brand merek: Mercedes-Benz

  • Intip Garasi Menpora Erick Thohir, Ada Motor Honda hingga Mobil Mercedes-Benz

    Intip Garasi Menpora Erick Thohir, Ada Motor Honda hingga Mobil Mercedes-Benz

    Jakarta

    Erick Thohir resmi dilantik sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) baru dalam Kabinet Merah Putih Presiden Prabowo Subianto. Ada sejumlah kendaraan di garasi rumah Erick Thohir. Dari motor bebek Honda, hingga mobil Mercedes-Benz.

    Diketahui sebelumnya Erick Thohir menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Mengutip website LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) yang dirilis KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Erick memiliki total harta kekayaan sebesar Rp 2.414.314.196.710 dan utang Rp 129.662.084.147. Data harta dan utang tersebut dilaporkan pada 27 Maret 2025/Periodik – 2024 dengan jabatan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN.

    Dari total kekayaan itu, senilai Rp 466.922.160.071 berbentuk tanah dan bangunan. Kemudian harta bergerak lainnya Rp 33.577.250.000, surat berharga yang nilainya Rp 1.722.549.424.100, kas dan setara kas Rp 125.650.244.910, serta harta lainnya Rp 190.308.201.776.

    Sementara untuk harta dari kategori alat transportasi dan mesin, nilainya adalah Rp 4.969.000.000. Berikut rinciannya:

    1. Mercedes-Benz, W108280S, tahun 1969, hibah tanpa akta, Rp 110.000.000
    2. Honda NF125TR, tahun 2011, hasil sendiri, Rp 6.500.000
    3. Hyundai Ioniq 5 EV, tahun 2022, hasil sendiri, Rp 862.500.000
    4. Hyundai Genesis G80 EV, tahun 2022, hasil sendiri, Rp 3.990.000.000.

    Diberitakan sebelumnya, pelantikan Erick Thohir berlangsung kemarin Rabu (17/9/2025) oleh Presiden Prabowo Subianto. Selain Menpora, Prabowo juga melantik Menteri Koordinator Politik dan Keamanan (Menko Polkam) baru, yaitu Djamari Chaniago.

    Nama Erick Thohir sebelumnya dikenal telah mengisi jabatan yang cukup strategis di lingkup pemerintahan maupun dunia olahraga. Selain pernah menjabat sebagai Menteri BUMN, Erick Thohir juga diberi amanah untuk menjadi presiden klub dan ketua ajang olahraga bergengsi, termasuk Ketua PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia).

    (lua/din)

  • Tencent Kucurkan Dana Tambahan Rp2,46 Triliun

    Tencent Kucurkan Dana Tambahan Rp2,46 Triliun

    Bisnis.com, SHENZHEN – Raksasa teknologi asal China, Tencent Holding Ltd., mengucurkan dana tambahan sebesar US$150 juta setara Rp2,46 triliun sejak awal tahun ini untuk ekspansi global, termasuk membangun pusat data di Arab Saudi dan Jepang. 

    Kucuran dana itu menandai ekspansi pertamanya ke Timur Tengah di Arab Saudi serta ekspansi lanjutan ke Jepang dengan membangun pusat data ketiga di Osaka, Jepang, serta kantor baru di Negeri Sakura itu. 

    Senior Executive Vice-President of Tencent and CEO of Cloud & Smart Industries Group Dowson Tong mengatakan bahwa ekspansi itu menjadikan Tencent menyediakan solusi di seluruh Asia Utara, Asia Tenggara, Amerika, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. 

    “Kami sekarang lebih baik dengan menginvestasikan US$150 juta di Arab Saudi untuk pendirian zona pusat data pertama kami,” katanya dalam pembukaan Tencent Global Digital Ecosystem Summit (GDES) 2025 di Shenzhen, China pada Selasa (16/9/2025). 

    Menurutnya, Tencent berkeinginan mendirikan kantor-kantornya di seluruh dunia. Hal itu dilakukan untuk memosisikan Tencent mampu memberikan layanan tanpa sekat-sekat negara. Pada saat yang sama, dia menegaskan posisi Tencent mencakup penyediaan sistem layanan selama 7 hari dan 24 jam  nonsetop. 

    “Infrastruktur lokal yang sangat lengkap ini menjamin layanan yang sangat andal. Kami berharap bahwa di mana pun di dunia, akses ke sumber daya dan layanan ini tidak akan terganggu,” paparnya.

    Logo Tencent

    Dia melanjutkan Tencent Cloud memiliki tim lokal di wilayah kunci dan jaringan mitra lebih dari 11.000 perusahaan di seluruh dunia. Dia melanjutkan perusahaan terus memperkuat ekosistem globalnya dengan berkolaborasi dengan mitra lokal dan regional untuk memanfaatkan peluang baru. 

    Sejak 2016, Tencent Cloud telah memperluas jangkauan internasionalnya, dengan basis pelanggan internasional yang telah berlipat ganda dalam setahun terakhir. 

    Produk, teknologi, dan keahlian industri yang telah teruji mendukung perusahaan-perusahaan di seluruh dunia di lebih dari 80 negara dan wilayah, serta lebih dari 30 industri. 

    Selama 3 tahun terakhir, bisnis internasionalnya mengalami pertumbuhan dua digit, melayani merek global terkemuka seperti GoTo Group, CP Group, e& UAE, Orange, dan Com2uS. 

    Saat ini, Tencent Cloud telah membantu lebih dari 200 perusahaan Fortune 500, termasuk AstraZeneca, Mercedes-Benz, Toyota, BMW, dan Walmart China, untuk masuk ke pasar China. 

    Dengan memanfaatkan jaringan internasionalnya, Tencent Cloud juga telah membantu perusahaan China untuk berekspansi secara global. 

    Sambil memperkuat posisinya di bidang internet dan teknologi, Tencent Cloud juga merambah industri manufaktur, kendaraan energi baru, dan sektor lainnya, muncul sebagai mitra cloud pilihan bagi lebih banyak perusahaan.

    Salah satu kesuksesan pengembangan pasar internasional adalah kerja sama Tencent dengan GoTo Group. Pada Juni, Gojek Indonesia — bagian dari GoTo Group — secara mulus memigrasikan lebih dari 1.000 sistem mikroservice ke Tencent Cloud. 

    Tencent Cloud memperkuat infrastrukturnya dengan memperluas wilayah Jakarta menjadi tiga zona ketersediaan untuk keandalan dan skalabilitas yang lebih besar. 

    Tencent Cloud x CP GroupTencent Cloud baru-baru ini menandatangani kemitraan digitalisasi strategis dengan CP AXTRA, anak perusahaan ritel CP Group, di Bangkok, Thailand. 

    Dengan memanfaatkan big data, solusi AI, dan keahlian industri yang mendalam, Tencent Cloud akan mendukung transformasi digital CP AXTRA. Mengoperasikan merek seperti Makro dan Lotus, CP AXTRA mengelola lebih dari 2.600 toko di seluruh Thailand dan Asia. 

    Sistem ritel dan grosir utamanya sudah beroperasi dengan lancar di Tencent Cloud, secara signifikan meningkatkan efisiensi. 

    Per 24 Desember 2024, Dowson menjelaskan dua aplikasi utama yang dioperasikan CP AXTRA telah melampaui 14 juta unduhan, dengan lalu lintas harian melebihi 1 juta kunjungan. 

    Selain itu, Tencent Cloud mengumumkan kemitraan strategis dengan Smiles, super-app dari grup telekomunikasi UAE e& UAE. Kerja sama ini bertujuan mempercepat transformasi digital bisnis di UAE, memberikan kenyamanan yang ditingkatkan dan pengalaman yang mulus bagi jutaan pengguna. 

    Smiles akan mengadopsi Solusi Super-App Tencent Cloud (TCSAS) untuk membangun ekosistem terbuka dan fleksibel—menjadi operator telekomunikasi Timur Tengah pertama yang menerapkan teknologi ini. 

    Melalui integrasi yang mulus, mitra dapat dengan cepat bergabung melalui mini-program, sementara konsumen mendapatkan akses terpadu ke layanan dan penawaran yang lebih luas. 

    Tencent Cloud juga menggandeng operator telekomunikasi multi-layanan global terkemuka, Orange Middle East & Africa (OMEA). OMEA telah mengadopsi Platform Mini-Program Tencent Cloud dan solusi komunikasi real-time untuk membangun ekosistem super-app digital terbuka: Max It.

    Aplikasi ini mengintegrasikan layanan telekomunikasi, keuangan, dan e-commerce ke dalam satu platform untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pengguna. 

    Mulai Juni 2025, pengguna dapat menjelajahi dan membeli produk bermerek, membayar tagihan, memesan tiket film dan acara, dan lebih banyak lagi, semuanya dalam Max It, memberikan pengalaman yang lebih kaya dan lancar bagi hampir 160 juta pengguna di Timur Tengah dan Afrika. 

    Pada Juli lalu, Midea Group memigrasikan operasi IT Eropa ke Tencent Cloud, membangun infrastruktur baru melalui pusat data Frankfurt Jerman

  • Mercedes-Benz EQS Ternyata Bisa Dibawa 1.205 Km Sekali Ngecas

    Mercedes-Benz EQS Ternyata Bisa Dibawa 1.205 Km Sekali Ngecas

    Jakarta

    Pabrikan mobil tengah berlomba untuk menghadirkan mobil listrik yang efisien. Beragam cara ditempuh, salah satunya dengan menguji berbagai jenis baterai.

    Di Jerman, Mercedes-Benz kembali mencetak pencapaian penting di dunia kendaraan listrik. Sebuah EQS dengan baterai solid-state sukses menempuh perjalanan sejauh 1.205 kilometer hanya dengan satu kali pengisian daya penuh.

    Mercedes-Benz mengetes EQS dengan baterai Solid-state Foto: Mercedes-Benz AG/Mercedes-Benz AG – Communicati

    Uji coba ini dilakukan pada akhir Agustus 2025. Rute yang ditempuh dimulai dari Stuttgart di Jerman melewati Denmark hingga tiba di Malmö, Swedia.

    Menariknya, saat tiba di tujuan mobil masih menyisakan jarak tempuh 137 kilometer. Catatan ini melampaui rekor yang sebelumnya dipegang Vision EQXX dengan selisih tiga kilometer.

    EQS yang dipakai bukan unit produksi massal, melainkan mobil uji dengan baterai lithium-metal solid-state. Sel baterai yang dipakai ini dipasok oleh perusahaan Amerika Serikat, Factorial Energy.

    Teknologi ini sejatinya dikembangkan bersama Mercedes-AMG High Performance Powertrains yang juga menjadi pusat riset mesin Formula 1 Mercedes-Benz di Inggris.

    Baterai solid-state yang dipakai Mercedes-Benz untuk EQS Foto: Mercedes-Benz AG/Mercedes-Benz AG – Communicati

    “Baterai solid-state adalah gamechanger untuk mobil listrik. Dengan keberhasilan perjalanan jauh EQS ini, kami menunjukkan teknologi ini bekerja tidak hanya di laboratorium tapi juga di jalan raya,” ujar Markus Schäfer, Chief Technology Officer Mercedes-Benz Group AG.

    Rute sepanjang lebih dari 1.200 kilometer itu ditempuh lewat jalur darat tanpa menggunakan kapal feri.

    Sistem Electric Intelligence di mobil menghitung jalur optimal dengan memperhitungkan kondisi jalan, topografi, lalu lintas, suhu udara, hingga kebutuhan energi untuk mengatur suhu kabin.

    Diklaim, baterai solid-state ini memiliki kapasitas energi 25 persen lebih tinggi dibanding baterai standar EQS yang notabene Lithium-ion.

    Menariknya, ukuran dan bobotnya tetap sebanding sehingga tidak menambah beban berlebih pada mobil. Pendinginan pasif dengan aliran udara membuat sistem lebih efisien, sementara aktuator pneumatik ditambahkan untuk menjaga kestabilan sel baterai saat proses pengisian dan pengosongan daya.

    Mercedes-Benz menegaskan bahwa pengujian ini merupakan bagian dari validasi nyata sebelum teknologi solid-state masuk ke tahap produksi massal. Targetnya, teknologi ini bisa hadir di mobil penumpang pada akhir dekade.

    Di Indonesia, Mercedes-Benz EQS sudah dipasarkan dalam versi baterai Lithium-Ion. Varian EQS 450+ ditawarkan mulai Rp 3,590 miliar (off the road Jakarta). Kehadiran teknologi solid-state nantinya bisa membuat sedan listrik mewah ini semakin efisien untuk penggunaan jarak jauh.

    (mhg/dry)

  • Tes Lengkap Audi Q8: Mobil Keluarga Rasa Lamborghini!

    Tes Lengkap Audi Q8: Mobil Keluarga Rasa Lamborghini!

    Jakarta

    Audi Q8 bukan SUV biasa. Dengan harga Rp 2,7 miliar, mobil ini hadir sebagai simbol gaya hidup premium yang menggabungkan desain coupe, kabin akomodatif, dan performa mesin V6 turbo.

    Redaksi detikOto sudah mengetes SUV bongsor yang kerap dijuluki ‘Baby Lamborghini’ ini, lantaran platform yang digunakan sama dengan Lamborghini Urus.

    Audi Q8 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Saat mesin 3.000 cc V6 dinyalakan, karakternya langsung terasa. Suara mesin yang memenuhi kabin, langsung mengisyaratkan buas performanya.

    Tenaga 340 HP dan torsi 500 Nm memang bukan yang terbesar di kelasnya, tapi cukup untuk membuat pengemudi tersenyum setiap kali pedal gas diinjak.

    Suara mesinnya merasuk ke kabin, memberi sensasi berkendara yang jujur, bukan sekadar angka di brosur. Namun yang asyik, di mobil tes kami kali ini ada fitur flap knalpot yang bisa diaktifkan lewat remot. Hal itu membuat suara mobil ini dapat diatur, mau kalem atau teriak.

    Belum lagi, sistem quattro khas Audi membuat tenaga tersalurkan mulus ke keempat roda, sehingga mobil ini tetap sigap di berbagai kondisi jalan.

    Impresi berkendara Audi Q8 semakin terasa ketika melaju di jalan tol. Meski dimensinya hampir lima meter, setirnya terasa akurat dan responsif.

    SUV besar ini tetap percaya diri bermanuver, apalagi dibantu adaptive air suspension yang bisa menyesuaikan ketinggian sesuai kebutuhan.

    Kabin belakang Audi Q8 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Di jalan mulus terasa stabil, sementara di permukaan bergelombang suspensinya mampu meredam guncangan dengan baik. Bahkan di jalan sempit, visibilitas yang luas dan kamera beresolusi tinggi membuat Q8 terasa tidak menakutkan.

    Namun, ada catatan penting yakni efisiensi bahan bakarnya jauh dari kata irit. Dari pengujian, konsumsi BBM hanya sekitar 7 km/l di dalam kota dan 10 km/l di tol.

    Padahal, sistem mild hybrid sudah disematkan untuk membantu efisiensi. Meski begitu, rasanya sulit membayangkan pemilik SUV Rp 2,7 miliar pusing menghitung anggaran bensin.

    Kalau dibandingkan dengan rivalnya, Audi Q8 memang sedikit tertinggal di atas kertas.

    BMW X6 dan Mercedes-Benz GLE 450 Coupe yang sama-sama dibekali mesin 3.0 liter inline-6 dengan tenaga 381 HP, lebih besar dari Q8.

    Audi Q8 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Dari sisi harga pun, keduanya lebih murah, masing-masing di kisaran Rp 2,45 miliar. Tapi Audi punya daya tarik lain yaitu mesin V6 yang lebih berkarakter, pengendalian quattro yang khas, dan kabin paling akomodatif di kelasnya.

    Di balik performanya, Q8 tetap memikirkan sisi fungsional. Kabin belakang terasa lega meski atapnya bergaya coupe, sementara bagasi 605 liter siap menampung barang bawaan keluarga.

    Fitur hiburan ditopang sistem MMI dengan dua layar besar yang intuitif, ditambah tombol fisik untuk pengaturan esensial. Kombinasi ini membuat pengoperasian sehari-hari terasa praktis.

    Pada akhirnya, Audi Q8 bukan hanya soal desain sangar atau badge empat cincin yang melekat di grille. Mobil ini menawarkan rasa berkendara yang menggugah, dengan DNA Lamborghini yang terasa setiap kali setir digenggam.

    Di tengah tren elektrifikasi dan SUV serba digital, Q8 tampil sebagai pilihan bagi mereka yang masih mencari sensasi ‘rasa’ di balik kemudi.

    (mhg/rgr)

  • Truk Mercedes-Benz Axor 1626 C Meluncur di Indonesia, Apa yang Beda?

    Truk Mercedes-Benz Axor 1626 C Meluncur di Indonesia, Apa yang Beda?

    Jakarta

    PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) resmi meluncurkan truk terbaru Mercedes-Benz Axor 1626 C di arena Construction Indonesia 2025, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 10-13 September 2025. Apa yang baru dari truk ini?

    Mercedes-Benz Axor 1626 C diklaim lebih bertenaga, lebih efisien dan fleksibel. Model ini dilengkapi mesin OM 906 LA 256 PS, yang menawarkan performa lebih bertenaga, terutama untuk aplikasi logistik dan jalan raya, serta dilengkapi dengan transmisi G85 Improved Gear Ratio (IGR) yang memastikan kemampuan tanjakan lebih baik dan berguna untuk melintasi medan yang curam.

    “Varian terbaru ini punya kemampuan mendaki yang lebih tinggi dan jarak sumbu roda lebih panjang dibandingkan pendahulunya, dirancang sebagai jawaban langsung atas kebutuhan pelanggan kami,” kata Naeem Hassim, Presiden Direktur DCVI, dalam keterangannya.

    Truk Mercedes-Benz Axor 1626 C meluncur di Indonesia Foto: Dok. Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI)

    Dengan wheelbase yang fleksibel dan konfigurasi varian dump-truck tangguh, Mercedes-Benz Axor 1626 C dirancang buat mendukung proyek-proyek berat dengan kapasitas dan keandalan secara optimal.

    “Axor 1626 C mewakili esensi dari apa yang sebenarnya dibutuhkan pelanggan di sektor konstruksi: kekuatan, efisiensi, dan fleksibilitas. Model ini dirancang untuk memberi pelanggan waktu operasional maksimal dan kinerja andal di lingkungan kerja yang berat, sambil tetap efisien secara biaya,” ungkap Faustina, selaku Kepala Produk dan Pemasaran DCVI.

    Pada pembukaan booth DCVI di Construction Indonesia 2025, Naeem menekankan pentingnya tahun 2025 sebagai tonggak sejarah yang menandai 55 tahun kehadiran merek Mercedes-Benz di Indonesia. Hal ini ditandai peresmian pabrik baru Daimler Truck di Cikarang pada Juni 2025, sebuah fasilitas yang dirancang tidak hanya untuk memproduksi lebih banyak kendaraan secara lokal tetapi juga sebagai landasan untuk strategi ekspor di masa depan.

    “Tahun ini, Mercedes-Benz merayakan 55 tahun kehadirannya di Indonesia, dan Daimler Truck telah memperkuat komitmennya dengan pabrik baru di Cikarang-fasilitas yang memungkinkan kami untuk menghadirkan lebih banyak produk lokal, bekerja lebih erat dengan pemasok nasional, meningkatkan kualitas layanan, dan memastikan ketersediaan suku cadang yang lebih cepat. Semua ini bertujuan untuk memberikan ketenangan pikiran yang sejati bagi pelanggan kami, didukung oleh janji kami: Bersama Anda di Setiap Kilometer,” tegas Naeem.

    “Inti dari komitmen ini adalah pelanggan kami. Segala yang kami lakukan-baik itu memproduksi truk yang tangguh, meningkatkan layanan purna jual, atau memperluas jaringan dealer kami di seluruh Indonesia-berpusat pada kesuksesan pelanggan. Bersama dengan dealer dan pembuat bodi kendaraan yang setia, kami tidak hanya menyediakan kendaraan, tetapi juga solusi lengkap untuk industri konstruksi dan pertambangan di Indonesia,” tukas dia.

    (lua/rgr)

  • China Bawa Petaka Driver Online Meluas, Sudah Sampai di Sini

    China Bawa Petaka Driver Online Meluas, Sudah Sampai di Sini

    Jakarta, CNBC Indonesia – China makin memperluas dominasinya di industri taksi otomatis tanpa sopir alias robotaxi. Sejumlah perusahaan asal China dilaporkan membidik Eropa sebagai tempat operasional baru.

    Salah satunya perusahaan asal Shanghai, Momenta, yang akan masuk ke Jerman. Ini merupakan hasil kerja sama dengan Uber.

    Dua perusahaan akan menguji mobil tanpa pengemudi di negara tersebut mulai tahun depan. Kendaraan yang diuji adalah Level 4, takni sepenuhnya tanpa pengemudi dan beroperasi di lokasi yang ditentukan.

    Uber mengatakan robotaxi Momenta akan hadir di lebih banyak kota di Eropa setelahnya jika uji coba tersebut berhasil, dikutip dari The Verge, Rabu (10/9/2025).

    Sementara itu kerja sama dengan Uber akan dibekali fitur monitor keamanan di belakang kemudi saat peluncuran. Kemudian baru sepenuhnya akan beralih ke mobil tanpa pengemudi.

    Masuknya Momenta dan Uber ke Jerman makin membuka pintu Eropa untuk mobil tanpa pengemudi. Di antara China dan AS, benua biru itu memang agak tertinggal soal robotaxi.

    Namun Eropa akan lebih banyak diisi oleh mobil dari China. Selain Momenta, Baidu dan Lyft juga berencana menghadirkan robotaxi di Jerman dan Inggris tahun 2026.

    Sebagai informasi, Momenta didanai oleh SAIC Motor dari China, serta sejumlah nama besar lain yakni GM, Toyota, Mercedes-Benz. Perusahaan sebelumnya telah membuka layanan robotaxi di kampung halamannya.

    Selain itu, Momenta juga bergerak di bidang pemasok software untuk bantuan pengemudi. Perusahaan mengirimkannya kepada sejumlah produsen, termasuk Mercedes dan BMW.

    Pertumbuhan robotaxi memunculkan kekhawatiran hilangnya profesi driver online. Jika industri ini sudah matang, mobil bisa bergerak tanpa dikemudikan sopir. 

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Sempat Disembunyikan, KPK Kembali Sita 2 Mobil Eks Wamenaker Noel

    Sempat Disembunyikan, KPK Kembali Sita 2 Mobil Eks Wamenaker Noel

    Bisnis.com, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita 2 mobil merek Mercedes-Benz dan BAIC milik eks Wakil Menteri Ketenagakerjaan Immanuel Ebenezer atau Noel, yang sempat diduga disembunyikan oleh anaknya setelah KPK melakukan OTT di rumah dinasnya.

    Mobil tersebut diamankan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (9/9/2025). Penyitaan ini merupakan lanjutan dari 1 mobil sebelumnya bermerek Land Cruiser, sehingga ada 3 mobil yang disita KPK

    “Hari ini KPK kembali akan melakukan penyitaan terhadap 2 kendaraan roda 4 yang diduga terkait dengan salah satu tersangkanya, yaitu tersangka IEG ya, tersangka IEG,” kata Juru Bicara KPK Budi Prasetyo,  Selasa (9/9/2025).

    Dia belum dapat mengkonfirmasi terkait pemeriksaan anak Noel yang diduga mengetahui pemindahan 3 mobil mewah tersebut.

    Menurutnya penyidikan ini masih terus berprogres, di mana menelusuri  pihak-pihak lain yang juga diduga terlibat dalam dugaan tindak pemerasan di lingkungan Kementerian Ketenagakerjaan dan juga PJK3 dalam proses sertifikasi K3 ini.

    Diketahui, Dalam penggeledahan rumah dinas Noel, KPK telah mengamankan empat ponsel di plafon rumah dan satu mobil Toyota Alphard.

    Pada Kamis (21/8/2025) KPK menyita 15 mobil dan 7 motor dari perkara ini. Kendaraan diamankan dari berbagai pihak yang terlibat.

    KPK juga telah menetapkan 11 tersangka dari lingkungan Kementerian Ketenagakerjaan dan pihak swasta.

    Mereka melakukan penggelembungan tarif dari yang seharusnya mengurus sertifikat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sebesar Rp275.000 menjadi Rp6 juta.

    “Para tersangka dengan cara memperlambat, mempersulit, dan tidak memproses permohonan sertifikat,” kata Ketua KPK Setyo Budiyanto dalam keterangan tertulis, Jumat (23/8/2025).

    Atas perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 12 huruf (e) dan/atau Pasal 12B UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001, jo Pasal 64 ayat (1) KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

  • KPK Ungkap Skema Lelang Mobil B.J Habibie yang Dibeli Ridwan Kamil

    KPK Ungkap Skema Lelang Mobil B.J Habibie yang Dibeli Ridwan Kamil

    Jakarta

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap dua kemungkinan lelang mobil Mercedes-Benz 280 SL atas nama B.J Habibie yang dibeli Ridwan Kamil. Mobil tersebut dibeli Ridwan Kamil namun belum lunas, tetapi disita KPK untuk penyidikan perkara.

    Mobil dijual oleh anaknya, Ilham Akbar Habibie, kepada mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, tetapi pembayarannya belum lunas.

    Direktur Pelacakan Aset, Pengelolaan Barang Bukti, dan Eksekusi KPK Mungki Hadipratikto menjelaskan walaupun mobil tersebut masih disita untuk penyidikan perkara, kemungkinan skema pertama pelelangannya adalah bagi hasil antara lembaga antirasuah tersebut dengan Ilham Akbar Habibie.

    “Tetap kami lelang berapa pun hasilnya. Nanti sisa Rp1,3 miliar (sisa pembelian mobil yang belum dibayarkan, red.) itu jatahnya si pemiliknya yang belum dilunasi itu,” ujar Mungki di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) KPK, Jakarta, Senin dikutip dari Antara.

    Skema kedua, kata Mungki, KPK menyita uang Rp1,3 miliar yang sudah disetorkan Ridwan Kamil kepada Ilham Habibie.

    “Skema lainnya, kami ambil uang yang sudah disetorkan oleh RK, Rp1,3 miliar. Jadi, KPK tidak menyertakan barangnya, tetapi menyertakan uangnya. Itu bisa dimungkinkan oleh skema itu,” jelasnya.

    Walaupun demikian, dia menjelaskan KPK sudah pernah mempraktikkan skema pertama, sedangkan skema kedua belum.

    Untuk skema pertama, KPK pernah menjual kendaraan sitaan dan kemudian membagi hasil penjualan yang belum dilunasi kepada pihak leasing.

    “Akan tetapi, kalau untuk mengambil uang, kemudian barangnya diserahkan, itu belum. Kami belum pernah, tetapi memungkinkan,” katanya.

    KPK menduga uang yang dipakai Ridwan Kamil untuk membeli mobil tersebut terkait aliran dana kasus dugaan korupsi proyek pengadaan iklan pada Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) periode 2021-2023.

    (riar/din)

  • Dua Skema Pelelangan Mobil BJ Habibie yang Disita KPK dari Ridwan Kamil – Page 3

    Dua Skema Pelelangan Mobil BJ Habibie yang Disita KPK dari Ridwan Kamil – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melelang mobil Mercedes-Benz 280 SL atas nama Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Mobil itu dijual oleh anak BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie kepada eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

    Direktur Pelacakan Aset, Pengelolaan Barang Bukti, dan Eksekusi KPK, Mungki Hadipratikto mengungkapkan dua skema pelelangan kendaraan tersebut.

    Skema pertama, pelelangannya adalah bagi hasil antara lembaga antirasuah dengan Ilham Akbar Habibie. Sebab, Ridwan Kamil belum membayar lunas mobil BJ Habibie.

    “Tetap kami lelang berapa pun hasilnya. Nanti sisa Rp 1,3 miliar (sisa pembelian mobil yang belum dibayarkan) itu jatahnya si pemiliknya yang belum dilunasi itu,” ujar Mungki di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) KPK, Jakarta, Senin (8/9/2025).

    Skema kedua, KPK menyita uang Rp 1,3 miliar yang sudah disetorkan Ridwan Kamil kepada Ilham Habibie.

    “Skema lainnya, kami ambil uang yang sudah disetorkan oleh RK, Rp 1,3 miliar. Jadi, KPK tidak menyertakan barangnya, tetapi menyertakan uangnya. Itu bisa dimungkinkan oleh skema itu,” jelasnya.

    Walaupun demikian, dia menjelaskan KPK sudah pernah mempraktikkan skema pertama, sedangkan skema kedua belum. Untuk skema pertama, KPK pernah menjual kendaraan sitaan dan kemudian membagi hasil penjualan yang belum dilunasi kepada pihak leasing.

    “Akan tetapi, kalau untuk mengambil uang, kemudian barangnya diserahkan, itu belum. Kami belum pernah, tetapi memungkinkan,” katanya.

  • Ogah Perang Harga dengan Mobil China, Mercedes-Benz Tetap Percaya Diri dengan Strategi Premium

    Ogah Perang Harga dengan Mobil China, Mercedes-Benz Tetap Percaya Diri dengan Strategi Premium

    JAKARTA – Di tengah gelombang perang harga yang brutal di pasar otomotif China, Mercedes-Benz tetap teguh pada pendiriannya. Alih-alih ikut banting harga, pabrikan mewah asal Jerman ini memilih untuk mempertahankan strategi premiumnya, meskipun harus mengorbankan pangsa pasar.

    Langkah ini diungkapkan langsung oleh CEO Ola Kaellenius, dikutip dari Reuters, Senin, 8 September. Menurutnya, meskipun penjualan mobil Mercedes-Benz di China sempat anjlok 19 persen pada kuartal kedua tahun 2025, perusahaan tidak akan mengubah haluan.

    “Kami tetap membebankan harga sedikit lebih mahal, tapi para penggemar GLC dapat yakin… dari sisi harga, jika Anda saat ini adalah pelanggan GLC, Anda akan tetap merasa nyaman dengan GLC listrik yang baru ini,” ujar Kaellenius di sela-sela pameran mobil IAA Mobility di Munich.

    Mercedes-Benz kini menaruh harapan besar pada model andalan terbarunya, SUV listrik GLC, sebagai kunci untuk merebut kembali dominasi di pasar mobil terbesar di dunia tersebut. Kaellenius meyakini bahwa model ini akan “tepat sasaran” sesuai dengan apa yang dicari oleh konsumen Tiongkok. Strategi ini menunjukkan komitmen Mercedes-Benz untuk memprioritaskan margin keuntungan di atas volume penjualan, sebuah pendekatan yang juga dianut oleh merek sekelas Porsche.

    Di sisi lain, tantangan bagi Mercedes-Benz tidak hanya datang dari China, tetapi juga dari Amerika Serikat. Pabrikan ini kini menunggu keputusan pemerintah AS untuk menurunkan tarif impor mobil dari Uni Eropa menjadi 15 persen dari sebelumnya 27,5 persen. Meskipun dampaknya terhadap keuangan perusahaan belum dikuantifikasi, Kaellenius berharap keringanan tarif ini segera terealisasi.

    Di tengah tekanan ganda dari persaingan China dan regulasi tarif internasional, Mercedes-Benz membuktikan bahwa mereka siap bertarung. Dengan memertahankan identitas merek yang premium dan mengandalkan inovasi produk seperti GLC listrik, mereka berharap dapat memenangkan kembali hati konsumen tanpa harus menyerah pada perang harga yang melemahkan.