brand merek: Mitsubishi

  • Pajak Mitsubishi Destinator Tahun 2025, Ternyata Paling Mahalnya Segini

    Pajak Mitsubishi Destinator Tahun 2025, Ternyata Paling Mahalnya Segini

    Jakarta

    Pajak Mitsubishi Destinator untuk semua varian rupanya Rp 4 jutaan. Berikut ini rincian pajak Mitsubishi Destinator 2025 untuk masing-masing varian.

    Mitsubishi Destinator paling murah bisa dimiliki mulai Rp 395 juta. Sementara untuk Mitsubishi Destinator varian termahal harganya tembus Rp 475 juta. Punya banderol tak sampai Rp 500 juta, rupanya pajak tahunan Destinator itu Rp 4 jutaan setiap tahun.

    Simak hitung-hitungan pajak Destinator mengacu pada besar Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB) yang tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 7 tahun 2025 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat tahun 2025. Sebagai catatan, hitungan pajak berikut menggunakan tarif PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) yang berlaku untuk kepemilikan pertama di daerah Jakarta.

    Pajak Mitsubishi Destinator Tahun 2025

    Pajak Mitsubishi Destinator GLS

    PKB Pokok: DP PKB Destinator GLS x tarif PKB
    = Rp 202,65 juta x 2%
    = Rp 4,053 jutaPajak tahunan: PKB Pokok + SWDKLLJ
    = Rp 4,053 juta + 143 ribu
    = Rp 4,196 juta

    Pajak Mitsubishi Destinator Exceed

    PKB Pokok: DP PKB Destinator Exceed x tarif PKB
    = Rp 222,6 juta x 2%
    = Rp 4,452 jutaPajak tahunan: PKB Pokok + SWDKLLJ
    = Rp 4,452 juta + 143 ribu
    = Rp 4,595 juta

    Pajak Mitsubishi Destinator Ultimate

    PKB Pokok: DP PKB Destinator Ultimate x tarif PKB
    = Rp 241,5 juta x 2%
    = Rp 4,83 jutaPajak tahunan: PKB Pokok + SWDKLLJ
    = Rp 4,83 juta + 143 ribu
    = Rp 4,973 juta

    Nah itu tadi pajak tahunan Destinator keluaran 2025. Secara keseluruhan, pajaknya tak sampai Rp 5 juta. Perlu digarisbawahi, besar pajaknya bisa jadi berbeda bila Destinator terdaftar di daerah selain Jakarta. Jumlah kepemilikan mobil juga mempengaruhi pajak tahunan Destinator, sebab ada pajak progresif dengan tarif lebih besar.

    Sebagai informasi tambahan, Mitsubishi Destinator mengandalkan mesin berkode 4B40 1.500 cc MIVEC Turbo. Tenaganya mencapai 163 PS (120 kW) dengan torsi maksimal 250 Nm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi CVT. Tidak ada pilihan transmisi manual untuk Mitsubishi Destinator.

    Destinator punya lima mode berkendara yang dirancang untuk berbagai kondisi permukaan jalan, antara lain:

    Wet, memberikan stabilitas tinggi dan mengurangi risiko selip ban, terutama saat hujanTarmac menawarkan respons yang gesit dan presisi, di jalan beraspal yang berkelok-kelok dan akselerasi yang tajam saat keluar dari kemacetan.Normal, keseimbangan untuk berkendara sehari-hariGravel, mengurangi selip dan memastikan pengendalian yang andal di jalan yang tidak beraspalMud, memberikan pengendalian jalan yang kuat bahkan di medan berlumpur dan kasar.

    (dry/din)

  • Ini Mobil Bekas Paling Banyak Dicari Orang Indonesia Sepanjang 2025

    Ini Mobil Bekas Paling Banyak Dicari Orang Indonesia Sepanjang 2025

    Jakarta

    Ada lima mobil bekas yang paling banyak dicari orang Indonesia. Paling banyak dicari adalah Kijang Innova. Berikut daftar lengkapnya.

    Mobil-mobil Toyota masih memuncaki daftar mobil bekas yang paling banyak dicari orang Indonesia. Dari lima mobil bekas paling banyak dicari, tiga di antaranya berasal dari merek Toyota.

    Toyota Kijang Innova masih menjadi mobil bekas paling banyak dicari orang Indonesia sepanjang tahun 2025. Data internal yang dihimpun situs OLX periode Januari-November 2025 menunjukkan Kijang Innova berada di puncak pencarian. Innova mempertahankan takhtanya sejak tahun lalu. Tahun 2024, Kijang Innova juga tercatat sebagai mobil bekas yang paling banyak dicari.

    Populernya Kijang Innova di pasar mobil bekas bukan tanpa alasan. Direktur OLXMobbi pernah mengungkap nilai jual kembali Innova memang masih cukup bagus. Inilah yang menjadi faktor utama yang membuat Innova masih banyak dicari.

    “Faktor resale value yang tinggi menjadi pertimbangan krusial bagi konsumen. Keunggulan ini diperkuat oleh adanya ekosistem purnajual, dengan jaringan servis dan ketersediaan suku cadang yang merata hingga ke pelosok negeri,” terang Agung kepada detikOto beberapa waktu lalu.

    Kalau merujuk pada laman OLX, harga Kijang Innova bekas memang masih cukup baik. Bahkan Innova berusia lima tahun, harga jualnya masih di atas Rp 250 juta. Padahal harga baru Innova baik itu Zenix ataupun Reborn Rp 400 jutaan. Makin muda usianya, harganya juga masih tinggi. Misalnya Innova Zenix tahun 2023, harga bekasnya Rp 400 juta ke atas.

    5 Mobil Bekas Paling Banyak Dicari di Indonesia sepanjang 2025

    Kijang Innova diikuti oleh adiknya Toyota Avanza di posisi kedua mobil bekas paling banyak dicari. Selanjutnya di tempat ketiga ada Toyota Fortuner. Tren pencarian itu belum berubah sejak tahun lalu. Lengkapnya, berikut ini daftar mobil bekas paling banyak dicari orang Indonesia

    1. Toyota Kijang Innova
    2. Toyota Avanza
    3. Toyota Fortuner
    4. Honda HR-V
    5. Honda Brio

    Kalau bicara merek, deretan mobil Jepang memang masih diminati di pasar mobil bekas. Toyota, Honda, Suzuki, Daihatsu, dan Mitsubishi adalah lima merek yang paling banyak dicari di pasar mobil bekas.

    Selanjutnya kalau bicara jenis, MPV masih ada di puncak pencarian dengan angka 22 persen. Angka serupa juga ditorehkan oleh mobil jenis SUV. Baru kemudian hatchback, sedan, dan LCGC.

    (dry/din)

  • Kena OTT KPK, Bupati Bekasi Punya Harta Rp 79 M

    Kena OTT KPK, Bupati Bekasi Punya Harta Rp 79 M

    Jakarta

    Bupati Bekasi Ade Kuswara Kunang terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). OTT yang dilakukan KPK di Bekasi itu mengamankan total 10 orang.

    Dikutip dari detikNews, penyidik juga menyegel ruangan Bupati Bekasi. Hingga saat ini KPK masih memeriksa pihak-pihak yang diamankan tersebut. KPK punya waktu 1 x 24 jam untuk mengumumkan status para pihak yang terjaring OTT.

    Lantas, berapa total kekayaan Ade Kuswara Kunang? Dikutip dari Laporan Harta Kekayaan Negara (LHKPN) yang dilaporkan pada 11 Agustus tahun 2025, Ade Kuswara diketahui memiliki total harta Rp 79,16 miliar, yang terbagi atas tanah dan bangunan, kendaraan, hingga harta bergerak lainnya.

    Rincian Harta Bupati Bekasi

    A. Tanah dan Bangunan Rp 76.527.000.000

    1. Tanah Seluas 4.326 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 600.000.000
    2. Tanah Seluas 809 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 609.000.000
    3. Tanah Seluas 480 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 408.000.000
    4. Tanah Seluas 51.450 m2 di Kab/Kota Cianjur, Rp 4.116.000.000
    5. Tanah dan Bangunan Seluas 364 m2/364 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 3.500.000.000
    6. Tanah dan Bangunan Seluas 119 m2/80 m2 di Kab/Kota Bekasi, Hasil Sendiri Rp 300.000.000
    7. Tanah Seluas 225 m2 di Kab/Kota Bekasi, Hasil Sendiri Rp 135.000.000
    8. Tanah Seluas 1.100 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 3.300.000.000
    9. Tanah Seluas 3.240 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 9.720.000.000
    10. Tanah Seluas 1.121 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 2.242.000.000
    11. Tanah Seluas 573 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 1.146.000.000
    12. Tanah Seluas 268 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 536.000.000
    13. Tanah Seluas 4.726 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 14.178.000.000
    14. Tanah Seluas 1.435 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 4.305.000.000
    15. Tanah Seluas 457 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 914.000.000
    16. Tanah Seluas 2.783 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 5.566.000.000
    17. Tanah Seluas 556 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 1.112.000.000
    18. Tanah Seluas 1.000 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 2.000.000.000
    19. Tanah Seluas 310 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 620.000.000
    20. Tanah Seluas 34.500 m2 di Kab/Kota Cianjur, Rp 10.350.000.000
    21. Tanah Seluas 2 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 567.000.000
    22. Tanah Seluas 5.000 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 1.500.000.000
    23. Tanah Seluas 2 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 659.400.000
    24. Tanah Seluas 1.358 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 407.400.000
    25. Tanah Seluas 5.164 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 1.549.200.000
    26. Tanah Seluas 4.326 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 1.096.800.000
    27. Tanah Seluas 4.326 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 1.297.800.000
    28. Tanah Seluas 842 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 168.400.000
    29. Tanah Seluas 119 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 357.000.000
    30. Tanah Seluas 1.120 m2 di Kab/Kota Karawang, Rp 840.000.000
    31. Tanah Seluas 809 m2 di Kab/Kota Bekasi, Rp 2.427.000.000

    B. Alat Transportasi dan Mesin Rp 2.450.000.000

    1. Mobil, Mitsubishi Pajero Sport 2.4 L Dakar-L 4×2 8 AT Tahun 2021, Hadiah Rp 400.000.000
    2. Mobil, Jeep Wrangler 3.8 AT Tahun 2011, Warisan Rp 650.000.000
    3. Mobil, Ford Mustang 2.3 AT Tahun 2022, Hasil Sendiri Rp 1.400.000.000

    C. Harta Bergerak Lainnya Rp 43.092.000
    D. Surat Berharga Rp 0
    E. Kas dan Setara Kas Rp 147.959.653
    F. Harta Lainnya Rp 0
    Sub Total Rp 79.168.051.653

    Utang Rp 0

    Total Harta Kekayaan Rp 79.168.051.653

    (ily/ara)

  • Isi Garasi Bupati Bekasi Ade Kuswara yang Kena OTT KPK, Ada Mobil Mewah Ini

    Isi Garasi Bupati Bekasi Ade Kuswara yang Kena OTT KPK, Ada Mobil Mewah Ini

    Jakarta

    Bupati Bekasi Ade Kuswara Kunang ikut diamankan saat KPK menggelar OTT di wilayah Bekasi. Menilik sisi lain, Ade diketahui punya mobil mewah di garasinya. Simak rincian mobil Ade.

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di wilayah Bekasi, Jawa Barat. Dalam OTT tersebut, diketahui ada 10 orang diamankan. Belum dirinci KPK pihak-pihak yang diamankan tersebut. KPK punya waktu 1 x 24 jam untuk mengumumkan status para pihak yang terjaring OTT. Namun salah satunya dikonfirmasi adalah Bupati Bekasi Ade Kuswara.

    “Benar, salah satunya (bupati Kabupaten Bekasi),” kata Jubir KPK Budi Prasetyo dikutip detikNews.

    Ade kini tengah dalam pemeriksaan lebih lanjut di KPK. Adapun kalau menilik sisi lain, khususnya isi garasi, Ade tercatat punya tiga mobil sebagai aset kekayaannya. Dilihat detikOto dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disetor Ade pada 11 Agustus 2025 saat awal menjabat sebagai Bupati Bekasi, dia punya total harta kekayaan sebesar Rp 79.168.051.653 (79 miliaran). Dari total harta itu, mobil merupakan aset dengan nilai terbesar kedua setelah tanah dan bangunan.

    31 aset tanah dan bangunan yang tersebar di Bekasi, Cianjur, hingga Karawang itu nilainya mencapai Rp 76,527 miliar. Kebanyakan berstatus warisan. Hanya dua tanah dan bangunan yang tercatat sebagai milik sendiri.

    Isi Garasi Ade Kuswara

    Kemudian barulah aset alat transportasi dan mesin merupakan yang terbesar kedua. Aset ini nilainya Rp 2,45 miliar dan terdiri dari tiga mobil dengan status berbeda yaitu hadiah, warisan, dan hasil sendiri. Berikut rincian isi garasi Ade.

    1. Mobil Mitsubishi Pajero Sport 2.4 L Dakar tahun 2021, hadiah, senilai Rp 400 juta
    2. Mobil Jeep Wrangler 3.8 L tahun 2011, warisan, senilai Rp 650 juta
    3. Mobil Ford Mustang 2.3 tahun 2022, hasil sendiri, senilai Rp 1,4 miliar

    Selanjutnya ada harta bergerak lainnya dengan nilai Rp 43,092 juta. Terakhir harta kekayaan Ade itu berupa kas dan setara kas yang nilainya Rp 147.959.653.

    (dry/din)

  • Mitsubishi Andalkan AI dan Denyut Nadi untuk Deteksi Pengemudi Mabuk

    Mitsubishi Andalkan AI dan Denyut Nadi untuk Deteksi Pengemudi Mabuk

    JAKARTA – Kamera pemantau pengemudi selama ini identik dengan kendaraan semi otonom. Namun, Mitsubishi Electric melihat potensi yang jauh lebih besar dengan kehadiran kamera dalam kabin mobil.

    Perusahaan teknologi asal Jepang itu tengah mengembangkan sistem berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk mendeteksi pengemudi yang berada di bawah pengaruh alkohol atau obat-obatan. Deteksi tersebut dengan memanfaatkan kamera kabin dan data kendaraan.

    Teknologi ini mengandalkan sistem pemantauan pengemudi (driver monitoring system) yang mampu membaca denyut nadi serta ekspresi wajah. Gerakan mata dan perubahan mimik menjadi indikator penting untuk mendeteksi kondisi kantuk maupun pengaruh alkohol.

    Mitsubishi Electric menilai pendekatan tersebut lebih presisi dibanding metode konvensional. Disebutkan jika deteksi lewat denyut nadi memiliki akurasi yang tinggi.

    “Sekalipun perubahan wajah akibat alkohol bersifat halus, variasi denyut nadi yang disebabkan oleh minum dapat digunakan untuk mendeteksi keracunan alkohol dengan akurasi tinggi,” tulis Mitsubishi Electric dalam penjelasannya, dilansir dari Carscoops, Kamis, 18 Desember.

    Seluruh data itu kemudian diproses oleh sistem pendeteksi mabuk yang ditenagai AI Maisart, platform kecerdasan buatan milik Mitsubishi Electric. Ketika sistem mendeteksi adanya indikasi mabuk, kendaraan disebut dapat memberikan peringatan kepada pengemudi hingga melakukan intervensi terhadap pengendalian kendaraan.

    “Intervensi pengendalian kendaraan dilakukan sesuai kebutuhan untuk membantu mencegah kecelakaan yang terkait dengan alkohol,” lanjut perusahaan.

    Meski demikian, Mitsubishi Electric belum merinci bentuk intervensi tersebut. Hal ini memunculkan spekulasi, mulai dari pembatasan fungsi kendaraan hingga kemungkinan mobil menghentikan dirinya sendiri.

    Pertanyaan soal apakah data tersebut bisa dilaporkan ke otoritas juga masih menggantung. Mitsubishi Electric menegaskan bahwa teknologi ini telah diverifikasi agar sesuai dengan kerangka regulasi dan standar penilaian di Eropa dan Amerika Serikat.

    Tujuan utamanya, tak lain untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas akibat mengemudi dalam kondisi mabuk. Walau masih menyisakan sejumlah tanda tanya, perusahaan memberi sinyal kuat bahwa teknologi pendeteksi pengemudi mabuk ini berpeluang mulai diterapkan di kendaraan produksi massal paling cepat tahun depan.

  • Segini Penjualan Mobil Polytron, Unggul dari 6 Merek Ini

    Segini Penjualan Mobil Polytron, Unggul dari 6 Merek Ini

    Jakarta

    Polytron ikut meramaikan pasar mobil listrik Indonesia yang masih bertumbuh. Melirik data penjualan per November 2025, Polytron sudah bisa unggul di antara beberapa merek lainnya.

    Polytron baru menjual model G3 dan G3+. SUV itu merupakan kerja sama dengan perusahaan asal China Skyworth.

    Sejak Mei 2025, Polytron G3 dan G3+ menyapa masyarakat Indonesia. Distribusi wholesales (pabrik ke dealer) dilakukan per Juli 2025. Sepanjang tahun 2025 ini sudah sudah 286 unit mobil listrik Polytron terdistribusi.

    G3 menjadi varian yang paling banyak dibeli dengan capaian 170 unit, sisanya model G3+.

    Kendati demikian, capaian tersebut belum bisa membuat Polytron tembus 10 besar mobil listrik terlaris di Indonesia. Penjualan mobil listrik di Indonesia mengalami pertumbuhan. Data wholesales (distribusi pabrik ke dealer) menunjukkan sebanyak 82.525 unit mobil listrik terjual sepanjang Januari-November 2025 dari total penjualan 710.084 unit.

    BYD menjadi model yang paling populer di Indonesia dengan capaian 40.151 unit. Sementara sub brand mewahnya, Denza mendistribusikan sebanyak 7.176 unit. Posisi tiga besar ditutup oleh Chery dengan penjualan 7.065 unit.

    Jika dilihat secara bulanan, Polytron mendistribusikan 81 unit per November 2025, angka ini lebih tinggi dari merek lain yang juga menjual mobil listrik, antara lain Neta (61 unit), Toyota (5 unit), Mitsubishi (1 unit), Morris Garage (27 unit), Maxus (15 unit), dan VinFast (68 unit).

    Polytron merakit mobil listrik G3+ dan G3 di fasilitas milik PT Handal Indonesia Motor (HIM) di Purwakarta, Jawa Barat. Perakitan mobil listrik Polytron masih dalam tahap semi knocked down (SKD).

    Soal kemampuannya, dua varian itu memiliki jarak tempuh 402 kilometer (CLTC). Kecepatan tertingginya 150 km/jam. Di atas kertas dari titik nol ke 100 km per jam bisa berlari selama 9,6 detik.

    Polytron mengandalkan baterai Lithium Ferro Phospate (LFP) berkapasitas 51,916 kWh dan power 150 kW. Sementara torsinya 320 Nm, khas mobil listrik yang punya akselerasi instan.

    Menyoal harga, Polytron ini tersedia dalam opsi sewa baterai atau termasuk baterai. Berikut ini daftar harganya:

    Opsi berlangganan baterai

    Polytron G3 Rp 299 jutaPolytron G3+ Rp 339 jutaBiaya langganan baterai: Rp 1,2 juta.

    Opsi termasuk beli baterai:

    Polytron G3 Rp 419 jutaPolytron G3+ Rp 459 juta

    (riar/dry)

  • Alasan Pengusaha Bata di Lamongan Pilih Truk Fuso untuk Logistik

    Alasan Pengusaha Bata di Lamongan Pilih Truk Fuso untuk Logistik

    Lamongan

    Perusahaan bata ringan terbesar di Indonesia, PT Superior Prima Sukses Tbk, mengoperasikan ratusan unit Mitsubishi Fuso untuk keperluan logistik. Lantas, apa alasan mereka memilih kendaraan tersebut?

    PT Superior Prima Sukses Tbk saat ini memiliki 600 unit kendaraan komersial untuk mendukung distribusi produk di dalam negeri. Menariknya, dari jumlah tersebut, 180 unitnya merupakan truk Fuso.

    “Kami saat ini mengoperasikan 170 unit Canter dan 10 unit Fighter untuk logistik perusahaan,” ujar Indra Wijaya selaku Manager Operasional Divisi Trucking PT Superior Prima Sukses Tbk saat ditemui di Lamongan, Jawa Timur, pekan lalu.

    Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikcom

    Keputusan mereka menggunakan truk Fuso untuk logistik bukannya tanpa alasan. Menurut Indra, kendaraan produksi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) itu punya kualitas yang teruji dan layanan aftersales yang tersebar di mana-mana.

    “Tentunya karena kualitas kendaraan bagus serta didukung jaringan dealer dan bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia. Khususnya, di area distribusi kami di Jawa Timur dan Jawa Tengah,” tuturnya.

    Selain itu, kata Indra, pemilihan truk didasarkan pada daya angkut, ketahanan, dan layanan after-sales service. Indra juga tak lupa mengapresiasi layanan purnajual Mitsubishi Fuso di Indonesia.

    Kemudian, kata Indra, para driver juga sudah terbiasa menggunakan truk buatan Fuso. Menurut dia, di beberapa kesempatan, mereka bisa melakukan perbaikan secara mandiri.

    “Kita juga sering survei ke driver kita, mereka rata-rata sudah familiar dengan Fuso Canter. Makanya kita pilih itu sih. Driver bilang lebih mudah, mereka juga bisa melakukan perbaikan sendiri. Lebih simple perawatannya,” kata dia.

    Sekadar informasi, PT Superior Prima Sukses Tbk saat ini memiliki lima pabrik yang tersebar di kawasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Mereka merupakan produsen bata ringan terbesar di Indonesia dengan kapasitas produksi hingga 5,6 juta meter kubik per tahun.

    (sfn/dry)

  • Polres Ngawi Amankan 21 Motor Bodong di Gudang Baderan

    Polres Ngawi Amankan 21 Motor Bodong di Gudang Baderan

    Ngawi (beritajatim.com) — Polres Ngawi mengamankan 21 unit sepeda motor berbagai merek yang diduga bodong atau tidak dilengkapi dokumen sah.

    Pengungkapan tersebut dilakukan oleh Polsek Geneng pada Sabtu (13/12/2025), setelah menerima laporan adanya aktivitas mencurigakan di sebuah gudang kosong bekas toko material di Desa Baderan, Kecamatan Geneng. Hingga kini, belum diketahui pasti siapa pemilik gudang tersebut.

    Laporan menyebutkan keberadaan sebuah truk Mitsubishi ELF putih bernomor polisi AD 8906 IE yang memuat puluhan sepeda motor.

    Kapolsek Geneng AKP Haris Sunarto, bersama anggota segera bergerak ke lokasi untuk melakukan pengecekan. Hasilnya, petugas menemukan satu unit truk yang mengangkut 21 sepeda motor tanpa disertai dokumen kepemilikan yang dapat dipertanggungjawabkan.

    Selanjutnya, truk beserta seluruh kendaraan bermotor diamankan ke Polsek Geneng. Polisi juga membawa sopir truk serta satu orang lain yang berada di lokasi guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

    Kapolres Ngawi AKBP Charles Pandapotan Tampubolon, menjelaskan bahwa pengungkapan tersebut merupakan hasil respons cepat aparat kepolisian atas laporan masyarakat.

    “Setiap informasi dari warga langsung kami tindak lanjuti. Dari hasil pengecekan di lapangan, kendaraan bermotor yang diduga tidak memiliki dokumen sah berhasil kami amankan,” ujar AKBP Charles saat dikonfirmasi, Senin (15/12/2025).

    Ia menambahkan, hingga kini penyelidikan masih terus dilakukan untuk menelusuri asal-usul kendaraan serta pihak-pihak yang bertanggung jawab atas pengiriman puluhan sepeda motor tersebut.

    “Seluruh barang bukti sudah diamankan. Kami masih mendalami apakah terdapat unsur tindak pidana, baik pencurian maupun penadahan kendaraan bermotor. Pemilik gudang masih dalam lidik kami,” tegasnya.

    Kapolres Ngawi juga mengajak masyarakat untuk terus berperan aktif dalam menjaga keamanan lingkungan dengan segera melaporkan setiap aktivitas yang mencurigakan.

    “Sinergi antara kepolisian dan masyarakat menjadi faktor utama dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Ngawi,” pungkasnya.

    Keberhasilan ini menegaskan komitmen Polres Ngawi Polda Jawa Timur dalam merespons cepat laporan warga sekaligus menekan peredaran kendaraan bermotor ilegal di wilayah hukumnya. [fiq/but]

  • Bos BYD Berharap Penjualan Mobil Listrik di Indonesia Bisa Naik 2 Kali Lipat

    Bos BYD Berharap Penjualan Mobil Listrik di Indonesia Bisa Naik 2 Kali Lipat

    Jakarta

    Bos BYD terkesan dengan pertumbuhan pasar mobil listrik di Indonesia yang begitu cepat. Tahun ini, pasar mobil listrik di Indonesia sudah menembus dua digit alias 12%. Harapannya, tahun depan penjualan mobil listrik di Indonesia bisa meningkat lagi, jadi 25%, atau meningkat dua kali lipat.

    “Perkembangan EV di Indonesia sangat luar biasa dan membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan perkembangan pasar mobil listrik tercepat di kawasan,” ujar Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhao dalam acara media gathering di Bogor belum lama ini.

    Eagle memang sangat terkesan dengan pertumbuhan penjualan mobil listrik di Indonesia. Kata Eagle, dengan dukungan insentif dari pemerintah, banderol mobil listrik jadi terjangkau, sehingga banyak konsumen yang mampu membeli kendaraan tanpa emisi tersebut. Eagle pun membandingkannya dengan pasar di negaranya, China.

    “Bayangkan dari 2% ke 12% hanya perlu dua tahun, padahal di pasar China sendiri kami butuh setidaknya 8 tahun buat mencapai itu. Maka, kita apresiasi pasar domestik (Indonesia) karena dukungan pemerintah dan teman-teman semua kita dapat mencapai ini,” terang Eagle.

    Dari 12% market share mobil listrik saat ini, sebanyak 25% tersebar di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Kata Eagle, setiap 5 mobil di Jabodetabek, 1 mobil merupakan BEV (mobil listrik full baterai).

    Secara akumulatif, BYD Indonesia telah menjual sebanyak 47.300 unit dari Januari sampai November 2025. BYD Indonesia juga memecahkan rekor penjualan beberapa bulan terakhir sebanyak 10 ribu unit per bulan. BYD juga mengklaim menguasai lebih dari 57% market share mobil listrik full baterai di Indonesia.

    Lebih dari itu, BYD kini juga merangsek ke papan atas sebagai salah satu merek mobil terlaris di Indonesia. Bahkan, penjualan BYD bisa mengungguli merek-merek Jepang seperti Mitsubishi, Suzuki, dan Honda. Eagle juga berharap pasar mobil listrik secara umum bisa naik dua kali lipat di tahun depan, meski belum ada kejelasan insentif.

    “12% adalah pencapaian untuk tahun ini. Kami berharap pasar mobil listrik bisa mencapai 25% di tahun depan,” tambahnya lagi.

    “Pada 2026, tentunya kami membutuhkan dukungan lebih lanjut dari pemerintah terkait perpanjangan insentif untuk EV (mobil listrik),” terang Eagle.

    (lua/dry)

  • Mitsubishi XForce Punya Drive Mode Wet, Kapan Dipakai?

    Mitsubishi XForce Punya Drive Mode Wet, Kapan Dipakai?

    Jakarta

    Sebagai compact SUV, Mitsubishi XForce punya sejumlah kelebihan. Salah satunya, mode berkendara komplet yang memudahkan pengemudi dalam menaklukkan berbagai jenis medan.

    Secara umum, Mitsubishi XForce punya empat mode berkendara, yakni Normal, Wet, Gravel, dan Mud. Sesuai namanya, Normal untuk medan jalan yang umum, Wet untuk situasi hujan atau basah, Gravel untuk kondisi tanah atau kerikil, dan Mud untuk medan berlumpur.

    Pengemudi hanya tinggal mengaturnya melalui tombol di sebelah tuas transmisi. Cara kerja fitur tersebut melibatkan pengaturan mesin, transmisi, rem, dan power steering yang kemudian terintegrasi dengan kontrol traksi, kontrol stabilitas, dan Active Yaw Control (AYC).

    Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

    Dari empat mode berkendara tersebut, kami ingin lebih dalam membahas soal Wet Mode. Sesuai namanya, mode ini dirancang khusus untuk menghadapi kondisi jalan basah atau licin, seperti saat hujan, genangan air, atau jalan berlumut. Namun, pertanyaannya, kapan sebaiknya Wet Mode digunakan? Dan bagaimana cara kerjanya?

    Ketika Wet Mode diaktifkan, sistem mobil akan menyesuaikan cara kerja mesin, transmisi, dan sistem kendali traksi untuk memberikan kendali yang lebih stabil dan aman di jalan licin.

    Kapan sebaiknya mode ini diaktifkan? Wet Mode sangat membantu dan dibutuhkan saat kondisi mengemudi pada hujan deras, menerjang jalanan yang tergenang air, permukaan jalan licin karena lumpur, tanah basah, atau lumut, atau saat Anda mengemudi di area pegunungan atau daerah dengan curah hujan tinggi.

    “Wet mode itu bukan flood mode, bukan banjir. Tapi jalanan basah, at any time. Jadi sekarang default-nya aja kalau mobilnya starter langsung taruh di wet mode gak apa-apa. Kita pilih dulu aja, starter langsung taruh di wet mode. Jadi kalau wet mode itu 100% bukan gimmick,” ujar Rifat Sungkar selaku pakar otomotif dan Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia.

    Mitsubishi XForce. Foto: Ridwan Arifin

    Dengan mengaktifkan Wet Mode, sistem akan melakukan beberapa penyesuaian, seperti pengaturan tenaga mesin secara halus. Sehingga, mobil tidak langsung menghentak saat pedal gas diinjak dan proses pengendalian di medan licin lebih mudah. Selain itu ada pengaturan untuk meningkatkan traksi lewat bantuan traction control yang bisa mencegah ban selip.

    Untuk mengaktifkan Drive Mode “Wet” pada Mitsubishi XForce cukup mudah. Pastikan mobil dalam keadaan menyala, lalu cari tombol/kenop “Drive Mode” di konsol tengah dekat tuas transmisi. Putar atau tekan hingga indikator di layar menunjukkan Mode “Wet”.

    Meski fitur Drive Mode ‘Wet’ di Mitsubishi XForce sangat bermanfaat untuk menambah rasa aman saat berkendara di jalan basah atau licin, namun pengemudi juga harus tetap waspada dengan menjaga kecepatan dan jarak aman.

    (sfn/dry)