brand merek: Samsung

  • Cara Mudah Cek Password WIFI yang Terhubung ke HP

    Cara Mudah Cek Password WIFI yang Terhubung ke HP

    Jakarta, CNBC Indonesia – Lupa password jaringan wifi menjadi masalah klasik apabila Anda ingin menautkan perangkat elektronik yang sudah terhubung dengan perangkat lain atau jika ingin berbagi jaringan dengan orang lain.

    Biasanya demi keamanan, wifi di tempat publik seperti kafe akan dilengkapi dengan password. Anda bisa langsung menanyakan kata sandi nya kepada pengelola lokasi tempat Anda berada.

    Namun ada cara lain untuk mengetahui passwordnya. Dengan catatan Anda sudah pernah terhubung wifi sebelumnya dengan perangkat lainnya.

    Berikut cara melihat password wifi dari perangkat yang sudah terhubung sebelumnya, baik HP Android maupun iPhone:

    Lihat Password Wifi di HP Android

    Masuk ke menu Settings
    Klik Network & Internet
    Pilih Internet
    Cari jaringan yang ingin kamu ketahui passwordnya
    Kamu akan menemukan ikon gear di bagian kanan jaringan wifi tersebut
    Pilih tombol Share dengan ikon kode QR
    Kamu akan mengonfirmasi kode buka kunci
    Pindai kode QR atau salin dan tempel password di bawahnya

    HP Android 6 Hingga 9

    Jika ponsel Anda masih menjalankan Android 9 ke bawah, berikut cara mengetahui password Wifi:

    Unduh dan instal aplikasi WiFi Password Recovery di Google Play Store
    Setelah itu, jalankan aplikasi dengan menekan tombol “Grant”. Nantinya akan muncul informasi WiFi yang pernah terhubung dengan smartphone Android Anda
    Cari nama WiFi yang ingin Anda lihat password-nya. Di kolom “PASS” akan muncul password dari WiFi tersebut

    Perlu diingat, aplikasi membutuhkan akses ‘root’ untuk digunakan. Sebab saat ini akses sulit dilakukan khususnya untuk smartphone Android terbaru mulai dari Android karena Google meningkatkan keamanan pada OS Android. Apalagi smartphone bukan hanya untuk berkomunikasi namun juga transaksi yang butuh verifikasi data penting.

    Lihat Password Wifi di HP Samsung

    Sambungkan HP Samsung Galaxy ke WiFi tujuan yang akan Anda bagikan
    Buka “Pengaturan”, lalu “Koneksi”, dan pilih “WiFi”. Anda bisa langsung membuka koneksi WiFi dengan mengusap layar dari atas ke bawah di halaman utama, lalu klik ikon WiFi selama beberapa detik
    Pilih ikon gear “Jaringan saat ini”
    Di bagian kiri bawah muncul ikon kode QR, klik ikon tersebut
    Kemudian akan ditampilkan kode QR dengan perintah “Pindai kode QR ini di perangkat lain untuk tersambung ke “nama WiFi” tanpa memasukkan kata sandi

    Selain itu, ada opsi lain yang diberikan dengan sistem One UI, yaitu Anda bisa menyimpan kode QR tersebut sebagai gambar atau langsung membagikannya ke perangkat lain melalui aplikasi perpesanan atau media sosial yang kompatibel. Kedua pilihan tersebut muncul di bawah kode QR

    Cara cek password WiFi di iPhone

    Buka Settings pada iPhone, lalu pilih iCloud
    Pada menu iCloud, nyalakan Keychain
    Buka Keychain Access pada Mac
    Ketikkan nama WiFi pada kolom Search di jendela Keychain Access
    Pastikan Anda berada dalam kategori passwords
    Klik nama WiFi yang dicari
    Jendela baru akan muncul, lalu centang “Show Password”
    Anda akan diminta untuk memasukkan user name dan password Mac
    Setelah selesai, kini Anda bisa melihat password WiFi yang Anda cari

    (hsy/hsy)

  • Samsung Galaxy S25 Series Kantongi Sertifikasi FCC, Tanda Siap Rilis Tahun Depan? – Page 3

    Samsung Galaxy S25 Series Kantongi Sertifikasi FCC, Tanda Siap Rilis Tahun Depan? – Page 3

    Di sisi lain, menurut pakar industri Ross Young, Samsung akan merilis Galaxy Z Flip FE pada 2025. Model ini bakal jadi opsi lebih hemat dibanding versi flagship Galaxy Z Flip.

    Mengutip Gizchina, Sabtu (22/11/2024), yang membuat menarik, layar yang digunakan dikabarkan akan sama dengan layar yang dipakai pada Galaxy Z Flip7. Namun untuk menekan harga, Samsung bakal pakai kamera dan prosesor yang lebih sederhana. 

    Prosesor Apa yang akan Digunakan?

    Hingga saat ini, masih belum jelas prosesor mana yang akan dipakai Galaxy Z Flip FE. Ada dua kandidat utama diantaranya Exynos 2400 dan versi lebih lite yakni Exynos 2400e. 

    Sayangnya, chip ini bakal terbilang “tua” saat ponsel ini dirilis. Jadi, muncul spekulasi kalau Samsung mungkin akan memilih prosesor baru seperti Exynos 2500. Kita tunggu saja kabar lebih lanjut!

    Membawa Teknologi Lipat ke Lebih Banyak Pengguna

    Galaxy Z Flip FE bertujuan buat menghadirkan ponsel lipat dengan harga yang ramah kantong. Walau spesifikasinya tidak sekelas flagship, ponsel ini tetap menawarkan pengalaman premium dari teknologi lipat yang sedang naik daun.

    Samsung ingin menarik lebih banyak penguna ke dunia ponsel layar lipat, khususnya mereka yang merasa flagship terlalu mahal. Strategi ini juga menunjukkan kepercayaan Samsung terhadap masa depan smartphone layar lipat sebagai tren teknologi.

     

  • Update Daftar Harga HP Samsung Terbaru Bulan Desember 2024, Banyak Promo!

    Update Daftar Harga HP Samsung Terbaru Bulan Desember 2024, Banyak Promo!

    Bisnis.com, JAKARTA – Di bawah ini adalah update harga HP Samsung terbaru Desember 2024 yang bisa Anda jadikan pedoman sebelum membeli salah satunya.

    Samsung menjadi salah satu brand ponsel pintar terkemuka di Indonesia. Pabrikan asal Korea Selatan ini kerap merilis produk baru.

    Samsung merilis Samsung Galaxy S24 FE di Indonesia pada 7 Oktober 2024 lalu. Kehadiran seri ini meramaikan persaingan ponsel kelas menengah ke atas.

    Dilansir dari situs resminya, beberapa ponsel Samsung dijual dengan harga murah per Desember 2024 ini.

    Berikut adalah update daftar harga HP Samsung bulan Desember 2024:

    Samsung Galaxy S24 Ultra 12/256 GB Rp18.999.000 promo dari Rp 21.999.000
    Samsung Galaxy S24 Ultra 12/512 GB Rp20.399.000 promo dari Rp 23.999.000
    Samsung Galaxy S24 256 GB Rp 13.249.000
    Samsung Galaxy S24 512 GB Rp 15.249.000
    Samsung Galaxy S24+ 256 GB Rp 15.999.000
    Samsung Galaxy S24+ 512 GB Rp 17.999.000
    Samsung Galaxy S24 256 GB Rp 19.999.000
    Samsung Galaxy S24 512 GB Rp 21.999.000
    Samsung Galaxy S23 FE 256 GB Rp 8.999.000
    Samsung Galaxy S23 Ultra 512 GB Rp 19.999.000
    Samsung Galaxy S23+ 512 GB Rp 15.999.000
    Samsung Galaxy A15 5G Rp 3.399.000
    Samsung Galaxy A25 5G Rp 4.099.000
    Samsung Galaxy A15 Rp 2.999.000
    Samsung Galaxy A06 Rp 1.699.000
    Samsung Galaxy Z Fold 6 256 GB Rp 26.499.000
    Samsung Galaxy Z Fold 6 512 GB Rp 26.499.000 (Promo) dari harga awal Rp 28.499.000
    Samsung Galaxy Z Fold 6 1 TB Rp 31.999.000
    Samsung Galaxy Z Flip 6 256 GB Rp 17.499.000
    Samsung Galaxy Z Flip 6 512 GB Rp 17.499.000 (Promo) dari harga awal Rp 19.499.000
    Samsung Galaxy Z Flip5 Rp 13.999.000
    Samsung Galaxy Z Fold5 Rp 21.999.000
    Samsung Galaxy Z Fold4 Rp 20.499.000
    Samsung Galaxy Z Flip4 Rp 11.499.000
    Samsung Galaxy M15 5G Rp 2.699.000
    Samsung Galaxy M34 5G Rp 3.999.000
    Samsung Galaxy M54 5G Rp 6.499.000
    Samsung Galaxy M33 5G Rp 3.699.000
    Samsung Galaxy M23 5G Rp 3.499.000
    Samsung Galaxy M15 5G Rp 2.499.000

    Sebagai informasi, harga di atas mungkin berbeda di setiap wilayah. Akan tetapi, harga seharusnya tidak selisih terlalu jauh.

  • Samsung Keceplosan! Galaxy Tab S10 FE Siap Hadir Tahun Depan – Page 3

    Samsung Keceplosan! Galaxy Tab S10 FE Siap Hadir Tahun Depan – Page 3

    Samsung telah membuka pra-registrasi untuk pembelian Galaxy Ring di Indonesia sejak 11 November lalu. Berjalan lebih dari seminggu sejak pre-registrasi Galaxy Ring dibuka, bagaimana respon konsumen di Indonesia terhadap wearable terkecil Samsung ini?

    MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Annisa Maulina mengungkapkan konsumen di Indonesia begitu tertarik dengan Galaxy Ring yang dijual pertama kali di Indonesia.

    Meski begitu, Samsung tidak mengungkapkan angka pre-registrasi untuk produk ini. Samsung mengungkapkan versi Galaxy Ring yang paling banyak diminati oleh konsumen di Indonesia.

    “Konsumen Indonesia sangat tertarik dengan Galaxy Ring dijual pertama kali di Indonesia, dan yang paling banyak diminati oleh konsumen Indonesia adalah Galaxy Ring warna Hitam,” kata Annisa.

    Ia menambahkan, pemesanan atas Galaxy Ring warna Black mendominasi 60 persen dari seluruh pesanan, dibandingkan dua warna lainnya.

    Annisa pun menambahkan, smart ring Galaxy Ring hadir untuk menjawab kebutuhan konsumen atas perangkat wearable yang simpel dan nyaman dipakai. Hal ini karena desain Galaxy Ring begitu compact dengan material titanium yang dipakainya.

  • Samsung-Vivo-Xiaomi Ditendang, Ini Dia Raja HP di RI

    Samsung-Vivo-Xiaomi Ditendang, Ini Dia Raja HP di RI

    Jakarta, CNBC Indonesia – Raja smartphone di Indonesia mulai bergeser. Kini Oppo berhasil menguasai pasar HP di Indonesia maupun Asia Tenggara.

    Oppo mengantongi market share sebanyak 22% pada kuartal III – 2024. Di Indonesia, Oppo mengalahkan Xiaomi, Transsion, Samsung dan Vivo pada daftar tersebut.

    Selain Indonesia, Oppo memimpin juga di pasar Thailand dan Malaysia. Sementara di Filipina dan Vietnam berada di posisi kedua.

    Dalam laporan Canalys, di pasar Asia Tenggara, Oppo berada di posisi pertama dengan capaian market share 21% naik dari tahun sebelumnya 18%. Pengiriman juga naik dari 4 juta unit menjadi 5,1 juta unit, dengan pertumbuhan tahunan mencapai 29%.

    Canalys menjelaskan capaian Oppo didorong oleh model entry level yang diberi merek ulang, yakni A3x dan A3.

    Harga ponsel juga disinggung Canalys. Pasar Asia Tenggara mengalami pertumbuhan sebesar 15% dengan pengiriman 25 juta unit.

    Ini disertai dengan harga jual rata-rata yang turun 4%. Penyebabnya karena ada banyaknya peluncuran baru sehingga ada produk HP kategori mid dan low banjir di pasar.

    Pada segmen pasar US$100-US$300, vendor berusaha menonjol dari pesaingnya lewat harga dan keterjangkauan. Hal ini membuat penjualan sangat ketergantungan pada promosi dan diskon agar bisa mendorong volume.

    “Diskon besar pada model lama juga memperburuk masalah dengan menciptakan konflik harga pada peluncuran model baru,” jelas Analis di Canalys, Sheng Win Chow, dikutip dari laman resmi Canalys, Sabtu (30/11/2024).

    “Bill of Material (BOM) yang meningkat dan biaya inflasi dalam aktivitas penjualan mengurasi profitabilitas,” ujarnya menambahkan.

    Salah satu cara mengatasinya, perusahaan mengonsolidasikan produk entry level agar bisa mencapai biaya lebih rendah dan segmen yang lebih jelas. Salah satunya Oppo A3x yang membuat penawaran menjadi satu model saja.

    Berikut daftar lima besar ponsel versi Canalys di Asia Tenggara:

    1. Oppo 21%

    2. Samsung 16%

    3. Transsion 16%

    4. Xiaomi 15%

    5. Vivo 10%

    (emy/haa)

  • Transmart Diskon Harga AC Besok Sejuta Lebih, Dapat Bonus Ini

    Transmart Diskon Harga AC Besok Sejuta Lebih, Dapat Bonus Ini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Transmart kembali memberikan potongan harga yang gede banget untuk produk Air Conditioner (AC) atau pendingin udara. Khusus hari Minggu ini (1/12/2024), Transmart kembali menggelar Transmart Full Day Sale.

    Transmart memberikan diskon besar-besaran 50% + 20% di seluruh gerai Transmart, mulai dari toko buka hingga 22.00 waktu setempat.

    Untuk pendingin ruangan, ada AC Split 1 PK berbagai merek seperti Samsung, Polytron, LG, Panasonic, dan Sharp, yang bisa kamu dapatkan dengan harga Sale di angka Rp 3.299.200 dari harga normal semula Rp 4.549.000. Pembeli hemat hingga Rp 1.249.800. Harga ini untuk Pulau Jawa, Bali, dan Lampung

    Sedangkan untuk di luar Jawa, Bali, dan Lampung harganya dibanderol dari Rp 4.649.000 menjadi Rp 3.399.200. Pembeli hemat Rp 1.249.800.

    Foto: Transmart Full Day Sale di Transmart Cempaka Putih, Jakarta, Minggu, 14/7. (CNBC Indonesia/Elga)
    Transmart Full Day Sale di Transmart Cempaka Putih, Jakarta, Minggu, 14/7. (CNBC Indonesia/Elga)

    Selain mendapatkan diskon gila-gilaan, pembeli AC di Transmart juga akan mendapatkan bonus berupa pipa dan instalasi standard.

    Program ini berlaku bagi pelanggan yang menggunakan kartu kredit Bank Mega, kartu kredit Bank Mega Syariah, dan aplikasi Allo Bank-Allo Prime termasuk Allo Paylater.

    Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera serbu Transmart Full Day Sale di hari Minggu ini di seluruh gerai Transmart se-Indonesia. Jangan lupa bayarnya pakai kartu kredit Bank Mega, kartu kredit Bank Mega Syariah, dan aplikasi Allo Bank termasuk Allo Paylater.

    (wur/wur)

  • Review Oppo Find X8 Pro: Komplit Keunggulannya

    Review Oppo Find X8 Pro: Komplit Keunggulannya

    Jakarta

    Setelah dua pendahulunya absen, Oppo merilis Find X8 Series ke pasar global. Ada dua varian HP yang dihadirkan, yakni Find X8 dan Find X8 Pro.

    Model terakhir ini yang bertandang ke ruang redaksi detikINET. Sebagai penerus dari seri Find X sebelumnya, perangkat ini tidak hanya menawarkan performa yang mengesankan, tetapi juga menghadirkan berbagai inovasi baru di sektor desain, kamera, dan performa.

    Namun, apakah semua fitur tersebut benar-benar membuat Oppo Find X8 Pro layak menjadi pilihan utama? Dalam artikel review ini, detikINET akan membahas secara mendalam setiap aspek dari Oppo Find X8 Pro, mulai dari desain, performa, kamera, hingga pengalaman penggunaan sehari-hari.

    Dengan begitu, kamu dapat menentukan apakah Oppo Find X8 Pro cocok dijadikan daily driver kamu di 2025. Mari kita mulai!

    Oppo Find X8 Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINETSpesifikasi Oppo Find X8 ProLayar: 6.78-inch (2760 × 1256 pixels) micro quad LTPO AMOLED, refresh rate adaptive 1-120Hz, tingkat kecerahan up to 4500 nits, 2160Hz high-frequency PWM dimming, 240Hz touch sampling rate, 2160Hz instant touch sampling rate, Dolby Vision, Oppo Crystal Shield protectionChipset: Dimensity 9400 3nm SoC dengan GPU Immortalis-G925RAM: 16GB LPDDR5XMemori internal: 512GB UFS 4.0 storageSistem operasi: ColorOS 15 berbasis Android 15SIM Card: Dual SIM (nano + nano)Kamera belakang: 50MP dengan sensor 1/1.4″ Sony LYT-808, f/1.6 aperture, OIS, 10-bit HDR, 50MP 120° ultra-wide camera dengan aperture f/2.75dan sensor Samsung S5KJN5, telephoto periskop 50MP 1/1.95″ sensor Sony LYT-600 dengan aperture ƒ/2.6, OIS, 3X optical zoom, telephoto periskop 50MP Sony IMX858 dengan zoom optic 6x dan up to 120X digital zoom, Hasselblad portraitKamera depan: 32MP front camera with Sony IMX615 sensor, f/2.4 apertureFitur: In-display fingerprint sensor, Infrared sensor, Dust and water resistant (IP68 + IP69), USB Type-C audio, Stereo speakers, Dolby AtmosKoneksi: 5G SA/NSA, Wi-Fi 7 (802.11be), Bluetooth 5.4, Beidou (B1I+B1C+B2a+B2b), GPS (L1+L5), GLONASS (G1), GALILEO (E1+E5a+E5b), QZSS (L1+L5), dual-antenna NFC, USB Type-CBaterai: 5910mAh (Typical) battery with 80W SuperVOOC fast charging, 50W wireless chargingDimensi: 157.35×74.33×7.85mm ; Weight: 193gram

    Desain

    Dibanding Oppo Find X5 yang dirilis di Indonesia pada 2022, Find X8 Pro membawa desain yang lebih segar. Tapi tetap mempertahankan ciri khas Find Series, yakni simpel, elegan dan mewah.

    Oppo Find X8 Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Oppo menghadirkan Find X8 dalam dua pilihan warna, yakni Pearl White dan Space Black. Varian Space Black yang detikINET review punya finishing matte yang halus, memberikan tampilan premium sekaligus mencegah bekas sidik jari yang sering menjadi masalah pada ponsel dengan permukaan mengilap. Tekstur matte ini juga terasa nyaman di tangan, memberikan grip yang kokoh dan tidak licin saat digenggam.

    Meski mengusung layar besar, ponsel ini tetap ramping dengan ketebalan hanya 8,2 mm dan bobot sekitar 215 gram, terasa lebih ringan jika dibandingkan dengan iPhone 15 Pro Max. Desainnya yang melengkung di bagian sisi berpadu dengan frame datar memberikan ergonomi maksimal saat digenggam.

    Bagian belakang Find X8 Pro menampilkan modul kamera bulat yang Oppo sebut sebagai Cosmos Ring. Tonjolannya lebih ramping dibandingkan modul kamera di Find X7 Ultra, memberikan kesan minimalis namun tetap berkelas.

    Modul ini menampung empat kamera dengan logo Hasselblad ditempatkan di tengah. Sementara knurling halus di pinggir modul menghadirkan estetika ala kamera konvensional.

    Tombol Quick Button Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    tombol fisik untuk mode silent. Selain itu, Oppo menambahkan fitur baru bernama Quick Button, yang memungkinkan pengguna mengakses kamera, mengatur shutter, atau bahkan zoom dengan cepat. Tombol ini menghadirkan nuansa serupa dengan Camera Controller milik iPhone 16 Pro, memberikan pengalaman fotografi yang lebih praktis.

    Bagian depan dan belakang Find X8 Pro dilapisi kaca Crystal Shield yang tangguh terhadap goresan dan benturan. Sertifikasi IP68 dan IP69 memastikan ponsel ini tahan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Ini adalah perangkat yang siap menemani kamu di berbagai situasi ekstrem tanpa kompromi pada gaya dan kinerja.

    Layar

    Find X8 Pro menjadi HP pertama Oppo yang mengadopsi micro quad curved. Artinya di setiap sisi pinggiran layar dibuat sedikit melengkung.

    Selain memberikan kesan lebih premium, penggunaan layar micro quad curved menyuguhkan pengalaman visual lebih imersif dan bikin navigasi lebih nyaman.

    Panel yang digunakan berjenis LTPO AMOLED yang memberikan efisiensi baterai lebih baik karena menyesuaikan kecepatan refresh rate 1-120Hz, tergantung pada konten yang dibuka. Dengan kecerahan hingga 4.500 nits membuat layar jelas meski digunakan di bawah terik Matahari sekalipun.

    Oppo Find X8 Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Ukuran layar 6,78 memberikan kepuasan mata, apalagi resolusinya 1,2K. Ponsel ini juga memiliki dukungan HDR 10 dan Dolby Vision makin memaksimalkan untuk menonton video di layanan streaming.

    Bagian atas layar terdapat lubang untuk speaker kedua. Suara yang dikeluarkan speaker Find X8 Pro terdengar lantang di telinga, bikin menikmati hiburan di HP ini makin menyenangkan.

    Oppo menyematkan sensor fingerprint di bawah layar yang punya kinerja cukup cepat memindai sidik jari.

    ColorOS 15

    Find X8 Pro menjadi salah satu HP Oppo yang menjalankan ColorOS 15 berbasis Android 15. Oppo menjanjikan HP mendapatkan 5 kali pembaruan Android dan 6 tahun update keamanan.

    ColorOS 15 memberikan pengalaman pengguna yang lancar dan mulus. Sayangnya banyak bloatware yang terinstall padahal tidak digunakan, alhasil musti dihapus satu per satu.

    Mengikuti tren, ColorOS 15 membawa segudang fitur AI. Google Gemini sekarang terintegrasi dalam ColorOS 15, ditambah Circle to Search yang memudahkan pencarian dengan hanya melingkari objek di layar.

    Oppo memberikan AI Clarity Enhance yang dapat meningkatkan gambar resolusi rendah, AI Unblur untuk memperbaiki foto yang kurang jelas dan AI Reflection Remover yang dapat menghilangkan pantulan dari gambar.

    Fitur Touch to Share Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Studio AI yang pertama kali diperkenalkan dengan seri Reno 12 juga tersedia di HP ini. Fitur tersebut mengubah foto menjadi avatar digital menggunakan Generative AI.

    Ada pula AI ToolBox yang menyediakan beberapa fitur, salah satunya AI Summary yang memungkinkan meringkas halaman hanya dengan satu ketukan. Pada aplikasi Perekam kini didukung oleh Gemini 1.5 Pro, dapat menghasilkan ringkasan audio.

    Paling mencuri perhatian Touch to Share memungkinkan mentransfer file dengan mudah antara Find X8 Pro dan iPhone atau iPad. Untuk caranya bisa dibaca di sini.

    Selengkapnya >>>

  • Cara Hilangkan Iklan Tiba-tiba Muncul di HP Android, Mudah!

    Cara Hilangkan Iklan Tiba-tiba Muncul di HP Android, Mudah!

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Munculnya iklan menjadi salah satu masalah yang sering ditemui pengguna HP Android. Biasanya iklan terlihat di beberapa tempat, seperti Home Screen hingga browser.

    Banyak pengguna yang kesulitan untuk menghilangkan iklan yang mengganggu saat online. Iklan bisa tiba-tiba muncul saat menggunakan aplikasi atau selagi menonton video.

    Setiap jenis HP punya berbagai macam iklan yang berbeda. Cara mematikan iklan yang mengganggu juga beragam untuk tiap jenis HP Android.

    Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara. Anda bisa melakukannya tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

    Simak cara untuk menghilangkan iklan di ponsel Android:

    Cara blokir iklan HP di Chrome

    1. Buka Google Chrome di aplikasi Android

    2. Klik menu tiga titik di sisi kanan atas untuk membuka “Settings”

    3. Gulir ke bawah sampai menemukan “Site Settings”

    4. Pilih “Pop-ups and redirects” dan gulir toggle untuk mengaktifkan pemblokiran iklan-iklan pop-up

    5. Kembali ke “Site Settings” dan pilih “Ads”

    6. Gulir ke kanan untuk mengaktifkan toggle “Ads” yang membuat iklan-iklan berbahaya tak muncul ke permukaan.

    Cara blokir iklan di Home Screen

    1. Tekan dan tahan ikon aplikasi dan buka menu info yang terbuka

    2. Gulir hingga menemukan opsi “Display over other apps”

    3. Gulir untuk mematikan toggle “Allow display over other apps”.

    Cara blokir iklan di Wallpaper

    Iklan pada wallpaper berasal dari aplikasi seperti Glance. Biasanya iklan berasal dari konten kemitraan dari dalam aplikasi. Berikut cara menghilangkannya:

    1. Geser ke atas (swipe up) dari home screen untuk membuka menu app drawer

    2. Pilih “Settings”

    3. Gulir ke “Lock Screen”

    4. Buka “Wallpaper Services”

    5. Tekan tombol radio di samping “None”

    Cara blokir iklan di HP Samsung

    Berikut adalah cara memblokir iklan yang mengganggu di HP Samsung:

    1. Buka menu Settings

    2. Pilih Samsung Account

    3. Masuk ke menu Privacy

    4. Pilih Customization service

    5. Matikan pilihan Customization this phone untuk menghentikan konten personalisasi yang biasanya mengandung iklan.

    Cara blokir iklan di HP Xiaomi

    Berikut adalah cara menghilangkan iklan yang mengganggu di HP Xiaomi:

    1. Buka Settings di HP

    2. Pilih Sandi & Keamanan

    3. Masuk ke opsi Privasi

    4. Lanjutkan dengan menekan Layanan Iklan

    5. Matikan opsi Rekomendasi Iklan yang Dipersonalisasi

    Iklan HP Xiaomi juga bisa diblokir lewat MiUI System Ads:

    1. Masuk ke menu Settings

    2. Pilih Sandi & Keamanan

    3. Pilih Otorisasi dan pencabutan

    4. Matikan opsi MiUl System Ads

    Iklan di HP Xiaomi juga muncul dari Aplikasi Tema. Berikut cara mematikannya:

    1. Buka aplikasi Tema

    2. Pilih menu Profil dan klik Settings atau Pengaturan

    3. Matikan Pilihan Tampilkan Iklan.

    (fab/fab)

  • Dulu Raja HP, Begini Cerita Nokia Masuk ke Dasar Jurang

    Dulu Raja HP, Begini Cerita Nokia Masuk ke Dasar Jurang

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Generasi milenial sempat merasakan masa kejayaan Nokia di pasar HP. Di era 90-an hingga 2.000-an awal, produk-produk Nokia dijuluki ‘HP sejuta umat’. 

    Pada puncaknya, raksasa Finlandia tersebut menguasai pangsa pasar ponsel global lebih dari 40 persen. Namun, kesohorannya tak bertahan lama. Penurunan bisnis Nokia dimulai dengan penjualan bisnis telepon selulernya ke Microsoft pada tahun 2013.

    Kehadiran pesaing seperti Apple, Samsung dan produsen lainnya bisa saja disalahkan atas kematian Nokia. Kendati demikian, keruntuhan Nokia sudah terjadi di internal, sebelum perusahaan-perusahaan lain memasuki pasar ponsel.

    Kesuksesan Dini Nokia

    Kesuksesan awal Nokia merupakan hasil dari pilihan manajemen yang visioner dan berani yang memanfaatkan teknologi inovatif perusahaan saat digitalisasi dan deregulasi jaringan telekomunikasi menyebar dengan cepat ke seluruh Eropa.

    Namun pada pertengahan 1990-an, rantai pasokan yang hampir runtuh membuat Nokia berada di landasan pacu kesuksesannya. Sebagai tanggapan, sistem dan proses yang disiplin diterapkan, yang memungkinkan Nokia menjadi sangat efisien dan meningkatkan produksi dan penjualan lebih jauh lebih cepat daripada para pesaingnya.

    Antara tahun 1996 dan 2000, jumlah pegawai di Nokia Mobile Phones (NMP) meningkat 150 persen menjadi 27.353, sedangkan pendapatan selama periode tersebut naik 503 persen.

    Mengutip laman Knowledge Insead, Kamis (9/6/2022), pertumbuhan yang cepat ini membutuhkan biaya. Biaya yang tinggi membuat para manajer di pusat pengembangan utama Nokia mendapati diri mereka berada di bawah tekanan kinerja jangka pendek yang makin meningkat dan tidak dapat mendedikasikan waktu dan sumber daya untuk inovasi.

    Pencarian “Kaki Ketiga”

    Para pemimpin Nokia menyadari pentingnya menemukan apa yang mereka sebut sebagai “kaki ketiga”, sebuah area pertumbuhan baru untuk melengkapi bisnis telepon seluler dan jaringan yang sangat sukses.

    Upaya mereka dimulai pada tahun 1995 dengan New Venture Board tetapi gagal mendapatkan daya tarik karena bisnis inti menjalankan aktivitas investasi mereka sendiri dan eksekutif terlalu asyik dengan mengelola pertumbuhan di area yang ada, untuk fokus menemukan pertumbuhan baru.

    Upaya baru untuk menemukan langkah ketiga diluncurkan dengan Nokia Ventures Organization (NVO) di bawah kepemimpinan salah satu tim manajemen puncak Nokia.

    Program visioner ini menyerap semua usaha yang ada dan mencari teknologi baru. Itu berhasil dalam arti bahwa mereka mempertahankan sejumlah proyek penting yang ditransfer ke bisnis inti.

    Faktanya, banyak peluang yang diidentifikasi NVO terlalu dini. Misalnya, NVO dengan tepat mengidentifikasi “internet of things” dan menemukan peluang dalam manajemen kesehatan multimedia, area bisnis yang saat ini tumbuh pesat.

    Namun, pada akhirnya semua gagal karena kontradiksi yang melekat antara ide jangka panjang dan target kinerja jangka pendek.

    Mengatur ulang kesuksesan

    Meskipun perusahaan sedang sukses, harga saham tinggi dan pelanggan di seluruh dunia puas dan setia, CEO Nokia Jorma Ollila makin khawatir bahwa pertumbuhan yang cepat telah menyebabkan hilangnya kelincahan dan kewirausahaan.

    Antara 2001 dan 2005, sejumlah keputusan dibuat untuk mencoba menyalakan kembali dorongan dan energi Nokia sebelumnya. Namun alih-alih menghidupkan kembali Nokia, mereka justru memulai awal penurunan.

    Kunci di antara keputusan ini adalah realokasi peran kepemimpinan yang penting dan reorganisasi tahun 2004 yang dilaksanakan dengan buruk ke dalam struktur.

    Hal ini menyebabkan kepergian para staf penting dari tim eksekutif, yang menyebabkan kemunduran pemikiran strategis.

    Pelajaran dari Nokia

    Jatuhnya bisnis ponsel Nokia tidak dapat dijelaskan dengan satu jawaban sederhana. Di dalamnya sungguh kompleks, termasuk keputusan manajemen, struktur organisasi yang tidak berfungsi, birokrasi yang berkembang, dan persaingan internal. Semua hal tersebut berperan dalam mencegah Nokia mengenali peralihan dari persaingan berbasis produk ke persaingan berbasis platform.

    Kisah ponsel Nokia mencontohkan sifat umum yang dilihat di perusahaan yang sudah sukses. Kesuksesan melahirkan konservatisme dan keangkuhan yang, seiring waktu, menghasilkan penurunan proses strategi yang mengarah pada keputusan strategis yang buruk.

    Dulu perusahaan sangat menerima ide dan eksperimen baru untuk memacu pertumbuhan. Namun, sukses membuat mereka menjadi penghindar risiko dan kurang inovatif.

    Pertimbangan seperti itu akan sangat penting bagi perusahaan yang ingin tumbuh dan menghindari salah satu ancaman pengganggu terbesar bagi masa depan mereka – kesuksesan mereka sendiri.

    Kabar Terbaru Nokia

    Sejatinya, Nokia memang sudah lama tak menggenjot bisnis smartphone dan lebih fokus ke bisnis jaringan.

    Dikutip dari Reuters, Nokia juga tengah mengeksplor beragam opsi untuk bisnis jaringannya. Misalnya melakukan divestasi atau menjual semua bisnis jaringan mobile yang bisa bernilai US$ 10 miliar.

    Informasi ini mencuat setelah Nokia melaporkan profit operasional kuartal kedua (Q2) 2024 yang merosot 32%. Hal ini disebabkan lemahnya permintaan peralatan kontektivitas 5G.

    Pilihan lainnya adalah menggabungkan bisnis dengan pesaing. Salah satu yang tertarik dengan Nokia adalah Samsung.

    Raksasa asal Korea Selatan menyatakan minat awal mengakuisisi beberapa aset Nokia. Laporan menyebutkan Samsung ingin mendapatkan skala dalam jaringan akses yang menghubungkan ponsel dengan infrastruktur telekomunikasi.

    Pembicaraan dua perusahaan masih dalam tahap awal. Namun tidak ada jaminan kesepakatan bisnis bakal terjadi antara Nokia dengan Samsung, dikutip dari Reuters.

    Reuters menuliskan Nokia tidak mengomentari rumor atau spekulasi pasar. Namun perusahaan mengatakan komitmennya pada bisnis jaringan seluler.

    “Jaringan seluler adalah aset yang sangat strategis bagi Nokia dan pelanggannya,” ucap Nokia.

    Sebelumnya, perusahaan asal Finlandia dilaporkan bekerja sama dengan Axiom Space. Tujuannya menyematkan kemampuan 4G LTE pada pakaian antariksa generasi berikutnya. Pakaian itu rencananya bakal digunakan pada misis Artemis III NASA.

    (fab/fab)

  • Telkomsel Hadirkan Gebyar Akhir Tahun, Beli Gawai disertai Perdana Telkomsel di BEC bisa Menangkan Hadiah Sepeda Motor

    Telkomsel Hadirkan Gebyar Akhir Tahun, Beli Gawai disertai Perdana Telkomsel di BEC bisa Menangkan Hadiah Sepeda Motor

    JABAR EKSPRES – Sebagai perusahaan penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Telkomsel terus berkomitmen menghadirkan inovasi dan penawaran terbaik bagi para pelanggannya.

    Kali ini, Telkomsel bersama Bandung Electronic Center (BEC) dan Rajawali Cellular menghadirkan penawaran spesial Gebyar Akhir Tahun yang memberikan hadiah langsung berupa ragam merchandise, serta hadiah undian mulai dari 5 Modem Telkomsel Orbit, 4 Smartphone Samsung A05, hingga satu unit Sepeda Motor Honda Beat dengan pembelian gawai di BEC disertai aktivasi perdana Telkomsel.

    Mulai 20 Oktober 2024 hingga 20 Januari 2025, setiap pembelian gawai disertai aktivasi perdana Telkomsel di BEC akan memberikan kesempatan pelanggan untuk mendapat hadiah langsung berupa ragam merchandise pada booth Telkomsel di BEC 1.

    Pelanggan juga berkesempatan mengikuti undian dengan ragam hadiah yang akan diundi pada akhir periode program.

    Lebih lanjut, setiap aktivasi perdana Telkomsel juga akan mendapatkan benefit spesial berupa kuota tambahan hingga 7 GB selama 3 bulan untuk pelanggan baru Telkomsel Lite di perangkat baru, atau kuota tambahan 2 GB seharga Rp 1 selama 6 bulan untuk pelanggan baru by.U.

    Manager Mobile Consumer Branch Bandung Telkomsel, Ketut Anom Jatmika mengatakan, Pihaknya sangat antusias menghadirkan Program Gebyar Akhir Tahun melalui kolaborasi dengan Bandung Electronic Center, yakni pusat perbelanjaan elektronik terbesar di Kota Bandung, serta Rajawali, sebagai strategic business partner Telkomsel di Kota Bandung.

    Penawaran ini tidak hanya memberikan pelanggan ragam pilihan gawai di ratusan toko di BEC, tetapi juga dilengkapi dengan layanan seluler terdepan dari Telkomsel dan tambahan kuota data yang memungkinkan pelanggan untuk dapat menikmati berbagai layanan digital dengan lebih mudah dan nyaman.

    “Kami percaya bahwa kolaborasi ini akan memberikan nilai tambah yang signifikan kepada seluruh pelanggan dan masyarakat, selaras dengan semangat Telkomsel yang terinspirasi dari semangat Indonesia untuk menghadirkan inovasi yang dapat memberikan pengalaman gaya hidup digital terbaik,” ujar Ketut Anom Jatmika, Jum’at (29/11/2024).

    Menurutnya, Sebagai titik informasi dan pelayanan program ini, Telkomsel secara khusus menghadirkan booth pelayanan di Lantai LG BEC 1.

    “Selain mengikuti program Gebyar Akhir Tahun, pelanggan juga bisa mendapatkan ragam produk dan layanan Telkomsel di booth tersebut seperti pembelian perdana Telkomsel PraBayar dan pendaftaran Telkomsel Halo, Pasang baru IndiHome, pengisian pulsa, hingga pembelian Nomor Cantik Telkomsel,” jelasnya.