brand merek: Mercedes-Benz

  • 8 Mobil di Garasi Maruarar Sirait, Nilainya Rp 7 Miliar

    8 Mobil di Garasi Maruarar Sirait, Nilainya Rp 7 Miliar

    Jakarta

    Maruarar Sirait diketahui punya harta mencapai 1,54 triliun. Dari total harta itu, isi garasi Maruarar bernilai Rp 7 miliar yang terdiri dari delapan mobil.

    Para menteri di jajaran Kabinet Merah Putih telah melaporkan harta kekayaannya. Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman Maruarar Sirait termasuk salah satunya. Dilihat detikOto dalam laman resmi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK, Maruarar menyetorkan laporan tersebut pada 17 Januari 2025 khusus awal menjabat.

    Diketahui, harta kekayaannya mencapai Rp 1.554.031.909.656 (1,54 triliun). Ada ragam aset kekayaan yang dilaporkan Maruarar, mulai dari tanah dan bangunan, alat transportasi dan mesin, harta bergerak lainnya, surat berharga, kas dan setara kas, serta harta lainnya.

    Isi Garasi Maruarar Sirait

    Dari keseluruhan kekayaan tersebut, alat transportasi dan mesin merupakan aset dengan nilai terkecil. Total ada delapan mobil masuk dalam aset tersebut dan nilainya Rp 7.652.701.000 (7 miliaran). Enam di antaranya merupakan model mobil mewah. Tercatat enam mobil merupakan hasil sendiri dan dua lainnya berstatus hadiah serta warisan. Berikut ini daftar lengkap isi garasi Maruarar Sirait.

    1. Toyota Alphard tahun 2017, hasil sendiri senilai Rp 641 juta
    2. Toyota Fortuner tahun 2017, hasil sendiri senilai Rp 325 juta
    3. Land Rover Range Rover tahun 2018, hasil sendiri senilai Rp 1,2 miliar
    4. Mercedes-Maybach tahun 2022, hasil sendiri senilai Rp 3,5 miliar
    5. Mercedes-Benz E 240 A/T tahun 2004, warisan senilai Rp 110 juta
    6. Lexus (model tak disebutkan) tahun 2018, hasil sendiri senilai Rp 500 juta
    7. Toyota Land Cruiser tahun 2017, hasil sendiri senilai Rp 1,05 miliar
    8. Honda HR-V tahun 2024, hadiah senilai Rp 326.701.000

    Sementara aset paling besar nilainya tembus Rp 900.223.551.910 (900 miliar) berupa surat berharga. Ada juga aset tanah dan bangunan dengan nilai Rp 393.261.530.000 (393 miliar). Status aset tanah dan bangunan itu berbeda-beda, ada yang hibah dengan akta, hasil sendiri, maupun warisan. Lokasinya juga tersebar di Kota Tangerang, Bandung, Toba Samosir, Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Jakarta Utara, Pematang Siantar, Humbang Hasundutan, hingga Bandung.

    Aset lainnya berupa harta bergerak lainnya senilai Rp 33.919.457.123 (33 miliar), kas dan setara kas Rp 65.555.580.924 (65 miliar), serta harta lainnya Rp 163.211.238.714 (163 miliar). Maruarar juga melapor memiliki utang sebesar Rp 9.792.150.015.

    (dry/din)

  • Isi Garasi Pejabat Terkaya di RI yang Punya Harta Rp 5,4 Triliun

    Isi Garasi Pejabat Terkaya di RI yang Punya Harta Rp 5,4 Triliun

    Jakarta

    Harta Menteri Pariwisata Widiyanti Putri tembus Rp 5,4 triliun. Isi garasinya bikin ngiler lantaran dihuni oleh deretan mobil mewah.

    Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Menteri Pariwisata Widiyanti Putri menyedot perhatian. Dalam LHKPN yang disetor Widiyanti pada 9 Desember 2024 khusus awal menjabat itu, dirinya diketahui punya harta senilai Rp 5.435.833.014.169 (5,4 triliun). Dengan harta segitu, Widiyanti tercatat sebagai pejabat terkaya di RI.

    Sebagai pejabat terkaya di RI, isi garasi Widiyanti juga bikin iri. Khususnya bagi para pencinta mobil-mobil mewah. Sebab, isi garasinya didominasi oleh mobil mentereng dengan nilai yang fantastis dan berasal dari berbagai pabrikan. Pun mobil termurah di garasi Widiyanti itu nilainya Rp 500 juta.

    Isi Garasi Pejabat Terkaya di Indonesia

    Sementara mobil paling mahal berupa Bentley Flying Spur W12 keluaran tahun 2022 yang ditaksir punya nilai Rp 4,5 miliaran. Secara total, isi garasi yang terdiri dari tujuh mobil mewah itu bernilai Rp 19,6 miliar. Beberapa di antaranya merupakan keluaran baru. Lebih lengkapnya, berikut ini daftar mobil di garasi Widiyanti Putri:

    1. Mercedes-Benz S63 Tahun 2014, hasil sendiri, Rp 2.964.000.000
    2. Mobil Toyota Vellfire 3.5 AT Tahun 2011, hasil sendiri, Rp 506.000.000
    3. Mobil Bentley Continental GT Tahun 2011, hasil sendiri, Rp 2.879.000.000.
    4. Mobil Land Rover Range 5.0 Autobiography A/T Tahun 2013, hasil sendiri, Rp 2.387.000.000
    5. Mobil Bentley Flying Spur W12 Tahun 2022, hasil sendiri, Rp 4.577.000.000
    6. Mobil Lexus LM350H Tahun 2024, hasil sendiri, Rp 2.500.000.000
    7. Mobil Lexus LS500H Tahun 2024, hasil sendiri, Rp 3.650.000.000.

    Adapun sebelum menjadi pejabat, Widiyanti merupakan seorang pengusaha. Dilansir detikTravel, Widiyanti merupakan putri konglomerat Wiwoho Basuki Tjokronegoro, pendiri Teladan Group, sebuah perusahaan besar yang aktif di berbagai sektor, termasuk agribisnis dan pertambangan.

    Selain itu, Widiyanti adalah istri Wishnu Wardhana, yang merupakan mantan direktur utama PT Indika Energy Tbk (INDY), salah satu perusahaan energi terbesar di Indonesia. Dia mulai terjun ke dunia bisnis sejak lama, terutama di sektor agribisnis, melalui PT Teladan Prima Agro (TPA). TPA bergerak di bidang pengelolaan perkebunan dan pabrik kelapa sawit yang memulai operasinya pada 2004 di Kalimantan Timur.

    Di bawah pengelolaannya, TPA berkembang pesat dengan perkebunan yang tersebar di Kabupaten Berau, Kutai Timur, Paser, dan Kutai Kartanegara.

    Sejak 2021, Widiyanti menjabat komisaris di PT Teladan Prima Agro. Sebelumnya, ia sempat menjadi direktur di perusahaan yang sama selama sembilan tahun, dari 2012 hingga 2021. Selain itu, dia menjabat komisaris di beberapa anak usaha TPA sejak 2013, dan pernah menjadi Komisaris PT Teladan Agro Resources dari 2007 hingga 2012.

    (dry/rgr)

  • Mobil Paket Amazon di Jerman Sudah Full Listrik, Total Punya 5.000 Van Mercy

    Mobil Paket Amazon di Jerman Sudah Full Listrik, Total Punya 5.000 Van Mercy

    Jakarta

    Perusahaan-perusahaan besar di Eropa makin serius beralih ke kendaraan listrik, termasuk di sektor logistik. Salah satu contohnya adalah Amazon yang kini mengandalkan ribuan van listrik Mercedes-Benz untuk pengiriman paket.

    Mercedes-Benz Vans resmi menyerahkan hampir 5.000 unit kendaraan listrik kepada mitra pengiriman Amazon. Dari total itu, lebih dari 2.500 unit akan beroperasi di Jerman, sedangkan sisanya tersebar di empat negara Eropa lainnya.

    “Pengoperasian 5.000 van listrik ini semakin menegaskan upaya kami untuk mengurangi emisi karbon dalam operasional. Dari sepeda listrik, van, truk, hingga infrastruktur, kami berada di jalur yang tepat untuk mentransformasi seluruh jaringan transportasi kami,” ujar Neil Emery, Direktur Global Armada dan Produk Amazon.

    Kendaraan yang digunakan terdiri dari eSprinter dan eVito, dua model van listrik yang memang dirancang khusus untuk kebutuhan pengiriman. Sekitar 75 persen armada merupakan eSprinter, sedangkan 25 persen sisanya adalah eVito panel van.

    Langkah ini menjadi pemesanan kendaraan listrik terbesar yang pernah diterima Mercedes-Benz, sekaligus memperkuat kolaborasi kedua perusahaan dalam mendorong elektrifikasi logistik di Eropa.

    “(Mercedes-Benz) eVito dan eSprinter kami dirancang dengan sempurna untuk memenuhi tuntutan pelanggan komersial kami terkait efisiensi dan jangkauan. Keduanya menunjukkan bahwa berkendara bebas emisi CO2 secara lokal, performa yang mengagumkan, kenyamanan, dan biaya pengoperasian yang rendah dapat dipadukan dengan sempurna,” kata Sagree Sardien, Head of Sales & Marketing Mercedes-Benz Vans.

    Dari sisi teknis, eSprinter tersedia dalam beberapa pilihan baterai. Namun di tipe yang paling jauh jarak tempuhnya, van listrik ini bisa menempuh jarak 484 km dalam satu kali pengecasan penuh. Mercedes-Benz juga mengklaim eSprinter dapat membawa kargo hingga 4,25 ton.

    Mercedes-Benz eSprinter dan eVito digunakan oleh Amazon untuk mobil paketnya. Foto: Mercedes-Benz AG/Amazon

    Sementara itu, eVito bisa dibilang van listrik yang lebih ramah untuk dipakai di jalanan yang lebih padat seperti perkotaan atau daerah rumah tinggal. Van listrik ini membawa baterai berkapastias maksimal 90 kWh dan bisa menempuh jarak 480 km sekali cas penuh.

    Keduanya dilengkapi sistem infotainment MBUX dan fitur keselamatan canggih. eVito diproduksi di Spanyol, sementara eSprinter dibuat di Jerman.

    Amazon memperkirakan, armada ini akan mengantarkan lebih dari 200 juta paket per tahun, sekaligus mempercepat target netral karbon di lini pengiriman mereka.

    (mhg/rgr)

  • Spek Mobil Tangguh yang Digunakan PM Malaysia Anwar Ibrahim saat di Jakarta

    Spek Mobil Tangguh yang Digunakan PM Malaysia Anwar Ibrahim saat di Jakarta

    Jakarta

    Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim melakukan kunjungan ke Indonesia pada Jumat (27/6/2025). PM Anwar bertemu dengan Presiden Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Jakarta, dari siang hingga 17.00 WIB. Diketahui selama di Jakarta PM Anwar menggunakan mobil tangguh Mercedes-Benz S600 Pullman Guard.

    Anwar tiba di Bandara Halim Perdanakusuma siang tadi, sekitar pukul 13.00 WIB. Seturunnya dari pesawat, Anwar disambut langsung oleh Presiden Prabowo. Keduanya pun langsung menumpangi mobil yang sama, yakni Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Anwar dan Prabowo duduk berdampingan di mobil spesial tersebut.

    Presiden Prabowo Subianto (kanan) berjabat tangan dengan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim (kiri) sebelum pertemuan bilateral di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (27/6/2025). Kunjungan kenegaraan PM Malaysia Anwar Ibrahim di Istana Kepresidenan Jakarta tersebut untuk membahas hubungan bilateral, tindak lanjut dari sejumlah agenda ASEAN di Kuala Lumpur beberapa waktu lalu, serta bertukar pandangan soal dinamika kawasan dan global yang menjadi perhatian bersama. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/nym. Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA

    Sebagai informasi, Mercedes-Benz S600 Pullman Guard memang biasa digunakan untuk mengantar tamu negara yang berkunjung ke Indonesia. Wajar kalau mobil limousine tersebut jadi kendaraan operasional petinggi negara. Sebab mobil ini memiliki perlindungan tertinggi hingga level VR6/VR7.

    Layaknya benteng berjalan yang dibekali pelapis baja, mobil bisa memproteksi sopir dan penumpangnya dari ancaman senjata api, hingga bom. Fitur keselamatan tambahan termasuk ban run-flat, tangki bahan bakar self-sealing alias mencegah kebocoran jika mobil rusak, dan sistem pemadaman api.

    Selain aman, mobil mewah produksi Jerman tersebut juga mendukung kenyamanan pemimpin selama berada di dalam mobil. Mobil ini punya interior yang luas, berkat jarak sumbu roda 4.315 mm, atau 1.150 mm lebih panjang dari versi panjang S-Class Guard. Total panjang keseluruhan mobil ini mencapai 6.356 mm.

    Mobil ini tidak hanya menawarkan kenyamanan bagi penumpangnya, tetapi juga pengaturan yang ditata dengan luar biasa untuk pertemuan rahasia, tentu dilengkapi dengan semua sistem komunikasi dan hiburan utama.

    Bicara dapur pacunya Mercedez-Benz S600 Pullman Guard memiliki mesin biturbo 12 silinder dengan kapasitas 5.513 cc. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 517 dk dengan torsi 830 Nm.

    (lua/mhg)

  • Geely Bakal Bawa Mobil Hybrid ke GIIAS 2025

    Geely Bakal Bawa Mobil Hybrid ke GIIAS 2025

    Jakarta

    Untuk pertama kalinya Geely bakal berpartisipasi di ajang pameran GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show). Merek asal China itu siap membawa beberapa model andalan di GIIAS 2025, salah satunya adalah mobil hybrid.

    “Nanti akan ada tiga produk yang kita introduce (perkenalkan di GIIAS 2025), tapi ini bukan peluncuran ya. Jadi buat first impression saja (untuk pengunjung). Salah satunya adalah model PHEV. Ini untuk memperlihatkan kekuatan Geely, bahwa kita sebetulnya juga memiliki product line up yang lengkap,” kata Brand Director Geely Auto Indonesia Yusuf Anshori saat berkunjung ke kantor detikcom di Jakarta Selatan, Rabu (25/6/2025).

    Geely EX5 Foto: Doc. Geely

    Satu produk yang pasti bakal ditampilkan adalah model mobil listrik EX5 yang sudah dipasarkan Geely Auto Indonesia sejak Februari lalu. Namun untuk tiga model lain, Geely tidak mau menjawabnya. “Nanti kita lihat saja di GIIAS,” sambung pria yang akrab disapa Ori tersebut.

    Nantinya Geely Auto Indonesia akan menempati area convention hall yang terletak di antara hall 3A dan hall 5. Geely bakal satu ruangan dengan BMW, MINI, dan merek asal AS, Ford.

    Sebagai informasi, sebanyak 39 merek kendaraan penumpang siap unjuk gigi di GIIAS 2025, antara lain Aletra, Audi, BAIC, BMW, BYD, Chery, Chery Lepas, Citroen, Daihatsu, Denza, DFSK, Ford, GAC AION, Geely, GWM, Honda, Hyundai, Jaecoo, Jeep, Jetour, KIA, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Polytron, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Volvo, Wuling, dan Xpeng.

    Sedangkan dari merek kendaraan komersial hadir 4 merek, yaitu Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan UD Trucks. Enam belas merek sepeda motor juga akan hadir di GIIAS 2025, ALVA, Aprilia, Astra Honda Motor, Dubbs, Exotic, Harley-Davidson, Kupprum, MotoGuzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Scomadi, U-Winfly, Vespa, dan Wedison.

    Selain itu, empat merek karoseri juga hadir, yakni Adiputro, Laksana, New Armada, dan Tentrem. Serta ratusan merek dari industri pendukung otomotif lain yang siap untuk menampilkan inovasi dan teknologi terkini. Pameran GIIAS 2025 berlokasi di ICE-BSD City, Tangerang, berlangsung dari 24 Juli hingga 3 Agustus.

    (lua/mhg)

  • Brasil Was-was Dibanjiri Mobil Listrik China

    Brasil Was-was Dibanjiri Mobil Listrik China

    Jakarta

    Industri otomotif Brazil mulai wanti-wanti dengan kehadiran mobil listrik asal China yang diimpor utuh alias Completely Built Up (CBU).

    Kapal pembawa mobil terbesar di dunia, – setara 20 lapangan sepak bola baru-baru ini berlabuh ke Itajai, Brasil. Tapi tidak semua pihak bersorak sorai untuk kedatangannya.

    Dikutip Reuters, sejak awal 2025, Brasil mengimpor sekitar 22.000 kendaraan buatan China, dan diperkirakan akan mencapai 200.000 unit sepanjang tahun ini – sekitar 8% dari seluruh mobil ringan yang didaftarkan di Brasil.

    Produsen mobil dan serikat pekerja Brasil khawatir mobil murah dari China akan mengganggu produksi dalam negeri dan mengancam lapangan pekerjaan. Mereka mendesak agar pemerintah mempercepat rencana peningkatan tarif impor EV dari 10% menjadi 35%.

    “Negara-negara di seluruh dunia mulai menutup pintu mereka untuk orang Cina, tetapi Brasil tidak,” kata Aroaldo da Silva, seorang pekerja produksi Mercedes-Benz dan presiden Industri ALL Brasil, sebuah konfederasi serikat pekerja di enam sektor industri.

    “China memanfaatkan itu,” tambah dia.

    Kritik muncul karena investor China dinilai lebih fokus pada ekspor saja-mereka belum mengembangkan rantai pasokan atau pabrikan komponen lokal secara signifikan.

    Berbagai pihak menyambut baik mobil listrik murah karena memudahkan masyarakat beralih ke kendaraan ramah lingkungan. Tapi di sisi lain, industri lokal dipandang bakal kesulitan bersaing.

    Jika impor EV terus mendominasi tanpa produksi lokal berkembang cepat, peluang kerja bagi tenaga kerja Brasil bisa tergerus.

    BYD berencana memulai produksi lokal dengan mengubah pabrik bekas Ford di negeri bagian Bahia, tetapi investigasi pelanggaran hak tenaga kerja menunda target hingga akhir 2026. Mobil Listrik China lainnya, seperti GWM, juga mengalami penundaan.

    Kementerian Pembangunan, Industri & Perdagangan Luar Negeri Brasil mengatakan kepada Reuters bahwa permintaan oleh asosiasi mobil Brasil, ANFAVEA, dan lainnya untuk menarik tarif yang lebih tinggi sedang ditinjau.

    “Jadwal untuk dimulainya kembali tarif secara bertahap, dengan penurunan kuota, ditetapkan untuk memungkinkan perusahaan melanjutkan rencana pengembangan mereka dan menghormati kematangan manufaktur di negara ini,” tambah juru bicara kementerian.

    “Kami mendukung kedatangan merek baru di Brasil untuk memproduksi, mempromosikan sektor komponen, menciptakan lapangan kerja dan membawa teknologi baru,” Igor Calvet, presiden ANFAVEA, mengatakan kepada Reuters.

    “Tetapi dari saat kelebihan impor menyebabkan investasi yang lebih rendah dalam produksi di Brasil, itu membuat kami khawatir,” kata dia.

    Da Silva dari IndustriALL mengatakan konfederasi serikat pekerjanya belum mendengar tentang hubungan pemasok lokal yang sedang dikembangkan atau kontrak yang ditandatangani untuk pabrik BYD, seperti yang biasanya diharapkan 18 bulan sejak dimulainya produksi.

    “Bahkan jika pabriknya ada di sini – nilai apa yang benar-benar ditambahkan jika komponen, pengembangan, dan teknologi semuanya berasal dari luar negeri?” da Silva berkata.

    (riar/dry)

  • Digelar Bulan Depan, GIIAS 2025 Bakal Diikuti 63 Merek Otomotif Ternama Indonesia

    Digelar Bulan Depan, GIIAS 2025 Bakal Diikuti 63 Merek Otomotif Ternama Indonesia

    JAKARTA – Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 akan digelar dalam beberapa minggu mendatang dengan menyuguhkan beragam kendaraan terbaru.

    Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan pameran tersebut akan menghadirkan lebih dari 60 merek terdiri dari 39 brand mobil penumpang, 16 dari kendaraan roda dua, 4 merek commercial vehicle, dan 4 karoseri.

    “GIIAS 2025 akan hadirkan sekitar 63 merek yang ikut berpartisipasi, ada 39 merek passenger car, 4 merek commercial vehicle, juga ada 4 karoseri besar yang ikut memamerkan hasil karya putra Indonesia sendiri dalam pameran kita,” kata Nangoi dalam kalimat pembuka di konferensi pers jelang GIIAS 2025, Kuningan, Jakarta, Rabu, 18 Juni.

    Selain itu, salah satu gelaran otomotif terbesar di Asia tersebut juga didukung oleh 100 merek industri pendukung otomotif.

    GIIAS 2025 akan diselenggarakan pada 24 Juli sampai 3 Agustus yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang dan akan memanfaatkan sebanyak 11 hall seperti pada tahun sebelumnya.

    Pameran satu ini akan diramaikan oleh merek otomotif ternama seperti Aion, Aletra, Audi, Citroën, DFSK, GWM, Hyundai, Jaecoo, Jeep, Jetour, KIA, Maxus, Mercedes-Benz, Nissan, Seres, Subaru, VinFast, Volkswagen, Volvo, Xpeng, BMW, Ford, Geely, MINI, Polytron, BAIC, BYD, Chery, Daihatsu, Denza, Honda, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, dan Wuling.

    Brand kendaraan komersial dan karoseri juga turut meramaikan gelaran ini seperti Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, UD Trucks, Adiputro, Laksana, New Armada, dan Tentrem.

    Untuk pembelian secara online melalui aplikasi Auto360, pengunjung dapat membeli tiket GIIAS 2025 sebesar Rp50.000 untuk weekdays, Rp100.000 pada weekend, dan VIP Rp250.000 mulai 16 Juli mendatang.

    Sementara itu, pengunjung untuk pembelian onsite dapat membayar Rp75.000 weekdays, Rp125.000 weekend, dan VIP Rp300.000 mulai 24 Juli.

    Pengunjung juga dapat melakukan pembelian tiket secara presale melalui program “Surprise Drop” sebesar Rp32.000 mulai 23 Juni.

  • Mengenal Mobil Nasional Iran Khodro: Harga Terjangkau, Sudah Ekspor

    Mengenal Mobil Nasional Iran Khodro: Harga Terjangkau, Sudah Ekspor

    Jakarta

    Iran ternyata punya industri otomotif dalam negeri yang sudah lama eksis. Iran memiliki mobil nasional sendiri yang sudah berkiprah sejak 1960-an, malah sudah diekspor.

    Merek mobil nasional Iran itu namanya Khodro. Sejarah ini bermula sejak pendirian Iran Khodro Company (IKCO) oleh keluarga Khayami pada Agustus 1962. Saat itu IKCO menjadi produsen bus LP (Long Platform) yang mengimpor sasis dari Jerman. Merek ini punya fasilitas perakitan di Teheran.

    Arti Mobil Khodro

    Dalam bahasa Persia, Khodro berarti mobil. Jadi, Iran Khodro berarti Mobil Iran.

    Khodro sudah memproduksi mobil penumpang pada 1966. Dikutip dari situs resmi IKCO, Khodro menandatangani kerja sama dengan perusahaan Inggris Rootes untuk membuat sedan dengan nama ‘Paykan’. Setahun berselang, IKCO untuk pertama kalinya membuat mobil nasional Iran.

    Sejak 1967 hingga 1978, Khodro Paykan terus diproduksi dengan berbagai model seperti sport, wagon, dan pikap. Hingga 1977, Paykan sudah diproduksi sebanyak 98 ribu unit. Tak hanya memproduksi mobil untuk merek sendiri, pada 1974 Khodro juga merakit mobil asal Prancis, Peugeot. Khodro pun tercatat pernah memproduksi Peugeot 206 dan 405.

    Line Up Mobil Khodro: Sedan sampai Pikap

    Khodro tak hanya fokus pada model sedan Paykan. Di situs resminya, Khodro memiliki model Samand LX, Soren ELX, Runna, dan Dena. Kesemuanya merupakan mobil jenis sedan. Khodro juga punya satu model pikap dengan nama Arisun.

    Selain membuat mobil dengan merek Iran Khodro dan bekerja sama dengan Peugeot, IKCO juga memproduksi beberapa model lain di bawah lisensi perusahaan otomotif ternama. IKCO memproduksi truk, bus, dan mobil penumpang dengan lisensi dari Mercedes-Benz. IKCO juga memproduksi Grand Vitara yang berada di bawah lisensi Suzuki.

    Khodro diklaim menjadi salah satu pemain otomotif besar di Timur Tengah, Asia Tengah, dan Afrika Utara. Pada 2010, merek ini memproduksi sekitar 775.000 mobil penumpang dan kendaraan komersial.

    Mobil-mobil buatan IKCO diekspor ke beberapa negara seperti Rusia, Suriah, Turki, Irak, Azerbaijan, Ukraina, Mesir, Aljazair, dan Bulgaria.

    Lini produk mobil nasional Iran ini kebanyakan model sedan. Salah satu modelnya adalah IKCO Runna yang menggunakan basis Peugeot 206. IKCO Runna mengisi segmen sedan kelas B.

    Harga Mobil Nasional Iran Khodro

    Mobil ini pakai mesin bensin 1.600 cc empat silinder bertenaga 108 daya kuda. IKCO Runna kabarnya dijual setara 7.000 USD atau sekitar Rp 115 jutaan. Harganya bahkan lebih murah daripada LCGC di Indonesia yang saat ini sekitar Rp 130 jutaan sampai Rp 200 jutaan.

    Selain itu, ada juga IKCO Tara yang mengisi segmen sedan kompak segmen C. Mobil itu diproduksi oleh Iran Khodro sejak tahun 2021. Sedan IKCO Tara merupakan turunan dari Peugeot 301 dan didasarkan pada platform IKP1 Iran Khodro, yang merupakan versi modifikasi dari platform PSA PF1.

    Platform ini digunakan bersama dengan Peugeot 208, Peugeot 2008, dan Citroën C-Elysée. Mobil itu menggunakan mesin 1.600 cc, empat silinder, bertenaga maksimal 1 15 PS dengan torsi 144 Nm. Mesin tersebut bisa membawa mobil melaju hingga 190 km/jam. Sedan IKCO Tara dijual dengan kisaran harga setara 12.000-13.000 USD atau sekitar Rp 196-200 jutaan.

    Yang terbaru, Khodro juga merilis crossover bernama Reera. Mobil itu mengusung mesin 1.700 cc turbocharged bertenaga 160 daya kuda. Harganya sekitar 23.000 USD atau setara Rp 370 jutaan.

    (rgr/din)

  • Mobil Sedan di Indonesia Masih Laku? Segini Penjualannya di Tengah Dominasi MPV-SUV

    Mobil Sedan di Indonesia Masih Laku? Segini Penjualannya di Tengah Dominasi MPV-SUV

    Jakarta

    Mobil sedan ternyata masih diminati orang Indonesia, di tengah besarnya minat masyarakat pada MPV dan SUV. Dari keseluruhan penjualan mobil di Indonesia, pangsa pasar sedan sebesar 1 persen.

    Setiap model mobil ada peminatnya sendiri. Di Indonesia, salah satu model mobil yang cukup diminati adalah segmen MPV. Mobil bisa memuat banyak orang dan digunakan untuk berbagai fungsi. Selain MPV segmen SUV juga belakangan makin banyak peminatnya. Bisa terlihat, dalam beberapa tahun terakhir makin banyak mobil SUV yang ditawarkan para pabrikan.

    Tapi jangan lupakan sedan. Sedan dulu sering dianggap sebagai simbol kemewahan. Dulu, banyak orang berduit lebih memilih sedan sebagai tunggangannya. Saat ini sedan masih ada peminatnya. Namun kalau dibandingkan dengan MPV atau SUV tentu kalah jauh.

    Berdasarkan data distribusi wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan sedan hanya 1 persen dari keseluruhan penjualan mobil dalam negeri.

    Sepanjang Januari hingga Mei 2025, penjualan sedan hanya menyentuh 1.972 unit. Sementara keseluruhan penjualan mobil menyentuh 316.981 unit. Dalam data tersebut juga terungkap sejumlah pabrikan yang masih menawarkan mobil sedan di Indonesia. Beberapa di antaranya merupakan pabrikan premium.

    Ada Honda, AION, BMW, Hyundai, Mercedes-Benz, Audi, Morris Garage, BYD, Subaru, Lexus, dan juga Toyota. Bicara kapasitas dan opsi mesin yang ditawarkan juga beragam. Mulai dari mesin berkapasitas 1.300 cc, 1.500 cc, 2.000 cc, hingga 4.000 cc juga tersaji. Beberapa pabrikan juga menawarkan opsi mesin hybrid dan tenaga listrik murni.

    Dari keseluruhan mobil sedan yang ditawarkan pabrikan-pabrikan tersebut, penjualan yang paling menonjol berasal dari BYD. Adalah BYD Seal yang mencatatkan distribusi sebanyak 931 unit sepanjang lima bulan pertama tahun 2025. Sementara model lainnya, penjualannya tidak tembus ratusan unit dalam kurun waktu yang sama.

    (dry/din)

  • Daftar Mobil Baru yang Meluncur di GIIAS 2025: Toyota, BYD, sampai Honda

    Daftar Mobil Baru yang Meluncur di GIIAS 2025: Toyota, BYD, sampai Honda

    Jakarta

    Pameran GIIAS 2025 akan diselenggarakan pada 24 Juli hingga 3 Agustus di ICE-BSD City, Tangerang. Pameran ini tentunya akan menjadi tempat bagi peluncuran sejumlah kendaraan roda empat terbaru. Kira-kira apa saja merek mobil baru yang akan diluncurkan di pameran ini?

    Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 akan diikuti lebih dari 60 peserta. Dari kendaraan komersial ada Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan juga UD Trucks. Kemudian dari sektor karoseri ada Adiputro, Laksana, New Armada, serta Tentrem.

    Sejumlah model mobil baru akan meluncur di GIIAS 2025 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Selanjutnya dari kategori mobil penumpang ada merek-merek meliputi AION, Aletra, Audi, Citroën, DFSK, GWM, Hyundai, Jaecoo, Jeep, Jetour, KIA, Maxus, Mercedes-Benz, Nissan, Seres, Subaru, VinFast, Volkswagen, Volvo, Xpeng, BMW, Ford, Geely, MINI, Polytron, BAIC, BYD, Chery, Daihatsu, Denza, Honda, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, Wuling, dan Lepas.

    Sementara dari brand sepeda motor atau roda dua, merek yang berpartisipasi adalah Astra Honda Motor (AHM), Harley-Davidson, Royal Enfield, Scomadi, Piaggio, U-Winfly, Vespa, Aprilia, Moto Guzzi, Alva, Dubbs Electric Vehicle, Exotic, Pacific, Kupprum, Polytron, U-Winfly, dan Wedison.

    Sejumlah model mobil baru akan meluncur di GIIAS 2025 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Dalam pemaparan di Press Conference GIIAS 2025, di Jakarta, Rabu (18/6/2025), sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) memberi teaser calon mobil baru yang diluncurkan pada GIIAS 2025 nanti. Beberapa brand yang akan memperkenalkan produk baru adalah BAIC, BYD, Chery, Honda, Hyundai, Mitsubishi, Mazda, serta Xpeng.

    BAIC

    – BJ30 Hybrid

    BYD

    – BYD Yangwang U9
    – Denza Z9 GT
    – Satu new model (kemungkinan BYD Seagull)

    Chery

    – Lepas L8
    – New model Chery

    Citroen & Jeep

    – Dua special display Citroen
    – Satu new model Jeep

    DFSK & Seres

    – Seres 3 (rilis harga)

    Ford

    – New Mustang Gen 7

    Geely

    – Meluncurkan tiga produk baru

    Honda

    – STEP WGN e:HEV
    – Dua mobil listrik baru

    Hyundai

    – The real Indonesian car (mobil baru yang khusus dirancang sesuai kebutuhan konsumen Indonesia)

    Isuzu

    – Traga special 50th edition limited order only at GIIAS 2025
    – New MU-X

    Jaecoo

    – J7 Series
    – J8 AWD
    – J5

    Jetour

    – Mobil listrik X50e
    – Mobil offroad T2

    KIA

    – EV3

    Mazda

    – The New Edition Large SUV
    – The New Small SUV

    Mercedes-Benz

    – New high performance car

    MG

    – Dua new model

    Mitsubishi Fuso

    – New varian MDT class

    Mitsubishi Motors

    – New model SUV

    Nissan

    – New product segment C-SUV
    – Race car Formula E gen 3

    Subaru

    – New SUV

    Toyota

    – New electric car
    – New GR (Gazoo Racing) HEV

    Volvo

    – 3 model facelift

    Xpeng

    – Mobil terbang
    – New SUV

    (lua/din)