brand merek: Hyundai

  • Hyundai Tengah Persiapkan Stargazer Facelift? Ini Tanggapan Hyundai Indonesia

    Hyundai Tengah Persiapkan Stargazer Facelift? Ini Tanggapan Hyundai Indonesia

    JAKARTA – Setelah melakukan debut globalnya tahun 2023 lalu, Hyundai dikabarkan tengah mempersiapkan versi facelift untuk model Stargazer, yang tertangkap kamera sedang uji jalan di Korea Selatan. 

    Dari pantauan VOI di laman YouTube Healer TV, Jumat, 27 Desember, sebuah video diperkirakan bahwa Hyundai Stargazer facelift sedang uji jalan di Korea Selatan, meski masih diselimuti penuh kamuflase di berbagai sisi. 

    Tapi, jika dilihat lebih detail lekukan bodi dari beberapa sisi sangat kental dengan Hyundai Stargazer. Dari sisi garis samping yang kental dengan model tersebut (Stargazer). Dari tampak belakang juga sangat mirip, bahkan garis atapnya juga. 

    Terdapat beberapa perbedaan dari versi sebelumnya, dimana kini bagian lampu terlihat lebih besar sejajar dengan kap mesin. Lampu belakang juga mendapat penyegaran. 

    Apakah ini menjadi jawab pasti terkait kehadiran facelift dari Stargazer? Mengingat beberapa waktu lalu Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto, sempat mengungkapkan penyegaran tapi masih dalam tahap perencanaan. 

    “Apakah kita akan memikirkan refreshment dalam bentuk facelift, apakah itu minor major itu masih dalam perencanaan kita,” ungkapnya beberapa waktu lalu. 

    Masih belum bisa dipastikan apakah versi yang akan datang masih mengemas mesin ICE saja, atau bisa juga sudah hadir dengan sistem hybrid. Sebab, secara keseluruhan masih diselimuti kamuflase. 

    Tim VOI pun mencoba menghubungi pihak Hyundai Indonesia perihal hal tersebut. 

    “Hyundai akan terus menghadirkan model-model terbarunya dalam rangka turut andil dalam pertumbuhan pasar mobil di Indonesia,” kata Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto, saat dihubungi, Jumat, 27 Desember. 

    Pria yang akrab disapa Soerjo ini juga mengungkapkan dari pasar mobil listrik, Hyundai sudah memiliki rantai pasokan terlengkap. Sebelumnya Hyundai juga berencana untuk menghadirkan banyak model di tahun 2025 mendatang. 

    “Hyundai sudah memiliki rantai pasokan terlengkap dari pabrik mobil listrik sampai charging station,” tambah dia. 

  • PPN 12 Persen Abaikan, Tak Berdampak pada Penjualan Mobil

    PPN 12 Persen Abaikan, Tak Berdampak pada Penjualan Mobil

    Jakarta, CNN Indonesia

    Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohanes Nangoi mengatakan kenaikan pajak pertambahan nilai (PPN) menjadi 12 persen mulai 1 Januari 2025 tidak akan berdampak negatif pada penjualan kendaraan karena pemerintah menggelontorkan insentif-insentif fiskal.

    “Kenaikan pajak pertambahan nilai atau PPN menjadi 12 persen pada 1 Januari 2025 mendatang tidak akan berdampak negatif pada potensi penjualan, dan bahkan dapat diabaikan,” kata Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi dalam keterangan resmi, Selasa (23/12).

    Menurut Yohanes, kebijakan insentif fiskal awal Januari 2025 dapat mengeliminasi kekhawatiran pemain industri kendaraan bermotor akan risiko kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 12 persen pada 2025.

    Pemerintah mengumumkan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) sebesar 3 persen untuk mobil hybrid yang mulai diterapkan pada 1 Januari 202. Diskon PPnBM mobil hybrid berlaku satu tahun.

    Analis Kebijakan Ahli Madya Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan RI Rustam Effendi mengatakan PPnBM ditanggung pemerintah 3 persen cuma buat mobil hybrid yang dirakit di Indonesia.

    “PPnBM DTP 3 persen hybrid hanya untuk produksi dalam negeri peserta program Kemenperin, yang berhak mendapatkan reduced tarif PPnBM,” kata Rustam kepada CNNIndonesia.com, Selasa (17/12).

    Dasar hukum pemberian insentif di mobil hybrid ini sudah termaktub dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2021.

    Selanjutnya pemerintah juga memberi insentif berupa Pajak Pertambahan Nilai (PPN) DTP sebesar 10 persen untuk kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) completely knocked down (CKD), PPnBM DTP 15 persen untuk KBLBB impor completely built up (CBU) dan CKD, serta Bea Masuk nol persen untuk KBLBB CBU.

    Daftar mobil hybrid buatan lokal potensi dapat insentif

    – Toyota Yaris Cross Hybrid harga mulai Rp440 juta
    – Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid harga mulai Rp477 juta
    – Suzuki Ertiga Hybrid harga mulai Rp277 juta
    – Suzuki XL7 Hybrid harga mulai Rp288 juta
    – Wuling Almaz RS Hybrid harga mulai Rp442 juta
    – Hyundai Santa Fe Hybrid harga mulai Rp786 juta
    – GWM Haval Jolion HEV harga mulai Rp405 juta.

    (rac/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Mobil Hybrid Buatan Lokal Berpotensi Dapat Insentif, Intip Daftarnya

    Mobil Hybrid Buatan Lokal Berpotensi Dapat Insentif, Intip Daftarnya

    Jakarta, CNN Indonesia

    Kendaraan elektrifikasi jenis hybrid akan mendapat insentif dari pemerintah berupa Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) 3 persen. Apa saja model mobilnya?

    Wakil Menteri Perindustrian (Wamenperin) Faisol Riza menyatakan insentif PPnBM DTP sebesar 3 persen untukmobil hybridyang mulai diterapkan pada 1 Januari 2025 akan berlangsung selama satu tahun.

    “Ya, satu tahun,” katanya ditemui di Jakarta, Selasa (17/12) disitat dariAntara.

    Setelah satu tahun diterapkan, insentif tersebut nanti akan dikaji kembali. Namun insentif ini hanya berlaku untuk mobil hybrid rakitan lokal.

    “PPnBM DTP 3 persen hybrid hanya untuk produksi dalam negeri peserta program Kemenperin, yang berhak mendapatkan reduced tarif PPnBM,” kata Analis Kebijakan Ahli Madya Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan RI Rustam Effendi kepada CNNIndonesia.com, Selasa (17/12).

    Kemungkinan sejumlah perusahaan otomotif yang memproduksi mobil secara lokal seperti Toyota, Hyundai, SGMW Motor Indonesia (Wuling) hingga Suzuki akan dapat menekan kenaikan harga mobil hybrid tahun depan.

    Praktis, kebijakan ini kemungkinan bisa menumbuhkan minat beli konsumen akan mobil elektrifikasi jenis hybrid.

    Saat ini setidaknya ada tujuh model mobil hybrid yang punya status rakitan lokal. Tarif PPnBM yang berlaku untuk mobil hybrid dan mild hybrid mulai 6 persen sampai 14 persen, sementara PHEV berkisar 5-8 persen (skema I dan skema II).

    Berikut daftar model mobil hybrid yang berpotensi dapat insentif:

    • Wuling Almaz RS Hybrid harga mulai Rp442 juta
    • Hyundai Santa Fe Hybrid harga mulai Rp786 juta
    • GWM Haval Jolion HEV harga mulai Rp405 juta
    • Suzuki Ertiga Hybrid harga mulai Rp277 juta
    • Suzuki XL7 Hybrid harga mulai Rp288 juta
    • Toyota Yaris Cross Hybrid harga mulai Rp440 juta
    • Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid harga mulai Rp477 juta

    Pemerintah Guyur Insentif Mobil Hybrid dan Listrik 2025 (Foto: CNN Indonesia/ Agder Maulana) (can/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • Daftar Pabrikan yang Paling Banyak Impor Mobil di Indonesia

    Daftar Pabrikan yang Paling Banyak Impor Mobil di Indonesia

    Jakarta

    Sejumlah merek masih mendatangkan mobilnya secara utuh dari luar negeri. Ini daftar pabrikan yang paling banyak impor mobil di Tanah Air.

    Ada ragam pabrikan yang memproduksi mobilnya di Indonesia. Meski begitu, tak semua mobil yang dijual di Indonesia diproduksi secara lokal. Masih banyak juga mobil-mobil yang didatangkan dari mancanegara. Terlihat dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, ada sekitar 30 merek mobil yang mengimpor mobilnya.

    Pabrikan yang Paling Banyak Impor Mobil ke Indonesia

    Mulai dari Toyota, Suzuki, BYD, Hyundai, BMW, dan 25 merek lainnya tercatat mendatangkan sejumlah model mobilnya ke Indonesia. Nah berikut ini daftar 10 merek yang paling banyak impor mobil ke Indonesia.

    1. Toyota: 30.029 unit
    2. BYD: 16.314 unit
    3. Suzuki: 12.167 unit
    4. Mitsubishi Motors: 5.822 unit
    5. Honda: 4.362 unit
    6. Mazda: 4.111 unit
    7. Lexus: 2.352 unit
    8. Hyundai: 1.904 unit
    9. BMW: 1.838 unit
    10. Citroen: 1.204 unit

    Toyota memang diketahui memiliki lini produk paling banyak di Tanah Air. Kendati demikian tak semuanya diproduksi di pabrik Karawang dan Sunter. Mobil Toyota yang diimpor antara lain, Corolla Altis, GR Corolla, Camry, GR 86, Voxy, Alphard, Corolla Cross, Land Cruiser, hingga Hilux Rangga.

    Selanjutnya, meski baru tercatat mengimpor mobil pada Juni namun BYD justru menempati tempat kedua. Saat ini BYD memang masih mengimpor seluruh mobil yang dijual di Indonesia yaitu Seal, Dolphin, Atto 3, dan M6. Hal itu lantaran pabriknya di dalam negeri, kawasan Subang baru rampung akhir tahun 2025.

    Di tempat ketiga ada Suzuki. PT Suzuki Indomobil Motor tercatat mengimpor mobil seperti Jimny, S-Presso, Baleno, dan Grand Vitara. Mobil-mobil itu didatangkan secara utuh dari India dan Jepang.

    Bertengger di posisi keempat ada Mitsubishi. Dalam catatan impor Gaikindo itu, Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia mengimpor Triton dari Thailand. Honda menempati posisi selanjutnya. Mobil-mobil yang diimpor Honda antara lain City, Civic, Civic Type R, Accord, dan CR-V.

    Secara keseluruhan, angka impor mobil pada periode Januari hingga November 2024 sudah mencapai 89.794 unit. Torehan itu meningkat tipis dibandingkan periode yang sama tahun 2023 dengan jumlah 84.550 unit.

    (dry/din)

  • Bukan Eropa, Pabrikan Asia Justru Mendominasi Mobil Teraman di Dunia 2024

    Bukan Eropa, Pabrikan Asia Justru Mendominasi Mobil Teraman di Dunia 2024

    Jakarta

    Organisasi independen dan nonprofit asal Amerika Serikat, Insurance Institute for Highway Safety (IIHS), rutin memberikan penghargaan kepada mobil yang dianggap oleh mereka teraman.

    Penghargaan ini bernama Top Safety Pick dan sudah ada sejak 2006 lalu. Sementara sejak 2013, IIHS membuat kategori penghargaan mobil teraman baru yakni Top Safety Pick+.

    Dilansir dari laman resmi IIHS.org, penghargaan Top Safety Pick ini mereka berikan kepada mobil yang memiliki rating baik saat dites small overlap front, original moderate overlap front, updated side test, acceptable or good headlights standard, dan rating in the pedestrian front crash prevention test.

    Sementara untuk Top Safety Pick+, indikatornya kurang-lebih sama, namun ketambahan hasil tes acceptable or good in the updated moderate overlap front test. Intinya, IIHS menilai mobil dari fitur keselamatan dan tingkat risiko cedera penumpang hingga pejalan kaki saat terjadi kecelakaan.

    Menariknya dari total 104 mobil dari beragam kategori, tercatat hanya 21 mobil dari pabrikan Eropa yang mendapat penghargaan. Sementara mobil dari pabrikan Amerika, ada 11 yang mendapat penghargaan mobil teraman dari IIHS di tahun ini.

    Mobil garapan pabrikan Jepang hingga Korea Selatan mendominasi mobil teraman di dunia tahun 2024 versi IIHS. Total 72 mobil dari merek Acura, Genesis, Honda, Hyundai, Infiniti, Kia, Lexus, Mazda, Nissan, Subaru, hingga Toyota.

    [Halaman berikutnya: Daftar Mobil Teraman di Dunia 2024]

  • Berharta Rp 64 T, Chung Mong Koo Sulap Hyundai Jadi Raksasa Otomotif Dunia

    Berharta Rp 64 T, Chung Mong Koo Sulap Hyundai Jadi Raksasa Otomotif Dunia

    Jakarta

    Keberadaan mobil Hyundai banyak wara-wiri di jalanan berbagai negara termasuk Indonesia. Keberadaannya tak bisa dilepaskan dari tangan dingin Chung Mong Koo, mantan bos Hyundai Motor Group, produsen mobil terbesar asal Korea Selatan (Korsel).

    Dilansir dari Forbes, Minggu (22/12/2024), Chung Mong Koo menjabat sebagai pimpinan Hyundai Motor selama lebih dari 20 tahun, sebelum akhirnya mengundurkan diri pada Maret 2020. Posisinya digantikan oleh putra satu-satunya, Chung Eui Sun.

    Chung Mong Koo memang bukan berasal dari keluarga biasa, ia merupakan salah satu anak Chung Ju Yung yang merupakan pendiri Hyundai Group. Grup itu merupakan konglomerasi bisnis terbesar di Korsel.

    Chung Mong Koo lahir pada 19 Maret 1938 di Kangwon, Korsel. Usai lulus dari SMA Kyungbock, ia mengambil kuliah bidang teknik industri di Universitas Hanyang.

    Chung Mong Koo memulai kariernya dengan terjun langsung di bisnis keluarga di mana pada 1970, ia bekerja di Hyundai Engineering & Construction. Tujuh tahun kemudian sudah memegang berbagai posisi CEO di anak perusahaan Hyundai.

    Berkat kepiawaiannya memimpin perusahaan, ia ditunjuk sebagai ketua Hyundai Group pada 1996. Setahun kemudian, krisis keuangan menghantam Asia hingga sang pendiri grup Chung Ju Yung melepas beberapa entitas bisnis antara lain seperti Hyundai Motor Group, Hyundai Department Store Group, dan Hyundai Heavy Industries Group.

    Meski menyandang nama Hyundai, unit-unit bisnis tersebut tidak terikat secara hukum dengan Hyundai Group. Walaupun begitu, sebagian besar bekas anak usaha Hyundai Group tetap dipimpin oleh kerabat Chung.

    Selama krisis keuangan Asia 1997, Hyundai juga mengakuisisi Kia Motors dan LG Semi-Conductor. Pada April 1999, Hyundai Group mengumumkan restrukturisasi perusahaan besar-besaran yang meliputi pengurangan dua pertiga unit bisnis.

    Konglomerasi ini juga mengumumkan rencana untuk memecah grup menjadi lima grup independen pada tahun 2003. Saat Hyundai Group ‘bubar’, Chung Mong Koo pun menggantikan ayahnya sebagai ketua divisi Hyundai Motor.

    Chung Mong Koo didapuk jadi ketua dan CEO Hyundai Motor Co dan Kia Motors Corp sejak tahun 2000 hingga 2020. Di bawah kepemimpinannya, Hyundai Motor Group menjadi produsen mobil terbesar kelima di dunia.

    Chung Mong Koo berjasa mengubah Hyundai dari bisnis keluarga kecil menjadi raksasa otomotif global. Keberadaannya juga memainkan peran penting dalam pengembangan industri otomotif Korsel.

    Meskipun hanya memiliki 5,2% saham Hyundai Motor, Chung Mong Koo sudah masuk jajaran orang terkaya Korsel dari sumber duitnya itu. Forbes mencatat kekayaan bersihnya mencapai US$ 4 miliar atau setara Rp 64,64 triliun (kurs Rp 16.160).

    Di balik riwayat karier Chung Mong Koo yang cemerlang, ia terjerat kasus penggelapan dana perusahaan dan pelanggaran kewajiban fidusia pada 2007. Akibat perbuatannya divonis hukuman tiga tahun penjara.

    Tidak perlu waktu lama, Chung Mong Koo hanya beberapa bulan saja menjajal tidur di balik jeruji besi lantaran hukumannya ditangguhkan dan mendapat pengampunan dari pemerintah.

    Selain itu, Chung Mong Koo juga dituduh melakukan nepotisme karena penunjukan putranya Chung Eui Sun sebagai penerus pemimpin raksasa sekelas Hyundai Motors Group. Penunjukan itu dicemooh lantaran sang ‘ahli waris’ dianggap belum teruji handal mengelola bisnis.

    (aid/rrd)

  • Liburan Jakarta-Bandung Naik Hyundai Santa Fe Hybrid: Terbukti Irit!

    Liburan Jakarta-Bandung Naik Hyundai Santa Fe Hybrid: Terbukti Irit!

    Jakarta

    Hyundai telah meluncurkan mobil hybrid pertamanya di Indonesia, All New Santa Fe Hybrid. Mengusung teknologi hybrid, SUV ini digadang-gadang ramah lingkungan sekaligus hemat bahan bakar. Benarkah?

    Tim detikOto mencoba membuktikannya lewat tes konsumsi BBM selama perjalanan dari Jakarta ke Bandung. Tes dimulai dengan metode full-to-full, yakni mengisi tangki hingga penuh sebelum memulai perjalanan.

    Dengan muatan penuh, perjalanan dilakukan melalui rute mayoritas tol. Kami hanya melewati jalur non-tol sejauh beberapa kilometer awal dan saat pengetesan, kondisi lalu lintas pagi hari pada hari kerja cukup ramai, namun perjalanan tetap lancar.

    Konsumsi BBM Hyundai All New Santa Fe Hybrid saat baru dipakai 28,8 km di rute tol Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Setelah 28,8 km atau sekitar 34 menit perjalanan, indikator MID (Multi-Information Display) menunjukkan konsumsi bahan bakar rata-rata 21 km/liter. Meski hasil awal ini terlihat menjanjikan, tim detikOto melanjutkan perjalanan hingga Bandung untuk mendapatkan data lebih akurat.

    Terbukti, saat mulai melalui jalur menanjak selepas gerbang tol Kalihurip Utama, konsumsi bahan bakar rata-rata di MID turun. Sesampainya di Bandung, tepatnya di kawasan Pasteur, tim mencatat total jarak 149,7 km dengan durasi perjalanan 2 jam 14 menit. Data MID menyebutkan konsumsi BBM rata-rata 16 km/liter.

    Namun, hasil tes full-to-full menunjukkan angka yang sedikit berbeda. Untuk jarak 149,7 km, tangki membutuhkan tambahan 10,77 liter bensin. Artinya, konsumsi bahan bakar sebenarnya adalah 13,9 km/liter.

    Konsumsi BBM Hyundai All New Santa Fe Hybrid usai dibawa sejauh 149,7 km dari Jakarta ke Bandung Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Walau ada perbedaan antara data MID dan tes manual, Hyundai All New Santa Fe Hybrid tetap dapat membuktikan efisiensinya. Dengan panjang kendaraan 4,8 meter dan kapasitas hingga 6 orang penumpang, hanya butuh 10,77 liter bensin atau sekitar Rp130 ribu untuk perjalanan dari Jakarta ke Bandung.

    (mhg/rgr)

  • Pernyataan Lengkap Bos Blue Bird soal Kemunculan Taksi Vietnam di Indonesia

    Pernyataan Lengkap Bos Blue Bird soal Kemunculan Taksi Vietnam di Indonesia

    Jakarta

    Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono alias Andre menanggapi kemunculan taksi online asal Vietnam, Xanh SM di Indonesia. Respons tersebut disampaikan dalam bentuk keterangan resmi yang masuk ke meja redaksi detikOto.

    Diberitakan sebelumnya, kemunculan Xanh SM diduga akan membuat Blue Bird kesulitan di industri taksi di Indonesia. Sebab, perusahaan asal Negeri Bintang Kuning tersebut menawarkan harga kompetitif dengan kendaraan yang senyap dan ramah lingkungan.

    Meski demikian, Andre selaku Dirut Blue Bird justru punya pandangan lain mengenai kemunculan Xanh SM di Indonesia. Menurut Andre, kehadiran pemain baru seperti Xanh SM asal Vietnam membuktikan pasar sedang sehat. Sehingga, dia menyambutnya dengan baik.

    Taksi listrik Hyundai Kona Electric milik Blue Bird. Foto: Doc. BlueBird Group.

    Mengenai mobil listrik, Blue Bird juga telah mengoperasikan kendaraan ramah lingkungan tersebut sejak lama. Bahkan, dia mengaku, pihaknya telah berkomitmen untuk membangun infrastruktur yang mendukung transisi energi hijau.

    Lebih jauh, Andre mengklaim, pihaknya sudah setengah abad lebih menggeluti industri terkait. Sehingga, secara pengalaman, tentu jauh lebih matang.

    Berikut Pernyataan Lengkap Dirut Blue Bird

    Hadirnya pemain baru di pasar merupakan hal yang wajar dan menandakan dinamika industri yang sehat. Bagi Bluebird, kompetisi adalah kesempatan untuk terus berinovasi dan memperkuat posisi kami sebagai pelopor layanan mobilitas Standar Nyaman Indonesia yang relevan bagi masyarakat selama lebih dari 52 tahun ini.

    Sebagai brand ikonik asli Indonesia, Selama lebih dari lima dekade, kami bangga menjadi bagian kehidupan masyarakat Indonesia dengan pelayanan yang terpercaya dan dapat diandalkan dari generasi ke generasi.

    Bluebird menunjukkan komitmen untuk meningkatkan kebanggaan masyarakat terhadap produk asli Indonesia, karena kami bangga paling Indonesia.

    Kami percaya bahwa produk dan layanan lokal memiliki kekuatan untuk menciptakan dampak positif yang lebih besar bagi bangsa. Bluebird memberikan dampak positif nyata bagi masyarakat, sejalan dengan semangat #SetiapKilometerBerarti.

    Bluebird adalah pionir dalam penerapan kendaraan listrik (EV) di Indonesia, berkomitmen untuk membangun infrastruktur yang mendukung transisi energi hijau.

    Kami memahami bahwa keberlanjutan tidak hanya tentang penggunaan kendaraan listrik, tetapi juga tentang menciptakan ekosistem yang holistik untuk dampak jangka panjang.

    Soal Xanh SM

    Taksi online asal Vietnam itu mulai mengaspal di Jakarta bulan ini. SUV listrik VinFast VF e34 digunakan sebagai armada taksi tersebut. Foto: Grandyos Zafna

    PT XanhSM Green dan Smart Mobility Indonesia telah memperkenalkan layanan Xanh SM sebagai pendatang baru di sektor taksi online. Taksi Xanh SM yang identik dengan warna biru muda tersebut mengaspal di Jakarta mulai bulan ini.

    Operasional Xanh SM secara penuh menggunakan mobil listrik asal Vietnam, VinFast. Dilansir dari laman resminya, Xanh SM merupakan merek pertama yang melayani pemesanan mobil listrik di Negeri Bintang Jingga.

    “Layanan Xanh SM seluruhnya beroperasi menggunakan mobil listrik VinFast. Ini adalah generasi taksi tanpa aroma bensin, kebisingan mesin, baik untuk kesehatan pelanggan dan ramah lingkungan,” tulis Xanh SM dalam keterangannya di laman resmi.

    Perusahaan mengklaim punya tim terlatih dan supir profesional yang sudah mengikuti panduan pelayanan penuh dedikasi. Itulah mengapa, Xanh SM berkomitmen memberikan layanan bintang lima kepada para penumpangnya.

    (sfn/rgr)

  • Sederet Mobil Hybrid Buatan Indonesia Layak Dapat Insentif PPnBM DTP

    Sederet Mobil Hybrid Buatan Indonesia Layak Dapat Insentif PPnBM DTP

    Jakarta, CNN Indonesia

    Sejumlah mobil hybrid yang dijual di dalam negeri berpotensi mendapat insentif berupa Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) 3 persen.

    Para perusahaan otomotif seperti Toyota, Hyundai, SGMW Motor Indonesia (Wuling) hingga Suzuki kemungkinan dapat menekan kenaikan harga mobil hybrid tahun depan karena insentif itu sehingga bisa menumbuhkan minat beli konsumen.

    Salah satu syarat bisa mendapatkan insentif PPnBM DTP 3 persen adalah mobil hybrid mesti diproduksi di dalam negeri. Setidaknya ada tujuh model mobil hybrid yang punya status demikian.

    Saat ini tarif PPnBM yang berlaku untuk mobil hybrid dan mild hybrid mulai 6 persen sampai 14 persen, sementara PHEV berkisar 5-8 persen (skema I dan skema II).

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang juga sudah meminta para produsen mendaftarkan model mobil hybrid mereka ke Kemenperin supaya bisa menikmati insentif tersebut.

    “Untuk hybrid ini, saya minta agar segera para produsen mobil hybrid di Indonesia untuk segera mendaftarkan merek-mereknya kepada kami, supaya tahun depan mulai 1 Januari sudah bisa menikmati insentif stimulus yang sudah disiapkan pemerintah,” kata Agus dalam Konferensi Pers Paket Stimulus Ekonomi untuk Kesejahteraan, Senin (16/12).

    Berikut daftar model mobil hybrid yang berpotensi dapat insentif:

    Suzuki Ertiga Hybrid harga mulai Rp277 jutaSuzuki XL7 Hybrid harga mulai Rp288 jutaWuling Almaz RS Hybrid harga mulai Rp442 jutaHyundai Santa Fe Hybrid harga mulai Rp786 jutaGWM Haval Jolion HEV harga mulai Rp405 jutaToyota Yaris Cross Hybrid harga mulai Rp440 jutaToyota Kijang Innova Zenix Hybrid harga mulai Rp477 juta (can/fea)

    [Gambas:Video CNN]

  • Kata Bos Blue Bird soal Kemunculan Taksi Vietnam di Indonesia

    Kata Bos Blue Bird soal Kemunculan Taksi Vietnam di Indonesia

    Jakarta

    Blue Bird Group buka suara soal kemunculan perusahaan taksi listrik asal Vietnam, Xanh SM di Indonesia. Menurut mereka, kehadiran pemain baru di sektor bisnis yang sama merupakan suatu kewajaran.

    Adrianto Djokosoetono selaku Direktur Utama PT Blue Bird Tbk mengatakan, kemunculan pemain baru seperti Xanh SM asal Vietnam membuktikan pasar sedang sehat. Sehingga, dia menyambutnya dengan baik.

    “Hadirnya pemain baru di pasar merupakan hal yang wajar dan menandakan dinamika industri yang sehat,” ujar sosok yang karib disapa Andre tersebut saat dihubungi detikOto, Sabtu (21/12).

    “Bagi Blue Bird, kompetisi merupakan kesempatan untuk terus berinovasi dan memperkuat posisi kami sebagai pelopor layanan mobilitas Standar Nyaman Indonesia yang relevan bagi masyarakat selama lebih dari 52 tahun ini,” tambahnya.

    Taksi listrik Hyundai Kona Electric milik Blue Bird. Foto: Doc. BlueBird Group.

    Andre menegaskan, dengan pengalaman lebih dari setengah abad, pihaknya lebih memahami kebutuhan pasar dan konsumen di Indonesia. Lebih lagi, kata dia, status Blue Bird yang merupakan perusahaan ‘anak bangsa’.

    “Blue Bird menunjukkan komitmen untuk meningkatkan kebanggaan masyarakat terhadap produk asli Indonesia, karena kami bangga paling Indonesia,” ungkapnya.

    Dia percaya, produk dan layanan lokal mampu menciptakan dampak positif yang lebih besar bagi bangsa. Dia mengklaim, Blue Bird merupakan pionir dalam penerapan kendaraan listrik di Indonesia.

    “Kami memahami bahwa keberlanjutan tidak hanya tentang penggunaan kendaraan listrik, tetapi juga tentang menciptakan ekosistem yang holistik untuk dampak jangka panjang,” kata dia.

    Taksi online asal Vietnam itu mulai mengaspal di Jakarta bulan ini. SUV listrik VinFast VF e34 digunakan sebagai armada taksi tersebut. Foto: Grandyos Zafna

    Diberitakan sebelumnya, PT XanhSM Green dan Smart Mobility Indonesia memperkenalkan layanan Xanh SM sebagai pendatang baru di sektor taksi online. Taksi Xanh SM yang identik dengan warna biru muda tersebut mengaspal di Jakarta mulai bulan ini.

    Operasional Xanh SM secara penuh menggunakan mobil listrik asal Vietnam, VinFast. Dilansir dari laman resminya, Xanh SM merupakan merek pertama yang melayani pemesanan mobil listrik di Negeri Bintang Jingga.

    “Layanan Xanh SM seluruhnya beroperasi menggunakan mobil listrik VinFast. Ini adalah generasi taksi tanpa aroma bensin, kebisingan mesin, baik untuk kesehatan pelanggan dan ramah lingkungan,” tulis Xanh SM dalam keterangannya di laman resmi.

    Perusahaan mengklaim punya tim terlatih dan supir profesional yang sudah mengikuti panduan pelayanan penuh dedikasi. Itulah mengapa, Xanh SM berkomitmen memberikan layanan bintang lima kepada para penumpangnya.

    (sfn/dry)