brand merek: Nissan

  • Honda dan Nissan Mau Merger Bikin Induk Perusahaan Baru, Mitsubishi Ikutan?

    Honda dan Nissan Mau Merger Bikin Induk Perusahaan Baru, Mitsubishi Ikutan?

    Jakarta

    Sebanyak dua raksasa otomotif asal Jepang, Honda dan Nissan secara resmi mengumumkan rencana untuk melakukan merger. Bersamaan dengan itu, Mitsubishi Motors selaku produsen otomotif Negeri Sakura lain juga sudah setuju untuk ikut bergabung dalam pembicaraan tentang rencana integrasi bisnis tersebut.

    Mengutip CNN, Senin (23/12/2024), Honda dan Nissan mengumumkan bahwa mereka sudah menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait rencana merger hari ini. Melalui MoU tersebut, kedua perusahaan akan memiliki perjanjian merger formal pada Juni 2025 dan menyelesaikan kesepakatan pada Agustus 2026.

    Presiden Honda Motor Co, Toshihiro Mibe, mengatakan kedua perusahaan akan berusaha menyatukan operasi mereka di bawah perusahaan induk bersama yang awalnya akan dipimpin oleh Honda, sembari mempertahankan prinsip dan merek dari masing-masing perusahaan.

    “Tidak ada nilai dolar yang diberikan dan pembicaraan formal baru saja dimulai. Ada poin-poin yang perlu dipelajari dan didiskusikan. Terus terang, kemungkinan ini tidak dilaksanakan (batal merger) bukanlah nol,” kata Mibe.

    Sementara itu Kepala Eksekutif Nissan, Makoto Uchida, mengatakan aksi merger ini nantinya dapat membuat perusahaan jadi semakin efisien dalam merespons selera dan keinginan pasar, kenaikan biaya operasi, dan perubahan global lainnya.

    “Kami mengantisipasi bahwa jika integrasi ini membuahkan hasil, kami akan dapat memberikan nilai yang lebih besar kepada basis pelanggan yang lebih luas,” kata Uchida.

    Jika benar terjadi, merger antara Honda-Nissan-Mitsubishi ini diprediksi dapat menciptakan raksasa otomotif baru yang bernilai lebih dari US$ 50 miliar atau Rp 809,8 triliun (kurs Rp 16.196). Menjadikan mereka produsen mobil terbesar ketiga di dunia setelah Toyota Motor Corp dan Volkswagen AG.

    Di luar itu, nilai saham Nissan yang diperdagangkan di Tokyo naik 1,6% pada perdagangan hari ini, setelah rencana merger itu resmi disampaikan. Nilai saham itu tercatat sudah melonjak lebih dari 20% setelah kabar tentang kemungkinan merger tersiar minggu lalu.

    Kemudian untuk nilai saham Honda juga tercatat mengalami lonjakan hingga 3,8% hari ini. Menandakan sambutan positif dari para investor atas rencana penggabungan dua raksasa otomotif Negeri Sakura ini.

    (ara/ara)

  • Resmi Honda dan Nissan Merger

    Resmi Honda dan Nissan Merger

    Jakarta, CNN Indonesia

    Honda Motor Co., Ltd. dan Nissan Motor Co., Ltd. telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk merger. Kedua perusahaan membentuk perusahaan induk baru bersama di Tokyo, Jepang.

    MoU dibuat oleh kedua perusahaan pada 1 Agustus 2024, sekaligus dimulainya kemitraan strategis fokus pada kecerdasan buatan dan kendaraan elektrifikasi.

    Nissan dan Honda sepakat untuk melakukan penelitian dalam teknologi untuk kendaraan berbasis perangkat lunak (SDV) generasi mendatang, khususnya di bidang yang vital untuk kendaraan masa depan.

    Nota kesepahaman antara Nissan dan Honda yang diumumkan hari ini Senin (23/12) agar kedua perusahaan lebih kompetitif memberikan produk dan teknologi bagi pelanggan di seluruh dunia dari lini model ICE, HEV, PHEV, dan EV.

    Selain itu dalam kemitraan ini, Nissan dan Honda berharap dapat berkontribusi pada pengembangan basis industri Jepang sebagai perusahaan otomotif global tidak hanya roda empat namun juga bisnis kendaraan roda dua seperti dilakukan oleh Honda saat ini.

    “Hari ini menandai momen penting saat kami memulai diskusi tentang integrasi bisnis yang berpotensi membentuk masa depan kami. Jika terwujud, saya yakin bahwa dengan menyatukan kekuatan kedua perusahaan, kami dapat memberikan nilai yang tak tertandingi kepada pelanggan di seluruh dunia,” kata Direktur, Presiden, CEO, dan Representative Executive Officer Nissan Makoto Uchida dalam keterangan resmi.

    Nissan dan Honda berkomitmen untuk menjadi perusahaan mobilitas global dengan pendapatan penjualan melebihi 30 triliun yen dan laba operasi lebih dari 3 triliun yen.

    Pada 2026, perusahaan induk gabungan yang baru dijadwalkan akan terdaftar di Bursa Efek Tokyo pada Agustus 2026.

    (rac/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Video : Sah! Honda dan Nissan Mulai Jajaki Kerja Sama

    Video : Sah! Honda dan Nissan Mulai Jajaki Kerja Sama

    Video :

    Video : Sah! Honda dan Nissan Mulai Jajaki Kerja Sama

    News

    38 menit yang lalu

  • IMAS Benarkan Honda dan Nissan Jepang Bakal Merger

    IMAS Benarkan Honda dan Nissan Jepang Bakal Merger

    Jakarta, FORTUNE – PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS) memberikan tanggapan mengenai kabar rencana Merger antara dua raksasa otomotif Jepang, Honda dan Nissan.

    Direktur Utama IMAS, Jusak Kertowidjojo, membenarkan kabar mengenai merger tersebut. Namun, hingga saat ini belum ada pembicaraan resmi yang melibatkan perusahaan terkait rencana aksi korporasi tersebut.

    “Sampai saat ini, belum ada diskusi antara perseroan dengan Nissan Global mengenai rencana merger antara Nissan dan Honda,” kata Jusak dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (23/12).

    Honda dan Nissan direncanakan akan menggelar rapat demi membahas merger pada awal pekan ini. Rencana tersebut mencakup pembentukan induk usaha baru yang akan menjadi payung operasional kedua perusahaan.

    Jusak mengatakan pihaknya belum dapat memprediksi dampak jangka pendek maupun panjang dari potensi penggabungan Honda dan Nissan.

    “Saat ini, kami tidak memiliki informasi atau kejadian material lainnya yang dapat memengaruhi keberlangsungan perusahaan maupun harga saham kami,” ujarnya.

    Potensi merger Honda-Nissan

    Menurut laporan dari Nikkei, merger antara Honda dan Nissan dapat menciptakan grup otomotif terbesar ketiga di dunia berdasarkan total penjualan, setelah Toyota dan Volkswagen. Namun, perwakilan dari kedua perusahaan di Amerika Serikat belum memberikan komentar terkait jadwal dimulainya negosiasi.

    Langkah penggabungan ini dianggap sebagai strategi untuk memperkuat hubungan kedua perusahaan di tengah tekanan dari Foxconn, produsen iPhone yang berbasis di Taiwan. Foxconn dilaporkan mendekati Nissan untuk mengakuisisi saham di perusahaan tersebut. 

    Honda disebut mengancam akan membubarkan kemitraan teknologi yang sudah ada jika Nissan melanjutkan kerja sama dengan Foxconn atau jika terjadi pengambilalihan paksa oleh Foxconn. Dalam skenario ini, Honda berpotensi menjadi penyelamat bagi Nissan.

    Jika merger ini terwujud, Honda dan Nissan diperkirakan akan membentuk perusahaan dengan valuasi mencapai US$54 miliar atau sekitar Rp876 triliun. Dengan kapasitas produksi tahunan mencapai 7,4 juta unit, gabungan kedua perusahaan ini akan menjadi benteng pertahanan di pasar domestik melawan Toyota Motor Corp. serta memungkinkan mereka untuk bersaing dengan Tesla dan produsen kendaraan listrik asal Tiongkok di pasar global.

  • Bentuk Perusahaan Induk Baru, Honda-Nissan IPO di Tokyo 2026

    Bentuk Perusahaan Induk Baru, Honda-Nissan IPO di Tokyo 2026

    Jakarta, CNN Indonesia

    Dua perusahaan otomotif asal Jepang, Honda dan Nissan dikabarkan untuk menyelesaikan perjanjian merger secepatnya pada Juni 2025. Kedua perusahaan disebut sepakat mendirikan perusahaan induk baru yang direncanakan akan terdaftar di Bursa Efek Tokyo pada Agustus 2026.

    Kedua perusahaan mobil tersebut berencana akan menunjuk seorang presiden yang dipilih oleh Honda. Pengumuman akan dilakukan sore ini, Senin (23/12), setelah perusahaan mengadakan rapat dewan.

    Selanjutnya perusahaan akan mengadakan konferensi pers bersama yang akan dihadiri oleh mitra aliansi Nissan, Mitsubishi Motors.

    Kedua perusahaan masih menolak untuk berbicara sampai ada pengumuman resmi.

    Honda dan Nissan telah menjajaki berbagai cara untuk meningkatkan kemitraan mereka, termasuk merger, karena menghadapi tantangan yang semakin besar dari Tesla dan pesaing baru dan saingan dari China.

    Honda dan Nissan pada bulan Maret menyebut sedang mempertimbangkan kerja sama dalam elektrifikasi dan pengembangan perangkat lunak.

    Mereka setuju melakukan kolaborasi penelitian bersama dan memperluas kerja sama dengan Mitsubishi Motors pada Agustus lalu.

    Bentuk-bentuk integrasi yang sedang didiskusikan termasuk Honda memasok kendaraan hybrid ke Nissan dan penggunaan bersama pabrik perakitan mobil Nissan di Inggris.

    Sebelumnya, Nissan mengumumkan rencana memangkas 9.000 pekerjaan dan 20 persen kapasitas produksi globalnya pada November lalu, setelah penjualan anjlok di pasar-pasar utamanya di China dan Amerika Serikat.

    Honda juga melaporkan hasil pendapatan yang anjlok dari perkiraan karena penurunan penjualan di China.

    Saham Nissan merosot sebanyak 2,6 persen, sehingga total penurunan sepanjang tahun ini sekitar 21 persen. Sedangkan saham Honda diperdagangkan 2,1 persen lebih tinggi. Saham tersebut telah turun 14,4 persen sejak Januari.

    (can/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Kritik Menohok Carlos Ghosn soal Rumor Merger Nissan-Honda

    Kritik Menohok Carlos Ghosn soal Rumor Merger Nissan-Honda

    Jakarta

    Mantan bos Nissan, Carlos Ghosn mengomentari kabar merger Nissan dan Honda. Menurutnya keputusan itu hanya langkah frustasi dari Nissan yang mengalami kemerosotan penjualan.

    Nissan sedang dalam kesulitan saat ini namun kondisinya tak kunjung membaik. Sebagai contoh, Nissan berencana untuk memangkas 9.000 pekerjaan, menunda produk yang akan datang, dan kini berusaha untuk menemukan pendukung keuangan untuk menstabilkan operasinya.

    Seolah-olah itu belum cukup, Nissan dikabarkan sedang menjajaki merger dengan Honda. Menurut Eks bos Nissan, Carlos Ghosn situasi ini menimbulkan masalah besar bagi Nissan, dan tampaknya, Honda tidak terlalu bersemangat untuk terlibat.

    “Ini adalah langkah putus asa,” kata Ghosn pada hari Jumat di Bloomberg Television.

    “Ini bukan kesepakatan pragmatis karena terus terang, sinergi antara kedua perusahaan sulit ditemukan. Praktis tidak ada [hubungan] yang saling melengkapi antara kedua perusahaan. Mereka berada di pasar yang sama. Mereka [dalam] produk yang sama. Merek-mereknya sangat mirip,” kata Ghosn.

    “Jadi dengan cara tertentu dari satu sisi, Nissan adalah langkah putus asa untuk mencoba menemukan masa depan,” lanjut Ghosn.

    “Dan dari sisi lain, Honda, yang jika saya mengerti dengan baik, mereka tidak terlalu bersemangat tentang langkah ini tetapi, Anda tahu, Anda harus mengandalkan METI di Jepang.”

    Yang dia maksud adalah Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI). Pada dasarnya, Ghosn percaya bahwa METI menekan Honda untuk melakukan kesepakatan ini karena pada akhirnya akan menjaga salah satu merek terbesar Jepang tetap hidup.

    “Setelah tinggal di Jepang selama bertahun-tahun, saya mengerti betapa berpengaruhnya METI,” jelas Ghosn.

    “Menurut pendapat saya, tidak ada logika industri untuk itu, tetapi ada saat ketika Anda harus memilih antara kinerja dan kontrol. Jelas, jika Anda dapat memiliki keduanya, itu lebih baik. Tetapi ada saat-saat ketika Anda harus memilih, dan tanpa keraguan, dengan METI dan semua yang saya tahu darinya, mereka lebih memilih kontrol atas kinerja. Jadi mereka mendorong Honda ke dalam kesepakatan, tanpa keraguan,” kata Ghosn.

    Nissan secara global sedang mengalami krisis karena penjualan yang terus menurun di dua pasar terbesar mereka di China dan Amerika Serikat.

    Pada paruh pertama tahun fiskal 2024 misalnya, penjualan Nissan turun 3,8%, menjadi 1,59 juta unit. China sebagai salah satu pasar terbesar Nissan bahkan mengalami penurunan yang lebih tajam, yakni mencapai 14,3%.

    Kondisi tersebut semakin diperburuk oleh maraknya mobil listrik murah dari China yang menawarkan harga kompetitif dan berhasil merebut pangsa pasar global. Jika kondisi seperti ini terus berlanjut, Nissan diperkirakan akan menghadapi utang terbesar dalam sejarahnya pada 2026, yang bisa mencapai USD 5,6 miliar atau setara Rp 85 triliun.

    Dalam laman BBC, raksasa pembuat mobil asal Jepang itu mengatakan akan memangkas 9.000 pekerjaan di seluruh dunia dalam upaya penghematan biaya yang akan membuat produksi globalnya berkurang seperlima.

    Produksi di AS dan China turun 15%, sementara produksi di Inggris anjlok 23% dan produksi di Jepang menyusut 4%. Titik terang Nissan berada di Meksiko, di mana produksi naik 12% menjadi 70.382 kendaraan.

    (riar/dry)

  • Negosiasi Segera Dimulai, Merger Honda-Nissan Disebut Terealisasi 2026

    Negosiasi Segera Dimulai, Merger Honda-Nissan Disebut Terealisasi 2026

    Bisnis.com, JAKARTA — Honda Motor Co. dan Nissan Motor Co. dikabarkan berencana untuk menyelesaikan perjanjian merger secepatnya pada bulan Juni setelah negosiasi dimulai pada Senin (23/12/2024) dan mungkin akan bergabung pada 2026 mendatang.

    Berdasarkan laporan dari stasiun penyiaran Jepang, NHK, yang dikutip dari Bloomberg, kedua produsen mobil tersebut berencana untuk membuat perusahaan induk yang akan dipimpin oleh seorang presiden yang dipilih oleh Honda. Sebuah jumpa pers diharapkan berlangsung pada sore ini, Senin (23/12/2024), setelah perusahaan mengadakan rapat dewan.

    Presiden Honda, Nissan, dan Mitsubishi Motor Corp.—mitra junior Nissan—terlihat memasuki dan meninggalkan kementerian transportasi Jepang pada hari Senin (23/12/2024) pagi, kemungkinan untuk memberi tahu para pejabat tentang rencana mereka untuk secara resmi memulai pembicaraan merger.

    Para eksekutif tidak menanggapi permintaan komentar saat mereka pergi, dan juru bicara Nissan dan Honda menolak berkomentar.

    Sebuah laporan terpisah di Yomiuri mengatakan tujuannya adalah untuk bergabung pada tahun 2026 dan menjadikan perusahaan induk sebagai kendaraan yang terdaftar. Saham Nissan merosot sebanyak 2,6%, sehingga penurunan untuk tahun ini menjadi sekitar 21%. Saham Honda diperdagangkan 2,1% lebih tinggi dan telah turun 14,4% sejak Januari.

    Laporan terpisah dari Yomiuri mengatakan tujuannya adalah untuk bergabung pada 2026 dan menjadikan perusahaan induk sebagai kendaraan yang terdaftar. Saham Nissan merosot sebanyak 2,6%, sehingga penurunan untuk tahun ini menjadi sekitar 21%. Saham Honda diperdagangkan 2,1% lebih tinggi. Turun 14,4% sejak Januari 2024.

    Honda dan Nissan sama-sama menghadapi tantangan yang signifikan, dengan yang terakhir dalam kesulitan keuangan yang mengerikan karena banjir kendaraan listrik dan hibrida dari pesaing di Tiongkok memaksa merek lama untuk menyatukan sumber daya.

    Nissan sangat membutuhkan perubahan haluan karena penjualan yang anjlok di AS dan China, yang telah memaksanya untuk memangkas pekerjaan, memangkas kapasitas produksi, dan menurunkan prospek laba tahunan hingga 70%.

    Pembicaraan awalnya menjadi rumit karena produsen Taiwan Hon Hai Precision Industry Co., yang dilaporkan menyatakan minatnya untuk mengakuisisi Nissan. Namun, pembuat iPhone yang dikenal sebagai Foxconn itu menghentikan sementara upayanya untuk saat ini guna melihat bagaimana pembicaraan antara kedua perusahaan Jepang itu berlangsung, kata seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut minggu lalu.

    Aliansi antara Honda dan Nissan—yang juga dapat mencakup mitra junior Nissan, Mitsubishi Motors—secara efektif akan memecah industri otomotif Jepang menjadi dua, mengadu ketiganya melawan Toyota Motor Corp. dan kemitraannya dengan Mazda Motor Corp., Subaru Corp., dan Suzuki Motor Corp.

    Honda dan Nissan telah mulai meletakkan dasar untuk kemitraan teknis awal tahun ini, mengumumkan rencana dengan Mitsubishi Motors untuk mengembangkan baterai, perangkat lunak, dan teknologi kendaraan listrik lainnya bersama-sama.

  • Kombes Pol. Iwan Saktiadi, S.I.K, M.H., M.Si. – Halaman all

    Kombes Pol. Iwan Saktiadi, S.I.K, M.H., M.Si. – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Komisaris Besar Polisi atau Kombes Pol. Iwan Saktiadi, S.I.K, M.H., M.Si. adalah Kepala Kepolisian Resor Kota atau Kapolresta Surakarta.

    Kombes Pol Iwan Saktiadi menjabat posisi Kapolresta Surakarta sejak 24 September 2022.

    Pengangkatan Kombes Iwan Saktiadi tertera dalam surat telegram Kapolri Nomor ST/2046/IX/KEP./2022 tertanggal 24 September 2022.

    Perwira menengah (pamen) Polri ini menjabat sebagai sebelumnya diketahui menjabat posisi Dirlantas Polda D.I.Y.

    Kombes Iwan Saktiadi lahir di Cilacap, Jawa Tengah, pada 29 September 1975.

    Lulusan akademi kepolisian atau Akpol tahun 1998 ini menikah dengan Retno Kusuma Dewi.

    Karier 

    Calon jenderal bintang satu ini, banyak bertugas di dalam bidang lalu lintas (lantas) selama kariernya.

    Kombes Pol Iwan Saktiadi diketahui pernah menduduki posisi sebagai Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya.

    Pria kelahiran Cilacap ini juga pernah menjabat sebagai Kasi BPKB Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya.

    Kombes Iwan Saktiadi juga pernah menduduki posisi sebagai Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya.

    Kombes Pol Iwan Saktiadi diangkat untuk menjabat sebagai Kapolres Sukoharjo pada tahun 2017.

    Setelah dua tahun menjabat Kapolres Sukoharjo, Iwan ditunjuk untuk menjadi Wakapolresta Surakarta.

    Pada tahun 2017, kemudian menduduki posisi sebagai Dirlantas Polda DIY DI tahun 2020.

    Kemudian, Kombes Iwan Saktiadi dimutasi untuk mengemban amanah menjabat Kapolresta Surakarta pada tahun 2022.

    Kapolresta Solo

    Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Iwan Saktiadi saat ini menjabat sebagai Kepala Kepolisian Sektor (Polresta) Solo, Jawa Tengah.

    Iwan Saktiadi menggantikan Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak yang menempuh pendidikan Dikreg 50 Sesko TNI, di Bandung, Jawa Barat.

    Sebelum dipindahkan, Kombes Iwan Saktiadi yang menjabat sebagai Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengaku siap mengemban amanah melanjutkan kepemimpinan sebelumnya, dikutip dari Kompas.

    Kedatangan Kombes Iwan Saktiadi secara resmi di Markas Polresta (Mapolresta) Solo, pada Sabtu (22/10/2022), dengan prosesi pedang pora kemudian dilanjutkan rapat internal.

    Setelah melakukan pertemuan secara tertutup, Prosesi pelepasan Ade Safri Simanjuntak yang oleh ratusan mantan personel yang mengiringinya meninggalkan Mapolresta Solo.

    Suasana haru tak terbendung dalam prosesi ini, raut wajah sedih bahagia tergambar jelas pada seluruh hadirin yang hadir.

    Harta Kekayaan

    Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara atau LHKPN penyampaian 16 Februari 2024/Periodik – 2023, harta kekayaan Kombes Iwan Saktiadi ada di angka Rp 4.910.854.173. 

    Dalam laporan tersebut, Kombes Pol Iwan Saktiadi tidak memiliki hutang.

    Berikut adalah rincian harta kekayaan Kombes Iwan Saktiadi dilansir dari e-LHKPN miliknya:

    II. DATA HARTA

    A. TANAH DAN BANGUNAN Rp. 3.875.000.000

    1. Tanah Seluas 236 m2 di KAB / KOTA SUKOHARJO, HASIL
    SENDIRI Rp. 300.000.000

    2. Tanah Seluas 182 m2 di KAB / KOTA KOTA BEKASI , HASIL
    SENDIRI Rp. 870.000.000

    3. Tanah Seluas 3430 m2 di KAB / KOTA SUKOHARJO, HASIL
    SENDIRI Rp. 1.555.000.000

    4. Tanah Seluas 543 m2 di KAB / KOTA SUKOHARJO, HASIL
    SENDIRI Rp. 400.000.000

    5. Tanah Seluas 941 m2 di KAB / KOTA SUKOHARJO, HIBAH
    DENGAN AKTA Rp. 750.000.000

    B. ALAT TRANSPORTASI DAN MESIN Rp. 276.000.000

    1. MOBIL, DAIHATSU MOBIL PENUMPANG Tahun 1997, HASIL
    SENDIRI Rp. 54.000.000

    2. MOBIL, NISSAN FRONTER Tahun 2009, HASIL SENDIRI Rp.
    190.000.000

    3. MOTOR, YAMAHA SEPEDA MOTOR Tahun 2016, HASIL SENDIRI
    Rp. 17.000.000

    4. MOTOR, HONDA GL 200 R Tahun 2009, HASIL SENDIRI Rp.
    7.000.000

    5. MOTOR, HONDA SEPEDA MOTOR Tahun 2011, HASIL SENDIRI
    Rp. 8.000.000

    C. HARTA BERGERAK LAINNYA Rp. 69.000.000

    D. SURAT BERHARGA Rp. —-

    E. KAS DAN SETARA KAS Rp. 690.854.173

    F. HARTA LAINNYA Rp. —-

    Sub Total Rp. 4.910.854.173

    III. HUTANG Rp. —-

    IV. TOTAL HARTA KEKAYAAN (II-III) Rp. 4.910.854.173

    (TRIBUNNEWS/Ika Wahyuningsih)

  • Bukan Eropa, Pabrikan Asia Justru Mendominasi Mobil Teraman di Dunia 2024

    Bukan Eropa, Pabrikan Asia Justru Mendominasi Mobil Teraman di Dunia 2024

    Jakarta

    Organisasi independen dan nonprofit asal Amerika Serikat, Insurance Institute for Highway Safety (IIHS), rutin memberikan penghargaan kepada mobil yang dianggap oleh mereka teraman.

    Penghargaan ini bernama Top Safety Pick dan sudah ada sejak 2006 lalu. Sementara sejak 2013, IIHS membuat kategori penghargaan mobil teraman baru yakni Top Safety Pick+.

    Dilansir dari laman resmi IIHS.org, penghargaan Top Safety Pick ini mereka berikan kepada mobil yang memiliki rating baik saat dites small overlap front, original moderate overlap front, updated side test, acceptable or good headlights standard, dan rating in the pedestrian front crash prevention test.

    Sementara untuk Top Safety Pick+, indikatornya kurang-lebih sama, namun ketambahan hasil tes acceptable or good in the updated moderate overlap front test. Intinya, IIHS menilai mobil dari fitur keselamatan dan tingkat risiko cedera penumpang hingga pejalan kaki saat terjadi kecelakaan.

    Menariknya dari total 104 mobil dari beragam kategori, tercatat hanya 21 mobil dari pabrikan Eropa yang mendapat penghargaan. Sementara mobil dari pabrikan Amerika, ada 11 yang mendapat penghargaan mobil teraman dari IIHS di tahun ini.

    Mobil garapan pabrikan Jepang hingga Korea Selatan mendominasi mobil teraman di dunia tahun 2024 versi IIHS. Total 72 mobil dari merek Acura, Genesis, Honda, Hyundai, Infiniti, Kia, Lexus, Mazda, Nissan, Subaru, hingga Toyota.

    [Halaman berikutnya: Daftar Mobil Teraman di Dunia 2024]

  • Yakin Selaris Xpander, Mitsubishi Rilis Mobil Baru Khusus Indonesia Tahun Depan

    Yakin Selaris Xpander, Mitsubishi Rilis Mobil Baru Khusus Indonesia Tahun Depan

    Jakarta

    Atsushi Kurita, President Director of PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), memberi kisi-kisi soal mobil baru Mitsubishi tahun depan untuk pasar Tanah Air. Menariknya mobil itu digadang-gadang bakal mengikuti kesuksesan Xpander!

    Kurita menyebut calon mobil terbarunya itu dipelajari khusus untuk pasar Indonesia. Berbekal pengalaman sukses dari Xpander, dia begitu yakin mobil teranyar itu bakal membetot perhatian masyarakat Indonesia.

    “Saya senang sekali karena ikut langsung dari persiapan production-nya sampai penjualan Xpander,” kata Kurita saat di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (20/12/2024).

    “Tahun depan kami juga bakal perkenalkan satu produk baru yang eksklusif untuk pasar Indonesia, kita sudah studi, memasang banyak fitur yang cocok untuk masyarakat Indonesia,” tambah dia.

    Pada Maret 2023, Mitsubishi Motors Corporation sudah mengumumkan rencana bisnis jangka menengah tiga tahun (tahun fiskal 2023 sampai 2025). Rencana bisnis Mitsubishi adalah menghadirkan mobil internal combustion engine (ICE), hybrid sampai mobil listrik.

    Secara global, Mitsubishi akan meluncurkan 16 model baru dalam lima tahun ke depan. Sembilan di antaranya adalah mobil elektrifikasi. Salah satunya Mitsubishi Xpander Hybrid Electric Vehicle (HEV).

    Mitsubishi menilai, minat terhadap kendaraan elektrifikasi meningkat di kalangan konsumen di negara-negara ASEAN. Makanya, Mitsubishi akan ‘menyetrum’ lini produk yang dijual di Asia Tenggara.

    Mitsubishi Akan Luncurkan Xpander Hybrid Foto: Dok. Mitsubishi

    Selain Xpander Hybrid, mobil elektrifikasi Mitsubishi lainnya yang akan diluncurkan sampai 2025 adalah pikap listrik, SUV dua baris bertenaga listrik, SUV dua baris hybrid, MPV hybrid selain Xpander HEV, Mitsubishi ASX, hingga mobil listrik hasil kolaborasi dengan Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi. Jadi mobil mana yang akan meluncur di Indonesia tahun depan?

    Kurita meyakini mobil baru ini bakal menjadi tulang punggung seperti Xpander. Pada 2022 Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross terjual lebih dari 270.000 unit dalam 5 tahun, sejak dipasarkan 2017. Yang berarti rata-rata terjual 50.000 unit per tahun dengan pangsa pasar 25-30%.

    “Saya percaya produk baru ini akan populer dan juga bakal sukses besar seperti Xpander,” jelas dia.

    Kurita punya memori dalam membangun kesuksesan Xpander. Bos Mitsubishi itu sampai ikut ‘turun gunung’ melakukan survei kepada konsumen Indonesia.

    “Untuk mencari lokasi pabrik saya juga terlibat, saya sangat bangga dengan pengalaman tersebut. Termasuk juga persiapan produk survei ke rumah-rumah warga Indonesia, dan juga untuk mengetahui bagaimana preferensi masyarakat Indonesia,” kata dia.

    (riar/rgr)