Tampang Suzuki Avenis 125 Terbaru yang Harganya Rp 31 Jutaan
brand merek: Suzuki
-

Diuji Tabrak, Mobil Terbaru Suzuki Seharga Rp 190 Jutaan Dapat Bintang 5!
Jakarta –
Mobil terbaru Suzuki yang meluncur bulan lalu, Suzuki Victoris, telah menjalani pengujian Global NCAP (New Car Assessment Program) untuk mencari tahu seberapa aman kendaraan tersebut. Hasilnya, kendaraan ‘murah’ itu mendapat rating sempurna!
Disitat dari Gaadiwaadi, Suzuki Victoris mendapat bintang lima untuk perlindungan penumpang dewasa dan anak-anak berdasarkan skema pengujian tersebut. Hasil itu menandakan, ketika terjadi kecelakaan, mobil bisa memberikan perlindungan ekstra.
Hasil uji tabrak menunjukkan perlindungan memadai di seluruh bagian tubuh orang dewasa, dengan perlindungan kepala penuh pada uji benturan samping dan uji tiang.
Suzuki Victoris diuji tabrak Foto: Dok. Maruti Suzuki
Performa keselamatan anak juga sama mengesankan: boneka bayi berusia 18 bulan dan 3 tahun, yang diamankan di kursi anak menghadap ke belakang dengan ISOFIX dan kaki penyangga, mendapat perlindungan penuh.
Wajar jika Victoris mendapat nilai sempurna saat diuji tabrak. Sebab, kendaraan yang hanya dibanderol mulai dari 10.5 lakh atau Rp 190 jutaan itu dilengkapi sejumlah fitur keamanan terkini, misalnya seperti enam airbag, ESC (Electronic Stability Control), fitur perlindungan pejalan kaki, dan sabuk pengaman tiga titik di semua posisi tempat duduk.
Selain itu, untuk varian tertentu, ada teknologi keselamatan ADAS. Kemudian struktur bodi dan area ruang kakinya dinilai stabil dan mampu menahan beban tambahan.
Sebagai catatan, Suzuki Victoris meluncur di India pada September 2025. Kendaraan tersebut ditujukan untuk konsumen menengah di wilayah perkotaan. Menariknya, harga jualnya sangat terjangkau.
Suzuki menyediakan beberapa pilihan mesin untuk Suzuki Victoris. Pertama, ada mesin K-Series 1.5L Dual Jet Dual VVT berkapasitas 1.462 cc. Mesin itu memiliki tenaga 103,06 PS dan torsi139 Nm. Tersedia pilihan transmisi manual, otomatis, Allgrip AT, dan manual S-CNG.
Selain itu, Suzuki juga menyediakan pilihan mesin 1.5 Strong Hybrid. Suzuki Victoris dengan mesin hybrid itu memiliki kapasitas 1.490 cc dengan tenaga 92,45 PS dan torsi 122 Nm. Khusus tipe hybrid, Suzuki memasangkan mesinnya dengan transmisi e-CVT.
Produsen mengklaim, Suzuki Victoris varian mild-hybrid punya konsumsi bahan bakar 21 km/liter. Sementara untuk varian strong hybrid, angkanya tembus 28,6 km/liter. Kemudian untuk varian CNG berkisar 27 km/kg.
(sfn/rgr)
-

Harga Tiket GJAW 2025, Mulai Rp 30 Ribu
Jakarta –
Pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (Permata Bank GJAW) 2025 digelar di ICE-BSD City, Tangerang, 21-30 November. GJAW 2025 menggunakan area pameran lebih besar dari pameran sebelumnya, yaitu hall 1 hingga hall 10 ICE BSD City. Ini harga tiket GJAW 2025.
GJAW kembali digelar untuk mendongkrak penjualan otomotif roda empat di akhir 2025. Pameran ini diselenggarakan oleh Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) dengan dukungan penuh Kementerian Perindustrian.
Menggunakan 90.000 meter persegi dari ICE-BSD City, GJAW 2025 akan diikuti oleh lebih dari 80 merek otomotif ternama terdiri dari kendaraan penumpang, meliputi BAIC, BMW, BYD, Changan, Citroen, Chery, Daihatsu, Denza, DFSK, Ford, GAC Indonesia, Geely, GWM, Honda, Jaecoo, Jeep, Jetour, Lepas, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Polytron, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Vinfast, Wuling.
Dari segmen kendaraan roda dua, turut berpartisipasi Indomobil E-Motor, Royal Enfield, dan Scomadi, yang akan menghadirkan beragam model serta teknologi terbaru untuk memperkaya pilihan pengunjung. Selain itu, dua merek karoseri nasional, yakni Adiputro dan Tentrem, juga akan ambil bagian, bersama lebih dari 35 merek industri pendukung otomotif yang mencakup produk suku cadang, aksesoris, audio, perawatan kendaraan, hingga gaya hidup otomotif.
Untuk dapat merasakan segala keseruan yang dihadirkan pada GJAW 2025, pengunjung dapat memanfaatkan promo penjualan tiket presale yang dapat dibeli secara online melalui aplikasi Auto360, dengan jadwal sebagai berikut:
1. Surprise Drop pada 24-25 Oktober 2025 dengan harga tiket sebesar Rp 12.500 untuk seluruh tiket weekdays dan weekends.
2. Presale I pada 30 Oktober-02 November 2025 dengan diskon tiket sebesar 50% untuk tiket weekdays menjadi Rp 20.000 dan tiket weekends menjadi Rp 35.000.
3. Presale II pada 7-9 November 2025 dengan diskon tiket sebesar 25% untuk tiket weekdays menjadi Rp 30.000 dan tiket weekends menjadi Rp 52.500.
Tiket regular selanjutnya bisa didapatkan mulai 10 November secara online dengan harga tiket weekdays Rp 35.000 dan harga tiket weekends Rp 70.000. Tiket on the spot juga tersedia selama acara berlangsung dengan harga tiket weekdays Rp 50.000 dan harga tiket weekends Rp 80.000.
(lua/din)
-

Tahun Depan Vietnam Larang Motor Bensin, Jepang Peringatkan Ancaman PHK
Jakarta –
Pemerintah Vietnam akan melarang penggunaan sepeda motor bermesin bensin di tahun depan. Jepang dengan merek otomotif roda duanya bersuara soal larangan motor bensin di Vietnam tersebut.
Diberitakan Reuters, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh mengeluarkan arahan yang melarang sepeda motor berbahan bakar bensin memasuki pusat ibu kota mulai pertengahan tahun 2026. Hal itu merupakan upaya negara tersebut untuk mengurangi tingkat polusi udara yang tinggi. Pembatasan yang lebih luas akan diberlakukan pada tahun 2028 dan larangan tersebut diperkirakan akan meluas ke wilayah lain di negara tersebut.
Menanggapi hal ini, Kedutaan Besar Jepang di Hanoi mengirimkan surat kepada otoritas Vietnam yang menyatakan bahwa larangan mendadak tersebut dapat berdampak pada lapangan kerja di industri pendukung. Pekerja di dealer sepeda motor dan pemasok suku cadang bisa-bisa di-PHK akibat kebijakan tersebut.
Kedutaan juga mendesak otoritas Vietnam untuk mempertimbangkan “peta jalan yang tepat” untuk elektrifikasi yang akan mencakup periode persiapan dan penerapan regulasi secara bertahap.
Diketahui, pasar sepeda motor di Vietnam adalah salah satu yang terbesar di dunia. Jumlah sepeda motor terdaftar tahun lalu mendekati 80 persen dari populasi negara yang berjumlah 100 juta jiwa itu, salah satu tingkat kepemilikan tertinggi di dunia.
Kelompok dagang utama untuk produsen sepeda motor asing di Vietnam, yang dipimpin oleh Honda serta mencakup Yamaha dan Suzuki, mengirimkan suratnya sendiri kepada pemerintah Vietnam. Merek memperingatkan bahwa larangan tersebut dapat mengakibatkan gangguan produksi dan risiko kebangkrutan bagi perusahaan-perusahaan dalam rantai pasokan.
Para produsen mengatakan larangan tersebut dapat menimbulkan efek domino terhadap ratusan ribu pekerja. Produsen sepeda motor Jepang itu menyebutkan potensi gangguan bagi hampir 2.000 dealer dan sekitar 200 pemasok komponen.
Menanggapi kekhawatiran tentang peralihan ke kendaraan listrik, Perdana Menteri Chinh menyampaikan kepada para eksekutif Jepang bahwa pengurangan emisi merupakan isu global yang membutuhkan upaya bersama untuk memilih solusi paling optimal dengan peta jalan yang sesuai.
(rgr/din)
-

Suzuki Avenis 125 Terbaru Meluncur, Segini Harganya
Jakarta –
Produsen otomotif asal Jepang, Suzuki, resmi meluncurkan Suzuki Avenis 125 terbaru untuk konsumen domestik. Padahal, skuter matik (skutik) bertampang unik tersebut sudah disuntik mati di Indonesia.
Disitat dari Greatbiker, Kamis (23/10), Suzuki Avenis 125 terbaru hanya mendapat ubahan minor di bagian tampilan. Selain striping yang lebih segar, tunggangan tersebut juga hadir dengan tiga pilihan warna baru, yakni merah-hitam, putih-hitam dan full putih.
Di Jepang, ini merupakan penyegaran pertama semenjak Suzuki Avenis 125 dipasarkan di sana. Meski hanya sentuhan minor, namun pembaruan tersebut diyakini mampu memikat konsumen setempat.
Suzuki Avenis 125 terbaru meluncur di Jepang. Foto: Doc. Suzuki
Di luar itu, Suzuki Avenis 125 baru masih sama seperti versi sebelumnya. Kendaraan itu masih berdimensi kompak dengan tarikan garis yang serba tajam. Kemudian bagian depannya membentuk pola wajah dan rodanya dirancang agak mungil.
Mesin yang dipakai Suzuki Avenis 125 terbaru juga tak berubah. Kapasitasnya tetap 124,3cc bersilinder tunggal dengan pendingin udara. Pembekalan tersebut membuat kendaraan mampu menghasilkan tenaga 8,7 PS pada 6.750 rpm dan torsi 10 Nm pada 5.500 rpm.
Suzuki Avenis 125 terbaru meluncur di Jepang seharga Rp 31 jutaan! Foto: Doc. Suzuki
Sementara untuk fiturnya terdapat panel instrumen full digital yang memuat konsumsi BBM, baterai, kapasitas oli, temperature mesin dan trip meter. Selain itu, ada pencahayaan full LED, Suzuki Easy Start (SES) dan masih banyak lagi.
Di Jepang, Suzuki Avenis 125 terbaru dibanderol 284.900 yen (sudah termasuk pajak) atau sekira Rp 31 jutaan. Keran pemesanan baru dibuka mulai pekan depan atau Selasa (28/10).
(sfn/rgr)
-

Detail Ubahan Suzuki Jimny Terbaru, Ada Tambahan Fitur ADAS
Jakarta –
Suzuki memperbarui Jimny dan Jimny Sierra untuk pasar Jepang. Jimny tiga pintu terbaru kini mendapatkan tambahan fitur modern, seperti teknologi ADAS (Advanced Driver Assistance System) Level 2 dan fitur konektivitas yang membuat mobil ini semakin aman dikendarai.
Mengutip Motoroids, model Jimny terbaru ini mulai dijual di Jepang pada 4 November 2025. Dari eksterior tampilan Jimny tidak berubah banyak, desainnya tetap tangguh dan maskulin seperti ciri khasnya selama ini.
Suzuki Jimny generasi keempat pertama kali meluncur 2018 Foto: Suzuki
Namun, di balik tampilannya yang klasik, Suzuki menyematkan teknologi keselamatan baru yang bikin pengalaman berkendara jauh lebih nyaman, menjadikan untuk pertama kalinya mobil legendaris ini punya fitur bantuan pengemudi canggih.
Beberapa fitur baru di Jimny antara lain collision damage mitigation braking, lane departure prevention, adaptive cruise control, hingga rearward false-start prevention. Paket fitur ADAS tersebut bisa mencegah tabrakan, membantu mengurangi risiko benturan frontal, juga menjaga mobil tetap berada di jalurnya saat berkendara di jalan raya.
Selain itu, Suzuki juga menambahkan Suzuki Connect, sistem mobil terhubung yang memungkinkan pemilik Jimny ini memantau kondisi kendaraan dan menerima peringatan keselamatan secara real-time melalui aplikasi. Penyegaran ini membuat Jimny tetap tangguh di jalur off-road, tapi kini lebih nyaman dan aman digunakan di perkotaan.
Sayangnya, Suzuki hanya menyematkan pembaruan itu buat model tiga pintu. Sementara untuk Jimny versi lima pintu yang diluncurkan pada 2023 belum mendapatkan fitur-fitur keselamatan tersebut. Harapannya, Suzuki Jimny lima pintu juga bisa mendapatkan fitur serupa di masa depan.
(lua/rgr)
-

Langkah Berani BYD di Jepang, Rilis Produk Tantang Kei Car
Jakarta –
BYD sedang mengekspansi pasar Jepang. Brand asal China ini bakal merilis mobil listrik untuk menyasar pasar Kei Car (K-Car).
Pasar otomotif Jepang dikenal kompetitif. BYD mengambil langkah berani bukan dengan mobil sport atau SUV mewah, melainkan dengan sesuatu yang jauh lebih sederhana dan jauh lebih simbolis: kei car, kendaraan mungil yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari jalanan Jepang pasca Perang Dunia II.
BYD baru saja merilis teaser untuk mobil listrik kei pertamanya. Dari segi tampilan, mobil ini dirancang khusus untuk segmen mobil mikro di Jepang. Hal ini tercermin dari profil sampingnya, mobil ini punya overhang pendek, garis atap mobil terlihat tinggi, dan roda yang diletakkan di sudut-sudut ekstrem untuk membantu memaksimalkan ruang kabin.
Foto-foto spy yang beredar di media sosial Tiongkok menunjukkan bahwa mobil ini juga akan memiliki pintu geser di bagian belakang, meningkatkan sisi kepraktisannya.
Mobil mini BYD ini diproyeksikan bakal memiliki baterai 20 kWh dengan jangkauan sekitar 180 km (111 mil) berdasarkan siklus uji WLTC.
Segmen kei car merupakan pasar yang sangat unik dan secara kompetisi didominasi oleh produsen mobil domestik Jepang, seperti Daihatsu, Honda, Suzuki, dan aliansi Nissan-Mitsubishi.
Mobil listrik kecil ini akan debut pada akhir bulan ini di Japan Mobility Show (JMS) 2025.
Singkatnya, langkah BYD memasuki segmen Kei car adalah upaya yang berani untuk menembus pasar Jepang.
Harga mobil ini diperkirakan akan dimulai sekitar ¥2,5 juta (sekitar Rp 270 jutaan), menempatkannya di bawah pesaing seperti Nissan Sakura dan Mitsubishi eK X EV
(riar/rgr)
-

Riwayat Mobil Nasional Timor, Terjual Nyaris 20 Ribu Unit sebelum Dihantam Krisis
Jakarta –
Presiden Prabowo Subianto menghidupkan kembali cita-cita Indonesia memiliki mobil nasional. Prabowo mengatakan dalam tiga tahun ke depan, Indonesia bakal mempunyai mobil nasional. Menilik sejarahnya, Indonesia sempat memiliki mobil nasional bernama Timor. Mobil ini sempat terjual hingga nyaris 20 ribu unit sebelum dihantam krisis.
Dalam catatan detikOto, mobil nasional Timor hadir lantaran keinginan mantan Presiden Soeharto untuk membuat mobil nasional pada awal 1990-an. Dia kemudian membuat aturan soal pajak impor mobil. Aturan tersebut tertuang dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1996 tentang Pembangunan Industri Mobil Nasional.
Aturan tersebut ibarat memberi karpet merah buat pembentukan mobil nasional Timor. Contohnya tertuang dalam poin kedua nomor dua, di mana Menteri Keuangan memberi kemudahan di bidang perpajakan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku:
a. pembebasan bea masuk atas impor komponen yang masih diperlukan;
b. pemberlakuan tarif Pajak Pertambahan Nilai 10% atas penyerahan mobil yang diproduksi;
c. pembayaran Pajak Penjualan atas Barang Mewah yang terutang atas penyerahan mobil yang diproduksi, ditanggung oleh Pemerintah.Timor sendiri merupakan gagasan salah satu anak Soeharto, Hutomo Mandala Putra atau biasa dikenal Tommy Soeharto. Tommy diketahui memiliki hobi di dunia otomotif dan mengoleksi sejumlah mobil mewah, mulai Lamborghini, hingga Audi.
Dalam perjalanannya, Tommy dengan bantuan pengusaha Setiawan Djody membangun perusahaan di Bermuda yang dinamakan Megatech. Kemudian dia memutuskan untuk membeli Lamborghini tahun 1994 dengan maksud dipelajari. Tommy dan Djody mendapat bantuan dari Vector Aeromotive karena dia diketahui memiliki 57% saham di Vector.
Pada tanggal 19 Februari 1996, Tommy kembali membuat perusahaan yang disebut PT Timor Putra Nasional (TPN). Timor sendiri merupakan singkatan dari Teknologi Industri Mobil Rakyat. Nah, saat itu Timor dikabarkan akan meminjam desain dan teknologi dari Lamborghini.
Namun, 28 Februari 1996, Soeharto meminta Menteri Ekonomi Indonesia yang saat itu dijabat Tungky Ariwibowo untuk mempercepat pengembangan mobil nasional Indonesia. Soeharto bahkan rela menggelontorkan sejumlah uang demi terwujudnya mobil nasional Indonesia. Banyak perusahaan berminat untuk membantu membuat mobil di Tanah Air untuk mendapatkan suntikan dana tersebut, namun rupanya Timor yang dipilih.
Mobil Timor Foto: ROMEO GACAD / AFP
Keputusan itu kabarnya membuat kecewa beberapa brand mobil asal Jepang seperti Toyota dan Suzuki. Alasannya sederhana, Timor tidak memiliki prototipe mobil sama sekali.
Tungky kemudian memberi tahu Timor setidaknya Timor harus memproduksi 15.000 mobil pada September 1996. Kalau Timor gagal, maka mereka harus mengembalikan uang pinjaman dari pemerintah tersebut.
Perusahaan Tommy ini kemudian dengan cepat membangun pabrik mobilnya di kawasan Cikampek. Pada 8 Juli 1996, Timor mengenalkan model S515 yang ternyata hanya me-rebadged mobil Korea Selatan, Kia Sephia. Saat itu Tommy optimistis mobil Timor bisa terjual 70.000 unit per tahunnya.
Target tersebut terbilang cukup besar untuk pemain baru sekelas Timor. Soalnya, pasar mobil di Indonesia kala itu hanya 150.000 unit per tahunnya. Di bulan yang sama, mobil sudah bisa dipesan dan pengiriman baru dilakukan bulan September.
Konsumen Indonesia tak banyak pilihan saat akan membeli mobil Timor karena hanya ada satu warna saja yang ditawarkan yakni metalik dengan harga US Dolar 250 atau saat itu di kisaran Rp 35-37 jutaan.
Banyak nada miring yang mengatakan Timor bukanlah mobil nasional Indonesia yang sesungguhnya, karena hanya mengganti logo Kia dengan Timor. Kia disebut sebagai satu-satunya yang mau menjual mobilnya di Indonesia tanpa emblem Kia. Selain Kia ada Lada dan Khodro asal Iran yang juga masuk dalam radar Tommy dalam proyek mobil nasionalnya ini.
Kendati didatangkan dari luar, Timor dijual dengan harga murah karena dibebaskan dari pajak-pajak dan bea lainnya yang biasa dikenakan pada mobil-mobil lain yang dijual di Indonesia. Namun Kia Sephia yang dijual di Indonesia ini tak memiliki fitur seperti airbag dan ABS, padahal di negara asalnya fitur tersebut ada.
Gara-gara dinilai curang, Timor pun digugat ke WTO (World Trade Organization) oleh perusahaan Jepang. Perusahaan Jepang tersebut menang dan WTO memutuskan, supaya Indonesia mencabut keputusan penghapusan bea masuk dan pajak barang mewah mobil Timor.
Meski banyak diliputi kontroversi, mobil nasional Timor bisa dibilang cukup sukses secara penjualan. Berdasarkan data distribusi milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), di tahun pertamanya Timor bisa merangsek ke posisi enam besar penjualan mobil di Indonesia tahun 1997. Timor mampu menjual hingga nyaris 20 ribu unit atau lebih tepatnya 19.471 unit. Penjualan ini lebih besar dari Nissan yang saat itu hanya menjual 9.037 unit. Masih dalam data yang sama, Timor tampak ada dalam data Gaikindo terakhir pada tahun 2008 yakni sebesar 4 unit saja.
Sayangnya, pamor Timor tak bertahan lama. Merek ini ikutan runtuh setelah krisis ekonomi Asia yang menyebabkan Kia Motors pada tahun 1997 bangkrut (pada tahun 1998 dibeli oleh Hyundai). Selain itu rezim Soeharto juga jatuh, maka proyek mobil nasional Timor juga ditutup.
(lua/rgr)
-

Batu Zaman Purba Tertua Dibuka, Peneliti Kaget Ada Makhluk Hidup
Jakarta, CNBC Indonesia – Siapa sangka ada makhluk hidup yang masih bisa bertahan di dalam batu berusia 2 miliar tahun. Temuan ini membuat para peneliti kaget.
Namun, di sisi lain temuan ini dinilai bisa mengubah pengetahuan soal evolusi makhluk hidup di Bumi. Adapun makhluk hidup yang dimaksud merupakan mikroba yang ditemukan di batu paling tua.
Laporan ini terpatri dalam sebuah artikel di jurnal Microbial Ecology yang dikutip oleh Futurism.
“Kami tidak tahu apakah batu berusia 2 miliar tahun bisa ditinggali. Sampai saat ini, lapisan geologi tertua yang di dalamnya ditemukan mikro-organisme hidup berusia 100 juta tahun yang terkubur di bawah dasar laut. Artinya, ini penemuan yang mengesankan,” kata Yohey Suzuki, salah satu peneliti dari Graduate School of Science di University of Tokyo.
Teori yang diterima luas saat ini menyatakan kehidupan pertama kali muncul di Bumi sekitar 3,5 miliar tahun lalu. Adapun, manusia baru muncul ratusan ribu tahun silam.
Penemuan mikroba di dalam batu kuno membuka peluang untuk meneliti ekosistem dan evolusi biologi miliaran tahun lalu.
Dalam laporan riset, peneliti menyatakan mikroba tersebut adalah makhluk “asli” di batu kuno yang dipecahkan dan berevolusi dengan sangat lambat. Artinya, penelitian lebih lanjut menggunakan mikroba itu bisa memberikan pengetahuan baru soal genetika.
“Dengan meneliti DNA dan genomik mikroba seperti ini, kita bisa memahami evolusi pada era terawal di Bumi,” kata Suzuki.
Batu kuno objek penelitian diambil dari Afrika Selatan menggunakan metode pengeboran ultra-dalam.
Koalisi peneliti internasional percaya penelitian mikroba di batu kuno juga akan berdampak ke upaya mencari kehidupan lain di luar Bumi.
NASA, misalnya, saat ini memiliki robot Perseverance di Mars yang salah satu misinya adalah mengambil sampel fisik untuk dikirim ke Bumi. Peneliti batu kuno di Bumi memperkirakan sampel dari Mars usianya akan sama dengan batu yang dibor di Afrika Selatan.
“Menemukan kehidupan mikroba di Bumi dari 2 miliar tahun lalu dan bisa mengkonfirmasi keasliannya membuat saya semangat, ingin tahu apa yang bisa kita temukan dari sampel di Mars,” kata Suzuki.
(fab/fab)
[Gambas:Video CNBC]

