brand merek: Huawei

  • Apple Investasi Rp 16 Triliun di Indonesia, Menperin: Tidak Cukup

    Apple Investasi Rp 16 Triliun di Indonesia, Menperin: Tidak Cukup

    Jakarta

    Apple dikabarkan hendak berinvestasi USD1 miliar atau sekitar Rp 16 triliun di Indonesia. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menanggapi hal tersebut.

    “Kemarin saya sudah sampaikan bahwa dalam pandangan kami di Kemenperin, USD 1 miliar itu tidak cukup,” ujarnya usai bertemu perwakilan Apple di Kantor Kemenperin, Selasa sore (7/1/2025).

    Pun menilai kurang, Agus tidak menyebutkan berapa angka investasi yang tepat agar Apple dapat menjual iPhone 16 di Indonesia. Dia hanya memastikan pihaknya sudah menerima proposal investasi dan tengah dikaji oleh tim Kemenperin yang dipimpin oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE), Setia Diarta.

    Agussempet bertemu 30 menit dengan Nick Amman selaku Vice President of Global Policy Apple. Dalam pertemuan tersebut Menperin menyampaikan apa yang menjadi perhatian pemerintah.

    Salah satunya empat aspek berkeadilan disampaikan disampaikan agar iPhone 16 bisa dijual di Indonesia.

    “Masyarakat mendukung kami agar bisa menjaga regulasi yang kami tetapkan berkaitan dengan TKDN. Dan oleh sebab itu yang tetap kami jaga prinsipnya adalah prinsip keadilan. Ini mungkin sudah kesekian kalinya saya sampaikan,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kemenperin, Jakarta.

    Prinsip pertama berapa besar investasi Apple di negara lain, seperti di India dan Vietnam. Lalu seberapa besar investasi dari produsen handphone, komputer genggam, dan tablet (HKT).

    “Sebut saja perusahaan Samsung di Indonesia berapa sudah (investasi). Huawei berapa, Xiaomi berapa,” kata Agus.

    Prinsip berkeadilan ketiga adalah berapa besar nilai tambah yang diciptakan. Selain itu berapa pemasukan yang bakal diterima negara dari investasi tersebut.

    “Keempat dan menjadi paling penting, penciptaan lapangan kerja di Indonesia,” kata Agus.

    Menperin pun menegaskan kendati saat ini sedang berlangsung pembahasan proposal antara Kemenperin dan Apple belum tentu akan langsung terjadi kesepakatan. Artinya belum tentu iPhone 16 dapat langsung mendapatkan sertifikat TKDN.

    “Tidak ada time frame yang kita tetapkan. Bisa done deal hari ini, bisa done deal malam ini, bisa done deal besok, bisa done deal next week, bisa next month. Jadi waktu kami tidak tetapkan target,” kata Agus.

    Apple Mau Bangun Pabrik AirTag di Batam

    Foto: Andi Hidayat/detikcom

    Usai menemui Menperin Agus Gumiwang, perwakilan Apple bertemu dengan Menteri Investasi dan Hilirisasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan Roeslani pada Selasa petang (7/1/2025). Pertemuan tersebut membahas rencana raksasa teknologi asal Cupertino membangun pabrik AirTag di Batam.

    “Pada intinya mereka berbicara dan berkomitmen penuh untuk pembangunan tahap pertama AirTag USD 1 billion,” kata Rosan seperti dikutip dari detikFinance.

    Rosan mengatakan, Pemerintah juga berkomitmen untuk mengundang vendor-vendor lain. Dengan begitu, nilai investasi Apple diharapkan bisa terus meningkat.

    “Sehingga komitmen dari 1 billion dari Apple ini bisa terus meningkat. Kita harapkan kalau vendornya, tadi kita bicarakan, kalau kita lihat dengan Thailand itu kan lebih dari 23 vendor, dengan Vietnam 30 vendor lebih,” jelasnya.

    Rosan mengatakan, skema investasi yang tercapai dengan Apple sama dengan negara-negara ASEAN lainnya. Ia pun mengatakan, komitmen investasi Apple di Indonesia hari ini masih tahap awal.

    “Memang itu yang kita bicarakan. Jadi ini adalah investasi tahap awal,” terang Rosan.

    Selain itu menurut Rosan Apple sudah membidik tanah di Batam untuk membangun pabrik tersebut. Pihak Apple, menurut Rosan, Apple juga sudah memperlihatkan lokasi tanah tersebut kepada dirinya.

    “Bangun pabrik, iya. Manufacturing di Batam rencananya. Mereka sudah lihat lokasi tanahnya, tadi saya juga sudah dikasih lihat lokasi tanahnya mereka,” kata Rosan.

    Rosan mengatakan pabrik itu ditargetkan selesai pada awal tahun 2026. Namun, ia tak menyebut pasti tanggal dan bulan pembangunan pabrik dilakukan Apple.

    “(Pembangunan) tahun ini di Batam. (Bulan?) Segera. Pokoknya target tadi kita bicara early 2026 sudah selesai,” tegasnya.

    Rosan menambahkan pembangunan pabrik di Batam diperkirakan mampu menyerap 2.000 tenaga kerja. Selain itu, ia juga menyebut 65% kebutuhan AirTag Apple akan dipenuhi dari pabrik tersebut.

    “Dan recaranya 65% dari kebutuhan AirTag Apple 65% akan dari pabrik tersebut,” tutupnya.

    Halaman 2 dari 2

    Simak Video “Video Pemerintah Sebut Proposal Investasi Rp 1,5 T Apple Belum Berkeadilan”
    [Gambas:Video 20detik]
    (afr/afr)

  • Ingatkan Apple, Menperin Singgung Samsung dan Xiaomi

    Ingatkan Apple, Menperin Singgung Samsung dan Xiaomi

    Jakarta

    Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita bertemu dengan perwakilan Apple di kantornya, Selasa (7/1/2025). Lagi, 4 aspek berkeadilan disampaikan disampaikan agar iPhone 16 bisa dijual di Indonesia.

    “Masyarakat mendukung kami agar bisa menjaga regulasi yang kami tetapkan berkaitan dengan TKDN. Dan oleh sebab itu yang tetap kami jaga prinsipnya adalah prinsip keadilan. Ini mungkin sudah kesekian kalinya saya sampaikan,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kemenperin, Jakarta.

    Prinsip pertama berapa besar investasi Apple di negara lain, seperti di India dan Vietnam. Lalu seberapa besar investasi dari produsen handphone, komputer genggam, dan tablet (HKT).

    “Sebut saja perusahaan Samsung di Indonesia berapa sudah (investasi). Huawei berapa, Xiaomi berapa,” kata Agus.

    Prinsip berkeadilan ketiga adalah berapa besar nilai tambah yang diciptakan. Selain itu berapa pemasukan yang bakal diterima negara dari investasi tersebut.

    “Keempat dan menjadi paling penting, penciptaan lapangan kerja di Indonesia,” kata Agus.

    Menperin mengaku pertemuan dengan perwakilan Apple hanya berlangsung selama 30 menit. Ada empat orang perwakilan dari Apple, salah satunya Nick Amman, Vice President of Global Policy.

    Saat ini perwakilan Apple masih bernegoisasi proposal investasi yang disodorkan kemarin bersama tim tim teknis yang dipimpin oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE), Setia Diarta. Sayangnya Agus tidak mengungkap nilai investasi yang diajukan Apple, begitu pula substansi yang dinegoisasikan.

    “Bagian dari substansi negosiasi kan nggak bisa kita sampaikan ke publik. Nggak etis ya kalau bagian yang jadi substansi negosiasi bisa saya sampaikan ke publik sekarang, sementara mereka lagi negosiasi,” papar Agus.

    Menperin pun menegaskan kendati saat ini sedang berlangsung pembahasan proposal antara Kemenperin dan Apple belum tentu akan langsung terjadi kesepakatan. Artinya belum tentu iPhone 16 dapat langsung mendapatkan sertifikat TKDN.

    “Tidak ada time frame yang kita tetapkan. Bisa done deal hari ini, bisa done deal malam ini, bisa done deal besok, bisa done deal next week, bisa next month. Jadi waktu kami tidak tetapkan target,” kata Agus.

    “Yang kami tetapkan target itu adalah substansinya. Substansinya,” pungkas Agus

    (afr/fyk)

  • Bahas Nasib iPhone 16 di RI, Menperin Tegaskan Ini ke Bos Apple

    Bahas Nasib iPhone 16 di RI, Menperin Tegaskan Ini ke Bos Apple

    Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang menitipkan pesan kepada Apple dalam proses negosiasi yang berlangsung pada hari ini, Selasa (7/1/2025), di Kantor Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

    Agus mengatakan perwakilan Apple bertemu dengan dirinya selama 30 menit. Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan bahwa isu Apple di Indonesia menjadi perhatian masyarakat luas.

    Hingga kini, seri iPhone 16 belum bisa dibeli secara resmi karena belum ada kesepakatan bersama antara pemerintah dan Apple terkait proposal investasi raksasa Cupertino tersebut dalam memenuhi aturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di Indonesia.

    Sikap tegas pemerintah yang masih melarang iPhone 16 hingga Apple memenuhi TKDN yang berkeadilan, menurut Agus, mendapat dukungan penuh dari masyarakat.

    “Jadi pihak Apple harus tahu. Kami di Kemenperin itu melakukan negosiasi dengan Apple sebagai tugas kami. Kami diawasi oleh masyarakat. Kami tahu betul perasaan masyarakat. Perasaan itu yang harus kami jaga, pandangan masyarakat ya,” kata Agus, ditemui usai pertemuan dengan Apple.

    Agus mengatakan pada dasarnya masyarakat sangat mendukung pemerintah untuk mendorong agar Apple bisa bisa menciptakan lapangan pekerja melalui pembangunan fasilitas produksi Apple.

    “Yang ingin kami jaga adalah prinsip keadilan yang kami dasarkan dari 4 hal. Yang pertama, yaitu kami mau melihat berapa besar investasi Apple di negara lain, sebut saja Vietnam dan India. Kemudian berapa besar investasi dari produsen HKT lain di luar Apple di Indonesia, sebut saja perusahaan Samsung di Indonesia berapa sudah investasi, Huawei berapa, Xiaomi sudah berapa dan lain sebagainya,” Agus menjelaskan.

    Hingga berita ini dirilis, proses negosiasi Apple dengan pemerintah Indonesia masih terus berlangsung. Setelah bertemu Menperin, Apple saat ini bertemu dengan tim teknis.

    Lebih lanjut, Agus mengatakan pihaknya tidak menetapkan time frame untuk kesepakatan dengan Apple.

    “Bisa deal hari ini, malam ini, besok, minggu depan, atau bulan depan. Jadi waktu, kami tidak tetapkan target, yang kami tetapkan target itu adalah substansinya,” ia menjelaskan.

    (fab/fab)

  • Daftar 10 HP Tersulit dan Termudah untuk Diperbaiki

    Daftar 10 HP Tersulit dan Termudah untuk Diperbaiki

    Jakarta

    Ketika smartphone mengalami kerusakan, detikers tidak selalu harus menggantinya dengan yang baru. Opsi lain adalah memperbaiki sendiri kerusakannya atau melalui jasa servis HP.

    Tingkat kesulitan memperbaiki HP ini berbeda-beda tergantung jenis HP dan kerusakannya. Beberapa kerusakan yang biasa terjadi adalah layar pecah atau tidak responsif, baterai cepat habis, hingga HP rusak karena jatuh ke dalam air.

    Kriteria Penilaian Tingkat Kesulitan

    Dilansir dari situs Electronics Hub, periset meneliti model smartphone dari berbagai merek. Mereka memberi penilaian berdasarkan proporsi tingkat kerusakan yang mudah hingga sangat sulit.

    Beberapa kriterianya antara lain waktu perbaikan, ketersediaan suku cadang, dan dana yang dikeluarkan terlepas dari masa garansi. Kriteria lain adalah tingkat kesuksesan perbaikan serta waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki HP sampai selesai.

    10 HP Tersulit untuk Diperbaiki

    Peringkat pertama HP tersulit untuk diperbaiki adalah Google Pixel 7. Handphone ini membutuhkan waktu perbaikan rata-rata 60,3 menit dengan tingkat kesulitan 100%.

    Selanjutnya adalah Samsung Galaxy Note 10 yang membutuhkan waktu rata-rata 58,4 menit. Pada posisi ketiga ada iPhone SE (3rd Gen) yang membutuhkan waktu perbaikan rata-rata 55,6 menit.

    Berikut daftar 10 HP yang paling sulit diperbaiki adalah:

    Google Pixel 7 (waktu perbaikan 60,3 menit, tingkat kesulitan 100%)Samsung Galaxy Note 10 (waktu perbaikan 58,4 menit, tingkat kesulitan 100%)iPhone SE 3rd Gen (waktu perbaikan 55,6 menit, tingkat kesulitan 100%)Redmi Note 7 (waktu perbaikan 53,8 menit, tingkat kesulitan 100%)Xiaomi Mi 9 (waktu perbaikan 53,6 menit, tingkat kesulitan 100%)Huawei P30 Pro (waktu perbaikan 53 menit, tingkat kesulitan 100%)Redmi Note 11 Pro (waktu perbaikan 45,4 menit, tingkat kesulitan 100%)Google Pixel 3a XL (waktu perbaikan 45 menit, tingkat kesulitan 100%)Samsung Galaxy A72 (waktu perbaikan 43,5 menit, tingkat kesulitan 100%)Samsung Galaxy A53 5G (waktu perbaikan 40,5 menit, tingkat kesulitan 100%).10 HP Termudah untuk Diperbaiki

    Sebaliknya, daftar HP atau smartphone termudah untuk diperbaiki adalah Motorola Moto G7 yang dirilis pada 2019. HP ini membutuh waktu perbaikan rata-rata 25 menit dengan tingkat kemudahan 50%, yakni untuk penggantian layar LCD rusak.

    Pada urutan selanjutnya ada Samsung Galaxy A40 yang memakan waktu perbaikan rata-rata 32,6 menit dengan tingkat kemudahan 42,9%. Pada posisi ketiga ada Samsung Galaxy S22 Ultra yang perlu waktu rata-rata 48,1 menit dengan tingkat kemudahan 33,3%..

    Berikut daftar 10 HP paling mudah diperbaiki atau diservis:

    Motorola Moto G7 (waktu perbaikan 25 menit, tingkat kemudahan 50%)Samsung Galaxy A40 (waktu perbaikan 32,6 menit, tingkat kemudahan 42,9%)Samsung Galaxy S22 Ultra (waktu perbaikan 48,1 menit, tingkat kemudahan 33,3%)iPhone 11 Pro Max (waktu perbaikan 63,2 menit, tingkat kemudahan 30%)iPhone 13 (waktu perbaikan 67,8 menit, tingkat kemudahan 25%)Xiaomi Poco M3 (waktu perbaikan 35,6 menit, tingkat kemudahan 20%)OnePlus Nord 2 5G (waktu perbaikan 44,1 menit, tingkat kemudahan 20%)iPhone 14 (waktu perbaikan 47,7 menit, tingkat kemudahan 20%)Xiaomi Poco F3 (waktu perbaikan 51,2 menit, tingkat kemudahan 20%)iPhone 12 (waktu perbaikan 72,2 menit, tingkat kemudahan 20%).

    Itulah tadi 10 HP dalam kategori tersulit dan termudah untuk diperbaiki. Informasi ini mungkin bisa jadi pertimbangan bagi detikers yang berencana memiliki HP baru.

    (bai/row)

  • Pangsa Pasar Apple di RI Jelang Pertemuan dengan Kemenperin

    Pangsa Pasar Apple di RI Jelang Pertemuan dengan Kemenperin

    Bisnis.com, JAKARTA – Apple menjadi salah satu produsen smartphone yang memiliki pasar cukup besar di Indonesia, khususnya segmen premium. Dengan produk andalannya, iPhone, Apple berusaha mengganggu dominasi dari Samsung, Xiaomi, hingga Oppo. 

    Ketua Umum Idiec Tesar M. Sandikapura mengatakan secara total, pasar iPhone di Indonesia belum terlalu besar. Namun secara nilai pendapatan yang masuk ke kantong Apple, diduga lebih tinggi dibandingkan kompetitor. 

    Apple memiliki strategi mengincar pasar kelas atas dengan menawark smartphone iPhone yang dibanderol seharga Rp7 juta ke atas. 

    “iPhone lebih mahal harganya dan main di kelas atas,” kata Tesar kepada Bisnis, Selasa (7/1/2024).

    Tesar menambahkan dengan pasar premium yang dimiliki, Apple dinilai menganggap Indonesia sebagai pasar yang penting. 

    Apple tidak ingin kehilangan pasar RI sehingga mereka memilih untuk bernegosiasi kembali dengan Kementerian Perindustrian guna memenuhi kewajiban TKDN dan dapat memasarkan iPhone 16 yang saat ini masih diblokir. 

    Adapun merujuk pada data sejumlah lembaga survei, pasar Apple di Indonesia masih tertinggal oleh Samsung, Oppo, dan Xiaomi. Hal tersebut disebabkan Apple tidak banyak bermain di segmen menengah ke bawah. Apple tidak memiliki smartphone seharga Rp1 jutaan atau Rp2 jutaan. 

    Berikut pasar Apple di Indonesia dilansir dari berbagai sumber:

    Data pangsa pasar smartphone di Indonesia Kuartal III/2024:

    Sumber: Statista

    Oppo – 17,1% 

    Samsung – 16,43% 

    Xiaomi – 13,62%

    Vivo – 13,2%

    Apple – 12,36% 

    Realme – 6,6%

    Infinix – 4,79%

    Itel – 0,5%

    Tecno – 0,37%

    Unknown – 14,03%

    Data pangsa pasar smartphone di Indonesia Desember 2024:

    Sumber: Statcounter

    Oppo – 18,7% 

    Samsung – 17,14% 

    Xiaomi – 14,79%

    Vivo – 13,69%

    Apple – 10,55% 

    Realme – 7,04%

    Infinix – 4,83%

    Itel – 0,46%

    Tecno – 0,33%

    Other – 1,16%

    Unknown – 11,96% 

    Anjlok di China

    Sementara itu, Apple mencatatkan penurunan penjualan di pasar global, termasuk di China. 

    Data China Academy of Information and Communications Technology (CAICT) mengungkapkan pengapalan smartphone merek asing, termasuk iPhone, turun menjadi 3,04 juta pada November 2024 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang sebanyak 5,76  juta. Penurunan tersebut setara dengan 47,4% secara tahunan. 

    Apple menyiasati rencana tersebut dengan melakukan diskon besar-besaran. Namun langkah itu sia-sia. Apple tidak mampu menarik masyarakat China membeli perangkat mereka. 

    Apple bersaing dengan ketat dengan Huawei untuk menjual perangkat premium mereka pasar. 

  • Mobil Honda Bakal Pakai Teknologi Huawei

    Mobil Honda Bakal Pakai Teknologi Huawei

    Jakarta

    Mobil Honda yang dibuat untuk pasar Cina akan mengadopsi sistem mengemudi cerdas dari Huawei untuk memenuhi harapan para investor Jepang. Mobil pertama yang akan mengadopsi sistem bantuan mengemudi ini adalah Ye S7 dan Ye P7.

    Ye adalah merek mobil listrik yang dibuat oleh Honda untuk pasar Cina. Awalnya, Honda berencana untuk meluncurkan dua model Ye tahun lalu: Crossover S7 dan P7. Mobil-mobil tersebut sebenarnya adalah dua varian yang sedikit berbeda dari satu model, yang dibuat oleh perusahaan patungan Honda yang berbeda.

    Perusahaan patungan Dongfeng-Honda akan membangun Ye S7, dan GAC Honda akan membuat Ye P7. Seperti yang dilaporkan media carnewschina, kedua SUV ini tidak memenuhi ekspektasi para investor Jepang. Jadi, Honda meminta bantuan Huawei.

    Sebelumnya, merek Honda Ye bekerja sama dengan Huawei di bidang kokpit cerdas. Sistem mengemudi cerdas dari model Ye datang langsung dari Honda. Menurut sumber tersebut, peluncuran model Ye ditunda hingga Q1 2025.

    “Komunikasi pemasaran dan teknologi cerdas merek Ye belum memenuhi ekspektasi psikologis para investor Jepang Honda,” tulis media kr32.

    Untuk meningkatkan nilainya di mata investor, Honda bekerja sama dengan Huawei untuk mengadopsi solusi Huawei Intelligent Driving.

    Huawei adalah salah satu pemasok sistem bantuan mengemudi terbesar di Cina. Sistem Qiankun ADS terbarunya dikatakan hampir sama dengan pengemudi manusia yang berpengalaman. Sistem ini mendukung Navigation Cruise Assist (NCA) dari tempat parkir ke tempat parkir. Huawei memasok solusi ini ke perusahaan-perusahaan seperti Dongfeng, Changan, GAC, BAIC, Seres, Chery, dan JAC.

    Jadi, model Honda Ye pertama akan mengadopsi sistem bantuan mengemudi Huawei. Di masa depan, model-model ini juga akan menawarkan sistem Honda Sensing 360+ secara paralel dengan solusi Huawei.

    Honda adalah salah satu merek terlaris di China selama bertahun-tahun. Namun, volume penjualannya menurun lebih dari 30% pada Januari-November 2024 (769.547 unit dalam 11 bulan pada 2024 dan 1.064.975 unit dalam 11 bulan pada 2023), menurut China EV DataTracker. Situasi ini terutama disebabkan oleh meningkatnya permintaan akan kendaraan energi baru yang cerdas. Honda mencoba menjawab tren ini dengan meluncurkan merek e:N di Cina. Namun, hal itu tidak berhasil.

    Saat ini, Honda bertujuan untuk pulih kembali di Cina dengan merek Ye. Model-modelnya dibuat secara independen oleh tim R&D dengan usia rata-rata 32 tahun. Pemasok utama Ye termasuk CATL, Huawei, dan iFlytek. Fitur utama dari crossover Ye S7 dan Ye P7 adalah AR-HUD 40 inci dan baterai NMC terner 89,8 kWh.

    (riar/din)

  • Bukan Huawei, Honor Ingin Lawan Samsung dan Apple di Indonesia – Page 3

    Bukan Huawei, Honor Ingin Lawan Samsung dan Apple di Indonesia – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Honor yang sebelumnya dikenal sebagai sub-brand dari Huawei, kini telah mengukuhkan diri menjadi perusahaan independen. Huawei telah menjual merek Honor kepada konsorsium perusahan-perusahaan Tiongkok pada 2020.

    Saat itu, pendiri Huawei Ren Zhengfei, menginginkan Honor menjadi pesaing terbesar Huawei setelah “perceraian” mereka. Menurut dia, para karyawan Honor harus termotivasi dengan keinginan menggulingkan mantan perusahaan induknya itu.

    Namun menariknya, saat comeback ke pasar Indonesia, Honor tak ingin melawan Huawei dengan alasan bahwa perusahaan memiliki fokus yang berbeda dari sebelumnya.

    “Di masa lalu, upaya kami di pasar Indonesia merupakan proses coba-coba. Pertama, kami berinvestasi di pasar kelas bawah, hanya mengejar pertumbuhan volume, dan strategi tersebut diulang-ulang sehingga menyebabkan penyesuaian struktur tim yang sering terjadi, yang pada akhirnya gagal mencapai hasil bisnis yang baik,” ujar President of Honor South Pacific, Justin Li, kepada Tekno Liputan6.com, Selasa (7/1/2025).

    Ia menuturkan, strategi utama Honor di Indonesia saat ini adalah fokus pada segmen menengah-atas dan ekosistem penuh, bersaing dengan Samsung dan Apple, serta memberikan konsumen lebih banyak pilihan.

    “Saat ini, ruang high-end Indonesia sekitar 15 poin, yang pada dasarnya adalah Samsung dan iPhone. Kami menargetkan ruang pasar ini, untuk bersaing dengan Apple dan Samsung guna memberikan pengguna pilihan baru,” ucapnya optimistis.

    Perusahaan yang tak lagi di bawah bayang-bayang Huawei tersebut akan fokus pada produk menengah-atas dan memberikan konsumen lebih banyak pilihan melalui teknologi inovatif dan pengalaman yang luar biasa.

    Justin mengungkapkan, perusahaan tidak hanya akan meluncurkan ponsel flagship dan produk layar lipat, tetapi juga menghadirkan 20-30 produk ekosistem penuh yang mencakup tablet, komputer, perangkat wearable, produk audio, dan lain sebagainya.

    “Batch pertama produk akan resmi dirilis pada Kuartal 1 tahun 2025, di mana HP Honor layar lipat akan menjadi salah satu produk baru pertama,” tukasnya.

     

  • Bos Honor Ungkap Alasan Comeback ke Indonesia dan Rencana Boyong 30 Produk Sepanjang 2025 – Page 3

    Bos Honor Ungkap Alasan Comeback ke Indonesia dan Rencana Boyong 30 Produk Sepanjang 2025 – Page 3

    Justin menerangkan, strategi utama Honor di Indonesia adalah fokus pada segmen menengah-atas dan ekosistem penuh, bersaing dengan Samsung dan Apple, serta memberikan konsumen lebih banyak pilihan.

    “Saat ini, ruang high-end Indonesia sekitar 15 poin, yang pada dasarnya adalah Samsung dan iPhone. Kami menargetkan ruang pasar ini, untuk bersaing dengan mereka guna memberikan pengguna pilihan baru,” ucapnya optimistis.

    Perusahaan yang tak lagi di bawah bayang-bayang Huawei tersebut akan fokus pada produk menengah-atas dan memberikan konsumen lebih banyak pilihan melalui teknologi inovatif dan pengalaman yang luar biasa.

    Ia mengungkapkan, perusahaan tidak hanya akan meluncurkan ponsel flagship dan produk layar lipat pada 2025, tetapi juga menghadirkan 20-30 produk ekosistem penuh yang mencakup tablet, komputer, perangkat wearable, produk audio, dan lain sebagainya.

    “Batch pertama produk akan resmi dirilis pada Kuartal 1 tahun 2025, di mana HP layar lipat akan menjadi salah satu produk baru pertama,” tukasnya.

    Terkait penjualan produk, Honor akan bekerja sama dengan Erajaya secara offline untuk mendirikan zona Honor di toko-toko utama di kota-kota penting di Indonesia, dan berencana untuk membuka 10 experience store Honor tahun ini.

    “Pada saat yang sama, kami juga akan mengoptimalkan pengalaman belanja online konsumen menengah-atas,” tutur Justin.

     

  • HP China Ramai-ramai Tinggalkan Android, Ini Bukti Terbarunya

    HP China Ramai-ramai Tinggalkan Android, Ini Bukti Terbarunya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Merek HP asal China kini ramai-ramai tinggalkan Android. Mereka memilih untuk membangun sistem operasi (OS) sendiri, seperti yang dilakukan Honor, Huawei dan Xiaomi.

    President of Honor South Pacific Justin Li mengatakan, Honor memiliki sistem operasi sendiri, MagicOS.

    “Honor memiliki sistem operasi sendiri, MagicOS, yang berbasis pada platform Android tetapi menggunakan teknologi kernel yang dikembangkan secara independen,” ujar Li kepada CNBC Indonesia, Senin (6/1/2025)

    Pada Oktober 2024, Honor meluncurkan sistem operasi AI full-scenario personalisasi pertama di industri, Honor MagicOS 9.0. Sistem operasi ini menghadirkan mode interaksi baru, pengalaman layanan, dan paradigma ekosistem ke industri terminal pintar.

    Xiaomi juga dikabarkan sedang membangun sistem operasi sendiri untuk smartphone masa depannya. Perusahaan akhirnya mulai meluncurkan HyperOS yang menggantikan peran MIUI pada 2023 lalu.

    Sistem operasi tersebut memang masih bergantung pada Android milik Google. Namun, HyperOS bisa dibilang sudah lebih mandiri. Sistem operasi ini merupakan bentuk ‘fusion’ dari Android dan platform Internet of Things (IoT) milik Xiaomi yang dinamai Vela.

    Dengan HyperOS, pengguna bisa menikmati pengalaman yang lebih mulus dan menyatu saat menggunakan smartphone, smartwatch, dan smart TV. Inisiatif ini bertujuan menyederhanakan kehidupan pengguna saat menjajal berbagai produk Xiaomi.

    HyperOS sejauh ini belum ‘membangkang’ ke Android, melainkan masih menjalin hubungan simbiotik, dikutip dari Gizmochina. Namun, tak menutup kemungkinan ke depannya Xiaomi makin ambisius untuk menjadi mandiri, mengikuti langkah Huawei.

    Di lain sisi, HarmonyOS milik Huawei sudah benar-benar mandiri dan lepas dari ekosistem Google, setelah mendapat sanksi tegas dari Amerika Serikat (AS).

    Meski mengalami jalan terjal untuk mempromosikan HarmonyOS tanpa dukungan Android, tetapi Huawei mulai menunjukkan kebangkitan setelah merilis Mate 60 Pro yang laris manis di pasaran.

    Tak mudah memang mengalahkan dominasi Android. Saat ini, pangsa pasar sistem operasi mobile masih dikuasai Android sebesar 70%. Bahkan, iOS milik Apple masih mengambil porsi yang sangat kecil.

    (dem/dem)

  • Lobi Apple ke RI Berlanjut saat Penjualan iPhone di China Meredup

    Lobi Apple ke RI Berlanjut saat Penjualan iPhone di China Meredup

    Bisnis.com, JAKARTA – Apple bakal mengirim perwakilannya untuk bernegosiasi dengan Kementerian Perindustrian hari ini, Selasa (7/1/2025). Pemerintah menagih komitmen Tim Cook untuk menggelontorkan investasinya di Indonesia, pasar terbesar di Asia Tenggara.  

    Pada 2 Januari 2025, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pihaknya sudah mengundang petinggi dari kantor pusat perusahaan Amerika Serikat (AS) tersebut sejak 2 bulan yang lalu untuk datang ke Indonesia dan bernegosiasi dengan Kemenperin. 

    “Alhamdulillah, Apple akan mengirim high level official langsung dari Amerika untuk bernegosiasi dengan Kemenperin 7-8 Januari,” kata Agus.

    Kendati demikian, Agus menegaskan bahwa hingga saat ini Kemenperin belum menerima proposal resmi Apple tentang rencana investasi US$1 miliar atau setara Rp16 triliun untuk pembangunan fasilitas produksi di Indonesia. 

    Menurut dia, wacana tersebut diutarakan Apple melalui pihak lain sehingga Kemenperin tidak bisa menganggap komitmen tersebut sebagai proposal resmi. Kendati dia tak memungkiri rencana investasi Apple itu telah dipelajari pemerintah dan terdapat banyak catatan yang mesti disampaikan secara langsung dengan raksasa teknologi tersebut. 

    “Apple juga sudah sampaikan ke Kemenperin bahwa sesuai keinginan Kemenperin untuk bernegosiasi langsung dengan pihak headquarter, mereka akan kirim Nick Aikman untuk datang ke Kemenperin untuk bernegosiasi,” ujarnya. 

    Dalam hal ini, Agus menegaskan kembali untuk memenuhi syarat penjualan produk handphone, komputer, dan tablet (HKT) yang diimpor maka perusahaan harus memenuhi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang ditentukan pemerintah yakni sebesar 35%. 

    CEO Apple Tim CookPerbesar

    Apple sejak awal memilih untuk menggunakan skema inovasi dengan membangun Apple Academy di empat lokasi dalam memenuhi persyaratan TKDN. Namun, perusahaan tersebut diketahui memiliki komitmen utang yang harus dibayarkan sebesar US$10 juta dalam periode 2020-2023. 

    “Walaupun mereka sudah menyampaikan proposal komitmen, Kemenperin menunggu implementasinya,” imbuhnya. 

    Ke depannya, Agus menerangkan, Apple memiliki dua opsi yaitu mengikuti skema pertama dengan perhitungan TKDN melalui pembangunan fasilitas produksi atau pabrik di Indonesia. Negosiasi investasi ini akan dilakukan melalui Kementerian Investasi/BKPM. 

    Opsi kedua yaitu mengikut skema III, yaitu skema inovasi dengan catatan harus menyerahkan proposal setiap 3 tahun (siklus 3 tahun), negosiasi melalui Kemenperin. 

    “Kalau kantor Meninves bernegosiasi apabila Apple memutuskan untuk menggunakan skema I dalam perhitungan nilai TKDN, sedangkan kalau dengan Kemenperin bernegosiasi apabila Apple memutuskan tetap menggunakan skema III dalam perhitungan nilai TKDN nya,” jelasnya.

    Apple Anjlok 

    Sementara itu, Apple mencatatkan penurunan penjualan di pasar global, termasuk di China. 

    Data China Academy of Information and Communications Technology (CAICT) mengungkapkan pengapalan smartphone merek asing, termasuk iPhone, turun menjadi 3,04 juta pada November 2024 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang sebanyak 5,76  juta. Penurunan tersebut setara dengan 47,4% secara tahunan. 

    Tampilan iPhone 15Perbesar

    Apple menyiasati rencana tersebut dengan melakukan diskon besar-besaran. Namun langkah itu sia-sia. Apple tidak mampu menarik masyarakat China membeli perangkat mereka. 

    Apple bersaing dengan ketat dengan Huawei untuk menjual perangkat premium mereka pasar. 

    Sementara itu Data Indonesia mengutip laporan IDC, melaporkan bahwa pengiriman ponsel pintar atau smartphone di dunia pada kuartal III/2024 mencapai 314,7 juta unit. Angka tersebut meningkat sebesar 3,59% dibandingkan kuartal III/2023 yang sebanyak 303,8 juta unit. 

    Samsung menjadi smartphone dengan jumlah pengiriman terbanyak di dunia pada kuartal III/2024. Jumlahnya mencapai 57,7 juta unit. Jumlah tersebut turun 3,03% dari kuartal ketiga tahun lalu sebanyak 59,5 juta unit. Pada kuartal ketiga tahun ini pangsa pasar Samsung tercatat 18,4%.

    Di posisi kedua ada Apple. Smartphone dengan pangsa pasar 18,1% itu diperkirakan melakukan pengiriman sebanyak 57 juta unit. Xiaomi menempati urutan ketiga dengan jumlah pengiriman sebanyak 42,8 juta unit di dunia. 

    Pada kuartal ketiga tahun ini, Xiaomi mencatatkan pangsa pasar 13,6%. Jumlah pengiriman ponsel pintar Xiaomi pada kuartal ketiga tahun ini lebih tinggi 3,13% dari kuartal ketiga tahun lalu