brand merek: Suzuki

  • Trump Diam-Diam Naikan Tarif Impor 50% untuk Baja dan Aluminium – Page 3

    Trump Diam-Diam Naikan Tarif Impor 50% untuk Baja dan Aluminium – Page 3

    Para eksekutif industri mengharapkan langkah-langkah seperti merasionalisasi tarif menjadi dua lapisan, meringankan beban pajak bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), memangkas pungutan atas barang-barang penting, dan menggunakan proses berbasis teknologi seperti pengembalian pajak yang telah diisi sebelumnya dan pengembalian dana yang lebih cepat untuk mendorong investasi.

    Industri yang diproyeksikan mendapat manfaat meliputi manufaktur, logistik, perumahan, serta barang konsumsi.

    Sektor otomotif menjadi salah satu yang langsung merasakan dampaknya. Setelah penjualan mobil penumpang India hanya tumbuh 4,2% pada 2024—laju paling lambat dalam empat tahun—saham produsen kendaraan melonjak signifikan. Maruti Suzuki India naik 8,75% dan Hyundai Motor India menguat 8,15% pada sesi perdagangan Senin.

    “Saya cukup optimistis dengan pengumuman ini. Sektor otomotif yang sebelumnya tertinggal wajar jika kini bangkit cukup kuat,” ujar James Thom, Senior Investment Director Asian Equities Aberdeen, dikutip CNBC.

  • Kesuksesan Fronx di Indonesia Bikin Suzuki Tersenyum Lebar

    Kesuksesan Fronx di Indonesia Bikin Suzuki Tersenyum Lebar

    Jakarta

    Suzuki Fronx diklaim sukses menjadi bintang baru yang memicu lonjakan penjualan di pasar otomotif nasional. Hanya tiga bulan sejak peluncurannya, SUV bergaya coupe ini langsung membuktikan dominasi pada segmennya. Tak ayal, kesuksesan Fronx pun membuat Suzuki Indonesia tersenyum lebar.

    Suzuki Fronx diklaim menyumbang 28% dari total penjualan ritel Suzuki dan menguasai segmen mobil penumpang dengan porsi 47%. Hal ini menunjukkan bahwa model ini tidak hanya sekadar produk baru, tetapi juga menjadi salah satu pilar utama dalam strategi penjualan Suzuki di Indonesia.

    Selain menawarkan desain menawan, Suzuki Fronx juga sukses memikat konsumen berkat keunggulan teknologi hybrid-nya. Terbukti, 89% dari unit yang terjual merupakan model hybrid. Dalam waktu singkat, Fronx langsung menjadi motor penggerak utama penjualan keseluruhan hybrid Suzuki, memimpin dengan porsi 62%.

    Suzuki Fronx Foto: Dok. Suzuki Indomobil Sales (SIS)

    “Pencapaian penjualan ritel Suzuki Juli lalu adalah bukti nyata dari strategi produk kami yang tepat sasaran, dan keberanian dalam menghadirkan inovasi,” ungkap Randy R. Murdoko, Dept. Head 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), dalam keterangan resminya.

    “Suzuki Fronx membuktikan bahwa kami tidak hanya mengikuti tren, tetapi juga memimpinnya. Kami sangat optimistis momentum positif ini akan terus berlanjut,” tambah Randy.

    Keberhasilan Suzuki Fronx juga mencuat di ajang GIIAS 2025 sebagai penyumbang penjualan terbesar Suzuki dengan porsi 38% dari total unit terjual. Prestasi tersebut kian
    lengkap lewat raihan penghargaan Favorite Passenger Car Crossover, yang menjadi validasi langsung dari apresiasi konsumen.

    Berkat dorongan kuat Suzuki Fronx, total penjualan ritel Suzuki naik 20% dari bulan sebelumnya, menembus batas di atas 5.500 unit. Selain itu, pertumbuhan juga dirasakan
    pada berbagai lini produk. Kategori mobil penumpang melonjak 17%, sehingga sanggup membulatkan kontribusi sebesar 60% secara keseluruhan. Sementara kategori mobil
    komersial turut meroket 26% lewat kepercayaan konsumen terhadap performa tangguh New Carry. Kombinasi tersebut semakin memperkuat posisi Suzuki, menempati tiga besar di pasar otomotif nasional pada periode Juli 2025.

    Sejalan komitmen Suzuki menuju netralitas karbon melalui strategi multi-pathway, kinerja kendaraan ramah lingkungan semakin menonjol. Sepanjang Juli 2025, model hybrid
    menyumbang 68% dari total penjualan ritel segmen mobil penumpang Suzuki. Angka ini mencerminkan kepercayaan konsumen terhadap teknologi ramah lingkungan Suzuki yang menghadirkan efisiensi bahan bakar signifikan tanpa mengorbankan performa.

    “Ke depan, kami akan terus memperluas pendekatan kepada masyarakat, serta menyediakan benefit penjualan sesuai kebutuhan konsumen di seluruh Indonesia. Langkah
    tersebut akan berjalan beriringan dengan semangat mempopulerkan kendaraan lebih ramah lingkungan, seperti lini hybrid Suzuki,” tutup Randy.

    (lua/rgr)

  • Suzuki Bakal Luncurkan Skutik Gambot Pesaing Yamaha Xmax dan Honda Forza

    Suzuki Bakal Luncurkan Skutik Gambot Pesaing Yamaha Xmax dan Honda Forza

    Jakarta

    Pasar skutik gambot diprediksi bakal makin sengit. Kabar terbaru dari China menyebut Suzuki tengah menyiapkan skutik besar bermesin 350 cc yang dikembangkan bareng mitra lokalnya, Haojue. Kehadiran motor ini diyakini akan menjadi penantang serius Honda Forza 350 dan Yamaha Xmax 300.

    Diketahui selama ini Suzuki memang sudah memiliki skutik gambot dalam wujud Burgman 400. Model tersebut juga sudah dipasarkan di sejumlah negara. Namun, di pasar China belum ada model yang setara untuk melawan Forza 350 maupun Xmax 300.

    Mengutip laman Greatbiker, bocoran pihak internal menyebut ada proyek baru bernama Haojue UHR350. Skutik ini disebut-sebut bakal menjadi prototipe Burgman 350 yang kemungkinan besar kelak dipasarkan dengan merek Suzuki.

    Informasi awal menyebutkan UHR350 menggunakan basis mesin Suzuki agar biaya pengembangan lebih efisien. Langkah ini dianggap masuk akal, sebab kecil kemungkinan Haojue mengembangkan mesin khusus hanya buat satu model. Ada dugaan platform baru ini juga akan dipakai untuk motor lain.

    Tak hanya motor matic, rumor lain menyebut Haojue juga sedang menggarap motor kelas menengah lain seperti GSX500 dan juga TR500, yang juga berpeluang dipasarkan dengan nama Suzuki.

    Meski detail teknis maupun desain UHR350 belum terungkap, kolaborasi Haojue dan Suzuki bukanlah hal baru. Sebelumnya, beberapa model hasil pengembangan bersama sukses diluncurkan ke pasar global. Karena itu, banyak yang meyakini Burgman 350 akan hadir dengan identitas Suzuki yang kuat, lengkap dengan emblem S khas pabrikan Jepang tersebut.

    Soal jadwal debutnya, Suzuki masih tutup mulut. Namun, dari perkembangan yang ada, motor anyar ini diperkirakan akan resmi meluncur pada awal tahun 2026. Jika benar, Burgman 350 dipastikan bakal menjadi pesaing baru di kelas skutik gambot premium dengan perpaduan desain modern, teknologi terkini, serta harga kompetitif.

    (lua/rgr)

  • Lawan Tarif Trump, India Potong Pajak Demi Pertumbuhan Ekonomi – Page 3

    Lawan Tarif Trump, India Potong Pajak Demi Pertumbuhan Ekonomi – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Pasar saham India bergerak positif pada perdagangan Senin (18/8/2025) setelah Perdana Menteri, Narendra Modi, mengumumkan pemangkasan pajak yang dinilai memberi dorongan besar bagi perekonomian domestik di tengah tekanan tarif dari Amerika Serikat.

    Indeks Nifty 50 naik 1%, sementara BSE Sensex menguat 0,84%. Di pasar valuta asing, nilai tukar dolar AS melemah 0,18% terhadap rupee.

    Dikutip dari CNBC, Selasa (19/8/2025), dalam pidato Hari Kemerdekaan yang disampaikan Jumat lalu, Modi menekankan pentingnya kemandirian ekonomi dan mengumumkan sejumlah reformasi keuangan. Pemerintah India kini berencana memberlakukan struktur pajak barang dan jasa (GST) dua tingkat sebesar 5% dan 18%, menggantikan tarif lama 12% dan 28% untuk sejumlah barang.

    Menurut India Brand Equity Foundation, langkah ini bertujuan menyederhanakan kepatuhan, menurunkan tarif pajak, sekaligus memodernisasi sistem GST agar lebih mendukung pertumbuhan.

    Para eksekutif industri mengharapkan langkah-langkah seperti merasionalisasi tarif menjadi dua lapisan, meringankan beban pajak bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), memangkas pungutan atas barang-barang penting, dan menggunakan proses berbasis teknologi seperti pengembalian pajak yang telah diisi sebelumnya dan pengembalian dana yang lebih cepat untuk mendorong investasi.

    Industri yang diproyeksikan mendapat manfaat meliputi manufaktur, logistik, perumahan, serta barang konsumsi.

    Sektor otomotif menjadi salah satu yang langsung merasakan dampaknya. Setelah penjualan mobil penumpang India hanya tumbuh 4,2% pada 2024—laju paling lambat dalam empat tahun—saham produsen kendaraan melonjak signifikan. Maruti Suzuki India naik 8,75% dan Hyundai Motor India menguat 8,15% pada sesi perdagangan Senin.

    “Saya cukup optimistis dengan pengumuman ini. Sektor otomotif yang sebelumnya tertinggal wajar jika kini bangkit cukup kuat,” ujar James Thom, Senior Investment Director Asian Equities Aberdeen, dikutip CNBC.

  • Suzuki Recall Gixxer 250SF di Indonesia, Ini Sebabnya

    Suzuki Recall Gixxer 250SF di Indonesia, Ini Sebabnya

    Jakarta

    Suzuki mengumumkan recall terhadap Gixxer 250SF. Recall itu berkaitan dengan komponen rear brake kaliper bracket.

    PT Suzuki Indomobil Sales mengumumkan recall pada model Gixxer 250SF di Indonesia. Recall itu disampaikan agar para pemilik Gixxer 250SF melakukan pemeriksaan ke bengkel untuk komponen rear brake caliper bracket. Total ada 174 unit Gixxer 250SF yang terdampak pada recall kali ini.

    Berdasarkan hasil evaluasi dari pengecekan kualitas secara rutin, Suzuki merekomendasikan perlunya pemilik Gixxer 250SF dengan tahun produksi 2022-2025 melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap komponen rear brake caliper bracket di bengkel resmi Suzuki. Diketahui terdapat potensi ketidaksesuaian spesifikasi yang berpotensi menyebabkan kinerja pengereman menjadi tidak optimal pada penggunaan jangka panjang. Jika tim mekanik menemukan kondisi tersebut terjadi pada unit konsumen, maka SIS akan menjamin melakukan penggantian parts dan jasa secara gratis.

    “Keluarga besar Suzuki Indonesia sangat berterima kasih kepada loyalitas para konsumen. Kepedulian kami terhadap pelanggan selalu terus berjalan, seperti program Product Quality Update terbaru yang ditujukan bagi pemilik maupun pengguna Gixxer 250SF. Tim Service dari Bengkel Resmi Suzuki siap melakukan pemeriksaan kondisi unit, sehingga pelanggan bebas dari rasa khawatir,” jelas Asst. to Aftersales Department Head of Service PT SIS Hariadi dalam keterangan resminya.

    Untuk memastikan kendaraannya masuk ke dalam program Product Quality Update alias recall, pemilik Gixxer 250SF dapat membuka laman resmi www.suzuki.co.id serta memasukkan nomor rangka kendaraan. Selain itu, pelanggan juga bisa datang langsung ke Bengkel Resmi Suzuki terdekat di seluruh Indonesia.

    Pemeriksaan ataupun penggantian komponen ditangani langsung oleh tenaga ahli dan hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk pemeriksaan dan apabila diperlukan pergantian maka membutuhkan waktu maksimal satu jam. Layanan ini tidak dikenakan biaya apapun alias gratis sebagai bentuk tanggung jawab PT SIS terhadap produk maupun kepuasan terhadap pelanggan setianya.

    “Meski potensi terjadinya ketidaksesuaian komponen pada beberapa kelompok unit yang sudah di tangan konsumen jumlahnya tidak besar, namun kami merasa sangat perlu untuk memberikan informasi ini sebagai bentuk tanggung jawab sebuah Perusahaan profesional yang peduli kepada pelanggannya. Kami berharap itikad tersebut bisa memberikan ketenangan, kepuasan serta meningkatkan kepercayaan terhadap Suzuki,” tutup Hariadi.

    Guna menjaga kualitas produk, serta memastikan kenyamanan, keamanan, maupun keselamatan berkendara, Suzuki mengimbau para pelanggan untuk melakukan perawatan berkala di Bengkel Resmi sesuai anjuran. Booking service dapat dilakukan secara mandiri melalui layanan seperti Halo Suzuki di nomor 0800-1100-800 atau WhatsApp Halo Suzuki (0811-1993-0800). Metode alternatif lainnya bisa dilakukan melalui fitur live chat pada laman www.suzuki.co.id yang akan segera ditanggapi oleh tim profesional Suzuki.

    (dry/din)

  • Pasar Mobil RI: China Kuasai Mobil Listrik, Jepang Pimpin Mobil Hybrid

    Pasar Mobil RI: China Kuasai Mobil Listrik, Jepang Pimpin Mobil Hybrid

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kendaraan elektrifikasi di segmen hybrid electric vehicle (HEV) semakin laku belakangan, bahkan masih lebih tinggi dibandingkan mobil BEV.

    Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) wholesales atau pengiriman dari pabrik ke diler mobil hybrid sepanjang Juli 2025 yakni sebanyak 6.605 unit.

    Angka tersebut lebih tinggi dari penjualan BEV yang tercatat 5.433 unit di periode yang sama. Meski demikian, Penjualan HEV tersebut memang turun dibandingkan Juni 2025 yang terjual sebanyak 7.235 unit.

    Uniknya, ketika mobil terlaris BEV dikuasai oleh mobil China, namun mobil hybrid dikuasai oleh pabrikan Jepang. Dari 10 besar mobil hybrid terlaris, hanya ada 1 brand China yang masuk, sedangkan sisanya dipegang oleh brand Jepang.

    Suzuki Fronx Hybrid menjadi hybrid terlaris dengan penjualan 2.047 unit, disusul Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid yang terjual 1.398 unit, lalu Honda HR-V e:HEV terjual 1.268 unit, kemudian Suzuki XL7 Hybrid terjual 493 unit serta Toyota Yaris Cross HEV 334 yang terjual unit.

    Adapun wholesales mobil di Indonesia sepanjang Januari-Juli 2025 tercatat 435.390 unit. Angka tersebut turun 10,09 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yang mencapai 484.250 unit.

    Daftar Mobil Hybrid Terlaris Juli 2025:
    1. Suzuki Fronx Hybrid: 2.047 unit
    2. Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid: 1.398 unit
    3. Honda HR-V e:HEV: 1.268 unit
    4. Suzuki XL7 Hybrid: 493 unit
    5. Toyota Yaris Cross HEV 334 unit
    6. Chery Tiggo Cross CSH: 320 unit
    7. Hyundai Palisade Hybrid: 119 unit
    8. Toyota Alphard HEV: 65 unit
    9. Lexus LM350h: 52 unit
    10. Honda Civic e:HEV: 42 unit

    (hoi/hoi)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Segini Biaya Servis Suzuki Fronx hingga 100.000 Km

    Segini Biaya Servis Suzuki Fronx hingga 100.000 Km

    Jakarta

    Suzuki Fronx menjadi andalan baru Suzuki di Indonesia. Mobil ini ditawarkan dengan harga Rp 200-300 jutaan. Bagaimana dengan servis rutinnya?

    Suzuki mengklaim, pihaknya memberikan keuntungan kepada konsumen Fronx berupa perawatan berkala yang hemat. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan solusi hemat berupa program perawatan berkala gratis hingga jarak tempuh 50.000 km atau 30 bulan. Menurut perhitungan, cara tersebut bisa membuat pemilik meraih penghematan ongkos pengeluaran sampai dengan Rp 5.000.000.

    “Pengalaman Suzuki selama lebih dari 5 dekade di Indonesia, membuat kami sangat memahami kebutuhan nyata konsumen saat menyiapkan Suzuki Fronx. Selain produk berkualitas, pelanggan juga menginginkan ‘peace of mind’ ketika menggunakannya. Untuk memenuhi rasa tenang tersebut, kami berikan program perawatan berkala secara gratis pada jarak tempuh 0-50.000 km,” kata Hariadi, Asst. to Aftersales Department Head of Service PT SIS.

    Dengan program itu, konsumen Suzuki Fronx dapat menikmati pengalaman berkendara tanpa beban finansial selama hampir tiga tahun pertama atau hingga 50.000 km. Pengguna Fronx tipe SGX atau GX baru perlu menyiapkan biaya khusus saat memasuki jadwal servis 40.000 km demi mengoptimalkan kinerja mobil. Syarat dan ketentuannya bisa dicek di buku pedoman perawatan kendaraan.

    Suzuki juga menyuguhkan gambaran total biaya perawatan berkala Suzuki Fronx untuk periode 60.000-100.000 km berdasarkan pilihan varian dan transmisi. Kisaran ini dapat dijadikan acuan jangka panjang yang transparan bagi pelanggan. Berikut kisaran biaya servis Suzuki Fronx dari 60.000 km sampai 100.000 km:

    Suzuki Fronx GL MT: Rp 5.842.758Suzuki Fronx GL AT: Rp 6.268.958Suzuki Fronx SGX/GX MT: Rp 8.941.409Suzuki Fronx SGX/GX AT: Rp 9.586.809

    Estimasi biaya perawatan berkala tersebut sudah meliputi beberapa aspek seperti jasa, penggantian fast moving parts (filter oil, spark plug, air filter, oil gasket, drive belt), serta produk Ecstar sesuai spesifikasi kendaraan(engine oil, brake fluid, radiator coolant, transmission oil). Sebagai catatan, biaya tersebut tidak termasuk untuk penggantian suku cadang atas permintaan atau kebutuhan konsumen berdasarkan pemakaian kendaraan.

    Tak cuma itu, Suzuki memberikan jaminan buat model hybrid (GX dan SGX) berupa warranty untuk peranti Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) sampai dengan 8 tahun/160.000 km.

    (rgr/dry)

  • Pasar Lesu, Pabrikan Mobil Diminta Tak Tambah Karyawan Kontrak di RI

    Pasar Lesu, Pabrikan Mobil Diminta Tak Tambah Karyawan Kontrak di RI

    Jakarta

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah meminta produsen roda empat tak menambah karyawan kontrak untuk kegiatan produksi di dalam negeri. Permintaan tersebut merupakan respons dari penjualan mobil yang masih lesu di Indonesia.

    Ketua Umum (Ketum) Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah meminta produsen tak melakukan PHK saat permintaan mobil sedang turun-turunnya. Maka, untuk menyikapi permintaan tersebut, dia mengimbau pabrikan tak menambah karyawan kontrak baru.

    “Kami berusaha, yang kami lakukan adalah kami (produsen otomotif) tidak menambah karyawan kontrak sementara. Kami hentikan dulu (rekrutmen) dan bertahan dengan yang ada,” ujar Nangoi saat dikonfirmasi.

    Pabrik mobil diminta tak tambah karyawan kontrak. Foto: Ridwan Arifin

    Nangoi secara tak langsung menegaskan, produsen harus bisa memanfaatkan tenaga kerja yang ada. Jika rekrutmen karyawan kontrak biasanya dilakukan rutin, maka sementara dihentikan dulu.

    “Kami sedang mengusahakan hal tersebut, berkali-kali Menperin mengimbau kami agar tak terjadi pemutusan hubungan kerja. Meskipun kami agak menderita dengan penjualan yang menurun ini,” kata Nangoi.

    Sebagai catatan, penjualan mobil baru selama semester I 2025 masih lesu dan mengalami penurunan dibanding periode yang sama pada tahun lalu.

    Gaikindo mencatat retail atau penjualan langsung ke konsumen pada Januari-Juni 2025 berjumlah 390.467 unit, lebih sedikit 9,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun kemarin.

    Sementara wholesales atau distribusi dari pabrik ke dealer mengalami penyusutan 8,6 persen menjadi 374.740 unit, dari sebelumnya mencapai 410.020 unit.

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Foto: Rifkianto Nugroho

    Diberitakan sebelumnya, Menperin Agus Gumiwang meminta tiga produsen otomotif asal Jepang, yakni Toyota, Suzuki dan Daihatsu agar tidak menaikkan harga jual kendaraan dan tidak melakukan PHK terhadap tenaga kerja di Indonesia. Hal itu disampaikan Menperin saat berada di World Expo 2025, Osaka, Jepang.

    Menperin menyampaikan keprihatinan atas potensi gejolak di sektor otomotif nasional jika terjadi lonjakan harga kendaraan atau pengurangan tenaga kerja.

    “Maka itu, saya secara khusus meminta agar tidak ada kenaikan harga mobil dan tidak ada PHK di Indonesia. Ini penting demi menjaga daya beli masyarakat dan menjaga lapangan kerja di sektor otomotif, yang merupakan salah satu penopang industri nasional,” kata Agus.

    (sfn/dry)

  • Honda-Yamaha Patut Waspada, Suzuki Siapkan Pesaing Kuat NMax-PCX

    Honda-Yamaha Patut Waspada, Suzuki Siapkan Pesaing Kuat NMax-PCX

    Jakarta

    Dua raksasa motor asal Jepang, Honda dan Yamaha, agaknya patut waspada. Sebab, rival mereka, Suzuki akan meluncurkan skutik bongsor baru di kelas 150cc. Kendaraan bernama Suzuki Burgman 150 itu disebut-sebut akan menjadi rival kuat Honda PCX dan Yamaha NMax.

    Dilansir dari Greatbiker, Jumat (15/8), kemunculan Suzuki Burgman 150 sudah dibicarakan sejak lama. Skutik gambot itu diposisikan sebagai ‘kakak kandung’ Burgman 125 dan ‘adik kandung’ Burgman 250.

    Secara posisi, Burgman 150 mengisi pasar yang cukup menarik dan ramai peminat. Sebab, di kawasan Asia Tenggara, popularitas skutik dengan mesin 150-160 cc belakangan makin digandrungi.

    Render Suzuki Burgman 150. Foto: Doc. Greatbiker

    Hingga saat ini, belum ada bocoran informasi mengenai desain atau tampilan Suzuki Burgman 150. Namun, tunggangan itu kemungkinan masih mempertahankan DNA bawaan, yakni memiliki kepala berukuran besar dan sudut-sudut kendaraan yang dirancang tajam.

    Menurut gambar rekaan yang beredar, pabrikan masih membekalinya dengan lampu utama atau headlamp berukuran besar. Fairing-nya dibuat agresif dengan windshield atau penghalang angin yang cukup dominan.

    Meski belum ada pengumuman resmi, namun skutik tersebut konon menggunakan platform atau basis milik Haojue UHR150 asal China. Sebelumnya, Suzuki-Haojue telah mengerjakan proyek bersama melalui Inazuma 250.

    Dari segi performa, Burgman 150 diperkirakan menggunakan mesin SOHC 149cc satu silinder dengan pembakaran injeksi yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 14,4 dk pada 8.500 rpm dan torsi puncak 14,2 Nm pada 6.500 rpm. Spesifikasi itu dirasa sudah cukup untuk motor perkotaan.

    Sementara fitur diprediksi cukup akomodatif, misalnya seperti pencahayaan full LED, panel instrument digital, start stop system, rem double cakram dengan antilock braking system (ABS) berkanal tunggal, smart key system dan masih banyak lagi.

    Hingga kini, belum ada bocoran mengenai harga jual Suzuki Burgman 150. Selain itu, belum ada kabar resmi juga, apakah unitnya akan masuk Indonesia atau tidak. Namun, yang jelas, skutik bongsor tersebut bakal mengancam pasar yang sebelumnya hanya dikuasai Honda PCX dan Yamaha NMax.

    (sfn/rgr)

  • 3 Mobil Bernilai Miliaran Milik Bupati Pati Sudewo

    3 Mobil Bernilai Miliaran Milik Bupati Pati Sudewo

    Jakarta

    Ada tiga mobil yang per unitnya bernilai miliaran milik Bupati Pati Sudewo. Begini rinciannya.

    Bupati Pati Sudewo melaporkan memiliki delapan kendaraan. Khusus kendaraan yang tergabung dalam aset alat transportasi dan mesin itu, nilainya mencapai Rp 6.336.060.000 (6 miliaran).

    Mobil Miliaran di Garasi Sudewo

    Dari total delapan kendaraan itu, tiga di antaranya bernilai miliaran rupiah per unit. Dilihat detikOto dalam laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disetor Sudewo pada 11 April 2025 khusus awal menjabat sebagai Bupati Pati, tiga mobil yang nilianya miliaran itu adalah BMW X5, Toyota Alphard, dan Toyota Land Cruiser. Rinciannya sebagai berikut:

    – Mobil BMW X5 tahun 2023, hasil sendiri senilai Rp 1,9 miliar
    – Mobil Toyota Alphard tahun 2024, hasil sendiri senilai Rp 1,7 miliar
    – Mobil Toyota Land Cruiser tahun 2019, hasil sendiri senilai Rp 1,9 miliar.

    Sementara lima kendaraan lainnya nilainya bervariasi mulai dari Rp 4 juta hingga ratusan juta rupiah.

    – Mobil Toyota Innova tahun 2013, hasil sendiri senilai Rp 120 juta
    – Mobil Toyota Harrier tahun 2014, hasil sendiri senilai Rp 400 juta
    – Motor Honda BeAT tahun 2017, hasil sendiri senilai Rp 4 juta
    – Motor Suzuki TS125 tahun 2004, hasil sendiri senilai Rp 25 juta
    – Mobil Mitsubishi Pajero Sport tahun 2019, hasil sendiri senilai Rp 287,05 juta

    Jika dibandingkan dengan LHKPN sebelumnya, aset kendaraan Sudewo ini mengalami kenaikan nilai mencapai 48,31 persen. Pada LHKPN 2023, aset kendaraan Sudewo nilainya Rp 4.272.075.000 (4 miliaran).

    Sudewo Dituntut Mundur

    Di luar isi garasi, nama Sudewo memang tengah jadi sorotan. Sudewo juga dituntut mundur dari jabatannya usai mengumumkan kebijakan yang dinilai tidak pro masyarakat. Dikutip detikJateng, massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Pati Bersatu berunjuk rasa menuntut Sudewo mundur. Namun Sudewo menegaskan dia tidak akan berhenti atau mundur dari jabatannya.

    “Tuntutan sudah disampaikan tadi. Kalau saya dipilih oleh rakyat secara konstitusional. Secara demokratis jadi tidak bisa saya harus berhenti dengan tuntutan itu, semua ada mekanisme,” kata Sudewo.

    Sudewo juga merespons aksi demo yang berlangsung ricuh. Dia juga mengaku akan menjadikan kasus ini menjadi pelajaran untuknya.

    (dry/rgr)