brand merek: Huawei

  • China Tak Butuh Amerika, Sudah Diblokir Masih Cuan Gede

    China Tak Butuh Amerika, Sudah Diblokir Masih Cuan Gede

    Jakarta, CNBC Indonesia – Amerika Serikat (AS) dalam beberapa tahun terakhir makin gencar memberlakukan sanksi dagang ke China. Salah satunya di sektor teknologi.

    AS memblokir akses China untuk mendapatkan teknologi chip dan alat pembuat chip canggih karena dikhawatirkan akan memperkuat militernya.

    Namun, hal ini tak melumpuhkan upaya China dalam mengembangkan teknologinya. Bahkan, pemerintah China makin termotivasi mengembangkan chip canggih secara mandiri.

    Terbukti, pembuat chip terbesar di China, SMIC, berhasil unjuk gigi dan mencatat pertumbuhan positif. Untuk kuartal September 2024, pendapatan SMIC naik 34% menjadi US$2,17 miliar.

    Hal tersebut sejalan dengan ekspektasi pasar yang mematok pendapatan SMIC di angka US$2,2 miliar, menurut data LSEG.

    Dikutip dari Reuters, Jumat (8/11/2024), pertumbuhan SMIC disokong oleh inisiatif lokalisasi yang dikumandangkan pemerintah. Salah satunya dengan mendorong klien internasional untuk memindahkan produksi chip ke manufaktur dalam negeri.

    Sebelumnya, SMIC lebih fokus memproduksi node chip untuk perangkat elektronik sederhana. Namun, fokus perusahaan berubah seiring dengan meningkatnya ketegangan geopolitik AS dan China sejak 3 tahun lalu.

    SMIC menjadi pemasok chip ke Huawei yang memungkinkan perusahaan itu membawa gebrakan ponsel dengan dukungan jaringan 5G setelah tiga tahun masuk daftar hitam AS.

    Kendati pencapaian perusahaan moncer pada tahun ini, namun SMIC mempersiapkan diri menghadapi tren penurunan pada 2025 mendatang. Hal ini diungkap co-CEO Zhao Haijun dalam laporan kinerja perusahaan.

    “Tingkat utilisasi industri berkisar sekitar 70%, jauh di bawah tingkat optimal 85%, yang menunjukkan kelebihan kapasitas yang signifikan. Situasi ini sepertinya tidak akan membaik secara signifikan, atau bahkan semakin memburuk,” kata dia.

    Pengeluaran tahunan perusahaan naik dari US$7,3 miliar pada 2023 menjadi US$4,5 miliar di 2024. Zhao mengindikasikan bahwa kondisi kelebihan suplai saat ini akan membuat SMIC lebih berhati-hati melakukan ekspansi kapasitas di masa mendatang.

    “Kami belum mengumumkan proyek baru dan kami saat ini belum mendiskusikannya,” kata dia.

    Data LSEG menunjukkan pemasukan bersih SMIC naik 58% menjadi US$148,8 juta pada Juli-September, tetapi masih sedikit di bawah ekspektasi analis di angka US$199,71 juta.

    Untuk Q4 2024, perusahaan memprediksi pendapatannya akan stagnan dengan pertumbuhan 2% secara kuartal-ke-kuartal (QoQ).

    Saham SMIC naik 3,7% pada pembukaan perdagangan di Hong Kong Jumat (8/11) ini waktu setempat.

    (fab/fab)

  • Kode Redeem FF Hari Ini Jumat 8 November 2024

    Kode Redeem FF Hari Ini Jumat 8 November 2024

    Bisnis.com, JAKARTA – Berikut adalah update kode redeem FF hari ini Jumat 8 November 2024.

    Free Fire menjadi salah satu game online yang memiliki banyak peminat hingga saat ini. Sebagai ucapan terima kasih, Garena sebagai pengembang ingin memanjakan pengguna setianya.

    Salah satu hal yang bisa dilakukan Garena adalah dengan merilis kode redeem yang diperbarui setiap harinya.

    Kode redeem ini akan diumumkan oleh developer setiap hari di situs resmi mereka. Pada hari ini, 8 november 2024, Garena juga memberikan update kode redeem terbaru.

    Kode-kode berikut ini bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan hadiah spesial, bisa berupa item bahkan skin langka.

    Update kode redeem FF hari ini, Jumat 8 November 2024:

    590XATDKPVRG28N

    YW2B64F7V8DHJM5

    FF5T-GB9V-4C3X

    Cara klaim kode redeem FF:

    1. Buka situs https://reward.ff.garena.com/id.

    2. Masuk atau login ke akunmu dengan beberapa alternatif cara, yaitu dari akun facebook, alamat email Google, akun Apple, VK atau Huawei, hingga akun Twitter.

    3. Masukkan salah satu kode redeem FF.

    4. Pada umumnya, kode redeem Garena berjumlah 12 sampai 16 digit. Klik konfirmasi.

    5. Jika kode tersebut masih valid, maka hadiah akan langsung dikirim ke Inbox kamu.

  • Kode Redeem FF Hari Ini Kamis 7 November 2024

    Kode Redeem FF Hari Ini Kamis 7 November 2024

    Bisnis.com, JAKARTA – Di bawah ini adalah kode redeem FF hari ini Kamis 7 November 2024 yang bisa Anda tukar dengan berbagai hadiah spesial.

    Free Fire memiliki kode redeem yang bisa digunakan oleh pemain untuk mendapatkan hadiah gratis.

    Kode redeem sendiri merupakan susunan huruf dan angka yang berisi hadiah. Anda hanya perlu menukarkannya ke situs Free Fire untuk mendapatkan hadiah tersebut.

    Meski demikian, Anda harus bergegas unuk menukarkannya, sebab satu kode redeem hanya berlaku satu kali saja.

    Kode redeem FF hari ini, Kamis 7 November 2024:

    8F3Q-ZKNT-LWBZ

    HQA2-98OP-4XGB

    P4XB-MBM7-6N22

    BALI2024

    KAIROS26

    FFDIAMOND50

    MCPW2D1U3XA3

    Cara klaim kode redeem

    1. Buka situs https://reward.ff.garena.com/id.

    2. Masuk atau login ke akunmu dengan beberapa alternatif cara, yaitu dari akun facebook, alamat email Google, akun Apple, VK atau Huawei, hingga akun Twitter.

    3. Masukkan salah satu kode redeem FF.

    4. Pada umumnya, kode redeem Garena berjumlah 12 sampai 16 digit. Klik konfirmasi.

    5. Jika kode tersebut masih valid, maka hadiah akan langsung dikirim ke Inbox Anda.

  • Update Kode Redeem FF Hari Ini Rabu 6 November 2024

    Update Kode Redeem FF Hari Ini Rabu 6 November 2024

    Bisnis.com, JAKARTA – Cek di bawah ini untuk mengetahui kode redeem FF hari ini, Rabu 6 November 2024 yang bisa Anda tukarkan dengan berbagai hadiah spesial.

    Garena sebagai pengembang game Free Fire selalu memberikan update kode redeem setiap harinya. Kode redeem ini bisa dimanfaatkan pemain untuk mendapatkan reward secara cuma-cuma.

    Kode redeem Free Fire merupakan kumpulan huruf dan angka yang membentuk kode tertentu. Sesuai dengan namanya, kode ini bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah spesial.

    Kode redeem menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh player game buatan Garena ini.

    Sebab dengan menggunakan kode redeem, maka Anda bisa mendapatkan hadiah gratis dari developer.

    Update kode redeem FF hari ini, Rabu 6 November 2024:

    8F3Q-ZKNT-LWBZ

    HQA2-98OP-4XGB

    P4XB-MBM7-6N22

    Cara klaim kode redeem FF:

    1. Buka situs https://reward.ff.garena.com/id.

    2. Masuk atau login ke akunmu dengan beberapa alternatif cara, yaitu dari akun facebook, alamat email Google, akun Apple, VK atau Huawei, hingga akun Twitter.

    3. Masukkan salah satu kode redeem FF.

    4. Pada umumnya, kode redeem Garena berjumlah 12 sampai 16 digit. Klik konfirmasi.

    5. Jika kode tersebut masih valid, maka hadiah akan langsung dikirim ke Inbox Anda.

  • KCE Luncurkan Kampanye “Energizing Growth with Renewable Energy” untuk Pertumbuhan Energi Bersih di Indonesia

    KCE Luncurkan Kampanye “Energizing Growth with Renewable Energy” untuk Pertumbuhan Energi Bersih di Indonesia

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Krakatau Chandra Energi (KCE), perusahaan penyedia tenaga listrik, jasa kelistrikan dan energi baru terbarukan (EBT) yang andal dan bersaing di Indonesia, meluncurkan kampanye “Energizing Growth with Renewable Energy” untuk mendorong kolaborasi strategis dalam energi baru terbarukan melalui adopsi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atau solar panel. Dengan solusi energi bersih ini, KCE siap berperan aktif dalam mendukung sektor industri dan perumahan dalam memenuhi kebutuhan listrik yang berkelanjutan. Kegiatan ini turut dihadiri oleh direksi KCE, Mitra KCE, dan perwakilan dari Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM.

    Direktur Utama PT Krakatau Chandra Energi, Erri Dewi Riani menyampaikan peluncuran kampanye Energizing Growth with Renewable Energy mencerminkan komitmen KCE dalam mempromosikan transisi energi nasional. Kampanye ini diharapkan dapat mendorong para pemangku kepentingan dari berbagai sektor, seperti industri, pemerintah, dan masyarakat untuk turut mempercepat bauran energi bersih dan turut serta mendukung keberlanjutan.

    “Sebagai bagian dari Chandra Asri Group yang dinaungi oleh PT Chandra Daya Investasi (CDI), sebuah perusahaan yang didirikan Chandra Asri Group untuk pengembangan bisnis infrastruktur, KCE berkomitmen menghadirkan solusi energi bersih untuk mendukung sektor industri dan perumahan. Dengan produk EBT yang kami tawarkan, industri dapat mengoptimalkan produksi serta operasional, yang pada akhirnya akan berdampak pada pengurangan emisi karbon,” ujar Erri pada Selasa (5/11/2024).

    Di tengah laju pembangunan yang pesat, sektor industri di Indonesia menjadi salah satu kontributor utama emisi karbon. Untuk itu, Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mencapai target Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060 dengan mengadopsi solusi energi bersih yang lebih berkelanjutan, termasuk penggunaan energi terbarukan dan teknologi ramah lingkungan.

    Produksi tenaga listrik kedepannya diproyeksikan didominasi oleh tenaga surya, air, angin, bio energi, panas bumi, nuklir dan lainnya. Pada 2060 diasumsikan pertumbuhan kebutuhan listrik Indonesia mencapai 1.800 TWh. Angka tersebut diakumulasi berasal dari kebutuhan sektor Industri, sektor rumah tangga, komersial, dan kendaraan bermotor listrik di Indonesia. Hal ini menjadi tantangan dan peluang bagi sektor industri untuk melakukan pengembangan teknologi terbaru dalam pembangkit listrik energi terbarukan seperti tenaga surya, air, angin dan bio energi guna mengurangi emisi karbon dan peluang mendukung target NZE 2060. Sebagai perusahaan penyedia layanan energi atau Energy Service Company (ESCO), KCE berupaya meningkatkan efisiensi operasional konsumen melalui unit solar panel yang ditawarkan. 

    “Salah satu bentuk peran aktif KCE adalah mengembangkan energi surya melalui pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang tersebar di Kawasan Industri Krakatau dan sekitarnya. Saat ini, KCE telah memiliki PLTS dengan kapasitas total 2,067 MWp, yang terdiri dari berbagai jenis PLTS, yaitu ground-mounted, rooftop, dan floating,” tambah Erri.

    Sementara itu, Direktur Operasi dan Komersial PT Krakatau Chandra Energi, Ari Azhar, menjelaskan, KCE menyediakan layanan penyediaan tenaga listrik di Kawasan Industri Krakatau di Kota Cilegon dan sekitarnya dengan keandalan tinggi dengan menggunakan topologi ring pada sistem distribusi ke pelanggan. 

    “Selain itu KCE juga menyediakan jasa kelistrikan yang meliputi operation dan maintenance peralatan ketenagalistrikan, workshop untuk mendukung maintenance alat ketenagalistrikan dan kemampuan engineering, procurement dan construction di bidang ketenagalistrikan,” kata Ari.

    Lebih lanjut Ari menyampaikan sebagai dukungan atas program pemerintah dalam meningkatkan bauran EBT, PT KCE memiliki unit yang melayani jasa kelistrikan khusus di bidang pemasangan PLTS. 

    “Hingga saat ini kami sudah bermitra dengan berbagai partner kami, seperti PT SEI, PT MAB, Summit Solar, Huawei maupun mitra strategis lainnya. Sebagai perusahaan energi, KCE juga menawarkan solusi solar panel untuk berbagai sektor, termasuk industri, komersial, dan rumah tangga. Kami berharap nantinya akan lebih banyak lagi mitra yang menerapkan penggunaan energi bersih yang berkelanjutan,” pungkasnya. 

    Kedepan, KCE berencana untuk terus mengembangkan kapasitas produksi energi terbarukan melalui beberapa inisiatif, melalui investasi dalam proyek baru dengan membangun lebih banyak fasilitas PLTS, termasuk proyek PLTS Terapung serta menjalin kolaborasi dengan mitra strategis di berbagai sektor untuk memperluas jangkauan dan kapasitas layanan serta mengadopsi teknologi terbaru yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam produksi energi terbarukan.

  • Indosat (ISAT) Pacu Mesin Pertumbuhan Baru, Bisnis Non-Seluler Tumbuh 30%

    Indosat (ISAT) Pacu Mesin Pertumbuhan Baru, Bisnis Non-Seluler Tumbuh 30%

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Indosat Tbk. (ISAT) mencatatkan pertumbuhan bisnis non-seluler hingga 30% pada kuartal III/2024 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Sentuhan kecerdasan buatan (AI) hasil kolaborasi dengan Nvidia menjadi salah satu pembeda, yang membuat pertumbuhan tahun ini lebih kencang dibandingkan pertumbuhan tahun lalu.

    Layanan MIDI, nama untuk bisnis non-seluler Indosat, pada kuartal III/2024 tercatat sebesar Rp5,9 triliun atau naik sekitar Rp1,37 triliun dibandingkan dengan kuartal III/2023. 

    Adapun pada kuartal III/2023 atau sebelumnya NVIDIA masuk,  bisnis non-seluler tercatat sebesar Rp4,53 triliun atau hanya mampu tumbuh 10% year on year (YoY).

    Pertumbuhan tersebut disebabkan oleh peningkatan pendapatan Layanan IT dan Internet Tetap yang diimbangi dengan penurunan pendapatan Konektivitas Tetap. 

    Sementara itu, pada kuartal III/2024, selain mendapat cuan dari layanan internet tetap dan konektivitas tetap, layanan IT Indosat lebih bervariasi dengan kehadiran GPU as a Service (GPUaaS) AI dari NVIDIA sebagai motor penggerak pertumbuhan pendapatan MIDI atau nonseluler perusahaan. Akusisi MNC Play beberapa waktu lalu juga turut berkontribusi.

    Sebagai penyedia GPUaaS, Indosat menyiapkan infrastruktur GPU yang fleksibel, sesuai kebutuhan pelanggan korporasi.

    “Kepercayaan level Indosat bagi pelanggan enterprise sangat tinggi, karena kami dipilih dan dipercaya oleh Nvidia sebagai satu-satunya penyedia layanan GPU di Indonesia,” kata Steve kepada Bisnis, Selasa (5/11/2024). 

    Steve mengatakan pada 9 bulan pertama 2024, perusahaan telah bekerja sama dengan lebih dari 10 perusahaan besar perihal pemanfaatan GPUaaS. Utilisasi kapasitas GPU Nvidia telah terpakai sekitar 30-40%. 

    Indosat berupaya untuk terus mendorong layanan NVIDIA dan membawa AI yang berdaulat, yaiitu AI yang diisi oleh talenta Indonesia, berada di Indonesia dan untuk Indonesia. 

    Visi AI berdaulat ini, kata Steve, juga sejalan dengan visi NVIDIA yang meyakini bahwa setiap negara memiliki kebijakan berbeda-beda terkait AI. Oleh sebab itu, teknologi AI perlu dikelola di tempat layanan AI berada. 

    Untuk mewujudkan visi tersebut, kata Steve, Nvidia hanya menunjuk satu perusahaan pada setiap negara untuk memiliki layanan GPU mereka. 

    “Seperti kita ketahui bahwasanya setiap pemerintah mendorong adanya kedaulatan data di negaranya masing-masing, agar patuh dengan peraturan tersebut Nvidia bekerjasama dengan permain lokal yang dipercaya,” kata Steve.  

    Sementara itu, Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison Danny Buldansyah mengatakan Nvidia masuk ke Tanah Air pada Februari 2024. Indosat dan Nvidia terus mempersiapkan diri hingga akhirnya implementasi pada Agustus 2024, layanan GPU Nvidia dapat dipasarkan di Indonesia bekerja sama dengan Indosat. 

    Dia mengatakan bahwa utilisasi GPU Nvidia di Indonesia sangat pesat dengan posisi per 22 Oktober 2024 telah mencapai 40% dari total kapasitas 1.000 GPU. Artinya ada 400 GPU yang telah tersewa dan digunakan oleh klien Indosat. 

    “Kami memasang sekitar 1.000 GPU, kemungkinan besar pada kuartal I/2025 sudah habis terpakai semua. Sekarang saja sudah ada yang memesan 200 GPU sekali memesan,” kata Danny kepada Bisnis, Selasa (22/10/2024).  

    Danny mengatakan pertambangan menjadi sektor utama yang menyewa kapasitas GPU pada Oktober 2024. Selanjutnya, sektor finansial khususnya perbankan. 

    Adapun untuk 2025, Indosat bakal membidik klien di sektor pemerintah untuk menggunakan GPU AI Nvidia. 

    “Kalau habis kami akan order lagi, permintaannya sangat besar sekali,” kata Danny. 

    Sekadar informasi, Indosat menyiapkan capex hingga Rp12,7 triliun pada 2024. Perseroan mulai serius mengembangkan artificial intelligence (AI) bersama dengan Huawei dan Nvidia.

    Perusahaan melakukan berbagai kerja sama strategis dengan berbagai mitra berskala global, mulai dari peluncuran pusat pameran inovasi, Indosat Marvelous Xperience (MX) Center, hingga kerja sama strategis dalam pengelolaan pusat data berteknologi tinggi.

    Tumbuh di Tengah Deflasi

    Sementara itu untuk bisnis seluler, Indosat mencatatkan pendapatan sebesar Rp35,23 triliun atau tumbuh sekitar 9,5% secara tahunan. Pertumbuhan tersebut terjadi di tengah deflasi 5 bulan berturut-turut yang menerpa Indonesia. 

    Adapun secara total pendapatan yang dibukukan Indosat tercatat sebesar Rp41,81 triliun atau tumbuh 11,6% YoY. Sekitar 84% dari total pendapatan berasal dari seluler, Sekitar 15% dari segmen korporasi dan 1% dari komunikasi tetap. 

    Kemudian, jika dibandingkan dengan pertumbuhan pendapatan yang dicatatkan PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM), maka pertumbuhan pendapatan Indosat cukup gemilang di mana Telkom pada periode yang sama hanya mampu tumbuh 0,9% YoY atau bertambah sekitar Rp1 triliun. 

  • Donald Trump Menang Pilpres AS, Petaka Besar Buat China

    Donald Trump Menang Pilpres AS, Petaka Besar Buat China

    Jakarta, CNBC Indonesia – Jika Donald Trump terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat (AS), China akan menghadapi petaka besar di sektor teknologi. 

    Para eksekutif perusahaan teknologi di China mengatakan, gaya kepemimpinan Trump yang tidak terduga dapat memberikan hukuman lain bagi industri yang kini sudah dikenakan sanksi pembatasan ekspor pada pemerintahan Joe Biden.

    Seperti diketahui, Trump memulai perang dagang China-AS selama masa jabatannya sebagai presiden pada 2017-2021. Trump melarang ekspor teknologi milik perusahaan AS ke China dengan alasan praktik perdagangan yang tidak adil dan keamanan nasional. Belum lagi pengaruh Trump kepada negara sekutu yang membuat mereka ikut memblokir teknologi dari China.

    Dalam survei pemilih, ia imbang dengan saingannya dari Partai Demokrat, Kamala Harris, yang diharapkan para eksekutif dapat melanjutkan kebijakan petahana untuk melakukan perubahan bertahap dan berkala pada kontrol ekspor teknologi. Ketepatan membuat Harris menjadi pilihan utama bagi banyak eksekutif.

    Para analis memberikan gambaran tentang bagaimana sektor teknologi China mengukur masa depan di bawah presiden berikutnya.

    Setengah dari analisis menganggap kemenangan Trump sebagai hal yang negatif dalam jangka pendek, karena kemungkinan yang lebih besar untuk mengintensifkan kontrol ekspor dan sanksi terhadap sektor semikonduktor China.

    Selama masa jabatan Trump sebagai presiden, ia mengenakan tarif pada barang-barang China senilai miliaran dolar dan memberikan sanksi kepada konglomerat termasuk pembuat chip SMIC dan produsen telekomunikasi Huawei.

    “Sebagai pemrakarsa peningkatan komprehensif dalam pengendalian sains dan teknologi China, jika Trump kembali berkuasa industri semikonduktor domestik mungkin akan semakin ditekan,” tulis perusahaan pialang Topsperity Securities yang berbasis di Shanghai, dikutip dari Reuters, Senin (4/11/2024).

    Sementara itu Material Energy Times, mengatakan kebijakan unilateralis Trump mungkin juga akan menghadapi tantangan dan ketidak-kerjasamaan dari komunitas internasional.

    Sementara kebijakan yang akan diwarisi Harris dari Presiden Joe Biden berdampak dalam waktu jangka panjang, terkoordinasi, dan dapat diprediksi. Ini dapat membuat industri lebih stabil tapi lebih lama bagi industri semikonduktor China untuk kembali berdagang normal dengan AS.

    Terlepas dari siapa yang memenangkan pemilihan Presiden AS, sektor teknologi China jauh lebih berfokus pada produksi dalam negeri dan mandiri dibandingkan saat Trump atau Biden menjabat, menurut analis dan tinjauan data Reuters.

    (fab/fab)

  • Huawei Mate 70 Dirilis November 2024, Bakal Punya Spesifikasi Tercanggih

    Huawei Mate 70 Dirilis November 2024, Bakal Punya Spesifikasi Tercanggih

    Bisnis.com, JAKARTA – November ini, Huawei dikabarkan akan merilis ponsel pintar baru seri Mate 70.

    Keterangan yang diberikan oleh seorang pejabag internal, mengatakan bahwa ponsel ini sudah ancang-ancang rilis dalam spesifikasi yang sangat canggih.

    Sebelumnya dalam laporan Yicai Global menunjukkan bahwa banyak komponen untuk seri Mate 70 telah dipasok ke Huawei. Hal ini mengisyaratkan produksi massal segera dilakukan.

    Jajaran ponsel Mate 70 dikatakan akan menjadi salah satu perangkat pertama yang menggunakan HarmonyOS NEXT, sistem operasi yang dikembangkan sendiri oleh Huawei.

    Seperti seri produk yang dikeluarkan tahun lalu, seri Mate 70 diperkirakan meliputi empat model, yaitu Mate 70, Mate 70 Pro, Mate 70 Pro+, dan Mate 70 Ultimate Design.

    Detail spesifikasi Huawei Mate 70 disebutkan bahwa produk akan memiliki pemindai sidik jari optik ke ultrasonik.

    Sidik jari tersebut pun mendapat peningkatan kecepatan dan keandalan pembacaan sensor, yan bahkan bisa dibaca dengan jari basah.

    Smart Pikachu, pembocor teknologi di platform media sosial Weibo, sebelumnya menyebutkan bahwa beberapa ponsel keluaran tahun ini seperti Oppo Find X8 Ultra, Xiaomi 15 Ultra, Samsung Galaxy S25 Ultra, dan Vivo X200 Ultra mungkin juga akan menghadirkan sensor sidik jari ultrasonik Qualcomm.

    Diduga, Huawei Mate 70 akan memiliki desain kamera yang sama dengan seri produk sebelumnya, tetapi dengan sensor tambahan baru.

    Menurut pembocor informasi teknologi Digital Chat Station, seri Mate 70 mungkin saja menggunakan chipset lebih hemat energi yang dipasangkan dengan baterai silikon-anoda berkepadatan tinggi dan dukungan untuk variabel aperture di kamera utama 50MP.

    Kemudian untuk baterainya, akan diberikan baterai silikon-anoda yang memungkinkan perangkat mempertahankan bentuk yang ramping dan ringan sekaligus meningkatkan kapasitas baterai.

  • Huawei MatePad Pro 12.2 Hadir di Indonesia: Tablet Serba Bisa untuk Pekerja dan Kreator Konten – Page 3

    Huawei MatePad Pro 12.2 Hadir di Indonesia: Tablet Serba Bisa untuk Pekerja dan Kreator Konten – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Huawei telah resmi mengumumkan ketersedian Huawei MatePad Pro 12.2 untuk pasar Indonesia. Kehadiran tablet ini pertama kali diungkap pada awal Oktober 2024.

    Huawei MatePad Pro terbaru ini diklaim menawarkan pengalaman yang lebih dari sekadar laptop. Klaim itu bukannya tanpa alasan, karena tablet ini menawarkan kenyamanan penggunaan, fleksibilitas, hingga desain premium.

    Berbekal kemampuan itu, MatePad Pro 12.2 pun disebut memadai untuk menunjang kebutuhan para profesional serta kreator konten. Selain itu, tablet ini juga dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni.

    Bicara soal kenyamanan dan fleksibilitas, tablet ini memiliki bobot yang ringan yakni 508 gram dan ketebalan hanya 5,5m. Karenanya, pengguna yang memiliki mobilitas tinggi bisa dengan mudah membawa perangkat ini ke mana saja.

    Sementara untuk memenuhi kebutuhan produktivitas pengguna, Huawei MatePad Pro 12.2 telah dilengkapi aplikasi eksklusif seperti PC-Level WPS Office.

    Dengan aplikasi eksklusif, pengguna bisa mengerjakan, mengedit, hingga mengelola dokumen layaknya memakai laptop. Jadi, kebutuhan terkait olah dokumen bisa dikerjakan langsung melalui tablet ini.

    Kemampuan itu pun membantu pengguna untuk bisa meningkatkan proses kreativitas mereka, terutama dalam hal kebutuhan mengolah dokumen. Sebab, seluruh aktivitas olah dokumen dapat dilakukan di tablet Huawei ini.

    Sebagai tambahan, Huawei juga menghadirkan Glide Keyboard generasi terbaru yang kompatibel dengan tablet ini.

    Keyboard Huawei MatePad Pro 12.2 ini turut dilengkapi touchpad dan slot penyimpanan magnetik untuk stylus, sehingga menunjang produktivitas sehari-hari.

    Yang menarik, engsel keyboard ini dapat dibuka hanya dalam satu langkah dan memiliki engsel yang memungkinkan pengaturan sudut kemiringan sesuai kenyamanan pengguna.

    Kemampuan ini membuat pengalaman memakai MatePad Pro terasa seperti laptop.

    Keyboard ini juga sudah menggunakan bahan anti noda. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir jika keyboard ini terkena tumpahan kopi atau saos, karena dapat dibersihkan dengan mudah.

     

  • Oppo Tak Laku, HP di China Nomor Satu Bukan Xiaomi-Huawei

    Oppo Tak Laku, HP di China Nomor Satu Bukan Xiaomi-Huawei

    Jakarta, CNBC Indonesia – Dalam laporan IDC, tidak ada nama Oppo dalam lima besar smartphone dengan penjualan terbaik di China. Sementara itu Vivo berada di posisi pertama daftar tersebut.

    Vivo tercatat mengalami pertumbuhan penjualan 21,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Market share perusahaan pada kuartal III-2024 mencapai 18,6%.

    Apple berada di urutan kedua. Ini menjadi capaian terbaru perusahaan asal Cupertino Amerika Serikat (AS) yang sempat keluar dari 5 besar.

    Dalam laporan IDC, market share Apple di China mencapai 15,6%. Namun pertumbuhan penjualan tercatat -0,3%.

    Huawei berada di posisi ketiga turun dari ranking kedua pada kuartal sebelumnya. Kendati demikian pertumbuhan raksasa teknologi itu jadi yang terbesar mencapai 42%.

    Oppo tidak ada dalam lima besar laporan tersebut. Turun dari peringkat ketiga pada kuartal II-2024 lalu dengan penurunan 2,7% dari periode yang sama tahun 2023.

    Xiaomi dan Honor ada di urutan ke empat dan kelima. Xiaomi mencatatkan pertumbuhan 12,8% dalam setahun dan Honor menurun 22,5% yoy.

    Di China sendiri dilaporkan sebanyak 68,8 juta unit smartphone terjual. Pertumbuhan pasar 3,2%, menjadi tren positif selama empat kuartal berturut-turut.

    “Meski menghadapi tantangan ekonomi, konsumen termotivasi untuk membeli smartphone baru setelah tiga tahun mengalami penurunan,” kata periset senior di IDC China, Arthur Guo.

    (dem/dem)