mereka bisa lakukan adalah mengubah pendirian mereka tentang imigrasi secara keseluruhan. Anda tidak bisa tiba-tiba memunculkan lulusan PhD.”

    Dampak berantai global

    Meski begitu, Trump malah semakin gencar memberlakukan tarif.

    Dia bahkan memerintahkan investigasi perdagangan atas alasan keamanan nasional terhadap sektor semikonduktor.

    “Ini ibarat batu sandungan besar,” ujar Einstein.

    “Jepang, misalnya, mendasarkan pemulihan ekonominya pada semikonduktor. Yang namanya tarif jelas tidak ada dalam rencana bisnis negara itu.”

    Menurut Miller, dampak jangka panjang bagi industri ini adalah fokus baru pada manufaktur dalam negeri di berbagai wilayah ekonomi kuat dunia: China, Eropa, dan AS.

    Sejumlah perusahaan mungkin mencari pasar baru.

    Getty ImagesTSMC telah berinvestasi dalam manufaktur chip di Amerika

    Raksasa teknologi China, Huawei, contohnya, memperluas bisnisnya ke Eropa dan pasar berkembang termasuk Thailand, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Malaysia, dan banyak negara di Afrika.

    Hal ini mereka lakukan dalam rangka menghadapi kontrol ekspor dan tarif, meskipun margin keuntungan di negara berkembang kecil.

    “Pada akhirnya, China ingin menangmereka harus berinovasi dan berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan. Lihat saja apa yang mereka lakukan dengan Deepseek,” kata Einstein.

    “Jika mereka membuat chip yang lebih baik, semua orang akan beralih ke mereka. Efisiensi biaya adalah sesuatu yang bisa mereka lakukan sekarang. Langkah ke depannya adalah mengembangkan produksi [chip] dengan teknologi super canggih.”

    Baca juga:

    Sementara itu, pusat-pusat manufaktur chip baru mungkin akan bermunculan.

    India, misalnya, dinilai sangat menjanjikan oleh para ahli.

    Mereka berpendapat, India punya peluang lebih besar untuk terintegrasi ke dalam rantai pasokan chip dibandingkan AS.

    Letak lebih strategis, biaya tenaga kerja murah, dan kualitas pendidikan baik.

    India telah menunjukkan kesediaannya untuk menerima manufaktur chip. Namun, mereka menghadapi sejumlah tantangan, seperti pembebasan lahan untuk pabrik dan ketersediaan air.

    Produksi chip membutuhkan air dengan kualitas terbaik dan jumlah yang sangat besar.

    Kartu truf dalam negosiasi

    Getty ImagesJensen Huang, CEO Nvidia, meminta Trump untuk menghapus larangan penjualan chip ke China

    Perusahaan-perusahaan chip sebetulnya tidak sepenuhnya terpojok akibat tarif AS.

    Ketergantungan dan permintaan yang besar akan chip dari perusahaan-perusahaan besar AS seperti Microsoft, Apple, dan Cisco berpotensi menekan Trump untuk mencabut pungutan apa pun pada sektor chip.

    Sejumlah sumber internal meyakini lobi intensif dari CEO Apple Tim Cook berhasil mengamankan pengecualian tarif untuk ponsel pintar, laptop, dan produk elektronik.

    Trump juga dilaporkan mencabut larangan penjualan chip Nvidia ke China sebagai hasil dari lobi.

    Ketika ditanya secara spesifik tentang produk Apple pada hari Senin (14/04) di Oval Office, Trump mengatakan: “Saya orang yang sangat fleksibel.”

    Dia menambahkan, “Mungkin ada hal-hal baru yang akan terjadi. Saya sudah bicara dengan Tim Cook. Baru-baru ini saya membantunya.”

    Trump mengeklaim kebijakan tarifnya akan memulihkan ekonomi AS dan menciptakan lapangan kerja di dalam negeri. (Getty Images)

    Menurut Einstein, pada akhirnya Trump hanya ingin membuat kesepakatan.

    Trump dan pemerintahannya paham: membangun pabrik chip yang lebih besar saja tidak menyelesaikan masalah.

    “Menurut saya, pemerintahan Trump melakukan langkah yang sama seperti kepada pemilik TikTok, Bytedance. Mereka ibarat berkata: Anda tidak bisa beroperasi di AS lagi kecuali memberikan sebagian saham ke Oracle atau perusahaan AS lain,” jelas Einstein.

    “TSMC tidak akan pergi ke mana pun, jadi AS ingin memaksa mereka membuat kesepakatan dengan Intel lalu mendapatkan bagian dari keuntungan.

    Namun, model ekosistem semikonduktor Asia memberikan pelajaran berharga: tidak ada satu negara pun yang bisa mengoperasikan industri chip sendirian.

    Dibutuhkan waktu untuk membuat semikonduktor canggih secara efisien dan dalam skala besar.

    Trump mencoba menciptakan industri chip melalui proteksionisme dan isolasi.

    Padahal, yang memungkinkan industri chip berkembang di seluruh Asia adalah kebalikan dari yang dia lakukan: kolaborasi dalam ekonomi global.

    (ita/ita)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Poster “No Kings” di Tengah Ribuan Demonstran Kecam Kebijakan Ekstrem Donald Trump

    Poster “No Kings” di Tengah Ribuan Demonstran Kecam Kebijakan Ekstrem Donald Trump

    JAKARTA – Ribuan orang turun ke jalan di hampir seluruh negara bagian Amerika Serikat (AS) dalam demonstrasi bertajuk “50501” pada Sabtu 19 April waktu setempat. Mereka satu suara, mengecam kebijakan ektrem Presiden AS Donald Trump.

    Mengutip BBC, Minggu 20 April, aksi massa ini digelar bertepatan dengan peringatan 250 tahun dimulainya Perang Revolusi Amerika. Sementara nama aksi “50501”  memiliki arti “50 aksi protes, 50 negara bagian, 1 gerakan”.

    Para pengunjuk rasa menyampaikan berbagai keluhan mereka dari luar Gedung Putih, dan banyak tempat di pusat-pusat kota di AS seperti di depan dealer Tesla.

    Mereka banyak yang membawa poster bertuliskan “No Kings,” sebagai bentuk penghormatan kepada peringatan awal revolusi AS melawan peraturan dan kekuasaan Inggris.

    Banyak juga massa yang menentang kebijakan ekstrem Trump dengan menuntut pengembalian Kilmar Ábrego García yang dideportasi ke El Salvador. 

    García langsung dipenjara di Pusat Penahanan Terorisme (CECOT) keamanan maksimum Salvador tanpa didakwa atau diadili. Proses itu merupakan bagian dari perjanjian kedua negara bahwa El Salvador memenjarakan orang-orang yang dideportasi dari AS dengan imbalan pembayaran.

    Tak sedikit juga massa demonstran ini menuntut perbaikan sistem dalam Departemen Efisiensi Pemerintah (Doge). DOGE hasil inisiatif Trump untuk memangkas pekerjaan dan pengeluaran pemerintah AS, yang juga berdampak pada keengganan pemerintah untuk memulangkan García.

    Aksi protes di banyak wilayah di AS ini berjalan damai hingga akhirnya massa membubarkan diri masing-masing. Namun, tak lepas dari insiden seperti yang diperlihatkan politikus Partai Demokrat Perwakilan Suhas Subramanyam dalam video unggahannya di X bahwa ada pria memegang poster pro Trump menerobos kerumunan demonstran dan marah-marah.

  • BYD-Tesla Minggir, Mobil Listrik ala Jepang Laris Manis

    BYD-Tesla Minggir, Mobil Listrik ala Jepang Laris Manis

    Jakarta, CNBC Indonesia – Permintaan mobil hibrida bensin-listrik Toyota bikin pemasok kewalahan. Pasalnya mereka kesulitan dalam memenuhi kebutuhan produksi yang membeludak.

    Banyaknya permintaan mobil listrik ala Jepang itu, mengakibatkan terjadinya kekurangan suku cadang dan waktu tunggu yang lebih lama bagi para pembeli. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh empat orang yang mengetahui situasi tersebut.

    Melansir Reuters, stok mobil hibrida Toyota di dealer utama, termasuk di Amerika Serikat, Jepang, China, dan Eropa, susah dicari.

    Sebagai pemain dominan di pasar mobil hibrida, Toyota menghadapi tantangan besar dalam memenuhi lonjakan permintaan ini.

    Namun, peningkatan ini juga membuktikan strategi Toyota dalam mempertahankan produksi mobil hybrid terbukti berhasil, meskipun beberapa pesaingnya sebelumnya memprediksi kendaraan listrik berbasis baterai akan menghilangkan permintaan mobil hibrida.

    Sementara itu, berdasarkan data LMC Automotive, penjualan mobil hybrid global, termasuk model plug-in, hampir meningkat tiga kali lipat dalam lima tahun terakhir, dari 5,7 juta unit menjadi 16,1 juta unit.

    Di Eropa, pelanggan Toyota kini harus menunggu sekitar 60 hingga 70 hari untuk mendapatkan mobil hibrida baru, hampir dua kali lipat dari waktu tunggu pada tahun 2020. Model dengan permintaan tertinggi di kawasan ini termasuk Yaris Cross Hybrid dan RAV4 Plug-in Hybrid.

    Sedangkan di Jepang, waktu tunggu berkisar antara dua hingga lima bulan untuk berbagai model, menurut situs web resmi Toyota.

    Di Amerika Serikat, stok mobil hibrida juga makin tipis. Seorang sumber mengatakan, di salah satu dealer di Pantai Barat, Prius Hybrid sudah terjual habis sejak pertengahan Februari, sementara stok Camry Hybrid sangat terbatas. Di India, waktu tunggu berkisar antara dua hingga sembilan bulan, tergantung pada modelnya.

    Reuters mewawancarai 10 tokoh industri, termasuk orang-orang di Toyota dan para pemasoknya, mereka mengungkapkan kendala saat ini terjadi dalam rantai pasokan mobil hibrida. Toyota menyatakan, permintaan mobil hibrida meningkat secara signifikan di seluruh wilayah dan pihaknya terus berusaha meningkatkan produksi untuk merespons kebutuhan pasar.

    “Saat ini, kapasitas produksi untuk komponen dan suku cadang hibrida dari para pemasok kami dan produksi suku cadang internal kami sejalan dengan rencana produksi tahunan dan kapasitas perakitan kendaraan kami,” kata Toyota dalam pernyataannya, dikutip dari Reuters, Selasa (15/4/2025).

    Permasalahan rantai pasok

    Namun, keterbatasan pasokan tetap menjadi tantangan utama. Beberapa suku cadang penting, seperti magnet yang digunakan dalam komponen hibrida dari pemasok Aisin Corp, mengalami kelangkaan.

    Hal ini menyebabkan keterlambatan produksi rotor dan stator, yang berdampak pada pasokan motor hibrida ke Toyota. Demikian pula, Denso, pemasok utama dalam grup Toyota, menghadapi keterlambatan pengiriman inverter akibat kemacetan di pemasok lapis kedua dan ketiga.

    Menghadapi masalah ini, Toyota mempertimbangkan opsi untuk mencari pemasok baru di India serta memproduksi inverter di negara tersebut.

    Meski begitu, perusahaan menolak memberikan perincian lebih lanjut terkait pemasok spesifik yang terlibat dalam upaya ini. Aisin dan Denso juga menolak berkomentar.

    Adapun Toyota sendiri telah berinvestasi besar dalam meningkatkan kapasitas produksinya. Di India, Toyota Kirloskar Motor telah menambah kapasitas untuk memproduksi 32.000 kendaraan tambahan per tahun dan berencana untuk meningkatkan produksi hingga 100.000 kendaraan lagi. Selain itu, Toyota juga menginvestasikan US$14 miliar untuk pabrik baterai di North Carolina guna memenuhi permintaan kendaraan hibrida.

    Di China, meskipun total penjualan Toyota turun 7% pada 2024 dibanding tahun sebelumnya, penjualan kendaraan listriknya yang sebagian besar adalah mobil hibrida justru meningkat 27%.

    Pesaing utama Toyota, seperti Hyundai dan Kia, juga menghadapi tantangan serupa dalam meningkatkan produksi mobil hibrida mereka.

    Seorang sumber menyebutkan bahwa Hyundai masih berjuang dengan keterbatasan kapasitas produksi, sementara dealer Hyundai di Seoul mencatat waktu tunggu untuk SUV Palisade Hybrid mencapai satu tahun.

    Kia Carnival Hybrid memiliki waktu tunggu 10 bulan, sedangkan Kia Sorento Hybrid membutuhkan waktu sekitar tujuh bulan untuk dikirim ke pelanggan.

    (dem/dem)