brand merek: Hyundai

  • 15 Mobil Listrik Terlaris Oktober 2024, BYD M6 Tak Terkejar

    15 Mobil Listrik Terlaris Oktober 2024, BYD M6 Tak Terkejar

    Jakarta

    Mobil listrik dari BYD lagi-lagi menjadi yang terlaris. BYD juga masih mendominasi pasar mobil listrik di Indonesia.

    Mobil listrik keluaran BYD cukup banyak diburu orang Indonesia. Sebagaimana terlihat dalam data penjualan wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Oktober 2024, tiga model mobil listrik BYD mencatat penjualan terbanyak dan mendominasi posisi lima besar.

    MPV listrik terbaru dari BYD, BYD M6 menjadi raja mobil listrik di Indonesia pada Oktober 2024. Berdasarkan data Gaikindo, penjualan BYD M6 jauh di atas rival-rival mobil listrik lain di Tanah Air.

    BYD M6 mencatatkan angka penjualan sebanyak 1.866 unit pada Oktober 2024. Itu sekaligus menjadi catatan penjualan mobil listrik terbanyak bulan lalu.

    Di urutan kedua ada Wuling Air ev. Mobil listrik mungil Wuling itu mencatatkan angka penjualan sebanyak 831 unit.

    Selanjutnya, di posisi ketiga lagi-lagi diisi oleh mobil listrik BYD. Sedan listrik performa tinggi BYD Seal menempati urutan ketiga mobil listrik terlaris di Indonesia bulan lalu. BYD Seal mencatatkan angka penjualan sebanyak 333 unit.

    Kemudian ada Chery Omoda E5 di posisi keempat mobil listrik terlaris Oktober 2024. Chery melepas Omoda E5 sebanyak 235 unit bulan lalu.

    Menutup lima besar ada BYD Dolphin dengan angka penjualan sebanyak 228 unit. Kemudian posisi enam diisi Wuling BinguoEV sebanyak 182 unit, ketujuh Hyundai Kona Electric sebanyak 181 unit, kedelapan BYD Atto 3 sebanyak 151 unit, sembilan MG 4 EV sebanyak 146 unit dan di urutan ke-19 ada WUling Cloud EV sebanyak 66 unit.

    Mobil Listrik Terlaris Oktober 2024:BYD M6: 1.866 unitWuling Air ev: 831 unitBYD Seal: 333 unitChery Omoda E5: 235 unitBYD Dolphin: 228 unitWuling BinguoEV: 182 unitHyundai Kona Electric: 181 unitBYD Atto 3: 151 unitMG 4 EV: 146 unitWuling Cloud EV: 66MG ZS EV: 50 unitCitroen EC3: 41 unitHyundai Ioniq 5: 35 unitToyota bZ4x: 22 unitBMW iX1: 22 unit.

    (rgr/dry)

  • Permudah Calon Nasabah Miliki Hunian, KPR BRI Property Expo Digelar

    Permudah Calon Nasabah Miliki Hunian, KPR BRI Property Expo Digelar

    Jakarta

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menghadirkan KPR BRI Property Expo 2024 yang diselenggarakan di PIK 2 bekerja sama dengan Agung Sedayu Group.

    Acara ini memberikan kemudahan bagi nasabah dan calon nasabah BRI untuk memilih dan membeli rumah dengan skema pembiayaan KPR yang menarik.

    “”KPR BRI terus menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Hingga kuartal III tahun 2024, KPR BRI tumbuh sekitar 12% Year-on-Year, sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan akses kepemilikan hunian yang lebih luas bagi masyarakat,” ujar Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani, dalam keterangan tertulis, Minggu (17/11/2024).

    “Melalui BRI Property Expo ini, kami berupaya memberikan berbagai keuntungan bagi nasabah yang ingin memiliki hunian, dengan pilihan suku bunga, kemudahan aplikasi, serta promo menarik yang dapat diakses secara langsung di PIK 2,” sambungnya.

    Dalam gelaran ini, BRI menawarkan beragam suku bunga, mulai dari 2,29% fixed untuk satu tahun dengan tenor minimal lima tahun hingga suku bunga fixed hingga lima tahun, menyesuaikan kebutuhan dan profil nasabah. Pilihan KPR Fixed Berjenjang juga tersedia, dengan suku bunga mulai dari 3,70% untuk tenor hingga 20 tahun.

    Periode promo berlangsung mulai 8 November hingga 31 Desember 2024, dan acara puncaknya akan diadakan di Land’s End PIK 2 pada 16-17 November 2024.

    KPR BRI Property Expo 2024 menghadirkan berbagai keuntungan, diantaranya sebagai berikut:

    – DP mulai dari 0% atau sesuai ketentuan LTV BI dan BRI.
    – Gratis biaya provisi dan administrasi untuk aplikasi yang diajukan selama acara.

    Pengunjung yang melakukan booking fee selama acara berlangsung akan mendapatkan hadiah langsung berupa logam mulia serta berkesempatan untuk lucky dip dengan hadiah menarik lainnya. 10 nasabah pertama yang akad KPR dalam periode ini juga akan menerima tambahan logam mulia.

    KPR BRI Property Expo 2024 juga menyajikan showcase otomotif dengan berbagai merek terkemuka seperti BMW, BYD, dan Hyundai, serta fasilitas test drive. Selain itu, tersedia promo dari BRI Insurance dengan diskon hingga 25% untuk BRINS OTO dan BRINS ASRI serta cashback saldo e-wallet untuk nasabah yang bertransaksi.

    Nasabah yang mengajukan KPR BRI selama periode promo akan mendapatkan asuransi jiwa kredit gratis melalui program BRI Life. BRI Finance juga menawarkan bunga spesial mulai dari 2,75% p.a. untuk pembelian mobil dan voucher bensin senilai Rp 1 juta. Melalui program ini, BRI menunjukkan komitmennya untuk mendukung masyarakat dalam memiliki rumah dan kendaraan impian.

    Dengan berbagai penawaran menarik, KPR BRI Property Expo 2024 di PIK 2 siap membantu masyarakat meraih impian memiliki hunian dengan kemudahan dan keuntungan maksimal. Untuk informasi lebih lanjut masyarakat dapat mengunjungi bbri.id/homespot.

    (hnu/ega)

  • KPR BRI Property Expo 2024 Berikan Kemudahan dan Keuntungan Maksimal bagi Calon Nasabah

    KPR BRI Property Expo 2024 Berikan Kemudahan dan Keuntungan Maksimal bagi Calon Nasabah

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menghadirkan KPR BRI Property Expo 2024 yang diselenggarakan di PIK 2 bekerja sama dengan Agung Sedayu Group. Acara ini memberikan kemudahan bagi nasabah dan calon nasabah BRI untuk memilih dan membeli rumah dengan skema pembiayaan KPR yang menarik. Periode promo berlangsung mulai 8 November hingga 31 Desember 2024, dan acara puncaknya akan diadakan di Land’s End PIK 2 pada 16-17 November 2024.

    BRI menawarkan beragam suku bunga, mulai dari 2,29 persen fixed untuk satu tahun dengan tenor minimal lima tahun hingga suku bunga fixed hingga lima tahun, menyesuaikan kebutuhan dan profil nasabah. Pilihan KPR Fixed Berjenjang juga tersedia, dengan suku bunga mulai dari 3,70 persen untuk tenor hingga 20 tahun.

    KPR BRI Property Expo 2024 menghadirkan berbagai keuntungan, diantaranya sebagai berikut:

    DP mulai dari 0 persen atau sesuai ketentuan LTV BI dan BRI.Gratis biaya provisi dan administrasi untuk aplikasi yang diajukan selama acara.

    Pengunjung yang melakukan booking fee selama acara berlangsung akan mendapatkan hadiah langsung berupa logam mulia serta berkesempatan untuk lucky dip dengan hadiah menarik lainnya. Sepuluh nasabah pertama yang akad KPR dalam periode ini juga akan menerima tambahan logam mulia.

    Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani, menyampaikan bahwa apresiasinya terhadap antusiasme nasabah BRI terhadap program KPR yang terus tumbuh secara positif.

    “KPR BRI terus menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Hingga kuartal III tahun 2024, KPR BRI tumbuh sekitar 12 persen year-on-year, sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan akses kepemilikan hunian yang lebih luas bagi masyarakat. Melalui BRI Property Expo ini, kami berupaya memberikan berbagai keuntungan bagi nasabah yang ingin memiliki hunian, dengan pilihan suku bunga, kemudahan aplikasi, serta promo menarik yang dapat diakses secara langsung di PIK 2,” ujar Handayani.

    KPR BRI Property Expo 2024 juga menyajikan showcase otomotif dengan berbagai merek terkemuka seperti BMW, BYD, dan Hyundai, serta fasilitas test drive. Selain itu, tersedia promo dari BRI Insurance dengan diskon hingga 25 persen untuk BRINS OTO dan BRINS ASRI serta cashback saldo e-wallet untuk nasabah yang bertransaksi.

    Nasabah yang mengajukan KPR BRI selama periode promo akan mendapatkan asuransi jiwa kredit gratis melalui program BRI Life. BRI Finance juga menawarkan bunga spesial mulai dari 2,75 persen p.a. untuk pembelian mobil dan voucher bensin senilai Rp 1 juta. Melalui program ini, BRI menunjukkan komitmennya untuk mendukung masyarakat dalam memiliki rumah dan kendaraan impian.

    Dengan berbagai penawaran menarik, KPR BRI Property Expo 2024 di PIK 2 siap membantu masyarakat meraih impian memiliki hunian dengan kemudahan dan keuntungan maksimal. Untuk informasi lebih lanjut masyarakat dapat mengunjungi bbri.id/homespot.

  • BYD Melesat, Kini Tempel Suzuki

    BYD Melesat, Kini Tempel Suzuki

    Jakarta

    Posisi Toyota masih kokoh di daftar merek mobil terlaris di Indonesia. Menariknya BYD melesat ke posisi enam membuntuti Suzuki.

    Penjualan mobil di Indonesia terpantau mengalami peningkatan tipis. Dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, penjualan pada Oktober secara wholesales mencapai 77.191 unit atau naik sekitar 6,2 persen dibandingkan September. Penjualan retail pun meningkat meski angkanya tak signifikan. Bila pada September penjualan retail tercatat sebanyak 72.337 unit, maka pada Oktober mencapai 73.443 unit.

    Bila diakumulasi dari Januari hingga Oktober, penjualan mobil di Indonesia baru mencapai 710.406 unit secara wholesales dan 730.637 unit secara retail. Dengan waktu tersisa dua bulan, tampaknya masih ada harapan untuk mengejar target penjualan sebanyak 850 ribu unit hingga penghujung tahun 2024.

    Adapun dari peningkatan penjualan pada Oktober tersebut, Toyota masih jadi yang terlaris sekaligus kontributor terbesar. Toyota tercatat mengirimkan 27.030 unit mobilnya dari pabrik ke dealer. Sementara penjualan retail Toyota turun tipis dari 25.561 unit menjadi 24.820 unit.

    Di posisi kedua, ada Daihatsu. Penjualan retail Daihatsu sepanjang bulan kesepuluh itu mencapai 14.096 unit dan secara retail 13.101 unit. Mengekor di bawah Daihatsu, ada Honda yang membukukan penjualan wholesales sebanyak 8.633 unit dan retail 8.048 unit.

    Suzuki mengisi posisi keempat. Ada sekitar 5.491 unit mobil Suzuki yang didistribusikan dari pabrik ke dealer-dealernya. Sedangkan dari penjualan retail, Suzuki mengirimkan 5.330 unit mobil ke garasi konsumen. Melengkapi posisi lima besar, masih dari pabrikan Jepang Mitsubishi Motors.

    Pada Oktober, penjualan wholesales Mitsubishi Motors mencapai 5.486 unit dan retail 5.733 unit. Menariknya, merek China BYD mencatatkan peningkatan distribusi wholesales maupun retail. Posisi BYD pun melesat dan kini bertengger di posisi enam di bawah Mitsubishi dan Suzuki. Padahal pada periode September, BYD masih berada di posisi ke-8 untuk penjualan wholesales dan posisi ke-10 di penjualan retail.

    Distribusi wholesales BYD tercatat sebanyak 2.488 unit sedangkan penjualan retailnya 2.597 unit. Berkat torehan itu juga BYD melampaui torehan Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Wuling, hingga Hyundai. Lebih lengkapnya, berikut ini daftar merek mobil terlaris Oktober 2024.

    10 Merek Mobil Terlaris Oktober 2024

    Wholesales

    1. Toyota: 27.030 unit
    2. Daihatsu: 14.096 unit
    3. Honda: 8.633 unit
    4. Mitsubishi Motors: 5.486 unit
    5. Suzuki: 5.491 unit
    6. BYD: 2.488 unit
    7. Mitsubishi Fuso: 2.414 unit
    8. Hino: 2.320 unit
    9. Wuling: 2.203 unit
    10. Isuzu: 2.106 unit

    Retail sales

    1. Toyota: 24.820 unit
    2. Daihatsu: 13.101 unit
    3. Honda: 8.048 unit
    4. Mitsubishi Motors: 5.733 unit
    5. Suzuki: 5.330 unit
    6. BYD: 2.597 unit
    7. Isuzu: 2.448 unit
    8. Mitsubishi Fuso: 2.392 unit
    9. Hino: 2.128 unit
    10. Wuling: 2.072 unit

    (dry/din)

  • Momen Maarten Paes Beli Bubur Ayam di Pinggir Jalan Pakai Hyundai Santa Fe

    Momen Maarten Paes Beli Bubur Ayam di Pinggir Jalan Pakai Hyundai Santa Fe

    Jakarta

    Aksi Maarten Paes membeli bubur ayam di pinggir jalan mencuri perhatian. Paes terlihat menggunakan Hyundai Santa Fe saat membeli bubur.

    Maarten Paes tertangkap kamera tengah membeli bubur ayam di pinggir jalan. Maarten terlihat menggunakan SUV teranyar Hyundai, Santa Fe. Sebagaimana terlihat dalam unggahan akun Instagram Hyundai Motor Indonesia, kiper FC Dallas itu tengah menyambangi gerobak bubur ayam untuk membelinya.

    “Bang, bubur ayam satu,” kata Paes.

    Sementara di samping gerobak bubur ayam, ada Hyundai Santa Fe berkelir putih yang sedang terparkir. Unggahan itu mencuri perhatian warganet. Sudah ada lebih dari 2.000 likes dan ratusan komentar memenuhi unggahan itu.

    [Gambas:Instagram]

    Tak diketahui dengan pasti soal kepemilikan Hyundai Santa Fe yang digunakan pesepakbola kelahiran Nijmegen itu. Adapun Hyundai Santa Fe merupakan SUV produk terbaru Hyundai yang mengaspal di Tanah Air. Santa Fe generasi kelima ini dirilis akhir Oktober lalu.

    Spesifikasi Singkat Hyundai Santa Fe

    Secara tampilan, Hyundai Santa Fe generasi kelima berubah total dibandingkan model sebelumnya. Kendaraan tersebut kini hadir dengan desain yang lebih mengotak dengan sentuhan futuristis di banyak bagian.

    Wajahnya terlihat futuristis berkat penggunaan headlamp atau lampu utama berpola ‘H’ yang dibuat terintegrasi. Sementara gril dan bumpernya juga dirancang presisi.

    Bagian belakangnya juga tak kalah menarik. Desainnya rata dengan logo Hyundai dan emblem Santa Fe yang dibuat dominan. Sementara lampu belakangnya juga berbentuk ‘H’ dengan garis yang terhubung.

    Secara umum, All New Hyundai Santa Fe tersedia dalam dua opsi mesin. Pertama, ada mesin bensin 2.497 cc bersilinder empat dengan muntahan tenaga 194 PS dan torsi 246 kgm. Sementara transmisinya otomatis delapan-percepatan.

    Kedua, ada mesin turbo hybrid berkapasitas 1.598 cc bersilinder empat yang jika dikombinasikan dengan motor listrik mampu menghasilkan tenaga 235 PS. Sedangkan transimisinya otomatis enam-percepatan. Dengan demikian, tak ada lagi opsi mesin diesel sebagaimana ditawarkan dulu. Berikut rincian harga All New Hyundai Santa Fe.

    All New Hyundai Santa Fe dibanderol mulai dari Rp 699 juta untuk mesin bensin dan Rp 786 juta untuk mesin hybrid. Seluruhnya berstatus on the road Jakarta.

    (dry/din)

  • BUMD di Bekasi resmikan fasilitas generator produksi oksigen medis

    BUMD di Bekasi resmikan fasilitas generator produksi oksigen medis

    Pembangunan fasilitas generator produksi oksigen medis ini merupakan diversifikasi usaha yang dilakukan di tengah kelangkaan energi fosil, minyak dan gas yang selama ini menjadi lini bisnis utama kamiKabupaten Bekasi (ANTARA) – Badan Usaha Milik Daerah di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, PT Bina Bangun Wibawa Mukti Perseroda (BBWM) meresmikan fasilitas generator produksi oksigen medis di sebelah area kilang migas di Desa Kedung Jaya,Kecamatan Babelan.

    “Pembangunan fasilitas generator produksi oksigen medis ini merupakan diversifikasi usaha yang dilakukan di tengah kelangkaan energi fosil, minyak dan gas yang selama ini menjadi lini bisnis utama kami,” kata Direktur Utama PT BBWM (Perseroda) Prananto Sukodjatmoko di Kabupaten Bekasi, Rabu.

    Ia optimistis lini bisnis baru hasil diversifikasi usaha ini mampu membantu meningkatkan pendapatan perusahaan selain dari bisnis eksisting  atau yang sudah ada.

    Dia menjelaskan fasilitas bangunan untuk mesin generator produksi oksigen medis berikut kelengkapan berdiri di atas lahan seluas 2.000 meter persegi. Mesin generator sendiri merupakan hibah dari PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang diberikan pada 30 Januari 2024.

    Hibah tersebut berupa tiga unit kompresor pendorong oksigen, delapan generator oksigen, satu tangki penyimpan oksigen, satu kompresor penerima udara dan 98 tabung oksigen kemasan botol.

    “Generator produksi oksigen ini berkapasitas 200 tabung berukuran 40 liter yang diharapkan dapat menyuplai kebutuhan oksigen medis di wilayah Jabodetabek,” katanya.

    Baca juga: PT Migas Bekasi raih Top BUMD Awards 2024

    Baca juga: Pemkab Bekasi terima hibah mesin oksigen dari swasta

    Dirinya mengaku produk oksigen medis tersebut baru akan mulai dipasarkan setelah terlebih dahulu mendapatkan uji kelayakan dari Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Daerah Khusus Jakarta.

    Prananto berharap fasilitas generator produksi oksigen medis ini juga mampu meningkatkan ketersediaan oksigen medis bagi masyarakat sekaligus menambah pendapatan asli daerah Kabupaten Bekasi.

    “Pembangunan fasilitas ini bertujuan untuk membantu masyarakat terutama dalam bidang kesehatan, karena semua sadar betapa krusial peran fasilitas ini dalam meningkatkan ketersediaan oksigen medis,” ucapnya.

    Hasil produksi oksigen medis dari lokasi ini akan disalurkan untuk memenuhi kebutuhan oksigen medis di rumah sakit umum daerah maupun rumah sakit swasta melalui skema kerja sama.

    “Pemenuhan kebutuhan oksigen medis ini merupakan bukti komitmen nyata kami dalam mendukung program pemerintah daerah untuk membantu ketersediaan oksigen medis bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Bekasi,” kata dia.

    Peresmian fasilitas generator produksi oksigen medis PT BBWM (Perseroda) ini turut dihadiri President Director PT HMMI Bong Kyu Lee, Direktur Utama Perumda Tirta Bhagasasi Reza Lutfi Hasan, Direktur Utama RSUD Cibitung dan Cabangbungin, perangkat daerah serta tamu undangan lain.

    Selain peresmian fasilitas generator produksi oksigen medis, acara tersebut juga diisi dengan kegiatan penanaman pohon, penyerahan program CSR BBWM untuk UMKM binaan dan pemberian santunan anak yatim.

    Baca juga: BUMD Bekasi kembangkan konsep bisnis baru antisipasi kelangkaan migas

    Baca juga: Pemkab Bekasi lakukan diversifikasi bisnis BUMD migas ke PLTS

    Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2024

  • Hyundai Buka Pemesanan Tucson Terbaru di Indonesia, Ada Opsi Hybrid

    Hyundai Buka Pemesanan Tucson Terbaru di Indonesia, Ada Opsi Hybrid

    Jakarta

    PT Hyundai Motor Indonesia mulai membuka pemesanan Tucson terbaru. SUV ini jadi satu dari dua mobil yang bakal meluncur di sisa tahun 2024. Di sisi lain, Tucson merupakan mobil hybrid kedua yang dipasarkan di Indonesia, setelah Santa Fe.

    “Market SUV-C di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan yang signifikan, didorong oleh meningkatnya permintaan konsumen akan kendaraan yang stylish, berteknologi canggih, dan menawarkan kenyamanan bagi penggunanya. All-new Tucson pun hadir untuk menjawab permintaan konsumen di Indonesia,” kata Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer Hyundai Motors Indonesia.

    Tucson akan bermain di segmen SUV C, praktis dimensinya lebih besar dari Hyundai Creta. Kehadiran Tucson digadang-gadang bisa menjadi lawan buat Honda CR-V hingga Mazda CX-5.

    Creta diketahui punya panjang 4.300 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1635 mm, dan wheelbase 2.610 mm. Sebagai pembanding, Tucson yang sudah dijual di wilayah ASEAN, seperti Vietnam misalnya punya dimensi panjang 4.640 mm, lebar 1.865, dan tinggi 1.665 mm. Kemudian wheelbase-nya 2.755 mm.

    Tampang Tucson mengadopsi parametric jewel hidden signature LED lamps. Masuk ke dalam kabin, pengguna akan dimanjakan oleh pengalaman berkendara yang modern berkat panoramic curved display dengan 12.3 inch curved multimedia infotainment system. Tak ketinggalan, fitur ventilated seats dan 8-way power adjustable seats.

    Hyundai Tucson tersedia dalam dua pilihan mesin; yakni Hybrid Electric Vehicle (HEV) dilengkapi oleh mesin bertenaga turbo hybridG1.6 T-GDi HEV, kemudian opsi Internal Combustion Engine (ICE) dengan dukungan mesin berbahan bakar bensin G2.0 MPi.

    Untuk fitur keselamatan canggih, mobil ini dibekali fitur Hyundai SmartSense.

    Kemunculan Hyundai Tucson sudah terendus dari NJKB yang terdaftar di Samsat Jakarta, terdapat dua varian baru yang didaftarkan.

    Pertama, NEWTUCSONG1.6THEV2WA, ada embel-embel HEV yang kemungkinan besar artinya Hybrid Electric Vehicle. Lalu kode lain, NEWTUCSONG2.0 4x2AT. Masing-masing NJKB itu tembus Rp 400 jutaan.

    Sebagai catatan, nilai jual di atas bukanlah harga on the road mobil tersebut. Sebab belum dikenakan berbagai instrumen pajak.

    (riar/dry)

  • Duduk Perkara Jaksa Korsel Geledah Kantor Hyundai E&C Soal Dugaan Suap Eks Bupati Cirebon

    Duduk Perkara Jaksa Korsel Geledah Kantor Hyundai E&C Soal Dugaan Suap Eks Bupati Cirebon

    Bisnis.com, JAKARTA – Jaksa penyidik Korea Selatan telah melakukan penggeledahan kantor Hyundai Engineering & Construction (E&C) atas dugaan suap terhadap kepala daerah di Cirebon.

    Dilansir kantor berita Korea Selatan, Yonhap, penggeledahan itu terkait dengan dugaan suap eksekutif Hyundai E&C ke kepala daerah di Cirebon sebesar 600 juta won atau setara Rp6,7 miliar.

    Uang miliaran itu diduga dikeluarkan petinggi Hyundai E&C untuk meredam keluhan penduduk setempat terkait dengan proses pembangunan pembangkit listrik batu bara di Cirebon.

    “Jaksa dilaporkan mencurigai bahwa seorang eksekutif Hyundai E&C memberikan sekitar 600 juta won kepada kepala daerah di Indonesia,” demikian tulis Yonhap, dikutip Minggu (10/11/2024).

    Adapun, penggeledahan itu dilakukan di kantor Hyundai E&C, Seoul pada Rabu (6/11/2024). Sejumlah barang telah diamankan dalam penggeledahan tersebut, uakni dokumen dan data komputer terkait kasus penyuapan eksekutif Hyundai E&C.

    Sebagai informasi, Hyundai E&C telah memenangkan memenangkan proyek pembangkit listrik Cirebon senilai $727 juta pada 2015.

    Di sisi lain, kepala daerah di Cirebon, yang diduga menerima suap dari Hyundai, pun telah dijatuhi hukuman penjara oleh pengadilan di Indonesia.

    Pejabat daerah yang dimaksud dalam kasus tersebut diduga eks Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra. Dia telah divonis tujuh tahun oleh pengadilan Tipikor Bandung. 

    Pada Oktober 2023, hukumannya dalam kasus gratifikasi, suap hingga TPPU itu diperberat menjadi sembilan tahun di tingkat banding.

  • Baru Dua Minggu, Hyundai Santa Fe Sudah Dipesan Segini

    Baru Dua Minggu, Hyundai Santa Fe Sudah Dipesan Segini

    Jakarta

    Hyundai Santa Fe belum genap satu bulan rilis di Indonesia. Penerimaan SUV bongsor ini terbilang positif.

    Chief Marketing Officer PT Hyundai Motors Indonesia Budi Nur Mukmin mengatakan Santa Fe terbaru itu menjadi opsi untuk para penggemar SUV dengan desain yang tidak banyak diadopsi pabrikan lain.

    “Tiga digit gede, bookingan (Santa Fe) sudah masuk. Ini sesuatu yang menjadi bukti, konsumen kita sebenarnya penyegaran opsi di market biasanya spesifik pada model tertentu. Ini baru dua minggu (sejak Santa Fe diluncurkan), hopefully satu dua bulan ke depan peminatnya bertambah banyak,” kata Budi di Cikarang, Jawa Barat, belum lama ini.

    “Ya, sudah di atas 500 unit,” tambahnya lagi.

    Santa Fe Hybrid hadir untuk berkompetisi dengan SUV hybrid Jepang, dan di kelasnya ada pesaing terberat Honda CR-V e:HEV.

    Santa Fe diketahui sudah diproduksi lokal di pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia. Namun untuk baterai mobil hybrid masih diimpor dari Korea Selatan.

    Hyundai Santa Fe varian Calligraphy mesin turbo hybrid menjadi model yang paling banyak dipesan. Sebab mayoritas orang Indonesia cenderung memilih membeli mobil dengan trim tertinggi.

    Secara umum, All New Hyundai Santa Fe tersedia dalam dua opsi mesin. Pertama, ada mesin bensin 2.497 cc bersilinder empat dengan muntahan tenaga 194 PS dan torsi 246 kgm. Sementara transmisinya otomatis delapan-percepatan.

    Kedua, ada mesin turbo hybrid berkapasitas 1.598 cc bersilinder empat yang jika dikombinasikan dengan motor listrik mampu menghasilkan tenaga 235 PS. Sedangkan transimisinya otomatis enam-percepatan.

    Hyundai Santa Fe sudah punya fitur konektivitas BlueLink yang memberikan banyak kemudahan untuk pengemudinya. Kendaraan tersebut juga punya teknologi Hyundai Smartsense dengan paket fitur seperti blind-spot collision-avoidance assist (BCA), lane following assist (LFA), parking collision-avoidance assist (PCA), smart cruise control, forward collision-avoidance assist with JT.

    Selain itu, fitur standar masih disematkan, mulai dari rear lower-tray, UV-C sterilization multi-tray, dual wireless charger, bilateral multi console, parking distance warning dan masih banyak lagi.

    (riar/rgr)

  • Suku Cadang Mobil Paling Tua Hyundai yang Masih Tersedia di Pabrik

    Suku Cadang Mobil Paling Tua Hyundai yang Masih Tersedia di Pabrik

    Jakarta

    Hyundai punya ekosistem yang terintegrasi di Indonesia. Mobil tua pun masih didukung ketersediaan suku cadangnya.

    Fasilitas itu tersedia di Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI), dan fasilitas HMID di Cikarang yaitu Hyundai Training Academy, PIO & Logistic, serta Parts Center.

    Detikcom diajak langsung melihat proses produksi produk Hyundai yang memanfaatkan teknologi terkini, mulai dari ekosistem produksi hingga tahap pengecekan produk sebelum distribusi, serta penyediaan suku cadang pendukung untuk layanan aftersales.

    Saat sesi mengunjungi Parts Center, di sana berjejer tumpukan rak yang diatur rapi sesuai dengan kode suku cadang. Komponen itu untuk didistribusi dalam negeri hingga ke mancanegara.

    Tony Hadiyanto, Head of Parts Department Hyundai Motors Indonesia menjelaskan suku cadang mobil tua pun masih di-supply. Namun pabrikan bertanggung jawab selama 15 tahun sejak modelnya disuntik mati.

    “Policy kita adalah menjamin 15 tahun sejak stop produksi. Kira-kira yang paling lama itu Matrix, masih ada. Ini detik-detik terakhir, tahun terakhir. Setelah itu kita tidak bertanggung jawab terhadap produk itu,” kata Tony di kawasan Delta Mas, Cikarang, Jawa Barat, Rabu (6/11/2024).

    Parts Center Hyundai di Delta Mas, Cikarang, Jawa Barat Foto: Ridwan Arifin

    Hyundai Parts Center berdiri di atas lahan seluas 1,2 hektar di Deltamas, Cikarang, yang menjamin ketersediaan suku cadang di Indonesia dengan kapasitas penyimpanan lebih dari 30.000 item.

    Pabrikan asal Korea Selatan ini punya program “Hyundai Jamin melalui 24hr Genuine Parts Availability” yang menjamin ketersediaan suku cadang asli dalam waktu 1×24 jam.

    Hingga kini, 97 persen volume suku cadang dari produk Hyundai dijamin tersedia untuk dipergunakan saat dibutuhkan. Selain itu, Hyundai juga menjalin kerja sama dengan pemasok suku cadang lokal untuk mendukung perkembangan pasar Indonesia.

    “Pengiriman setiap hari rata-rata ke domestik 2.000 pieces item sehari. Ekspor 20 kontainer per bulan,” kata Tony.

    (riar/rgr)