brand merek: Mitsubishi

  • Kata Fuso soal Produksi Truk Listrik eCanter di Indonesia

    Kata Fuso soal Produksi Truk Listrik eCanter di Indonesia

    Jakarta

    PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku produsen Mitsubishi Fuso di Indonesia bicara peluang memproduksi lokal truk listrik eCanter di Tanah Air. Kendaraan komersial ramah lingkungan tersebut saat ini masih berstatus impor utuh (CBU) dari Jepang.

    Aji Jaya selaku Direktur Sales & Marketing Division PT KTB mengaku tak menutup kemungkinan memproduksi lokal truk listrik eCanter. Pihaknya saat ini masih dalam tahap riset dan studi.

    “Soal posibilitas produksi lokal eCanter, mungkin saya bisa sampaikan di sini bahwa kami masih dalam tahap studi. Kami masih di tahap awal ya, karena kami juga baru mulai menjual eCanter tahun ini,” ujar Aji Jaya di Tangerang, Banten, Rabu (13/11).

    Truk listrik Fuso eCanter. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Lebih jauh, Aji juga menegaskan, keputusan memproduksi lokal kendaraan butuh pertimbangan banyak faktor, termasuk perkembangan pasar dan jumlah permintaan. Apalagi truk listrik merupakan kendaraan baru yang populasinya sangat terbatas di Indonesia.

    “Kami terus melihat update situasi, perkembangan situasi yang terjadi di pasar. Dan sampai hari ini tentunya sangat terbuka bagi kami (untuk memproduksi lokal eCanter). Tapi posisinya masih dalam tahap studi,” tegasnya.

    Sebagai catatan, Fuso eCanter meluncur di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024. Sementara konsumen pertama yang sudah membeli kendaraan tersebut adalah perusahaan logistik bernama PT Yusen Logistics Indonesia (YLI).

    Truk listrik Fuso eCanter. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Meski sudah mulai dijual, namun harga Fuso eCanter belum diumumkan. Pabrikan hanya menegaskan, untuk versi dasar, truk nonemisi tersebut dibanderol mulai Rp 1 miliaran.

    “Jadi kalau soal harga, sebelum dipaketkan, belum termasuk paket, bisa kita sampaikan bahwa itu mungkin di atas Rp 1 miliar. Tapi soal berapa tepatnya, itu tadi tergantung kebutuhan dan fungsi,” tuturnya.

    “Termasuk dengan apabila mereka butuh charger, bagaimana proses pembayarannya, apa betul-betul rental atau butuh operating risk dan beli langsung. Itu tergantung konsumen,” kata dia menambahkan.

    Fuso eCanter menggunakan baterai ukuran M berkapasitas 83 kWh yang mampu menempuh jarak 140 KM dengan GVW sebesar 6 ton. Kendaraan tersebut punya wheelbase atau jarak sumbu roda 3,4 meter dan torsi besar cocok untuk mengangkut muatan dengan volume maksimal

    (sfn/dry)

  • Biar Laku, Insentif Truk Listrik Diminta Setara Mobil Listrik

    Biar Laku, Insentif Truk Listrik Diminta Setara Mobil Listrik

    Jakarta

    PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku produsen Mitsubishi Fuso di Indonesia meminta pemerintah memberikan insentif truk listrik yang besarannya sama dengan mobil listrik. Hal itu diyakini mampu meningkatkan minat konsumen membeli kendaraan nonemisi tersebut.

    “Mungkin sudah ada referensinya seperti passenger car (mobil penumpang), kita minta sama seperti passenger car. Apa yang diberikan ke mobil penumpang listrik (diberikan juga) ke mobil niaga berbasis listrik,” ujar Aji Jaya selaku Direktur Sales & Marketing Division PT KTB di Tangerang, Banten, Rabu (13/11).

    Aji menjelaskan kendaraan niaga berbasis listrik saat ini hanya diganjar insentif Bea Balik Nama (BBNKB) nol persen. Maka, agar setara dengan mobil penumpang listrik, kendaraan tersebut harusnya mendapat potongan pajak dari yang semula 11 persen menjadi 1 persen.

    Truk listrik Fuso eCanter. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    PT KTB merupakan produsen pertama yang menjual truk listrik murni di Indonesia. Mereka punya Fuso eCanter yang harganya mulai dari Rp 1 miliar tanpa sentuhan kustomasi. Nominal tersebut tentu masih terhitung mahal untuk kendaraan komersial.

    Itulah mengapa, Aji mengaku tengah menjalin komunikasi dengan sejumlah instansi terkait agar Fuso eCanter mendapat insentif dari pemerintah. Harapannya, konsumen yang mau beralih ke truk listrik tak lagi keberatan harga.

    “Sebagai pionir awal, kita yang membuka pintu nih. Jadi kami sudah melakukan komunikasi dengan beberapa instansi terkait,” ungkapnya.

    Menperin Agus Gumiwang. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Sebelumnya, Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita bicara peluang memberikan insentif untuk truk listrik. Bahkan, dia mengaku akan duduk bersama Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk menggodok aturannya.

    “Nanti kita duduk dengan Gaikindo (untuk membahasnya), tapi saya harus sampaikan bahwa memang hybrid dan truk listrik akan kita berikan,” demikian pernyataan Agus Gumiwang di Senayan, Jakarta Pusat, Maret lalu.

    Ketika ditanya mengenai detail insentifnya seperti apa, Agus belum bisa mengurainya lebih detail. Sebab, semuanya masih dalam tahap pembahasan.

    “Truk listrik menjadi salah satu yang kita overlook jadi intinya kita sama Gaikindo akan duduk membahas seperti apa kita mengembangkan lebih cepat industri otomotif berbasis truk dengan kebijakan insentif,” kata dia.

    (sfn/rgr)

  • Truk Listrik Pertama di Indonesia Resmi Beroperasi, Yusen Logistics Maksimalkan Fuso eCanter untuk Ekspor Impor

    Truk Listrik Pertama di Indonesia Resmi Beroperasi, Yusen Logistics Maksimalkan Fuso eCanter untuk Ekspor Impor

    Jakarta, Beritasatu.com – Mitsubishi Fuso eCanter resmi beroperasi di Indonesia. Yusen Logistics maksimalkan truk listrik pertama di Indonesia itu untuk pengiriman barang ekspor dan impor.

    Hal itu diungkap oleh Wempy Wisnu Aji  Deputy Director, Rabu (13/11/2024) saat peluncuran perdana operasional Mitsubishi Fuso eCanter dengan Yusen Logistics di kawasan Tangerang, Banten. Ia mengatakan Mitsubishi Fuso eCanter akan menjadi senjata andalan untuk pengiriman barang-barang kargo udara.

    “Ini akan digunakan untuk pengiriman impor dan ekspor. Untuk barang impor akan kami kirimkan dari bandara ke kawasan industri MM2100 di Cikarang. Begitu juga untuk ekspor kita bawa dari MM2100 Cikarang menuju bandara,” ujarnya.

    Mitsubishi Fuso eCanter merupakan truk listrik pertama Indonesia yang diniagakan. – (Beritasatu.com/Wahyu Sahala Tua)

    Rute harian itu menurut Wempy tidak akan menjadi masalah buat truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter. Pasalnya mereka sudah menyiapkan fasilitas pendukung truk listrik berupa charging station.

    “Kami pasang charging station di dua titik itu,” jelasnya.

    Pemasangan charging station itu membuat sopir truk listrik tidak perlu khawatir kehabisan baterai. Jadi menurutnya meski truk listrik baru ada satu di Indonesia yakni Mitsubishi Fuso eCanter tidak akan jadi masalah.

    Hal ini juga diamini oleh Bayu Afrizal, General Manager Product Strategy  PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi Mitsubishi Fuso di Indonesia. Ia mengatakan slot pengisian baterai di Mitsubishi Fuso eCanter bentuknya universal.

    Jadi sopir truk listrik berlogo tiga berlian itu bisa melakukan pengisian baterai di berbagai SPKLU yang ada.

    “Jika memang gawat darurat kami siapkan mobile charging,” jelasnya.

  • Truk Listrik Fuso eCanter Resmi Mengaspal di Indonesia, Segini Harganya

    Truk Listrik Fuso eCanter Resmi Mengaspal di Indonesia, Segini Harganya

    Bisnis.com, JAKARTA –  PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi Mitsubishi Fuso resmi menjual truk listrik Fuso eCanter kepada perusahaan logistik, PT Yusen Logistics Indonesia.

    Seremoni peresmian operasional perdana truk listrik Fuso eCanter itu dilakukan di kantor PT Yusen Logistics Indonesia yang berlokasi di Soewarna Business Park Blok A, Kota Tangerang, Banten pada Rabu (13/11/2024).

    Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Daisuke Okamoto mengatakan, PT Yusen Logistics Indonesia sebagai konsumen pertama Fuso eCanter membuktikan bahwa penerapan green logistics dapat diimplementasikan di Indonesia. 

    “Kami berharap, eCanter bisa menjadi solusi bisnis bagi para konsumen yang memiliki misi dan nilai karbon netral,” ujar Okamoto saat seremoni peresmian Fuso eCanter pada Rabu (13/11/2024).

    Adapun, PT Yusen Logistics Indonesia mengoperasikan truk listrik Fuso eCanter dengan spesifikasi baterai berukuran M berkapasitas 83 kWh, yang sanggup menempuh perjalanan sejauh 140 kilometer dengan gross vehicle weight (GVW) sebesar 6 ton dalam sekali pengisian daya penuh. 

    Nantinya, Fuso eCanter akan menempuh rute perjalanan distribusi di area Jakarta hingga ke Cikarang dan Karawang, Jawa Barat.

    Lebih lanjut dia mengatakan, tak hanya fokus terhadap penjualan, KTB juga telah memberikan pelatihan khusus bagi sopir dan mekanik truk listrik Fuso eCanter. Hal ini dilakukan agar konsumen memiliki dapat mengoptimalkan penggunaan truk listrik dengan aman dan nyaman.

    KTB juga berkomitmen memberikan layanan purnajual terbaik, lewat dukungan yang mencakup garansi pembelian, layanan free service, dan fasilitas sistem pembiayaan dengan skema Operating Lease (OPL).

    “Kami berkomitmen untuk menjadi konsultan bisnis terpercaya untuk anda, baik itu dukungan teknis maupun pemeliharaan, untuk memastikan bahwa eCanter berkontribusi terhadap kesuksesan bisnis Anda yang berkelanjutan,” pungkas Okamoto.

    Director of Sales & Marketing Division KTB, Aji Jaya, menambahkan terkait harga truk listrik Fuso eCanter yang ditawarkan bisa saja berbeda-beda tergantung dari pesanan paket dari konsumen. Yang jelas, harga truk listrik Fuso eCanter di atas Rp1 miliar.

    “Kami kerja sama dengan perusahaan leasing, kami ada paket operating lease. Terkait range harga, sebelum dipaketkan itu di atas Rp1 miliar, untuk berapanya tergantung kebutuhan konsumen,” jelas Aji.

  • Daftar Data Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang – Page 3

    Daftar Data Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Pihak kepolisian masih terus menangani kasus kecelakaan beruntun yang melibatkan belasan kendaraan di ruas Tol Cipularang KM 92 yang terjadi pada Senin 11 November 2024.

    Kapolres Purwakarta, AKBP Lilik Ardiansyah menuturkan, dalam insiden tersebut ada sebanyak 17 kendaraan yang terlibat kecelakaan.

    Adapun jumlah warga yang menjadi korban, dari data terbaru tercatat ada sebanyak 30 orang.

    “Data terbaru, 1 orang meninggal dunia, 29 luka yang 4 di antaranya mengalami luka berat,” ujar Lilik, Selasa (12/11/2024).

    Dia menjelaskan, dari pemeriksaan sementara kecekalaan ini terjadi saat kendaraan truck Hino tractor head bernomor Polisi B 9440 JIN Rouf (43) warga Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, Provinsi Banten melaju dari arah Bandung menuju arah Jakarta.

    Setibanya di TKP yang kondisi jalannya menurun itu, truk tersebut tiba-tiba hilang kendali dan selanjutnya menabrak beberapa kendaraan di depannya. Akibat dari tabrakan itu, belasan kendaraan lain juga ikut terdorong.

    “Kondisi di lajur kanan, saat itu sedang terjadi antrean karena ada perbaikan jalan. Sehingga, saat truk tersebut hilang kendali banyak kendaraan yang terdorong,” jelas Lilik.

    Pihaknya memastikan, baik korban maupun kendaraan yang mengalami kerusakan telah dievakuasi seluruhnya.

    Adapun kendaraan lain selain Tractor Head No Pol B 9440 JIN yang terlibat kecelakaan beruntun ini diantaranya, Toyota Hiace No Pol D 7820-P.

    Selanjutnya, Minibus Toyota Avanza No Pol B 1884 KRY, Minibus Suzuki No Pol B 1819 KMA, Minibus Toyota No Pol D 1288 YCD, Toyota Hiace No Pol B 7179 PAA, Mitsubishi Pajero No Pol BD 1991 AT, Toyota Innova No Pol B 1075 HFP.

    Kemudian, Microbus isuzu No Pol D 7648 AN, Toyota Calya No Pol A 1886 EH, Toyota Avanza No Pol Z 1825 AB, Toyota Rush no pol T 1581 EC, Honda Freed No Pol B 1604 FYR, Honda Brio No Pol D 1446 AFS, Toyota Avanza No Pol B 2224 TFQ, Toyota Agya No Pol B 1755 COS dan Kendaraan Suzuki Pickup No Pol B 9805 FAR.

    “Sebanyak 17 kendaraan mengalami kerusakan di bagian depan dan belakangnya akibat saling tubruk,” ucapnya.

  • Update Data Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang

    Update Data Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang

    Liputan6.com, Purwakarta – Polres Purwakarta, Jawa Barat, saat ini tengah menangani kasus kecelakaan beruntun yang melibatkan belasan kendaraan di ruas Tol Cipularang KM 92 jalur B (Bandung ke Jakarta) yang terjadi pada Senin sore (11/11/2024).

    Kapolres Purwakarta AKBP Lilik Ardiansyah menuturkan, dalam insiden tersebut ada sebanyak 17 kendaraan yang terlibat kecelakaan. Adapun jumlah warga yang menjadi korban, dari data terbaru tercatat ada sebanyak 30 orang.

    “Data terbaru, 1 orang meninggal dunia, 29 luka yang 4 di antaranya mengalami luka berat,” ujar Lilik kepada wartawan.

    Lilik menjelaskan, dari pemeriksaan sementara kecekalaan ini terjadi saat kendaraan truck Hino tractor head bernomor Polisi B 9440 JIN Rouf (43) warga Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, Provinsi Banten melaju dari arah Bandung menuju arah Jakarta.

    Setibanya di TKP yang kondisi jalannya menurun itu, truk tersebut tiba-tiba hilang kendali dan selanjutnya menabrak beberapa kendaraan di depannya. Akibat dari tabrakan itu, belasan kendaraan lain juga ikut terdorong.

    “Kondisi di lajur kanan, saat itu sedang terjadi antrean karena ada perbaikan jalan. Sehingga, saat truk tersebut hilang kendali banyak kendaraan yang terdorong,” jelas dia.

    Pihaknya memastikan, baik korban maupun kendaraan yang mengalami kerusakan telah dievakuasi seluruhnya.

    Berikut data jenis dan nomor kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun di Tol Cipulang, selain Tractor Head No Pol B 9440 JIN:

    Toyota Hiace No Pol D 7820-P
    Minibus Toyota Avanza No Pol B 1884 KRY
    Minibus Suzuki No Pol B 1819 KMA
    Minibus Toyota No Pol D 1288 YCD
    Toyota Hiace No Pol B 7179 PAA
    Mitsubishi Pajero No Pol BD 1991 AT
    Toyota Innova No Pol B 1075 HFP
    Microbus isuzu No Pol D 7648 AN
    Toyota Calya No Pol A 1886 EH
    Toyota Avanza No Pol Z 1825 AB
    Toyota Rush no pol T 1581 EC
    Honda Freed No Pol B 1604 FYR
    Honda Brio No Pol D 1446 AFS
    Toyota Avanza No Pol B 2224 TFQ
    Toyota Agya No Pol B 1755 COS
    Kendaraan Suzuki Pickup No Pol B 9805 FAR.

    “Sebanyak 17 kendaraan mengalami kerusakan di bagian depan dan belakangnya akibat saling tubruk,” ucapnya.

    Dia menambahkan, kasus kecelakaan tersebut saat ini tengah ditangani oleh jajarannya. Pihaknya, masih melakukan pendalaman untuk mencari tahu penyebab pasti kecelakaan tersebut. 

  • Tol Cipularang Arah ke Jakarta Ditutup Total Pasca Kecelakaan Maut

    Tol Cipularang Arah ke Jakarta Ditutup Total Pasca Kecelakaan Maut

    GELORA.CO  – PT Jasa Marga (Persero), pengelola ruas tol Cipularang, menutup total ruas tol Cipularang arah ke Jakarta pasca kecelakaan maut yang melibatkan banyak kendaraan roda empat di ruas tol Cipularang Km 92 arah ke Jakarta sore ini, Senin, 11 November 2024 pukul 15.15 WIB.

    “Akibat kejadian tersebut lalu lintas di ruas tol Cipularang KM 92 arah ke Jakarta tertutup, sedangkan jalur sebaliknya dibuka dua lajur untuk dapat dilalui,” kata Agni Mayvinna, Senior Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division dalam pernyataannya sore ini.

    Agni menjelaskan, sejumlah petugas 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) melalui Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) dan Kepolisian dilengkapi dengan ambulance, derek dan rescue telah berada di lokasi kejadian dan melakukan pengaturan yang dibutuhkan.

    Alihkan Kendaraan dari Bandung ke Jakarta Via GT Cikamurang

    “Sebagai upaya mengurai kepadatan, pengguna jalan dari Bandung arah Jakarta yang akan melintas, dialihkan keluar melalui Gerbang Tol (GT) Cikamuning di KM 116 dan masuk Kembali melalui GT Jatiluhur di Km 84,” beber Agni.

    Kecelakaan maut ini diduga terjadi akibat truk trailer pengangkut kertas kardus bekas yang terguling dan menghantam beton pembatas di tengah-tengah ruas tol yang memisahkan kendaraan dari arah berlawanan.

    Kecelakaan ini banyak melibatkan kendaraan pribadi. Berdasarkan rekaman video pengendara jalan yang melintas di dekat tempat kejadian perkara, kendaraan yang terlibat antara lain 2 buah Honda Brio warna putih, sebuah mobil travel Toyota Hiace warna putih, sebuah mobil travel Hiace warna merah milik Daytrans, 2 buah Toyota Rush/Daihatsu Terios, sebuah truk Mitsubishi Fuso Canter, sebuah Avanza hitam dan lain-lain.

    Kerasnya tabrakan diantara mobil-mobil yang bertabrakan posisinya saling bertumpuk. Kondisinya benar-benar mengerikan.

    Satu mobil lainnya, sebuah mobil penumpang terlempar ke jalur berlawanan dari Jakarta menuju Bandung dalam kondisi terbalik dan hancur.

    “Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami akibat kejadian tersebut dan selama proses evakuasi berlangsung. Penyebab kecelakaan dan korban masih dalam proses pendataan bersama pihak Kepolisian,” ungkap Agni Mayvinna, Senior Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division dalam pernyataannya sore ini.

  • ‘Era Kegelapan’ Para Raksasa Otomotif, Tutup Pabrik-PHK 10.000 Pekerja

    ‘Era Kegelapan’ Para Raksasa Otomotif, Tutup Pabrik-PHK 10.000 Pekerja

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Akhir tahun 2024 bisa dibilang menjadi era kegelapan industri otomotif dunia. Bagaimana tidak? Ada 3 pabrikan otomotif raksasa yang dikabarkan bakal melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran terhadap ribuan karyawannya.

    Tiga produsen mobil itu adalah Nissan, Volkswagen dan Stellantis.

    Berikut ini merupakan informasi seputar badai PHK yang menghantam para ‘raksasa’ tersebut.

    Nissan PHK 9.000 Karyawan

    Raksasa otomotif Jepang, Nissan, mengumumkan rencana PHK ke 9.000 karyawannya. Pemecatan ini dilakukan seiring dengan perkiraan anjloknya angka penjualan.

    Manajemen Nissan menyatakan perlu mengambil langkah-langkah mendesak. Mereka menggambarkan kondisi saat ini sebagai ‘situasi yang parah’.

    Dalam pernyataan pers perusahaan melaporkan penurunan laba bersih sebesar 93% pada semester pertama 2024. CEO Nissan Makoto Uchida mengatakan kepada wartawan bahwa lemahnya penjualan di pasar Amerika Utara merupakan faktor utama.

    Nissan dan rival domestiknya juga kesulitan mempertahankan posisi mereka di China. Berkembangnya perusahaan kendaraan listrik yang didukung oleh pemerintah Xi Jinping menjadi penyebabnya.

    “Menghadapi situasi yang parah, Nissan mengambil langkah-langkah mendesak untuk memperbaiki kinerjanya dan menciptakan bisnis yang lebih ramping dan tangguh yang mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan di pasar,” demikian pernyataan perusahaan, dikutip dari AFP, Minggu, (10/11/2024).

    “Nissan akan mengurangi kapasitas produksi global sebesar 20% dan mengurangi tenaga kerja global sebanyak 9.000 orang,” kata dia lagi.

    Sementara itu secara khusus, Uchida sendiri secara sukarela menghapus 50% kompensasi bulanannya mulai November 2024. Anggota komite eksekutif lainnya juga akan secara sukarela melakukan pengurangan gaji.

    Nissan memperkirakan penjualan bersih sebesar 12,7 triliun yen (Rp 1.296 triliun), turun dari perkiraan sebelumnya sebesar 14 triliun yen. Namun Nissan tidak mengeluarkan perkiraan laba bersih baru setelah menurunkannya pada bulan Juli menjadi 300 miliar yen di mana dalam enam bulan hingga September, laba bersih hanya 19,2 miliar yen.

    “Laba bersih akan ditentukan berdasarkan penilaian berkelanjutan atas biaya yang diperlukan untuk upaya penyelesaian yang direncanakan,” kata Uchida lagi.

    Selain itu, Nissan juga akan mengurangi kepemilikannya di Mitsubishi Motors. Perusahaan akan menjual kembali sahamnya. Dengan begitu, kepemilikan Nissan di Mitsubishi akan turun menjadi sekitar 24% dari 34% saat ini. Nissan menyebut akan tetap menjalin hubungan dekat dengan perusahaan tersebut.

    Nissan telah mengalami dekadi yang penuh dengan gejolak. Salah satunya adalah peristiwa penangkapan mantan bosnya, Carlos Ghosn pada 2018. Carlos keluar penjara dengan jaminan dan melarikan diri dari Jepang dengan bersembunyi di dalam kotak peralatan musik.

    Carlos masih menjadi buronan internasional di Lebanon dan membantah tuduhan terhadapnya. Dia mengatakan meninggalkan Jepang karena dia tidak percaya dia bisa mendapatkan pengadilan yang adil.

    Stellantis PHK 1.100 Karyawan

    Kabar buruk juga datang dari perusahaan manufaktur otomotif Stellantis. Stellantis menyatakan akan melakukan PHK ke sekitar 1.100 karyawan di pabrik Jeep Gladiator di Toledo, Ohio, Amerika Serikat (AS). Rencana PHK ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi inventaris di seluruh operasinya di Amerika Utara.

    “Ini adalah tindakan yang sulit untuk diambil, tetapi diperlukan untuk memungkinkan perusahaan mendapatkan kembali keunggulan kompetitifnya dan akhirnya mengembalikan produksi ke tingkat sebelumnya,” kata Stellantis dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters.

    Produsen mobil tersebut baru-baru ini merombak manajemen senior sebagai upaya untuk memulihkan penjualan yang merosot di wilayah tersebut. Stellantis juga telah memangkas tenaga kerja bergaji dan per jam selama setahun terakhir.

    Keputusan CEO Carlos Tavares untuk memangkas pekerja manufaktur, seperti yang ada di Toledo, telah membuat marah serikat pekerja United Auto Workers (UAW), yang mewakili para karyawan ini.

    Presiden UAW Shawn Fain telah mengancam akan melakukan aksi mogok nasional di pabrik-pabrik Stellantis hanya setahun setelah pemogokan selama enam minggu di produsen mobil tersebut dan para pesaingnya di Detroit.

    Volkswagen Tutup Tiga Pabrik

    Raksasa Jerman, Volkswagen (VW), juga terus mengalami hambatan dari segi keuangan dan operasional karena lemahnya penjualan. Awal November perusahaan melaporkan penurunan laba Q3 sebesar 42% ke level terendah dalam tiga tahun.

    Akibat situasi ini, karyawan VW mengalami pemotongan gaji sebesar 10%. Manajemen beralasan, itu adalah satu-satunya cara bagi produsen mobil terbesar di Eropa itu menyelamatkan lapangan kerja.

    “Hal ini menyoroti kebutuhan mendesak untuk pengurangan biaya yang signifikan dan peningkatan efisiensi,” kata kepala keuangan Arno Antlitz dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters.

    Pernyataan ini adalah konfirmasi resmi pertama dari langkah-langkah pemotongan biaya yang ingin diterapkan VW untuk membalikkan keadaan. Kinerja melemah karena biaya tinggi dan permintaan yang lemah di China.

    Antlitz mengatakan ia yakin bahwa perusahaan dapat mencapai kesepakatan dengan para pekerja. Namun ia realistis dengan tidak dapat mengesampingkan kemungkinan pemogokan, dengan perusahaan mempertimbangkan pemotongan biaya lebih dari 10 miliar euro (Rp 169 triliun).

    Perusahaan juga disebut akan menutup pabrik. Meski tak mengumumkan langsung rencana itu, perwakilan buruh mengatakan bahwa opsi itu ada, dengan perusahaan mempertimbangkan menutup tiga di antaranya yang pasti mempengaruhi karyawan.

    “Dari sudut pandang perusahaan, penutupan pabrik masih menjadi pertimbangan, yakni belum sepenuhnya dikesampingkan,” ungkap kepala dewan pekerja Volkswagen Daniela Cavallo.

    “Hari ini merupakan sinyal awal untuk maraton di mana kedua belah pihak akhirnya memahami bahwa mereka harus melewati garis finis bersama-sama,” tambahnya.

    Pasar mobil Eropa telah menyusut sekitar 2 juta kendaraan sejak pandemi, yang mengakibatkan penjualan VW berkurang sekitar 500.000 unit per tahun. Model yang lebih murah dari Tesla dan produsen mobil China telah memperoleh pangsa pasar di Eropa.

    (luc/luc)

  • Regular Mulai Rp 40 Ribu, Pre-Sale dari Rp 20 Ribu

    Regular Mulai Rp 40 Ribu, Pre-Sale dari Rp 20 Ribu

    Jakarta

    Harga tiket GJAW 2024 bisa Anda simak di sini. Pameran otomotif tahunan itu kembali diselenggarakan. Jika sebelumnya GJAW selalu dilaksanakan di JCC, Senayan, Jakarta, maka mulai tahun ini GJAW pindah lokasi ke ICE-BSD City, Tangerang. Harga tiket GJAW ditawarkan mulai Rp 40 ribu untuk regular dan Rp 20 ribu untuk pembelian pre-sale.

    Pameran otomotif tahunan yang diprakarsai Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) serta didukung penuh oleh Kementerian Perindustrian siap kembali menyapa para pecinta otomotif tanah air dalam gelaran ketiga Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024, yang akan berlangsung di lokasi baru yaitu ICE, BSD-City pada 22 November hingga 1 Desember 2024.

    Pada tahun ini Gaikindo menggandeng Mandiri Utama Finance (MUF) sebagai sponsor utama dalam penyelenggaraan GJAW 2024. Fokusnya, mendorong penjualan kendaraan di akhir tahun.

    “Berbeda dari pameran Gaikindo lainnya, MUF GJAW bertujuan buat secara langsung mendorong penjualan, jadi keunggulan pameran ini adalah program, dan penawarannya, hadirkan momentum terbaik bagi masyarakat yang ingin memiliki kendaraan baru dengan berbagai penawaran eksklusif,” kata Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi di Jakarta, Kamis (7/11/2024).

    Home of 1.000 Cars and Excitement

    GJAW 2024 mengusung tema Home of 1.000 Cars and Excitement GJAW 2024 akan fokus memberikan pengalaman luar biasa bagi para pengunjung. Tidak hanya akan disuguhkan jajaran mobil terkini dari berbagai merek ternama dunia, GJAW 2024 juga menghadirkan kegiatan olahraga otomotif interaktif yang dirancang menghibur dan mendekatkan pengunjung dengan dunia otomotif.

    “Fokus berbeda akan diusung penyelenggaraan MUF GJAW di mana pengalaman dan kemudahan bagi pengunjung akan jadi prioritas. Tidak lagi pengalaman melihat teknologi terkini dari industri kendaraan bermotor Indonesia, namun kemudahan mencoba langsung dan kemudahan memiliki kendaraan,” kata Rizwan Alamsjah, Ketua Penyelenggara GJAW 2024.

    Menurut Rizwan, kolaborasi berbagai promo dari peserta serta kemudahan pembiayaan dari Mandiri Utama Finance dalam GJAW 2024 seperti suku bunga 2% dan biaya administrasi mulai dari Rp 1, menjadikan GJAW 2024 momen terbaik bagi konsumen untuk belanja kendaraan bermotor.

    Sejumlah pengunjung memilih mobil di pameran Gaikindo Jakarta Auto week, JCC, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (17/3/2023). Pameran GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 diyakini menjadi momen tepat untuk masyarakat membeli mobil baru buat mudik Lebaran tahun ini. Foto: Pradita Utama

    Daftar Merek Peserta GJAW 2024

    GJAW 2024 ini akan diikuti lebih dari 80 merek otomotif yang terdiri dari 27 merek kendaraan penumpang, termasuk Aletra, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, Ford, GAC Aion, Honda, KIA, Lexus, Mazda, Maxus, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Wuling, dan Zeekr. Dari segmen kendaraan roda dua, sebanyak 12 merek, seperti Alva, Aprilia, Harley-Davidson, Motoguzzi, Piaggio, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, V Move, Yamaha dan ZPT, turut serta untuk menambah ragam pilihan pengunjung. Lebih dari 40 merek industri pendukung juga siap meramaikan GJAW 2024.

    Luasan lahan yang meningkat 2 kali lipat juga memaksimalkan program GJAW 2024 yang memberikan pengalaman dan menawarkan keseruan untuk para pengunjung. Tak hanya menjadi ajang pameran kendaraan, tetapi juga akan menghadirkan beragam program interaktif yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan, mulai dari penggemar otomotif, komunitas, hingga keluarga. Program-program tersebut terbagi menjadi tiga kategori utama: Motorsport Program, Community Program, dan Family Program, yang semuanya dirancang untuk memberikan pengalaman yang berkesan bagi setiap pengunjung.

    Dengan program-program tersebut, GJAW 2024 berkomitmen untuk memberikan pengalaman pameran yang lengkap, interaktif, dan menghibur bagi seluruh pengunjung dari berbagai kalangan. Tak hanya menjadi tempat untuk menemukan kendaraan impian, GJAW juga menghadirkan suasana perayaan otomotif yang menarik dan penuh keseruan.

    “MUF GJAW akan menjadi the complete automotive exhibition, untuk tujuan belanja kendaraan dan produk otomotif dengan penawaran terbaik di akhir tahun, kemudahan mencoba, mencari pengalaman motorsport interaktif, hingga kegiatan keluarga,” jelas Rizwan lagi.

    Harga Tiket GJAW 2024

    Dengan beragam merek, program interaktif, dan penawaran menarik yang ditawarkan, GJAW 2024 siap menjadi rumah bagi ribuan kendaraan dan pengalaman otomotif yang tak terlupakan bagi semua pengunjung. Untuk dapat merasakan segala keseruan yang dihadirkan pada MUF GJAW 2024, pengunjung dapat memanfaatkan promo penjualan tiket presale yang dapat dibeli online pada aplikasi Auto360 dan diadakan pada:

    • Pre-Sale I pada 8 – 10 November 2024 dengan diskon tiket sebesar 50% untuk tiket weekdays menjadi Rp 20.000 dan tiket weekends menjadi Rp 35.000.
    • Pre-Sale II pada 11 – 13 November 2024 dengan diskon tiket sebesar 25% untuk tiket weekdays menjadi Rp 30.000 dan tiket weekends menjadi Rp 52.500.

    Tiket regular selanjutnya dapat diakses mulai 14 November secara online dengan harga tiket weekdays Rp 40.000 dan harga tiket weekends Rp 70.000. Tiket on the spot juga tersedia selama acara berlangsung dengan harga tiket weekdays Rp 50.000 dan harga tiket weekends Rp 80.000.

    (lua/din)

  • Pencuri Popok dan Susu Batal Melalui Restoratif Justice, Hakim Hukum 5 Bulan

    Pencuri Popok dan Susu Batal Melalui Restoratif Justice, Hakim Hukum 5 Bulan

    Surabaya (beritajatim.com) – Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya menghukum lima bulan penjara pada M Alief Syahputra. Dia dinyatakan bersalah lantaran mencuri popok dan susu untuk anaknya yang masih berusia tiga tahun.

    Alief sebenarnya pernah diusulkan dihentikan penuntutannya melalui keadilan Restoratif Justice (RJ). Namun, upaya Alief yang merupakan pekerja serabutan tak dikabulkan. Alief kini harus menghadapi jalur hukum dengan tuntutan 5 bulan penjara, setelah permohonan Restorative Justice-nya kandas.

    Takdir seakan berjalan berlawanan dengan harapan ketika Alief mendapati bahwa pintu damai melalui Restorative Justice tertutup rapat, hanya karena salah satu rekannya yang juga terlibat dalam kasus pencurian ini yakni Fariz Kuswanto, hingga kini masih berstatus buron. “Tadinya, perkara ini mau diselesaikan dengan Restorative Justice, namun tidak disetujui pimpinan karena salah satu tersangka masih buron,” ungkap Jaksa Penuntut Umum (JPU) Yustus One Simus Parlindungan, Rabu (6/11/2024).

    Satu kalimat singkat yang menjadi kabar pahit bagi Alief. Tak hanya Alief, kabar pahit itu juga harus diterima rekannya lain yang juga terlibat melakukan pencurian yakni Ahmad Hisyam. Alirf dan Hisyam padahal sudah berharap bisa menyelesaikan kasus ini tanpa harus melalui jalur pidana.

    Segalanya berawal pada Sabtu (31/8/2024) pagi di Toko Buku Serba Jaya, Surabaya. Di toko itu, Ahmad bekerja sebagai sopir dan Alief sebagai pekerja serabutan. Namun, cerita hari itu berubah ketika Alief, yang tengah bergelut dengan kesulitan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, tergoda untuk mengambil jalan pintas.

    Saat itu, terlintas di benak Alief untuk mendapatkan uang tambahan dengan menjual beberapa buku dari tempat kerjanya. Alief kemudian mengajak dua rekannya yakni Ahmad Hisyam dan Fariz Kuswanto, yang juga bekerja di toko tersebut. Dalam percakapan singkat di antara tiga pekerja dengan bayaran pas-pasan itu, mereka menyepakati rencana untuk menjual buku-buku di toko tersebut.

    Dengan ide Hisyam, buku-buku yang dicuri akan dijual ke seorang kenalan bernama Hellton Kusuma, seorang pedagang buku eceran di Jalan Semarang, Surabaya. Menyusun kardus demi kardus buku ke dalam mobil Mitsubishi Pick Up hitam yang biasa dipakai toko, ketiganya lalu singgah di Jalan Demak untuk menemui Hellton, sebelum meneruskan pengantaran pesanan ke pembeli yang sebenarnya.

    “Buku-buku tersebut dijual kepada Hellton dengan harga Rp 150 ribu per dus, dengan pembayaran yang akan diterima setelah buku-buku itu laku terjual,” tulis seperti dikutip dalam surat dakwaan.

    Namun, aksi mereka tak berlangsung lama. Kecurigaan timbul di pihak toko setelah admin bernama Ferry Kurniawan mengecek rekaman CCTV. Di sana terlihat jelas perjalanan mobil mereka yang menyimpang dari rute pengiriman biasa. Setelah dikonfirmasi, Hisyam mengakui bahwa ia bersama Alief telah menjual 12 dus buku kepada Hellton.

    Tak lama berselang, atas permintaan pemilik toko H. Ghozali Imron, Hellton mengembalikan buku-buku tersebut ke toko. Meski kerugian Rp 14,5 juta sudah dikembalikan, namun keterlibatan Fariz yang masih buron menjadikan upaya Restorative Justice mustahil dilakukan.

    JPU Yustus menjelaskan, pengembalian kerugian dan perdamaian antara para terdakwa dan pemilik toko sejatinya bisa membuka peluang bagi Alief dan Hisyam untuk mendapat Restorative Justice. Namun, ketiadaan Fariz dalam proses hukum dan masih buron membuat perkara ini tetap harus dilanjutkan ke muka persidangan.

    “Sekarang perkara disidangkan secara pidana singkat karena kerugian sudah dikembalikan dan sudah ada perdamaian, sehingga pembuktian lebih mudah,” ujar Yustus menjelaskan alasan memilih sidang pidana singkat.

    Kedua pekerja toko yang berpenghasilan Rp 2,5 juta perbulan itu kini harus menghadapi tuntutan 5 bulan penjara. Kisah ini seakan menjadi pengingat bahwa godaan untuk mengambil jalan pintas kadang berujung pada kehilangan yang jauh lebih besar. Di hadapan hukum, mereka kini harus menanggung akibat dari pilihan singkat yang berujung pada nasib panjang di balik jeruji. [uci/kun]