brand merek: KIA

  • Hyundai Palisade 2026 Gagal Raih Nilai Sempurna di Uji Tabrak, Kursi Belakang Jadi Sorotan

    Hyundai Palisade 2026 Gagal Raih Nilai Sempurna di Uji Tabrak, Kursi Belakang Jadi Sorotan

    JAKARTA – Hyundai Palisade model 2026 yang diklaim sebagai model terbesar, termewah, dan tercanggih dalam lini SUV Hyundai, belum sepenuhnya memuaskan dalam uji ketahanan benturan terbaru. Meski berhasil melewati dua dari tiga pengujian Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) di Amerika Serikat, perlindungan penumpang belakang masih dinilai kurang pada uji tabrakan depan tumpang tindih moderat.

    Dalam video yang disiarkan melalui kanal YouTube IIHS, terlihat kepala boneka uji penumpang belakang tetap berada pada posisi aman dari sandaran kursi pengemudi selama benturan. Sensor uji juga menunjukkan risiko cedera leher yang rendah, dengan sabuk bahu bekerja optimal selama simulasi tabrakan.

    Namun, terdapat temuan penting di mana sabuk pengaman bagian pinggang bergeser dari posisi panggul ke area perut. Kondisi ini meningkatkan risiko cedera pada bagian perut penumpang belakang.

    Dilansir Autoevolution, Jumat, 19 Desember, uji tumpang tindih sedang tersebut dilakukan dengan 40 persen lebar kendaraan menabrak penghalang yang dapat berubah bentuk di sisi pengemudi, pada kecepatan 64 km/jam.

    Untuk memastikan sistem keselamatan bekerja bagi berbagai profil pengguna, IIHS menggunakan boneka uji perempuan di kursi belakang. Meski keselamatan penumpang depan meningkat signifikan dalam satu dekade terakhir, penumpang belakang yang duduk menggunakan sabuk pengaman masih memiliki risiko cedera fatal yang lebih tinggi.

    Akibat pergerakan sabuk pengaman itu, Palisade hanya meraih rating “diterima”, bukan “good” yang menjadi standar tertinggi IIHS. Capaian tersebut dinilai cukup mengejutkan mengingat Palisade versi terbaru sebelumnya sukses meraih banyak peringkat terbaik dari lembaga yang sama.

    Di mana, penilaian termasuk dalam uji tumpang tindih kecil, uji tabrak samping, performa lampu depan, pencegahan tabrakan depan, sistem LATCH, serta fitur pengingat sabuk pengaman. Berstatus SUV keluarga besar, Palisade kini hadir dengan pilihan konfigurasi tempat duduk untuk tujuh atau delapan penumpang.

    Varian SE, SEL, dan SEL Premium dibekali delapan kursi sebagai standar, sementara kursi kapten tersedia sebagai opsi di dua varian terakhir. Untuk konfigurasi tujuh kursi, varian XRT Pro, Limited, dan Calligraphy dipasarkan tanpa opsi tambahan kursi kedelapan.

    SUV ini diproduksi di Korea Selatan, berbeda dari Kia Telluride yang secara teknis serupa namun dirakit di Amerika Serikat. Dari sisi performa mesin, Palisade menawarkan dua pilihan: mesin V6 3,5 liter naturally aspirated dan mesin turbo I4 2,5 liter yang tersedia dalam varian hybrid.

    Motor listrik hybrid terintegrasi dengan transmisi melalui sistem P2, mendapat suplai daya dari baterai 1,65 kW bertenaga 300 volt. Kombinasi ini menghasilkan tenaga 329 hp dan torsi 460 Nm, lebih besar dibandingkan mesin V6 non-turbo yang menghasilkan 287 hp dan torsi 353 Nm.

    Soal efisiensi, Palisade enam silinder berpenggerak roda depan mampu menorehkan konsumsi hingga 11,2 liter per 100 km. Sementara itu, varian hybrid jauh lebih irit lewat catatan 6,9 sampai 8,1 liter per 100 km, tergantung konfigurasi penggerak. Varian Blue dan SEL Premium FWD menjadi yang paling efisien di keluarga hybrid Palisade.

  • Intervensi Stunting Berbasis Data, Bappeda Kediri Optimalkan Validasi Data Kesehatan Ibu dan Anak

    Intervensi Stunting Berbasis Data, Bappeda Kediri Optimalkan Validasi Data Kesehatan Ibu dan Anak

    Kediri (beritajatim.com) – Pemerintah Kota Kediri menegaskan komitmennya dalam mengintervensi masalah gizi dan kesehatan masyarakat dengan menggelar Pendampingan Aksi Konvergensi Bina Bangda Kota Kediri Semester II Tahun 2025, yang berfokus pada validitas data.

    Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bappeda Kota Kediri mulai Senin (8/12/2025) hingga Selasa (9/12/2025), mengundang 20 perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mengikuti materi dari narasumber Bappeda Provinsi Jawa Timur.

    Bertempat di salah satu hotel Kota Kediri, acara ini dimaksudkan untuk memberikan arahan jelas kepada OPD dalam pengisian dan pemutakhiran data, terutama yang digunakan untuk penyusunan dokumen penurunan stunting. Keberhasilan program pembangunan, khususnya penurunan stunting dan peningkatan kesehatan ibu dan anak, sangat bergantung pada ketersediaan dan kualitas data yang valid dan akurat.

    Kepala Bappeda Fery Djatmiko menerangkan secara terpisah bahwa data adalah pondasi utama intervensi yang efektif. ”Melaksanakan pembangunan tanpa didasari data yang benar itu hanya akan menghasilkan trial and error. Untuk itu pada semester II Tahun 2025 ini, fokus kita adalah memastikan kelengkapan dan validitas data sasaran dan data layanan,” terang Fery Djatmiko.

    Data yang menjadi fokus pemutakhiran ini sangat komprehensif, mencakup data kesehatan ibu dan anak mulai dari jumlah ibu hamil, ibu nifas, hingga anak usia 0-59 bulan. Data layanan gizi termasuk pemantauan pertumbuhan, pemberian makanan tambahan, serta penanganan kasus gizi buruk dan gizi kurang.

    Tidak hanya itu, data lingkungan dan sosial juga menjadi elemen penting, meliputi akses air minum aman, sanitasi, kepemilikan jaminan kesehatan (JKN), hingga kepemilikan dokumen kependudukan seperti akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA).

    “Data-data ini yang bersumber dari puskesmas, Dukcapil, PLKB, serta kecamatan dan kelurahan, akan menjadi landasan kita dalam mengevaluasi kinerja semester berjalan dan merencanakan intervensi yang lebih tepat sasaran di masa mendatang,” jelasnya.

    Dalam keterangannya, Fery juga menyinggung keberhasilan Kota Kediri yang sangat membanggakan, yakni meraih juara 2 tingkat nasional dalam aksi penurunan angka stunting. Menurutnya capaian luar biasa ini merupakan hasil kolaborasi dan kerja sama lintas sektor yang harus disyukuri dan dipertahankan, sebuah contoh nyata bagi daerah lain di Jawa Timur dan nasional.

    “Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh OPD terkait, mulai dari Dinas Kesehatan, Dinsos, PUPR, Perkim, hingga pemerintahan kecamatan dan puskesmas yang telah bekerja keras mewujudkan prestasi ini. Semoga ke depan angka stunting di Kota Kediri terus menurun dan ke depan tidak ada lagi bayi yang lahir dengan kondisi stunting,” ujarnya.

    Ditanya perihal strategi yang telah dilakukan di balik keberhasilan tersebut, Fery mengatakan Kota Kediri memiliki sejumlah inovasi yang mendapat perhatian nasional. Salah satunya adalah program satu puskesmas satu dokter spesialis anak yang kini tengah dilirik oleh Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) untuk diadopsi di daerah lain. Selain itu, Kota Kediri juga mengembangkan aplikasi pendukung pengelolaan data penurunan stunting.

    “Kita sudah didatangi Setwapres selaku penanggungjawab kegiatan penurunan stunting dan beliau sudah melihat sendiri pelaksanaan program tersebut dan berencana akan menerapkannya ke daerah lain,” tuturnya.

    Melalui kegiatan pendampingan ini, Fery berharap upaya konvergensi penurunan stunting semakin optimal, terarah, dan berbasis data yang valid. [nm/ted]

  • Cuma yang Cerdas Bisa Menjawab 8 Teka-teki Ini! Berani Buktikan?

    Cuma yang Cerdas Bisa Menjawab 8 Teka-teki Ini! Berani Buktikan?

    Jakarta

    Teka-teki asah otak menawarkan cara yang seru, menantang dan memicu rasa penasaran untuk diselesaikan. DI balik pertanyaan yang terlihat sederhana, tersimpan tantangan untuk menguji ketelitian, kreativitas, dan kecerdasan.

    Ada soal temukan gambar tersembunyi, mencari hal janggal, hingga menjawab tebak-tebakan. Siapkan konsentrasi, karena beberapa soal mungkin membuatmu berpikir dua kali.

    Teka-teki Asah Otak

    Buktikan kamu pintar. Jawab teka-teki ini dengan jawaban yang tepat.

    1. Temukan dua hal yang berbeda pada gambar. Perhatikan dengan teliti.

    Asah otak detikHealth Foto: Muhammad Rofiq/detikHealth

    2. Sekilas tak ada yang aneh, tapi coba perhatikan, apa yang salah dari gambar ini?

    Asah otak detikHealth Foto: Muhammad Rofiq/detikHealth

    3. Dari dua orang ini, siapakah yang mencoret tembok dengan pilox?

    Ukur Kemampuan Otak, Seberapa Sat Set Kamu Jawab Soal di Bawah Ini? Foto: Irene Putri Wibowo/detikHealth

    4. Di sebuah pameran lukisan ini, siapakah pemilik lukisan yang sebenarnya? Elle, Jack, atau Olivia?

    Ukur Kemampuan Otak, Seberapa Sat Set Kamu Jawab Soal di Bawah Ini? Foto: Irene Putri Wibowo/detikHealth

    5. Ada 10 orang dalam satu ruangan yang membentuk lingkaran. Kamu harus menaruh sebuah apel yang bisa dilihat semua orang, tapi tidak boleh diletakkan di lantai. Di mana kia-kira apel harus diletakkan?

    6. Akan ada 2 mobil yang lewat di sebuah jalan. Pertama mobil berwarna biru yang melaju 60 km/jam dan mobil kedua berwarna merah yang melaju 40 km/jam. Kedua mobil melaju pada waktu yang bersamaan, tapi mereka saling bersilangan di beberapa titik. Bagaimana ini bisa terjadi.

    7. Dalam gambar berikut, ada satu perempuan yang sedang dalam bahaya. Yang mana kira-kira?

    Yuk Uji Otakmu Lewat Tebak-Tebakan Ini! Eits, Cuma Si Super Jeli yang Bisa Jawab Foto: asah otak detikhealth

    8. Peter menelepon istrinya dan mengatakan bahwa dia akan tiba di rumah jam 8 malam. Kemudian, dia datang jam 8.05. Mereka tidak punya rencana khusus, namun sang istri sangat marah. Mengapa?

    Jawaban Teka-teki Asah Otak

    Bisa menjawab semua teka-teki ini dengan mudah? Lihat jawabannya berikut ini.

    1. Perbedaannya terletak pada spion mobil dan roda sepeda.

    Asah otak detikHealth Foto: Muhammad Rofiq/detikHealth

    2. Bagian bawah ring basketnya tertutup. Bagaimana bola bisa keluar?

    Asah otak detikHealth Foto: Muhammad Rofiq/detikHealth

    3. Pria d sebelah kiri jawabannya. Ada noda pilox di jaket yang dikenakan.

    Ukur Kemampuan Otak, Seberapa Sat Set Kamu Jawab Soal di Bawah Ini? Foto: Irene Putri Wibowo/detikHealth

    4. Pemilik lukisan adalah Olivia. Coba lihat lukisannya, ada tanda-tangan bertuliskan nama Olivia.

    Ukur Kemampuan Otak, Seberapa Sat Set Kamu Jawab Soal di Bawah Ini? Foto: Irene Putri Wibowo/detikHealth

    5. Letakkan apel di atas kepala siapapun. Semua orang bisa meliihatnya.

    6. Mereka berkendara ke arah berlawanan.

    7. Wanita yang sedang berlari di treadmill dalam bahaya.

    Yuk Uji Otakmu Lewat Tebak-Tebakan Ini! Eits, Cuma Si Super Jeli yang Bisa Jawab Foto: asah otak detikhealth

    8. Peter seharusnya datang jam 8 malam, tapi dia malah baru datang jam 8.05 pagi yang berarti keesokan harinya.

    (elk/suc)

  • Daftar Merek Mobil-motor Peserta IIMS 2026

    Daftar Merek Mobil-motor Peserta IIMS 2026

    Jakarta

    Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2026 digelar pada 5-15 Februari 2026 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Dyandra Promosindo resmi meluncurkan ‘Infinite Program’ sebagai rangkaian utama IIMS tahun depan. Ini daftar peserta otomotif IIMS 2026.

    “Kami ingin memastikan, di situasi apapun industri otomotif tetap punya panggung besar untuk bersinar. Karena sejarah membuktikan satu hal, industri otomotif Indonesia adalah industri tangguh. IIMS akan merespons perubahan ini, dengan menghadirkan program-program baru yang berdampak pada berkelanjutan, inovasi dan peningkatan pengalaman pengunjung pada setiap penyelenggaraannya,” kata Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung, dalam keterangannya.

    Konsep baru yang dibawa tahun depan adalah Sportainment, mencakup empat segmen: Gym, Golf, Padel, serta Healthy Clubbing. Aji Strongman jadi representative untuk Gym, Atta Halilintar untuk Golf, Sintya Marisca untuk Padel, sementara Healthy Clubbing akan berkolaborasi dengan Venom.

    Dari sisi edukasi, IIMS 2026 menghadirkan IIMS School Edutainment, menyediakan ruang kompetisi bagi siswa seperti Ratoh Jaroe, Marching Band, Cheerleader, termasuk School Got Talent. Selain itu, program atraksi otomotif IIMS Infinite Show tetap hadir dengan beragam aksi seperti motor freestyle, drifting hingga parade mobil klasik.

    Dari sektor hiburan, IIMS Infinite Live kembali menggelar 11 hari konser musik dengan deretan musisi besar seperti Jamrud, Iwan Fals, Tulus, Bernadya, Superman Is Dead, hingga Ari Lasso.

    Selain deretan program menarik yang akan hadir, IIMS juga akan dimeriahkan oleh beberapa brand-brand otomotif ternama. Dari segmen roda empat ada nama Audi, BAIC, BMW, BYD, Changan, Chery, Citroen, Denza, DFSK, Ford, GAC, Geely, GWM, Honda, Hyundai, i-CAR, Jaecoo, Jeep, Jetour, KIA, Lepas, Maxus, Mazda, MG, Mercedes Benz, Mini, Mitsubishi, Nissan, Seres, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, dan Xpeng.

    Jumlah tersebut masih akan terus bertambah. Dari kendaraan roda dua, hingga saat ini sudah ada AHM, Alva, Aprilia, Benda, Benelli, Indomobil E-Motor, Keeway, Morbidelli, Moto Guzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, QJ Motor, Royal Enfield, Scomadi, United, Vespa dan Yamaha. Jumlah tersebut masih akan terus bertambah.

    Dyandra juga memperluas gaung IIMS melalui IIMS Series 2026 yang digelar di Surabaya, Balikpapan, hingga Manado. Ekspansi ini diharap membuka akses otomotif yang lebih merata bagi masyarakat di berbagai daerah.

    (lua/dry)

  • Cara Dapat Tiket Kapal Pelni Diskon 20% Spesial Libur Nataru

    Cara Dapat Tiket Kapal Pelni Diskon 20% Spesial Libur Nataru

    Jakarta: Libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru) sebentar lagi tiba. Sejumlah moda transportasi menghadirkan diskon spesial, salah satunya Kapal Pelni khusus untuk kelas ekonomi.
     
    Diskon sebesar 20 persen ini berlaku untuk pembelian kelas ekonomi mulai 21 November 2025, dalam periode perjalanan 17 Desember 2025 hingga 10 Januari 2025 di seluruh tujuan dan pelabuhan yang disinggahi kapal penumpang.
     
    Diskon 20 persen tersebut hanya berlaku untuk tarif dasar, yaitu tarif tiket sebelum ditambahkan komponen biaya asuransi dan pas pelabuhan. Kuota untuk diskon juga terbatas. Jika kuota telah habis, maka sistem akan otomatis mengembalikan harga ke tarif normal.
     
    Lantas, bagaimana cara mendapatkan diskon kapal pelni?
     
    Cara Dapat Tiket Diskon Kapal Pelni
    Diskon 20 persen tiket Kapal Pelni ini berlaku di seluruh channel pembelian tiket kapal Pelni, seperti aplikasi PELNI Mobile, website PELNI, contact center 162, loket cabang, fitur Lifestyle BCA Mobile, OVO, Sukha by Livin Mandiri, BNI agen46, dan BRImo.
     
    Berlaku juga di jaringan Indomaret dan OMI mitra Indogrosir, jaringan Alfamart dan Alfamidi, ATA Tour, Fastpay, easybook.com, via.com, MMBC, Darmawisata Indonesia hingga Versa dan Topindo.

     

     

    1. Cek Tiket PELNI via Website Resmi
    – Kunjungi website resmi PELNI
    – Masukkan data rute dan tanggal perjalanan
    – Informasi tiket langsung muncul secara real-time
    – ‌Tentukan jumlah penumpang. Kategori penumpang tersedia untuk penumpang dewasa dan bayi (0-23 bulan) ‌
    – Pilih kelas kapal (Kelas ekonomi untuk tarif yang mendapat diskon 20 persen) ‌
    – Pilih “Cari Pelayaran” ‌Tarif yang tertera nantinya sudah menampilkan tarif dengan diskon 20 persen ‌
    -Isi data pribadi berupa: nama pemesan, tanggal lahir, email, nomor telepon, alamat, nomor identitas (KTP/SIM/Passport/KIA) ‌
    – Pilih “Lanjut” untuk menyelesaikan pembayaran.
    2. Cek Tiket PELNI di Aplikasi PELNI Mobile
    – Unduh aplikasi PELNI Mobile di smartphone
    – Masukkan pelabuhan keberangkatan dan tujuan
    – Pilih tanggal keberangkatan
    – Sistem akan menampilkan jadwal, harga, serta tersedia atau tidaknya tiket diskon
     
    3. Melalui Contact Center PELNI
    – Hubungi Contact Center 162
    – Sampaikan rute dan tanggal perjalanan
    – Petugas akan membantu proses pengecekan tiket

     

    4. Cek Tiket PELNI Lewat Aplikasi Bank & E-Wallet
    Tiket juga bisa dicek dan dibeli melalui:
     
    – BCA Mobile (Fitur Lifestyle)
    – Livin’ by Mandiri
    – BRImo
    – BNI Agen46
    – OVO
     
    5. Cek Tiket Secara Langsung (Offline)
    Bagi yang lebih nyaman offline, cek tiket PELNI juga bisa dilakukan di:
     
    – Loket resmi PELNI
    – Indomaret, Alfamart, Alfamidi
    – OMI Indogrosir
     
    Untuk pembayaran, Pelni bekerjasama dengan Bank BTN, BRIVA, BNI Virtual Account, Permata Bank, Mandiri Virtual Account, Indomaret dan OMI mitra Indogrosir, jaringan Alfamart dan Alfamidi, iSaku, Finpay, dan Fastpay.

    Jakarta: Libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru) sebentar lagi tiba. Sejumlah moda transportasi menghadirkan diskon spesial, salah satunya Kapal Pelni khusus untuk kelas ekonomi.
     
    Diskon sebesar 20 persen ini berlaku untuk pembelian kelas ekonomi mulai 21 November 2025, dalam periode perjalanan 17 Desember 2025 hingga 10 Januari 2025 di seluruh tujuan dan pelabuhan yang disinggahi kapal penumpang.
     
    Diskon 20 persen tersebut hanya berlaku untuk tarif dasar, yaitu tarif tiket sebelum ditambahkan komponen biaya asuransi dan pas pelabuhan. Kuota untuk diskon juga terbatas. Jika kuota telah habis, maka sistem akan otomatis mengembalikan harga ke tarif normal.
     
    Lantas, bagaimana cara mendapatkan diskon kapal pelni?
     
    Cara Dapat Tiket Diskon Kapal Pelni
    Diskon 20 persen tiket Kapal Pelni ini berlaku di seluruh channel pembelian tiket kapal Pelni, seperti aplikasi PELNI Mobile, website PELNI, contact center 162, loket cabang, fitur Lifestyle BCA Mobile, OVO, Sukha by Livin Mandiri, BNI agen46, dan BRImo.
     
    Berlaku juga di jaringan Indomaret dan OMI mitra Indogrosir, jaringan Alfamart dan Alfamidi, ATA Tour, Fastpay, easybook.com, via.com, MMBC, Darmawisata Indonesia hingga Versa dan Topindo.
     
     

     

    1. Cek Tiket PELNI via Website Resmi

    – Kunjungi website resmi PELNI
    – Masukkan data rute dan tanggal perjalanan
    – Informasi tiket langsung muncul secara real-time
    – ‌Tentukan jumlah penumpang. Kategori penumpang tersedia untuk penumpang dewasa dan bayi (0-23 bulan) ‌
    – Pilih kelas kapal (Kelas ekonomi untuk tarif yang mendapat diskon 20 persen) ‌
    – Pilih “Cari Pelayaran” ‌Tarif yang tertera nantinya sudah menampilkan tarif dengan diskon 20 persen ‌
    -Isi data pribadi berupa: nama pemesan, tanggal lahir, email, nomor telepon, alamat, nomor identitas (KTP/SIM/Passport/KIA) ‌
    – Pilih “Lanjut” untuk menyelesaikan pembayaran.

    2. Cek Tiket PELNI di Aplikasi PELNI Mobile

    – Unduh aplikasi PELNI Mobile di smartphone
    – Masukkan pelabuhan keberangkatan dan tujuan
    – Pilih tanggal keberangkatan
    – Sistem akan menampilkan jadwal, harga, serta tersedia atau tidaknya tiket diskon
     

    3. Melalui Contact Center PELNI

    – Hubungi Contact Center 162
    – Sampaikan rute dan tanggal perjalanan
    – Petugas akan membantu proses pengecekan tiket
     
     

    4. Cek Tiket PELNI Lewat Aplikasi Bank & E-Wallet

    Tiket juga bisa dicek dan dibeli melalui:
     
    – BCA Mobile (Fitur Lifestyle)
    – Livin’ by Mandiri
    – BRImo
    – BNI Agen46
    – OVO
     

    5. Cek Tiket Secara Langsung (Offline)

    Bagi yang lebih nyaman offline, cek tiket PELNI juga bisa dilakukan di:
     
    – Loket resmi PELNI
    – Indomaret, Alfamart, Alfamidi
    – OMI Indogrosir
     
    Untuk pembayaran, Pelni bekerjasama dengan Bank BTN, BRIVA, BNI Virtual Account, Permata Bank, Mandiri Virtual Account, Indomaret dan OMI mitra Indogrosir, jaringan Alfamart dan Alfamidi, iSaku, Finpay, dan Fastpay.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (PRI)

  • Update Korban Bencana Sumbar: 193 Meninggal, 116 Hilang

    Update Korban Bencana Sumbar: 193 Meninggal, 116 Hilang

    Liputan6.com, Padang – Jumlah korban jiwa akibat banjir bandang dan longsor di Sumatera Barat terus bertambah. Data per Selasa (2/11/2025) sebanyak 193 orang meninggal dunia dan 116 orang lainnya masih hilang dan dalam proses pencarian di provinsi ini.

    “Dari total tersebut, 161 korban sudah berhasil diidentifikasi. Sementara itu, 32 korban lainnya masih belum diketahui identitasnya. Proses pendataan masih berlanjut karena temuan korban baru terus terjadi di berbagai lokasi terdampak,” ujar Sekretaris Daerah Arry Yuwandi.

    Sementara, lanjut dia, jumlah pengungsi tercatat sebanyak 17.402 jiwa. Mereka berpindah ke berbagai titik aman dengan fasilitas seadanya.

    Arry menjelaskan, tim SAR gabungan masih melakukan pencarian dan evakuasi terhadap warga yang dilaporkan hilang.

    Menurutnya, hambatan terbesar berasal dari korban yang tertimbun material longsor serta minimnya alat berat yang bisa dioperasikan di lokasi.

    “Kesulitan pencarian korban karena banyak yang tertimbun material longsor dan banjir bandang,” terang Arry, Selasa (2/11/2025) dalam jumpa pers di Padang.

    “Tebalnya material, akses jalan yang terputus, serta cuaca yang tak menentu semakin memperlambat mobilisasi tim penyelamat,” tandas dia.

    Sebelumnya, Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Bima Arya Sugiarto meninjau langsung lokasi bencana banjir di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), Senin 1 Desember 2025.

    Selain menyalurkan bantuan logistik, Bima juga mengerahkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) ke lokasi bencana.

    Kehadiran pihak Dinas Dukcapil dimaksudkan untuk memberikan pelayanan pencetakan administrasi kependudukan (adminduk) kepada masyarakat terdampak. Layanan tersebut meliputi pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Lahir, Akta Kematian, dan dokumen kependudukan lainnya.

     

    Simak informasi dalam Fokus Pagi edisi (27/11) dengan topik-topik pilihan sebagai berikut, Longsor Tutup Jalan Raya, Angin Kencang Hempas Tenda Upacara, Sopir Diduga Mengantuk, Truk Masuk Jurang, Aksi Pemalak Paksa Sopir Truk Berikan Uang.

  • Kunjungi Lokasi Bencana di Padang Pariaman, Wamendagri Bima Arya Bawa Bantuan Logistik dan Kerahkan Dukcapil

    Kunjungi Lokasi Bencana di Padang Pariaman, Wamendagri Bima Arya Bawa Bantuan Logistik dan Kerahkan Dukcapil

    Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Bima Arya Sugiarto meninjau langsung lokasi bencana banjir di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), Senin (1/12/2025). Selain menyalurkan bantuan logistik, Bima juga mengerahkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) ke lokasi bencana.

    Kehadiran pihak Dinas Dukcapil dimaksudkan untuk memberikan pelayanan pencetakan administrasi kependudukan (adminduk) kepada masyarakat terdampak. Layanan tersebut meliputi pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Lahir, Akta Kematian, dan dokumen kependudukan lainnya.

    Dalam kunjungan tersebut, Bima menegaskan pemerintah pusat akan bergerak cepat dan memastikan semua kebutuhan masyarakat terpenuhi dengan baik. Hal ini, kata dia, sejalan dengan instruksi Presiden Prabowo Subianto.

    “(Hal) yang paling utama itu adalah bahan makanan, kemudian air bersih, obat-obatan, dan pakaian untuk keluarga. Itu paling pertama sekali,” katanya saat ditemui awak media di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.

    Perbesar

    Wamendagri datangi langsung lokasi bencana banjir di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), Senin (1/12/2025). (Foto: Humas Kemendagri)… Selengkapnya

    Bima menegaskan bahwa pemerintah menjamin upaya pencarian korban jiwa akan dilakukan secara maksimal dengan melibatkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), serta seluruh tim aparat gabungan. “Semaksimal mungkin kita lakukan pencarian dengan berkoordinasi, sambil kemudian melakukan pendataan,” jelasnya.

    Lebih lanjut, Bima juga mendorong Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan pihak terkait untuk segera memperbaiki jaringan listrik di wilayah terdampak. Dia juga meminta masyarakat dan aparat untuk tetap waspada, meskipun berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) puncak curah hujan yang tinggi sudah terjadi pada November lalu.

    “Tapi tetap kita harus mengantisipasi. Jadi tetap waspada dan siaga. Semua perangkat-perangkat kebencanaan harus siaga,” imbuhnya.

    Bima mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan oleh Bupati Padang Pariaman dan jajaran yang telah memberikan pertolongan pertama dengan sigap. Dalam kesempatan tersebut, Bima juga menyalurkan bantuan kepada masyarakat setempat berupa beras, mi, dan kain sarung.

  • Dari Rekam KTP hingga Akta Lahir, Enam Program Disdukcapil Tuban Catat Kenaikan Tajam

    Dari Rekam KTP hingga Akta Lahir, Enam Program Disdukcapil Tuban Catat Kenaikan Tajam

    Tuban (beritajatim.com) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban mencatat lonjakan pelayanan administrasi kependudukan melalui enam program yakni Cedak Mas, Bahtera Kita, Lapor PAK, PAK Tama, Pelangi Biru, hingga kemitraan pemanfaatan KIA bersama berbagai pelaku usaha di wilayah Kabupaten Tuban.

    Berdasarkan data dari Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Prapti Mangajoeningtyas, SST, MM., bahwa capaian dari berbagai program Disdukcapil mengalami peningkatan. Dari 6 program tersebut, yang paling terbesar ialah Cedak Mas.

    “Program ini membuka akses layanan administrasi kependudukan di tingkat kecamatan serta menggerakkan mobil keliling untuk menjangkau desa-desa,” ujar Prapti Mangajoeningtyas.

    Program ini dijalankan agar masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor Disdukcapil dan memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan.

    “Dari sepanjang tahun 2025. Rekam KTP naik dari 5.218 menjadi 12.033,” ujar Prapti Mangajoeningtyas.

    – Untuk penerbitan KTP naik dari 14.416 menjadi 57.892.
    – Kartu Keluarga meningkat dari 10.362 menjadi 56.336.
    – KIA bertambah dari 1.658 menjadi 6.087.
    – Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI) keluar naik dari 2.046 menjadi 10.017
    – SKPWNI masuk naik dari 1.217 menjadi 5.613.
    – Penerbitan akta juga meningkat signifikan, mulai dari Akta 1–18 tahun naik dari 2.245 menjadi 9.550.
    – Akta lebih 18 tahun naik dari 279 menjadi 1.208.
    – Akta kematian naik dari 1.289 menjadi 6.764.

    Sedangkan, untuk layanan bayi baru lahir, inovasi “Bahtera Kita” menjadi salah satu program yang mendapatkan apresiasi tinggi, sebab program ini bekerjasama dengan 33 puskesmas, 6 rumah sakit, serta tambahan 2 klinik pada 2025, pengurusan Akta Kelahiran, KK, dan KIA dapat dilakukan langsung dari fasilitas kesehatan tanpa orang tua datang ke kantor Disdukcapil.

    “Jadi layanan ini diawali saat operator faskes memasukkan data kelahiran ke sistem nasional, sehingga dokumen dapat segera terbit setelah persyaratan terpenuhi,” kata Prapti sapanya.

    Adapun jumlah penggunaan layanan ini juga meningkat dari 1.417 pengajuan pada 2024 menjadi 2.421 pengajuan pada 2025. Sedangkan, capaian akta kelahiran sampai dengan Oktober 2025 sudah melebih target Rentra yaitu sebesar 97, 23%.

    Selanjutnya, program inovasi Lapor PAK menguatkan sistem pengawasan internal melalui laporan pelayanan harian dari atau melaporkan aktivitas layanan seluruh kecamatan secara digital, sehingga pimpinan dapat melakukan pemantauan dan evaluasi rutin.

    “Sistem ini memastikan standar layanan tetap sama di seluruh wilayah Tuban. Penggunaan aplikasi meningkat dari 1.263 laporan pada 2024 menjadi 2.421 laporan pada 2025,” bebernya.

    Lalu, ada program PAK Tama (Pelayanan Administrasi Kependudukan bagi Wredatama) atau untuk kelompok pensiunan ASN atau Wredatama ini memudahkan para pensiunan yang memiliki keterbatasan mobilitas untuk pembaruan KK, KTP elektronik, dan dokumen lain. Dengan adanya program ini memastikan data pensiunan tetap mutakhir dan memberikan pelayanan yang lebih ramah bagi mereka.

    Termasuk program untuk anak-anak juga menjadi sasaran penting Disdukcapil Tuban, dengan memanfaatkan kerjasama melalui kemitraan pemanfaatan KIA bersama pelaku usaha, pemegang KIA mendapatkan layanan, produk, atau fasilitas dengan biaya lebih ringan.

    Jaringan mitra KIA saat ini sebanyak 6 mitra seperti, Yennis’s Cake, Swimingpool Pahlawan, Laboratorium Populer, Barudak Jawi, Rumah Sunat Tuban dan Level Playground, dan mitra KIA ini akan terus bertambah kedepannya, sehingga manfaat KIA semakin terasa dalam kehidupan sehari-hari dan memberikan dampak langsung bagi kelompok anak.

    Terakhir, program yang menyasar pasangan yang baru menikah melalui inovasi Pelangi Biru dengan berkolaborasi Disdukcapil dan Kemenag Tuban ini membuat pengantin baru tidak perlu lagi mengurus pembaruan KTP dan KK secara manual. Setelah akad nikah di KUA, petugas langsung menginput data pernikahan ke aplikasi Pelangi Biru dan diajukan ke sistem kependudukan.

    “Jadi status perkawinan pada KK dan KTP berubah menjadi Kawin dalam waktu singkat. Layanan ini telah terhubung dengan 20 KUA dan sejak dicanangkan pada Juli 2025 sampai saat ini telah dimanfaatkan lebih dari 1.108 pasangan,” tutup Prapti. [dya/aje]

     

  • Unik! Dukcapil Gunkid Promosikan Layanan Pakai Poster Kekalahan Liverpool dari Nottingham

    Unik! Dukcapil Gunkid Promosikan Layanan Pakai Poster Kekalahan Liverpool dari Nottingham

    Jakarta: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta mempunyai cara yang unik untuk mempromosikan layanan mereka ke masyarakat.

    Alih-alih menggunakan poster formal, mereka justru memanfaatkan momen kekalahan Liverpool 0–3 dari Nottingham Forest dengan memasang dengan memasang foto bek andalannya, Virgil van Dijk.

    Dikutip dari unggahan resmi akun Instagram Dukcapil Gunungkidul (@dukcapilgk), poster tersebut langsung mencuri perhatian. Gambar menampilkan sosok pesepak bola berjersey merah dengan latar bertuliskan “PAKET LAYANAN DOKUMEN KELAHIRAN”.

    Bukan Skor Bola, Tapi Layanan 3-in-1
    Yang membuat postingan tersebut menarik adalah angka besar “0–3” di bawah foto, disertai keterangan “GRATIS TANPA BIAYA”. Dukcapil kemudian menegaskan bahwa angka tersebut bukan skor pertandingan.

    “Sedulur Gunungkidul, niki sanes skor bal-balan nggih, tapi mirip sih. Pun ngertos dereng lur? ​(Saudara Gunungkidul, ini bukan skor sepak bola ya, tapi mirip. Sudah tahu belum?)” tulis admin Dukcapil dalam caption.

    Angka 0–3 itu merujuk pada paket layanan 3-in-1 pascakelahiran yang mencakup:

    Akta Kelahiran
    Kartu Keluarga pengganti
    Kartu Identitas Anak (KIA)

    Seluruh proses pembuatan tiga dokumen penting tersebut dapat dilakukan dalam satu pengajuan dan diklaim selesai dalam sehari.
    Gratis dan Praktis Tanpa Repot
    Dukcapil Gunungkidul juga menegaskan bahwa layanan ini gratis. Masyarakat cukup datang ke loket Kelurahan jika usia bayi belum lebih dari 60 hari, atau langsung ke kantor Dukcapil. Semua syarat dan formulir dapat dibantu oleh petugas.

    Pendekatan kreatif ini dinilai berhasil membuat informasi layanan publik lebih dekat dengan masyarakat, terutama generasi muda yang aktif di media sosial.
     

     

    Reaksi Warganet
    Gaya promosi yang jenaka ini langsung mengundang banyak komentar lucu dari warganet. Beberapa netizen menanggapi dengan candaan khas Gunungkidul:

    “Fixs, vandjik keturunan Indonesia bagian Gunung Kidul.” tulis salah satu warganet yang ikut menggoda unggahan tersebut.

    Ada juga komentar yang mengapresiasi gaya komunikasi Dukcapil yang lebih santai:

    “Perlu dicontoh nih, sosmed instansi pemerintah nggak harus kaku, dan adminnya mau menanggapi komen masyarakat.”

    Banyak warganet lainnya juga menilai bahwa pendekatan seperti ini membuat layanan pemerintah terasa lebih ramah, mudah dipahami, dan tidak membosankan.

    Gimmick bernuansa sepak bola ini membuktikan bahwa informasi administrasi kependudukan pun bisa dikemas kreatif dan tetap sampai ke masyarakat luas dalam cara yang menyenangkan.

    (Sheva Asyraful Fali)

    Jakarta: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta mempunyai cara yang unik untuk mempromosikan layanan mereka ke masyarakat.
     
    Alih-alih menggunakan poster formal, mereka justru memanfaatkan momen kekalahan Liverpool 0–3 dari Nottingham Forest dengan memasang dengan memasang foto bek andalannya, Virgil van Dijk.
     
    Dikutip dari unggahan resmi akun Instagram Dukcapil Gunungkidul (@dukcapilgk), poster tersebut langsung mencuri perhatian. Gambar menampilkan sosok pesepak bola berjersey merah dengan latar bertuliskan “PAKET LAYANAN DOKUMEN KELAHIRAN”.

    Bukan Skor Bola, Tapi Layanan 3-in-1
    Yang membuat postingan tersebut menarik adalah angka besar “0–3” di bawah foto, disertai keterangan “GRATIS TANPA BIAYA”. Dukcapil kemudian menegaskan bahwa angka tersebut bukan skor pertandingan.

    “Sedulur Gunungkidul, niki sanes skor bal-balan nggih, tapi mirip sih. Pun ngertos dereng lur? ​(Saudara Gunungkidul, ini bukan skor sepak bola ya, tapi mirip. Sudah tahu belum?)” tulis admin Dukcapil dalam caption.
     
    Angka 0–3 itu merujuk pada paket layanan 3-in-1 pascakelahiran yang mencakup:

    Akta Kelahiran
    Kartu Keluarga pengganti
    Kartu Identitas Anak (KIA)

    Seluruh proses pembuatan tiga dokumen penting tersebut dapat dilakukan dalam satu pengajuan dan diklaim selesai dalam sehari.
    Gratis dan Praktis Tanpa Repot
    Dukcapil Gunungkidul juga menegaskan bahwa layanan ini gratis. Masyarakat cukup datang ke loket Kelurahan jika usia bayi belum lebih dari 60 hari, atau langsung ke kantor Dukcapil. Semua syarat dan formulir dapat dibantu oleh petugas.
     
    Pendekatan kreatif ini dinilai berhasil membuat informasi layanan publik lebih dekat dengan masyarakat, terutama generasi muda yang aktif di media sosial.
     

     

    Reaksi Warganet
    Gaya promosi yang jenaka ini langsung mengundang banyak komentar lucu dari warganet. Beberapa netizen menanggapi dengan candaan khas Gunungkidul:
     
    “Fixs, vandjik keturunan Indonesia bagian Gunung Kidul.” tulis salah satu warganet yang ikut menggoda unggahan tersebut.
     
    Ada juga komentar yang mengapresiasi gaya komunikasi Dukcapil yang lebih santai:
     
    “Perlu dicontoh nih, sosmed instansi pemerintah nggak harus kaku, dan adminnya mau menanggapi komen masyarakat.”
     
    Banyak warganet lainnya juga menilai bahwa pendekatan seperti ini membuat layanan pemerintah terasa lebih ramah, mudah dipahami, dan tidak membosankan.
     
    Gimmick bernuansa sepak bola ini membuktikan bahwa informasi administrasi kependudukan pun bisa dikemas kreatif dan tetap sampai ke masyarakat luas dalam cara yang menyenangkan.
     
    (Sheva Asyraful Fali)

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (RUL)

  • Mobil China Kian Sepi Peminat di Negara Ini

    Mobil China Kian Sepi Peminat di Negara Ini

    Jakarta

    Mobil China tampaknya bukan lagi jadi primadona di Rusia. Ekspor mobil China ke Rusia tercatat menurun drastis. Apa sebabnya?

    Rusia menjadi salah satu negara tujuan utama ekspor mobil China. Berkat Rusia, ekspor mobil China juga meningkat dengan pesat. Ya, Rusia menjadi pasar yang menguntungkan buat China dalam dua tahun terakhir. Setiap mobil yang diekspor ke Rusia bikin produsen China untung.

    Tapi tampaknya mobil China tak lagi jadi favorit di Rusia. Ekspor mobil China ke Rusia menurun drastis. Ini lantaran adanya kebijakan yang makin ketat dan melemahnya kondisi pasar. Diberitakan Car News China, dalam data yang dirilis China Passenger Car Association (CPCA), pada Januari hingga September 2025, China mengekspor 357.700 unit mobil ke Rusia secara utuh. Angka tersebut turun 58 persen jika dibandingkan torehan yang sama tahun sebelumnya.

    Sejatinya sebelum konflik antara Rusia-Ukraina memanas pada Februari 2022, mobil China memang bukan salah satu yang populer di sana. Tahun 2021, tercatat hanya 115.700 mobil China yang terjual di Rusia atau 7 persen dari keseluruhan pasar. Tapi saat konflik Rusia-Ukraina lain ceritanya, penjualan mobil China melesat signifikan. Bukan tanpa alasan, produsen mobil Eropa, Amerika, Jepang, dan Korea ramai-ramai memilih angkat kaki lantaran Rusia dijatuhi sanksi. Kegiatan produksi dan penjualan di Rusia pun dihentikan. Kekosongan itulah yang dimanfaatkan produsen China untuk menjajakan produknya di Rusia dan terbukti berhasil.

    Dalam waktu singkat, pabrikan China untung besar. Pada tahun 2023, penjualan mobil China di Rusia tembus 950.000 unit atau naik nyaris lima kali lipat dibandingkan tahun 2022 yang hanya mencapai 163.00 unit. Hampir separuh dari keseluruhan pasar di Rusia merupakan mobil merek China. Tahun 2024 pun Rusia masih bisa mempertahankan posisinya sebagai negara tujuan utama dari China. Ekspor ke Rusia itu tembus 1,158 juta unit.

    Namun masuk tahun 2025, bulan madu itu tampaknya akan segera berakhir. Serangkaian kebijakan yang dirilis Rusia membuat para eksportir ikut terdampak. Pada Oktober 2024, Rusia menaikan biaya daur ulang kendaraan impor dari 70 persen menjadi 85 persen. Secara instan kebijakan itu membuat margin keuntungan perusahaan jadi tertekan.

    Selanjutnya pada Januari 2025 Rusia kembali menaikkan tarif impor kendaraan dari 20 persen menjadi 38 persen yang membuat biaya bea cukai jadi ikut terkerek. Ini menjadi beban tersendiri bagi para produsen China yang berdampak pada menurunnya pasar.

    Kebijakan yang makin ketat itu juga secara langsung menargetkan pihak lainnya. Mobil China diketahui masuk ke Rusia lewat negara ketiga seperti Kazakhstan. Mobil itu dijual dengan status bekas namun masih nol kilometer untuk menghindari pajak tinggi. Tapi pada April 2024, Rusia mulai menutup celah tersebut dengan mewajibkan mobil yang masuk dari Uni Ekonomi Eurasia untuk membayar selisih pajak sebelum akhirnya bisa beroperasi di jalan raya.

    Adapun penurunan ini juga berarti Rusia bukan tujuan ekspor utama China. China kini membidik Meksiko sebagai negara tujuan utama dengan ekspor 410.700 unit diikuti Uni Emirat Arab yakni 367.800 unit. Rusia saat ini menduduki posisi ketiga negara tujuan ekspor mobil China.

    Di sisi lain, meredanya konflik Rusia dan Ukraina juga membuat sejumlah merek seperti Toyota, Renault, Hyundai Motor, dan Kia memberi sinyal ketertarikan kembali ke Rusia. Ini membuat konsumen juga mulai bersabar untuk kembalinya merek-merek tersebut.

    (dry/din)