brand merek: Suzuki

  • Diservis Sendiri, Mobil Suzuki Karimun Malah Hangus Terbakar

    Diservis Sendiri, Mobil Suzuki Karimun Malah Hangus Terbakar

    Sumenep (beritajatim.com) – Maksud hati mau menservis sendiri mobil Suzuki Karimun milik anaknya, ternyata mobil itu malah hangus terbakar.

    Peristiwa nahas itu terjadi ketika Sucipto (60), warga Desa Kalianget Timur, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep memperbaiki mobil Suzuki Karimun warna merah nopol M 1308 AD, milik Agus Tunggal, anak Sucipto.

    “Katanya mau benahi kabel dan ngganti sekring. Tiba-tiba malah muncul percikan api. Mungkin kabelnya korslet,” kata Nurul, salah satu saksi mata, Sabtu (06/12/2025).

    Api dengan cepat membesar saat menyambar selang tangki bensin mobil. Ban mobil juga ikut pecah karena panas saat api membakar bodi mobil.

    Kasi Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti membenarkan peristiwa itu. Menurutnya, awalnya api berusaha dipadamkan sendiri oleh warga dengan alat seadanya. Namun ternyata api makin membesar.

    “Akhirnya minta bantuan mobil pemadam kebakar. Api baru bisa dipadamkan setelah dua unit mobil damkar dikerahkan ke lokasi,” katanya.

    Dalam peristiwa itu, Sucipto mengalami luka lecet di betis sebelah kiri akibat terpeleset saat akan memadamkan api.

    “Sucipto sempat dilarikan ke RSI Kalianget. Setelah mendapatkan penanganan medis, Sucipto diizinkan pulang karena hanya luka lecet biasa,” terang Widiarti.

    Akibat terbakarnya mobil Suzuki Karimun itu, kerugian material diperkirakan mencapai Rp 55 juta. “Kalau korban jiwa tidak ada. Peristiwa itu diduga akibat korsleting saat membenahi sekring mobil,” ungkap Widiarti. (tem/ian)

  • Merek Mobil yang Penjualannya Meroket di Indonesia: BYD Naik 178%

    Merek Mobil yang Penjualannya Meroket di Indonesia: BYD Naik 178%

    Jakarta

    Selama Januari-Oktober 2025, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat sejumlah merek mobil dengan growth penjualan tertinggi. Hasilnya tak mengejutkan, produsen China sukses memuncaki daftar tersebut.

    Secara umum, penjualan mobil selama Januari-Oktober 2025 baru mencapai 630 ribuan unit atau turun 10,6 persen dibandingkan tahun lalu. Pada periode tersebut, banyak merek mengalami peningkatan penjualan, namun tak sedikit yang justru mengalami penurunan.

    Hasil terbaik datang dari merek baru yang sebagian besar berasal dari China. BYD dan merek turunannya, Denza, mengalami peningkatan signifikan, naik masing-masing 178,2 persen dan 651,1 persen pada Januari-Oktober dikomparasi dengan periode sama sebelumnya.

    Penjualan mobil di Indonesia turun Foto: Agung Pambudhy

    Selain itu, ada merek lain yang juga mengalami lonjakan penjualan, misalnya Chery 142,7 persen, GWM 94,6 persen, BAIC 167,8 persen, Scania 32,4 persen dan Volkswagen 193,2 persen.

    Sementara lima besar merek terlaris mengalami penurunan penjualan. Honda menjadi yang terparah dengan penurunan 35,5 persen, kemudian Daihatsu 23,5 persen, Toyota 14 persen, Suzuki 8,6 persen dan Mitsubishi 5,3 persen.

    Angka tersebut sebenarnya wajar. Sebab, merek-merek China cenderung masih baru di Indonesia. Bahkan, Denza baru mulai jualan mobil di Tanah Air tahun ini. Sehingga, secara persentase, pasti naik signifikan.

    Penjualan mobil di Indonesia ditargetkan tembus 780 ribu unit/tahun Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Sementara merek-merek Jepang sudah ada sejak lama. Ketika penurunan penjualan secara akumulatif turun, maka mereka merupakan pihak yang benar-benar paling terdampak.

    Sebagai catatan, penjualan mobil di Indonesia sempat ditargetkan tembus 900 ribu unit selama 2025. Namun, Gaikindo melakukan revisi angka menjadi 780 ribu unit. Penentuan angka tersebut telah melalui banyak hitung-hitungan.

    “Iya, proyeksi (penjualan) menjadi 780 ribu unit,” kata Ketua I Gaikindo Jongkie D Sugiarto saat dikonfirmasi, dikutip dari CNN Indonesia.

    (sfn/dry)

  • Suzuki Jual Skutik Retro Terbaru, Harganya Segini

    Suzuki Jual Skutik Retro Terbaru, Harganya Segini

    Jakarta

    Produsen roda dua asal Jepang, Suzuki, resmi meluncurkan skuter matik (skutik) bertampang retro terbaru. Kendaraan tersebut bernama Suzuki US125T dan hanya dipasarkan di China. Berapa harganya?

    Disitat dari Greatbiker, Sabtu (6/12), Suzuki US125T mengingatkan kita dengan skutik-skutik buatan Lambretta. Hal tersebut bisa terlihat melalui tarikan garisnya, desain muka, hingga tampilannya.

    Secara tampilan, Suzuki US125T memang sangat berbeda dari Suzuki Saluto 125 yang menjadi ‘kembarannya’. Sebab, pabrikan memberikan detail tajam di beberapa bagian, termasuk muka dan sisi-sisi kendaraan.

    Suzuki US125T. Foto: Doc. Suzuki China.

    Headlamp atau lampu utama Suzuki US125T juga tak dibuat membulat, melainkan agak mengotak. Sementara logo Suzuki terlihat cukup dominan dan terpasang di bagian depan. Kemudian dudukannya dilaburi warna berbeda dibandingkan bodi utama, dan knalpotnya dilapisi pelindung khusus berkelir silver.

    Sederhananya, Suzuki US125T merupakan versi mewah dari Suzuki Saluto yang meluncur lebih dulu. Bahkan, untuk menambah kesan ‘mahal’, pabrikan memberikan sentuhan krom di beberapa bagian.

    Fiturnya tak main-main, motor matik tersebut sudah dibekali sejumlah teknologi standar, mulai dari pencahayaan full LED, panel instrumen full digital, port pengisian daya ponsel, dan bagasi super lega. Namun, sayangnya, kuncinya masih konvensional alias belum keyless.

    Suzuki US125T punya bobot kosong 110 kg dengan kapasitas bahan bakar 5,9 liter. Kemudian bannya berukuran 12 inch di depan dan 10 inch di belakang. Remnya menggunakan cakram tunggal yang terpasang di roda depan.

    Suzuki US125T menggunakan mesin 125cc bersilinder tunggal dengan sistem pembakaran injeksi. Pembekalan tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga 9,4 dk pada 7.000 rpm dan torsi 10 Nm pada 6.000 rpm.

    Meski canggih dan punya tampilan ala skutik Italia, namun Suzuki US125T dibanderol cukup terjangkau di China, yakni sekira Rp 24,6 jutaan.

    (sfn/dry)

  • Suzuki Batal Bikin Jimny 2 Pintu!

    Suzuki Batal Bikin Jimny 2 Pintu!

    Jakarta

    Suzuki memutuskan tak akan membuat Jimny Pickup dengan konfigurasi dua pintu. Sebab, selain permintaan model itu kecil, butuh riset ulang untuk membuat kendaraan tersebut.

    Kepastian Suzuki tak berminat membuat Jimny dua pintu disampaikan Takamitsu Sasaki selaku kepala insinyur pabrikan. Dia menegaskan, ada tantangan teknis saat kendaraan berjenis pickup menggunakan platform mobil penumpang.

    “Jika kami membuat Jimny pickup, kami harus membuatnya sangat tahan lama, dan itu sangat sulit. Untuk memberikan beban yang lebih besar pada bagian belakang, kami perlu membuat rangka yang lebih kuat,” ujar Takamitsu Sasaki, dikutip dari Carscoops, Jumat (5/12).

    Render Suzuki Jimny pikap. Foto: Doc. Carscoops.

    Sekalipun Suzuki memilih untuk memperkuat sasis guna meningkatkan kapasitas muatan, pikap tersebut kemungkinan akan membutuhkan tenaga lebih besar daripada sekadar mesin 1,5 liter milik Jimny saat ini, dengan tenaga ‘hanya’ 101 dk.

    Ketika ditanya kemungkinan mengembangkan mesin baru, Sasaki mengaku tak pernah mempertimbangkan rencana tersebut.

    “Kami tidak mempertimbangkan mesin yang lebih besar karena model ini sangat spesifik pada bodi dan mesinnya. Ini soal keseimbangan, ukurannya pas, jadi kami tidak mempertimbangkan mesin yang lebih besar,” ungkapnya.

    Tahun lalu, Michael Pachota selaku General Manager (GM) Suzuki Australia sempat bicara mengenai peluang Suzuki Jimny hadir dalam varian pikap dan konfigurasi dua pintu. Menurutnya, ketika itu, proyek tersebut masih berjalan hingga sekarang.

    “Proyek itu, bisa saya katakan, belum mati. Bayangkan ada Suzuki Jimny dengan dua pintu di depan dan tak ada pintu di belakang,” ujar Michael Pachota pada Juli 2024.

    Sejak beberapa tahun terakhir, ada banyak modifikasi Suzuki Jimny yang diubah menjadi pikap dua pintu. Pada pameran Tokyo Auto Salon 2019, produsen sempat memajang kendaraan konsep bernama Suzuki Jimny Sierra Pickup Style. Namun, hingga kini, versi produksinya belum meluncur.

    Isu kemunculan Suzuki Jimny pikap membuat sejumlah seniman membuat rendering atau gambar rekayasa. Salah satunya seniman digital bernama Theophilus Chin yang membuat kendaraan dengan gambaran menyerupai Jeed Gladiator. Namun, dimensinya lebih kompak dan bobotnya lebih ringan.

    (sfn/dry)

  • Skutik Jadi Raja di Indonesia, Motor Bebek-Sport Makin Sepi Peminat

    Skutik Jadi Raja di Indonesia, Motor Bebek-Sport Makin Sepi Peminat

    Jakarta

    PT Astra Honda Motor (AHM) menyebut porsi motor skuter matik (skutik) semakin digemari masyarakat Indonesia. Di sisi lain, ada segmen motor yang pangsa pasarnya makin kecil.

    Berdasarkan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan sepanjang Januari-Oktober 2025 tembus 5.427.253 unit.

    Sayangnya dalam data terbaru yang ditampilkan AISI tidak memaparkan segmentasi pasar motor bebek, matic, dan sport. Adapun data terakhir yang ditampilkan pada bulan pertama tahun 2025, porsi motor matic masih tinggi di atas 90 persen, motor underbone atau bebek terjual hanya sekitar 3,37%, kemudian motor sport hanya memiliki pangsa pasar 2,89%.

    Dalam data terbaru yang disampaikan Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Octavianus Dwi, pasar motor sport mengalami penurunan.

    “Motor matic itu 92 persen kontribusinya. Ya artinya yang tadi yang cub dan motor lagi itu memang artinya memang hanya segmen tertentu saja,” ujar Octa.

    “Bebek itu market-nya. Mungkin kurang dari 5 persen,” ujar Octa.

    Data penjualan menunjukkan bahwa segmen motor sport tidak lagi sepopuler di era 2010-an. Meski begitu, motor sport 150 cc di Indonesia tidak sepenuhnya hilang. “(segmen motor) sport mengecil,” jelas dia.

    Motor sport kini lebih melayani segmen hobi, gaya hidup, dan penggemar yang mencari performa, handling manual, dan penampilan yang agresif, bukan lagi sebagai kendaraan komuter utama.

    Honda tetap menjadi penguasa pasar dengan dominasi penjualan sebanyak 4,2 juta unit atau sekitar 77 persen penguasaan. Honda unggul jauh di atas sesama anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) seperti Yamaha, Kawasaki, Suzuki dan TVS. Motor Honda paling laris selama periode itu masih berasal dari segmen skutik, seperti Beat, Scoopy, hingga Vario Series.

    (riar/dry)

  • Begini Cara Penanganan Mobil Setelah Kena Banjir

    Begini Cara Penanganan Mobil Setelah Kena Banjir

    Jakarta

    Sejumlah wilayah di Indonesia mengalami musibah banjir. Banjir rob juga menggenangi wilayah pesisir. Banjir juga berpotensi merendam kendaraan yang kalau salah penanganan bisa-bisa mobil rusak parah.

    Apa yang Terjadi Jika Mesin Mobil Kemasukan Air?

    Dari sisi teknis, kalau air banjir masuk ke ruang bakar mesin, maka bisa berpotensi mesin jebol. Hal itu disebabkan oleh air yang masuk ke dalam ruang bakar sehingga tidak bisa terkompresi. Gejala itu disebut dengan water hammer.

    Water hammer adalah kondisi ketika air masuk ke ruang bakar mesin. Air tidak bisa terkompresi oleh mesin sehingga yang terjadi setang piston bengkok bahkan bisa menyebabkan silinder mesin pecah.

    Water hammer menjadi risiko paling berbahaya saat terdampak banjir. Ketika air mulai masuk ke dalam mesin, air yang terhisap ke dalam ruang bakar akan menyebabkan kerusakan. Dampak dari kerusakan bisa sangat fatal, mulai piston yang rusak, setang piston yang bengkok, sampai crankcase yang pecah akibat tekanan air yang besar saat mesin bekerja. Tidak sedikit waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan dengan melakukan turun mesin.

    Yang Harus Dilakukan Setelah Mobil Terendam Banjir

    Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan ketika mobil terendam banjir. Jangan sampai salah penanganan yang berakibat fatal. Mengutip dari laman Suzuki Indonesia, berikut ini sejumlah tips aman untuk mengatasi mobil yang sudah terendam banjir.

    1. Melepaskan Kabel Aki dari Mobil

    Langkah pertama yang dilakukan adalah melepas bagian kabel aki dari komponen mobil. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi korsleting listrik, soalnya kabel aki saling terkait dengan komponen kelistrikan yang ada di dalam mobil.

    Saat mobil sudah terendam banjir dan kabel aki tidak segera dicabut, risikonya mobil bisa mengalami korsleting serta menyebabkan sistem elektronik mati total. Karena dalam kondisi banjir korsleting sering terjadi akibat masuknya air ke dalam mobil.

    2. Jangan Langsung Hidupkan Mesin

    Saat banjir mulai tinggi dan kamu ingin memindahkan mobil, usahakan untuk tidak menyalakan mesin. Cukup dengan mendorong mobil untuk dipindahkan ke tempat lebih aman. Karena menyalakan mesin mobil setelah terendam banjir sangat berisiko besar. Hal itu dikarenakan mesin yang dinyalakan setelah mobil terendam banjir dapat menimbulkan korsleting listrik, tentu bisa merusak komponen kelistrikan di dalam mobil.

    3. Keringkan Bagian Pengapian Mobil

    Setelah mobil terendam banjir, jangan lupa untuk mengecek kembali bagian pengapian pada mobil yang meliputi busi, saringan udara, alternator, karburator dan koil. Karena komponen tersebut cukup sensitif jika terendam banjir.

    Selain itu cek juga apakah fungsi pengapian masih normal atau terdapat gangguan akibat mobil terendam banjir. Jika mobil belum mau menyala, segera bawa mobil ke bengkel resmi terdekat untuk melakukan perbaikan.

    4. Kuras Tangki Bensin

    Menguras tangki bensin perlu dilakukan setelah mobil terendam banjir, hal ini dilakukan agar bensin tidak tercampur dengan air. Selain itu, cara ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi karat pada bagian tangki bensin akibat terendam banjir.

    Selain menyebabkan berkarat, tangki bensin yang terendam banjir dapat mengganggu kinerja pengapian pada mobil, bahkan tangki bensin dapat keropos dan bocor untuk jangka panjang.

    5. Periksa Kondisi Interior Mobil

    Ketika terendam banjir, jangan lupa untuk mengecek kondisi interior mobil. Lakukan pemeriksaan secara detail mulai dari karpet, kursi, pintu, dashboard dan bagian lainnya.

    Mobil yang terendam banjir tentu harus dilakukan pengecekan secara menyeluruh untuk menghindari sejumlah kerusakan. Jangan lupa dibersihkan dengan air yang bersih dan keringkan di bawah sinar matahari, agar tidak muncul jamur hingga bau tak sedap.

    6. Keringkan Panel dan Lampu

    Setelah terendam banjir, periksa juga kondisi lampu mobil untuk menghindari air yang masuk ke dalam. Karena lampu mobil merupakan komponen penting dari mobil dan terdapat arus listrik di dalamnya. Jika terdapat air, segera bersihkan lampu mobil dan keringkan untuk menghindari korsleting listrik.

    7. Keringkan Mobil di Bawah Sinar Matahari

    Saat terendam banjir beberapa komponen di dalam mobil menjadi basah sehingga berdampak pada interior mobil. Cara yang cukup membantu agar mobil cepat kering ialah dengan mengeringkan di bawah panas matahari. Apabila terdapat sejumlah komponen yang harus segera dikeringkan, bisa gunakan alat pengering sebagai antisipasi awal.

    Selain itu jangan lupa untuk membersihkan beberapa komponen dan interior mobil, agar tidak ada kotoran dan kuman yang menempel akibat air banjir yang menggenang.

    8. Cek Kondisi Mobil ke Bengkel Resmi

    Untuk berjaga-jaga, setelah mobil terendam banjir usahakan untuk mengecek kembali ke bengkel resmi terdekat. Hal ini sebagai bentuk antisipasi jika ternyata masih ada beberapa komponen dalam mesin mobil yang masih rusak, sehingga dilakukan perbaikan secara cepat guna mencegah kerusakan yang lebih parah.

    (rgr/dry)

  • Daftar Merek Mobil-motor Peserta IIMS 2026

    Daftar Merek Mobil-motor Peserta IIMS 2026

    Jakarta

    Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2026 digelar pada 5-15 Februari 2026 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Dyandra Promosindo resmi meluncurkan ‘Infinite Program’ sebagai rangkaian utama IIMS tahun depan. Ini daftar peserta otomotif IIMS 2026.

    “Kami ingin memastikan, di situasi apapun industri otomotif tetap punya panggung besar untuk bersinar. Karena sejarah membuktikan satu hal, industri otomotif Indonesia adalah industri tangguh. IIMS akan merespons perubahan ini, dengan menghadirkan program-program baru yang berdampak pada berkelanjutan, inovasi dan peningkatan pengalaman pengunjung pada setiap penyelenggaraannya,” kata Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung, dalam keterangannya.

    Konsep baru yang dibawa tahun depan adalah Sportainment, mencakup empat segmen: Gym, Golf, Padel, serta Healthy Clubbing. Aji Strongman jadi representative untuk Gym, Atta Halilintar untuk Golf, Sintya Marisca untuk Padel, sementara Healthy Clubbing akan berkolaborasi dengan Venom.

    Dari sisi edukasi, IIMS 2026 menghadirkan IIMS School Edutainment, menyediakan ruang kompetisi bagi siswa seperti Ratoh Jaroe, Marching Band, Cheerleader, termasuk School Got Talent. Selain itu, program atraksi otomotif IIMS Infinite Show tetap hadir dengan beragam aksi seperti motor freestyle, drifting hingga parade mobil klasik.

    Dari sektor hiburan, IIMS Infinite Live kembali menggelar 11 hari konser musik dengan deretan musisi besar seperti Jamrud, Iwan Fals, Tulus, Bernadya, Superman Is Dead, hingga Ari Lasso.

    Selain deretan program menarik yang akan hadir, IIMS juga akan dimeriahkan oleh beberapa brand-brand otomotif ternama. Dari segmen roda empat ada nama Audi, BAIC, BMW, BYD, Changan, Chery, Citroen, Denza, DFSK, Ford, GAC, Geely, GWM, Honda, Hyundai, i-CAR, Jaecoo, Jeep, Jetour, KIA, Lepas, Maxus, Mazda, MG, Mercedes Benz, Mini, Mitsubishi, Nissan, Seres, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, dan Xpeng.

    Jumlah tersebut masih akan terus bertambah. Dari kendaraan roda dua, hingga saat ini sudah ada AHM, Alva, Aprilia, Benda, Benelli, Indomobil E-Motor, Keeway, Morbidelli, Moto Guzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, QJ Motor, Royal Enfield, Scomadi, United, Vespa dan Yamaha. Jumlah tersebut masih akan terus bertambah.

    Dyandra juga memperluas gaung IIMS melalui IIMS Series 2026 yang digelar di Surabaya, Balikpapan, hingga Manado. Ekspansi ini diharap membuka akses otomotif yang lebih merata bagi masyarakat di berbagai daerah.

    (lua/dry)

  • Masuk Indonesia 2026, Suzuki e-Vitara Raih Bintang 5 saat Diuji Tabrak

    Masuk Indonesia 2026, Suzuki e-Vitara Raih Bintang 5 saat Diuji Tabrak

    Jakarta

    Suzuki e-Vitara telah menjalani uji tabrak di India. Hasilnya, mobil listrik yang mau masuk Indonesia tahun depan itu mendapat bintang lima alias nilai sempurna!

    Disitat dari Gaadiwaadi, Kamis (4/12), Suzuki e-Vitara mendapat bintang lima dalam uji perlindungan penumpang dewasa dan anak-anak di bawah naungan Bharat NCAP. Prosesi pengujian dan penyerahan sertifikasi diberikan di New Delhi, India.

    Suzuki e-Vitara meraih skor 31,49 dari 32,00 poin dalam uji perlindungan penumpang dewasa dan 43,00 dari 49,00 poin dalam uji perlindungan penumpang anak. Arsitekturnya memang dirancang untuk menawarkan kekuatan besar dan 60 persen bodinya terbuat dari baja ultra kuat.

    Suzuki e-Vitara dites tabrak. Foto: Doc. NCAP

    Tak heran Suzuki e-Vitara mendapat bintang lima saat diuji tabrak. Sebab, kendaraan itu telah dibekali tujuh kantung udara sebagai standar di setiap varian, termasuk di bagian lutut pengemudi.

    Suzuki e-Vitara juga punya Sistem Bantuan Pengemudi Tingkat Lanjut Level 2. Fitur-fitur tersebut antara lain Pengereman Darurat Otomatis, Peringatan Tabrakan Depan, Bantuan Tetap di Jalur, Pencegahan dan Peringatan Keberangkatan di Jalur, dan Kontrol Jelajah Adaptif dengan fungsi penyesuaian tikungan dan kecepatan.

    Selain itu, e-Vitara juga dilengkapi fitur keamanan tambahan seperti Pemantauan Titik Buta, Peringatan Lalu Lintas Belakang, kamera 360 derajat, rem cakram di semua roda, dan sistem pemantauan tekanan ban.

    Suzuki e-Vitara Masuk Indonesia 2026

    Diberitakan sebelumnya, Donny Ismi selaku Deputy Sales and Marketing Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan sinyal kuat, Suzuki e-Vitara akan meluncur di Indonesia awal tahun depan. Namun, dia tak mengurai detailnya akan seperti apa.

    “Sebetulnya sudah pernah kami sampaikan saat pertama kali mendisplay e-Vitara bahwa di awal tahun depan kita akan meng-introduce versi BEV-nya,” ujar Donny Ismi saat ditemui di Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2025.

    “Jadi akhir tahun ini kita meluncurkan versi minor change-nya, kemudian awal tahun depan kita akan meluncurkan yang full baterainya,” tambahnya.

    Meski tak disebutkan secara tegas, namun mobil listrik tersebut kemungkinan besar, bahkan hampir pasti, meluncur di IIMS 2026. Sebab, pameran tersebut digelar setiap awal tahun.

    “Timing-nya kira-kira di motorshow awal tahun, kita nggak usah sebutin di mana ya, kalian pasti tahu lah,” kata dia.

    (sfn/rgr)

  • Penjualan Mobil di RI 2025 Jatuh ke Level Terendah Sejak Pandemi

    Penjualan Mobil di RI 2025 Jatuh ke Level Terendah Sejak Pandemi

    Jakarta

    Meski belum sepenuhnya berakhir, namun 2025 kemungkinan besar menjadi tahun terburuk industri otomotif nasional sejak pandemi Covid-19. Karuan saja, untuk pertama sejak enam tahun lalu, penjualan mobil di Indonesia diprediksi tak mencapai 800 ribu unit.

    Sebagai gambaran, ketika pandemi muncul pertama kali di Indonesia pada 2020, penjualan mobil di dalam negeri hanya 532 ribu unit setahun. Kemudian program PPnBM DTP atau Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah diterbitkan untuk mendongkrak permintaan.

    Hasilnya, pada 2021, penjualan mobil di Indonesia bounce back ke level 887 ribu unit/tahun. Angkanya kemudian naik lagi pada 2022 menjadi 1,04 juta dan 2023 menjadi 1,05 juta. Namun, permintaan lantas turun pada 2024 menjadi 865 ribu unit.

    Penjualan mobil di Indonesia ditargetkan tembus 780 ribu unit/tahun Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) pada awal tahun menargetkan pabrikan mobil mampu menjual 900 ribu unit kendaraan selama 2025. Sayangnya, menuju penutupan tahun, angka itu terasa mustahil digapai.

    Akhirnya, mereka mengumumkan revisi target menjadi hanya 780 ribu unit mobil selama 2025. Jika angka tersebut sesuai, maka penjualan roda empat di Indonesia benar-benar berada di level terendah sejak pandemi lima-enam tahun lalu.

    “Iya, proyeksi (penjualan) menjadi 780 ribu unit,” kata Ketua I Gaikindo Jongkie D Sugiarto saat dikonfirmasi, dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (2/12).

    Penjualan Mobil di Indonesia 2025

    Disitat dari laman resmi Gaikindo, penjualan mobil selama Januari-Oktober 2025 baru mencapai 634 ribu unit dan mengalami penurunan sebesar 10,6 persen dari periode sama tahun lalu.

    Lima besar merek terlaris mengalami penurunan penjualan. Honda menjadi yang terparah dengan penurunan 35,5 persen, kemudian Daihatsu 23,5 persen, Toyota 14 persen, Suzuki 8,6 persen dan Mitsubishi 5,3 persen.

    Hasil terbalik datang dari para merek baru yang sebagian besar berasal dari China. BYD dan merek turunannya, Denza, mengalami peningkatan paling signifikan, naik masing-masing 178,2 persen dan 651,1 persen pada Januari-Oktober 2025 dikomparasi dengan periode sama sebelumnya.

    Merek lain yang melonjak adalah Chery 142,7 persen, GWM 94,6 persen, BAIC 167,8 persen, Scania 32,4 persen dan Volkswagen 193,2 persen.

    (sfn/rgr)

  • Belum Cukup Umur, Pelajar SMP di Gresik Meninggal Akibat Kecelakaan Motor

    Belum Cukup Umur, Pelajar SMP di Gresik Meninggal Akibat Kecelakaan Motor

    Gresik (beritajatim.com) — Ini peringatan keras bagi orang tua yang membiarkan buah hatinya mengendarai motor belum cukup umur atau tidak memiliki SIM. Hal ini dialami seorang pelajar SMP berinisial MRH asal Benjeng, Gresik.

    Pelajar tersebut meregang nyawa di Jalan Raya Benjeng usai terlibat kecelakaan dengan sesama pengendara motor saat berangkat ke sekolah.

    Kapolsek Benjeng, Iptu Alimin Tunggal mengatakan, kejadian kecelakaan itu terjadi pagi hari melibatkan kendaraan sepeda motor Suzuki Tornado W 4010 EZ yang dikendarai oleh korban, serta kendaraan sepeda motor Honda Vario P S 5447 HD yang dikendarai oleh Sutrisno (64), asal Tuban.

    “Kronologisnya, bermula saat kendaraan sepeda motor Suzuki Tornado yang dikendarai korban berjalan dari arah selatan menuju ke utara dengan kecepatan sedang. Sesampainya di lokasi kejadian, motor yang dikendarai korban mendahului motor tidak dikenal searah di depannya,” ujarnya, Selasa (2/12/2025).

    Perwira Polri itu menambahkan, nahasnya saat korban mendahului sepeda motor tidak dikenal, haluannya terlalu dekat sehingga membentur kendaraan sepeda motor Vario yang melintas dari arah berlawanan. Kemudian terjadi tabrakan sesama pengendara motor.

    “Kedua kendaraan saling berbenturan dan terjadilah kecelakaan lalu lintas. Akibat kecelakaan ini, korban pelajar sempat dirujuk ke RSUD Ibnu Sina Gresik. Namun, karena luka yang sangat parah, nyawanya tak tertolong,” imbuhnya.

    Masih menurut Iptu Alimin Tunggal, selain korban yang kehilangan nyawanya, pengendara motor bernama Sutrisno juga mengalami luka pada tangan kanan dan dirujuk ke rumah sakit di Tuban. “Korban pelajar saat kejadian masih mengenakan seragam sekolah,” paparnya.

    Usai kejadian, polisi langsung mengamankan kedua sepeda motor yang terlibat kecelakaan. Selanjutnya, dilimpahkan ke Unit Gakkum Satlantas Polres Gresik. [dny/kun]