brand merek: Nike

  • Begini Kondisi Korban Penganiayaan Selebgram Chandrika Chika yang Gunakan Penyangga Patah Tangan

    Begini Kondisi Korban Penganiayaan Selebgram Chandrika Chika yang Gunakan Penyangga Patah Tangan

    Jakarta, Beritasatu.com – Korban Chandrika Chika, Yuliana Byun (YB) terlihat menggunakan penyangga patah tangan atau arm sling setelah mendapat perawatan di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP).   

     Kabar itu didapat dari akun Instagram milik Yuliana Byun, Jumat (20/12/2024). Saat berada di rumah sakit, Yuliana Byun terlihat ditemani beberapa kerabatnya. 

    Pada foto itu tampak terlihat Yuliana Byun menggunakan kemeja lengan panjang berwarna biru dengan celana pendek putih serta memakai sepatu kets Nike.

    Terlihat dengan jelas, tangan sebelah kirinya menggunakan penyangga patah tangan atau arm slin yang melilit ke bagian leher sebelah kanan.

    Menjadi korban penganiayaan Chandrika Chika, Yuliana Byun mendapat dukungan dari kerabatnya.

    “We stan for you sayang. Jangan mau berdamai, biarkan dia New Year di penjara. Love @yuliana_byunn,” kata Vierla Zahra yang merupakan seorang model.

    “Get well soon sayangku @yuliana_byunn,” ucap kerabat lainnya.

    Sebelumnya, tindakan penganiayaan yang dilakukan Chandrika Chika terhadap Yuliana Byun juga terekam CCTV. Bahkan, rekaman CCTV tersebut beredar di media sosial.

    Dari hasil rekaman itu terlihat, Chandrika Chika melakukan pemukulan dengan menggunakan tas hingga membanting ke lantai.

    Rekaman CCTV itu diunggah oleh akun Instagram @playitsafebabynews, Kamis (19/12/2024). Dalam video itu terlihat, Chandrika Chika menggunakan sweter garis-garis hitam dan putih dengan baju di bagian dalam berwarna hitam serta celana panjang hitam berjalan ke arah tempat hiburan malam di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

    Pada saat mendekati pintu masuk, Chandrika Chika tidak sengaja bertemu dengan korban Yuliana Byun (19). Seketika itu juga dan tanpa banyak basa-basi, Chandrika Chika langsung menghajar bagian punggung Yuliana Byun dengan tas yang digenggamnya.

    Saat kejadian, Yuliana Byun menggunakan baju lengan panjang berwarna putih dengan celana jeans biru dongker.

     Yuliana Byun langsung menoleh ke arah Chandrika Chika ketika dirinya mendapatkan penganiayaan. Tampaknya, keduanya sedang beradu suara. Sayangnya, dalam rekaman CCTV itu tidak terdengar apa yang diperbincangkan.

    Adanya argumen atau perkataan dari Yuliana Byun, membuat Chandrika Chika seperti emosi. Padahal, saat itu Chandrika Chika sudah ditenangkan oleh temannya, seorang pria yang menggunakan sweter hitam bercelana jeans panjang.

    Tak terima dengan ucapan dari Yuliana Byun membuat Chandrika Chika langsung menghampiri perempuan tersebut dan langsung menoyor kepala Yuliana Byun, lalu menjambak rambut korban, dan membantingnya ke lantai.

    Korban penganiayaan Chandrika Chika, Yuliana Byunn melaporkan kejadian tersebut ke Polres Jakarta Selatan.

    Chandrika Chika dilaporkan oleh Yuliana Byun sebagai korban dengan nomor laporan LP/B/3883/XII/2024/SPKT/Polres Metro Jakarta Selatan/Polda Metro Jaya.

    “Bahwa benar, yang bersangkutan yaitu saudari CC atau saudari Chandrika Chika dilaporkan pada 14 Desember 2024 atas dugaan tindakan kekerasan,” kata Humas Polres Jakarta Selatan AKP Nurma Dewi saat dihubungi Beritasatu.com, Rabu (18/12/2024).

  • BIGBANG Beri Sinyal Berkarya Lagi Usai Taeyang dan Daesung Tuntaskan Wamil

    BIGBANG Beri Sinyal Berkarya Lagi Usai Taeyang dan Daesung Tuntaskan Wamil

    JAKARTA – Setelah kepulangan leader BIGBANG, G-Dragon dari wajib militer, VIP (sebutan penggemar BIGBANG) kembali bergembira. Kedua anggota terakhir BIGBANG yaitu Taeyang dan Daesung kompak menyelesaikan wajib militer mereka pada Minggu, 10 November 2019. Keduanya melepas wajib militernya di kamp. Komando Operasi Darat di kota Yongin.

    Walaupun agensi YG Entertainment sudah mengingatkan untuk tidak mengunjungi kedua member, tetap saja pada Minggu kemarin, kepulangan mereka disambut besar-besaran oleh penggemar dan jurnalis. Keduanya lalu memberikan sepatah dua kata untuk berterima kasih kepada penggemar yang bersedia menunggu mereka.

    “Saya masih tidak percaya saya sudah pulang. Waktu saya (selama wajib militer) mungkin dilihat sebagai waktu yang singkat atau panjang, tergantung bagaimana kamu melihatnya, tetapi saya pikir ini benar-benar bermakna. Saya ingin berterima kasih kepada sesama tentara dan petugas yang menghabiskan waktu 20 bulan memimpin saya terlepas dari kekurangan saya.” kata Taeyang, dilansir dari Soompi.

    Taeyang menjadi member yang mendaftar sebagai tentara aktif di provinsi Gangwon. Selama masa wajib militernya, Taeyang sempat mengisi panggung acara militer sebagai pengisi acara bersama Daesung pada 2018. Mereka berdua menyanyikan lagu-lagu BIGBANG seperti Bang Bang Bang dan Fantastic Baby untuk teman-teman di kamp militer mereka.

    Rasa bersyukur juga disampaikan Daesung dalam ucapannya. “Saya belajar banyak hal setelah masuk militer. Saya merasakan banyak emosi yang belum saya alami dalam sehari-hari, dan saya pikir saya belajar banyak tentang berempati dengan orang lain.” 

    Daesung menutup ucapannya dengan berterima kasih kepada kru dan tentara yang bertugas. “Saya ingin berkata saya mencintaimu, dan tetap bekerja dengan baik!”

    Sepanjang kepergian anggota BIGBANG menuju wajib militer, ada beberapa kontroversi yang mengelilingi mereka. Tetapi, setelah kepulangan mereka satu persatu, nyatanya masih banyak penggemar yang menyambut mereka. Mereka sadar akan rindunya VIP terhadap musik BIGBANG sehingga Taeyang menjawab pertanyaan media dengan sigap.

    “Setelah kami membagikan opini kami dan membuat sebuah persetujuan, saya ingin membayar (penggemar) dengan hal-hal baik, dan kami akan bekerja keras. Kami akan menunjukkan banyak sisi dari diri kami yang tidak bisa kami tunjukkan selama waktu kami di militer,” ucap Taeyang dengan senyum.

    Dengan kepulangan Taeyang dan Daesung, BIGBANG secara penuh sudah lepas dari kewajiban militer. Meskipun diwarnai dengan segala kontroversi termasuk anggota termuda mereka, Seungri, yang memutuskan untuk keluar dari BIGBANG karena kasus bisnis prostitusi yang menjeratnya.

    Sebelumnya, member tertua mereka T.O.P dan G-Dragon sudah menyelesaikan wajib militer di bulan Juli dan Oktober tahun ini. Setelah selesai dari masa wajib militer, keduanya langsung produktif. Salah satunya, G-Dragon langsung mengumumkan kolaborasi sepatu dengan Nike melalui PEACEMINUSONE Nike Air Force 1 Para-noise.

    BIGBANG terakhir kali merilis sebuah single digital untuk V.I.P yang diberi judul Flower Road. Lagu itu diproduksi oleh G-Dragon dan T.O.P serta dirilis pada hari keberangkatan Daesung menuju wajib militer. Setelah dirilis, lagu ini langsung menjadi nomor satu di tangga musik Billboard US World Digital Songs.

    Kepopuleran BIGBANG memang bukan sekadar kaleng belaka, karena sampai hari ini, penggemar mereka semakin hari semakin bertambah. BIGBANG bahkan dijuluki Kings of K-pop karena membawa industri musik Korea Selatan berkibar di mancanegara.

  • Terancam Ditinggal Olmo, Barcelona Kehilangan 51 Juta Pounds

    Terancam Ditinggal Olmo, Barcelona Kehilangan 51 Juta Pounds

    JABAR EKSPRES – Raksasa La Liga, Barcelona terancam kehilangan 51 juta pounds. Pasalnya, pemain yang direkrut musim panas lalu, Dani Olmo bisa saja meninggalkan Stadion Olimpiade Lluís Companys di Januari nanti, secara gratis.

    Pemain yang direkrut dari RB Leipzig seharga 51 juta poundsterling ini awalnya menandatangani kontrak berdurasi enam tahun dengan Barca. Namun, klausul dalam kontraknya memungkinkan Olmo hengkang tanpa biaya jika klub gagal mendaftarkannya kembali untuk paruh kedua musim ini.

    Menurut laporan Mundo Deportivo, Barcelona hanya berhasil mendaftarkan Olmo untuk paruh pertama musim. Hingga kini, ia telah tampil dalam 12 pertandingan, mencetak enam gol, dan berkontribusi pada posisi puncak Barcelona di klasemen sementara La Liga.

    BACA JUGA:KPU Kabupaten Bandung Siap Hadapi Sahrul-Gun Gun di MK

    Sebagai langkah awal, Barcelona berhasil mendaftarkan Olmo selama enam bulan melalui negosiasi. Ruang gaji yang digunakan saat itu sebagian besar berasal dari Andreas Christensen, yang sedang berjuang pulih dari cedera tendon achilles. Namun, situasi keuangan yang ketat masih menjadi kendala besar bagi klub.

    Jika Barcelona gagal memenuhi aturan financial fair play sebelum Januari, Olmo dapat bernegosiasi dengan klub lain dan meninggalkan Camp Nou tanpa menghasilkan keuntungan finansial bagi Blaugrana.

    Saat ini, Barcelona mencoba mencari solusi, seperti menjalin kesepakatan komersial baru dengan Nike, memanfaatkan jaminan pribadi Presiden Joan Laporta, atau menjual hak tribun VIP untuk 20 tahun ke depan. Meski begitu, langkah-langkah ini mungkin belum cukup untuk menutupi kebutuhan keuangan klub.

    Sementara itu, Olmo tetap menunjukkan komitmen kepada tim dan fokus pada performa terbaiknya. Namun, ancaman kehilangan pemain muda berbakat tanpa kompensasi menjadi tantangan besar bagi Barcelona di tengah krisis keuangan mereka.

  • Tantang Ratu Suit dan Raih Voucher Lazada hingga Rp 130 Juta di 12.12!

    Tantang Ratu Suit dan Raih Voucher Lazada hingga Rp 130 Juta di 12.12!

    Jakarta

    Lazada kembali menggebrak akhir tahun dengan promo spektakuler! Lewat kampanye Adu Suit Lazada 12.12, Anda bisa membuktikan keahlian bermain suit sambil mengantongi Lazada voucher bernilai hingga 130 juta rupiah. Siap-siap, Ratu Suit menantang Anda!

    Apa Itu Adu Suit Lazada 12.12?

    Ini bukan sekadar promo biasa-Adu Suit Lazada 12.12 menghadirkan pengalaman belanja yang menyenangkan sekaligus penuh strategi. Dalam video kampanyenya, Ratu Suit terlihat meninggalkan platform belanja lain dan memilih Lazada, karena di Lazada diskonnya lebih besar, voucher lebih bernilai, dan harga lebih rendah!

    Tapi, voucher Lazada senilai jutaan rupiah kini ada di tangan sang Ratu. Kalau ingin merebutnya, Anda harus melawannya dalam game Adu Suit.

    Begini Cara Mainnya!

    Ikuti langkah mudah ini untuk menang:

    Cari di Google ‘Adu Suit Lazada 12.12’ dan temukan game-nya

    Daftar dengan nama dan alamat email Anda.
    Catat ya, 1 alamat email hanya bisa bermain sekali sehari.

    Pilih langkah suit Anda:
    Apakah Anda akan memilih gunting, kertas, atau batu? Tantang Ratu Suit dan buktikan siapa yang lebih jago!

    Waktu bermain:

    Tantangan harian berlangsung dari 5 Desember hingga 11 Desember, mulai pukul 20.00 hingga 19.59 keesokan harinya.

    Langkah Ratu Suit akan diumumkan pukul 20.00. Jangan lupa cek apakah Anda menang!

    Voucher Lazada akan dikirimkan kepada 200 pemain pertama yang berhasil menang melawan Ratu Suit.

    Bahkan jika Anda tidak berhasil membuat langkah yang menang, 700 pemain per hari tetap akan mendapatkan voucher Lazada hanya dengan bermain!

    Voucher yang diberikan bisa bernilai hingga Rp200.000 dan akan dikirimkan melalui email terdaftar paling lambat pukul 12.00 sehari setelah langkah Ratu Suit diumumkan. Pantau inbox Anda dan tunggu email dari: customersupport@AduSuitLazada1212.com.

    Ada Kartu Adu Suit Lazada 12.12? Kesempatan Menang Lebih Besar!Foto: dok. Lazada

    Sebanyak 10.000 konsumen beruntung di Indonesia telah menerima Kartu Sakti Adu Suit Lazada 12.12. Dengan kartu ini, peluang Anda memenangkan hadiah makin besar! Pastikan Anda mengecek surat yang diterima dan gunakan kartu ini dengan bijak.

    Kamu berkesempatan untuk mendapatkan berbagai voucher menarik, di antaranya:

    1) Nike Lazada 12.12 voucher senilai Rp 450.000 (no min pembelian)

    2) Focallure Lazada 12.12 voucher senilai Rp 500.000 (no min pembelian)

    Dan banyak voucher dari brand lain seperti JETE, Pinkflash, Implora, Doran Gadget.

    Promo Lazada 12.12 Dimulai Lebih Cepat

    Tahun ini, Lazada memulai pesta diskon lebih awal, yaitu pada 9 Desember pukul 20.00 WIB. Inilah saatnya Anda memanfaatkan voucher yang sudah dikumpulkan untuk menikmati penawaran fantastis berikut:

    Voucher bonus hingga 120 juta rupiah.

    Diskon sampai 90%!

    Jaminan harga terendah dan gratis ongkir.

    1.200 produk hanya 12 ribu rupiah, termasuk Yamaha Gear 125 S SE, iPhone 14, COOCAA 50 inch Smart TV, Huawei Fit SE, hingga Sanken Mesin Cuci Premium Front Loading.

    Jangan Sampai Ketinggalan!

    Belanja di Lazada 12.12 adalah kesempatan emas untuk mendapatkan barang impian dengan harga luar biasa, sekaligus bersenang-senang melawan Ratu Suit. Yuk, langsung cari di Google: “Ada Suit Lazada 12.12” sekarang juga. Siapa tahu, Anda yang berikutnya membawa pulang voucher bernilai besar!

    (prf/ega)

  • Denny Sumargo ciut ditantang Alvin Lim siram air keras ke mata sendiri, bilang begini sambil nangis

    Denny Sumargo ciut ditantang Alvin Lim siram air keras ke mata sendiri, bilang begini sambil nangis

    GELORA.CO –  Alvin Lim tiba-tiba ikut nimbrung dan datang mendukung Agus Salim di tengah kisruh uang donasi.

    Alvin Lim mengajukan tantangan pada Pratiwi Noviyanthi sekaligus Denny Sumargo, sembari pamer mobil senilai Rp3 miliar miliknya.

    Dalam unggahan akun TikTok @galeri.acak, Alvin Lim menantang Novi maupun Denny Sumargo untuk siram air keras ke mata sendiri.

    Sang advokat berkelakar, jika Novi atau pun Densu menerima tantangannya, dia akan memberi ganti rugi berupa mobil Mercy yang disebutnya bernilai Rp3 miliar.

    “Saya tantang Novi, saya punya mobil hampir tiga miliar, saya kasih Novi kalo dia berani siram mata dia pakai air keras, berani gak? ” katanya dikutip Hops.ID pada Jumat 29 November 2024.

    Advokat kontroversial itu pun lantas membandingkan kesehatan dan uang untuk bisa memojokkan sikap Novi tentang kisruh uang donasi Agus.

    “Saya kasih kamu tiga miliar, enggak usah lah 1,3 miliar, pikirkan, lebih penting uang atau kesehatan,” sambungnya.

    Ia pun menyindir Densu, yang diduga melevelisasi orang lain dengan uang, padahal menurut sang advokat, masih banyak orang yang lebih kaya dari suami Olivia itu.

    “Densu berani gak? jangan melevelisasi orang dari uang saja, yang lebih kaya dari dia banyak,” jelasnya.

    Alih-alih kesal dan memberi reaksi berlebihan, Densu malah mengekspresikan ketakutannya, bahkan sambil membubuhkan emoji menangis seperti yang dia tulis di kolom komentar.

    “Gak berani bang (emoji menangis), uang Rp3 miliar kasih ke Agus saja, Bang,” tulisnya.

    Duduk perkara terbaru uang donasi Agus Salim

    Menurut laporan Suara, Agus didampingi kuasa hukum, melakukan mediasi di hotel yang berlokasi di Kuningan, Jakarta, pada Selasa 26 November 2024.

    Baca Juga:

    Bukan di toko resmi, TKI Amerika Serikat malah beli Nike di pinggir jalan, harganya tak sampai Rp3 jutaan

    Namun demikian, bukannya menemukan titik terang, Novi memilih walk out dari mediasi setelah melihat draft kesepakatan yang diajukan Agus.

    Pada isi kesepakatan itu disebutkan jika poin perdamaian tersebut sulit diterima, karena memberatkannya.

    Di mana jika uang donasi Rp1,3 milar habis digunakan untuk menjalani pengobatan Agus, Novi diminta untuk membuka kembali donasi. ***

  • 2 Investor China Taman Modal Jumbo di Kawasan Industri Batang, Segini Nilainya – Page 3

    2 Investor China Taman Modal Jumbo di Kawasan Industri Batang, Segini Nilainya – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta PT Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) kembali mencatatkan langkah besar dalam menarik investasi global. Dalam sebuah seremoni di Ballroom Gedung Pengelola KITB, perusahaan ini menandatangani Perjanjian Pemanfaatan Tanah Industri (PPTI) dengan PT Sumber Sukses Machinery (SSM) dan PT Xian Jian Indonesia (NCH), serta Perjanjian Sewa Ruang Komersial dengan PT Bank Tabungan Negara Indonesia (Persero).

    Kedua perusahaan asal China tersebut berkomitmen mengembangkan usahanya di Indonesia melalui investasi dengan total nilai mencapai lebih dari Rp 900 miliar rupiah, yang diharapkan mampu menciptakan ribuan lapangan kerja baru serta mendukung pengembangan ekonomi lokal.

    Investasi Strategis

    PT Sumber Sukses Machinery (SSM) akan memanfaatkan lahan seluas 7,78 hektar di fase 2 kawasan industri KITB dengan nilai investasi sebesar Rp 200 miliar. Perusahaan ini bergerak di bidang fabrikasi dan manufaktur konstruksi baja, memproduksi purlin dan seng berkualifikasi B2.

    Dengan teknologi otomatisasi berbasis kecerdasan buatan (AI), PT SSM siap memperkuat rantai pasok baja Indonesia sekaligus mengurangi ketergantungan pada impor. Proyek ini diproyeksikan akan menyerap 790 tenaga kerja lokal.

    “Kami percaya bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan industri baja. Dengan fasilitas dan dukungan dari KITB, kami yakin dapat menciptakan ekosistem produksi yang kompetitif dan berkontribusi pada pengurangan ketergantungan impor baja di Indonesia,” ujar Liu Yanli, Direktur PT SSM.

    Sementara itu, PT Xian Jian Indonesia (NCH) melanjutkan ekspansinya di KITB dengan penambahan lahan 8,8 hektar, menjadikan total kepemilikan lahan mereka 18 hektar. Total investasi perusahaan ini kini mencapai Rp 700 miliar rupiah atau USD 50 juta USD.

    Sebagai produsen bahan baku sepatu kulit yang telah memasok merek-merek dunia seperti Nike, Adidas, New Balance, Vans, UGG, Timberland, hingga Converse, NCH diperkirakan akan menyerap 2.000 tenaga kerja lokal.

    “Kami telah bermitra dengan merek-merek sepatu global selama bertahun-tahun, dan ekspansi kami di KITB adalah langkah strategis untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat. Dukungan penuh dari KITB memberikan kami keyakinan untuk terus tumbuh di Indonesia,” kata Hui Wai Po, Direktur Utama NCH.

     

  • 40 Akun dengan Follower Instagram Terbanyak di 2024, Ada Idola Kamu?

    40 Akun dengan Follower Instagram Terbanyak di 2024, Ada Idola Kamu?

    Jakarta

    Instagram masih menjadi salah satu favorit media sosial (medsos) pengguna internet di seluruh dunia. Tahukah kamu siapa jumlah follower atau pengikut terbanyak Instagram yang terbaru? Simak ini 40 akun dengan jumlah follower terbanyak di Instagram.

    Berdasarkan Digital 2024 Global Overview Report per Januari 2024 bahwa pengguna aktif medsos telah melampaui angka lima miliar. Itu setera dengan 62,3% populasi dunia sudah medsos. Nah, tercatat Instagram saat ini sudah mencapai 2 miliar pengikut loh.

    Dalam laporan yang sama, We Are Social juga mengungkap akun-akun Instagram dengan jumlah pengikut terbanyak sejagat saat ini. Untuk nomor satu, masih dipegang akun resmi Instagram.

    Sedangkan, nomor kedua, baru pengguna Instagram, yaitu Cristiano Ronaldo. Pesepakbola yang kini bermain di Al Nassr itu bisa dibilang paling banyak follower Instagram saat ini mencapai 617,5 juta follower diikuti pesaingnya Lionel Messi sebanyak 497,3 juta follower.

    Sementara itu, akun-akun Instagram dengan jumlah pengikut terbanyak ini diisi oleh para aktor dan aktris Hollywood dan penyanyi, dan selebriti, seperti Selena Gomez, Taylor Swift, Ariana Grande, Dwayne Johnson alias The Rock, Zendaya, Lebron James, hingga Lisa personil Blackpink.

    Daftar 40 akun Instagram follower terbanyak per Janurai 2024

    1. Instagram 666,8 juta followers
    2. Cristiano Ronaldo 617,5 juta followers
    3. Lionel Messi 497,3 juta followers
    4. Selena Gomez 429,6 juta followers
    5. Kylie Jenner 399,4 juta followers
    6. Dwayne Johnson 395,8 juta followers
    7. Ariane Grande 380,6 juta followers
    8. Kim Kardashian 364,2 juta followers
    9. Beyonce 319,8 juta followers
    10. Khloe Kardashian 311,2 juta followers
    11. Nike 306,6 juta followers
    12. Kendall Jenner 294,7 juta followers
    13. Justin Bieber 292,9 juta followers
    14. National Geographic 283,9 juta followers
    15. Taylor Swift 279,4 juta followers
    16. Virat Kohli 265,9 juta followers
    17. Jennifer Lopez 253,4 juta followers
    18. Nicki Minaj 229,3 juta followers
    19. Kourtney Kardashian 224,7 juta followers
    20. Neymar 218,5 juta followers
    21. Miley Cyrus 216,1 juta followers
    22. Katy Perry 206,9 juta followers
    23. Zendaya 184,9 juta followers
    24. Kevin Hart 179,9 juta followers
    25. Cardi B 169,4 juta followers
    26. Lebron James 159,6 juta followers
    27. Demi Lovato 157,5 juta followers
    28. Rihanna 152,4 juta followers
    29. Real Madrid FC 151,4 juta followers
    30. Drake 145,1 juta followers
    31. Chris Brown 145 juta followers
    32. Ellen Degeneres 139,7 juta followers
    33. FC Barcelona 125,2 juta followers
    34. UEFA Champions League 113 juta followers
    35. Kylian Mbappe 111,3 juta followers
    36. Billie Ellish 110,3 juta followers
    37. Gal Gadot 109,3 juta followers
    38. Vin Diesel 102,6 juta followers
    39. Lisa 100,4 juta followers
    40. NASA 97 juta followers

    (agt/agt)

  • Ma Jianrong, Bos Tekstil Berharta Rp107, T yang Sayang Karyawan

    Ma Jianrong, Bos Tekstil Berharta Rp107, T yang Sayang Karyawan

    Jakarta, CNN Indonesia

    Menjadi buruh pabrik bukan berarti selamanya akan menjadi kaum jelata. Paling tidak, itulah yang bisa dilihat dari kehidupan Ma Jianrong.

    Pernah menjadi buruh pabrik tekstil di masa lalunya, ia kini menjelma menjadi seorang pengusaha sukses.

    Melansir Forbes, total kekayaan Ma Jianrong sekarang ini tembus US$6,8 miliar. Kalau dirupiahkan dengan kurs Rp15.775 per dolar AS, kekayaan itu tembus Rp107,27 triliun.

    Lalu siapa sebenarnya Ma Jianrong sehingga dia bisa setajir itu?

    Mengutip berbagai sumber, salah satunya inf.news, Ma Jianrong adalah warga negara China kelahiran Shaoxing, Zhejiang pada 1965 lalu dari seorang pekerja di perusahaan tekstil bernama Baoxing Ma.

    Tidak begitu jelas bagaimana kehidupan masa kecilnya. Yang jelas latar belakang orang tuanya sebagai pekerja di industri tekstil itulah yang akhirnya membawanya kaya raya seperti sekarang ini.

    Cerita kaya raya itu ia mulai di usia 13 tahun. Saat itu, Ma Jianrong remaja sangat benci dengan kehidupan sekolah.

    Ia karena itu memilih untuk menghentikan pendidikannya di usia 13 tahun.

    Setelah itu, Ma Jianrong muda kemudian ikut ayahnya bekerja di pabrik tekstil. Posisi ayah Ma Jianrong yang saat itu merupakan wakil direktur perusahaan tekstil di Shanghai dan juga pakar industri tekstil membuatnya mendapat kesempatan itu walaupun masih sangat muda.

    Dan di pabrik inilah Ma Jianrong mendapatkan ilmu. Idealisme kuat ayahnya terhadap syarat produk tekstil yang bagus dan berkualitas membuat Ma Jianrong banyak menimba ilmu di sektor pertekstilan.

    Di bawah idealisme dan pengaruh ayahnya itulah Ma Jianrong mendapatkan bekal berharga. Ia menguasai berbagai ilmu dan teknologi industri tekstil walaupun masih sangat ‘hijau’. Ia juga memiliki pemahaman menyeluruh terhadap aspek industri tekstil.

    Tak heran, karena penguasaan, pemahaman itu kinerja Ma Jianrong moncer. Perusahaan tempatnya bekerja karena itu langsung mengangkat dia menjadi direktur teknik di perusahaan setelah masa pengabdiannya tembus 10 tahun.

    Dengan kata lain, di usia 23 tahun, Ma Jianrong sudah menjadi direktur teknik. Dari sinilah, keuntungan selalu menghinggapi kehidupan Ma Jianrong.

    Pada 1990, ayahnya, Ma Baoxing, diangkat sebagai wakil manajer umum oleh Shenzhou Manufacturing. Ma Jianrong ikut bergabung dengan ayahnya di perusahaan itu.

    Namun sayang, saat itu, Shenzhou Manufacturing kekurangan dana dan talenta. Bisnisnya juga sangat suram.

    Bahkan perusahaan itu terlilit utang 3 juta yuan dan menghadapi kebangkrutan. Saat itulah ia kemudian mengambil alih kemudi Shenzou. 

    Ia mencoba membenahi Shenzou. Ma Jianrong pergi kemana-mana untuk mengumpulkan uang guna melunasi utang perusahaan. Setelah berhasil dan perusahaan mulai punya uang, Ma Jianrong tak langsung senang.

    Uang ia bakar untuk mengundang guru berpengalaman ke pabrik supaya bisa melatih karyawan.

    Kemudian, Ma Jianrong berkeliling, memeriksa pasar, dan akhirnya menemukan solusi. Ia menyarankan agar ayahnya mencari produk yang dihasilkan pabrik tersebut di pasar kelas menengah hingga atas dan menjual pakaian ke Jepang.

    Upaya itu membuahkan hasil. Dengan upaya tak henti-hentinya dari Ma Jianrong, perusahaan melunasi seluruh utang luar negerinya dua tahun kemudian dan secara bertahap mulai beroperasi secara normal lagi.

    Pada tahun 1992, Ma Jianrong pergi ke Jepang untuk mengunjungi pelanggan atas nama perusahaan. Selama percakapan, klien berbicara tentang perubahan warna pakaian.

    Ma Jianrong kecewa dengan keluhan itu. Karenanya setelah kembali ke kantor, dia meminta perusahaan tersebut untuk menghancurkan semua pakaian yang diproduksi.

    Selanjutnya, ia menerapkan kontrol kualitas produk secara ketat. Ia juga mencari cara agar masalah pemudaran pakaian bisa diatasi.

    Upayanya sukses. Kualitas produk perusahaan berhasil ditingkatkan. Produk tekstil perusahaannya berhasil memenangkan hati banyak pelanggan.

    Termasuk, dari Uniqlo. Saat itu Japan Uniqlo mau memesan 450 ribu baju. Pesanan tak disia-siakan Ma Jianrong.

    Meski hanya diberi 20 hari untuk memenuhi pesanan, Ma Jianrong bersama para pekerjanya bahu-membahu menyelesaikan pesanan tersebut dan sukses.

    Keberhasilan ini telah membuat Shenzhou International mendapatkan reputasi yang baik. Karena keberhasilan itu, Uniqlo meningkatkan kerja samanya.

    Shenzhou International juga menjadi pendiri Uniqlo. Di bawah manajemen Ma Jianrong, perusahaan ini telah memperoleh keuntungan dan menghasilkan banyak uang.

    Banjir pesanan sempat membuat perusahaannya kewalahan. Pada 1998, Ma Jianrong menginvestasikan 2,8 juta yuan untuk mengatasi masalah itu.

    Ia membeli sejumlah mesin dari Italia. Lagi-lagi upayanya berhasil. Namun, keberhasilan tak membuatnya lekas berbangga diri. Ia terus mencoba mengembangkan Shenzhou.

    Pada 2005, Shenzhou Internasional berhasil go public. Ma Jianrong mengumpulkan lebih dari 900 juta dolar Hong Kong dari aksi korporasi itu.

    Ia investasikan semua dana yang didapat untuk melengkapi mesin perusahaan. Ia mengganti mesin pewarna dan alat tenun yang canggih.

    Meskipun keputusan itu dalam jangka pendek mahal, ia yakin bisa mendatangkan keuntungan besar.

    Setelah peralatan ditingkatkan, kapasitas produksi perusahaan melesat. Terkadang pesanan 2 juta dapat diselesaikan dengan sukses dalam waktu setengah bulan, lebih cepat dari yang bisa dilakukan perusahaan lain.

    Lanjut ke halaman berikut…

    Pelan tapi pasti, Shenzhou International terus membesar. Pada 2019, ia berhasil membawa Shenzou Internasional menjadi raja ritel pakaian dalam negeri China bernilai US$7,8 miliar.

    Shenzhou berhasil menjadi produsen pakaian terintegrasi vertikal terbesar di China. Banyak merek terkenal internasional seperti Nike, Adidas, Uniqlo, Puma dan lain sebagainya produksinya dihasilkan oleh Shenzhou.

    Ma Jianrong mengatakan kesuksesan itu tak terlepas dari reputasi yang dibangunnya di perusahaan.

    “Semuanya kesuksesan dimulai dari awal. Pada saat itu, banyak barang luar negeri diproduksi, dan banyak pakaian yang tidak memenuhi syarat dibakar. Pada 1995, perusahaan tersebut telah mendapatkan reputasi karena langkah perbaikan ini,” kenangnya seperti dikutip dari sjfzxm.com.

    Kini, berkat kerja keras Ma Jianrong, setiap 24 jam, Shenzhou berhasil memproduksi 1,5 juta pakaian dan 600 ton kain dari lini produksinya.

    Ma Jianrong mengatakan Shenzhou sudah memiliki hidup dan jiwa.

    “Dan bagi perusahaan pakaian, waktu adalah kehidupan dan waktu pengiriman adalah jiwa. Di Piala Dunia sepak bola 2018, para penggemar sepak bola Prancis membutuhkan kostum tim Prancis untuk merayakannya. Shenzhou International mengirim puluhan ribu fans ke Shanghai, Nike dalam 16 jam, dan kemudian mereka terbang ke Prancis untuk mengejar tim Prancis,” katanya.

    Meskipun sudah kaya raya, Ma Jianrong cukup bersahaja. 

    Kesahajaan ia tunjukkan dengan memperhatikan nasib dan kenyamanan para pekerjanya. Salah satu perhatian ia berikan dengan memasang AC di lingkungan kerja pabrik tekstilnya.

    Ma Jianrong juga tidak segan-segan mengeluarkan 100 juta yuan untuk membangun dapur pusat perusahaan agar 40 ribu karyawannya makan lebih enak. Selain itu, untuk membantu karyawan yang tidak bisa pulang karena tidak dapat membeli tiket untuk merayakan Festival Musim Semi, ia akan menyewakan mobil khusus.

    Perhatian yang paling penting dan pasti dirindukan seluruh karyawan dari setiap perusahaan tempat mereka bekerja adalah gaji. Ia berani memberi karyawannya gaji yang lebih tinggi daripada perusahaan lain.

    [Gambas:Photo CNN]

    Tak hanya gaji, ia juga memberi mereka perlakuan yang baik ke karyawan dengan memberikan banyak tunjangan. Hal ini sangat memikat hati para karyawan.

    Tak heran karyawan loyal ke perusahaannya. Ini diketahui dari setiap Festival Musim Semi. Ketika perayaan selesai biasanya di situ terjadi pergantian karyawan karena banyak yang keluar demi mencari peruntungan lain.

    Tapi itu tak terjadi di Shenzhou. Jumlah karyawan yang keluar hanya 5 persen dari total pekerja. Jumlah itu jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan perusahaan lain. 

    Kebijakan Ma Jianrong itu juga membuat perselisihan antara buruh dengan perusahaan minim.

    Ma Jianrong bercerita memang terobsesi untuk menjalankan pabriknya dengan baik sepanjang hidupnya. Ia percaya perhatian besar ke karyawan akan menimbulkan ikatan emosional besar pada perusahaan yang pada ujungnya bisa membuat kinerjanya semakin baik.