brand merek: Oppo

  • Intip Perakitan Oppo Find X8 di Tangerang

    Intip Perakitan Oppo Find X8 di Tangerang

    FotoINET

    Adi Fida Rahman – detikInet

    Jumat, 15 Nov 2024 08:44 WIB

    Jakarta – Oppo segera rilis Find X8 series secara global di Bali. Untuk pasar Indonesia, HP ini dirakit oleh pabrik Oppo yang belokasi di Tangerang. Yuk intip prosesnya.

  • Oppo x Maison Kitsune: Kolaborasi Unik Hadirkan Casing Eksklusif untuk Find X8 Series – Page 3

    Oppo x Maison Kitsune: Kolaborasi Unik Hadirkan Casing Eksklusif untuk Find X8 Series – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Oppo telah mengumumkan kolaborasi menarik dengan brand asal Prancis Maison Kitsune. Kolaborasi ini merupakan bagian dari peluncuran Oppo Find X8 Series.

    Kolaborasi ini menghasilkan casing edisi terbatas dan live wallpaper untuk Oppo Find X8 Series yang dijadwalkan segera meluncur untuk pasar global. Kolaboras ini hadir dengan tema Find Your Fox.

    “Kolaborasi kami dengan Maison Kitsuné didasarkan pada visi bersama untuk menggabungkan teknologi terdepan dengan gaya fashion yang berani dan inovatif,” tutur Presiden Oppo APAC dalam siaran pers yang diterima, Jumat (14/11/2024).

    Nantinya, casing untuk Oppo Find X8 akan menampilkan kolase unik dari logo rubah Maison Kitsune.

    Sementara casing Find X8 Pro menampilkan desain garis vertikal simetris yang dilengkapi penyangga dengan gantungan kunci berlogo Maison Kitsune.

    Kedua casing ini telah dilengkapi dengan cincin magnet yang mendukung fitur wireless charging di Oppo Find X8. Setiap casing hadir dalam giftbox yang dirancang khusus oleh Maison Kitsune.

    Casing eksklusif ini tersedia dalam jumlah terbatas mulai 23 November 2024. Aksesoris ini bisa didapatkan secara gratis dalam pembelian Find X8 dan Find X8 Pro secara online maupun offline.

    Tidak hanya itu, ada pula live wallpaper yang tersedia eksklsif untuk pengguna Oppo Find X8 dan Oppo Find X8 Pro.

    Hanya ada 2.000 unduhan secara global, wallpaper ini bisa diakses lewat aplikasi Oppo Theme Store mulai 25 November hingga 5 Desember 2024.

    “Bersama-sama, kami ingin memberikan lebih dari sekadar perangkat kepada para penggemar, sebuah kesempatan untuk menyesuaikan pengalaman teknologi mereka sesuai dengan kepribadian masing-masing,” tutur Andy melanjutkan.

    Giftbox edisi terbatas antara Oppo dan Maison Kitsune ini bisa didapatkan secara offline di Oppo Experience Store, Oppo Gallery, dan toko rekanan resmi Oppo.

    Sementara secara online, konsumen Oppo Find X8 bisa mendapatkannya di Oppo Online Store serta beberapa e-commerce seperti Blibli, Shopee, Tokopedia, Lazada, TikTok, dan Akulaku.

  • Ini 5 Jagoan di Pasar HP Indonesia Q3 2024 Versi Counterpoint

    Ini 5 Jagoan di Pasar HP Indonesia Q3 2024 Versi Counterpoint

    Jakarta

    Perusahaan riset Counterpoint merilis laporan pasar HP Indonesia selama kuartal ketiga (Q3) 2024 di ajang Indonesia Gadget Award 2024. Tercatat ada kenaikan 4% dari tahun sebelumnya.

    Senior Analyst Counterpoint, Febriman Abdillah, menjelaskan kenaikan tersebut didorong sejumlah faktor. Pertama ekonomi makro memperlihatkan adanya pertumbuhan yang stabil. Hal ini mendorong adanya konsumsi di kalangan menengah ke atas.

    Kedua, di kuartal kali ini jumlah HP baru yang diluncurkan lebih banyak dibandingkan kuartal sebelumnya atau periode yang sama tahun lalu. Kebanyakan yang dirilis adalah HP segmen entry level di bawah USD 200 atau Rp 3 juta dan membawa peningkatan spesifikasi dari generasi sebelumnya.

    “Cukup banyak yang upgrade, banyak spesifikasi yang di-improve. Kamera lebih baik megapixel, RAM dan memori lebih gede. Peluncuran model baru mengakomodasi hal itu. Jadi mau nggak mau sekarang kosumen itu akan mengupgrade yang awalnya 64GB menjadi 128 GB,” ujar Febri.

    Promosi selama momen HUT RI dan liburan sekolah turut mendorong peningkatan pengapalan HP di Q3 2024. Ditambah lagi OEM dan pengecer memperluas cakupan toko offline mereka yang menawarkan pengalaman berbelanja lebih baik lagi ke konsumen.

    5 Jagoan Pasar

    Xiaomi memimpin pasar pada Q3 2024 dengan shipment share 19%. Berkat fokus pada segmen pasar massal, Xiaomi memimpin segmen entry-level (

    Oppo tumbuh 2% YoY dan berhasil mempertahankan posisi kedua di pasar dengan pangsa pengiriman 18%. Mereka memimpin segmen Rp 3-6 juta dan Rp 6-10 juta, mencerminkan strateginya untuk fokus pada segmen harga menengah dan kelas atas. Pertumbuhan kuat Oppo di segmen harga menengah (Rp 3-6 juta) didorong oleh model A60 dan seri A3 Pro dan Reno12 F yang baru diluncurkan.

    Segmen premium (di atas Rp 10 juta) tumbuh 17% YoY didorong oleh Samsung, yang memimpin segmen dengan pangsa 42% dan pertumbuhan 87% YoY. Peluncuran Galaxy Z Fold 6, Z Flip 6 dan S24 FE jadi mendorong utama peningkatan tersebut.

    Conterpoint Q3 2024 Foto: Conterpoint

    Berikut 5 jagoan pasar HP di Indonesia sepanjang Q3 2024 menurut Counterpoint.

    Xiaomi dengan pangsa pengiriman 19% dan pertumbuhan 5% YoYOppo dengan pangsa pengiriman 18% dan pertumbuhan 2% YoYVivo dengan pangsa pengiriman 17% dan pertumbuhan 6% YoYSamsung dengan pangsa pengiriman 17% dan pertumbuhan -5% YoYRealme dengan pangsa pengiriman 119% dan pertumbuhan 6% YoY

    Sedikit informasi, Indonesia Gadget Award 2024 dihelat Gizmologi dan GadgetDiva pada Kamis malam (14/11/2024) di Assembly Hall Plaza Mandiri Jakarta. Ini ajang tahunan untuk memberikan insight terbaru terkait trend teknologi ke depan, serta memberikan penghargaan khusus kepada gadget dan operator seluler yang membawa inovasi terbaik tahun ini.

    (afr/afr)

  • Erablue dan Strategi Erajaya Bikin Toko Elektronik Fisik Berjaya

    Erablue dan Strategi Erajaya Bikin Toko Elektronik Fisik Berjaya

    Jakarta

    Toko fisik masih terus bertahan, bahkan perusahaan seperti Erajaya malah makin agresif menggeber toko offline itu meski tak dapat dipungkiri, toko online makin digandrungi termasuk di Indonesia.

    Berdasar data Statista Market Insights, jumlah pengguna e-commerce di Indonesia mencapai 178,94 juta orang pada 2022. Angka itu naik 12,79% dibanding tahun sebelumnya yang sebanyak 158,65 juta pengguna.

    Tren kenaikan jumlah pengguna e-commerce ini diprediksi terus terjadi hingga empat tahun ke depan. Statista memperkirakan jumlah pengguna e-commerce di dalam negeri mencapai 244,67 juta orang pada tahun 2027 mendatang.

    Apakah dengan demikian toko fisik akan sepenuhnya tergusur? Ternyata dengan strategi yang tepat, toko fisik menurut pengamat tetap diminati oleh para konsumen di Indonesia.

    “Pasca pandemi, kami menyaksikan transformasi yang menarik dalam perilaku belanja konsumen di Indonesia. Meskipun pandemi memicu lonjakan belanja online secara signifikan, temuan kami menunjukkan bahwa belanja offline tetap menjadi pilihan yang melengkapi pengalaman belanja konsumen dan bahkan terus bertumbuh setelah pandemi,” kata Head of Research Populix Indah Tanip dalam keterangannya ke Detik Finance.

    Riset Populix membandingkan preferensi belanja konsumen di tiga periode, yaitu sebelum, saat, dan setelah pandemi. Karena faktor kesehatan dan pembatasan sosial, 54% responden yang aktif belanja online dan offline memilih belanja online kala pandemi.Usai pandemi, 49% masih belanja online. Nah, konsumen yang lebih memilih belanja offline setelah pandemi naik lebih dari dua kali lipat, menunjukkan konsumen masih gemar belanja offline.

    Belanja offline atau langsung di toko diminati dengan alasan bisa langsung merasakan produk dan tak ada biaya kirim. Tangibility atau kesempatan memegang/merasakan produk secara langsung (77%), tidak ada biaya pengiriman (66%), diikuti jarak toko yang dekat (62%) adalah tiga faktor utama yang membuat konsumen lebih memilih belanja offline.

    Erablue dari Erajaya agresif buka toko elektronik fisik

    Bisa dikatakan toko fisik masih mendapat tempat di Indonesia. Erajaya selaku perusahaan retail perangkat elektronik pun masih terus agresif membangun toko fisik dengan menerapkan konsep offline to online (O2O). Dalam konsep ini, Erajaya tidak hanya fokus untuk melakukan penjualan secara online. Di saat bersamaan, gerai konvensional pun turut ditambah di berbagai daerah.

    “Itu tidak terlepas dari strategi awal kami dengan terus meningkatkan omnichannel. O2O itu jadi strategi besar kita dari 2019 dan (strategi O2O) harus dikembangkan,” kata CEO Erajaya Digital Joy Wahjudi kepada detikcom pada tahun 2022 silam.

    Joy mengatakan konsep O2O ini harus dijalankan secara berbarengan, tak hanya fokus terhadap penjualan online saja atau sebaliknya. “Fokus kita kembangin di kota-kota ke dua dan ketiga (kota/kabupaten yang skala penduduk/ekonominya di bawah ibu kota provinsi),” kata Joy saat itu.

    Jadi toko online Erajaya jalan terus, demikian pula dengan toko fisik. Strategi itu makin meruncing dengan dibukanya gerai elektronik bernama Erablue. PT Erablu Elektronik, perusahaan patungan Erajaya Digital dan The Gioi Di Dong dari Vietnam, membuka toko Erablue pertama di Indonesia, berlokasi di Ciledug, Tangerang pada November 2022.

    Salah satu toko Erablue. Foto: Erajaya

    Erablue menawarkan produk terbaru dari merek elektronik termasuk Samsung, Sony, LG, Oppo, Apple, dan lainnya, dalam lingkungan modern. Sebagai strategi menarik konsumen ke toko fisik, EraBlue menawarkan keunggulan layanan purna jual, termasuk pengiriman dan pemasangan gratis dalam satu hari setelah pembelian, dan penggantian produk one-to-one dalam waktu 15 hari setelah pembelian untuk produk elektronik konsumen dan peralatan rumah tangga kecil.

    Selain itu, EraBlue berkoordinasi dengan para brand principal terkait respons garansi produk cepat untuk mengurangi waktu yang biasanya diperlukan untuk perbaikan. “Gerai EraBlue baru ini, bekerja sama dengan The Gioi Di Dong, merupakan langkah awal dalam mewujudkan visi untuk menjadi merek ritel terkemuka di sektor elektronik konsumen,” sebut Joy Wahjudi ketika itu.

    Ekspansi Erablue ternyata terus berlangsung. Januari 2024, Erablue membuka gerai yang ke-50, melayani masyarakat di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi dengan pilihan produk consumer electronics meliputi kulkas, TV, mesin cuci, perlengkapan rumah tangga hingga gadget.

    Selain itu, pelanggan juga bisa berbelanja secara online melalui laman web-commerce di erablue.id. Hal ini sesuai dengan strategi Erajaya, agar toko fisik dan toko online bisa berkembang secara berdampingan.

    Kemudian hingga akhir Oktober 2024 atau jelang ulang tahun ke-2, sudah ada 80 gerai Erablue dibuka. Lokasi Erablue strategis karena berdekatan dengan pemukiman warga. Beberapa di antaranya seperti Erablue Benda Permai di Pamulang, Erablue Plumpang Semper di Jakarta Utara, Erablue Bantar Gebang di Bekasi. Erablue juga telah hadir di Karawang dengan membuka sejumlah gerai seperti Rengasdengklok, Teluk Jambe dan Telagasari.

    Dengan ekspansi yang agresif, Erablue sepertinya membuktikan bahwa toko fisik masih memiliki tempat di tengah gencarnya toko online. Pendekatan baru Erablue, dengan membuka retail yang berdekatan dengan konsumen, perhatian besar dalam pelayanan dan purna jual, serta berjalan beriringan dengan toko online, mungkin bisa menjadi strategi jitu dalam membuat toko fisik berjaya.

    Perkembangan zaman memang tidak bisa mengabaikan toko online, tapi toko fisik masih diminati karena tetap menyajikan beberapa keunggulan. Strategi Omnichannel yang lama dilakukan Erajaya, termasuk dengan kehadiran Erablue secara offline dan online, dipandang sebagai solusi tepat. Pakar menyebut, omnichannel memang keniscayaan di tengah perkembangan zaman.

    “Pelanggan saat ini menuntut pengalaman omnichannel. Terima itu dan dorong pelanggan belanja online, karena ini merupakan evolusi alami dari pengalaman konsumen, tapi jangan lewatkan kesempatan untuk menarik mereka dan mempertahankan mereka di toko fisik Anda,” demikian pendapat Ashik Ahmed, Co-Founder, CTO dan CEO Deputy, platform manajemen tenaga kerja global kepada Forbes.

    Penelitian bertajuk ‘Explaining physical retail store closures in digital times’ yang terbit di journal of retailing 20 September 2024 juga menguak strategi yang kurang lebih sama agar toko fisik bisa survive. “Kami merekomendasikan pengelola toko ritel fisik menawarkan pilihan produk yang sesuai, memastikan lokasi toko mudah diakses, memberi pengalaman menyenangkan bagi pelanggan dan memastikan transaksi lancar, seperti dengan menawarkan jam operasional toko yang nyaman,” tulis para peneliti.

    (fyk/fyk)

  • 10 Daftar HP Radiasi Tertinggi, Cek Ada Punya Anda atau Tidak

    10 Daftar HP Radiasi Tertinggi, Cek Ada Punya Anda atau Tidak

    Jakarta, CNBC Indonesia – Sejumlah ponsel dilaporkan memiliki tingkat radiasi tertinggi. Bahkan salah satunya melebihi dari yang sudah ditetapkan sebelumnya.

    Sebagai catatan, sebenarnya tiap ponsel memancarkan radiasi. Namun tingkatannya dan volume yang berbeda.

    Ada beberapa alasan mengapa ini terjadi. Bisa karena faktor jenis perangkat, model, usia, kekuatan antena pemancar serta jarak dari menara seluler terdekat.

    Tahun lalu, Bankless Times melaporkan 10 HP dengan tingkat radiasi tinggi. Laporan menggunakan tingkat absorpsi spesifik (SAR), yakni mengukur kecepatan tubuh untuk menyerap energi frekuensi radio.

    Komisi Komunikasi Federal Amerika Serikat (AS) telah menetapkan tingkat maksimum SAR. Besarannya mencapai 1,6 watt per kilogram.

    Sementara dalam laporan itu, Motorola Edge menjadi yang teratas untuk HP dengan radiasi tertinggi. Angkanya juga melebihi penetapan Komisi Komunikasi Federal AS, tercatat 1,79 w/kg.

    Beberapa merek lain yang ada dalam daftar adalah OnePlus, Oppo, hingga beberapa ponsel Google Pixel. Namun kemungkinan ponsel-ponsel ini tak digunakan oleh banyak orang, karena sudah dirilis selama dua hingga lima tahun lalu.

    Berikut daftar 10 HP dengan radiasi tertinggi, dikutip dari Gizchina:

    1. Motorola Edge(1,79 w/kg)

    2. ZTE Axon 11 5G (1,59 w/kg)

    3. OnePlus 6T (1,55 w/kg)

    4. Sony Xperia XA2 Plus (1,41 w/kg)

    5. Google Pixel 3XL (1,39 w/kg)

    6. Google PIxel 4a (1,37 w/kg)

    7. Oppo Reno5 5G (1,37 w/kg)

    8. Sony Xperia XZ1 Compact (1,36 w/kg)

    9. Google Pixel 3 (1,33 w/kg)

    10. OnePlus 6 (1,33 w/kg)

    (fab/fab)

  • Nicholas Saputra Bocorkan Kolaborasi Oppo x Maison Kitsune, Oppo Find X8 Series jadi Sorotan Warganet – Page 3

    Nicholas Saputra Bocorkan Kolaborasi Oppo x Maison Kitsune, Oppo Find X8 Series jadi Sorotan Warganet – Page 3

    Oppo resmi peluncuran Oppo Find X8 Series yang akan diadakan di Bali, tepatnya pada 21 November 2024. Peluncuran global ini menandai tonggak sejarah baru bagi Oppo di Indonesia.

    Oppo Find X8 Series hadir dengan sejumlah inovasi menarik, terutama di sektor kamera. Didukung sistem kamera Hasselblad Master terbaru, perangkat ini mampu menangkap detail warna luar biasa dan menawarkan fitur AI Telescope Zoom hingga 10x.

    Tidak hanya itu, HP Oppo ini juga memiliki fitur Lightning Snap yang memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar secara cepat hingga tujuh foto per detik.

    “Kami sangat bangga menjadi brand smartphone pertama di Indonesia yang menggelar peluncuran global sebuah produk flagship, yang semakin menegaskan komitmen kami untuk terus menghadirkan inovasi terbaik di Indonesia,” ujar Chief Marketing Officer Oppo Indonesia Patrick Owen dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (11/11/2024). 

    Dijelaskan lebih lanjut, Bali dipilih sebagai lokasi peluncuran global karena Indonesia memiliki peran penting bagi Oppo.

    Sejak memasuki pasar Indonesia pada 2013, Oppo telah tumbuh pesat dan kini berhasil menduduki peringkat pertama di pasar smartphone Indonesia berdasarkan laporan Canalys Q3 2024.

    Selain inovasi kamera, Find X8 Series juga menawarkan desain yang elegan dan performa yang tangguh. Find X8 hadir dengan bodi yang tipis dan ringan, serta layar 6.59 inci yang nyaman digenggam.

    Sementara itu, Find X8 Pro menawarkan layar berukuran 6.78 inci dengan desain kaca quad-curved pada kedua sisinya, serta dilengkapi dengan teknologi kamera telefoto dual periskop pertama di dunia.

  • Top 3 Tekno: Isi Kotak Penjualan Oppo Find X8 Pro Bikin Penasaran – Page 3

    Top 3 Tekno: Isi Kotak Penjualan Oppo Find X8 Pro Bikin Penasaran – Page 3

    Vivo resmi meluncurkan smartphone terbaru mereka yang dibanderol dengan harga sejutaan, yakni Vivo Y19s. Meski ditawarkan dengan harga terjangkau, smartphone ini disebut menawarkan baterai besar dan durabilitas yang tinggi.

    Untuk pasar Indonesia, ada tiga varian Vivo Y19s yang ditawarkan ke konsumen. Ada varian RAM 6GB/ROM 128GB, RAM 4GB/ROM 128GB, serta RAM 4GB/ROM 64GB.

    “Kami hadirkan smartphone di kelas harga Rp 1 jutaan yang lebih naik kelas lagi, baik dari sisi baterai yang berkapasitas besar, durabilitas tinggi, maupun inovasi fitur yang gak habis habis,” tutur Product Manager Vivo Indonesia Gilang Pamenan dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (12/11/2024).

    Dijelaskan, meski memiliki baterai besar, HP Vivo ini masih memiliki bodi tipis sehingga nyaman digenggam. Smartphone ini hadir dalam dua pilihan warna yakni pearl silver dan glossy black.

    Vivo turut menyematkan fitur Dynamic Light ke perangkat ini. Fitur ini akan menampilkan berbagai warna sebagai indikator notifikasi atau aplikasi.

    Spesifikasi Vivo Y19s didukung chipset Unisoc T612. Smartphone ini menjalankan Funtouch OS 14 berbasis Android 14.

    Baca selengkapnya di sini 

     

  • Xiaomi-Samsung-Vivo Minggir, HP China Murah Ini Paling Laris di RI

    Xiaomi-Samsung-Vivo Minggir, HP China Murah Ini Paling Laris di RI

    Jakarta, CNBC Indonesia – Oppo merajai pasar smartphone baik di Indonesia maupun Asia Tenggara pada kuartal III-2024. Capaian tersebut berkat HP murah yang jadi andalan perusahaan.

    Dalam laporan Canalys, Oppo mengantongi market share sebanyak 22%. Di Indonesia. Raksasa China itu mengalahkan Xiaomi, Transsion, Samsung dan Vivo pada daftar tersebut.

    Selain Indonesia, Oppo memimpin juga di pasar Thailand dan Malaysia. Sementara di Fiilipina dan Vietnam berada di posisi kedua.

    Untuk laporan Asia Tenggara, Oppo berada di posisi pertama dengan capaian market share 21% naik dari tahun sebelumnya 18%. Pengiriman juga naik dari 4 juta unit menjadi 5,1 juta unit, dengan pertumbuhan tahunan mencapai 29%.

    Canalys menjelaskan capaian Oppo didorong oleh model entry level yang diberi merek ulang, yakni A3x dan A3.

    Harga ponsel juga disinggung Canalys. Pasar Asia Tenggara mengalami pertumbuhan sebesar 15% dengan pengiriman 25 juta unit.

    Ini disertai dengan harga jual rata-rata yang turun 4%. Penyebabnya karena ada banyaknya peluncuran baru sehingga ada produk HP kategori mid dan low banjir di pasar.

    Pada segmen pasar US$100-US$300, vendor berusaha menonjol dari pesaingnya lewat harga dan keterjangkauan. Hal ini membuat penjualan sangat ketergantungan pada promosi dan diskon agar bisa mendorong volume.

    “Dikson besar pada model lama juga memperburuk masalah dengan menciptakan konflik harga pada peluncuran model baru,” jelas Analis di Canalys, Sheng Win Chow, dikutip dari laman resmi Canalys, Rabu (13/11/2024).

    “Bill of Material (BOM) yang meningkat dan biaya inflasi dalam aktivitas penjualan mengurasi profitabilitas,” ujarnya menambahkan.

    Salah satu cara mengatasinya, perusahaan berusahaan mengonsolidasikan produk entry level gar bisa mencapai biaya lebih rendah dan segmen yang lebih jelas. Salah satunya Oppo A3x yang membuat penawaran menjadi satu model saja.

    Berikut daftar lima besar ponsel versi Canalys di Asia Tenggara:

    1. Oppo 21%

    2. Samsung 16%

    3. Transsion 16%

    4. Xiaomi 15%

    5. Vivo 10%

    (dem/dem)

  • Top 3 Tekno: Isi Kotak Penjualan Oppo Find X8 Pro Bikin Penasaran – Page 3

    Unboxing Oppo Find X8 Pro, HP Flagship Android dengan Kamera Hasselblad yang Rilis Perdana di Bali – Page 3

    Sementara Find X8 Pro menawarkan lensa utama 50MP dengan sensor Sony LYT-808, lensa periscope 50MP 6x, serta lensa lain yang masih sama dengan versi reguler.

    Oppo Find X8 Series juga dibekali dengan Oppo HyperTone. Teknologi ini menggabungkan 9 bingkai RAW ke dalam setiap foto untuk menghasilkan gambar yang jernih dan memiliki dynamic range yang apik, serta mengurangi noise.

    Yang menarik, Oppo turut menyematkan tombol kamera khusus di Find X8 Pro. Diberi nama Quick Button, tombol ini berfungsi sebagai akses cepat ke aplikasi kamera, termasuk menjadi shutter kamera.

    Find X8 Series menjadi HP Oppo pertama yang meluncur dengan chipset Dimensity 9400. Chipset tersebut dipasangkan dengan sistem pendingin baru yang terdiri dari graphite layer, vapor chamber, serta thermal conductive gell.

    Kedua smartphone ini sudah menjalankan ColorOS 15 yang menawarkan beragam fitur AI di dalamnya. Sebagai penopang performanya, Find X8 dibekali baterai berkapasitas 5.630mAh dan Find X8 Pro memiliki baterai 5.910mAh.

  • Top 3 Tekno: Diskon HP Oppo di Shopee, Tokopedia hingga TikTok Shop Terpopuler

    Top 3 Tekno: Diskon HP Oppo di Shopee, Tokopedia hingga TikTok Shop Terpopuler