brand merek: Porsche

  • Warga Suriah Jarah Rumah Presiden Assad, Curi Barang Berharga

    Warga Suriah Jarah Rumah Presiden Assad, Curi Barang Berharga

    Jakarta, CNN Indonesia

    Warga Suriah dilaporkan menjarah rumah Presiden Bashar Al Assad di istana kepresidenan di ibu kota Damaskus pada Minggu (8/12).

    Aksi ini dilakukan di hari yang sam kelompok pemberontak Suriah menguasai ibu kota Damaskus dan menggulingkan rezim otoriter Assad.

    Saat insiden terjadi, Assad dan keluarga sudah meninggalkan Suriah menggunakan pesawat dari bandara Damaskus menuju Moskow, Rusia, untuk mencari suaka politik.

    Video yang beredar di media sosial menunjukkan para warga menjarah rumah Assad dan membawa kabur sejumlah barang berharga. 

    Beberapa di antaranya, seperti lukisan mewah, perabotan, peralatan dapur, sejumlah senjata, hingga uang tunai, demikian dikutip NDTV.

    Selain itu, para warga juga dilaporkan menjarah garasi mobil yang terletak di bawah rumah. Garasi mobil itu berisi sejumlah mobil mewah milik Assad. Beberapa di antaranya, seperti Porsche, Mercedes-Benz, Ferrari, Audi, dan beberapa mobil SUV yang dilapisi baja.

    Rumah Assad di Damaskus ini menjadi saksi bisu perasaan gembira warga Suriah usai rezimnya digulingkan.

    Warga Suriah bersorak sorai sambil mengambil ‘foto narsis’ untuk merayakan tumbangnya rezim otoriter Assad yang sudah berkuasa di Suriah selama 50 tahun.

    “Sebuah sejarah baru, saudara-saudaraku, sedang ditulis di seluruh wilayah setelah kemenangan besar ini,” kata komandan kelompok pemberontak Suriah, Abu Mohammed Al Golani, kepada orang-orang di Damaskus.

    Usai digulingkan oleh warga Suriah, Assad kini melarikan diri ke Rusia. Ia terbang ke Moskow guna meminta suaka politik kepada Presiden Vladimir Putin.

    Saat ini, Rusia dilaporkan juga sudah memberi suaka politik kepada Assad. Suaka ini diberikan sebagai bentuk solidaritas mereka terhadap Suriah yang sudah terjalin sejak lama.

    (gas/rds)

    [Gambas:Video CNN]

  • Huawei Luncurkan Sedan Listrik Mewah, ‘Kawin Silang’ Maybach, Rolls-Royce, Porsche

    Huawei Luncurkan Sedan Listrik Mewah, ‘Kawin Silang’ Maybach, Rolls-Royce, Porsche

    Jakarta

    Huawei dan JAC resmi memperkenalkan sedan listrik mewah terbaru mereka yang dinamakan Maextro S800. Mobil ini punya tampilan gado-gado yang terinspirasi dari mobil-mobil sedan premium buatan Eropa.

    Seperti dikutip laman Carscoops, Maextro S800 memiliki desain bonet yang memanjang dengan garis atap yang melengkung, serta jarak sumbu roda yang panjang. Mobil ini menggunakan warna dual tone, menggabungkan ungu dan putih.

    Huawei dan JAC luncurkan sedan listrik mewah Maextro S800 Foto: Carscoops

    Maextro S800 disebut-sebut memiliki desain gabungan dari merek-merek mobil mewah Eropa seperti Mercedes-Benz Maybach, Rolls-Royce, serta Porsche. Inspirasi Maybach diambil dari konsep warna dual tone-nya, kemudian bagian atap dan lampu belakangnya sepintas mirip dengan Porsche Panamera.

    Geser ke bagian kaki-kaki, desain velg Maextro S800 ini mengingatkan kita dengan desain velg mobil luxury premium Rolls-Royce. Selanjutnya bumper depan yang beraksen krom, mirip seperti ciri khas bumper mobil-mobil Bentley.

    Huawei dan JAC luncurkan sedan listrik mewah Maextro S800 Foto: Carscoops

    Dari segi dimensi, Maextro S800 memiliki panjang dan lebar mirip-mirip dengan Mercedes-Benz Maybach. Maextro S800 memiliki panjang 5.480 mm, lebar 2.000 mm, serta tinggi 1.536 mm, dengan jarak sumbu roda 3.370 mm.

    Kemudian untuk interiornya, tak banyak gambar yang diperlihatkan. Hanya ada satu teaser gambar yang memperlihatkan kursi bagian penumpang yang premium dan mewah. Selain itu, pada bagian atapnya terdapat fitur ‘starry sky’ yang menghadirkan nuansa langit berbintang, ini mirip seperti fitur yang ada di Rolls-Royce.

    Mobil ini dibangun di atas Tuling Intelligent Chassis milik Huawei, sementara untuk spesifikasi lengkap powertrain listriknya belum diungkap. Tapi yang pasti, Maextro S800 ini akan mendapatkan dukungan teknologi canggih dari Huawei seperti AI dan kemampuan mengemudi otonom level 3. Mobil ini baru akan diluncurkan resmi pada tahun 2025.

    Huawei dan JAC luncurkan sedan listrik mewah Maextro S800 Foto: Carscoops

    (lua/din)

  • ‘Bom Waktu’ Raksasa Otomotif, PHK Menanti-Kebangkrutan Mengintai

    ‘Bom Waktu’ Raksasa Otomotif, PHK Menanti-Kebangkrutan Mengintai

    Jakarta, CNBC Indonesia – Badai masih belum berhenti menghantam raksasa otomotif Jerman, Volkswagen. Perusahaan itu masih berkutat dengan pembicaraan terkait upah dengan para karyawannya dan juga berada dalam bayang penutupan 3 pabrik utama.

    Mengutip Reuters, manajemen akan memulai putaran negosiasi berikutnya dengan serikat pekerja yang mewakili sekitar 120.000 pekerja Jerman pada Kamis. Serikat pekerja menuntut kenaikan gaji sebesar 7%, sementara Volkswagen mengancam pemotongan sebesar 10%.

    Problematika dengan para pekerja sendiri merupakan salah satu hal yang paling berat dialami Volkswagen. Memo internal dewan pekerja Volkswagen menggarisbawahi biaya pekerja yang mahal, sementara perusahaan terus dihantam dengan kendaraan buatan China yang lebih murah.

    Di VW AG, anak perusahaan Jerman yang mengelola enam pabrik yang dimaksud, rasionya diperkirakan sebesar 15,8%-17,5%. Volkswagen mengatakan tidak merilis angka terpisah untuk VW AG.

    Temuan dewan pekerja ini didasarkan pada laporan tahunan yang menunjukkan pengeluaran global perusahaan untuk personel dibandingkan dengan pendapatan. Angka tersebut mencakup semua staf, dari pabrik hingga pekerja kerah putih

    “Proporsi pendapatan yang dibelanjakan untuk tenaga kerja di Volkswagen secara global telah turun dari 18,2% pada tahun 2020 menjadi 15,4% pada tahun 2023. Tetapi rasio tersebut masih melebihi BMW, Mercedes-Benz, dan Stellantis, yang menghabiskan antara 9,5% dan 11% pada tahun 2023,” menurut memo dewan pekerja yang dikutip Rabu (20/11/2024).

    Analis Stifel Daniel Schwarz mengatakan bahwa sebagian alasan perusahaan menghabiskan lebih banyak biaya untuk tenaga kerja adalah karena perusahaan membuat banyak komponen dan perangkat lunak secara internal. Namun, tekanan pada margin dari China berarti perusahaan perlu memangkas biaya tetap.

    “Merek VW telah menjadi pemimpin pasar di Eropa setiap tahun sejak 2005, mobilnya kompetitif. Masalahnya bukan produknya, tetapi biayanya,” katanya kepada Reuters.

    Jerman, tempat Volkswagen mempekerjakan hampir 45% tenaga kerjanya, memiliki biaya tenaga kerja tertinggi dari semua industri mobil penumpang di seluruh dunia, rata-rata 62 euro (Rp 1 juta) per jam

    Di sisi lain, dalam selebaran internal kepada staf, dewan pekerja menunjukkan penurunan tajam dalam pendapatan di bagian lain grup Volkswagen yakni Porsche, Audi, dan VW Financial Services, dalam sembilan bulan pertama tahun ini. Tercatat mereka dilaporkan merugi 5,5 miliar euro (Rp 92 triliun).

    (luc/luc)

  • Jalanan Rusak Memaksa Rod Stewart Pertimbangkan Jual Koleksi Mobilnya

    Jalanan Rusak Memaksa Rod Stewart Pertimbangkan Jual Koleksi Mobilnya

    Jakarta

    Rod Stewart baru-baru ini mengungkapkan rencananya untuk menjual lima koleksi mobil sportnya karena kondisi jalan berlubang di sekitar rumahnya yang semakin parah.

    Dikutip dari The Guardian, penyanyi legendaris asal Inggris ini memiliki kecintaan yang mendalam pada mobil sport. Ia mengatakan bahwa banyaknya lubang di jalan sekitar rumahnya di Harlow, Inggris, membuat mobil-mobil tersebut sulit digunakan.

    Melalui akun Instagramnya, Stewart menyampaikan betapa bersyukurnya dia bisa memiliki lima mobil sport hybrid yang menurutnya merupakan karya seni. Namun, Stewart mengungkapkan rasa kecewa karena kondisi jalan yang rusak memaksanya mempertimbangkan untuk melepas koleksi yang sudah ia cintai selama puluhan tahun itu.

    “Saya merasa sangat beruntung memiliki mobil-mobil sport ini, yang merupakan karya seni sejati. Namun, karena banyaknya lubang di jalan, saya mungkin perlu menemukan pemilik baru untuk mereka,” tulisnya di Instagram. Stewart juga menambahkan bahwa mobil-mobil ini bukan sekadar alat transportasi, namun menjadi bagian dari perjalanan hidupnya sejak tahun 1970-an.

    Koleksi mobil Stewart adalah gabungan antara keindahan desain dan performa yang mewah. Beberapa koleksinya adalah Marcos GT tahun 1969, Lamborghini Miura P400 S 1971, Porsche 911 Turbo Carrera 1997, Ferrari Enzo 2003, serta Rolls-Royce Ghost EWB 2013. Mobil-mobil ini tak hanya mewakili gaya hidup dan kecintaannya pada mobil sport, tetapi juga menunjukkan selera kelas atas Stewart dalam memilih kendaraan yang ikonik dan bersejarah.

    Musisi Rod Stewart perbaiki jalan di sekitar rumahnya. Foto: Dok. Instagram

    Penyanyi yang terkenal dengan hits seperti “Maggie May” ini sebelumnya pernah melakukan aksi nyata untuk mengatasi permasalahan jalan berlubang di wilayah tempat tinggalnya. Pada tahun 2022, Stewart sempat membagikan video di mana ia dan beberapa orang lain terlihat menambal jalan rusak di dekat rumahnya dengan kerikil.

    Dalam video tersebut, Stewart menyebutkan bahwa ia harus turun tangan sendiri karena kondisi jalan yang rusak parah sudah merugikan masyarakat sekitar, bahkan membuat ambulans mengalami kerusakan ban.

    Stewart mengungkapkan bahwa kondisi jalan membuat banyak orang terpaksa memperbaiki mobil mereka yang rusak akibat melewati jalan berlubang. Ia pun mengkritik pihak berwenang yang menurutnya tidak peduli dengan perbaikan jalan tersebut.

    Mobil sport sudah lama menjadi bagian dari kehidupan Stewart. Salah satu mobil pertama yang ia beli adalah Marcos GT V6 di akhir tahun 1960-an, saat ia baru menikmati kesuksesan dalam kariernya. Kini, di usianya yang semakin matang, Stewart terus mengoleksi mobil sport terutama dari merek-merek Italia yang ikonik.

    [Gambas:Instagram]

    (lth/lth)

  • Belum Setahun, Produksi Mobil Listrik Xiaomi Tembus 100 Ribu Unit!

    Belum Setahun, Produksi Mobil Listrik Xiaomi Tembus 100 Ribu Unit!

    Jakarta

    Produksi mobil listrik Xiaomi SU7 tembus 100 ribu unit. Nominal tersebut dicapai hanya dalam waktu 230 hari atau kurang dari setahun!

    Chief Executive Officer (CEO) Xiaomi, Lei Jun mengaku bangga dengan capaian luar biasa tersebut. Dia menghaturkan rasa terima kasih untuk seluruh tim yang terlibat di perusahaan.

    “Selamat untuk seluruh tim EV Xiaomi! Unit ke 100 ribu untuk Xiaomi SU7 sudah terproduksi di line pabrik. Bagi produk pertama, mencapai angka tersebut hanya dalam 230 hari merupakan pencapaian luar biasa,” tulis Lei Jun melalui akun X, dikutip Kamis (14/11).

    Mobil listrik Xiaomi SU7. Foto: REUTERS/Tingshu Wang

    Meski catatan tersebut sangat mentereng, namun Jun tak mau berpuas diri. Dia menargetkan produksi ke 200 ribu unit dalam waktu dekat. Sementara pengiriman kendaraan ditargetkan mencapai 120 ribu unit hingga akhir tahun.

    “Ini semua tidak akan terjadi tanpa dedikasi tim kami. Berikutnya kita kejar produksi 100 ribu unit lagi. Ayo mencapainya!” kata Jun.

    [Gambas:Twitter]

    Xiaomi SU7 merupakan mobil yang telah dikembangkan sejak empat tahun silam. Kendaraan tersebut dirancang khusus Li Tianyuan yang pernah mendesain mobil-mobil BMW seperti BMW i Vision Circular concept, BMW iX dan the new 7 series. Li dibantu James Qiu yang sebelumnya bekerja untuk Mercedes-Benz.

    SU7 merupakan sedan sporty dengan sentuhan futuristis di sejumlah bagian. Sepintas, tampilan kendaraan itu seperti perpaduan antara Porsche Taycan Turbo dengan Tesla Model 3 dan S.

    Pabrik mobil listrik Xiaomi di China. Foto: Doc. Xiaomi.

    Xiaomi SU7 varian Standard dilengkapi baterai berkapasitas 73,6 kWh dan motor listrik 220 kW dengan torsi 400 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu 5,28 detik dan kecepatan puncaknya 210 km/jam.

    Sementara SU7 Pro yang menggendong baterai 94,3 kWh punya jarak tempuh maksimum 830 km. Namun, tenaga dan torsinya sama seperti varian Standard.

    Kemudian yang terakhir ada SU7 Max yang menjadi varian paling bertenaga. Kendaraan tersebut dibekali motor listrik yang mampu memuntahkan tenaga 663 dk dan torsi 838 Nm. Sedangkan akselerasi 0-100 km/jam bisa tuntas dalam 2,7 detik. Baterainya mampu menempuh perjalanan sejauh 800 km.

    (sfn/dry)

  • Mazda MX-30 Mobil Listrik Rp 860 Juta Jarak Tempuh 200 Km, Siapa yang Beli?

    Mazda MX-30 Mobil Listrik Rp 860 Juta Jarak Tempuh 200 Km, Siapa yang Beli?

    Jakarta

    Mazda MX-30 resmi meramaikan pasar mobil listrik di Indonesia. Mobil listrik itu dijual seharga Rp 860 juta, namun jaraknya cuma 200 kilometer. Kira-kira siapa target pasarnya?

    PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dan distributor kendaraan Mazda menyebut mobil listrik pertamanya di Indonesia itu untuk menyasar penggemar Mazda yang ingin beralih ke mobil listrik.

    Ricky Thio, Chief Operating Officer PT Eurokars Motor Indonesia mengatakan Mazda MX-30 memiliki filosofi dasar jinba ittai, filosofi dari sekian banyak model besutan Mazda, yang berarti kesatuan antara mobil dan pengemudi.

    “Kita menargetkan lebih kepada menargetkan orang-orang yang suka Mazda, orang-orang yang suka Jinba Ittai, tapi kepengen mobil EV juga. Nah ini mobil ini,” kata Ricky Thio di Jakarta Selatan, Senin (11/11/2024).

    MX-30 diperuntukkan untuk mobilitas perkotaan. Di sisi lain, daerah urban seperti Jakarta makin marak infrastruktur pendukung untuk pengisian daya ulang baterai.

    “Kita sudah ukur pengguna mobil ini, kalau saya tinggal di Kelapa Gading, dari rumah saja jalan pakai mobil ini, sampai ke kantor saya charge, setelah itu saya mau pakai ke kantor Porsche, sampai sana, balik lagi saya charge. (ditinggal) makan siang. Jadi memang mesti ada trip planner-nya untuk mobil ini,” jelas Thio.

    Sebagai mobil yang pernah menyandang status paling cantik, crossover listrik MX-30 punya tampilan fascia ‘Kodo’ yang jadi ikon Mazda saat ini. MX-30 juga memiliki desain yang kompak, dengan bentuk pintu ala mobil sport ikonik, RX-8.

    Pada bagian depan dan belakang, Mazda MX-30 memiliki tampilan minimalis dengan desain lampu yang seolah terpahat (sculpted).

    Masuk ke dalam interior hadirnya fitur Mazda Connect yang didukung layar 10.25-inci Mazda Connect Display. Layar yang tampak modern ini bakal menambah sisi premium serta kenyamanan pengendara dalam mengakses fitur-fitur di Mazda MX-30. Dari segi hiburan, pemilik akan dimanjakan 12 audio premium speaker lansiran Bose.

    Soal dapur pacunya, Mazda MX-30 dibekali motor listrik e-SkyActiv dengan baterai kapasitas 35,5 kWh yang dapat menempuh jarak 200 km (WLTP) dalam satu kali pengecasan penuh. Motor listrik yang diusung oleh mobil ini diklaim bertenaga 145 PS pada 4.500 hingga 11.000 rpm dan torsi 271 Nm pada 0 hingga 3.243 rpm.

    Untuk mengisi daya mulai dari 20 persen hingga 80 persen hanya dalam waktu 25 menit dari pengisi daya Fast Charging. Mazda MX-30 memiliki port pengisian cepat CCS2.

    Mazda MX-30 juga memiliki fitur Electronic G-Vectoring Control Plus (e-GVC Plus) pada Mazda MX-30 yang memastikan stabilitas kendaraan dengan menyesuaikan torsi untuk memudahkan saat berbelok. Selain itu, Paddle pada setir memberikan kontrol halus dan responsif.

    Mazda tidak menargetkan berapa besaran mobil yang masih diimpor utuh dari Hiroshima, Jepang ini. Namun unitnya saat ini masih ready stock. Sebab mobil listrik ini harganya Rp 860 juta dan sadar akan menyasar konsumen yang terbatas. Ricky bilang sudah empat orang antre untuk memesan MX-30 yang datang dari Jakarta.

    “Ada kok, stoknya minim sih. Ya, 10-20 unit saat ini. Tidak banyak,” kata dia lagi.

    Saksikan juga video: Review Mazda MX-30: Desainnya Istimewa, tapi Spesifikasinya Kok Biasa Aja…

    (riar/din)

  • Zuckerberg Disebut Beli Jam Tangan Mewah F.P. Journe Rp 124 M

    Zuckerberg Disebut Beli Jam Tangan Mewah F.P. Journe Rp 124 M

    Jakarta

    Dunia jam tangan mewah kembali dihebohkan dengan terjualnya jam tangan F.P. Tourbillon Souverain à Remontoire d’Egalité milik F.P. Journe dari tahun 1993 dengan harga fantastis, yaitu CHF 7,3 juta atau sekitar USD 8,3 juta (Rp124 miliar) dalam sebuah lelang. Yang lebih menarik, muncul dugaan kuat bahwa pembeli misterius jam tangan langka tersebut adalah pendiri Facebook, Mark Zuckerberg!

    Rumor ini berhembus kencang di kalangan kolektor dan penggemar jam tangan mewah. Zuckerberg, yang dikenal dengan gaya hidupnya yang sederhana, belakangan ini memang terlihat mengenakan jam tangan mewah di beberapa kesempatan.

    Ada beberapa alasan mengapa bos Meta yang mungkin telah membeli jam tangan pemecah rekor. Tahun ini, Zuckerberg akhirnya membuang kaos dan hoodie abu-abu polosnya dan berganti dengan tampilan yang lebih modis. Perubahan gaya yang tiba-tiba dari pria berusia 40 tahun itu sangat terlihat.

    Zuck tidak hanya mengubah selera modenya tetapi juga memanjakan diri dengan mainan super mahal. Selain menghabiskan USD 300 juta untuk sebuah megayacht, bapak tiga anak ini membeli sepasang Porsche Cayenne Turbo GT untuk dirinya dan sang istri.

    Tak sampai di situ, dia juga dikenal menjadi kolektor jam tangan yang serius tahun ini. Salah satu koleksinya adalah Patek Philippe yang dibeli seharga USD 141.000 atau Rp 2,2 miliar.

    Suasana lelang jam FOP Journe Foto: LuxurylaunchesApa yang Membuat F.P. Journe Mahal?

    Dilansir dari Luxurylaunches, jam tangan Journe merupakan salah satu karya terbaik dari François-Paul Journe, seorang pembuat jam tangan independen ternama. Diproduksi pada tahun 1993, jam tangan ini sangat langka dan diincar para kolektor..

    Jam tangan ini memiliki casing 38mm yang terbuat dari platinum, sementara gerakan lilitan manual terbuat dari emas 18k. Ada fitur Tourbillon, yakni mekanisme yang mengurangi pengaruh gravitasi pada akurasi jam.

    Mark Zuckerberg Diduga Beli Jam Mewah FP Journe Foto: Luxurylaunches

    Selain itu terdapat Remontoire d’Egalité, sebuah mekanisme yang menjamin tenaga yang konstan ke escapement, meningkatkan akurasi.

    Jam tangan pertama F.P. Journe dibuat untuk dirinya sendiri pada tahun 1991, dan itu tidak pernah dijual eceran. Sebelum itu, pembuat jam Prancis hanya membuat jam saku atau menciptakan merek lain, termasuk Cartier.

    (afr/afr)

  • Harga Mazda MX-30 Rp 860 Juta, Jarak Tempuh Kok Cuma 200 Km?

    Harga Mazda MX-30 Rp 860 Juta, Jarak Tempuh Kok Cuma 200 Km?

    Jakarta

    Mazda MX-30 punya spesifikasi jarak tempuh 200 kilometer untuk sebuah mobil listrik dengan harga jual Rp 860 juta. Direntang harga tersebut, sebenarnya banyak mobil listrik yang punya jarak tempuh lebih jauh disertai fitur lengkap.

    Ricky Thio, Chief Operating Officer PT Eurokars Motor Indonesia mengatakan Mazda MX-30 memiliki filosofi dasar ‘Jinba Ittai’, filosofi dari sekian banyak model besutan Mazda, yang berarti kesatuan antara mobil dan pengemudi.

    “Kita menargetkan lebih kepada menargetkan orang-orang yang suka Mazda, orang-orang yang suka Jinba Ittai, tapi kepengin mobil EV juga. Nah ini mobil ini,” kata Ricky Thio di Jakarta Selatan, Senin (11/11/2024).

    MX-30 diperuntukkan untuk mobilitas perkotaan. Di sisi lain makin maraknya infrastruktur pendukung untuk pengisian daya ulang baterai.

    “Kita sudah ukur pengguna mobil ini, kalau saya tinggal di Kelapa Gading, dari rumah saja jalan pakai mobil ini, sampai ke kantor saya charge, setelah itu saya mau pakai ke kantor Porsche, sampai sana, balik lagi saya charge. (ditinggal) makan siang. Jadi memang mesti ada trip planner-nya untuk mobil ini,” jelas Thio.

    Mobil listrik Mazda MX-30 meluncur di Indonesia. Ini jadi mobil listrik pertama Mazda di RI. Foto: Ridwan Arifin/detikOto

    Product & Dealer Marketing Asst. Manager PT Eurokars Motor Indonesia (Mazda Indonesia) Glen Reinner menyebut lebih lanjut jarak tempuh Mazda MX-30 itu didesain sudah oke untuk konsumen Indonesia.

    “Pas, karena baterai itu ujung-ujungnya ngaruh ke bobot. Bobot itu ngaruhnya ke Jinba Ittai,” kata Glen.

    “Ukuran yang pas dalam hal dua aspek, pertama bobot kendaraan, kedua penggunaannya. Karena penggunaan ini untuk urban, penggunaan dalam kota. 200 kilometer itu sebenarnya sudah banyak (jarak tempuhnya),” tambahnya lagi.

    Soal dapur pacunya, Mazda MX-30 dibekali motor listrik e-SkyActiv dengan baterai kapasitas 35,5 kWh yang dapat menempuh jarak 200 km (WLTP) dalam satu kali pengecasan penuh. Motor listrik yang diusung oleh mobil ini diklaim bertenaga 145 PS pada 4.500 hingga 11.000 rpm dan torsi 271 Nm pada 0 hingga 3.243 rpm.

    Untuk mengisi daya mulai dari 20 persen hingga 80 persen hanya dalam waktu 25 menit dari pengisi daya Fast Charging. Mazda MX-30 memiliki port pengisian cepat CCS2.

    Mazda MX-30 juga memiliki fitur Electronic G-Vectoring Control Plus (e-GVC Plus) pada Mazda MX-30 yang memastikan stabilitas kendaraan dengan menyesuaikan torsi untuk memudahkan saat berbelok. Selain itu, Paddle pada setir memberikan kontrol halus dan responsif.

    Mazda tidak menargetkan berapa besaran mobil yang masih diimpor utuh dari Hiroshima, Jepang ini. Namun unitnya saat ini masih ready stock. Sebab mobil listrik ini harganya Rp 860 juta dan sadar akan menyasar konsumen yang terbatas. Ricky bilang sudah empat orang antre untuk memesan MX-30 yang datang dari Jakarta.

    Tidak ikut-ikutan tren mobil listrik

    Ricky menyebut Mazda MX-30 tidak diperuntukkan menyasar segmen mobil listrik seperti kebanyakan crossover di Indonesia. Mobil listrik merek China misalnya menawarkan harga lebih kompetitif dan daya tempuh yang lebih jauh.

    “Kami melihat bahwa memang sekarang kan EV itu rata-rata range harganya di level itu [mobil China]. Tetapi kami tetap berpegang pada idealisme kami dan tidak terburu-buru mengikuti tren EV. Kami memprioritaskan strategi yang mencakup berbagai jenis kendaraan, dari EV, hybrid, hingga ICE,” kata Ricky.

    “Jadi kami tetap mengikuti idealisme kami, dibandingkan hanya mengikuti tren sesaat. Kami nggak tahu apakah EV ini akan mampu bertahan sampai 10 tahun lagi? Mungkin ke depannya bukan EV, mungkin ada lagi teknologi baru,” jelas dia lagi.

    (riar/dry)

  • Berkah Kemenangan Trump di Pilpres AS, Saham Tesla Melesat

    Berkah Kemenangan Trump di Pilpres AS, Saham Tesla Melesat

    Bisnis.com, JAKARTA – Saham perusahaan produsen kendaraan listrik milik Elon Musk, Tesla Inc. melonjak pada awal perdagangan Rabu (6/11/2024) di bursa AS karena investor bertaruh perusahaan ini akan menjadi penerima manfaat besar dari kembalinya Donald Trump ke Gedung Putih.

    Berdasarkan data Bloomberg, saham Tesla yang tercatat di indeks Nasdaq terpantau melonjak 12% pada sesi pre-market hingga pukul 19.00 WIB.

    CEO Tesla ini bisa dibilang merupakan pendukung paling menonjol dari Partai Republik pada siklus pemilu ini, mendukung mereka dengan belanja lebih dari US$130 juta dan pengiriman pesan tanpa henti di X, jaringan media sosial milik Musk. 

    Meski Trump mengkritik kendaraan listrik selama kampanyenya, dia sedikit melunakkan nadanya setelah dukungan Musk.

    “Izinkan saya memberi tahu Anda, kita punya bintang baru, bintang telah lahir: Elon,” kata Trump saat berpidato di hadapan para pendukungnya di pesta pengawasan pemilu di West Palm Beach, Florida dikutip dari Bloomberg pada Rabu (6/11/2024).

    Trump  berbicara tentang Musk selama hampir empat menit, memuji perusahaannya SpaceX dan menyebutnya sebagai “pria spesial” dan “super jenius”.

    Saham Tesla siap diperdagangkan pada level tertinggi tahun ini, menyentuh US$289,99 selama sesi pra-pasar. BMW AG memimpin penurunan saham produsen mobil Jerman pada hari Rabu, turun sebanyak 6,7% karena pendapatan kuartalan yang mengecewakan dan kekhawatiran mengenai ancaman Trump untuk menaikkan tarif mobil impor.

    Saham Volkswagen AG, Mercedes-Benz Group AG dan Porsche AG juga merosot.

    “Hal positif terbesar dari kemenangan Trump adalah bagi Tesla dan Musk,” tulis Daniel Ives, analis Wedbush Securities, dalam sebuah laporan kepada kliennya. Tesla akan memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan pabrikan lain jika AS mengurangi insentif pajak untuk kendaraan listrik, katanya.

    Berbagai ketentuan terkait kendaraan listrik sekarang dapat menjadi target pencabutan, terutama jika Partai Republik mengambil alih kedua majelis Kongres, analis BloombergNEF memperingatkan pekan lalu.

    Persyaratan penghematan bahan bakar dan emisi juga kemungkinan akan mengalami perubahan, seperti yang terjadi pada masa jabatan pertama Trump, yang dapat membatasi pendapatan Tesla yang dihasilkan dari penjualan kredit peraturan kepada produsen yang berjuang untuk mematuhi peraturan Biden yang lebih ketat.

    Bantuan Regulasi

    Musk meremehkan ancaman penarikan kembali insentif pemerintah untuk kendaraan listrik dan menekankan potensi bagi perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dari deregulasi.

    Dalam laporan kinerja kuartalan Tesla bulan lalu, dia menyerukan proses persetujuan federal untuk kendaraan otonom dan mengatakan dia akan mencoba mewujudkannya jika ditunjuk untuk berperan dalam pemerintahan Trump.

    Berdasarkan peraturan saat ini, produsen mobil harus mendapatkan izin dari Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (National Highway Traffic Safety Administration) sebelum diizinkan memproduksi mobil yang tidak memiliki roda kemudi atau kontrol lain yang disyaratkan oleh standar keselamatan mobil AS. 

    Jika Tesla ingin mendapatkan pengecualian seperti itu, Tesla hanya bisa menjual beberapa ribu mobil otonom itu ke jalan setiap tahunnya.

    “Pelacakan cepat otonom akan menjadi yang terdepan dan utama bagi investor,” tulis Ives dari Wedbush, berspekulasi bahwa Tesla mungkin dapat mempercepat rencana untuk meluncurkan kendaraan self-driving.

  • Hindari Penutupan Pabrik di Jerman, Volkswagen Pertimbangkan PHK dan Potong Gaji

    Hindari Penutupan Pabrik di Jerman, Volkswagen Pertimbangkan PHK dan Potong Gaji

    Jakarta, Beritasatu.com – Produsen otomotif Jerman, Volkswagen akan melakukan pemangkasan operasional perusahaan dengan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dan pemotongan gaji. Puluhan ribu pekerja disebut akan terdampak hingga potongan gaji mencapai 10%.

    Mengutip Arena EV, Jumat (1/11/2024), pemangkasan ini merupakan bagian dari strategi Volkswagen untuk menghadapi tantangan ekonomi. Perusahaan menyebut kenaikan biaya tenaga kerja dan energi memberikan tekanan besar.

    Meskipun Volkswagen mencoba menyalahkan dominasi produsen kendaraan listrik China yang semakin meningkat, tetapi hal itu dapat dengan mudah dikesampingkan karena penelitian Komisi Eropa sendiri menunjukkan bahwa mereka hanya menguasai pangsa pasar sebesar 14,1%.

    Rencana perusahaan untuk membekukan upah pada 2025 dan 2026 memicu kemarahan di kalangan karyawan dan serikat pekerja. Serikat pekerja industri yang kuat di Jerman IG Metall, mengancam akan melakukan aksi mogok kerja apabila perusahaan melanjutkan kebijakan tersebut.

    Langkah ekstrem ini diberlakukan Volkswagen untuk menghindari penutupan pabrik dan akan menjadi peristiwa bersejarah di Jerman. Diketahui, pabrikan ini belum pernah sama sekali menutup pabrik di negara asalnya tersebut.

    Problem yang dihadapi Volkswagen menjadi cerminan industri otomotif di Jerman di tengah serangan mobil listrik dari China. Lambatnya adopsi kendaraan listrik pabrikan Jerman membuat sulit produsen lokal.

    Namun, hal ini terjadi karena ulang Volkswagen sendiri yang menyebut pada awal era mobil listrik, perusahaan memutuskan untuk membuat mobil listrik premium. Namun, hal itu adalah pilihan yang salah.

    Konsumen premium rata-rata meilirik brand Porsche hingga Audi dan Volkswagen seharusnya produksi mobil dengan harga terjangkau.