brand merek: Hyundai

  • Indonesia Siap Jadi Pemain Global Kendaraan Listrik dan Panel Surya

    Indonesia Siap Jadi Pemain Global Kendaraan Listrik dan Panel Surya

    Jakarta: Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia, mencapai 21 juta ton, atau 22,1 persen dari total cadangan global. Pada 2020, Indonesia menyumbang 31 persen dari total produksi nikel dunia, menjadikannya pemasok utama bahan baku baterai kendaraan listrik. Bahkan, saat ini Indonesia menyumbang 60 hingga 80 persen bahan baku nikel untuk baterai global.
     
    Data tersebut dirilis oleh The Reform Initiatives (TRI) Indonesia melalui sejumlah riset. Dengan demikian Indonesia mampu mengukuhkan posisi sebagai pemain utama dalam sektor hilirisasi sumber daya alam dengan potensi besar dari nikel dan pasir silika. Kedua komoditas tersebut menjadi tulang punggung dalam pengembangan industri kendaraan listrik (EV) dan panel surya, yang semakin berperan penting dalam transisi energi global menuju teknologi ramah lingkungan.
     
    “Indonesia tidak hanya kaya akan sumber daya alam, tetapi juga memiliki strategi hilirisasi yang unggul. Nilai tambah dari hilirisasi nikel, terutama dalam produk baterai, bisa mencapai 67 kali lipat. Ini adalah bukti nyata komitmen pemerintah dalam menciptakan ekosistem industri yang berkelanjutan,” ujar Ketua Tim Peneliti TRI Indonesia, Unggul Heriqbaldi, dalam keterangan tertulis.
     

    Pria yang akrab disapa Eriq tersebut mengatakan di sisi lain, potensi pasir silika Indonesia juga tak kalah menjanjikan. Dengan total cadangan mencapai 330 juta ton dan tambahan sumber daya kuarsit sebesar 297 juta ton, Indonesia menjadi salah satu negara dengan pasokan bahan baku melimpah untuk industri semikonduktor dan photovoltaic (PV) module. Kedua sektor ini krusial untuk mendukung panel surya sebagai salah satu teknologi energi terbarukan.
     
    “Hilirisasi pasir silika menjadi wafer silikon adalah langkah strategis untuk mendukung pengembangan PV module dalam negeri. Dengan dukungan teknologi tinggi dan investasi yang kuat, Indonesia memiliki peluang besar menjadi pusat industri teknologi tinggi dunia,” kata Eriq yang juga dosen FEB Universitas Airlangga Surabaya.
     
    Riset TRI tersebut juga menyatakan dengan cadangan nikel melimpah, Indonesia telah menarik perhatian produsen kendaraan listrik global. Perusahaan seperti Hyundai dan Wuling telah mendirikan fasilitas produksi di Jawa Barat, dengan kapasitas mencapai 260 ribu unit kendaraan per tahun. Selain itu, Indonesia juga menargetkan menjadi salah satu dari lima produsen baterai terbesar dunia, dengan kapasitas produksi mencapai 700 GWh per tahun pada 2045.
     
    “Permintaan baterai global diperkirakan meningkat hingga 7.100 GWh pada 2045, dan Indonesia berpotensi memenuhi lebih dari 10 persen dari total permintaan. Ini adalah pencapaian besar yang mencerminkan visi jangka panjang pemerintah,” ucap Eriq.
     
    Sementara itu, pengembangan panel surya juga menjadi fokus utama. Hilirisasi pasir silika yang meliputi produk seperti tepung silika, resin-coated sand, hingga wafer silikon diharapkan dapat mendukung kemandirian Indonesia dalam teknologi photovoltaic. Produk-produk ini tidak hanya penting untuk memenuhi kebutuhan domestik tetapi juga berpotensi menjadi komoditas ekspor unggulan.
     

    Dukungan pemerintah terhadap hilirisasi nikel dan pasir silika terlihat dari berbagai kebijakan insentif yang mendorong investasi dan transfer teknologi. Selain itu, kolaborasi antara pemerintah, akademisi, dan perusahaan swasta juga terus diperkuat untuk memastikan keberlanjutan pengembangan industri ini.
     
    “Indonesia memiliki segalanya untuk menjadi pemimpin global dalam kendaraan listrik dan energi terbarukan. Dengan strategi yang tepat dan kolaborasi lintas sektor, kita tidak hanya akan meningkatkan nilai ekonomi tetapi juga memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat,” tutur Eriq.
     
    Dengan langkah progresif ini Indonesia tidak hanya menjadi raksasa sumber daya alam tetapi juga pilar penting dalam teknologi ramah lingkungan dunia. Hilirisasi nikel dan pasir silika adalah kunci untuk membuka pintu menuju era baru keemasan ekonomi dan teknologi Indonesia.
     
    The Reform Initiatives (TRI) Indonesia bersama konsorsium yang terdiri atas Binus University, The Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya Malang, dan FEB Universitas Indonesia telah menyelenggarakan penelitian terkait Hilirisasi di Indonesia dalam berbagai tema kunci.
     
    TRI Indonesia mengambil tema spesifik “Membangun Harmoni yang Produktif antara Pekerja Asing-Domestik dan Masyarakat Lokal: Tantangan, Kesempatam, dan Kebijakan Investasi Hilirisasi di Indonesia” yang dilaksanakan di Kabupaten Konawe – Sulawesi Tenggara dan Kota Batam – Kepulauan Riau.
     
    Hasil riset tersebut kemudian didesiminasikan oleh TRI Indonesia bekerja sama dengan FEB Universitas Nasional Jakarta pada Rabu, 12 Desember 2024.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Permudah Akses Investasi Masyarakat, BRI Hadirkan Fitur Tabungan Emas Digital di BRImo

    Permudah Akses Investasi Masyarakat, BRI Hadirkan Fitur Tabungan Emas Digital di BRImo

    Jakarta, Beritasatu.com – Maraknya ketidakpastian ekonomi global, masyarakat dituntut untuk jeli mencari alternatif investasi yang mampu memberikan keuntungan lebih. Salah satu instrumen yang dapat dipilih adalah emas sebagai instrumen yang dinilai mampu melindungi nilai aset dari inflasi.

    Selain sebagai hedging, nilai emas juga meningkat dalam jangka panjang. Karena itulah, emas jadi pilihan ideal bagi investor yang ingin mengamankan aset dari gejolak ekonomi.

    Bukti ketangguhan emas sebagai instrumen investasi terlihat saat krisis keuangan global 2008. Di tengah nilai sejumlah aset investasi jatuh akibat Lehmann Brothers bangkrut, harga emas justru mencatatkan kenaikan yang cukup signifikan.

    Emas juga tergolong aset likuid. Hal ini memudahkan pemiliknya untuk menjual kapan saja dibutuhkan. Namun, berinvestasi di instrumen emas fisik bukan tanpa tantangan. Risiko pencurian dan kesulitan penyimpanan harus menjadi pertimbangan bagi calon investor. Dengan kemajuan teknologi finansial kini ada solusi untuk permasalahan tersebut.

    Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI berinovasi menghadirkan fitur tabungan emas digital di BRImo.

    Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M Nugraha mengatakan, digitalisasi punya peran penting dalam memperluas akses layanan perbankan.

    “BRI memiliki jaringan dan nasabah yang begitu luas. Saat ini, jumlahnya telah mencapai lebih dari 150 juta yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Oleh karena itu, proses digitalisasi yang dilakukan BRI akan berdampak pada peningkatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta inklusi keuangan di Indonesia,” ujarnya pada Kamis (24/10/2024).

    Lewat fitur tabungan emas di BRImo, nasabah dapat membuka tabungan emas dan melakukan transaksi pembelian lewat smartphone hanya dalam hitungan menit.  

    Proses yang cepat dan mudah itu membuka peluang bagi siapa saja untuk mulai berinvestasi emas, bahkan dengan modal kecil.

    Berikut adalah langkah-langkah buka Tabungan Emas di BRImo.
    1. Login ke aplikasi BRImo.
    2. Pilih menu “Investasi”.
    3. Klik “Emas”.
    4 Di halaman depan, klik “Mulai”.
    5. Pilih “Buka Tabungan”.
    6. Isi data diri, alamat, dan pekerjaan.
    7. Verifikasi data dengan klik “Data Sudah Sesuai”.
    8. Masukkan  nominal tabungan dalam Rupiah atau dalam Gram.
    9. Klik “Konfirmasi”.
    10. Baca dan setujui syarat dan ketentuan.
    11. Masukkan PIN BRImo.

    Setelah tabungan emas terbuka, nasabah dapat langsung melakukan pembelian emas dengan mudah. Berikut adalah caranya.
    1. Login ke BRImo.
    2. Pilih menu “Investasi”.
    3. Klik “Emas”.
    4. Klik “Beli Emas”.
    5. Masukkan nominal pembelian dalam rupiah atau gram.
    6. Cek grafik harga beli yang muncul.
    7. Klik “Konfirmasi”.
    8. Masukkan PIN BRImo.

    Selain berinvestasi, BRImo juga menyediakan fitur pengambilan emas dalam bentuk fisik emas dari saldo tabungan emas digital. Caranya, nasabah tinggal memilih opsi “Ambil Fisik Emas” di aplikasi, memilih merek dan berat emas yang diinginkan, lalu mengambilnya di kantor Pegadaian pilihan.

    Tidak hanya mudah, berinvestasi di BRImo juga nyaman. Sebab, BRI mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) secara ekstensif bernama BRIBRAIN pada semua aspek bisnis dan operasional.

    “BRI telah lama memiliki satu unit kerja khusus yang bertugas dalam melakukan riset dan pengembangan terkait implementasi AI di BRI, bahkan jauh sebelum AI ramai menjadi perbincangan. Ini membuktikan bahwa keamanan transaksi menjadi prioritas utama bagi kami,” ucap Arga.

    Dengan berbagai keunggulan tersebut, investasi dengan tabungan emas digital di BRImo menjadi solusi cerdas bagi masyarakat Indonesia yang ingin memulai atau meningkatkan portofolio investasi.

    Kemudahan akses, keamanan transaksi, dan fleksibilitas dalam pengelolaan aset emas menjadikan fitur ini pilihan yang menarik di era digital.

    Tertarik untuk memulai perjalanan investasi emas atau ingin merasakan kemudahan menabung emas secara digital? Yuk, daftar BRImo sekarang dan rasakan kemudahannya.

    Hingga 31 Maret 2025, BRImo menghadirkan program loyalitas BRImo FSTVL. Tak tanggung-tanggung, ada lebih dari 100.000 hadiah langsung yang menanti Anda. Selain itu, Anda juga berkesempatan membawa pulang hadiah utama berupa BMW 520i M Sport, Hyundai Creta Alpha, Vespa Primavera, Galaxy Z Fold 6, hingga Tabungan Emas.

    Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini! Terus lakukan transaksi melalui BRImo dan raih hadiahnya. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs resmi bbri.id/brimofstvl. Siap mulai perjalanan investasi Anda? Ayo, daftar BRImo sekarang!

  • Kecelakaan Beruntun Enam Kendaraan di Tol Dalam Kota Diselesaikan Secara Kekeluargaan – Halaman all

    Kecelakaan Beruntun Enam Kendaraan di Tol Dalam Kota Diselesaikan Secara Kekeluargaan – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kanit Laka Lantas Polres Jakarta Timur Iptu Darwis Sunarta menyampaikan kecelakaan beruntun melibatkan enam kendaraan diselesaikan lewat jalur kekeluargaan.

     

     

    Peristiwa kecelakaan itu terjadi di ruas Tol Dalam Kota KM 00.500 B, Jumat (13/12/2024) pukul 08.30 WIB. 

     

    “Masih lidik di penyidik tapi para pihak sepakat kekeluargaan,” kata Darwis kepada wartawan, Sabtu (14/12/2024).

    Dia memastikan semua pihak yang terlibat sudah tanda tangan surat pernyataan damai.

     

    Menurutnya, pengendara Mitsubishi L300 yang menjadi penyebab kecelakaan tidak dipermasalahkan oleh pengendara yang menjadi korban kecelakaan beruntun.

     

    “Mereka nggak mempermasalahkan L300,” tukasnya.

     

    Sebelumnya, Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Ojo Ruslani menuturkan sejumlah kendaraan terlibat kecelakaan beruntun.

     

    Di antaranya bus Mayasari Bakti nomor polisi B 7865 TGA, mobil boks nopol B 9200 TXX, Toyota Vellfire nopol B 2347FKI, dan Hyundai Ioniq 5 nopol B 1201 FNO, Honda Mobilio D 1688 YBQ, serta Toyota Innova Reborn bernopol B 2963 PKN.

     

    “Korban DA mengalami patah tulang, AS luka ringan, dan penumpang Alphard luka ringan,” kata Ojo.

    Dia berujar, kendaraan mobilo awalnya mengarah dari barat ke timur.

     

    Setibanya di lokasi ada kendaraan Mitsubishi L300 yang tak tahu indentitasnya memotong jalan kemudian mendadak kaget hingga terjadi tabrakan beruntun yang melibatkan enam kendaraan.

     

    “Imbas kejadian tersebut mengakibatkan kendaraan Ioniq yang ada di contraflow ditabrak dengan Vellfire yang mengarah timur,” kata dia.

     

    Lebih lanjut Ojo mengatakan, perihal penyebab pasti kecelakaan saat ini masih didalami. 

     

    Mobilio mengalami kerugian rusak bagian depan-belakang, Ioniq 5 patah as belakang. 

     

    Bus Mayasari rusak bagian depan, Innova rusak depan-belakang, mobil boks rusak bagian depan dan Vellfire rusak bagian depan-belakang.

     

    Sebelumnya, kecelakaan beruntun melibatkan sejumlah kendaraan terjadi di ruas Tol Dalam Kota Jakarta pada Jumat (13/12/2024) sekitar pukul 09.00 WIB. 

     

    Insiden laka lantas ini menyebabkan arus lalu lintas di jalur Tebet hingga Cawang mengalami kemacetan parah.

     

    “Tol Dalam Kota Kecelakaan di Tebet KM 02 – Cawang KM 00+100 PADAT,” menandakan dampak yang signifikan terhadap kondisi lalu lintas di sekitar lokasi kejadian,” tulis akun TMC Polda Metro Jaya.

  • Hyundai Kona Electric Standar Bisa Dipasang Paket N-Line Nggak?

    Hyundai Kona Electric Standar Bisa Dipasang Paket N-Line Nggak?

    Jakarta

    Hyundai Kona Electric N-Line telah meluncur di Indonesia, Kamis (12/12). Lantas, untuk konsumen yang kadung membeli model standar atau regular, bisakah membeli paket N-Line untuk dipasangkan ke unitnya?

    Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, pihaknya tengah mempertimbangkan Hyundai Kona Electric standar bisa dipasangkan kit N-Line. Namun, untuk saat ini, hal tersebut belum bisa dilakukan.

    Menurut Frans, konsumen yang ingin memasang kit tambahan bisa melakukan pembelian melalui skema khusus. Nantinya, aksesori tersebut akan didatangkan langsung dari Korea Selatan.

    “Tadi saya mikirin juga. Kalau teman-teman lihat yang di atas (showroom), sekarang kan ada aksesori part yang saat ini hanya bisa pesan melalui (scan) barcode,” ujar Frans saat ditemui di SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (12/12).

    Hyundai Kona Electric N-Line. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Namun, jika permintaan paket N-Line tinggi, Frans mempertimbangkan untuk menyediakan aksesorinya secara langsung. Sehingga, pemilik Kona Electric versi standar juga bisa merasakan nuansa N-Line yang khas.

    “Tapi ke depan kalau kita bisa memenuhi permintaan di Indonesia lebih banyak, kita akan secara langsung (menyediakan paketnya). Sementara lewat barcode dulu,” kata dia.

    Sebagai catatan, Hyundai Kona Electric N-Line mendapat ‘sentuhan khusus’ di bagian eksterior dan interior. Kami mencatat, setidaknya ada tujuh-delapan aksesori khusus yang dipasangkan di kendaraan.

    Hyundai Kona Electric N-Line. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Di bagian eksterior, pabrikan menambahkan emblem N-Line berukuran kecil di area depan dan samping kendaraan. Kemudian guratan kosmetik juga terlihat di bagian bumper depan dan belakang.

    Hyundai Kona Electric N-Line mendapat tambahan spoiler atau sayap yang membuatnya terlihat lebih sporty. Selain itu, di bagian pelek, ada logo ‘N’ yang tersemat di posisi sentral.

    Masuk ke dalam, nuansa balap khas ‘N Brand’ terlihat melalui aksen merah di dasbor, kursi dan setir kemudi. Kendaraan tersebut juga mendapat karpet baru dengan tulisan ‘N-Line’ dan pedal gas-rem yang dibuat lebih kekinian.

    (sfn/lth)

  • Hyundai Rilis Mobil Baru di RI Bulan Depan, Creta N-Line atau Ioniq 6 Baru?

    Hyundai Rilis Mobil Baru di RI Bulan Depan, Creta N-Line atau Ioniq 6 Baru?

    Jakarta

    PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) tak mau santai-santai di pasar roda empat Tanah Air. Setelah meluncurkan Kona Electric N-Line awal Desember lalu, produsen asal Korea Selatan tersebut akan mengenalkan produk baru lagi bulan depan!

    Kepastian PT HMID meluncurkan produk baru pada Januari 2025 disampaikan Fransiscus Soerjopranoto selaku Chief Operating Officer (COO) PT HMID. Bahkan, besar kemungkin, first impression atau impresi pertama kendaraan akan digelar bulan ini.

    “Kita tidak akan berhenti mengenalkan produk baru, karena Januari 2025 kita akan mengenalkan satu produk lagi. Kalau bisa dua sih, maunya dua. Tapi karena waktunya mepet, ya Januari minimal satu (model),” ujar Frans saat ditemui detikOto di kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

    Hyundai Ioniq 6 facelift. Foto: Carscoops.

    Sayangnya, Frans belum bisa mengungkap mobil apa yang meluncur di Indonesia bulan depan. Ketika kami sebut Hyundai Ioniq 6 Facelift, dia tak menjawabnya secara tegas. Menurutnya, berbagai kemungkinan terbuka lebar.

    “Kalau ditanya kemungkinan, semua mobil di luar ada kemungkinan. Makanya lihat saja tren global, kita studi, marketnya ada atau nggak. Kalau ada, kita masukin. Saya kan selalu bilang: ada gula, pasti ada semut,” responsnya saat ditanya mengenai Hyundai Ioniq 6 Facelift.

    Mobil Diduga Creta Terbaru Diuji di Tol Trans Jawa Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

    Frans juga tak mau memberikan kepastikan ketika disebut nama Creta N-Line. Dia hanya menegaskan produk yang meluncur bulan depan merupakan mobil yang sesuai dengan pasar di Indonesia.

    “Kalau N-Line, bukan Creta-nya, pasti ada peluang karena sporty look. Bukan hanya Hyundai kan, beberapa brand juga punya opsi ini untuk sporty looks, ataupun yang high performance,” kata dia.

    Sebagai catatan, Hyundai Ioniq 6 Facelift telah melakukan serangkaian uji jalan di Eropa. Sementara Hyundai Creta N-Line sempat tertangkap kamera sedang melintas di Tol Trans Jawa, September lalu.

    (sfn/lth)

  • Ada Opsen-PPN 12, Produsen Bilang Segini Penjualan Realistis Mobil 2025

    Ada Opsen-PPN 12, Produsen Bilang Segini Penjualan Realistis Mobil 2025

    Jakarta

    PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah melakukan hitung-hitungan mengenai proyeksi penjualan mobil baru tahun depan. Menurut mereka, dengan adanya opsen pajak dan pajak pertambahan nilai (PPN) 12 persen, maka sulit mencapai 1 juta unit setahun!

    Chief Operating Officer (COO) PT HMID, Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, jika dilihat melalui kacamata realistis, penjualan mobil baru tahun depan kemungkinan tak berbeda jauh dibandingkan tahun ini, yakni 800 ribuan unit setahun.

    “Saya mungkin lebih konservatif (dibandingkan Gaikindo), kalau dengan usaha yang ada, kalau kita bisa jaga market 800 ribuan atau dekat 900 ribu, itu sudah the best. Jadi saya rasa penjualan 870-860 ribu unit (setahun) sudah terbaik untuk market Indonesia,” ujar Frans saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

    Hyundai Kona Electric N-Line. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Meski demikian, kembali lagi, PPN 12 dan opsen pajak belum sepenuh ketuk palu. Itulah mengapa, semua hitung-hitungannya masih berdasarkan perandaian. Menurutnya, dinamika yang terjadi bisa mengubah angkanya.

    “Kita tunggu juklak juknisnya. Saat ini belum ada brand yang mau naikkan harga, kalau bisa absorb, itu akan di-absorb. Kalau harus dinaikkan, kita naikkan. Tapi sesuai kemampuan konsumen Indonesia,” ungkapnya.

    Seandainya tahun depan pemerintah kembali menerbitkan aturan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) Ditanggung Pemerintah (DTP) seperti zaman pandemi, maka angkanya bisa berubah lagi. Dia mengingatkan, kebijakan tersebut harus merujuk pada kandungan lokal (TKDN) produk dan investasi perusahaan secara keseluruhan.

    “Kalau semua APM mengeluarkan produk baru, saya rasa kustomer mau menggantikan kendaraannya. Apalagi ada insiatif-inisiatif kayak relaksasi pajak seperti pandemi dengan rujukan dua pertimbangan tadi,” kata dia.

    Sebelumnya, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sempat mengungkap, penjualan mobil di Tanah Air bisa drop ke level 500 ribu unit setahun ketika opsen dan PPN 12 disahkan. Namun, tak lama kemudian, mereka merevisi angkanya dan yakin tahun depan bisa tumbuh minimal 900 ribu unit setahun.

    (sfn/lth)

  • KB Bank Cetak Pembiayaan Pre-Order Mobil Hyundai Lebih dari Rp2,1 Triliun pada 2024

    KB Bank Cetak Pembiayaan Pre-Order Mobil Hyundai Lebih dari Rp2,1 Triliun pada 2024

    Jakarta: PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bank) berhasil mencatatkan pembiayaan pre-order (PO) untuk mobil merek Hyundai senilai Rp2,1 triliun pada Januari hingga November 2024. Catatan ini melampaui ekspektasi, dengan total unit kendaraan yang terfinansir sebanyak 5.164 unit dan total plafon pembiayaan mencapai lebih dari Rp779 miliar, mencakup pembiayaan untuk mobil konvensional dan mobil listrik atau electric vehicle (EV).
     
    Pencapaian KB Bank bersama Hyundai melalui program dealer financing ini menunjukkan komitmen kuat dalam mendukung pertumbuhan industri otomotif nasional. Kolaborasi ini didukung penuh oleh KB Financial Group dan KB Kookmin Bank sebagai pemegang saham pengendali KB Bank. Dengan menyediakan solusi pembiayaan mulai dari Rp5 miliar hingga Rp173 miliar per dealer, KB Bank mendukung upaya Hyundai dalam menyediakan produk-produk otomotif berkualitas standar Korea Selatan ke seluruh wilayah di Indonesia.
     
    “Capaian ini adalah bukti nyata dari dedikasi KB Bank untuk mendukung perkembangan sektor otomotif Indonesia. Kami percaya industri otomotif adalah pilar penting dalam pertumbuhan ekonomi, dan melalui kemitraan strategis dengan Hyundai, kami hadir dengan solusi pembiayaan yang inovatif, kompetitif, dan berkelanjutan. Langkah ini bukan hanya memperkuat operasional dealer tetapi juga mendorong akses masyarakat terhadap kendaraan berkualitas, termasuk kendaraan listrik,” kata Wakil Direktur Utama KB Bank, Robby Mondong.
     

    Inovasi pembiayaan KB Bank ini sejalan dengan inisiatif pemerintah dalam mengurangi emisi karbon serta komitmen Environmental, Social, and Governance (ESG) KB Bank sebagai bagian dari KB Financial Group yang merupakan pionir dalam inovasi keuangan berkelanjutan di Korea Selatan. Komitmen ini pun telah mendapatkan sejumlah apresiasi dari berbagai institusi independen diantaranya berupa Anugerah Ekonomi Hijau dan Apresiasi Indeks Integritas Bisnis Lestari 2024.
    “Selaras dengan visi KB Financial Group, kami berkomitmen untuk mendukung transformasi industri otomotif Indonesia menuju era hijau dan berkelanjutan. Pembiayaan kendaraan listrik Hyundai adalah salah satu langkah konkret kami untuk mewujudkan visi ini, sekaligus menciptakan peluang besar bagi dealer untuk berkembang di tahun 2025,” ucap Robby Mondong.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Kecelakaan Beruntun di Tol Dalam Kota Cawang, Enam Sopir Sepakat Damai
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        14 Desember 2024

    Kecelakaan Beruntun di Tol Dalam Kota Cawang, Enam Sopir Sepakat Damai Megapolitan 14 Desember 2024

    Kecelakaan Beruntun di Tol Dalam Kota Cawang, Enam Sopir Sepakat Damai
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Sebanyak
    enam sopir
    yang terlibat dalam
    kecelakaan beruntun
    di
    Tol Dalam Kota Cawang
    arah Halim, Jatinegara, Jakarta Timur, pada Jumat (13/12/2024), sepakat untuk berdamai.
    Kesepakatan ini diungkapkan oleh Kanit Laka Lantas Polres Metro Jakarta Timur, AKP Darwis Yunarta, saat dikonfirmasi oleh Kompas.com pada Sabtu (14/12/2024).
    “Para pihak sepakat kekeluargaan,” kata Darwis.
    Kesepakatan
    perdamaian
    tersebut dituangkan dalam sebuah surat yang telah ditandatangani oleh masing-masing pihak.
    “Mereka enggak mempermasalahkan (pengendara) L300,” kata Darwis.
    Kecelakaan beruntun
    terjadi di ruas Jalan Tol Dalam Kota Cawang arah Kuningan, KM 00+500, pada pukul 08.30 WIB.
    Berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), enam kendaraan terlibat dalam insiden ini, termasuk bus Hino Mayasari Bakti, mobil boks Hino, mobil Toyota Vellfire, mobil Toyota Kijang Innova, dan mobil Honda Mobilio.
    “Ada satu lagi, kendaraan L300 yang pengemudinya tidak diketahui atau kabur,” ungkap Darwis.
    Akibat kecelakaan ini, setidaknya tiga korban mengalami luka dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum (RSU) UKI, Jakarta Timur.
    “Pengemudi kendaraan mobil boks Hino, Dedek Aryanto (42), mengalami luka kaki kanan patah, tangan kanan lecet, dan pipi kanan lecet,” jelas Darwis.
    Diduga, mobil L300 menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan beruntun ini.
    Pengemudi mobil L300 yang identitasnya belum diketahui tiba-tiba memotong lajur, sehingga menyebabkan pengemudi Honda Mobilio mengerem mendadak.
    “Kendaraan Mobilio mengarah dari barat ke timur. Setiba di lokasi, (lajur) dipotong kendaraan L300 yang belum diketahui identitasnya,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Ojo Ruslani, saat dikonfirmasi pada hari yang sama.
    Lebih lanjut, Hyundai Ioniq 5 yang berada di jalur contraflow ditabrak oleh Toyota Alphard yang sedang menuju Halim.
    “Sopir Mobilio mendadak kaget, lalu terjadilah tabrakan beruntun,” tambah dia.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Jadi Tipe Termahal, Hyundai Kona Electric N-Line Ditargetkan Laku Segini

    Jadi Tipe Termahal, Hyundai Kona Electric N-Line Ditargetkan Laku Segini

    Jakarta

    Hyundai Kona Electric N-Line telah meluncur di Indonesia, Kamis (12/12). Kendaraan tersebut menjadi varian tertinggi dalam keluarga Kona Electric di Tanah Air. Lantas, bagaimana proyeksi penjualannya?

    Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, kemunculan tipe N-Line tak menambah kapasitas produksi Kona Electric di Indonesia. Sehingga, target akumulasi penjualannya masih sama seperti sebelumnya.

    Namun, kata Frans, tipe N-Line ditargetkan menyumbang maksimal 10 persen dari total penjualan Kona Electric di Indonesia. Nominal tersebut sangat masuk akal untuk varian termahal yang harganya tembus Rp 608 jutaan (OTR Jakarta).

    “Dengan ada model N-Line ini, ada segmen tertentu yang lebih sporty looks yang bisa di-fulfill dari sini. Kita berasumsi tak besar, kira-kira tak sampai 10 persen (dari total penjualan Kona Electric),” ujar Frans saat peluncuran produk di kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

    Hyundai Kona Electric N-Line. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Frans menjelaskan, saat ini tipe Signature Long Range masih menjadi kontributor utama penjualan Hyundai Kona Electric di Indonesia. Bahkan, angkanya bisa 50-60 persen. Meski demikian, dia ingin melihat bagaimana permintaan N-Line ke depannya.

    “Sebenarnya kita pengen jualan 500-an unit per bulan, tapi kita lagi lihat kapasitas produksi yang masih di level 200-300 unit. Jadi kita tunggu aja, kalau N-Line demand-nya tinggi, kita akan tambah,” kata dia.

    Sebagai catatan, Hyundai Kona Electric N-Line secara keseluruhan masih sama seperti versi regular. Hanya saja, kendaraan tersebut mendapat sejumlah ‘sentuhan khusus’ di bagian interior dan eksterior.

    Di bagian eksterior, pabrikan menambahkan emblem N-Line berukuran kecil di bagian depan dan samping kendaraan. Kemudian guratan kosmetik juga terlihat di bagian bumper depan dan belakang.

    Hyundai Kona Electric N-Line. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Menariknya, Hyundai Kona Electric N-Line mendapat tambahan spoiler atau sayap yang membuatnya terlihat lebih sporty. Selain itu, di bagian pelek, ada logo ‘N’ yang tersemat di posisi sentral.

    Masuk ke dalam, nuansa balap khas ‘N Brand’ terlihat melalui aksen merah di dasbor, setir kemudi dan kursi. Kendaraan tersebut juga mendapat karpet baru dengan tulisan ‘N-Line’ dan pedal gas-rem yang dibuat lebih kekinian.

    Di luar ubahan tersebut, Hyundai Kona Electric N-Line masih sama seperti model regular varian Signature Long Range. Kendaraan tersebut menggunakan baterai 66 kWh dengan jangkauan maksimum 549 km. Sementara tenaganya 217 PS dan torsi 255 Nm.

    (sfn/lth)

  • Kecelakaan Beruntun di Tol Dalam Kota Cawang, Enam Sopir Sepakat Damai
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        14 Desember 2024

    7 Tabrakan Beruntun di Tol Dalam Kota: 6 Kendaraan Terlibat, Pengemudi yang Jadi Biang Kerok Kabur Megapolitan

    Tabrakan Beruntun di Tol Dalam Kota: 6 Kendaraan Terlibat, Pengemudi yang Jadi Biang Kerok Kabur
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com

    Kecelakaan beruntun
    terjadi di ruas Jalan
    Tol Dalam Kota Cawang
    arah Kuningan, KM 00+500, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (13/12/2024) pukul 08.30 WIB.
    Peristiwa ini pertama kali diinformasikan oleh akun X TMC Polda Metro Jaya yang mengunggah beberapa foto usai insiden terjadi. 
    Dalam foto itu, tampak mobil Toyota Kijang Innova silver ringsek di bagian belakang. Hal serupa juga dialami oleh mobil Toyota Vellfire berwarna putih.
    Bersebelahan dengan dua mobil tersebut, ada mobil boks Hino berwarna hitam yang bagian depannya ringsek. Sang sopir tampak masih duduk di kursi kemudi. Kaca depan kendaraan tersebut sudah tidak ada karena pecah. 
    Ada pula satu unit bus Hino Mayasari Bakti yang menabrak bagian kanan mobil boks Hino berwarna hitam.
    Menurut hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), sebanyak enam kendaraan terlibat
    kecelakaan beruntun
    ini.
    Kendaraan itu meliputi bus Hino Mayasari Bakti, mobil boks Hino, mobil Toyota Vellfire, mobil Toyota Kijang Innova, dan mobil Honda Mobilio.
    “Ada satu lagi, kendaraan L300 yang pengemudinya tidak diketahui atau kabur,” kata Kanit Laka Lantas Jakarta Timur AKP Darwis dalam keterangannya, Jumat.
    Atas kejadian ini, setidaknya tiga korban mengalami luka dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum (RSU) UKI, Jakarta Timur.
    “Pengemudi kendaraan mobil boks Hino, Dedek Aryanto (42), mengalami luka kaki kanan patah, tangan kanan lecet, dan pipi kanan lecet,” ungkap Darwis.
    Mobil L300 diduga menjadi penyebab peristiwa kecelakaan beruntun ini.
    Pasalnya, pengemudi mobil L300 yang belum diketahui identitasnya tiba-tiba memotong lajur sehingga menyebabkan pengemudi Honda Mobilio mengerem mendadak.
    “Kendaraan Mobilio mengarah dari barat ke timur. Setiba di lokasi, (lajur) dipotong kendaraan L300 yang belum diketahui identitasnya,” ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Ojo Ruslani saat dikonfirmasi, Jumat (13/12/2024).
    “Sopir Mobilio mendadak kaget, lalu terjadilah tabrakan beruntun,” tambah dia.
    Lebih lanjut, Hyundai Ioniq 5 yang berada di jalur
    contraflow
    ditabrak oleh Toyota Alphard yang sedang menuju Halim.
    Setelah kejadian ini, pengemudi mobil L300 diduga melarikan diri.
    “Berdasarkan keterangan yang didapat, kendaraan L300 tidak tercatat dan pengemudinya tidak diketahui atau kabur,” ucap Ojo.
    Saat ini, kasus kecelakaan tersebut masih didalami polisi. Polisi juga masih memburu pengemudi mobil L300 yang kabur. 
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.