brand merek: Suzuki

  • Intip Sederet Koleksi Mobil Suzuki Artis Sultan di Indonesia

    Intip Sederet Koleksi Mobil Suzuki Artis Sultan di Indonesia

    Infografis

    Dea Duta Aulia – detikOto

    Selasa, 31 Des 2024 16:49 WIB

    Jakarta – Suzuki menjadi salah satu brand kendaraan roda empat yang produknya banyak dimiliki oleh para artis. Bahkan tak sedikit dari mereka mengakui mobil Suzuki menemani para artis dalam merintis karir mereka hingga saat ini.
    (akd/ega)

  • Ini Alasan Valentino Rossi Jago Banget di Tikungan

    Ini Alasan Valentino Rossi Jago Banget di Tikungan

    Jakarta

    Pernahkah kalian bertanya-tanya, mengapa Valentino Rossi sangat tangguh di tikungan? Bahkan, ketika masih aktif membalap, sosok berjuluk The Doctor itu lebih sering melakukan overtake di belokan ketimbang jalur lurus!

    Rossi tak pernah kesulitan saat melintas di tikungan tajam yang cenderung zig-zag. Dia hampir sempurna di momen tersebut dan jarang sekali jatuh. Bukan hanya belok ke kanan, dia juga mahir saat belok ke kiri. Apa alasannya?

    Dalam wawancara eksklusif bersama BT Sport, Rossi mengatakan, dia punya kemampuan khusus bernama ambidextrous yang memungkinkan kedua tangan dan kakinya bekerja sama baik.

    “Saya punya kemampuan ambidextrous, yang berarti (selain kaki kiri) saya bisa melakukan segalanya dengan kaki kanan juga,” ujar Valentino Rossi saat bicara mengenai kemampuannya menikung di lintasan, dikutip Selasa (31/12).

    Kenapa Valentino Rossi jago di tikungan? Foto: Mohd RASFAN / AFP

    Menurut sejumlah literasi, ambidextrous merupakan kemampuan ‘khusus’ yang membuat seseorang bisa menggunakan tangan kanan dan kirinya dengan baik. Biasanya, bakat tersebut muncul secara alamiah sejak masih kanak-kanak.

    Rossi menjelaskan, kondisi tersebut membantunya lebih cepat saat menikung ke kiri dan kanan. Tangan dan kakinya secara naluriah bisa bekerja baik saat melintas di tikungan.

    “Ketika mengendarai sepeda motor, banyak rider yang hanya bagus di sebelah kiri, namun kemudian kesusahan saat menikung ke arah kanan. Di sisi lain, saya kuat di kedua arah dan dapat memasuki tikungan lebih cepat,” ungkapnya.

    Disitat dari Motosan, sejumlah pebalap mengaku kesusahan saat menikung ke sebelah kanan, seperti Marc Marquez, Johann Zarco dan Marco Bezzecchi. Padahal, dua nama terakhir merupakan pebalap kidal yang seharusnya tak kesulitan menikung ke arah tersebut.

    Valentino Rossi. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

    Selain bakat ‘khusus’, kemampuan Rossi di tikungan juga didukung karakter motor Yamaha yang memang cocok untuk situasi tersebut. Tunggangan itu memang dikenal sebagai corner-speed bike. Selain Yamaha, Suzuki juga menganut hal serupa. Berbeda dengan motor Ducati yang kencang saat berada di trek lurus.

    Corner-speed bike didesain memiliki sasis yang sudut-sudutnya memiliki fleksibilitas lateral untuk tetap terhubung saat motor menikung sekalipun derajat kemiringannya tinggi. Sehingga motor bisa melaju lebih cepat saat berada di tikungan.

    Sementara motor Ducati berjenis point and shoot. Motor tersebut dibuat lebih kaku agar saat pengereman mendalam bisa lebih stabil dan bisa bermanuver di tikungan dengan radius pendek.

    Saat belum ada aturan soal ban yang sama, pebalap yang mengendarai corner-speed bike membutuhkan rangka ban lebih kaku agar bisa terus mengegas di tikungan tanpa khawatir akan jatuh.

    (sfn/din)

  • Daftar Mobil Hybrid Suzuki Dapat Insentif PPnBM 3 Persen Tahun Depan

    Daftar Mobil Hybrid Suzuki Dapat Insentif PPnBM 3 Persen Tahun Depan

    Jakarta, CNN Indonesia

    Insentif untuk mobil hybrid dari pemerintah ini berupa Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) sebesar 3 persen akan diberlakukan tahun depan.

    Syaratnya, mobil hybrid yang mendapatkan insentif ini harus dirakit di dalam negeri, sehingga punya TKDN yang sesuai dalam aturan pemerintah.

    “PPnBM DTP 3 persen hybrid hanya untuk produksi dalam negeri peserta program Kemenperin, yang berhak mendapatkan reduced tarif PPnBM,” kata Analis Kebijakan Ahli Madya Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan RI Rustam Effendi kepada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

    Wakil Menteri Perindustrian (Wamenperin) Faisol Riza menjelaskan insentif PPnBM DTP untuk mobil hybrid akan berlangsung selama satu tahun.

    “Ya, satu tahun (2025),” katanya ditemui di Jakarta, Selasa (17/12).

    Setelah satu tahun diterapkan, insentif tersebut nanti akan dikaji kembali.

    Ada beberapa merek mobil hybrid buatan lokal yang berpotensi masuk kategori penerima insentif tersebut, di antaranya Suzuki Ertiga Hybrid harga mulai Rp277 juta dan XL7 Hybrid harga mulai Rp288 juta.

    Kedua model mobil hybrid yang punya status rakitan lokal oleh Suzuki Indomobil Motor (SIM) yang berlokasi di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

    Saat ini tarif PPnBM yang berlaku untuk mobil hybrid dan mild hybrid mulai 6 persen sampai 14 persen, sementara PHEV berkisar 5-8 persen (skema I dan skema II).

    (can/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Jimny 5-Door, Sukses Capai Rekognisi Mobil Terbaik 2024

    Jimny 5-Door, Sukses Capai Rekognisi Mobil Terbaik 2024

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Selalu berhasil menciptakan sensasi, menjadi predikat yang melekat bagi Suzuki Jimny 5-door di Indonesia. Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) baru saja menobatkan gelar penghargaan Car of the Year 2024 kategori kendaraan “Internal Combustion Engine” kepada generasi ke-4 SUV legendaris tersebut. Sebanyak 25 jurnalis berpengalaman melakukan penjurian secara profesional dengan sejumlah aspek penilaian.

    “Kami sangat berterima kasih kepada FORWOT serta keterlibatan semua pihak, sehingga Jimny 5-door meraih rekognisi mobil terbaik 2024. Para juri melakukan penilaian secara objektif dan fair karena parameter yang digunakan cukup lengkap dan komprehensif. Predikat ini bisa menjadi rekomendasi akurat bagi siapa pun saat mencari mobil baru,” ujar Harold Donnel, 4W Marketing Director PT SIS, memberikan apresiasi bagi raihan penghargaan positif tersebut.

    Jimny 5-door sanggup mengungguli kriteria penilaian yang diterapkan oleh FORWOT. Aspek penting penjurian meliputi desain, kenyamanan, keselamatan, performa, handling, fungsionalitas, pengalaman berkendara, hingga harga. Seluruh juri sudah menguji kemampuan serta keandalan Jimny 5-door baik di medan offroad maupun onroad, sehingga hasil nilai penghargaan didasari fakta dan data akurat.

    Cocok dipakai di Indonesia, SUV berukuran hampir 4 meter ini mampu menampung 4 orang secara nyaman. Legroom penumpang belakang juga relatif lega berkat wheelbase yang lebih panjang. Ruang bagasi tersendiri sebesar 211 liter memberikan kepraktisan dalam membawa perbekalan perjalanan.

  • Figur Ayah, Pencipta Mobil Rakyat

    Figur Ayah, Pencipta Mobil Rakyat

    Jakarta

    Tokoh penting Suzuki, Osamu Suzuki meninggal dunia di usia 94 tahun. Bergabung dengan Suzuki sejak 1958, Osamu melahirkan terobosan yang bikin Suzuki berjaya. Simak perjalanan hidup Osamu Suzuki.

    Terlahir dengan nama Osamu Matsuda, pria kelahiran 30 Januari 1930 itu menikah dengan cucu pendiri Suzuki, Shoko Suzuki.

    Seorang anak laki-laki biasanya mewarisi nama keluarga. Namun Osamu menjadi salah satu yang termasuk dalam tradisi Mukoyoshi. Osamu yang sudah menjadi menantu diadopsi ke dalam keluarga Suzuki, lalu menggunakan nama Suzuki sebagai identitas. Mukoyoshi biasanya dilakukan ketika keluarga memiliki bisnis yang mapan namun tidak mempunyai ahli waris laki-laki.

    Osamu Suzuki Foto: dok detikOto

    Mantan bankir itu kemudian bergabung dengan Suzuki pada 1958. Empat tahun setelah Suzuki memproduksi motor 4-tak, ColledaCOX 125 cc serta mobil mini Suzulight, berkapasitas 360 cc dengan sistem pembakaran 2-tak.

    Pada 1961, Suzuki menyelesaikan pendirian pabrik truk ringan di Toyokawa, Prefektur Aichi, Jepang, dan memulai produksi Suzulight Carry 360 cc.

    Sejak bergabung pada 1958, Osamu Suzuki naik jabatan hingga menjadi pimpinan perusahaan selama dua dekade kemudian.

    Dilansir Reuters, Osamu pernah menyelamatkan perusahaan dari ambang kehancuran dengan meyakinkan Toyota untuk memasok mesin yang memenuhi peraturan emisi baru, tetapi yang belum dikembangkan oleh Suzuki Motor. Ini terjadi pada tahun 1970-an.

    Selanjutnya lebih banyak kesuksesan menyusul dengan peluncuran mini Alto tahun 1979.

    Masuk India, bikin mobil rakyat

    Suzuki mengambil keputusan besar dan berisiko dengan menginvestasikan pendapatan perusahaan senilai satu tahun untuk membangun pembuat mobil nasional untuk India. Pada saat itu, India adalah daerah terpencil otomotif dengan penjualan mobil tahunan di bawah 40.000, terutama tiruan Inggris.

    Maruti yang didirikan pada tahun 1971 dikenal sebagai proyek kesayangan Sanjay Gandhi, putra Perdana Menteri Indira Gandhi saat itu, untuk memproduksi “mobil rakyat” yang terjangkau buatan India.

    Maruti awalnya membutuhkan mitra. Mulanya ingin berkolaborasi dengan Renault, namun gagal karena sedan dianggap terlalu mahal dan tidak cukup hemat bahan bakar.

    Tim Maruti juga mengetuk banyak pintu, termasuk Fiat dan Subaru, termasuk juga Suzuki. Namun semuanya ditolak.

    Kemitraan antara Maruti dan Suzuki itu muncul setelah adanya kesempatan kedua. Hal ini terjadi setelah seorang direktur Suzuki Motor di India melihat sebuah artikel surat kabar tentang desas-desus kesepakatan Maruti dengan Daihatsu.

    Suzuki kemudian menelepon Maruti, lalu buru-buru mengundang timnya kembali ke Jepang, meminta kesempatan kedua. Kontrak kerjasama dilakukan dalam beberapa bulan.
    Mobil pertama, hatchback Maruti 800 diambil dari basis Alto meluncur pada tahun 1983. Mobil itu sukses seketika.

    Hari ini, mayoritas saham dipegang oleh Suzuki Motor, masih menguasai sekitar 40% pasar mobil India.

    Bisnis Suzuki di industri otomotif pun terus berkembang, hingga pada 1990, nama perusahaan diubah lagi menjadi ‘Suzuki Motor Corporation’ untuk kepentingan ekspansi bisnis dan globalisasi.

    Osamu Suzuki akhirnya menyerahkan tongkat sebagai CEO kepada putranya Toshihiro pada tahun 2016. Osamu tetap menjabat sebagai ketua selama lima tahun hingga usia 91 tahun, dia lalu mempertahankan peran sebagai penasehat sampai akhir hayatnya.

    Akio Toyoda Foto: Doc. JAMA.

    Sejak 2016, perusahaannya telah memperdalam hubungan dengan pembuat mobil terbesar di dunia Toyota, yang mengakuisisi 5 persen di Suzuki Motor pada tahun 2019. Maruti Suzuki akan memasok mobil listrik untuk Toyota mulai tahun depan.

    “Bagi saya, dia lebih dari seorang pemimpin bisnis yang dikagumi: dia seperti seorang ayah,” kata Ketua Toyota, Akio Toyoda dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat, menghormati Suzuki sebagai pelopor kendaraan mini.

    “Dia adalah sosok ayah yang mengembangkan kei car Jepang dan memupuknya menjadi mobil rakyat Jepang,” tambahnya lagi.

    (riar/din)

  • Bukan Avanza, Mobil Ini Jadi Raja Baru Jalanan di Indonesia

    Bukan Avanza, Mobil Ini Jadi Raja Baru Jalanan di Indonesia

    Jakarta, CNBC Indonesia – Toyota Avanza, dulu sempat mendapatkan gelar ‘Mobil Sejuta Umat’ dari masyarakat Indonesia, karena tingkat penjualannya menjadi yang tertinggi sejak 2006. Namun, kini gelar itu tergeser oleh merek mobil lainnya.

    Mobil yang menggeser gelar Toyota Avanza itu ialah Toyota Innova. Per Oktober 2024, Innova menjadi mobil terlaris dengan penjualan lebih tinggi, yakni 5.693 unit, lalu bertambah menjadi 5.908 unit pada November 2024.

    Bila merunut ke belakang, pada 2023 sebetulnya Innova sudah menjadi raja jalanan mengalahkan mobil langganan jawara seperti Toyota Avanza dan Honda Brio.

    Meski begitu, pada November 2024, posisi penjualan Avanza masih di bawah Innova dengan penjualan 5.694 unit, diikuti mobil terlaris pada masa awal pandemi Honda Brio yang menjual 4.538 unit.

    Sementara itu, kendaraan listrik MPV BYD M6 yang sempat masuk 10 besar pada bulan lalu, kini merosot ke posisi 11 dengan terjual 1.770 unit.

    Berikut ini rincian mobil terlaris per November 2024:

    1. Toyota Kijang Innova (Reborn dan Zenix): 5.908 unit

    2. Toyota Avanza: 5.694 unit

    3. Honda Brio (RS dan Satya): 4.538 unit

    4. Toyota Calya: 3.932 unit

    5. Daihatsu Gran Max pikap: 3.010 unit

    6. Suzuki Carry pikap: 2.451 unit

    7. Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross): 2.280 unit

    8. Toyota Rush: 2.152 unit

    9. Daihatsu Sigra: 2.071 unit

    10. Honda WR-V: 1.784 unit

    11. BYD M6: 1.770 unit

    12. Toyota Agya: 1.575 unit

    13. Honda HR-V: 1.480 unit

    14. Toyota Raize: 1.394 unit

    15. Daihatsu Terios: 1.377 unit

    16. Daihatsu Gran Max (Blind Van dan Minibus): 1.268 unit

    17. Mitsubishi Triton: 1.265 unit

    18. Daihatsu Ayla: 1.246 unit

    19. Toyota Fortuner: 1.160 unit

    20. Mitsubishi Pajero Sport: 917 unit

    (hsy/hsy)

  • Pengendara Motor di Bekasi Tewas Usai Sepeda Motor yang Dikendarai Tabrak Truk – Halaman all

    Pengendara Motor di Bekasi Tewas Usai Sepeda Motor yang Dikendarai Tabrak Truk – Halaman all

    Laporan wartawan TribunJakarta.com Yusuf Bachtiar 

    TRIBUNNEWS.COM, BEKASI –  Kecelakaan maut terjadi di jalur Pantura Jalan Imam Bonjol, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Minggu (29/12/2024). 

    Pengendara motor Suzuki Satria Fu T-3464-BR berinisial A tewas usai mengalami kecelakaan lalu lintas.

    Kanit Gakkum Satlantas Polres Metro Bekasi, Iptu Lufty Nandang mengatakan, kecelakaan melibatkan kendaraan korban dengan dump truk putih nomor Polisi A-9296-B yang sedang berhenti di pinggir jalan. 

     “Dapat kami informasikan telah terjadi kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban meninggal dunia,” kata Lutfy. 

    Kronologis kecelakaan bermula saat pengendara Satria Fu melaju dari arah Barat menuju Timur.

    Setibanya di lokasi menghantam bagian belakang dump truk yang sedang berhenti di pinggir jalan. 

    “Kejadian sekira pukul 04.00 WIB, dump truk yang berhenti di lajur kiri jalan sedang mengganti ban di TKP (tempat kejadian perkara),” ungkap Lutfy. 

    Akibat kecelakaan tersebut, korban menderita luka parah dan dinyatakan meninggal dunia di TKP.

    Jenazah korban kemudian dievakuasi ke RSUD Kabupaten Bekasi.

    “Kendaraan sepeda motor yang terlibat kecelakaan rusak, kasus tersebut masih dalam penyelidikan dan pemeriksaan penyidik Unit Gakkum Sat Lantas,” terangnya. 

     
     
     

     
         
     

     

     
         
     

  • Harga Avanza, Xpander, Ertiga Cs Sebelum Kena Pajak Hampir Setengah Banderol Mobil

    Harga Avanza, Xpander, Ertiga Cs Sebelum Kena Pajak Hampir Setengah Banderol Mobil

    Jakarta

    Mobil sekelas Low MPV tidak lepas dari berbagai pajak kendaraan bermotor. Pajak itu disebut-sebut bisa hampir dari setengah harga mobil.

    Setiap membeli mobil baru, konsumen dibebankan mulai dari Pajak Pertambahan Nilai (PPN), pajak kendaraan bermotor (PKB), bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB), pajak penjualan atas barang mewah, administrasi STNK, BBNKB, dan TNKB. Bila ditotal jumlahnya hampir separuh harga mobil.

    “Pajak kita untuk low MPV itu 40 persen, PPN 11 persen, PPnBM 15 persen, BBNKB 12,5 persen, PKB 1,75 persen. Jadi 40 persen harga mobil dari off the road dengan harga on the road 40 persen lebih mahal,” kata Peneliti Senior dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Riyanto beberapa waktu yang lalu.

    Penasaran berapa sih harga mobil kalau belum dikenakan pajak?

    Mengacu pada Permendagri Nomor 8 Tahun 2024 tentang Dasar Pengenaan Pajak (DPP) Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat tahun 2024 terdapat beberapa harga NJKB dan DPP dari mobil low MPV.

    Pertama Daihatsu Xenia, mobil keluarga itu punya NJKB Rp 155 juta hingga Rp 198 juta. Kalau melihat harga on the road yang dijual melalui website resmi yang sudah dijual dengan pajak dan keuntungan penjualan, harganya dipasarkan mulai dari Rp 222.650.000 hingga Rp 278.350.000.

    Kemudian Toyota Avanza, salah satu MPV terlaris di Indonesia itu punya NJKB mulai dari Rp 172 juta hingga Rp 218 juta. Setelah on the road maka harganya dibanderol Rp 239,7 juta hingga Rp 292,9 juta.

    Selanjutnya kompetitor terdekat dari Avanza, yaitu Mitsubishi Xpander. Mobil tersebut punya NJKB Rp 194 juta hingga yang termahal Rp 237 juta. Mobil tersebut lalu dipasarkan ke masyarakat dengan berbagai instrumen pajak dengan harga Rp 263,2 juta hingga Rp 324,5 juta.

    Berlanjut ke Suzuki Ertiga, mobil itu punya NJKB sebesar Rp 169 juta hingga Rp 195 juta. Mobil tersebut dijual mulai dari Rp 232,8 juta hingga Rp 267,2 juta.

    Tahun depan, konsumen akan menanggung PPN 12 persen dan opsen pajak, yakni opsen PKB dan BBNKB. Perlu dicatat, opsen PKB dan BBNKB tidak berlaku di seluruh daerah. Khusus Jakarta, tak ada opsen PKB dan opsen BBNKB yang dibebankan ke pemilik kendaraan.

    (riar/lua)

  • Mayjen TNI Yudha Medy Dharma Zafrul, S.I.P. – Halaman all

    Mayjen TNI Yudha Medy Dharma Zafrul, S.I.P. – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Mayor Jenderal TNI Yudha Medy Dharma Zafrul, S.I.P. merupakan perwira tinggi Tentara Nasional Indonesia dari matra Angkatan Darat.

    Mayjen TNI Yudha Medy saat ini menjabat sebagai Deputi III Bidang Kontra Intelijen Badan Intelijen Negara.

    Sebelumnya, ia juga pernah mengisi sejumlah posisi strategis di TNI.

    Berikut profil Mayjen TNI Yudha Medy.

    Kehidupan Pribadi

    Dilansir dari situs Wikipedia, Mayjen TNI Yudha Medy lahir pada 27 April 1971.

    Saat ini, ia telah berusia 53 tahun.

    Pendidikan

    Mayjen TNI Yudha Medy merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1994. Ia berasal dari kecabangan Infanteri.

    Setelah lulus dari Akmil, Mayjen TNI Yudha Medy melanjutkan sekolah di sejumlah lembaga pendidikan militer.

    Ia tercatat pernah menimba ilmu di Sekolah Dasar Kecabangan Infanteri, Dik PARA, Dik Free Fall, Diklapa I, Diklapa II, seskoad, dan Sesko TNI.

    Karier

    Mayjen TNI Yudha Medy tercatat pernah mengisi posisi strategis di TNI.

    Ia mengawali karier sebagai Komandan Yonif Raider 502/Ujwala Yudha tahun 2011.

    Tak berselang lama, ia dipercaya untuk menjabat Kepala Penerangan Kostrad.

    Mayjen TNI Yudha Medy kembali mendapat promosi jabatan, saat itu ia diangkat menjadi Staf Ahli Pangdam XVII/Cenderawasih Bidang OMSP.

    Pada tahun 2020, ia ditugaskan menjadi Danrem 182/Jazira Onim selama satu tahun.

    Kemudian, Mayjen TNI Yudha Medy dipercaya menjadi Dirum Akmil hingga 2022.

    Di tahun 2022, ia juga merasakan jabatan sebagai Waasintel Kasad Bidang Bin Intel dan Danpusintelad.

    Berkat kinerjanya yang baik, ia pun mendapat tugas baru sebagai Kasdam XVII/Cenderawasih dan Staf Khusus Kasad.

    Awal tahun ini, Mayjen TNI Yudha Medy dimutasi menjadi Kepala LP2N Unhan.

    Per 6 Desember 2024, ia ditugaskan untuk menjabat Deputi III Bidang Kontra Intelijen BIN.

    Harta Kekayaan

    Mengutip dari situs e-LHKPN KPK, Mayjen TNI Yudha Medy diketahui memiliki kekayaan mencapai Rp 14.067.017.977.

    Laporan harta kekayaan terbaru Mayjen TNI Yudha Medy diterbitkan pada 31 Desember 2023

    Adapun rincian kekayaan Mayjen TNI Yudha Medy yakni sebagai berikut:

    A. TANAH DAN BANGUNAN Rp  11.096.000.000                                   

    1. Tanah Seluas 1666 m2 di KAB / KOTA MALANG, HASIL SENDIRI Rp 1.500.000.000

    2. Tanah Seluas 868 m2 di KAB / KOTA KOTA JAKARTA TIMUR, HASIL SENDIRI Rp 1.736.000.000                                    

    3. Tanah dan Bangunan Seluas 170 m2/70 m2 di KAB / KOTA KOTA MALANG, HASIL SENDIRI Rp 172.000.000                            

    4. Tanah Seluas 91 m2 di KAB / KOTA BANDUNG, HASIL SENDIRI Rp 300.000.000 

    5. Tanah Seluas 345 m2 di KAB / KOTA BEKASI, HASIL SENDIRI Rp 1.725.000.000  

    6. Tanah Seluas 67 m2 di KAB / KOTA BEKASI, HASIL SENDIRI Rp 67.000.000         

    7. Tanah Seluas 101 m2 di KAB / KOTA BEKASI, HASIL SENDIRI Rp 101.000.000     

    8. Tanah Seluas 95314 m2 di KAB / KOTA MANDAILING NATAL, HASIL SENDIRI Rp 400.000.000                                

    9. Tanah dan Bangunan Seluas 339 m2/250 m2 di KAB / KOTA KOTA JAKARTA SELATAN, HASIL SENDIRI Rp 5.000.000.000                          

    10. Tanah Seluas 3000 m2 di KAB / KOTA MANDAILING NATAL, HASIL SENDIRI Rp 95.000.000.

    B. ALAT TRANSPORTASI DAN MESIN Rp 516.000.000                        

    1. MOTOR, SUZUKI SUZUKI UK 110 NE Tahun 2016, HASIL SENDIRI Rp 8.000.000

    2. MOBIL, TOYOTA HIACE COMMUTER MIT Tahun 2021, LAINNYA Rp 508.000.000.

    C. HARTA BERGERAK LAINNYA Rp 1.529.000.000                              

    D. SURAT BERHARGA Rp 0                                  

    E. KAS DAN SETARA KAS Rp 1.265.719.977                               

    F. HARTA LAINNYA Rp 0.

    Mayjen TNI Yudha Medy tercatat memiliki hutang sebesar Rp 339.702.000, sehingga total kekayaan yang dimiliki saat ini mencapai Rp 14.067.017.977. 

    (Tribunnews.com/David Adi)

  • Siapa Penemu Motor? Ini Dia Para Tokoh Pembawa Perubahan Otomotif Dunia

    Siapa Penemu Motor? Ini Dia Para Tokoh Pembawa Perubahan Otomotif Dunia

    Jakarta

    Tahukah kalian siapa penemu motor? Sosok ini tentu berjasa untuk membawa perubahan otomotif dunia. Kini, rasanya sulit untuk membayangkan kehidupan modern tanpa kehadirannya.

    Sepeda motor, atau kini hanya kita sebut dengan motor, bukan hanya alat transportasi. Namun juga menjadi simbol inovasi yang telah mengubah cara manusia berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

    Lalu, siapa sosok yang pertama kali menciptakan motor? Dalam perjalanan sejarah otomotif, penemuan oleh beberapa tokoh di baliknya, menjadi fondasi bagi perkembangan teknologi kendaraan bermotor di dunia. Dengan segala keterbatasan teknologi pada masanya, sang penemu berhasil menciptakan inovasi yang tidak hanya menginspirasi, tetapi juga membuka jalan bagi perkembangan industri otomotif global.

    Siapa Penemu Motor?

    Siapa penemu motor? Mungkin banyak yang mengenal sosoknya yakni Gottlieb Daimler, dengan bantuan Wilhelm Maybach. Namun sebetulnya sejak abad ke-18, sepeda motor telah mengalami berbagai transformasi. Penemuan mesin uap pada masa itu memotivasi manusia untuk menciptakan kendaraan bermotor roda dua yang lebih canggih.

    Seperti halnya alat transportasi lain, sepeda motor juga memiliki cerita panjang yang penuh inovasi. Sepeda motor berbahan bakar bensin pertama kali ditemukan di Jerman, sedangkan sepeda motor dengan mesin uap pertama kali dibuat di Prancis dan Amerika Serikat.

    Dikutip dari buku Ensiklopedia Transportasi Dunia (2012), sepeda motor pertama di dunia diciptakan oleh Pierre Michaux, penemu asal Prancis, pada tahun 1867. Ia membuat sepeda besi berpedal (velocipede) yang dilengkapi mesin uap satu tabung buatan Louis Guillaume Perreux.

    Dalam laman Bycicle History juga dijelaskan sepeda motor bertenaga uap pertama dibuat pada tahun 1867, di pabrik penemu sepeda terkenal Pierre Michaux. Kendaraan ini dinamai ‘The Michaux Perreaux Steam Velocipede’ dan memperoleh hak paten pada 16 Maret 1869.

    Sepeda motor ini memiliki berat 88 kg dan mampu mencapai kecepatan 14 km/jam. Di Amerika Serikat, Sylvester H. Roper juga mengembangkan sepeda motor uap pada periode 1867-1869. Sepeda motor ciptaannya menggunakan mesin uap dua tabung yang dipasang di kedua sisi rangka.

    Pada 1884, Roper menyempurnakan desainnya dengan mesin uap satu tabung yang memiliki kekuatan setara 3 tenaga kuda dan kecepatan hingga 64 km/jam. Ia mempersembahkan velocipede uap silinder kembarnya dengan tungku pembakaran batu bara, sebelum akhirnya meninggal pada tahun 1896.

    Gottlieb Daimler Sang Penemu Sepeda Motor Bensin

    Inovasi sepeda motor terus berlanjut. Di lain sisi pada tahun 1871, Insinyur asal Prancis Louis-Guillaume Perreaux sempat mengembangkan sepeda motor uap satu silinder dengan pembakar alkohol. Inovasi demi inovasi terus dilakukan oleh banyak ilmuwan lainnya.

    Hingga akhirnya, temuan tentang sepeda motor dengan cepat diikuti dengan dikembangkannya sepeda dan mesin-mesin 4 TAK berbahan bakar bensin. Kusnanto dalam buku Menelusuri Sejarah Alat Transportasi, menjelaskan sepeda motor berbahan bakar bensin pertama kali dibuat oleh insinyur asal Jerman, Gottlieb Daimler, pada tahun 1885.

    Buku Ensiklopedi Teknologi Penemuan dan Perkembangannya 4, menjelaskan Daimler memasang sebuah mesin 4 TAK berbahan bakar bensin pada kerangka sepeda yang terbuat dari kayu. Ia kemudian menambahkan dua roda samping ekstra untuk stabilitas, mirip dengan roda-roda tambahan pada sepeda yang digunakan untuk latihan.

    Daimler memasang mesin pembakaran internal pada sepeda kayu yang didesain khusus. Kendaraan ini, yang memiliki empat roda dan mesin berkapasitas 246 cc, diberi nama Reitwagen atau ‘riding car’. Putra Daimler, Maybach, menjadi orang pertama yang mengendarai Reitwagen, menempuh jarak sekitar 3 km di sepanjang Sungai Neckar dengan kecepatan 12 km/jam.

    Laman National Inventors Hall of Fame menyebut, Daimler dan Maybach menghabiskan waktu sepuluh tahun untuk mengembangkan mesin bertenaga bensin yang lebih praktis. Pada tahun 1885, mesin berbahan bakar bensin pertama dipasang pada sepeda motor.

    Daimler dan Maybach terus menyempurnakan mesin bertenaga bensin, menciptakan mesin empat tak, dua silinder, dan seterusnya. Mesin itu menjadi fondasi bagi mesin mobil masa kini. Daimler juga mendirikan Daimler Motoren-Gesellschaft pada tahun 1890 untuk membangun mesin sesuai rancangannya.

    Hingga pada dekade 1950-an, hampir semua sepeda motor di Amerika Utara diproduksi oleh Harley-Davidson atau oleh pabrik-pabrik Inggris, seperti Birmingham Small Arms Company (BSA), Norton, dan Triumph. Pada dekade 1960-an, para pembuat motor Jepang, termasuk Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha, mulai memperkenalkan berbagai jenis sepeda motor modern.

    Sekitar tahun 1980-an, beberapa sepeda motor berdaya kerja tinggi dengan mesin ‘turbo’ mulai diperkenalkan. Pada dekade 1990-an, injeksi bahan bakar menggantikan karburator pada sejumlah mesin.

    Lini Masa Perkembangan Industri Sepeda Motor

    Sepeda motor memiliki pengaruh besar dalam dunia otomotif. Seiring waktu, berbagai inovasi terus bermunculan, menjadikan sepeda motor semakin canggih dan efisien. Berikut adalah urutan perkembangan sepeda motor berdasarkan periode waktu:

    Periode 1867-1900

    1867: Pierre Michaux menciptakan sepeda motor uap pertama.1868: Sylvester H. Roper mengembangkan sepeda motor dengan mesin uap dua tabung.1871: Louis Guillaume Perreaux merancang sepeda motor uap satu tabung dengan bahan bakar alkohol.1881: Lucius Copeland menciptakan sepeda dengan mesin uap kecil, mencapai kecepatan 12 mph.1885: Gottlieb Daimler menciptakan sepeda motor berbahan bakar bensin pertama.1894: Hildebrand dan Wolfmüller memproduksi sepeda motor secara massal.

    Periode 1901-Sekarang

    1901-1903: Pabrik besar seperti Royal Enfield dan Harley Davidson mulai memproduksi sepeda motor.1928: Produsen Jerman menjadi yang terbesar di dunia.1950-an: Veteran perang di AS mendirikan klub sepeda motor.1959: Honda menjadi produsen sepeda motor terbesar di dunia.1960-an: Jepang mendominasi industri sepeda motor global, dengan merek seperti Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki.

    Kini, produsen dari berbagai negara, seperti Ducati, BMW, dan Harley Davidson, terus bersaing menciptakan inovasi terbaru dalam dunia sepeda motor. Di Indonesia, sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan. Nah itulah tadi penjelasan soal tokoh-tokoh penemu sepeda motor. Semoga menambah wawasanmu, ya!

    (aau/fds)