brand merek: Samsung

  • iPhone 16 Dilarang Masuk RI, di China Penjualan Apple Anjlok

    iPhone 16 Dilarang Masuk RI, di China Penjualan Apple Anjlok

    Bisnis.com, JAKARTA – Penjualan Apple di China mengalami penurunan kendati perusahaan telah menaruh harga murah terhadap sejumlah perangkat yang dimiliki. Di sisi lain, pasar alternatif Apple yaitu Indonesia, masih melarang produk terbaru mereka iPhone 16 untuk beredar di Tanah Air.

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, investasi awal Apple senilai US$1 miliar atau sekitar Rp16 triliun untuk pembangunan pabrik AirTag tak bisa menjadi syarat terbitnya izin edar iPhone 16 di Indonesia.

    Apple berkomitmen membangun pabrik AirTag di Batam. Harapannya, pabrik tersebut dapat memproduksi 65% dari kebutuhan global AirTag—produk dari Apple untuk melacak keberadaan barang seperti kunci maupun dompet.

    Menurut Agus, AirTag merupakan aksesoris. Dia menegaskan benda tersebut bukan komponen dari produk handphone, komputer genggam, dan tablet (HKT).

    Dalam Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) No 29/2017 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Nilai Komponen Dalam Negeri Produk Telepon Seluler, Komputer Genggam, dan Komputer Tablet, perusahaan HKT bisa mendapatkan sertifikasi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) jika mereka membangun pabrik komponen langsung dari ponsel.

    Oleh karena itu, Apple masih belum bisa mendapat izin edar untuk menjual iPhone 16 di Indonesia.

    “Jadi kalau dilihat dari aturannya belum bisa atau belum boleh. Tidak ada dasarnya bagi Kemenperin mengeluarkan sertifikasi TKDN dalam rangka Apple bisa dapat izin edar. Karena [AirTag] tak ada keterkaitannya langsung [dengan ponsel],” ucap Agus dalam konferensi pers di Kantor Kemenperin, Rabu (8/1/2024).

    Menperin Agus GumiwangPerbesar

    Pangsa pasar iPhone di Indonesia berada di bawah Oppo, Samsung, dan Xiaomi pada Desember 2024. Apple masih menjalani larangan penjualan iPhone 16 karena perusahaan tersebut memiliki utang investasi dan pemenuhan TKDN. 

    Sementara itu, smartphone (ponsel pintar) Oppo menjadi merek dengan pangsa pasar (market share) terbesar di Indonesia sepanjang akhir 2024 atau Oktober sampai Desember 2024.

    Melansir data Statcounter, Kamis (9/1/2025) Oppo berhasil menjadi pemuncak dengan market share sebesar 19,07% selama Oktober-Desember 2024.

    Pada peringkat kedua, Samsung terus menguntit Oppo dengan market share sebesar 17,53%. Posisi Samsung diikuti oleh Xiaomi yang berhasil mencatatkan market share sebesar 15,06%.

    Berikutnya pada posisi keempat merek hp Vivo mencatatkan pangsa pasar sebesar 14,89%. Data StatCounter juga menunjukkan smartphone Realme memiliki market share sebesar 7,24% dan Infinix sebesar 6,38%.

    Namun, yang menjadi pembeda pada periode Oktober hingga Desember 2024 adalah menurunnya penjualan dari handphone milik Apple.

    Pada 3 bulan terakhir 2024, market share Apple hanya berada diangka 7,97%. Angka ini berbanding terbalik dengan market share di Juli hingga September 2024 yang berada diangka 12,04%.

    Adapun, keunggulan Oppo tidak hanya dilaporkan oleh Statcounter. Dalam laporan kuartal III/2024 dari Canalys ditemukan bahwa Oppo menjadi merek HP terlaris di kuartal III.

    Tercatat, Oppo memiliki pangsa pasar sebesar 22%. Posisi Oppo diikuti oleh Xiaomi dengan pangsa pasar sebesar 19%.

    Babak Belur di China

    Sementara itu,  Apple Inc. mencatat penurunan penjualan iPhone sebesar 5% secara global pada kuartal IV/2024, dipicu oleh pembaruan fitur kecerdasan buatan (AI) yang kurang menarik dan tekanan dari pesaing yang semakin agresif di pasar China.

    Data Counterpoint Research menunjukkan pangsa pasar global iPhone turun menjadi 18% sepanjang 2024. Sementara itu, Samsung Electronics Co. juga kehilangan momentum di tengah pertumbuhan pesat produsen perangkat Android asal China seperti Xiaomi Corp. dan Vivo.

    Selama setahun penuh, penjualan Apple merosot 2%, meskipun pasar smartphone global mencatatkan pertumbuhan 4%.

    Pembeli berbelanja di iBoxPerbesar

    Laporan International Data Corp. memberikan gambaran serupa, dengan pengiriman smartphone Apple turun 4,1% pada kuartal IV/2024 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/YoY). Sebaliknya, industri secara keseluruhan tumbuh 2,4% pada periode tersebut.

  • 5 Raja Paling Laris di Dunia 2024: HP China Perkasa, iPhone Anjlok

    5 Raja Paling Laris di Dunia 2024: HP China Perkasa, iPhone Anjlok

    Jakarta, CNBC Indonesia – Firma riset pasar IDC mencatat total pengiriman (shipment) smartphone global meningkat 6,4 persen ke angka 1,24 miliar unit sepanjang tahun 2024.

    Hal ini menandai pemulihan yang kuat setelah dua tahun yang penuh tantangan pada shipment ponsel global.

    “Pertumbuhan yang kuat yang disaksikan pada tahun 2024, ini membuktikan ketahanan pasar smartphone yang terjadi meskipun ada tantangan makro yang berkepanjangan, kekhawatiran valas di pasar negara berkembang, inflasi yang sedang berlangsung, dan permintaan yang lemah,” kata Nabila Popal, direktur riset senior untuk Worldwide Client Devices, IDC, dikutip Jumat (17/1/2025).

    Dari angka miliaran unit, Apple berkontribusi paling banyak dengan total pengiriman mencapai 232 juta unit (18,7 persen). Di bawah Apple, ada Samsung yang memiliki total pengapalan mencapai 223 juta unit (18 persen) di 2024.

    Meski menjadi dua vendor terlaris di dunia pada 2024, kedua merek HP ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun 2023.

    Pada 2023 lalu, Apple dan Samsung mencatat total pengiriman masing-masing 234 juta unit (turun 0,9 persen) dan 226 juta unit (turun 1,4 persen).

    Menyusul Apple dan Samsung, ada Xiaomi, Transsion (Infinix, Tecno, Itel), dan Oppo yang berututan masuk dalam lima besar merek HP terlaris di dunia 2024.

    Ketiga vendor ponsel asal China ini masing-masing memiliki total shipment mencapai 168,5 juta unit (13,6 persen), 106,9 juta unit (8,6 persen), dan 104,8 juta unit (8,5 persen).

    Berbeda dengan Apple dan Samsung, ketiganya mengalami peningkatan pengiriman unit jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

    Pada 2023 ketiga vendor masing-masing mengirimkan ponsel 146 juta unit, 94,9 juta unit, dan 103,4 juta unit. Ini membuktikan bahwa vendor ponsel asal China semakin agresif dan berkembang di tahun 2024 apabila dibandingkan dengan Apple dan Samsung tadi.

    Meskipun pertumbuhan terus berlanjut di 2025, di beberapa wilayah, IDC telah melihat adanya penurunan permintaan untuk perangkat yang dapat dilipat di pasar, meskipun promosi dan pemasaran semakin gencar dilakukan.

    Para vendor mulai mengalihkan R&D dari perangkat yang dapat dilipat karena minat konsumen tidak menunjukan peningkatan.

    Selain itu, banyak vendor yang memprioritaskan inovasi AI baru dengan mengorbankan perangkat yang dapat dilipat karena AI semakin banyak ditampilkan di lebih banyak perangkat, terutama di eselon atas pasar berkat GenAI.

    (fab/fab)

  • Todongkan Pisau dan Rampas Uang di Kota Sumenep, Warga Cianjur Diringkus Polisi

    Todongkan Pisau dan Rampas Uang di Kota Sumenep, Warga Cianjur Diringkus Polisi

    Sumenep (beritajatim.com) – Rahim (38), warga Desa Sukamekar Kecamatan Cibinong Kabupaten Cianjur Jawa Barat harus meringkuk di tahanan Polres Sumenep karena telah melakukan pencurian dengan kekerasan.

    “Kejadiannya di Jl. Trunojoyo, Desa Kolor. Pelaku merampas HP dan mencuri uang di toko dan warung kopi,” kata Plt Kasi Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti S, Kamis (16/01/2025).

    Peristiwa itu berawal ketika korban yakni Rani (47), sedang menjaga toko dan warung kopi miliknya di Jl. Trunojoyo. Di depan tokonya, terlihat ada seorang pria sedang duduk. Pria tak dikenal itu bertelanjang dada.

    Korban menanyakan pada temannya di warung kopi, siapa pria itu. Temannya menjawab tidak tahu dan mengira orang itu adalah orang kurang waras, karena sering lewat di depan toko.

    Tanpa diduga, pria tak dikenal itu tiba-tiba menghampiri korban yang sedang berdiri di jalan di depan tokonya. Pria itu kemudian menodongkan sebilah pisau dan meminta uang kepada korban.

    “Spontan korban ini lari. Beberapa orang di toko juga lari menjauh. Ternyata pria itu mengejar korban. Hingga akhirnya pria itu berhasil menjambak rambut korban dan berusaha mengambil kalung emas di leher korban,” ungkap Widiarti.

    Korban berusaha mempertahankan kalung emasnya agar jangan sampai diambil oleh pria tak dikenal itu. Akhirnya pria itu gagal mengambil kalung emas korban, namun sempat merampas HP yang ada di tangan korban.

    “Setelah itu, pria tersebut masuk ke dalam toko milik korban dan mengambil 1 unit HP serta uang dari dalam warung kopi dan toko sembako milik korban,” terang Widiarti.

    Setelah mencuri uang dan barang milik korban, pria itu pun kabur. Korban berteriak-teriak minta tolong dan meminta agar orang-orang menghubungi aparat kepolisian.

    Tak berselang lama, aparat kepolisian datang dan melakukan pengejaran terhadap pria yang telah melakukan pencurian itu. Upaya pencarian pelaku dibantu warga sekitar.

    “Pelaku akhirnya bisa ditangkap di areal sawah-sawah sebelah toko DNR di Jl. Adirasa. Pelaku pun langsung dibawa ke Polres Sumenep untuk dimintai keterangan lebih lanjut,” kata Widiarti.

    Barang bukti yang diamankan berupa uang sejumlah Rp 31.000 dan 1 Dosbuk HP Merk Samsung Galaxy A35 5G.

    “Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 365 ayat (1) atau ayat (2) ke 1 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 3 tahun penjara,” pungkas Widiarti. (tem/ian)

  • Xiaomi Incar Seluruh Segmen untuk Kuasai Pasar Smartphone RI

    Xiaomi Incar Seluruh Segmen untuk Kuasai Pasar Smartphone RI

    Bisnis.com, BANTEN – Xiaomi Indonesia mengklaim berhasil menjadi merek smartphone nomor satu di Indonesia pada kuartal II dan III/2024. Mereka mengungkapkan strategi yang digunakan untuk mencapai posisi teratas tersebut.

    Sebagai informasi, klaim memimpinnya smartphone Xiaomi di Tanah Air pada kuartal I dan kuartal II/2024 diungkapkan oleh Country Director Xiaomi Indonesia Wentan Zhao dalam acara Xiaomi Corporate Updates yang digelar di Novus Jiva Anyer, Banten, pada Rabu (15/1/2025).

    Director Xiaomi Indonesia Andi Renreng, kemudian menambahkan bahwa data tersebut berdasarkan dari data Canalys pada Kuartal II/2024, dan untuk Kuartal III/2024 berdasarkan data Counterpoint. 

    Pasalnya, berdasarkan laporan Canalys di Kuartal II/2024 Xiaomi memimpin pasar dengan pangsa pasar sebesar 20%. Posisi tersebut diikuti oleh Oppo (19%), Vivo (18%), dan Samsung (18%). 

    Sementara itu, data dari Counterpoint menunjukkan Xiaomi memimpin pangsa pengiriman di Tanah Air sebesar 19% pada kuartal III/2024, diikuti oleh Oppo (18%), Vivo (17%), dan Samsung (17%).

    Kala ditanya mengenai apa strategi Xiaomi sepanjang 2024 hingga menyentuh posisi tersebut, Andi menjelaskan bahwa perusahaan menghadirkan berbagai pilihan smartphone, mulai dari seri flagship hingga entry-level.

    “Karena di tahun 2024 bukan hanya dari produk-produk kami yang flagship, tapi di series yang low-end, entry level, para pengguna Xiaomi, produk-produk Xiaomi juga sudah bisa mendapatkan teknologi, kelas atas teknologi di setiap level dari smartphone,” jelas Andi kepada Bisnis, Rabu (15/1/2025).

    Lanjutnya, dikatakan bahwa strategi ini memungkinkan Xiaomi bersaing dengan merek-merek lain sekaligus menarik pengguna baru 

    “Dengan memberikan banyak opsi ini, itu memungkinkan kita untuk bisa bersaing menggaet para pengguna kami sebelumnya, dan juga para pengguna smartphone yang mungkin berpindah ke produk kita,” pungkasnya. 

    Sebelumnya, Xiaomi mengumumkan dalam waktu dekat Redmi Note Series akan segera meluncur di Tanah Air. Produk ini menjadi senjata Xiaomi dalam memperlebar pasar di segmen anak muda.

    Redmi Note 14 Series akan hadir dalam empat varian, yakni Redmi Note 14, Redmi Note 14 5G, Redmi Note 14 Pro 5G, dan Redmi Note 14 Pro+ 5G.

    Country Director Xiaomi Indonesia, Wentan Zhao menuturkan bahwa target untuk Redmi Note 14 series ini adalah untuk generasi muda yang  memiliki budget terbatas. 

    “Tetap mereka mencari produk terbaik agar mereka bisa berkreasi, melakukan pekerjaan sehari-hari, menjadi kamera hingga fotografer,” jelasnya dalam acara Xiaomi Corporate Updates yang digelar di Novus Jiva Anyer, Banten, pada Rabu (15/1/2025).

    Sebab demikian, pihaknya kemudian memilih Rich Brian, rapper generasi muda Indonesia, untuk menjadi brand ambassador untuk Redmi Note Series ini. 

  • Spesifikasi Redmi Note 14 Pro 5G Lengkap dengan Bocoran Harga

    Spesifikasi Redmi Note 14 Pro 5G Lengkap dengan Bocoran Harga

    JABAR ESKPRES – Seri terbaru Redmi Note 14 telah hadir dengan berbagai kejutan. Xiaomi resmi memperkenalkan tiga varian pada lini ini, termasuk Redmi Note 14 4G, Note 14 5G, dan varian yang paling menarik perhatian, Redmi Note 14 Pro 5G. Sebagai penerus Redmi Note 13 Pro 5G, perangkat ini hadir dengan serangkaian peningkatan di berbagai aspek. Namun, ada satu pertanyaan besar Berapa harga resminya di Indonesia?

    Redmi Note 14 Pro 5G tampil memukau dengan desain yang lebih mewah dibanding pendahulunya. Perubahan mencolok terlihat pada layarnya yang kini mengadopsi desain melengkung di kedua sisi, mirip dengan seri Pro Plus. Hal ini memberikan kesan premium sekaligus kenyamanan lebih saat digenggam. Namun, layar lengkung ini mungkin menyulitkan beberapa pengguna untuk menemukan pelindung layar yang cocok.

    Material perangkat ini menggunakan polikarbonat premium, dengan bobot bertambah menjadi 185 gram, memberikan kesan kokoh dan solid. Selain itu, Redmi Note 14 Pro 5G juga membawa peningkatan pada durabilitas dengan sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan terhadap air. Layarnya pun dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus 2, standar kaca pelindung kelas flagship.

    Baca juga : Akhirnya Wajah Baru Samsung Galaxy A56 5G Siap Rilis, Cek Bocorannya

    Pilihan warna yang tersedia cukup menarik, mulai dari Coral Green yang cerah, Lavender Purple dengan tekstur seperti kulit, hingga warna netral Midnight Black. Kamera belakangnya menonjol dengan desain modul berisi empat lingkaran, memberikan tampilan yang lebih futuristik.

    Redmi Note 14 Pro 5G dipersenjatai dengan chipset terbaru, yang membuat performanya semakin tangguh untuk menjalankan berbagai aplikasi berat dan game. Sayangnya, Xiaomi belum mengungkapkan harga resmi perangkat ini. Jika dibandingkan dengan model tahun lalu yang dibanderol Rp4.399.000 (8GB/256GB) dan Rp4.999.000 (12GB/512GB), banyak yang berharap harga tidak naik terlalu signifikan.

    Salah satu daya tarik utama dari perangkat ini adalah kamera utamanya yang beresolusi 200MP. Kamera ini mampu menghasilkan foto yang sangat tajam dengan detail luar biasa. Dalam mode 2x zoom, kualitas gambar tetap terjaga berkat sistem sensor yang canggih.

  • Top 3 Tekno: Bocoran Samsung Galaxy S25 hingga TikTok Bantah akan Dibeli Elon Musk – Page 3

    Top 3 Tekno: Bocoran Samsung Galaxy S25 hingga TikTok Bantah akan Dibeli Elon Musk – Page 3

    Samsung dikabarkan bakal meluncurkan ponsel lipat tiga pertamanya pada tahun 2025, bersamaan dengan Galaxy Z Fold7 dan Galaxy Z Flip7. Ponsel ini diposisikan untuk bersaing langsung dengan Mate XT milik Huawei.

    Mengutip laporan The Elec via GSM Arena, Selasa (15/1/2025), HP lipat tiga ini akan diproduksi dalam jumlah terbatas, hanya 200.000 unit.

    Angka ini lebih sedikit dibandingkan produksi ponsel lipat lainnya, disebabkan oleh proses manufaktur smartphone ini sangat kompleks.

    Samsung akan memulai produksi komponen untuk ponsel ini pada kuartal kedua 2025 (April-Juni). Jumlah produksi terbatas ini mencerminkan tantangan teknis dihadapi.

    Meski begitu, perusahaan berbasis di Korea tersebut tetap optimis dengan penjualan perangkat layar lipat. Tahun ini, Samsung menargetkan menjual 7 juta perangkat lipat, termasuk Galaxy Z Flip7, Fold7, dan varian lainnya.

    Bocoran Desain dan SpesifikasiRumor menyebutkan, HP Samsung lipat tiga ini akan menggunakan material premium, seperti baja tahan karat atau kaca untuk pelat penyangga.

    Samsung juga menambahkan lapisan khusus anti-reflektif berbasis resin sintetis, serta pelindung untuk menghalangi masuknya debu dan partikel lain ke dalam HP Android tersebut.

    Baca selengkapnya di sini 

  • Kemenperin Puji Samsung Berhasil Tingkatkan TKDN hingga 40,30 Persen, Warganet: Apple Kapan? – Page 3

    Kemenperin Puji Samsung Berhasil Tingkatkan TKDN hingga 40,30 Persen, Warganet: Apple Kapan? – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan apresiasi kepada PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN) karena mampu meningkatkan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) produk besutannya.

    Kemenperin bahkan memuji Samsung sebagai perusahaan yang menjadi contoh nyata dalam memenuhi aturan TKDN pada produk smartphone.

    “SEIN menjadi contoh nyata dalam peningkatan TKDN. Sejak kebijakan TKDN 35%, Samsung berhasil meningkatkan TKDN produknya hingga 40,30% pada model SM-A356E,” tulis Kemenperin, dikutip dari akun Instagram Kemenperin @kemenperin_ri, Kamis (16/1/2025).

    Untuk diketahui, SM-A356E merupakan produk smartphone Samsung Galaxy A35 5G yang meluncur pada Maret 2024. Ponsel ini dirilis bersamaan dengan Samsung Galaxy A55 5G.

    Kemenperin menyebut bahwa pencapaian Samsung itu bukan hanya soal angka, tapi juga mendorong penguatan industri lokal dan penciptaan lapangan kerja.

    “Selain itu, 94% produk handphone, komputer genggam, tablet (HKT) yang beredar di pasar Indonesia kini diproduksi di dalam negeri, menandakan kemampuan Indonesia dalam memenuhi kebutuhan pasar domestik secara mandiri,” Kemenperin menambahkan.

    Pada tahun 2023, Kemenperin menjelaskan, 28% dari total produksi HKT nasional di suplai oleh PT SEIN. Hal ini menjadikan PT SEIN sebagai salah satu pemain utama dalam industri elektronik tanah air.

    “Pada tahun 2024, Samsung telah mengekspor sebanyak 1,56 juta unit produk HKT ke negara-negara ASEAN,” Kemenperin memungkaskan.

    Di luar pencapaian TKDN dan penciptaan lapangan kerja, Samsung juga aktif menggelar training coding, IoT, hingga AI untuk anak-anak Indonesia melalui Samsung Innovation Campus sejak tiga tahun lalu.

     

  • Masih Nego dengan Apple, Kemenperin Puji Samsung di Media Sosial

    Masih Nego dengan Apple, Kemenperin Puji Samsung di Media Sosial

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Perindustrian mengapresiasi langkah Samsung yang memenuhi kebijakan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Menurut pihak kementerian, upaya tersebut sebagai penguatan industri Indonesia.

    “PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN) menjadi contoh nyata dalam peningkatan TKDN. Sejak kebijakan TKDN 35% Samsung berhasil meningkatkan TKDN produknya hingga 40,30% pada model SM-A356E,” kata Kemenperin dikutip dari akun Instagram resmi, Rabu (15/1/2025).

    “Ini bukan hanya soal angka, tapi juga mendorong penguatan industri lokal dan penciptaan lapangan kerja,” tulis pihak kementerian.

    Sebagian besar produk Handphone, Komputer Genggam, Tablet (HKT), sebanyak 94%, juga telah diproduksi di dalam negeri. Kementerian mengatakan hal itu menandakan kemampuan Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik secara mandiri.

    “Pada tahun 2023, 28% dari total produksi HKT nasional disuplai oleh PT SEIN sebagai salah satu pemain utama dalam industri elektronik tanah air. Pada tahun 2024, PT SEIN telah mengekspor sebanyak 1,56 juta unit produk HKT ke negara-negara Asean,” jelas Kemenperin.

    Pemerintah berencana menaikkan TKDN dari 35% menjadi 40%. Menurut Kemenperin, langkah tersebut bertujuan memperkuat ekosistem manufaktur lokal.

    Kementerian juga mengatakan pemerintah mendorong kolaborasi antara industri lokal dan global. Dengan begitu bisa mempercepat transformasi industri untuk ekonomi berbasis teknologi tinggi.

    Dalam postingan tersebut, Kemenperin juga menjelaskan pertumbuhan industri elektronika bertumbuh 7,29% pada kuartal III-2024. Sementara nilai ekspornya mencapai US$10,07 miliar.

    Untuk ekspor nilainya mencapai US$277 juta. Kementerian mengatakan capaian tersebut menunjukkan potensi besar industri dalam negeri.

    “Pencapaian ini menunjukkan potensi besar industri elektronika dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia, baik tingkat domestik maupun internasional,” jelas Kementerian.

    Unggahan di media sosial ini terjadi saat Apple bernegosiasi dengan Kemenperin untuk mendapatkan izin penjualan iPhone 16. Beberapa pihak mengklaim Apple enggan membuka fasilitas produksi iPhone karena industri pendukung di RI tidak siap.

    (dem/dem)

  • Bocoran Wujud Samsung Galaxy S25 Slim Bikin Tergoda

    Bocoran Wujud Samsung Galaxy S25 Slim Bikin Tergoda

    Bocoran Wujud Samsung Galaxy S25 Slim Bikin Tergoda

  • 3 Merk Ponsel Terlaris di Dunia 2024: Apple, Samsung, dan Xiaomi

    3 Merk Ponsel Terlaris di Dunia 2024: Apple, Samsung, dan Xiaomi

    Jakarta

    Penjualan ponsel secara global akhirnya tumbuh pada tahun 2024, setelah dua tahun berturut-turut menurun.

    Menurut laporan dari Counterpoint, Canalys, dan IDC, pertumbuhan terbesar datang dari merk asal China, termasuk Xiaomi dan Vivo. Namun, Apple dan Samsung tetap jadi penguasa pasar.

    Data dari masing-masing perusahaan riset itu memang berbeda, namun angkanya terpaut tipis. Counterpoint misalnya, menyebut pertumbuhan penjualan ponsel pada 2024 tumbuh 4%, sementara IDC dan Canalys masing-masing melaporkan peningkatan sebesar 6% dan 7%.

    “2024 menjadi tahun penyebuhan dan normalisasi setelah tahun 2023 yang sulit. Pasar mulai menunjukkan tanda perbaikan mulai Q4 2023 dan akhirnya tumbuh selama lima kuartal berturut-turut,” kata Tarun Pathak, direktur riset Counterpoint.

    Counterpoint dengan IDC dan Canalys pun punya temuan berbeda soal siapa penguasa pasar ponsel selama 2024. Counterpoint menyebut Samsung sebagai penguasa 2024, sementara IDC dan Canalys menyebut Apple yang jadi penguasa.

    Namun ketiganya sepakat kalau Xiaomi ada di posisi ke-3, dengan peningkatan penjualan sebesar 12% (menurut Counterpoint), yang membuatnya menjadi perusahaan ponsel dengan pertumbuhan tercepat. Xiaomi tercatat punya pangsa pasar sebesar 14% untuk tahun 2024, sementara Apple 18%, dan Samsung 19%.

    Posisi berikutnya diisi oleh Oppo (dan OnePlus), Vivo, dan terakhir adalah Transsion group, gabungan Itel, Tecno dan Infinix, demikian dikutip detikINET dari The Verge.

    Counterpoint dan IDC mengatribusi performa penjualan ponsel selama 2024 ini meningkat berkat perkenalan ponsel sebagai perangkat AI, dan mereka juga menyebut AI sebagai “mainan” baru yang menggantikan posisi ponsel layar lipat.

    “Kami melihat penurunan permintaan ponsel layar lipat di pasaran, sekalipun pemasaran dan promosi yang semakin intensif,” kata Anthony Scarsella, direktur riset IDC.

    Ia pun memprediksi kalau pabrikan ponsel akan memprioritaskan pengembangan fitur AI baru ketimbang mengembangkan ponsel layar lipat. Sementara itu Counterpoint memperkirakan pada 2028 mendatang, sembilan dari 10 ponsel dengan harga di atas USD 250 akan dilengkapi AI generatif.

    CanalysCounterpointIDCApple23%18%18,7%Samsung16%19%18%Xiaomi13%14%13,6%Transsion Group8%-8,6%Oppo8%8%8,5%Lainnya32%33%32,5%

    (asj/afr)