brand merek: Nissan

  • Pameran Otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 Resmi Dibuka

    Pameran Otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 Resmi Dibuka

    Jakarta

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) kembali menggelar pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024. Kali ini, GJAW digelar di lokasi baru dibanding tahun sebelumnya.

    GJAW 2024 kali ini digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten. Pameran ini diadakan pada 22 November 2024 sampai dengan 1 Desember 2024.

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita resmi membuka pameran otomotif GJAW 2024. Menurutnya, pameran yang digelar akhir tahun ini menjadi salah satu stimulus untuk meningkatkan penjualan otomotif 2024.

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita resmi membuka pameran otomotif GJAW 2024. Menurutnya, pameran yang digelar akhir tahun ini menjadi salah satu stimulus untuk meningkatkan penjualan otomotif 2024.

    “Saya sampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Gaikindo yang boleh saya sampaikan di dalam kelesuan market yang dihadapi oleh industri otomotif kita, Gaikindo menggelar Jakarta Auto Week dan saya yakin bahwa gelaran Jakarta Auto Week ini Insyaallah akan membantu rebound dari sales industri otomotif yang ada di Indonesia. Saya juga di-brief beberapa saat yang lalu oleh Bapak Ketua Umum (Gaikindo Yohannes Nangoi) bahwa dalam tekanan yang luar biasa dari industri otomotif kita, tapi kita melihat ada sedikit rebound. Salah satu dari penyebab dari rebound tersebut adalah diadakan pameran-pameran besar di Indonesia,” kata Agus dalam sambutannya di upacara pembukaan GJAW 2024 di ICE, BSD, Tangerang, Jumat (22/11/2024).

    “Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, maka kegiatan pameran Gaikindo Jakarta Auto Week 2024 ini saya nyatakan resmi dibuka,” ujarnya membuka pameran otomotif ini.

    Pameran otomotif tahunan yang diprakarsai Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) ini didukung penuh oleh Kementerian Perindustrian. Fokusnya, mendorong penjualan kendaraan di akhir tahun.

    “Kami harap GJAW 2024 akan menjadi faktor pendorong penjualan dan mendongkrak pasar otomotif Indonesia,” kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi di kesempatan yang sama.

    GJAW 2024 mengusung tema Home of 1.000 Cars and Excitement GJAW 2024 akan fokus memberikan pengalaman luar biasa bagi para pengunjung. Tidak hanya akan disuguhkan jajaran mobil terkini dari berbagai merek ternama dunia, GJAW 2024 juga menghadirkan kegiatan olahraga otomotif interaktif yang dirancang menghibur dan mendekatkan pengunjung dengan dunia otomotif.

    GJAW 2024 ini akan diikuti lebih dari 80 merek otomotif yang terdiri dari 27 merek kendaraan penumpang, termasuk Aletra, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, Ford, GAC Aion, Honda, KIA, Lexus, Mazda, Maxus, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Wuling, dan Zeekr. Dari segmen kendaraan roda dua, sebanyak 12 merek, seperti Alva, Aprilia, Harley-Davidson, Motoguzzi, Piaggio, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, V Move, Yamaha dan ZPT, turut serta untuk menambah ragam pilihan pengunjung. Lebih dari 40 merek industri pendukung juga siap meramaikan GJAW 2024.

    Luasan lahan yang meningkat 2 kali lipat juga memaksimalkan program GJAW 2024 yang memberikan pengalaman dan menawarkan keseruan untuk para pengunjung. Tak hanya menjadi ajang pameran kendaraan, GJAW 2024 juga akan menghadirkan beragam program interaktif yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan, mulai dari penggemar otomotif, komunitas, hingga keluarga. Program-program tersebut terbagi menjadi tiga kategori utama: Motorsport Program, Community Program, dan Family Program, yang semuanya dirancang untuk memberikan pengalaman yang berkesan bagi setiap pengunjung.

    Dengan program-program tersebut, GJAW 2024 berkomitmen untuk memberikan pengalaman pameran yang lengkap, interaktif, dan menghibur bagi seluruh pengunjung dari berbagai kalangan. Tak hanya menjadi tempat untuk menemukan kendaraan impian, GJAW juga menghadirkan suasana perayaan otomotif yang menarik dan penuh keseruan.

    (rgr/din)

  • Berikut Daftar Motor dan Mobil yang Dilarang Isi BBM Pertalite di SPBU per 20 November 2024

    Berikut Daftar Motor dan Mobil yang Dilarang Isi BBM Pertalite di SPBU per 20 November 2024

    Berikut Daftar Motor dan Mobil yang Dilarang Isi BBM Pertalite di SPBU per 20 November 2024

    TRIBUNJATENG.COM- Pemerintah akan memberlakukan peraturan terbaru yang melarang penggunaan BBM Pertalite pada beberapa jenis kendaraan di SPBU di seluruh Indonesia.

    Kendaraan yang mencoba mengisi Pertalite di SPBU Pertamina akan ditolak langsung oleh petugas, dengan daftar kendaraan yang tidak diperbolehkan.

    Keputusan untuk melarang ini masih dalam proses pembahasan dan diharapkan segera diimplementasikan di seluruh wilayah nasional.

    Adapun tujuan dari pembatasan ini adalah untuk memastikan subsidi BBM dari pemerintah tepat sasaran.

    Peraturan ini merupakan bagian dari revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 mengenai Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran BBM.

    Kendaraan yang akan dikenakan larangan penggunaan Pertalite mencakup mobil dengan kapasitas mesin di atas 1.400cc, serta motor dengan kapasitas mesin mulai dari 250cc.

    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, menjelaskan bahwa kriteria pembatasan pembelian BBM subsidi sudah ditetapkan, dengan mobil di atas 1.400cc dan motor mulai dari 250cc termasuk dalam daftar larangan penggunaan Pertalite.

    Berikut daftar motor yang dilarang isi Pertalite di SPBU Pertamina:

    – Yamaha XMAX

    – Yamaha TMAX

    – Yamaha MT25

    – Yamaha R25

    – Yamaha MT09

    – Yamaha MT07

    – Honda Forza

    – Honda CB650R

    – Honda X-ADV

    – Honda CBR250R

    – Honda CB500X

    – Honda CRF250 Rally

    – Honda CRF1100L Africa Twin

    – Honda CBR600RR

    – Honda CBR1000RR

    – Suzuki Gixxer250

    – Suzuki Hayabusa

    – Kawasaki Ninja ZX-25R

    – Kawasaki Ninja H2

    – Kawasaki KLX250

    – Kawasaki KX450

    – Kawasaki Ninja 250SL

    – Kawasaki Ninja 250

    – Kawasaki Vulcan

    – Kawasaki Versys 250

    – Kawasaki Versys 1000

    Berikut daftar mobil yang boleh pakai Pertalite setelah Perpres Disahkah

    Toyota

    Agya 1.197 cc

    Calya 1.197 cc

    Raize 998 cc dan 1.198 cc

    Avanza 1.329 cc

    Daihatsu

    Ayla 998 cc dan 1.197 cc

    Sigra 998 cc dan 1.197 cc

    Sirion 1.329 cc

    Rocky 998 cc dan 1.198 cc

    Xenia 1.329 cc

    Suzuki

    Ignis 1.197 cc

    S-Presso 998 cc

    Honda

    Brio 1.199 cc

    Kia

    Picanto 1.248 cc

    Seltos bensin 1.353 cc

    Rio 1.348 cc

    Wuling

    Formo S 1.206 cc

    Nissan

    Kicks e-Power 1.198 cc Magnite 999 cc

    Mercedes-Benz

    A-Class 1.332 cc

    CLA 1.332 cc

    GLA 200 1.332 cc

    GLB 1.332 cc

    DFSK

    Super Cab diesel 1.300 cc

    Peugeot

    2008 1.199 cc

    Volkswagen

    Tiguan 1.398 cc

    Polo 1.197 cc

    T-Cross 999 cc

    Tata

    Ace EX2 702 cc

    Renault

    Kiger 999 cc

    Kwid 999 cc

    Triber 999 cc

    Audi

    Q3 1.395 cc

    Jenis Kendaraan Dilarang Isi BBM Pertalite

    Khusus untuk mobil dengan kapasitas mesin 1400cc resmi dilarang isi BBM Pertalite setelah Perpres disahkan.

  • Ini Bocoran Mobil Listrik Aletra, Calon Rival BYD M6 di Indonesia

    Ini Bocoran Mobil Listrik Aletra, Calon Rival BYD M6 di Indonesia

    Jakarta

    Merek mobil listrik asal China, Aletra, bakal memperkenalkan produk baru pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 yang diselenggarakan di ICE-BSD City, 22 November – 1 Desember. Ini model mobil listrik yang akan dibawa Aletra.

    Berdasarkan undangan yang diterima detikOto, mobil listrik pertama Aletra di Indonesia adalah Aletra L8 EV. Mobil listrik akan diluncurkan di hari pertama GJAW 2024 hari Jumat (22/11).

    Jika melihat Instagram resmi @aletracars, sosok mobil listrik tersebut berjenis MPV 7-Seater. Mobil ini memiliki desain modern dan elegan dengan konsep floating roof atau atap mengambang. Aletra juga tak segan-segan mengklaim L8 EV sebagai mobil MPV listrik 7-Seater terluas di kelasnya.

    Kehadiran Aletra L8 EV ini bakal menantang kompetitor asal China yang sebelumnya sudah meluncurkan produk sejenis di Indonesia, yakni BYD M6. Segmen MPV listrik 7-Seater di Indonesia saat ini memang sedang naik daun, bahkan BYD M6 menjadi mobil listrik terlaris bulan Oktober 2024 dengan penjualan sebanyak 1.866 unit.

    Sekadar informasi, GJAW 2024 diselenggarakan pada 22 November hingga 1 Desember, di ICE-BSD City, Tangerang. Sebelumnya pameran GJAW selalu dilaksanakan di JCC, Senayan, Jakarta. Dan baru mulai tahun ini pindah ke Tangerang.

    GJAW 2024 diikuti lebih dari 80 merek otomotif yang terdiri dari 27 merek kendaraan penumpang, termasuk Aletra, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, Ford, GAC Aion, Honda, KIA, Lexus, Mazda, Maxus, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Wuling, dan Zeekr.

    Dari segmen kendaraan roda dua, sebanyak 12 merek akan ikut pameran ini, meliputi Alva, Aprilia, Harley-Davidson, Moto Guzzi, Piaggio, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, V Move, Yamaha, dan ZPT, turut serta untuk menambah ragam pilihan pengunjung. Lebih dari 40 merek industri pendukung juga siap meramaikan GJAW 2024.

    [Gambas:Instagram]

    (lua/dry)

  • Lihat Lebih Dekat Cantiknya Mobil Listrik Nissan N7

    Lihat Lebih Dekat Cantiknya Mobil Listrik Nissan N7

    Dari segi ukuran, sedan ini memiliki panjang 194,1 inci (4.930 mm), lebar 74,6 inci (1.895 mm), dan tinggi 58,5 inci (1.487 mm), dengan jarak sumbu roda 114,8 inci (2.915 mm). Nissan N7 lebih panjang 2 inci (50 mm) dari Xpeng P7, tetapi memiliki jarak  sumbu roda 3,3 inci (83 mm) lebih pendek. Foto: Carscoops

  • Ketahui, Ini Deretan Catatan Tragis Kecelakaan Maut di Tol Cipularang

    Ketahui, Ini Deretan Catatan Tragis Kecelakaan Maut di Tol Cipularang

    Jakarta: Tol Cipularang kembali menjadi lokasi tragedi maut yang mengguncang masyarakat, tepatnya di ruas KM 90 hingga KM 92. Daerah ini sudah lama dikenal sebagai titik rawan kecelakaan fatal, dengan sejumlah insiden tragis yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

    Kejadian terbaru menambah daftar panjang kecelakaan di wilayah ini, yang telah memakan banyak korban jiwa dan melukai puluhan orang lainnya.

    Ruas jalanan yang kerap dilalui oleh kendaraan berat dan pengendara dengan kecepatan tinggi ini terus menjadi perhatian karena tingginya potensi risiko yang dapat merenggut nyawa.

    Berikut Medcom.id telah merangkum deretan kejadian maut yang terjadi di Tol Cipularang KM 90 hingga KM 92:
     

    1. Pada Mei 2022

    Pada 17 Mei 2022, sebuah kecelakaan terjadi di KM 95 Tol Cipularang arah Bandung, melibatkan kendaraan Toyota Hiace dan sebuah truk. Kejadian ini diawali ketika kendaraan travel yang melaju dari arah Jakarta berada di jalur kanan.

    Saat mendekati KM 95, pengemudi travel diduga mengantuk, sehingga kendaraannya oleng ke kiri dan menabrak bagian samping truk yang berada di jalur satu. Akibat insiden tersebut, dua orang tewas di tempat kejadian, sementara satu orang lainnya mengalami luka berat.

    2. Pada Juli 2023

    Pada Sabtu, 15 Juli 2023 kecelakaan tragis yang merenggut nyawa satu keluarga terjadi di KM 113 Tol Cipularang arah Bandung. Korban tewas dalam kecelakaan ini adalah seorang ibu bernama Hermawati beserta dua anaknya, Caesar Faris Hersanto dan Vira.

    Peristiwa bermula ketika keluarga tersebut sedang melakukan perjalanan dengan menggunakan minibus Nissan Grand Livina. Saat mencoba menyalip, kendaraan mereka menabrak bagian belakang truk yang sedang berhenti di bahu jalan karena mengalami masalah mesin.

    3. Pada November 2024

    Sebuah truk tronton yang diduga mengalami rem blong menabrak puluhan kendaraan di KM 92 Tol Cipularang arah Jakarta pada Senin sore, 11 November 2024. Insiden ini melibatkan setidaknya 21 kendaraan dan menyebabkan 28 orang menjadi korban, dengan satu orang dinyatakan meninggal dunia.

    Dugaan awal menunjukkan bahwa kecelakaan ini terjadi karena truk tronton tersebut mengalami rem blong yang membuat pengemudi kehilangan kendali. Akibatnya, truk melaju tanpa terkendali dan menghantam puluhan kendaraan yang berada di depannya.

    Selain itu, kecelakaan ini juga disebabkan oleh pengemudi yang tidak mematuhi aturan lalu lintas, seperti berkendara dengan kecepatan tinggi dan kurangnya perhatian pada jarak aman yang turut memperburuk risiko kecelakaan di jalan ini.

    Rangkaian kecelakaan ini menunjukkan pentingnya peningkatan langkah-langkah keselamatan di Tol Cipularang, khususnya pada area yang sering mengalami kecelakaan seperti KM 90 hingga KM 92. 

    Pemeriksaan rutin terhadap kendaraan berat serta penegakan hukum yang lebih tegas terhadap pelanggaran lalu lintas menjadi langkah-langkah yang mendesak dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan di ruas jalan tol yang sibuk ini. (Angel Rinella)

    Jakarta: Tol Cipularang kembali menjadi lokasi tragedi maut yang mengguncang masyarakat, tepatnya di ruas KM 90 hingga KM 92. Daerah ini sudah lama dikenal sebagai titik rawan kecelakaan fatal, dengan sejumlah insiden tragis yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir.
     
    Kejadian terbaru menambah daftar panjang kecelakaan di wilayah ini, yang telah memakan banyak korban jiwa dan melukai puluhan orang lainnya.
     
    Ruas jalanan yang kerap dilalui oleh kendaraan berat dan pengendara dengan kecepatan tinggi ini terus menjadi perhatian karena tingginya potensi risiko yang dapat merenggut nyawa.
    Berikut Medcom.id telah merangkum deretan kejadian maut yang terjadi di Tol Cipularang KM 90 hingga KM 92:
     

    1. Pada Mei 2022

    Pada 17 Mei 2022, sebuah kecelakaan terjadi di KM 95 Tol Cipularang arah Bandung, melibatkan kendaraan Toyota Hiace dan sebuah truk. Kejadian ini diawali ketika kendaraan travel yang melaju dari arah Jakarta berada di jalur kanan.
     
    Saat mendekati KM 95, pengemudi travel diduga mengantuk, sehingga kendaraannya oleng ke kiri dan menabrak bagian samping truk yang berada di jalur satu. Akibat insiden tersebut, dua orang tewas di tempat kejadian, sementara satu orang lainnya mengalami luka berat.

    2. Pada Juli 2023

    Pada Sabtu, 15 Juli 2023 kecelakaan tragis yang merenggut nyawa satu keluarga terjadi di KM 113 Tol Cipularang arah Bandung. Korban tewas dalam kecelakaan ini adalah seorang ibu bernama Hermawati beserta dua anaknya, Caesar Faris Hersanto dan Vira.
     
    Peristiwa bermula ketika keluarga tersebut sedang melakukan perjalanan dengan menggunakan minibus Nissan Grand Livina. Saat mencoba menyalip, kendaraan mereka menabrak bagian belakang truk yang sedang berhenti di bahu jalan karena mengalami masalah mesin.

    3. Pada November 2024

    Sebuah truk tronton yang diduga mengalami rem blong menabrak puluhan kendaraan di KM 92 Tol Cipularang arah Jakarta pada Senin sore, 11 November 2024. Insiden ini melibatkan setidaknya 21 kendaraan dan menyebabkan 28 orang menjadi korban, dengan satu orang dinyatakan meninggal dunia.

    Dugaan awal menunjukkan bahwa kecelakaan ini terjadi karena truk tronton tersebut mengalami rem blong yang membuat pengemudi kehilangan kendali. Akibatnya, truk melaju tanpa terkendali dan menghantam puluhan kendaraan yang berada di depannya.

    Selain itu, kecelakaan ini juga disebabkan oleh pengemudi yang tidak mematuhi aturan lalu lintas, seperti berkendara dengan kecepatan tinggi dan kurangnya perhatian pada jarak aman yang turut memperburuk risiko kecelakaan di jalan ini.

    Rangkaian kecelakaan ini menunjukkan pentingnya peningkatan langkah-langkah keselamatan di Tol Cipularang, khususnya pada area yang sering mengalami kecelakaan seperti KM 90 hingga KM 92. 

    Pemeriksaan rutin terhadap kendaraan berat serta penegakan hukum yang lebih tegas terhadap pelanggaran lalu lintas menjadi langkah-langkah yang mendesak dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan di ruas jalan tol yang sibuk ini. (Angel Rinella)

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (WAN)

  • China Dibayangi Outflow Investor Asing dan Perlambatan Inflasi, Butuh Stimulus Lebih?

    China Dibayangi Outflow Investor Asing dan Perlambatan Inflasi, Butuh Stimulus Lebih?

    Bisnis.com, JAKARTA – Investor asing tercatat menarik lebih banyak uang keluar dari China pada kuartal III/2024. Catatan tersebut menjadi indikasi pesimisme investor meski pemerintah China telah meluncurkan langkah-langkah stimulus yang bertujuan untuk menstabilkan pertumbuhan.

    Mengutip Bloomberg pada Minggu (10/11/2024), data dari Administrasi Valuta Asing Negara atau State Administration of Foreign Exchange mencatat, investasi langsung China dalam neraca pembayarannya turun US$8,1 miliar pada kuartal III/2024. Indeks tersebut, yang mengukur investasi asing langsung atau foreign direct investment (FDI) di China, turun hampir US$13 miliar dalam sembilan bulan pertama periode 2024.

    Investasi asing di China telah merosot dalam tiga tahun terakhir setelah mencapai rekor tertinggi pada tahun 2021. Hal tersebut merupakan akibat dari ketegangan geopolitik, pesimisme terhadap negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia, dan persaingan yang lebih kuat dari perusahaan domestik China di industri seperti mobil. 

    Jika penurunan ini terus berlanjut hingga akhir tahun ini, maka hal ini akan menjadi net outflow FDI tahunan yang pertama setidaknya sejak 1990, ketika data pembanding dimulai.

    Perusahaan yang telah menarik kembali beberapa operasinya di China tahun ini termasuk produsen mobil Nissan Motor Co. dan Volkswagen AG, serta perusahaan lain seperti Konica Minolta Inc. Nippon Steel Corp. mengatakan pada bulan Juli bahwa mereka akan keluar dari usaha patungan di China, sementara International Business Machines Corp. menutup tim peneliti perangkat keras di negara tersebut, sebuah keputusan yang mempengaruhi sekitar 1.000 karyawan.

    Prospek meluasnya perang dagang dan memburuknya hubungan dengan Beijing selama masa jabatan kedua Presiden terpilih AS Donald Trump mungkin akan semakin membebani investasi. Ketua Kamar Dagang Amerika di Shanghai, Allan Gabor menyebut, ketegangan geopolitik adalah kekhawatiran utama para pengusaha.

    “Hal ini menyulitkan perencanaan investasi besar, namun sebaliknya, kami melihat banyak anggota melakukan investasi skala kecil dan menengah. Ini adalah lingkungan investasi yang jauh lebih sulit,” kata Gabor dalam wawancara dengan Bloomberg TV pekan lalu saat China International Import Expo.

    Namun, upaya pemerintah pada akhir September untuk menstimulasi perekonomian telah menguntungkan sekelompok investor asing, dengan nilai saham yang dimiliki oleh asing melonjak lebih dari 26% dibandingkan bulan Agustus, menurut data terpisah dari bank sentral. 

    Sementara itu, indeks saham acuan China naik hampir 21% pada bulan September setelah dimulainya upaya stimulus terkoordinasi, meskipun sejak itu indeks tersebut telah kehilangan sebagian dari kenaikan tersebut.

    Sebaliknya, investasi keluar dari China meningkat tajam. Pada kuartal III/2024, perusahaan-perusahaan Negeri Tirai Bambu meningkatkan aset mereka di luar negeri sekitar US$34 miliar, menurut data awal dari SAFE. Hal ini menyebabkan arus keluar pada tahun ini mencapai US$143 miliar, yang merupakan jumlah tertinggi ketiga dalam sejarah pada periode tersebut.

    Perusahaan China seperti BYD Co. dengan cepat meningkatkan kehadiran mereka di luar negeri untuk mengamankan bahan mentah dan membangun kapasitas produksi di pasar luar negeri. Tren ini kemungkinan akan terus berlanjut dan meluas, karena semakin banyak negara yang mengenakan tarif terhadap beberapa ekspor China seperti baja dan Amerika Serikat mengancam akan menerapkan tarif hukuman terhadap semua barang China.

    Inflasi Melambat

    Belum efektifnya paket stimulus yang digelontorkan China juga terlihat dari melambatnya laju inflasi pada Oktober 2024. Mengutip data Biro Statistik Nasional China, indeks harga konsumen (IHK) China naik 0,3% secara year on year (yoy), dibandingkan dengan kenaikan 0,4% yoy pada bulan sebelumnya. 

    Perkiraan rata-rata para ekonom yang disurvei oleh Bloomberg adalah bahwa pembacaan tersebut tidak akan berubah dari bulan September.

    Sementara itu, inflasi inti, yang tidak termasuk harga pangan dan bahan bakar yang fluktuatif, meningkat 0,2%. Inflasi produsen merosot selama 25 bulan berturut-turut, dengan penurunan 2,9% per tahun, lebih dari penurunan 2,5% yang diprediksi oleh para ekonom.

    Inflasi yang mendekati nol terus berlanjut memberikan bukti terbaru bahwa permintaan domestik China tetap rendah meskipun Beijing telah melakukan langkah-langkah stimulus sejak akhir September yang mencakup pemotongan suku bunga, lebih banyak uang tunai untuk pinjaman bank, dan dukungan untuk pasar saham dan properti.

    Chief Economist for Greater China Jones Lang LaSalle Inc, Bruce Pang mengatakan, rentetan kebijakan stimulus China yang dikeluarkan sejak akhir September masih akan membutuhkan waktu untuk menunjukkan dampaknya dalam meningkatkan permintaan domestik.

    “PPI (producer price index) yang negatif menyeret harga barang-barang konsumen, sementara kepercayaan konsumen dan permintaan yang lesu menarik kembali harga jasa,” kata Pang dikutip dari Bloomberg, Minggu (10/11/2024).

    Pang memperkirakan, laju inflasi akan tetap rendah hingga akhir tahun, yang akan meningkatkan prospek penurunan suku bunga lebih lanjut awal tahun depan.

    Pemerintah mungkin akan mendapat tekanan lebih besar untuk meningkatkan kebijakan guna meningkatkan konsumsi, karena ekspor China — pendorong utama pertumbuhan negara tahun ini — menghadapi risiko tarif yang jauh lebih tinggi yang diancam oleh Presiden terpilih AS Donald Trump.

    Pemerintah China telah berjuang untuk meningkatkan pengeluaran rumah tangga setelah kemerosotan real estat selama bertahun-tahun dan pasar kerja yang lemah menggerogoti kepercayaan. Harga produsen yang turun juga menekan laba perusahaan dan membuat mereka enggan berinvestasi.

    Siklus penurunan harga yang mengakar berisiko menahan konsumen untuk tidak berbelanja karena mengantisipasi bahwa barang akan lebih murah di masa mendatang. 

    “Pasar dengan cemas menunggu rincian stimulus fiskal yang potensial. Ukuran penting, tetapi komposisinya sama pentingnya,” kata Zhiwei Zhang, President and Chief Economist di Pinpoint Asset Management.

  • ‘Era Kegelapan’ Para Raksasa Otomotif, Tutup Pabrik-PHK 10.000 Pekerja

    ‘Era Kegelapan’ Para Raksasa Otomotif, Tutup Pabrik-PHK 10.000 Pekerja

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Akhir tahun 2024 bisa dibilang menjadi era kegelapan industri otomotif dunia. Bagaimana tidak? Ada 3 pabrikan otomotif raksasa yang dikabarkan bakal melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran terhadap ribuan karyawannya.

    Tiga produsen mobil itu adalah Nissan, Volkswagen dan Stellantis.

    Berikut ini merupakan informasi seputar badai PHK yang menghantam para ‘raksasa’ tersebut.

    Nissan PHK 9.000 Karyawan

    Raksasa otomotif Jepang, Nissan, mengumumkan rencana PHK ke 9.000 karyawannya. Pemecatan ini dilakukan seiring dengan perkiraan anjloknya angka penjualan.

    Manajemen Nissan menyatakan perlu mengambil langkah-langkah mendesak. Mereka menggambarkan kondisi saat ini sebagai ‘situasi yang parah’.

    Dalam pernyataan pers perusahaan melaporkan penurunan laba bersih sebesar 93% pada semester pertama 2024. CEO Nissan Makoto Uchida mengatakan kepada wartawan bahwa lemahnya penjualan di pasar Amerika Utara merupakan faktor utama.

    Nissan dan rival domestiknya juga kesulitan mempertahankan posisi mereka di China. Berkembangnya perusahaan kendaraan listrik yang didukung oleh pemerintah Xi Jinping menjadi penyebabnya.

    “Menghadapi situasi yang parah, Nissan mengambil langkah-langkah mendesak untuk memperbaiki kinerjanya dan menciptakan bisnis yang lebih ramping dan tangguh yang mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan di pasar,” demikian pernyataan perusahaan, dikutip dari AFP, Minggu, (10/11/2024).

    “Nissan akan mengurangi kapasitas produksi global sebesar 20% dan mengurangi tenaga kerja global sebanyak 9.000 orang,” kata dia lagi.

    Sementara itu secara khusus, Uchida sendiri secara sukarela menghapus 50% kompensasi bulanannya mulai November 2024. Anggota komite eksekutif lainnya juga akan secara sukarela melakukan pengurangan gaji.

    Nissan memperkirakan penjualan bersih sebesar 12,7 triliun yen (Rp 1.296 triliun), turun dari perkiraan sebelumnya sebesar 14 triliun yen. Namun Nissan tidak mengeluarkan perkiraan laba bersih baru setelah menurunkannya pada bulan Juli menjadi 300 miliar yen di mana dalam enam bulan hingga September, laba bersih hanya 19,2 miliar yen.

    “Laba bersih akan ditentukan berdasarkan penilaian berkelanjutan atas biaya yang diperlukan untuk upaya penyelesaian yang direncanakan,” kata Uchida lagi.

    Selain itu, Nissan juga akan mengurangi kepemilikannya di Mitsubishi Motors. Perusahaan akan menjual kembali sahamnya. Dengan begitu, kepemilikan Nissan di Mitsubishi akan turun menjadi sekitar 24% dari 34% saat ini. Nissan menyebut akan tetap menjalin hubungan dekat dengan perusahaan tersebut.

    Nissan telah mengalami dekadi yang penuh dengan gejolak. Salah satunya adalah peristiwa penangkapan mantan bosnya, Carlos Ghosn pada 2018. Carlos keluar penjara dengan jaminan dan melarikan diri dari Jepang dengan bersembunyi di dalam kotak peralatan musik.

    Carlos masih menjadi buronan internasional di Lebanon dan membantah tuduhan terhadapnya. Dia mengatakan meninggalkan Jepang karena dia tidak percaya dia bisa mendapatkan pengadilan yang adil.

    Stellantis PHK 1.100 Karyawan

    Kabar buruk juga datang dari perusahaan manufaktur otomotif Stellantis. Stellantis menyatakan akan melakukan PHK ke sekitar 1.100 karyawan di pabrik Jeep Gladiator di Toledo, Ohio, Amerika Serikat (AS). Rencana PHK ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi inventaris di seluruh operasinya di Amerika Utara.

    “Ini adalah tindakan yang sulit untuk diambil, tetapi diperlukan untuk memungkinkan perusahaan mendapatkan kembali keunggulan kompetitifnya dan akhirnya mengembalikan produksi ke tingkat sebelumnya,” kata Stellantis dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters.

    Produsen mobil tersebut baru-baru ini merombak manajemen senior sebagai upaya untuk memulihkan penjualan yang merosot di wilayah tersebut. Stellantis juga telah memangkas tenaga kerja bergaji dan per jam selama setahun terakhir.

    Keputusan CEO Carlos Tavares untuk memangkas pekerja manufaktur, seperti yang ada di Toledo, telah membuat marah serikat pekerja United Auto Workers (UAW), yang mewakili para karyawan ini.

    Presiden UAW Shawn Fain telah mengancam akan melakukan aksi mogok nasional di pabrik-pabrik Stellantis hanya setahun setelah pemogokan selama enam minggu di produsen mobil tersebut dan para pesaingnya di Detroit.

    Volkswagen Tutup Tiga Pabrik

    Raksasa Jerman, Volkswagen (VW), juga terus mengalami hambatan dari segi keuangan dan operasional karena lemahnya penjualan. Awal November perusahaan melaporkan penurunan laba Q3 sebesar 42% ke level terendah dalam tiga tahun.

    Akibat situasi ini, karyawan VW mengalami pemotongan gaji sebesar 10%. Manajemen beralasan, itu adalah satu-satunya cara bagi produsen mobil terbesar di Eropa itu menyelamatkan lapangan kerja.

    “Hal ini menyoroti kebutuhan mendesak untuk pengurangan biaya yang signifikan dan peningkatan efisiensi,” kata kepala keuangan Arno Antlitz dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters.

    Pernyataan ini adalah konfirmasi resmi pertama dari langkah-langkah pemotongan biaya yang ingin diterapkan VW untuk membalikkan keadaan. Kinerja melemah karena biaya tinggi dan permintaan yang lemah di China.

    Antlitz mengatakan ia yakin bahwa perusahaan dapat mencapai kesepakatan dengan para pekerja. Namun ia realistis dengan tidak dapat mengesampingkan kemungkinan pemogokan, dengan perusahaan mempertimbangkan pemotongan biaya lebih dari 10 miliar euro (Rp 169 triliun).

    Perusahaan juga disebut akan menutup pabrik. Meski tak mengumumkan langsung rencana itu, perwakilan buruh mengatakan bahwa opsi itu ada, dengan perusahaan mempertimbangkan menutup tiga di antaranya yang pasti mempengaruhi karyawan.

    “Dari sudut pandang perusahaan, penutupan pabrik masih menjadi pertimbangan, yakni belum sepenuhnya dikesampingkan,” ungkap kepala dewan pekerja Volkswagen Daniela Cavallo.

    “Hari ini merupakan sinyal awal untuk maraton di mana kedua belah pihak akhirnya memahami bahwa mereka harus melewati garis finis bersama-sama,” tambahnya.

    Pasar mobil Eropa telah menyusut sekitar 2 juta kendaraan sejak pandemi, yang mengakibatkan penjualan VW berkurang sekitar 500.000 unit per tahun. Model yang lebih murah dari Tesla dan produsen mobil China telah memperoleh pangsa pasar di Eropa.

    (luc/luc)

  • Nasib Pilu 9 Ribu Karyawan Produsen Mobil Jepang

    Nasib Pilu 9 Ribu Karyawan Produsen Mobil Jepang

    Jakarta

    Salah satu raksasa otomotif asal Jepang, Nissan, akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) 9.000 karyawan di seluruh dunia. Langkah PHK massal ini dimaksudkan untuk mengurangi produksi global imbas sepinya penjualan mobil perusahaan di China dan Amerika Serikat.

    Melansir Reuters, Sabtu (9/11/2024), jumlah pemangkasan ini kurang lebih setara 6,7% dari total karyawan perusahaan di seluruh dunia yang mencapai 133.580 orang. Melalui pemangkasan itu Nissan dapat menurunkan kapasitas produksi global perusahaan hingga 20%.

    Di luar itu pemangkasan ini menjadi lebih penting untuk dilakukan Nissan guna mengurangi beban biaya sebesar US$ 2,6 miliar atau Rp 40,74 triliun (kurs Rp 15.672/dolar AS) pada tahun fiskal 2024 ini di tengah kemerosotan penjualan di China dan AS tersebut.

    Lebih lanjut, Nissan juga memangkas prospek laba tahunannya sebesar 70% menjadi 150 miliar yen atau US$ 975 juta (Rp 15,28 triliun). Ini merupakan kedua kalinya mereka menurunkan perkiraan tersebut tahun ini.

    Kondisi ini terjadi lantaran penjualan Nissan mengalami penurunan yang cukup drastis di Negeri Tirai Bambu imbas dominasi produsen mobil listrik BYD dan brand lokal lainnya di kawasan itu.

    Namun masalah yang lebih serius bagi Nissan mungkin terjadi di AS, di mana mereka tidak memiliki produk mobil hybrid yang mampu bersaing di pasar Negeri Paman Sam itu. Kondisi ini berbeda dengan rival perusahaan asal Jepang, Toyota yang berhasil menerima lonjakan permintaan mobil hybrid.

    “Nissan salah mengartikan permintaan mobil hybrid di Amerika Serikat. Kami tidak memperkirakan HEV (Hybrid Electric Vehicle) akan meningkat secepat ini,” kata CEO Makoto Uchida dalam konferensi pers.

    “Kami mulai memahami tren ini menjelang akhir tahun fiskal lalu,” jelasnya seraya menambahkan bagaimana perusahaan gagal dalam membuat beberapa perubahan pada model inti kendaraan hibrida miliknya sehingga tertinggal di pasar AS.

    (hns/hns)

  • Spesifikasi Maxus Mifa 7, Rival Toyota Voxy-Nissan Serena di Indonesia

    Spesifikasi Maxus Mifa 7, Rival Toyota Voxy-Nissan Serena di Indonesia

    Jakarta

    Produsen roda empat asal China, Maxus untuk kali pertama menampilkan Maxus Mifa 7 di Indonesia. Kendaraan listrik tersebut akan menantang nama-nama tenar seperti Toyota Voxy, Nissan Serena dan Honda Step WGN yang meluncur sebentar lagi.

    Yudhy Tan selaku Chief Operating Officer (COO) Maxus Indonesia menegaskan, Mifa 7 secara resmi akan meluncur di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2024. Pengumuman harga juga akan disampaikan di acara tahunan tersebut.

    “Mobil ini sudah bisa dipesan di GJAW 2024. Pengumuman harga juga nanti (disampaikan) di sana,” ujar Yudhy Tan saat ditemui di Menteng, Jakarta Selatan, Kamis (7/11).

    Maxus Mifa 7. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Sebagai permulaan, Maxus Indonesia akan mengimpor utuh Mifa 7 dari China. Namun, dalam waktu dekat, mereka akan merakitnya secara lokal di pabrik Purwakarta, Jawa Barat.

    Lantas, apa yang membuat Maxus Mifa 7 spesial? Benarkah kendaraan listrik tersebut mampu meladeni pertarungan menghadapi nama-nama beken yang telah meluncur lebih dulu? Biar kenal lebih dekat, berikut kami rangkum spesifikasinya.

    Spesifikasi Maxus Mifa 7

    Secara tampilan, Maxus Mifa 7 mengusung konsep khas MPV premium, yakni berdimensi besar dengan desain mengotak dan minim ornamen. Kendaraan tersebut menggunakan headlamp segaris yang dirancang seperti terhubung. Sementara tulisan ‘Maxus’ terpampang jelas di area kap mesin.

    Di bagian dalam, kesan mewahnya masih sangat terasa. Produsen melapisi dasbor dan jok dengan material khusus yang terlihat elegan. Kursi belakangnya mengadopsi model captain seat yang membuat penumpang merasa nyaman.

    Maxus Mifa 7. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Namun, berbeda dengan Mifa 9 sebagai kakak kandungnya, captain seat di Mifa 7 tak dibekali fitur pijat otomatis. Meski demikian, hal tersebut tak mengurangi kesan mewah di kendaraan.

    Maxus Mifa 7 punya sertifikat keamanan ENCAP bintang lima. Baterainya sama dengan Mifa 9, yakni 90 kwh. Namun, ukurannya yang lebih mungil membuat jarak tempuh kendaraan lebih jauh, yakni 480 km!

    Kendaraan ramah lingkungan tersebut juga dibekali sejumlah fitur standar, seperti panel instrumen yang dibuat terhubung dengan layar hiburan, punya delapan pengeras suara premium, driver assistance, kamera 360 dan masih banyak lagi.

    Selain itu ada fitur keamanan lain seperti airbags depan dan samping, Forward Collision Warning, Autonomous Emergency Braking, Lane Departure Warning, Lane Keeping Assist, Emergency Lane Keeping, Adaptive Cruise Control, Integrated Cruise Assist, Rear Collision Warning, Intelligent High beam Control dan lainnya.

    (sfn/dry)

  • Regular Mulai Rp 40 Ribu, Pre-Sale dari Rp 20 Ribu

    Regular Mulai Rp 40 Ribu, Pre-Sale dari Rp 20 Ribu

    Jakarta

    Harga tiket GJAW 2024 bisa Anda simak di sini. Pameran otomotif tahunan itu kembali diselenggarakan. Jika sebelumnya GJAW selalu dilaksanakan di JCC, Senayan, Jakarta, maka mulai tahun ini GJAW pindah lokasi ke ICE-BSD City, Tangerang. Harga tiket GJAW ditawarkan mulai Rp 40 ribu untuk regular dan Rp 20 ribu untuk pembelian pre-sale.

    Pameran otomotif tahunan yang diprakarsai Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) serta didukung penuh oleh Kementerian Perindustrian siap kembali menyapa para pecinta otomotif tanah air dalam gelaran ketiga Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024, yang akan berlangsung di lokasi baru yaitu ICE, BSD-City pada 22 November hingga 1 Desember 2024.

    Pada tahun ini Gaikindo menggandeng Mandiri Utama Finance (MUF) sebagai sponsor utama dalam penyelenggaraan GJAW 2024. Fokusnya, mendorong penjualan kendaraan di akhir tahun.

    “Berbeda dari pameran Gaikindo lainnya, MUF GJAW bertujuan buat secara langsung mendorong penjualan, jadi keunggulan pameran ini adalah program, dan penawarannya, hadirkan momentum terbaik bagi masyarakat yang ingin memiliki kendaraan baru dengan berbagai penawaran eksklusif,” kata Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi di Jakarta, Kamis (7/11/2024).

    Home of 1.000 Cars and Excitement

    GJAW 2024 mengusung tema Home of 1.000 Cars and Excitement GJAW 2024 akan fokus memberikan pengalaman luar biasa bagi para pengunjung. Tidak hanya akan disuguhkan jajaran mobil terkini dari berbagai merek ternama dunia, GJAW 2024 juga menghadirkan kegiatan olahraga otomotif interaktif yang dirancang menghibur dan mendekatkan pengunjung dengan dunia otomotif.

    “Fokus berbeda akan diusung penyelenggaraan MUF GJAW di mana pengalaman dan kemudahan bagi pengunjung akan jadi prioritas. Tidak lagi pengalaman melihat teknologi terkini dari industri kendaraan bermotor Indonesia, namun kemudahan mencoba langsung dan kemudahan memiliki kendaraan,” kata Rizwan Alamsjah, Ketua Penyelenggara GJAW 2024.

    Menurut Rizwan, kolaborasi berbagai promo dari peserta serta kemudahan pembiayaan dari Mandiri Utama Finance dalam GJAW 2024 seperti suku bunga 2% dan biaya administrasi mulai dari Rp 1, menjadikan GJAW 2024 momen terbaik bagi konsumen untuk belanja kendaraan bermotor.

    Sejumlah pengunjung memilih mobil di pameran Gaikindo Jakarta Auto week, JCC, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (17/3/2023). Pameran GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 diyakini menjadi momen tepat untuk masyarakat membeli mobil baru buat mudik Lebaran tahun ini. Foto: Pradita Utama

    Daftar Merek Peserta GJAW 2024

    GJAW 2024 ini akan diikuti lebih dari 80 merek otomotif yang terdiri dari 27 merek kendaraan penumpang, termasuk Aletra, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, Ford, GAC Aion, Honda, KIA, Lexus, Mazda, Maxus, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Wuling, dan Zeekr. Dari segmen kendaraan roda dua, sebanyak 12 merek, seperti Alva, Aprilia, Harley-Davidson, Motoguzzi, Piaggio, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, V Move, Yamaha dan ZPT, turut serta untuk menambah ragam pilihan pengunjung. Lebih dari 40 merek industri pendukung juga siap meramaikan GJAW 2024.

    Luasan lahan yang meningkat 2 kali lipat juga memaksimalkan program GJAW 2024 yang memberikan pengalaman dan menawarkan keseruan untuk para pengunjung. Tak hanya menjadi ajang pameran kendaraan, tetapi juga akan menghadirkan beragam program interaktif yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan, mulai dari penggemar otomotif, komunitas, hingga keluarga. Program-program tersebut terbagi menjadi tiga kategori utama: Motorsport Program, Community Program, dan Family Program, yang semuanya dirancang untuk memberikan pengalaman yang berkesan bagi setiap pengunjung.

    Dengan program-program tersebut, GJAW 2024 berkomitmen untuk memberikan pengalaman pameran yang lengkap, interaktif, dan menghibur bagi seluruh pengunjung dari berbagai kalangan. Tak hanya menjadi tempat untuk menemukan kendaraan impian, GJAW juga menghadirkan suasana perayaan otomotif yang menarik dan penuh keseruan.

    “MUF GJAW akan menjadi the complete automotive exhibition, untuk tujuan belanja kendaraan dan produk otomotif dengan penawaran terbaik di akhir tahun, kemudahan mencoba, mencari pengalaman motorsport interaktif, hingga kegiatan keluarga,” jelas Rizwan lagi.

    Harga Tiket GJAW 2024

    Dengan beragam merek, program interaktif, dan penawaran menarik yang ditawarkan, GJAW 2024 siap menjadi rumah bagi ribuan kendaraan dan pengalaman otomotif yang tak terlupakan bagi semua pengunjung. Untuk dapat merasakan segala keseruan yang dihadirkan pada MUF GJAW 2024, pengunjung dapat memanfaatkan promo penjualan tiket presale yang dapat dibeli online pada aplikasi Auto360 dan diadakan pada:

    • Pre-Sale I pada 8 – 10 November 2024 dengan diskon tiket sebesar 50% untuk tiket weekdays menjadi Rp 20.000 dan tiket weekends menjadi Rp 35.000.
    • Pre-Sale II pada 11 – 13 November 2024 dengan diskon tiket sebesar 25% untuk tiket weekdays menjadi Rp 30.000 dan tiket weekends menjadi Rp 52.500.

    Tiket regular selanjutnya dapat diakses mulai 14 November secara online dengan harga tiket weekdays Rp 40.000 dan harga tiket weekends Rp 70.000. Tiket on the spot juga tersedia selama acara berlangsung dengan harga tiket weekdays Rp 50.000 dan harga tiket weekends Rp 80.000.

    (lua/din)