brand merek: Mitsubishi

  • Pertama di Dunia! Mitsubishi Bakal Rilis SUV Baru di Indonesia, Catat Tanggalnya

    Pertama di Dunia! Mitsubishi Bakal Rilis SUV Baru di Indonesia, Catat Tanggalnya

    Jakarta

    Mitsubishi bakal merilis mobil baru model Sport Utility Vehicles (SUV) di Indonesia. Catat tanggalnya, nih!

    Dalam undangan yang diterima redaksi detikOto, Mitsubishi akan melakukan peluncuran bertajuk New Premium Familiy SUV World Premiere. Agenda dijadwalkan berlangsung pada 17 Juli 2025 di Jakarta Pusat.

    Saat ini mobil keluarga SUV 7 penumpang dari Mitsubishi hanya Xpander Cross dan Pajero Sport. Model tersebut digadang-gadang bisa melengkapi varian SUV 7 penumpang Mitsubishi.

    Sebelum peluncuran, Mitsubishi terlihat aktif membuat kegiatan pemasaran calon mobil baru lewat kotak misterius. Mystery Box ini dibawa mulai dari Gelora Bung Karno – Senayan, Ancol, hingga Stasiun Whoosh Halim.Mystery Box ini tiba di destinasi terakhirnya, Anjungan Sarinah Thamrin.

    Disinyalir mobil ini merupakan versi produksi massal dari DST Concept. Well, tak sedikit tenaga penjual Mitsubishi yang mulai menawarkan booking unit mobil dengan nama Destinator.

    Destinator juga telah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor IDM001069857 sejak 30 Maret 2023. Pendaftarnya Mitsubishi Jidosha Kogyo Kabushiki Kaisha yang beralamat di Tokyo, Jepang.

    Mitsubishi DST Concept telah terdaftar di Lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2025 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dan Pajak Alat Berat Tahun 2025.

    DST menjadi salah satu produk yang menjembatani konsumen Indonesia pecinta mobil 7-penumpang buat yang ingin naik kelas dari Xpander dan Xpander Cross.

    “Ya sebenarnya produk ini didesain untuk pasar Indonesia. Karena pasar Indonesia baris ketiga besar dan sangat populer,” kata Presiden Direktur MMKSI, Atsushi Kurita, Mei lalu.

    “Produk ini buat mereka yang ingin naik kelas dari Xpander (termasuk Xpander Cross), kita memutuskan untuk rilis tahun ini di Asia Tenggara,” ujar dia.

    “Produksi pertama kali di Indonesia, dipasarkan juga pertama kali di Indonesia,” kata Kurita.

    (riar/dry)

  • Pajak Tahunan Mitsubishi Xpander Cross Keluaran Tahun 2025

    Pajak Tahunan Mitsubishi Xpander Cross Keluaran Tahun 2025

    Jakarta – Pajak tahunan Xpander Cross tembus Rp 5 jutaan. Berikut ini rincian pajak tahunan Mitsubishi Xpander Cross keluaran tahun 2025.

    Ada yang baru mau beli Mitsubishi Xpander Cross? Selain harga hingga fitur, pajak tahunan juga wajib kamu ketahui. Soalnya, pajak tahunan dibayar setiap tahun. Selanjutnya setiap lima tahun sekali dilakukan perpanjangan STNK dengan nominal sedikit lebih mahal ketimbang pajak tahunan karena ada biaya penerbitan pelat baru. Maka dari itu, kamu harus menyisihkan uang untuk membayar pajak tahunan tersebut.

    Pajak Tahunan Mitsubishi Xpander Cross

    Untuk diketahui, pajak tahunan Mitsubishi Xpander Cross itu sebesar Rp 5 jutaan. Rinciannya sebagai berikut:

    PKB Pokok: Rp 5.124.000
    SWDKLLJ: Rp 143.000
    Total: Rp 5.267.000

    Sebagai catatan tambahan, pajak tahunan tersebut berlaku untuk Xpander Cross keluaran tahun 2025. Xpander Cross itu juga terdaftar sebagai kendaraan pertama atas nama perusahaan. Pajak Rp 5 jutaan itu berlaku untuk Xpander Cross yang terdaftar di wilayah Jakarta. Pajak bisa jadi berbeda di wilayah lainnya.

    Spesifikasi Mitsubishi Xpander Cross

    Xpander Cross merupakan mobil Low SUV namun memiliki kenyamanan ala mobil MPV. Belum lama ini, Mitsubishi menyegarkan tampilan pada Xpander Cross. Secara desain mobil ini lebih tangguh, dengan tampilan muka Dynamic Shield dipadu desain anyar kisi-kisi berbentuk trapesium. Penyempurnaan eksterior Xpander Cross itu juga terlihat pada grille depan, skid plate, DRL, lampu sein continous, desain bemper belakang baru, serta desain velg anyar.

    Nuansa interiornya juga berbeda dengan opsi warna hitam dan burgundy serta ornamen kayu. Pada varian Xpander Cross Premium CVT, sudah terpasang kursi kulit sintetis dua warna memberikan sentuhan elegan dan premium pada kendaraan. Dilengkapi fitur pelindung panas yang memastikan kursi tetap sejuk dan nyaman meskipun terkena sinar matahari langsung.

    Arm rest terbaru di baris kedua meningkatkan kenyamanan penumpang dengan dua tempat gelas yang berada di tengah. Di bagian dapur pacu, Xpander Cross tetap mempercayakan mesin 1.5L MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system) DOHC 16 valve yang memudahkan pengoperasian dari RPM rendah ke tinggi. Mesin tersebut bisa memuntahkan tenaga maksimal 105 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.000 rpm. Pilihan transmisinya ada otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan. Sistem penggeraknya masih menggunakan dua roda depan.

    (dry/rgr)

  • Deklarasi Pajero Lovers Indonesia: Wadah Silaturahmi, Jauhi Arogansi

    Deklarasi Pajero Lovers Indonesia: Wadah Silaturahmi, Jauhi Arogansi

    Jakarta

    Para pecinta Mitsubishi Pajero Sport mendeklarasikan komunitas bernama “Pajero Lovers Indonesia”. Ini berawal dari 16 komunitas Pajero yang memiliki inisiatif untuk mengadakan kegiatan bersama.

    Ketua Umum Pajero Lovers Indonesia, Rudi Deru (Ruder) menyampaikan awal mulai komunitas ini terbentuk pada 19 September 2021.

    “Beberapa club Pajero yang ada di Indonesia berinisiatif untuk mengadakan kegiatan bersama, kami sempat touring Jakarta ke Subang dan itu menjadi awalan Pajero Lovers terbentuk,” kata Ruder dalam keterangannya dikutip Minggu (13/7/2025).

    Lalu 16 club Pajero menyepakati dibentuknya Pajero Lovers Indonesia pada 1 Juni 2024. Komunitas ini digadang-gadang sebagai wadah silaturahmi sesama pecinta Mitsubishi Pajero, dan bentuk kepedulian pada masyarakat.

    “Tujuan dari Pajero Lovers adalah untuk bisa mewadahi suatu ajang silaturahmi antar semua club Pajero yang ada di Indonesia, walaupun berbeda-beda intinya akan membuat sesuatu yang baik ke depan untuk kemasyarakatan, kesehatan, dan terutama kegiatan-kegiatan bakti sosial. Dampaknya juga akan lebih baik lagi untuk masyarakat,” ungkap Ruder.

    Deklarasi Pajero Lovers Indonesia diawali dengan kegiatan bakti sosial pada pukul 10.00 WIB. Rombongan Pajero Lovers Indonesia bertolak menuju Pondok Yatim Istiqomah di Jatibening, Bekasi. Di sana, mereka menyerahkan santunan dan berbagi kebahagiaan dengan anak-anak yatim.

    Usai melakukan bakti sosial, rombongan Pajero Sport melaju menuju BiglandOtel Suites and Convention Sentul untuk seremonial deklarasi, yang dimulai pada pukul 16.00 WIB.

    “Harapan ke depannya pastinya untuk semakin solid dalam bersilaturahmi, saling bahu membahu dalam melakukan suatu kegiatan yang bermanfaat buat masyarakat dan pastinya saling menjaga image dari suatu komunitas otomotif yang jauh dari arogansi yang kita bisa menjadi contoh baik dalam berkendaraan dan berlalu lintas,” ucap Ruder.

    Pajero Lovers Indonesia Foto: Dok. Pajero Lovers Indonesia

    Para perwakilan dari masing-masing 16 komunitas yang sebelumnya berdiri sendiri, kini dilantik sebagai bagian dari kepengurusan Pajero Lovers Indonesia. Adapun deretan komunitas yang tergabung antara lain:

    1. MPCI
    2. PIONe
    3. PIF
    4. PXN
    5. PIB
    6. PFC
    7. Pajero WarkopDKI
    8. POFI
    9. PAJERO ADVENTURE INDONESIA
    10. PASBRO
    11. P.Id
    12. Pajero one
    13. Pajero indonesia club
    14. IPS one
    15. Pajerohood
    16. Pajero Nusantara

    Pajero Lovers Indonesia berkomitmen untuk terus tumbuh dan memberikan manfaat.

    Pajero Lovers Indonesia Foto: Dok. Pajero Lovers Indonesia

    Terakhir Ruder mengimbau agar para anggotanya tetap kompak dan bisa menyalurkan hobi positif di sela-sela kesibukan.

    “Sesibuk apapun dalam bekerja atau berbisnis tetap menjalin silaturahmi melalui kegiatan-kegiatan yang positif dengan teman-teman di komunitas, selalu membawa keluarga dalam setiap kegiatan. Itu akan menambah kekompakan. Hobi tersalurkan walaupun kita punya kesibukan tapi memang keluarga yang pertama, kerja yang kedua, habis itu komunitas. Jadi tetap kita sisihkan waktu untuk berkomunitas,” kata dia.

    (riar/lua)

  • Kotak Misterius Mitsubishi Wara-wiri di Jakarta, Isinya Destinator?

    Kotak Misterius Mitsubishi Wara-wiri di Jakarta, Isinya Destinator?

    Jakarta

    Mitsubishi sedang bikin campaign pemasaran calon mobil baru lewat kotak misterius. Apa isinya?

    Mystery Box ini dibawa mulai dari Gelora Bung Karno – Senayan, Ancol, hingga Stasiun Whoosh Halim.Mystery Box ini tiba di destinasi terakhirnya, Anjungan Sarinah Thamrin.

    PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akan segera membuka selubung dari Mystery Box yang selama ini menjadi pusat perhatian, melalui acara spesial bertajuk World Premiere – Uncover Your Next Destinations, pada Kamis, 17 Juli 2025 mendatang.

    Acara ini akan disiarkan secara langsung melalui Live stream di Website dan YouTube resmi MMKSI, serta di Global Website Mitsubishi Motors. CEO Mitsubishi Motors, Takao Kato akan membuka kotak secara langsung di Jakarta untuk memperkenalkan produk terbaru Mitsubishi Motors kepada Indonesia dan dunia.

    Shabrina Leonita, pemenang Indonesian Idol 2025, sekaligus merupakan salah satu pengguna pertama kendaraan terbaru Mitsubishi Motors.

    Disinyalir mobil ini merupakan versi produksi massal dari DST Concept. Well, tak sedikit tenaga penjual Mitsubishi yang mulai menawarkan booking unit mobil dengan nama Destinator.

    Destinator juga telah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor IDM001069857 sejak 30 Maret 2023. Pendaftarnya Mitsubishi Jidosha Kogyo Kabushiki Kaisha yang beralamat di Tokyo, Jepang.

    Mitsubishi DST Concept telah terdaftar di Lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2025 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dan Pajak Alat Berat Tahun 2025.

    Dalam dokumen itu, terdapat empat varian DST yang terdaftar. Berikut kode mobil baru Mitsubishi beserta nilai jual kendaraan bermotor (NJKB)-nya:

    DST 1.5L H (4X2) A/T: NJKB Rp 212 jutaDST 1.5L M (4X2) A/T: NJKB Rp 193 jutaDST 1.5L P (4X2) A/T: NJKB Rp 230 jutaDST 1.5L P PLUS (4X2) A/T: NJKB Rp 240 juta

    DST menjadi salah satu produk yang menjembatani konsumen Indonesia yang mau naik kelas dari Xpander, mobil MPV baris tiga yang populer di Indonesia.

    “Ya sebenarnya produk ini didesain untuk pasar Indonesia. Karena pasar Indonesia baris ketiga besar dan sangat populer,” kata Presiden Direktur MMKSI, Atsushi Kurita, Mei lalu.

    “Produk ini buat mereka yang ingin naik kelas dari Xpander (termasuk Xpander Cross), kita memutuskan untuk rilis tahun ini di Asia Tenggara,” ujar dia.

    “Produksi pertama kali di Indonesia, dipasarkan juga pertama kali di Indonesia,” kata Kurita.

    (riar/lua)

  • 20 Mobil Terlaris di Indonesia Juni 2025: Suzuki Fronx-Denza D9 Melesat!

    20 Mobil Terlaris di Indonesia Juni 2025: Suzuki Fronx-Denza D9 Melesat!

    Jakarta

    Posisi Kijang innova di daftar mobil terlaris masih sangat kokoh. Namun ada dua model yang tercatat melesat yaitu Suzuki Fronx dan Denza D9.

    Kijang Innova masih sulit digusur oleh model mobil lain di Indonesia. Buktinya, Innova tercatat masih jadi mobil yang penjualannya paling laris di dalam negeri. Berdasarkan penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Juni 2025, distribusi Innova dari pabrik ke dealer itu mencapai 4.814 unit.

    Angkanya unggul jauh dibandingkan model-model lainnya. Di posisi kedua, ada Daihatsu Gran Max pikap yang mencatatkan distribusi sebanyak 2.834 unit. Ini sekaligus menjadikan Gran Max pikap sebagai mobil komersial terlaris di dalam negeri. Berlanjut di posisi ketiga ada Daihatsu Sigra yang mencatatkan distribusi sebanyak 2.742 unit.

    Kemudian di posisi keempat ada mobil sejuta umat Toyota Avanza. Distribusi Avanza dari pabrik ke seluruh dealer Toyota itu tercatat sebanyak 2.632 unit. Berlanjut menghuni posisi lima besar ada Honda Brio berkat kontribusi model Satya dan RS. Distribusinya tercatat sebanyak 2.385 unit.

    Denza D9 Foto: (Ridwan Arifin/detikOto)

    Di posisi sepuluh besar, hanya ada satu mobil listrik yang masuk daftar. Mobil listrik yang dimaksud adalah Denza D9. MPV listrik penantang Alphard itu mencatatkan distribusi sebanyak 1.768 unit, melesat dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya 630 unit. Model baru Suzuki Fronx juga bersaing di posisi 10 besar dengan catatan distribusi sebanyak 1.782 unit atau satu tingkat di atas Denza D9. Pada Juni merupakan kali pertama Fronx mencatatkan distribusinya. Untuk tahu lebih lengkapnya, berikut ini 20 mobil terlaris di Indonesia periode Juni 2025.

    20 Mobil Terlaris di Indonesia Juni 2025

    1. Kijang Innova (Reborn dan Zenix): 4.814 unit
    2. Daihatsu Gran Max pikap: 2.834 unit
    3. Daihatsu Sigra: 2.742 unit
    4. Toyota Avanza: 2.632 unit
    5. Honda Brio (RS dan Satya): 2.385 unit
    6. Toyota Rush: 2.355 unit
    7. Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross): 2.290 unit
    8. Suzuki Fronx: 1.782 unit
    9. Denza D9: 1.768 unit
    10. Toyota Calya: 1.662 unit
    11. Suzuki Carry pikap: 1.608 unit
    12. Toyota Fortuner: 1.409 unit
    13. Daihatsu Gran Max (Blind Van dan Minibus): 1.300 unit
    14. Daihatsu Terios: 1.247 unit
    15. Toyota Hilux: 1.162 unit
    16. Chery Tiggo 8 CSH: 1.102 unit
    17. Honda HR-V: 1.079 unit
    18. BYD Sealion 7: 1.068 unit
    19. Toyota Veloz: 1.057 unit
    20. Toyota Agya: 952 unit

    Secara keseluruhan, penjualan mobil di Indonesia belum naik signifikan. Penjualan wholesales justru tercatat menurun dari bulan sebelumnya. Pada Juni, penjualan wholesales hanya menyentuh 57.760 unit. Sementara penjualan naik retail naik tipis dari sebelumnya 61.307 unit menjadi 61.647 unit.

    Selama semester I tahun 2025, secara kumulatif penjualan secara wholesales baru mencapai 374.740 unit sedangkan secara retail 390.467 unit. Masih ada enam bulan tersisa untuk mengejar target penjualan sebanyak 900.000 unit mobil.

    (dry/din)

  • Pertama di Dunia! Mitsubishi Bakal Rilis SUV Baru di Indonesia, Catat Tanggalnya

    Sales Mulai Tawarkan Mitsubishi Destinator

    Sales Mulai Tawarkan Mitsubishi Destinator

  • Siapin Duit Segini buat Booking Mitsubishi Destinator

    Siapin Duit Segini buat Booking Mitsubishi Destinator

    Jakarta

    Mitsubishi rencananya bakal memperkenalkan produk baru dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Dugaan awalnya ialah Mitsubishi Destinator, mobil SUV dengan kapasitas 7-penumpang.

    Dugaan calon mobil baru itu Destinator menguat setelah beberapa tenaga penjual Mitsubishi mulai menawarkan produk tersebut di media sosial. Banyak yang menawarkan uang pemesanan awal supaya mendapatkan unitnya lebih cepat saat mobilnya sudah rilis di GIIAS 2025.

    “Booking fee hanya Rp 5 juta, Mitsubishi DST alias Destinator 2025,” kata wiraniaga Mitsubishi.

    Dia belum bisa memastikan harga SUV 7-seater yang diposisikan di bawah Pajero tersebut. Kisaran harganya Rp 400 juta – Rp 500 juta.

    Di Indonesia sendiri, Mitsubishi DST Concept telah terdaftar di Lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2025 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dan Pajak Alat Berat Tahun 2025.

    Dalam dokumen itu, terdapat empat varian DST yang terdaftar. Berikut kode mobil baru Mitsubishi beserta nilai jual kendaraan bermotor (NJKB)-nya:

    – DST 1.5L H (4X2) A/T: NJKB Rp 212 juta

    – DST 1.5L M (4X2) A/T: NJKB Rp 193 juta

    – DST 1.5L P (4X2) A/T: NJKB Rp 230 juta

    – DST 1.5L P PLUS (4X2) A/T: NJKB Rp 240 juta.

    DST menjadi salah satu produk yang menjembatani konsumen Indonesia yang mau naik kelas dari Xpander.

    “Ya sebenarnya produk ini didesain untuk pasar Indonesia. Karena pasar Indonesia baris ketiga besar dan sangat populer,” kata Presiden Direktur MMKSI, Atsushi Kurita, Mei lalu.

    “Produk ini buat mereka yang ingin naik kelas dari Xpander (termasuk Xpander Cross), kita memutuskan untuk rilis tahun ini di Asia Tenggara,” ujar dia.

    “Produksi pertama kali di Indonesia, dipasarkan juga pertama kali di Indonesia,” kata Kurita.

    (riar/dry)

  • Pertama di Dunia! Mitsubishi Bakal Rilis SUV Baru di Indonesia, Catat Tanggalnya

    Belum Meluncur, Sales Mulai Tawarkan Mitsubishi Destinator

    Jakarta

    PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sudah mengumumkan bakal rilis model SUV baru dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Para tenaga penjual Mitsubishi mulai membuka keran pemesanan model baru, Destinator.

    “Open indent, booking fee hanya Rp 5 juta, Mitsubishi DST alias Destinator 2025,” tulis iklan wiraniaga Mitsubishi.

    Soal harga, wiraniaga Mitsubishi itu belum bisa mengungkap banderolannya pastinya. Namun dia memperkirakan bakal berkisar Rp 400 juga – 500 juta. Destinator digadang-gadang bakal mengisi celah antara XForce dan Pajero Sport.

    Indonesia menjadi negara pertama yang memproduksi DST Concept. Sebelumnya Mitsubishi Jepang sudah mengonfirmasi akan memproduksi secara massal DST Concept tahun 2025 ini.

    Kabarnya, DST Concept akan menggunakan mesin yang sama dengan Xforce, yakni mesin empat silinder MIVEC 4A91 1,5 liter 105 PS/141 Nm N/A, juga mesin hybrid yang memadukan motor listrik 116 PS/255 Nm dengan mesin Atkinson-cycle 4A92 1,6 liter 95 PS/134 Nm.

    Di Indonesia sendiri, Mitsubishi DST Concept telah terdaftar di Lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2025 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dan Pajak Alat Berat Tahun 2025.

    Dalam dokumen itu, terdapat empat varian DST yang terdaftar. Berikut kode mobil baru Mitsubishi beserta nilai jual kendaraan bermotor (NJKB)-nya:

    – DST 1.5L H (4X2) A/T: NJKB Rp 212 juta

    – DST 1.5L M (4X2) A/T: NJKB Rp 193 juta

    – DST 1.5L P (4X2) A/T: NJKB Rp 230 juta

    – DST 1.5L P PLUS (4X2) A/T: NJKB Rp 240 juta

    DST menjadi salah satu produk yang menjembatani konsumen Indonesia yang mau naik kelas dari Xpander.

    “Ya sebenarnya produk ini didesain untuk pasar Indonesia. Karena pasar Indonesia baris ketiga besar dan sangat populer,” kata Presiden Direktur MMKSI, Atsushi Kurita, Mei lalu.

    “Produk ini buat mereka yang ingin naik kelas dari Xpander (termasuk Xpander Cross), kita memutuskan untuk rilis tahun ini di Asia Tenggara,” ujar dia.

    “Produksi pertama kali di Indonesia, dipasarkan juga pertama kali di Indonesia,” kata Kurita.

    (riar/dry)

  • Daftar Merek Mobil Terlaris di Indonesia Juni 2025: Denza Menyala!

    Daftar Merek Mobil Terlaris di Indonesia Juni 2025: Denza Menyala!

    Jakarta

    Penjualan mobil di Indonesia periode Juni 2025 mengalami penurunan. Di tengah ambrolnya penjualan berbagai merek, Denza sebagai brand premium dari BYD mencatat rekor baru.

    Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil wholesales (distribusi pabrik ke dealer) pada bulan Juni 2025 tercatat 57.760 unit. Minus 4,7 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya.

    Kemudian secara retail sales (distribusi dealer ke konsumen), Gaikindo mencatat angka penjualan 61.647 unit. Sedikit mengalami kenaikan 0,6 persen dari bulan Mei yang mencapai 61.307 unit.

    Secara akumulatif, penjualan mobil year to date dari Januari sampai Juni 2025 mencatatkan angka wholesales sebanyak 374.740 unit. Turun dari tahun lalu yang mencapai 410.020 unit.

    Begitu juga dengan retail sales. Gaikindo mencatat, retail sales Januari-Juni 2025 sebanyak 390.467 unit. Angka itu turun dari 432.453 unit pada periode yang sama tahun sebelumnya.

    Toyota masih jadi favorit masyarakat Indonesia. Merek ini masih mengisi posisi puncak wholesales penjualan pada Juni 2025 dengan angka 17.819 unit. Penguasa pasar mobil di Indonesia ini turun dari bulan sebelumnya mencapai distribusi 20.995 unit. Pun demikian dengan retail sales-nya dengan capaian 19.824 unit, minus 1,7 persen dari bulan Mei.

    Di bawah Toyota, ada Daihatsu. Penjualan Daihatsu secara wholesales terpantau menurun dari sebelumnya 11.166 unit menjadi 9.356 unit. Sedangkan penjualan retail Daihatsu naik tipis dari 9.997 unit menjadi 10.001 unit.

    Mitsubishi Motors menghuni tempat ketiga dengan distribusi wholesales sebanyak 5.053 unit dan retail 5.505 unit. Suzuki dan Honda menggenapi posisi empat dan lima besar.

    Menariknya secara wholesales masuk nama baru, yakni brand premium dari BYD, Denza. Mobil listrik yang baru menjual satu model itu tercatat wholesales-nya 1.768 unit atau melampaui torehan Wuling dan Hyundai. Ini merupakan angka tertinggi yang dicapai Denza di sepanjang semester pertama 2025.

    Angka wholesales Chery juga terpantau ngegas. Brand yang berasal dari China ini mendistribusikan sebanyak 2.271 unit. Tepat di bawah Chery ada BYD dengan capaian 2.079 unit pada Juni 2025.

    Lebih lengkapnya, berikut ini daftar merek mobil terlaris di Indonesia periode Juni 2025:

    Wholesales

    1. Toyota: 17.819 unit
    2. Daihatsu: 9.356 unit
    3. Mitsubishi Motors: 5.053 unit
    4. Suzuki: 4.940 unit
    5. Honda: 4.179 unit
    6. Mitsubishi Fuso: 2.256 unit
    7. Chery: 2.271 unit
    8. BYD: 2.079 unit
    9. Isuzu: 1.825 unit
    10. Denza: 1.768 unit

    Retail sales

    1. Toyota: 19.824 unit
    2. Daihatsu: 10.001 unit
    3. Mitsubishi Motors: 5.505 unit
    4. Honda: 5.238 unit
    5. Suzuki: 4.570 unit
    6. Isuzu: 2.196 unit
    7. BYD: 2.172 unit
    8. Chery: 2.150 unit
    9. Mitsubishi Fuso: 2.121 unit
    10. Hino: 1.402 unit

    (riar/din)

  • Nissan Jadi Gandeng Foxconn Produksi EV?

    Nissan Jadi Gandeng Foxconn Produksi EV?

    TOKYO – Pabrik Nissan di Oppama, Jepang, yang telah lama menjadi target potensi penutupan dalam rencana restrukturisasi produsen mobil Jepang tersebut, kini mendapat secercah harapan. Menurut laporan dari harian bisnis Nikkei pada Minggu, 6 Juli, Nissan Motor sedang dalam pembicaraan serius dengan raksasa teknologi Taiwan, Foxconn, mengenai potensi kolaborasi dalam produksi kendaraan listrik (EV).

    Sumber yang tidak disebutkan namanya dari Nissan menyatakan bahwa ide untuk memproduksi kendaraan listrik merek Foxconn di lini perakitan Oppama yang menganggur dapat menyelamatkan sekitar 3.900 pekerjaan dan mempertahankan jaringan pemasok penting. Pabrik Oppama, yang berlokasi di Yokosuka, Tokyo, adalah fasilitas bersejarah bagi Nissan dan menjadi simbol masa depan yang tidak pasti di tengah transisi industri otomotif.

    Sejarah Hubungan yang Pasang Surut

    Pembicaraan terbaru ini menambah babak baru dalam hubungan yang fluktuatif antara Foxconn dan Nissan. Sebelumnya, pada awal tahun 2025, Foxconn telah mengumumkan ambisinya untuk menjadi pemain besar dalam manufaktur kendaraan listrik, bahkan sempat mengajukan penawaran untuk mengambil alih pabrik mobil yang kesulitan finansial.

    Pada saat itu, Chairman Foxconn, Young Liu mengatakan perusahaannya tidak ingin mengakuisisi Nissan, melainkan terbuka melakukan kerja sama dan membeli saham bila itu diperlukan.

    “Membeli sahamnya Nissan bukanlah target kami, namun tujuan kami adalah kerja sama,” kata Young Liu dikutip dari Reuters, Kamis, 13 Februari.

    Meskipun Nissan belum pernah secara eksplisit mengumumkan pembicaraan dengan Foxconn sebelumnya, ada indikasi kerja sama yang lebih luas di antara aliansi mereka. Mitra junior Nissan, Mitsubishi Motors, misalnya, pada bulan Mei 2025 telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan anak perusahaan Foxconn untuk pasokan model EV. Langkah Mitsubishi ini, yang juga merupakan bagian dari aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, mungkin menjadi indikasi awal potensi yang lebih besar antara Foxconn dan grup tersebut secara keseluruhan.

    Sebelumnya, Foxconn sendiri telah menjalin kemitraan dengan perusahaan-perusahaan seperti Fisker Inc. dan memiliki fasilitas perakitan EV di Ohio, Amerika Serikat, yang diakuisisi dari Lordstown Motors. Kehadiran Foxconn dalam rantai pasokan EV global semakin kuat, dengan menawarkan solusi manufaktur kontrak bagi merek-merek yang ingin memasuki pasar EV tanpa harus membangun pabrik sendiri dari nol.

    Masa Depan Pabrik Oppama dan Strategi EV Nissan

    Laporan Nikkei muncul di tengah upaya Nissan untuk mengkonsolidasikan operasinya dan berinvestasi lebih dalam pada kendaraan listrik. Meskipun Nissan telah menjadi pelopor EV dengan model Leaf, mereka menghadapi persaingan ketat dari pendatang baru dan produsen mobil tradisional lainnya. Potensi kolaborasi dengan Foxconn tidak hanya dapat mengamankan masa depan Oppama, tetapi juga memungkinkan Nissan untuk memanfaatkan keahlian Foxconn dalam manufaktur elektronik dan pasokan komponen untuk produksi EV yang lebih efisien.