brand merek: Mitsubishi

  • Honda dan Nissan Bakal Rapat Bahas Merger Pekan Depan

    Honda dan Nissan Bakal Rapat Bahas Merger Pekan Depan

    Jakarta, CNN Indonesia

    Honda Motor dan Nissan Motor akan memulai negosiasi soal kemungkinan merger paling cepat pada 23 Desember menurut Nikkei Asia pada Kamis (19/12) dari sumber anonim yang memahami hal itu.

    Potensi merger ini makin serius lantaran negosiasi bakal dilakukan secara resmi. Pertemuan di meja formal itu bisa mengakselerasi momentum konsolidasi kedua perusahaan asal Jepang tersebut.

    Bloomberg juga telah mengonfirmasi bahwa kesepakatan ini sedang dipertimbangkan oleh para pejabat senior masing-masing perusahaan dan bisa melebar hingga melibatkan Mitsubishi Motor yang sebagian besar sahamnya dimiliki Nissan.

    Upaya merger ini disulut produsen iPhone asal Taiwan, Hon Hai Precision Industri Co., alias Foxconn, yang diam-diam mau mengakuisisi Nissan.

    Honda, yang sudah bekerja sama dengan Nissan pada Agustus, mengancam bakal mengugurkan kesepakatan yang sudah ada bila Foxconn berhasil mendapatkan niatnya.

    Nikkei Asia menjelaskan Foxconn mengincar komposisi 22,8 persen saham Nissan yang dipegang berbagai pihak bank. Foxconn juga dikatakan sudah mendekati Renault, pemilik terbesar saham Nissan.

    Foxconn mengincar Nissan karena perusahaan ini sedang mengejar ambisinya masuk ke bisnis kendaraan listrik. Selain itu, kepala strategi Foxconn adalah Jun Seki, yang merupakan mantan pejabat eksekutif Nissan.

    Suki masuk Foxconn pada 2023 dan kini mengemban tugas jangka panjang membawa perusahaan mencapai 40 pangsa pasar kendaraan listrik global. Nissan jadi incaran kemungkinan karena ingin memiliki pengetahuan manufaktur mobil listrik dan penjualan global.

    Nissan adalah produsen yang pertama kali menjual mobil listrik produksi massal, Leaf, pada 2020.

    (fea/fea)

    [Gambas:Video CNN]

  • Lawan Serbuan China, Honda & Nissan Bakal Merger

    Lawan Serbuan China, Honda & Nissan Bakal Merger

    Jakarta

    Dua raksasa otomotif Jepang, Honda dan Nissan sedang membahas merger. Langkah itu ditempuh karena ketatnya persaingan mobil listrik, terutama asal China.

    Melansir CNN, kedua perusahaan tersebut telah melakukan pembicaraan, tetapi mereka tidak memberikan rincian terkait kapan rencana merger tersebut terjadi.

    “Seperti yang diumumkan pada bulan Maret, Honda dan Nissan sedang menjajaki berbagai kemungkinan untuk kolaborasi di masa mendatang, memanfaatkan kekuatan masing-masing,” tulis pernyataan Nissan dan Honda.

    Honda dan Nissan juga mengonfirmasi kepada CNN bahwa Mitsubishi adalah bagian dari pembicaraan awal ini, yang akan melibatkan produsen mobil besar ketiga Jepang yang potensial.

    Honda dan Nissan sebelumnya telah mengumumkan akan bermitra untuk kendaraan listrik dan pada bulan Agustus mengatakan mereka akan berkolaborasi dalam teknologi baterai.

    Hal ini lantaran konsumen China telah berbondong-bondong ke merek asing tetapi sebagian besar telah beralih ke merek domestik, yang memiliki nilai yang lebih baik di negara tersebut.

    Pemerintah China juga telah memberikan insentif untuk membantu mempercepat adopsi kendaraan listrik dan hibrida plug-in oleh pelanggan. Meskipun kedua perusahaan menawarkan EV dan plug-in – Nissan, khususnya, adalah pelopor dalam teknologi EV – merek China seperti BYD telah melampaui teknologi mereka dan harganya lebih murah.

    Nissan juga mengalami kesulitan sejak mantan CEO-nya, Carlos Ghosn, menjadi buronan, melarikan diri dari Jepang ke negara asalnya, Lebanon.

    Ghosn ditangkap di Tokyo pada 2018 atas dugaan pelanggaran keuangan, dan Nissan memecatnya. Ghosn telah berulang kali membantah tuduhan tersebut. Pemecatannya mengguncang aliansi pembuat mobil yang kuat antara Nissan, Renault, dan Mitsubishi.

    Renault yang pernah menjadi kemitraan pembuat mobil terbesar di dunia, sejak itu secara tajam mengurangi kepemilikan sahamnya di Nissan, yang melemahkan pembuat mobil Jepang tersebut.

    Nissan mengatakan bahwa pendapatan operasionalnya antara Maret dan September turun 90% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

    Sementara itu, Honda, yang kira-kira lima kali lebih besar dari Nissan, juga menghadapi tantangan. Perusahaan mengumumkan rencana untuk hanya menjual kendaraan tanpa emisi di pasar-pasar utama pada tahun 2040. Namun, transisi berjalan lambat, karena harga gas yang relatif rendah, infrastruktur pengisian daya yang tidak memadai, dan meningkatnya persaingan telah menurunkan permintaan EV di Amerika Serikat dan Eropa.

    (hns/hns)

  • Deret Promo Mitsubishi Akhir 2024, Diskon Sparepart Hingga Bodi Repair

    Deret Promo Mitsubishi Akhir 2024, Diskon Sparepart Hingga Bodi Repair

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kembali meluncurkan program layanan purna jual yang digelar di akhir 2024 hingga awal 2025.

    Kazuto Azuma, Director of After Sales Division PT MMKSI mengungkapkan promo yang bertajuk Rainy Campaign dan Kilau Tahun Baru ini ditujukan kepada para pengguna kendaraan Mitsubishi.

    “Lewat program ini, MMKSI menghimbau para konsumen untuk selalu melakukan perawatan kendaraannya agar tetap optimal di segala kondisi, terutama di musim hujan yang riskan dengan kondisi yang kurang ideal,” kata dia dalam keterangannya, Rabu (18/12).

    Rainy Campaign akan berlangsung mulai 1 Desember 2024 hingga 28 Februari 2025, sementara Kilau Tahun Baru berlaku dari 1 Desember 2024 hingga 31 Januari 2025. Kedua program ini tersedia di seluruh jaringan dealer resmi Mitsubishi Motors di Indonesia.

    Pada program Rainy Campaign, MMKSI memberikan program khusus yaitu potongan harga hingga 39 persen untuk pembelian suku cadang seperti rem, wiper, dan ban.

    Kemudian pada program Kilau Tahun Baru bisa dimanfaatkan oleh para pengguna Mitsubishi untuk mendapatkan diskon suku cadang dengan melakukan perbaikan dan perawatan kendaraan di dealer resmi bodi & cat dari Mitsubishi Motors.

    Diskon yang diberikan hingga 15 persen khusus untuk pelanggan non-asuransi, tanpa syarat minimal pembelian.

    Selain itu pelanggan juga dapat memanfaatkan tunjangan biaya klaim sebesar Rp300 ribu untuk satu kali pembayaran own risk dengan syarat melakukan pembelian suku cadang dengan jumlah minimal di Rp2,5 juta.

    “Seluruh penawaran tersebut merupakan bentuk komitmen MMKSI dalam menemani setiap momen petualangan hidup konsumen di Indonesia. Dan seluruh persembahan yang dihadirkan tentunya dengan mempertimbangkan kebutuhan dan keinginan dari para konsumen Mitsubishi Motors,” ucap Azuma.

    Dengan adanya program spesial ini, pelanggan bisa memanfaatkan beragam promo menarik seperti diskon suku cadang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

    (can/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Apresiasi Dedikasi Supir Truk, Mitsubishi Fuso Anugerahi Duta SupirHero

    Apresiasi Dedikasi Supir Truk, Mitsubishi Fuso Anugerahi Duta SupirHero

    Jakarta

    PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), menunjukkan komitmennya dalam mendukung para pengemudi truk sebagai pahlawan distribusi di Indonesia melalui Jambore Nasional ke-11 Canter Mania Indonesia Community (CMIC).

    Adapun Jambore Nasional ke-11 Canter Mania Indonesia Community (CMIC) diadakan pada 14-15 Desember 2024 di Pantai Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat. Acara ini juga jadi momen spesial karena Mitsubishi Fuso mengumumkan Duta SupirHero sebagai apresiasi kepada para pengemudi yang telah menjadi tulang punggung bisnis distribusi.

    General Manager of Business Communication PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Sudaryanto mengatakan seluruh konsumen Mitsubishi Fuso, termasuk pengemudi dan pecinta truk adalah orang-orang penting bagi pihaknya. Tidak hanya konsumen di kota-kota besar, konsumen retail di pelosok negeri juga menunjukkan loyalitas dan kepercayaan yang besar terhadap merek dan produk Mitsubishi Fuso selama 54 tahun ini.

    “Oleh karena itu, kami mendukung dilaksanakannya Jambore Nasional Komunitas Canter Mania Indonesia ke-11 ini sebagai ajang silaturahmi yang mempertemukan seluruh pemilik, pengemudi dan peminat Canter di seluruh Indonesia dan sebagai ajang mendengarkan suara konsumen,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Senin (16/12/2024).

    Selain itu, dalam Jambore Nasional ini juga diadakan kontes truk Canter keren sebagai bentuk apresiasi untuk para pemilik yang begitu cintanya dengan Mitsubishi Fuso Canter dan rela mendandani Canter-nya dengan berbagai aksesoris di dalam dan luar kabinnya, serta lukisan-lukisan menarik sehingga menjadi sangat menarik tidak seperti layaknya kendaraan niaga. Dalam acara tersebut, juga diadakan santunan untuk anak yatim dan yatim piatu sebagai salah satu bentuk kepedulian sosial dari para Canter Mania.

    Ketua penyelenggara Jambore Nasional CMIC, Toni Abdul Gani mengatakan pihaknya dari Canter Mania Indonesia Community (CMIC) menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mitsubishi Fuso & KTB atas dukungan konsisten yang diberikan kepada komunitasnya selama ini. Kehadiran Mitsubishi Fuso tidak hanya memperkuat hubungan antara brand dan komunitas, tetapi juga memberikan nilai tambah yang sangat berarti bagi para anggota.

    “Salah satu momen yang sangat berkesan bagi kami adalah pemilihan Duta SupirHero. Ini bukan sekadar acara simbolis, melainkan sebuah penghargaan nyata bagi para sopir truk yang telah bekerja keras dan menjadi pahlawan distribusi dalam menjaga kelancaran industri logistik di Indonesia. Kami merasa bangga bisa menjadi bagian dari momen ini, di mana semangat kebersamaan, solidaritas dan apresiasi terhadap sopir truk dihidupkan melalui acara Jambore Nasional ini,” ujar Toni.

    Sementara itu, pada puncak acara Jambore Nasional, Mitsubishi Fuso mengumumkan Duta SupirHero 2024 yang dipilih berdasarkan cerita atas dedikasi, pengalaman, dan kontribusinya di industri transportasi. Adapun Duta SupirHero 2024 terpilih adalah Bapak Toharjo seorang supir truk asal Batang. Kampanye SupirHero sendiri digelar sejak Oktober 2024 lalu melalui media sosial yang menyoroti dan mengapresiasi setiap perjuangan dan dedikasi para sopir truk sebagai pahlawan distribusi di seluruh Indonesia.

    Sebagai informasi, Jambore Nasional yang berlangsung selama dua hari ini menjadi agenda tahunan sekaligus menjadi ajang berkumpulnya 1.000 unit truk Mitsubishi Fuso serta kendaraan pribadi dan 3.000 anggota CMIC dari seluruh Indonesia. Dalam rangkaian acara ini terdapat berbagai aktivitas menarik dan promo layanan purna jual untuk anggota komunitas yang hadir. Berbagai promo menarik untuk layanan servis dan suku cadang resmi pun turut dapat dinikmati oleh seluruh peserta Jambore Nasional yang hadir.

    (akn/ega)

  • Deret Promo Mitsubishi Akhir 2024, Diskon Sparepart Hingga Bodi Repair

    Mengenal Fitur Canggih Diamond Sense di Mitsubishi Xforce Ultimate DS

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyematkan teknologi Diamond Sense (DS) pada varian Xforce Ultimate yang menunjang aspek keselamatan pengguna.

    Indonesia menjadi negara pertama yang meluncurkan Xforce Ultimate DS. Varian terbaru Xforce ini mengaspal di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 yang digelar pada November lalu.

    Varian paling tinggi Xforce ini memiliki dimensi dan desain eksterior seperti dua varian lainnya, tetapi ada penambahan pilihan warna dual tone, roof rail dan rear spoiler.

    Pada eksterior, Ultimate DS tetap mempertahankan desain silky dan solid, serta identitas desain New Generation Dynamic Shield.

    Diamond Sense merupakan penamaan untuk fitur bantuan keselamatan pengemudi yang terdapat pada mobil Mitsubishi Motors. Di merek lain teknologi ini kerap dinamakan ADAS.

    Secara umum Diamond Sense beroperasi menggunakan perangkat Mono Camera, Sensor Radar di depan dan belakang dan Ultrasonic Parking Sensor radar.

    Koordinasi teknologi itu di Diamond Sense membuat pengguna mendapatkan segudang fitur penunjang keselamatan yang canggih.

    Adapun fitur keselamatan canggih pada Xforce yang termasuk Diamond Sense salah satunya Adaptive Cruise Control alias ACC.

    ACC yang menjadi senjata utama Xforce Ultimate DS merupakan fitur driving assistance untuk membantu pengemudi mengendalikan pedas gas dan rem mobil.

    ACC disediakan guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan selama berkendara saat fitur diaktifkan, misalnya di jalan bebas hambatan tol.

    Kemudian ada pula fitur Automatic High Beam (AHB) yang dapat menyesuaikan secara otomatis lampu low beam atau high beam menurut pendeteksian penerangan sekitar dan keberadaan kendaraan lain di depan.

    Kemudian fitur lainnya adalah Forward Collision Mitigation (FCM) yang secara otomatis mengaktifkan rem ketika mendeteksi potensi benturan sehingga mengurangi risiko kecelakaan dan memastikan keselamatan penumpang serta pejalan kaki.

    Selanjutnya fitur Lead Car Departure Notification System(LCDN) yang bisa berfungsi saat kendaraan berhenti di jalan. Nantinya fitur ini akan memberi notifikasi kepada pengemudi melalui Digital Driver Display untuk segera maju mengikuti kendaraan di depan.

    Ada pula fitur Blind Spot Warning (BSW) yang bisa mendeteksi kendaraan lain di area blind spot dan memberi peringatan kepada pengemudi melalui Digital Driver Display.

    Terakhir, ada Rear Cross Traffic Alert (RCTA) yang fungsinya mendeteksi kendaraan mendekat dari kedua sisi belakang, sehingga memungkinkan keluar parkir secara aman.

    Spesifikasi Xforce Ultimate DS

    Xforce Ultimate DS memiliki beberapa kesamaan dengan varian Ultimate, meliputi Ground Clearance 222 mm, Well-Tuned Suspension, Easy Handing – radius putar yang minim (5,2 meter).

    Dari segi interior dan fitur, Ultimate DS memiliki kesamaan dengan varian Ultimate, dengan ruang kabin yang terluas di kelasnya, 8-steps reclining seat, Smartphone-link Display Audio (SDA) 12,3 inci, Audio Head Unit dengan konektivitas wireless Android Auto dan Apple Carplay, Dynamic Sound Yamaha Premium Audio dengan 8 speakers.

    Xforce Ultimate DS dilengkapi 6 airbag, mono camera, sensor radar di depan dan belakang dan ultrasonic parking sensor.

    XForce Ultimate DS dengan segudang fitur keselamatan tambahan dibanderol Rp422,9 juta on the road DKI Jakarta .

    Untuk varian warna, MMKSI menyuguhkan enam pilihan, yakni Graphite Gray two-tone, Energetic Yellow two tone, Quartz White Pearl two tone, Blade Silver two tone, Red Metallic two tone, Jet Black mica.

    (can/fea)

    [Gambas:Video CNN]

  • Honda dan Nissan Bakal Merger, Simak Updatenya – Page 3

    Honda dan Nissan Bakal Merger, Simak Updatenya – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Dua raksasa otomotif Jepang, Honda dan Nissan, dilaporkan sedang dalam pembicaraan awal mengenai kemungkinan merger. Langkah merger Honda dan Nissanini berpotensi menyatukan kekuatan dua perusahaan besar di tengah tantangan berat yang mereka hadapi dalam beberapa tahun terakhir.

    Dalam pernyataan bersama, kedua perusahaan menyebutkan bahwa mereka masih menjajaki berbagai opsi kerja sama tanpa memberikan rincian atau jadwal yang pasti. Bentuk kolaborasi yang akan diambil juga belum jelas. Laporan awal mengenai rencana merger ini pertama kali diungkap oleh media Jepang, Nikkei, pada Selasa (17/12/2024).

    “Kami sedang mengeksplorasi berbagai kemungkinan kolaborasi untuk memanfaatkan kekuatan masing-masing perusahaan,” ujar Honda dan Nissan dalam pernyataan resmi mereka, dikutip dari CNN, Rabu (18/12/2024).

    Mereka juga mengungkapkan bahwa Mitsubishi turut terlibat dalam diskusi awal, meskipun belum ada konfirmasi resmi dari pihak Mitsubishi.

    Kerja Sama Sebelumnya dan Tantangan di Pasar

    Sebelumnya, Honda dan Nissan telah menjalin beberapa bentuk kerja sama. Pada Maret 2024, kedua perusahaan sepakat untuk bermitra dalam pengembangan kendaraan listrik. Pada Agustus, kolaborasi mereka diperluas ke pengembangan teknologi baterai.

    Namun, pembicaraan merger ini dapat membuka peluang kerja sama yang lebih mendalam untuk menghadapi tantangan besar yang mereka hadapi saat ini.

    Kedua perusahaan mengalami kesulitan serius di pasar Tiongkok, yang merupakan pasar otomotif terbesar di dunia.

    Konsumen di negara tersebut kini lebih memilih mobil merek lokal seperti BYD, yang unggul dalam hal teknologi dan harga. Meski Honda dan Nissan telah meluncurkan kendaraan listrik, mereka masih kalah bersaing dengan produsen lokal.

     

  • Kecelakaan Hari Ini di Bogor, Pemotor Tewas Seketika Ditabrak Truk Fuso

    Kecelakaan Hari Ini di Bogor, Pemotor Tewas Seketika Ditabrak Truk Fuso

    TRIBUNJAKARTA.COM – Kecelakaan maut terjadi di Jalan Mayjen H E Sukma, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Rabu (18/12/2024).

    Sekira pukul 07.50 WIB, seorang pemotor tewas seketika ditabrak truk Fuso.

    Kanit Laka Lantas Polresta Bogor Kota, Iptu Susilo, menjelaskan, kecelakaan bermula dari pengemudi truk Mitsubishi Fuso WIng Box berpelat nomor B 9719 CU yang melaju dari arah Sukabumi menuju Ciawi.

    Di jalan yang konturnya agak menurun, pengemudi truk diduga kehilangan kendali hingga menyenggol pengendara sepeda motor Honda Vario.

    Masih melaju, truk menabrak sepeda motor Honda PCX bernomor polisi F 5624 FJP yang berada di sisi kiri.

    “Pengendara dan penumpang Honda PCX terjatuh. Penumpang motor PCX terseret hingga 25 meter dan tewas di tempat setelah tergilas roda belakang kiri truk,” jelas Iptu Susilo kepada Kompas.com.

    Sementara pengendara Honda PCX dan pengendara Honda Vario mengalami luka-luka dan segera dibawa ke RSUD Ciawi untuk mendapatkan perawatan.

    Sopir truk bersama kendaraannya di bawa ke Unit Laka Lantas Polresta Bogor Kota untuk penyelidikan lebih lanjut.

    “Kedua korban yang luka-luka mendapat perawatan di RSUD Ciawi, ditangani oleh unit laka,” kata Susilo.

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Udang di Balik Batu Upaya Merger Honda dan Nissan

    Udang di Balik Batu Upaya Merger Honda dan Nissan

    Jakarta, CNN Indonesia

    Usaha merger Honda dan Nissan bisa jadi tak murni hanya untuk memperkuat diri menghadapi persaingan mobil listrik di masa depan. Menurut penjelasan Nikkei Asia, ada udang di balik batu soal niat penggabungan dua perusahaan Jepang itu yang berkaitan dengan perusahaan Taiwan, Hon Hai Technology Group alias Foxconn.

    Foxconn, perusahaan multinasional yang bisnis utamanya bidang pemanufaktur kontrak, sudah mengumumkan pada 2019 bakal memasuki bisnis kendaraan listrik. Lalu belakangan diketahui bekerja di balik layar ingin mengakuisisi saham Nissan.

    Menurut sumber Nikkei Asia, Honda dan Nissan intens berdiskusi karena tak mau ada akuisisi Foxconn.

    Rencana akuisisi Foxconn pada Nissan didukung Jun Seki, kepala strategi Foxconn untuk bisnis kendaraan listrik. Seki sebelumnya menduduki jabatan eksekutif di Nissan.

    Dia diajak gabung ke Foxconn pada 2023 dan ditugasi menjalankan misi jangka panjang mencapai pangsa pasar 40 persen kendaraan listrik global. Seki dikatakan kini mengalihkan perhatiannya ke Nissan.

    Andai Foxconn berhasil mengakuisisi Nissan maka mereka bakal memeroleh pengetahuan tentang manufaktur mobil listrik dan kemampuan penjualan global. Nissan adalah merek otomotif yang meluncurkan mobil listrik produksi massal pertama di dunia, Leaf, pada 2010.

    Pada Desember ini Foxconn disebut mengakselerasi gerakan di bawah radarnya untuk membeli Nissan. Nissan juga dikatakan sudah mendapat informasi soal Seki yang berencana bertemu CEO Renault Luca de Meo di Paris.

    “Tidak mengherankan jika Foxconn mendekati [Renault] untuk mengakuisisi saham Nissan pada pertemuan itu,” kata seorang pejabat Nissan.

    Foxconn incar saham Nissan

    Renault mengakuisisi Nissan pada 1999 saat Nissan terlilit masalah keuangan dan menjadikannya pemegang saham terbesar.

    Pada 2023 kedua perusahaan sepakat merestrukturisasi hubungan keduanya menjadi kemitraan setara di mana Renault dan Nissan saling memiliki 15 persen saham masing-masing. Renault mengurangi rasio kepemilikan sahamnya di Nissan.

    Pada September 2023, 22,8 persen saham Nissan dipegang oleh berbagai pihak bank dan Foxconn tampaknya tertarik pada kelompok saham ini untuk mendapatkan pengaruh dalam bisnis Nissan.

    Nissan yang menyadari usaha Foxconn itu mencari cara mempertahankan diri, termasuk berdiskusi dengan Honda.

    Nissan yang saat ini masih sakit-sakitan pada November mengumumkan rencana restrukturisasi yang bakal memangkas 9.000 karyawan di seluruh dunia dan mengurangi kapasitas produksi global 20 persen. Ada kekhawatiran dampak restrukturisasi bakal makin besar bila Foxconn sudah jadi bagian manajemen Nissan.

    Honda yang membentuk kemitraan strategis dengan Nissan pada Agustus lalu khawatir atas gerakan Foxconn. Salah satu pejabat tinggi Honda sudah memberi peringatan keras pada Nissan ada konsekuensi soal keterlibatan Foxconn.

    “Jika Nissan dan Foxconn bekerja sama, kami akan membatalkan kemitraan kami,” kata dia yang tak diungkap identitasnya.

    Honda dan Nissan masing-masing mengakui melakukan perbincangan kerja sama, namun tak mengungkap detail tentang merger.

    Andai jadi merger, termasuk dengan Mitsubishi yang kepemilikan saham terbesarnya dipegang Nissan, bisa menciptakan grup otomotif terbesar ketiga di dunia dengan catatan penjualan lebih dari 8 juta unit. Konfigurasi ini bisa meningkatkan level persaingan dengan Tesla dan produsen mobil listrik asal China.

    (fea/fea)

    [Gambas:Video CNN]

  • Dapat Insentif PPnBM 3 Persen, Ini Daftar Mobil Hybrid Meluncur 2025

    Dapat Insentif PPnBM 3 Persen, Ini Daftar Mobil Hybrid Meluncur 2025

    Jakarta, CNN Indonesia

    Insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) untuk mobil hybrid sebesar 3 persen akan diterapkan per 1 Januari 2025.

    Saat ini tarif maksimum PPnBM mobil hybrid dan mild hybrid mulai 6-14 persen, serta PHEV mulai 5-8 persen (skema 1 dan skema II). Apabila insentif resmi diberlakukan maka pajaknya akan dikurangi tergantung dari model mobil hybrid yang menerima program tersebut.

    “PPnBM ditanggung pemerintah untuk kendaraan berbasis baterai atau electric vehicle (EV) masih dilanjutkan, dan yang terbaru, pemerintah memberikan diskon sebesar 3 persen untuk kendaraan bermotor hybrid,” Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto disiarkan daring kemarin.

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang meminta perusahaan otomotif roda empat untuk segera mendaftarkan model mobil hybrid ke Kementerian Perindustrian supaya mendapatkan insentif PPnBM 3 persen.

    “Untuk insentif hybrid saya minta agar produsen mobil hybrid yang ada di Indonesia untuk segera mendaftarkan merek-mereknya kepada kami agar tahun depan mulai 1 Januari sudah bisa menikmati insentif stimulus yang sudah disiapkan oleh pemerintah,” kata Agus via daring, Senin (16/12).

    Sejauh ini sejumlah perusahaan otomotif seperti Toyota, Honda, Suzuki, GWM sudah meluncurkan mobil hybrid, dan pada tahun depan diprediksi masih banyak lagi mobil hybrid masuk Indonesia.

    Raksasa otomotif Jepang, Toyota bahkan berencana akan meluncurkan mobil hybrid entry level, Veloz Hybrid pada kuartal pertama 2025.

    Selain itu Mitsubishi sudah memiliki dua model MPV hybrid di Thailand, yaitu Xpander HEV dan Xpander Cross HEV. Dengan insentif hybrid yang segera diterapkan, varian hybrid ini diprediksi akan diluncurkan di Indonesia pada 2025.

    Sementara itu, produsen otomotif asal Korea Selatan, Hyundai dikabarkan akan meluncurkan 4 model mobil tahun depan, di mana salah satunya kemungkinan hybrid.

    Produsen otomotif lain, yaitu Chery, BAIC, dan Mazda turut memastikan akan membawa mobil hybrid keluaran terbaru di tahun depan. Chery dikabarkan akan membawa Tiggo PHEV, adapun BAIC akan memasukkan BJ30 Hybrid.

    Mobil hybrid sudah dijual di Indonesia

    Pabrikan mobil Hyundai menawarkan Santa Fe Hybrid di Indonesia tahun ini.

    Perusahaan lain yang telah meluncurkan mobil hybrid yakni Suzuki dengan Grand Vitara Hybrid, Ertiga Hybrid, dan XL7 Hybrid. Merek mobil Jepang lainnya yaitu Nissan meluncurkan Kicks e-Power dan Serena e-Power. Sedangkan Honda sudah memasarkan CR-V Hybrid, dan Honda Accord Hybrid.

    Selanjutnya Toyota paling banyak menawarkan mobil hybrid mulail Kijang Innova Zenix Hybrid, Yaris Cross Hybrid, Corolla Cross Hybrid, Camry Hybrid, Prius HEV, Corolla Altis Hybrid, Alphard HEV.

    (rac/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Bedah Fitur Baru di Xforce Ultimate with Diamond Sense

    Bedah Fitur Baru di Xforce Ultimate with Diamond Sense

    Jakarta

    Mitsubishi telah meluncurkan Xforce terbaru. Kini, SUV compact andalan Mitsubishi itu mendapat tambahan fitur canggih.

    Mitsubishi baru saja meluncurkan Xforce Ultimate with Diamond Sense (DS). Model itu dihadirkan untuk melengkapi dua varian yang telah diperkenalkan sebelumnya, yakni Mitsubishi Xforce Ultimate, dan Mitsubishi Xforce Exceed.

    Peluncuran varian baru Mitsubishi Xforce Ultimate DS hadir dengan teknologi “Diamond Sense”. Diamond Sense adalah fitur bantuan keselamatan terintegrasi mutakhir untuk pengemudi yang lebih lengkap dari varian sebelumnya.

    “Produk terbaru kami menampilkan teknologi Diamond Sense, inovasi inovatif yang dirancang untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan di setiap perjalanan,” kata Atsushi Kurita, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia.

    Secara eksterior, Mitsubishi Xforce Ultimate DS tetap mempertahankan konsep silky dan solid serta identitas desain New Generation Dynamic Shield. Namun, tipe Ultimate DS memiliki perbedaan dengan dua varian pendahulunya dengan disematkannya warna eksterior two-tone, dengan bagian atap berwarna hitam. Mobil ini juga mendapat penambahan Rear Spoiler, dan Fashionable Roof Rail.

    Keunggulan yang ada di varian Ultimate sebelumnya dipertahankan di Xforce Ultimate DS seperti Ground Clearance222 mm,Well-Tuned Suspension,serta Easy Handing dengan radius putar yang minim (5,2m).

    Pada bagian interior, Mitsubishi Xforce Ultimate DS memiliki kesamaan dengan varian Ultimate. Xforce Ultimate DS memiliki ruang kabin luas, 8-steps reclining seat (17˚-33˚), Smartphone-link Display Audio(SDA) 12,3″Audio Head Unit dengan konektivitas wireless Android Auto dan Apple Carplay, Dynamic Sound Yamaha Premium Audio dengan 8 speakers, 8″ Meter Cluster, Top-class Cargo Space dengan beragam ruang penyimpanan serbaguna, Hands-free Power Liftgate dengan kick sensor, Dual-Zone Auto Climate Control dengan teknologi Panasonic Nanoe-X dan fungsi memori, Floor Console Box dengan Armrest & Cooling Function, Auto-Dimming Rearview Mirror, Wireless Charger, Assist Grips x4, Tonneau cover, Coin box, Horizontal axist instrument panel dengan floating console serta ambient lighting, dan Connected Car Service.

    Fitur keamanan dan keselamatan lebih lengkap lagi. Mitsubishi Xforce Ultimate DS telah dilengkapi dengan 6 airbags (berkat penambahan 2 Curtain Airbags), serta Mono Camera, Sensor Radar di depan dan belakang, dan Ultrasonic Parking Sensor, yang memungkinkan beragam fitur pada teknologi “Diamond Sense” bekerja. Adapun fitur-fitur dalam paket Diamond Sense pada Xforce Ultimate DS antara lain:

    Adaptive Cruise Control(ACC)with low speed follow: Cruise Control dengan fitur advanced meliputi Adaptive with Low-Speed Follow yang mampu beroperasi dalam kondisi Stop and Go dengan. Selain itu memiliki fitur Curve Deceleration yaitu mampu mengurangi kecepatan pada kondisi jalan berkelok.Automatic High Beam(AHB): Secara otomatis menyesuaikan lampu low beam atau high beam dengan mendeteksi penerangan sekitar dan keberadaan kendaraan lain di depan.Forward Collision Mitigation(FCM): Sistem Forward Collision Mitigation (FCM) secara otomatis mengaktifkan rem ketika mendeteksi potensi benturan sehingga mengurangi risiko kecelakaan dan memastikan keselamatan penumpang serta pejalan kaki.Lead Car Departure Notification System(LCDN): Pada saat kendaraan berhenti, fitur ini memberi notifikasi kepada pengemudi melalui Digital Driver Display untuk segera maju mengikuti kendaraan di depan.Blind Spot Warning(BSW): Mendeteksi kendaraan lain di area blind spot, dan memberikan peringatan kepada pengemudi melalui Digital Driver Display.Rear Cross Traffic Alert(RCTA): Rear-Cross Traffic Alert mendeteksi kendaraan yang mendekat dari kedua sisi belakang, sehingga memungkinkan keluar parkir dengan aman.Auto Headlight: Fitur ini dapat mengaktifkan On/Off lampu depan secara otomatis sesuai dengan kondisi penerangan sekitarAuto Rain Sensor: Secara otomatis mengaktifkan dan menyesuaikan kecepatan wiper saat hujan, menjaga visibilitas tanpa mengganggu fokus pengemudi.Rear Camera: Membantu pengemudi saat mundur dengan memberikan tampilan jelas di area belakang kendaraan serta mengurangi blind spot terhadap objek lain.

    Selain itu, empat mode berkendara dan Active Yaw Control (AYC) masih dipertahankan untuk menambahkan keamanan berkendara.

    Mitsubishi menghadirkan varian Xforce Ultimate DS untuk mengakomodasi konsumen yang memiliki preferensi atau menginginkan fitur keselamatan yang lebih lengkap, meski varian Xforce Ultimate sebetulnya sudah memiliki fitur yang cukup lengkap. Konsumen dapat memilih sesuai dengan preferensi, kebutuhan, dan budget yang dimiliki.

    “Xforce Diamond Sense adalah salah satu pilihan yang diberikan kepada konsumen. Ini adalah bagian dari pilihan yang kita berikan kepada konsumen. Fitur yang menjadi unique point dari ADAS ini di Xforce adalah di adaptive cruise control bisa juga digunakan dalam kondisi low speed, sangat bermanfaat terutama bagi Jakarta atau kota besar yang kondisi traffic-nya sangat padat,” kata Guntur Harling, General Manager of Product Strategy Division PT MMKSI.

    Mitsubishi Xforce Ultimate DS dijual dengan harga Rp 422,9 juta untuk area DKI Jakarta. Mitsubishi menawarkan 6 pilihan warna untuk Xforce Ultimate DS, yakni Graphite Graytwo-tone, Energetic Yellow two tone, Quartz White Pearl two tone, Blade Silver two tone, Red Metallic two tone, dan Jet Black mica.

    (rgr/din)