brand merek: Suzuki

  • Bukan Jorge Martin, Ini Pebalap MotoGP dengan Gaji Tertinggi Tahun 2024

    Bukan Jorge Martin, Ini Pebalap MotoGP dengan Gaji Tertinggi Tahun 2024

    Jakarta

    MotoGP 2024 telah berakhir dengan Jorge Martin keluar sebagai juaranya. Selain dinamika yang terjadi di lintasan sirkuit, maupun drama perpindahan pebalap ke tim baru, menarik juga disimak besaran gaji pebalap MotoGP 2024. Siapakah rider yang mendapat bayaran tertinggi tahun ini?

    Mengutip laman Motosan, di urutan ketujuh pebalap dengan gaji pokok sebesar 1 juta euro (Rp 16,9 miliar) ada tiga nama, yakni Brad Binder (KTM) dan 2 pebalap Pramac Racing Ducati, Franco Morbidelli dan Jorge Martin.

    Selanjutnya di posisi keenam ada pebalap dengan gaji pokok sebesar 2 juta euro (Rp 33,8 miliar) yakni Aleix Espargaro (Aprilia Racing). Selanjutnya ada rider dari Yamaha Monster Energy, Alex Rins, yang mengantongi gaji pokok sebesar 2,2 juta euro per tahun atau setara Rp 37,2 miliar.

    Kemudian di posisi keempat, ada dua pebalap MotoGP dengan besaran gaji pokok sebesar 3 juta euro (Rp 50,7 miliar), yakni Joan Mir (Repsol Honda) dan Jack Miller (KTM). Khusus untuk Mir, dia mengalami penurunan gaji signifikan saat pindah dari Suzuki ke Honda pada akhir 2022. Mir sempat mendapatkan gaji fantastis senilai 6 juta euro per tahun (Rp 101 miliar) pada tahun 2021 setelah dia memenangi MotoGP 2020 bersama Suzuki.

    Kembali ke jajaran pebalap dengan gaji tertinggi di tahun 2024, ada nama Johann Zarco di urutan ketiga yang menerima gaji pokok sebesar 4 juta euro (Rp 67,6 miliar) dari timnya, LCR Honda. Selain Zarco, Vinales juga mendapatkan besaran gaji serupa bersama tim Aprilia Racing.

    Di posisi kedua ada nama Fabio Quartararo yang menerima gaji sebesar 6 juta euro per musim dari tim Yamaha Monster Energy. Rider yang menjuarai MotoGP 2021 tersebut mendapatkan kenaikan gaji yang signifikan usai memperpanjang kontrak dengan Yamaha.

    Dan pebalap MotoGP tahun 2024 yang mendapatkan gaji tertinggi adalah Francesco Bagnaia. Pebalap Ducati Lenovo tersebut mengantongi sebanyak 7 juta euro per tahunnya atau setara Rp 118,4 miliar. Tentu wajar bila Pecco Bagnaia mendapatkan bayaran tinggi. Sebab dia adalah pebalap utama Ducati dengan gelar juara dunia 2022 dan 2023. Pada musim 2024 pun Bagnaia tampil konsisten, meski kalah dari Martin di perebutan gelar juara dunia.

    Lantas di manakah posisi Marquez? Besaran gaji Marc Marquez di tim Gresini Racing Ducati belum diketahui pasti. Namun kabarnya, Marquez mengalami penurunan gaji yang signifikan saat memutuskan pindah dari Honda ke Gresini pada akhir 2023 lalu.

    (lua/rgr)

  • Kecelakaan Maut Pikap Vs Truk di Buleleng Bali Telan 1 Korban Jiwa

    Kecelakaan Maut Pikap Vs Truk di Buleleng Bali Telan 1 Korban Jiwa

    TRIBUNJATENG.COM, SINGARAJA – Kamis (19/12/2024) sekitar pukul 17.00 Wita, kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Singaraja-Gilimanuk.

    Tepatnya di wilayah Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali.

    Seorang pengemudi pikap, Kadek Alit Suwitra (49), tewas.

    Kepala Sub Bagian Humas Polres Buleleng, AKP Gede Darma Diatmika, mengungkapkan bahwa korban mengalami cedera kepala berat (CKB) dan luka di leher.

    “Dinyatakan meninggal dunia oleh petugas medis Puskesmas 2 Gerokgak,” ujarnya saat dikonfirmasi pada Jumat (20/12/2024).

    Kecelakaan tersebut melibatkan mobil pikap Suzuki ST150 dengan nomor polisi DK 8162 CP yang dikemudikan oleh Kadek Alit Suwitra, dan sebuah truk Hino dengan nomor polisi DK 8252 WB.

    Menurut Diatmika, pikap tersebut melaju dari arah barat (Gilimanuk) menuju ke timur.

    Di lokasi kejadian, diduga sopir pikap mengalihkan haluan ke kanan, sehingga menabrak truk Hino yang melaju dari arah berlawanan.

    Truk tersebut dikemudikan oleh I Putu Oky Pradnyana (28), warga Desa Lelateng, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali.

    “Diduga kelalaian pengemudi Suzuki ST150 DK 8162 CP yang mengambil haluan terlalu ke kanan, yang menyebabkan tabrakan,” jelas Diatmika.

    Sementara itu, pengemudi truk Hino, Putu Oky Pradnyana, mengalami luka pada leher dan sempat dilarikan ke Puskesmas Gerokgak 2.

     Saat ini, ia telah dirujuk ke RSUD Singaraja untuk perawatan lebih lanjut.

    Petugas dari Polres Buleleng telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi terkait kecelakaan tersebut.

    “Peristiwa kecelakaan ini masih ditangani Satuan Lalu Lintas Polres Buleleng,” tutup Diatmika. (*)

     

  • Lagi Pelaku Curanmor Asal Madura Diringkus di Gresik

    Lagi Pelaku Curanmor Asal Madura Diringkus di Gresik

    Gresik (beritajatim.com) – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) masih bergentayangan di wilayah hukum Polres Gresik. Terbaru pelaku berinisial AR (18) asal Pandilan, Sumenep, Madura, berhasil diringkus usai menjalankan aksinya di Toko Madura Desa Krikilan, Kecamatan Driyorejo.

    Selain mengamankan pelaku, polisi juga menyita barang bukti di simpang empat Legundi Driyorejo, Gresik. Kapolsek Driyorejo AKP Musihram mengatakan, kasus curanmor ini bermula pelaku AR mengendarai motor di wilayah Desa Krikilan. Kemudian pelaku berhenti di samping timur Toko Madura milik korban Zainullah (34).

    Selanjutnya pelaku langsung mendekati toko yang keadaannya memang sedang sepi. Pelaku kemudian mengincar motor Suzuki Thunder DK 4393 AA.

    “Saat mencuri motor yang diincar pelaku mendorong ke arah barat supaya jauh dari toko milik korban. Selanjutnya menyalakan motor lalu menaiki sampai di Jembatan Legundi. Namun, motor yang dikendarainya kehabisan bensin,” katanya, Sabtu (21/12/2024).

    Masih menurut Musihram, korban baru sadar motor miliknya tidak ada di tempat karena dicuri orang. Kemudian korban mencari keberadaan motor kesayangannya. Setelah dicari kesana kemari. Korban mendapati kendaraan miliknya dibawa pelaku yang berhenti di pinggir Jalan Raya legundi karena kehabisan bensin.

    “Selanjutnya korban bersama anggota Polsek Driyorejo mengamankan pelaku, lalu dibawa ke Polsek Driyorejo beserta barang bukti untuk tindakan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut,” paparnya.

    Setelah menjalani pemeriksaan, pelaku AR mengaku telah mencuri motor milik korban seorang diri. Atas perbuatannya ini, pelaku dijebloskan ke penjara dan dijerat dengan Pasal 362 KUHP ancaman hukuman paling lama 5 tahun penjara. [dny/kun]

  • Sederet Mobil Hybrid Buatan Indonesia Layak Dapat Insentif PPnBM DTP

    Sederet Mobil Hybrid Buatan Indonesia Layak Dapat Insentif PPnBM DTP

    Jakarta, CNN Indonesia

    Sejumlah mobil hybrid yang dijual di dalam negeri berpotensi mendapat insentif berupa Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) 3 persen.

    Para perusahaan otomotif seperti Toyota, Hyundai, SGMW Motor Indonesia (Wuling) hingga Suzuki kemungkinan dapat menekan kenaikan harga mobil hybrid tahun depan karena insentif itu sehingga bisa menumbuhkan minat beli konsumen.

    Salah satu syarat bisa mendapatkan insentif PPnBM DTP 3 persen adalah mobil hybrid mesti diproduksi di dalam negeri. Setidaknya ada tujuh model mobil hybrid yang punya status demikian.

    Saat ini tarif PPnBM yang berlaku untuk mobil hybrid dan mild hybrid mulai 6 persen sampai 14 persen, sementara PHEV berkisar 5-8 persen (skema I dan skema II).

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang juga sudah meminta para produsen mendaftarkan model mobil hybrid mereka ke Kemenperin supaya bisa menikmati insentif tersebut.

    “Untuk hybrid ini, saya minta agar segera para produsen mobil hybrid di Indonesia untuk segera mendaftarkan merek-mereknya kepada kami, supaya tahun depan mulai 1 Januari sudah bisa menikmati insentif stimulus yang sudah disiapkan pemerintah,” kata Agus dalam Konferensi Pers Paket Stimulus Ekonomi untuk Kesejahteraan, Senin (16/12).

    Berikut daftar model mobil hybrid yang berpotensi dapat insentif:

    Suzuki Ertiga Hybrid harga mulai Rp277 jutaSuzuki XL7 Hybrid harga mulai Rp288 jutaWuling Almaz RS Hybrid harga mulai Rp442 jutaHyundai Santa Fe Hybrid harga mulai Rp786 jutaGWM Haval Jolion HEV harga mulai Rp405 jutaToyota Yaris Cross Hybrid harga mulai Rp440 jutaToyota Kijang Innova Zenix Hybrid harga mulai Rp477 juta (can/fea)

    [Gambas:Video CNN]

  • Awas Blong di Turunan! Begini Cara Ngerem Motor Matic yang Benar

    Awas Blong di Turunan! Begini Cara Ngerem Motor Matic yang Benar

    Jakarta

    Motor matic banyak digunakan dalam kegiatan sehari-hari karena cara mengendarai yang mudah. Pengguna motor matic bisa langsung tancap gas tanpa perlu memikirkan kopling maupun persneling.

    Tapi saat berjalan di turunan, ada risiko besar bagi pengguna matic. Motor bisa blong karena pengereman tidak dilakukan dengan benar. Selain itu, rem bisa cepat aus karena proses pengereman yang terlalu berat.

    Untuk menghindari risiko blong dan kerusakan rem, simak artikel ini. Kita akan ulas cara ngerem motor matic yang benar saat berada di turunan. Ketahui juga kesalahan ngerem serta tips merawat rem agar awet.

    Cara Ngerem Motor Matic yang Benar di Turunan

    Berikut ini cara ngerem motor matic yang benar saat di turunan, berdasarkan situs Suzuki dan Rifat Drive Labs:

    1. Sejak Awal, Pastikan Kondisi Rem

    Sebelum melakukan perjalanan, terutama perjalanan jauh, pastikan selalu mengecek kondisi kendaraan. Salah satu bagian penting adalah rem. Jika kurang paham, bawalah motor matic kamu ke bengkel servis. Gantilah dengan yang baru jika komponen rem sudah aus atau rusak.

    2. Jaga Jarak dan Kecepatan

    Saat di jalan, selalu menjaga jarak dan kecepatan. Ketika di turunan, kendaraan akan semakin cepat. Pastikan kecepatan tidak melebihi batas maksimal. Hal ini untuk mengantisipasi jika kendaraan di depanmu berhenti mendadak.

    3. Jangan Benar-benar Lepas Gas

    Motor matic tidak memiliki engine brake seoptimal motor transmisi manual, sehingga berisiko blong saat berada di turunan. Namun ada cara untuk menghindari risiko tersebut.

    Pada motor transmisi manual, pengendara cukup memposisikan persneling ke gigi rendah, sehingga kecepatan motor terbatas. Pada motor matic, pengendara tidak boleh melepaskan gas secara penuh agar transmisi kendaraan tetap aktif.

    Jadi, cukup sesekali mengegas untuk mendapatkan engine brake. Jika gas dilepaskan penuh, maka yang terjadi adalah freewheel, yaitu motor akan meluncur seperti ketika menarik kopling pada motor manual.

    Pada saat menurun, utamakan menggunakan rem depan daripada belakang. Rem depan dapat menahan daya dorong motor ke depan. Rem depan pada motor matic posisinya sama dengan motor lain, yakni di tangan kanan.

    5. Kombinasikan Rem

    Meski mengutamakan rem depan saat di turunan, detikers juga tetap harus mengkombinasikan dengan rem belakang di tangan kiri. Rem belakang bisa dipakai sebagai penyeimbang.

    Penggunaan dua rem menghindari ban selip. Selain itu, beban rem juga menjadi lebih ringan, sehingga tidak cepat aus pada salah satu rem.

    6. Hindari Ngerem Mendadak

    Hindari mengerem secara mendadak, terutama setelah memacu dengan kecepatan tinggi. Pengereman mendadak bisa membuat roda terkunci dan motor kehilangan daya cengkram.

    Pengendara juga disarankan mengerem secara bertahap, yakni dengan menekan rem, melepasnya, lalu menekannya lagi hingga beberapa kali.

    7. Pastikan Pakai Safety Gear

    Terakhir, selalu ingat untuk mengenakan safety gear atau perlengkapan keamanan, misalnya helm ber-SNI, jaket berkendara, sarung tangan, sepatu, dan sebagainya. Hal ini akan meminimalkan risiko cedera jika terjadi kecelakaan.

    Kesalahan Ngerem yang Sering Terjadi

    Ada beberapa kebiasaan mengerem yang salah tetapi sering dilakukan, yakni sebagai berikut:

    Beberapa pengendara berpikir untuk menghindari penggunaan rem depan, karena hal itu membuat roda depan terkunci. Padahal rem depan lebih berpengaruh besar untuk memperlambat laju motor.Pengendara sering kali mengerem hanya menggunakan satu rem. Seharusnya rem harus dikombinasikan antara depan dan belakang. Selain membuat laju kendaraan sulit terkendali, rem juga bisa cepat aus.Banyak pengendara terbiasa mengerem secara mendadak. Hal ini biasa terjadi karena tidak menjaga jarak aman. Padahal rem mendadak bisa membuat roda terkunci.Kondisi rem juga sering kali diabaikan. Ketika rem sudah terasa tidak pakem atau tidak nyaman, sebaiknya tanyakan ke bengkel. Pastikan kondisi rem selalu baik.Tips Merawat Rem Agar Awet

    Dikutip dari situs Astra Otoshop, berikut ini sejumlah tips merawat rem agar tetap awet:

    Selalu bersihkan komponen secara rutin, terutama setelah kehujanan, terkena lumpur, atau melewati jalan berdebu.Manfaatkan engine brake, sehingga tidak memerlukan banyak pengereman. Pada motor manual, cukup gunakan transmisi rendah untuk mendapatkan engine brake. Pada motor matic, jangan menutup gas secara penuh.Gunakan rem depan dan belakang secara kombinasi atau bergantian.Pastikan bearing atau laher selalu terlumasi dengan baik dengan minyak rem.Pastikan jarak yang pas antara kampas rem dan piringan cakram agar kinerja rem optimal.Pastikan kondisi permukaan cakram rem tidak aus atau berkarat. Gantilah jika sudah aus atau berkarat.Jika rem sudah macet, pertimbangkan untuk mengganti seal master rem, kampas rem, dan sebagainya.Lakukan servis berkala agar dicek oleh mekanik. Beberapa komponen yang dicek adalah master rem, kaliper, kampas rem, as bracket kaliper, tromol, piringan cakram, dan minyak rem.

    Sekarang detikers sudah tahu kan cara ngerem motor matic yang benar saat di turunan? Perhatikan betul cara mengerem ini agar tidak membahayakan diri sendiri dan pengendara lain.

    (bai/row)

  • Inilah Daftar Pemenang FORWOT Cars & Motorcycles of The Year 2024

    Inilah Daftar Pemenang FORWOT Cars & Motorcycles of The Year 2024

    JAKARTA – Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) hari ini mengumumkan pemenang dari FORWOT Cars and Motorcycles of The Year 2024 yang terdiri dari 25 kendaraan terbagi dalam lima kategori dari roda dua maupun roda empat.

    Seperti tahun sebelumnya, FORWOT of The Year (FCY) 2024 memilih satu model terbaik dari kendaraan berjenis Battery Electric Vehicle (BEV), Hybrid Electric Vehicle, dab Internal Combustion Engine (ICE).

    Ketua Panel Juri FCY 2024, Mufrod mengatakan hadirnya acara ini sebagai wujud apresiasi bagi produsen yang telah berkontribusi dalam kemajuan industri otomotif tanah air.

    “Kami melihat pergerakan yang signifikan dari peluncuran model-model HEV dan BEV, sementara peluncuran model-model ICE menurun pada tahun ini. Artinya kendaraan-kendaraan elektrifikasi semakin diminati,” kata Mufrod dalam kata sambutannya pada pembukaan penghargaan di Senopati, Jumat, 20 Desember.

    Dalam kategori FORWOT Cars of The Year 2024 untuk model ICE, Suzuki Jimny 5-doors berhasil mengungguli model lainnya seperti BAIC BJ40 Plus, Chery Tiggo 5X, Citroen C3 Aircross, dan Toyota Hilux Rangga.

    Kemudian pada kategori Hybrid Electric Vehicle (HEV), model pendatang baru all-new Hyundai Santa Fe HEV berhasil memenangkan penghargaan ini dengan mengalahkan Toyota Vellfire HEV, Toyota Prius HEV, Nissan Serena E-Power, dan Kia Carnival HEV.

    Selanjutnya pada kategori mobil BEV, BYD M6 menjadi yang terfavorit dengan mengalahkan BYD Seal, Chery Omoda E5, Wuling BinguoEV, dan Wuling Cloud EV.

    Pada kategori FORWOT Motorcycles of The Year 2024 ICE, Yamaha Nmax Turbo berhasil menjadi yang terdepan mengalahkan Honda Beat, Honda Scoopy, Honda Stylo, dan Yamaha Lexi.

    Yang terakhir pada kategori BEV kendaraan roda dua, Polytron Fox 500 mengalahkan rival pada kelas yang sama seperti Alva N3, Honda CUV e:, Honda Icon e:, dan Kawasaki Ninja E1.

  • LHKPN Harta Kekayaan Bupati Purworejo Terpilih 2024 Yuli Hastuti, Termiskin di Indonesia

    LHKPN Harta Kekayaan Bupati Purworejo Terpilih 2024 Yuli Hastuti, Termiskin di Indonesia

    LHKPN Harta Kekayaan Bupati Purworejo Terpilih 2024 Yuli Hastuti, Termiskin di Indonesia

    TRIBUNJATENG.COM- Bupati Purworejo Yuli Hastuti kembali terpilih sebagai Bupati Purworejo periode 2024-2029.

    Berdasarkan hasil rekapitulasi, pasangan nomor urut 1 Yophi Prabowo-Lukman Hakim, memperoleh 197.263 suara sah, sementara pasangan nomor urut 2, Yuli Hastuti-Dion Agasi Setiabudi, meraih 235.374 suara sah.

    Yuli sendiri sempat menjadi sorotan lantaran dinobatkan sebagai Bupati termiskin di Indonesia.

     Berdasarkan laporan harta kekayaan yang dilaporkan ke KPK pada 31 Januari 2024, bupati yang dilantik pada 13 Desember 2023 itu memiliki total harta kekayaan senilai Rp 367 juta. 

    Salah satu prinsip hidup yang dia pegang teguh adalah pengabdian di atas kekayaan.  “Jabatan bupati bagi saya adalah untuk mengabdi, seperti pesan dari almarhum suami,” ujar istri almarhum Kelik Sumrahadi (mantan Bupati Purworejo) tersebut. 

    Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara atau LHKPN yang dilaporkan Yuli ke KPK pada 31 Januari 2024 untuk periode 2023, Yuli menyatakan keseluruhan hartanya adalah Rp 367.510.958. Dari jumlah tersebut, asetnya yang terbesar adalah kendaraan, yakni senilai Rp 291.750.000.

    Dengan rincian:
    1. Sepeda motor Suzuki Skywave tahun 2010, hasil sendiri Rp. 3.000.000.
    2. Sepeda Philip tahun 1900, hasil sendiri Rp. 350.000.
    3. Sepeda Gazele tahun 2005, hibah tanpa akta Rp. 14.800.000.
    4. Sepeda Simplex tahun 1900, hasil sendiri Rp. 3.000.000.
    5. Sepeda Simplex tahun 1900, hasil sendiri Rp. 3.800.000.
    6. Sepeda Gazele seri 11 tahun 1900, hasil sendiri Rp. 9.000.000.
    7. Sepeda Gazele seri 10 tahun 1900, hasil sendiri Rp. 5.800.000.
    8. Sepeda Gazele tahun 1960, hasil sendiri Rp. 2.000.000
    9. Mobil Toyota Kijang Innova 2.0 G A/T tahun 2018, hasil sendiri Rp. 250.000.000.
    Selain aset berupa kendaraan yang mayoritas sepeda itu, Yuli juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp. 26.390.000, serta sejumlah kas dan setara kas Rp. 49.370.958. Di sisi lain, ia malah tercatat nihil tanah dan bangunan maupun surat berharga, serta hidup tanpa utang.

    Menariknya, harta Yuli ternyata berkurang dibandingkan periode sebelumnya. Pada 2022, ia melaporkan keseluruhan hartanya mencapai Rp. 390.141.425. Namun, dia juga tercatat memiliki utang Rp 62.081.380 dab pada 2023 utang tersebut menjadi nihil alias telah lunas.

    Tak Punya Rumah

    Bahkan, Yuli pun tak segan mengakui tidak memiliki rumah pribadi. 

    Rumah yang ia tinggali setelah cuti dari jabatannya adalah rumah warisan keluarga suaminya yang dibangun sejak tahun 1800-an di Desa Grabag.  

    “Rumah keluarga almarhum, dulu atapnya damen, sekarang sudah genteng. Ini rumah warisan turun-temurun,” ungkap Yuli. 

    (*)

  • Belum Juga Dijual di Indonesia, Suzuki Swift Sport Siapkan Edisi Terakhir

    Belum Juga Dijual di Indonesia, Suzuki Swift Sport Siapkan Edisi Terakhir

    Jakarta

    Suzuki Co, Ltd menyiapkan varian edisi khusus Swift Sport ‘ZC33S’ Final Edition. Kisi-kisi sebagai edisi terakhir sebab Swift Sports yang saat ini sedang dipasarkan di Jepang akan berakhir produksinya pada bulan Februari 2025.

    Perbedaan Suzuki Swift Sport Final Edition terlihat dari kisi-kisi hitam mengkilap, velg hitam 17 inci, kaliper rem merah, lambang Sport merah dan hitam di pintu belakang, dan stiker khusus pada pilar C.

    Sentuhan tambahan termasuk huruf “Sport” di sisi penumpang dan “ZC33S didukung oleh Suzuki” di dekat gearbox. Edisi Akhir mempertahankan bucket seat standar Swift Sport, pedal aluminium, dan jahitan merah untuk bakat yang lebih sporty.

    Bagi mereka yang ingin membumbui segalanya lebih jauh, Suzuki menawarkan berbagai aksesori opsional untuk Swift Sport ZC33S Final Edition. Ini termasuk elemen aero yang lebih menonjol, stiker tambahan, hiasan lampu depan, penutup tutup bahan bakar.

    Suzuki Swift Sport Foto: Suzuki

    Suzuki Swift Sport menggunakan mesin 1,4 liter turbocharged yang sudah dikenal, menghasilkan 138 hp (103 kW / 140 PS) dan torsi 170 lb-ft (230 Nm). Tenaga dikirim ke roda depan melalui transmisi manual enam kecepatan atau transmisi otomatis. Mobil perkotaan ini memiliki bobot 970 kg.

    Swift Sport ZC33S Edisi Akhir akan diproduksi dari bulan Maret hingga November 2025. Harga mulai dari ¥2,329,800 ($15,200) untuk manual dan ¥2,401,300 ($15,600) untuk otomatis.

    Suzuki sudah mengkonfirmasi penjualan Swift Sport generasi terakhir akan berakhir stoknya habis. Belum diketahui apakah generasi selanjutnya bakal muncul.

    (riar/din)

  • Cuma Mobil Hybrid Buatan Lokal Dapat Insentif, Ini Daftarnya

    Cuma Mobil Hybrid Buatan Lokal Dapat Insentif, Ini Daftarnya

    Jakarta, CNN Indonesia

    Pemerintah mengumumkan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) sebesar 3 persen untuk mobil hybrid yang mulai diterapkan pada 1 Januari 202. Diskon PPnBM mobil hybrid berlaku satu tahun.

    Analis Kebijakan Ahli Madya Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan RI Rustam Effendi mengatakan PPnBM ditanggung pemerintah 3 persen cuma buat mobil hybrid yang dirakit di Indonesia.

    “PPnBM DTP 3 persen hybrid hanya untuk produksi dalam negeri peserta program Kemenperin, yang berhak mendapatkan reduced tarif PPnBM,” kata Rustam kepada CNNIndonesia.com, Selasa (17/12).

    Dasar hukum pemberian insentif di mobil hybrid ini sudah termaktub dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2021.

    Insentif atau stimulus untuk mobil hybrid ini diumumkan bersamaan dengan paket insentif untuk beberapa sektor penting sebagai upaya menjaga daya beli masyarakat usai diterapkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 12 persen tahun depan.

    “PPnBM ditanggung pemerintah untuk kendaraan berbasis baterai atau electric vehicle (EV) masih dilanjutkan, dan yang terbaru, pemerintah memberikan diskon sebesar 3 persen untuk kendaraan bermotor hybrid,” ujar Airlangga Hartarto Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers Paket Stimulus Ekonomi untuk Kesejahteraan disiarkan secara daring.

    Perusahaan otomotif yang memenuhi syarat pun diminta untuk segera mendaftarkan model mobil hybrid ke Kementerian Perindustrian supaya mendapatkan insentif PPnBM 3 persen.

    “Untuk insentif hybrid saya minta agar produsen mobil hybrid yang ada di Indonesia untuk segera mendaftarkan merek-mereknya kepada kami agar tahun depan mulai 1 Januari sudah bisa menikmati insentif stimulus yang sudah disiapkan oleh pemerintah,” ucap Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang.

    Insentif khusus mobil hybrid ini diperkuat dalam Peraturan Kementerian Perindustrian Nomor 36 Tahun 2021 yang merupakan kebijakan untuk program LCEV dengan TKDN tertentu.

    “Termasuk untuk hybrid di dalamnya ada nilai TKDN yang harus menjadi kriteria,” tukas dia.

    Daftar mobil hybrid yang diproduksi di Indonesia

    – Toyota Yaris Cross Hybrid harga mulai Rp440 juta
    – Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid harga mulai Rp477 juta
    – Suzuki Ertiga Hybrid harga mulai Rp277 juta
    – Suzuki XL7 Hybrid harga mulai Rp288 juta
    – Wuling Almaz RS Hybrid harga mulai Rp442 juta
    – Hyundai Santa Fe Hybrid harga mulai Rp786 juta
    – GWM Haval Jolion HEV harga mulai Rp405 juta.

    (can/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Daftar Mobil Hybrid Rakitan Lokal Dapat Insentif 3 Persen

    Daftar Mobil Hybrid Rakitan Lokal Dapat Insentif 3 Persen

    Jakarta, CNN Indonesia

    Pemerintah memberikan stimulus Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) 3 persen untuk mobil hybrid, berlaku 1 Januari 2025. Ada beberapa model mobil yang mendapat relaksasi pajak itu.

    Lewat kebijakan tersebut, para perusahaan otomotif seperti Toyota, Hyundai hingga PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bisa mendulang untung karena harga jual kemungkinan akan turun.

    Tarif PPnBM saat ini yang berlaku yakni untuk mobil hybrid dan mild hybrid mulai 6-14 persen, serta PHEV mulai 5-8 persen (skema I dan skema II).

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang juga meminta para produsen mobil hybrid mendaftarkan kendaraannya ke Kemenperin supaya bisa menikmati insentif tersebut.

    “Untuk hybrid ini, saya minta agar segera para produsen mobil hybrid di Indonesia untuk segera mendaftarkan merek-mereknya kepada kami, supaya tahun depan mulai 1 Januari sudah bisa menikmati insentif stimulus yang sudah disiapkan pemerintah,” kata Agus dalam Konferensi Pers Paket Stimulus Ekonomi untuk Kesejahteraan, Senin (16/12).

    Bagi masyarakat yang hendak berburu mobil hybrid di tahun depan, setidaknya bisa mengerem sebentar supaya menunggu penerapan kebijakan insentif yang tinggal menghitung hari.

    Insentif PPnBM DTP 3 persen ini hanya berlaku untuk mobil hybrik dirakit secara lokal di Indonesia.

    “PPnBM DTP 3 persen hybrid hanya untuk produksi dalam negeri peserta program Kemenperin, yang berhak mendapatkan reduced tarif PPnBM,” kata Analis Kebijakan Ahli Madya Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan RI Rustam Effendi kepada CNNIndonesia.com, Selasa (17/12).

    Daftar mobil hybrid yang diproduksi di Indonesia

    – Toyota Yaris Cross Hybrid harga mulai Rp440 juta
    – Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid harga mulai Rp477 juta
    – Suzuki Ertiga Hybrid harga mulai Rp277 juta
    – Suzuki XL7 Hybrid harga mulai Rp288 juta
    – Wuling Almaz RS Hybrid harga mulai Rp442 juta
    – Hyundai Santa Fe Hybrid harga mulai Rp786 juta
    – GWM Haval Jolion HEV harga mulai Rp405 juta.

    (can/mik)

    [Gambas:Video CNN]