brand merek: Huawei

  • Inovasi Ketos hadirkan 7 tenant usaha baru, indikator Kota Kediri banyak diminati investor 

    Inovasi Ketos hadirkan 7 tenant usaha baru, indikator Kota Kediri banyak diminati investor 

    Sumber foto: Fendi Lesmana/elshinta.com.

    Inovasi Ketos hadirkan 7 tenant usaha baru, indikator Kota Kediri banyak diminati investor 
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 04 Juli 2025 – 16:34 WIB

    Elshinta.com – Sebagai Kota berkembang, kota  Kediri menjadi banyak dilirik  para pemilik modal untuk pengembangan bisnis usahanya. Indikator ini dapat dilihat dari semakin banyaknya para pemilik modal yang rela merogoh koceknya untuk  menyewa sebuah properti  atau tempat usaha di pusat  perbelanjaan untuk berjualan. 

    “Kita melihat sisi bisnis, kalau kemudian banyak tenant  usaha ber skala Nasional mau Internasional seperti ini. Kita  anggap investor dari luar menilai Kota Kediri masih memiliki daya beli dan geliat ekonomi yang cukup bagus.Karena mereka tidak mungkin membangun tenant  tenant  usaha seperti ini kalau tidak melikat suvey lebih dulu,” terang Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Pemkot Kediri Tetuko Erwin Sukarno  ditemui usai menghadiri kegaiatan acara pembukaan 7 tenant baru di Kediri Town Square, Kamis (3/7). 

    Selain itu Pihak Pemda menganggap semakin banyaknya para pelaku usaha yang mengembangkan bisnis di Kota Kediri, akan menjadi daya tarik bagi para pembeli untuk datang berbelanja.

     “Kami berharap nanti pembeli yang datang tidak hanya berasal dari Kota Kediri semata. tetapi juga dari wilayah  daerah lain juga . Saat mereka melakukan transaksi pembelian disni tentunya akan membawa dampak positif bagi perekonomian. Dengan bertambahnya para  pelaku usaha, saya yakin semakin banyak pembeli dari luar daerah seperti Trenggalek, Tulunganggung dan Nganjuk datang ke Kota Kediri. Setelah belanja mereka pasti mampir juga ke tempat lainya,” harapnya. 

    Tetuko Erwin Sukarno menilai para investor masih memiliki kepercayaan yang sangat tinggi untuk menjalankan usahanya  di Kota Kediri. “Saya tadi ngobrol sama mas Wanto manajer wilayah Kediri, Madiun dan Batu Malang. Beliau menyampaikan  Kota Kediri termasuk paling besar di 3 Mall milik Lipo. Secara traffict jumlah pengunjung paling besar. Sedangkan secara omset nilai belanja masyarakat paling besar juga diantara 3 Mall,”  jelasnya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Fendi Lesmana, Jumat (4/7). 

    Jika melihat kondisi peluang usaha sekarang, dengan banyaknya para pemilik  modal  yang menyewa tempat properti, tidak menutup kemungkinan  jika pusat perbelanjaan  Kediri Town Square nantinya bisa menjadi salah satu  pilihan favorit warga sebagai lokasi wisata belanja 

    Diketahui salah satu pusat perbelanjaan yang paling banyak dikunjungi saat ini adalah Kediri Town Square (Ketos), salah satu mal yang dikelola oleh operator pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia, Lippo Malls Indonesia (LMI) yang berlokasi di kota Kediri Jawa Timur, menghadirkan tujuh tenant baru yang pembukaannya dilakukan pada hari ini, Kamis, tanggal 3 Juni 2025. 

    Seluruh tenant baru ini akan berlokasi di area lobby yang baru yang terletak di Ground Floor, yang tampil dengan konsep modern untuk memberikan kenyamanan optimal bagi pengunjung. Brand-brand yang buka diantaranya adalah Oh Some, Colorbox, Celcius, Glow & Go, Huawei, Ramen Ya X Sushi Ya, yang semuanya hadir untuk pertama kalinya di kota Kediri. 

    Menempati area seluas 1.200 meter2, gerai Oh Some di Kediri Town Square menjadi salah satu gerai terbesar di Jawa Timur. Solaria, restaurant keluarga yang hadir dengan konsep baru juga membuka gerainya pada hari ini dengan menawarkan suasana baru yang lebih menarik dengan kapasitas 50 tempat duduk.

    Suwanto, selaku Mall Director Kediri Town Square,mengatakan bahwa hadirnya tujuh brand baru ini merupakan langkah awal dari transformasi yang dipersiapkan Kediri Town Square.

    “Untuk menjadikan mal kami tetap dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah perubahan gaya hidup masyarakat akan kebutuhan pusat perbelanjaan, di mana pusat perbelanjaan bukan hanya sebagai tempat berbelanja namun juga merupakan tempat wisata keluarga dan juga sebagai community public area, di mana masyarakat banyak melakukan aktivitas di mal dengan beragam aktivitas sesuai pilihan kebutuhan dan hobi,” ucapnya.  

    “Pemilihan jenis dan kategori tenant juga selaras dengan strategi dari LMI untuk terus menghadirkan brand nasional dan internasional dengan tujuan untuk meningkatkan pengalaman berbelanja dan rekreasi dari seluruh pengunjung setia Ketos,” tutup Suwanto

    Sumber : Radio Elshinta

  • iPhone 16 Diobral Habis-habisan di China, Begini Dampaknya

    iPhone 16 Diobral Habis-habisan di China, Begini Dampaknya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Penjualan iPhone di China melonjak sepanjang kuartal-II (Q2) 2025. Laporan ini menandai pertumbuhan positif penjualan iPhone untuk pertama kalinya dalam 2 tahun di China, menurut firma Counterpoint Research.

    Secara angka, penjualan iPhone di China melompat 8% di Q2 2025 secara tahun-ke-tahun (YoY). Counterpoint mengatakan pertumbuhan Apple disokong oleh promosi gila-gilaan sepanjang Mei 2025.

    Apple menggelar diskon besar untuk model iPhone 16 teranyar untuk menarik minat beli di China. Raksasa Cupertino tersebut juga meningkatkan harga untuk tukar tambah bagi beberapa model iPhone.

    “Penyesuaian harga iPhone pada Mei 2025 dilakukan pada waktu yang tepat dan membawa hasil positif. Diskon digelar seminggu sebelum festival belanja 618,” kata Ethan Qi, associate director di Counterpoint, dikutip dari CNBC International, Jumat (4/7/2025).

    Bangkitnya popularitas iPhone di China setelah digempur para pemain lokal seperti Huawei dan Xiaomi tampaknya akan disambut positif oleh para investor. Sebagai informasi, saham Apple sudah anjlok 15% sepanjang tahun ini karena tantangan bisnis bertubi-tubi.

    Apple mulai sengsara di China pada 2023, ketika Huawei menggemparkan dunia dengan menawarkan smartphone canggih berjaringan 5G. Padahal, Huawei yang mendapat sanksi keras dari AS dilarang mengakses teknologi canggih dari AS dan membuat perusahaan sempoyongan selama bertahun-tahun.

    Sejak pembuktian itu, Huawei kian moncer dan rajin meluncurkan perangkat teranyar di China. Posisinya pun menanjang ke urutan atas dan menggeser dominasi iPhone. Bahkan, iPhone sempat keluar dari daftar ‘Top 5’ HP paling laris di China.

    Counterpoint mencatat Huawei masih menduduki posisi ‘raja’ HP paling laris di China pada Q2 2025. Kemudian disusul Vivo di peringkat kedua dan Apple di urutan ketiga. Saham Huawei sudah naik 12% sepanjang 2025.

    Selain penjualan iPhone yang sempat menurun tajam di China dan beberapa negara lain, Presiden AS Donald Trump juga mengancam akan menaikkan tarif tinggi ke Apple jika tidak membangun manufaktur di AS.

    Para pakar mengatakan manufaktur iPhone di AS adalah sesuatu yang hampir tidak mungkin dilakukan. Pasalnya, rantai pasokan Apple tersebar di mana-mana dan fasilitas produksinya paling besar di China, meski belakangan mulai digenjot di India.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • China Jajah Dunia, Amerika Makin Tersingkir

    China Jajah Dunia, Amerika Makin Tersingkir

    Jakarta, CNBC Indonesia – China terus menunjukkan dominasinya di dunia teknologi, bahkan ketika tekanan dan pembatasan dari Amerika Serikat (AS) terus terjadi. Terbaru, raksasa teknologi Huawei membuka akses terhadap dua model kecerdasan buatan (AI) miliknya. Hal ini dinilai sebagai langkah strategis yang akan mempercepat ekspansi AI Huawei di ranah global. 

    Huawei mengumumkan bahwa dua model AI dari seri Pangu, serta teknologi reasoning terkait, kini tersedia secara terbuka (open-source).

    Langkah ini dinilai sebagai senjata baru China untuk memperluas pengaruhnya di bidang AI global, yang selama ini banyak didominasi oleh perusahaan-perusahaan AS seperti Google, Microsoft, dan Nvidia.

    Langkah Huawei ini juga dilakukan di tengah pembatasan keras ekspor chip AI oleh pemerintah AS. Meski dibatasi, Huawei justru memanfaatkan situasi tersebut untuk mengembangkan ekosistem Ascend, produk dan solusi AI yang dibangun di atas chip buatan sendiri, yang kini dianggap sebagai penantang serius produk Nvidia.

    “Huawei telah berkembang menjadi raksasa teknologi yang menguasai seluruh rantai pasok AI, dari chip hingga software,” ujar Paul Triolo, pakar DGA-Albright Stonebridge Group, dikutip dari CNBC Internasional, Rabu (2/7/2025).

    Strategi open-source ini memungkinkan para pengembang dan perusahaan dari seluruh dunia untuk menggunakan, menguji, dan menyesuaikan model Pangu sesuai kebutuhan masing-masing. Huawei bahkan mengundang para mitra global untuk ikut terlibat dalam pengembangan model-model tersebut.

    Ray Wang dari Constellation Research menilai strategi ini mirip dengan langkah Google yang membuka model Gemma mereka secara open-source untuk mendukung chip AI-nya sendiri.

    Namun berbeda dengan model bisnis kebanyakan perusahaan AS yang berfokus pada software, Huawei justru menjadikan AI sebagai pintu masuk untuk mendorong penjualan perangkat keras mereka.

    Ini menjadikan model bisnis Huawei lebih agresif dan komprehensif, serupa dengan strategi militer teknologi yang menguasai semua lini.

    Bukan cuma Huawei yang menggenjot strategi open-source untuk model AI. Raksasa China lainnya seperti Baidu dan Zhipu AI juga melakukan hal serupa. Bahkan, DeepSeek sudah lebih dulu melakukannya ketika meluncurkan model AI R1.

    Langkah perusahaan China yang kompak menghadirkan AI terbuka bisa mengikis dominasi teknologi AI dari AS. Apalagi, di kala China mulai terbuka, pemerintah AS justru menutup akses.

    Misalnya soal akses chip Nvidia yang dibatasi untuk perusahaan-perusahaan China. Hal ini justru memberi ruang bagi Huawei untuk tumbuh sebagai pemain utama dalam negeri, dan kini ke luar negeri.

    “Kalau AS tidak ikut bermain, Huawei sudah siap menguasai pasar China sepenuhnya,” kata CEO Nvidia, Jensen Huang, dalam pernyataan sebelumnya.

    Di negara-negara berkembang, strategi open-source Huawei juga bisa menjadi senjata utama. Dengan harga yang lebih kompetitif, serta keterbukaan dalam sistemnya, produk-produk AI Huawei dinilai akan sangat menarik bagi perusahaan dan pemerintah yang ingin mengadopsi teknologi tinggi tanpa biaya tinggi.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • China Dihukum, Amerika Ungkap Modusnya Bantu Iran

    China Dihukum, Amerika Ungkap Modusnya Bantu Iran

    Jakarta, CNBC Indonesia – Amerika Serikat (AS) terus menekan Huawei dalam kasus kriminal. AS menuduh perusahaan asal China tersebut melakukan pemerasan, pencurian teknologi, dan pelanggaran sanksi terhadap Iran.

    Pengadilan federal AS pada Selasa (1/7) dilaporkan menolak sebagian besar permohonan Huawei untuk menggugurkan dakwaan yang menjeratnya.

    Putusan yang dikeluarkan Hakim Distrik AS Ann Donnelly di Brooklyn menyebut terdapat bukti kuat bahwa Huawei mencuri rahasia dagang dari enam perusahaan AS, melakukan penipuan terhadap bank, dan terlibat dalam pemerasan korporat demi memperluas pengaruh bisnis globalnya.

    Salah satu poin penting dalam dakwaan adalah dugaan keterlibatan Huawei dalam aktivitas ilegal di Iran melalui perusahaan bernama Skycom.

    Jaksa menuduh Skycom sebagai anak usaha tak langsung Huawei yang memfasilitasi transaksi bisnis di Iran, meski negara tersebut dikenai sanksi oleh AS. Transaksi senilai lebih dari US$100 juta dilaporkan melewati sistem keuangan AS, demikian dikutip dari Reuters, Rabu (2/7/2025).

    Huawei sendiri telah mengaku tidak bersalah, dan menuding bahwa mereka menjadi target penegakan hukum yang bermotif politik. Sidang kasus ini dijadwalkan mulai pada 4 Mei 2026.

    Kasus ini merupakan bagian dari investigasi besar dalam “China Initiative”, sebuah program Departemen Kehakiman AS era Trump untuk membendung pencurian kekayaan intelektual oleh Tiongkok.

    Meski inisiatif itu dibubarkan pada 2022 oleh pemerintahan Biden, kasus Huawei tetap berlanjut.

    Huawei, yang kini telah dilarang mengakses banyak teknologi Amerika sejak 2019, membantah semua tuduhan dan menegaskan bahwa mereka tidak menimbulkan ancaman bagi keamanan nasional AS.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Cara Akses Aplikasi Favorit di HUAWEI nova 13 Pro, Mudah & Aman

    Cara Akses Aplikasi Favorit di HUAWEI nova 13 Pro, Mudah & Aman

    Jakarta

    Salah satu pertanyaan paling umum saat ganti smartphone adalah: ‘Apakah saya masih bisa pakai semua aplikasi favorit saya?’ Dengan HUAWEI nova 13 Pro, permasalahan tersebut bisa diatasi.

    Bahkan dalam situasi langka saat aplikasi belum tersedia langsung di AppGallery, pengguna tetap bisa mengaksesnya melalui GBox, solusi fleksibel dan aman dari Huawei.

    AppGallery sudah menyediakan mayoritas aplikasi favorit di Indonesia, seperti YouTube, Gmail, WhatsApp, Shopee, dan Instagram. Tapi kalau butuh aplikasi seperti Netflix, Genshin Impact, atau Halodoc, GBox siap bantu.

    Cara pakainya mudah:

    1. Cari ‘GBox’ di AppGallery dan install
    2. Buka GBox dan cari aplikasi yang dibutuhkan (misalnya Netflix atau Play Store)
    3. Klik install seperti biasa
    4. Masuk dengan akun Google-langsung bisa digunakan.

    Dengan kombinasi AppGallery dan GBox, pengguna bisa menikmati aplikasi seperti:

    – Streaming: Netflix, YouTube, Disney+, WeTV, Vidio
    – Game: Genshin Impact, PUBG Mobile, Mobile Legends
    – Gaya Hidup: Kopi Kenangan, Halodoc, Traveloka
    – Utilitas: Google Maps, Google Drive, YouTube Music
    – Produktivitas: Gmail, Google Meet, Google Docs, Google Photos.

    Aman dan Andal

    AppGallery dan GBox sama-sama mengutamakan keamanan. Setiap aplikasi melalui:

    – Pemindaian malware
    – Deteksi perilaku mencurigakan
    – Verifikasi keamanan dan privasi

    GBox juga tersedia langsung di AppGallery, jadi pengguna tak perlu unduh dari pihak ketiga.

    HUAWEI nova 13 Pro hadir dengan kamera selfie 60MP Dual Front dan kamera utama 50MP dengan aperture yang bisa disesuaikan dan 3x optical zoom. Layarnya 6,76 inci quad-curve, tampil elegan dengan desain Plaid-Rhythm dan warna Loden Green yang ikonik.

    Ditenagai oleh 100W HUAWEI SuperCharge Turbo, perangkat ini menyatu sempurna antara gaya dan performa.

    Dengan HUAWEI nova 13 Pro, tak perlu kompromi antara desain, performa, atau akses aplikasi. Semuanya lengkap dan mudah diakses-cukup beberapa langkah saja.

    Jika membutuhkan bantuan, bisa menghubungi Hotline di 0078 0308 520888 atau WhatsApp +62 881-0808-88320. Selain itu, pengguna juga bisa melihat panduan app di Huawei Community atau gabung ke Fans Club.

    (anl/ega)

  • Dual Front Kamera HUAWEI nova 13 Pro Setara Flagship, Hasil Foto Menawan

    Dual Front Kamera HUAWEI nova 13 Pro Setara Flagship, Hasil Foto Menawan

    Jakarta

    HUAWEI nova 13 Pro hadir sebagai jawaban atas kebutuhan smartphone yang tak hanya andal soal performa, tapi juga mendukung gaya hidup. Perangkat ini dirancang untuk pengguna yang ingin tampil stand out di setiap kesempatan.

    Dibalut desain stylish, dilengkapi Dual Selfie Camera untuk hasil foto yang ekspresif, serta Rear Camera setara flagship untuk kualitas visual yang tajam dan jernih.

    Foto: Huawei

    Dual Front Camera: Gaya On Point, Jepretan pun Ikonik

    HUAWEI nova 13 Pro dilengkapi Kamera Depan Ultra-Wide Autofocus 60MP dengan sudut pandang ultra-lebar 100°, menangkap lebih banyak gaya dalam satu frame-tanpa distorsi.

    Cocok untuk selfie golden hour di pantai, wefie bareng teman saat hangout, atau video call dengan latar estetik. Teknologi QPD Full-Pixel Precise Focus memastikan setiap detail gaya tetap tajam meski di pencahayaan temaram.

    Didukung lensa zoom portrait 5x dan zoom optik 2x, pengguna bisa menyorot detail yang mendukung tampilan maksimal-dari riasan flawless, aksesori, hingga ekspresi percaya diri. Setiap foto bukan sekadar gambar, tapi ekspresi gaya yang ikonik.

    AI Best Expression: #NoBadAngles, Ciptakan Angle Terbaikmu

    Tak perlu lagi khawatir soal ekspresi yang kurang pas saat foto bersama. Fitur AI Best Expression di HUAWEI nova 13 Pro memanfaatkan teknologi burst shot untuk menganalisis sejumlah frame dan secara otomatis memilih ekspresi terbaik dari setiap orang di dalam foto.

    Ekspresi yang kurang sempurna akan digantikan dengan versi terbaik dari frame lain, tanpa perlu ambil ulang. Hasilnya? Satu foto grup yang utuh, dengan semua wajah tampil optimal. Lebih efisien, lebih sempurna, dan tentu saja #NoBadAngels.

    Jadi Fotografer Profesional dengan Kamera Utama Level Flagship

    Mode potret pada kamera utama HUAWEI nova 13 Pro mendukung zoom dari 1x hingga 5x, memberikan fleksibilitas untuk berbagai gaya fotografi. Setiap tingkat zoom dirancang untuk menangkap keindahan dari sudut berbeda, dengan hasil tajam dan estetik.

    Zoom 1x: Menyajikan komposisi seimbang antara subjek dan latar, ideal untuk street photography di siang hari maupun suasana malam yang romantis-dengan detail tetap tajam bahkan dalam cahaya rendah.

    Zoom 2x: Dikenal sebagai golden focal length, cocok untuk potret wajah. Efek kompresi terlihat natural, mempertegas rona kulit, tekstur, dan helaian rambut secara halus.

    Zoom Optik 3x: Kamera otomatis beralih ke lensa telephoto portrait, menghasilkan foto close-up dramatis dengan bokeh lembut dan tampilan profesional.

    Seluruh lensa-terutama kamera utama dan lensa telephoto 3x-dilengkapi teknologi RYYB Colour Filter Array yang mampu menyerap lebih banyak cahaya. Foto tetap tajam dengan warna yang lebih akurat, bahkan dalam kondisi minim cahaya.

    50MP Adjustable Aperture

    Dengan Smart Adjustable Physical Aperture dari F1.4 hingga F4.0, nova 13 Pro menyesuaikan bukaan lensa secara otomatis sesuai kondisi pencahayaan:

    F1.4: Cocok untuk potret malam, kamera ini mampu menciptakan bokeh yang lebih dalam dan memukau, dengan sorotan cahaya yang tetap tegas untuk hasil potret personal yang dramatis dan profesional.

    F2.0: Cocok untuk makanan, hewan peliharaan, dan lanskap dalam cahaya terang-hasil foto lebih seimbang dan penuh warna, ideal untuk momen santai dan menyenangkan.

    F4.0: kamera menghasilkan depth of field yang lebih luas-ideal untuk foto grup agar setiap subjek, baik di depan maupun di belakang, tetap tajam. Di malam hari, aperture ini juga mampu menciptakan efek starburst yang dramatis dari sumber cahaya titik, menambahkan sentuhan artistik pada foto.

    Dalam berbagai kondisi, kamera ini memastikan hasil jepretan tetap tajam dan memukau.

    Daya Tahan Seharian, Pengisian Super Cepat

    HUAWEI nova 13 Pro mengerti kebutuhan pengguna yang aktif. Dengan baterai 5000mAh, pengguna bisa menikmati berbagai aktivitas digital tanpa takut low-batt. Dan saat butuh isi ulang, 100W SuperCharge Turbo siap memberikan tenaga 50% hanya dalam 9 menit.

    Foto: Huawei

    Harga dan Ketersediaan

    Selama periode first sale yang berlangsung pada 25 Juni hingga 31 Juli 2025, Huawei membanderol HUAWEI nova 13 Pro dengan harga spesial Rp 7.999.000,-!

    Dapatkan sekarang melalui pembelian online via HUAWEI Store, Shopee, Tokopedia, Lazada, TikTok Shop, Eraspace, dan Datascript.Mall.ID serta pembelian offline di jaringan HUAWEI Authorized Experience Store, Erafone, Urban Republic, Blibli Offline Store, Digiplus, dan berbagai mitra ritel lainnya.

    Khusus untuk pengguna Shopee, pembelian HUAWEI nova 13 Pro bisa melalui promo cicilan 0% menggunakan Shopee PayLater. Setiap pembelian HUAWEI nova 13 Pro di sesi khusus tersebut, pengguna akan mendapatkan 1 unit HUAWEI WATCH FIT 3, gratis!

    Jadi, tunggu apa lagi? Rasakan kecanggihan fotografi kelas atas, desain elegan, dan performa luar biasa yang mendukung gaya hidup digital bersama HUAWEI nova 13 Pro. Informasi lebih lanjut, klik di sini.

    (anl/ega)

  • Huawei Nova 13 Pro Resmi di Indonesia, Bawa Kamera Selfie Ganda dan Fast Charging 100W – Page 3

    Huawei Nova 13 Pro Resmi di Indonesia, Bawa Kamera Selfie Ganda dan Fast Charging 100W – Page 3

    Untuk mendukung aktivitas digital yang padat, HUAWEI nova 13 Pro dilengkapi baterai besar 5.000mAh yang tahan seharian.

    Sebagai pendukung, Huawei membekalinya dengan 100W HUAWEI SuperCharge Turbo memungkinkan pengisian hingga 50 persen hanya dalam 9 menit saja.

    Mengusung sistem operasi EMUI 14.2, Huawei Nova 13 Pro menawarkan pengalaman penggunaan lebih mulus dan efisien.

    Sistem keamanan juga ditingkatkan dengan kontrol aplikasi, manajemen pelacakan, dan key control point, memastikan data pribadi pengguna tetap terlindungi dalam setiap penggunaan.

    Selama periode first launch 25 Juni–31 Juli 2025, Huawei Nova 13 Pro bisa dibeli secara offline melalui jaringan Huawei Authorized Experience Store, Erafone, Urban Republic, Blibli Offline Store, serta Digiplus.

    Sementara penjualan online bisa dilakukan di platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, TikTok Shop, Eraspace, dan Datascript.Mall.ID.

  • Telkomsel Perkenalkan FTTR, Teknologi Fiber Optik Tambahan untuk Pengguna IndiHome

    Telkomsel Perkenalkan FTTR, Teknologi Fiber Optik Tambahan untuk Pengguna IndiHome

    Bisnis.com, JAKARTA— PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) memperkenalkan layanan tambahan (add-on) terbaru untuk pengguna Indihome berupa teknologi Fiber-To-The-Room (FTTR).

    FTTR dirancang untuk menjawab tantangan klasik jaringan WiFi dalam rumah, yakni penurunan kualitas sinyal akibat hambatan fisik seperti tembok atau sekat ruangan.

    VP Technology Strategy and Consumer Product Development Telkomsel, Ronald Limoa, mengatakan Peluncuran add-on IndiHome FTTR adalah wujud komitmen Telkomsel dalam memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan.

    “Kami memahami kebutuhan pelanggan yang semakin meningkat terhadap konektivitas stabil dan cepat di setiap sudut rumah, sehingga solusi FTTR ini kami harapkan bisa menjadi jawaban yang tepat,” kata Ronald dalam keterangan resmi pada Sabtu (28/6/2025).

    Dengan teknologi ini, lanjut Ronald, kabel serat optik transparan ditarik langsung ke tiap ruangan sehingga koneksi internet tetap stabil, cepat, dan latensi rendah, mengikuti bandwidth paket utama IndiHome. Layanan ini menyasar pengguna rumah berukuran sedang hingga besar, serta pelanggan dengan kebutuhan koneksi intensif seperti streaming 4K, gaming, penggunaan perangkat smart home, dan IoT.

    Ronald menambahkan layanan FTTR ditawarkan dalam beberapa skema paket, mulai dari 1 perangkat utama dan 1 perangkat sub dengan tarif Rp160.000 per bulan, hingga opsi dengan 4 perangkat sub seharga Rp295.000 per bulan.

    Adapun untuk pemasangan kabel optik transparan dikenai biaya satu kali sebesar Rp400.000. Pelanggan juga mendapatkan dukungan teknis 24/7 dan garansi penggantian perangkat apabila mengalami kerusakan.

    Saat ini, layanan add-on FTTR baru tersedia untuk pelanggan IndiHome di wilayah Jabodetabek. Telkomsel berencana memperluas jangkauan layanan ini secara bertahap ke kota-kota lain di Indonesia. Proses pemasangan dilakukan oleh teknisi resmi mitra Telkomsel dalam waktu maksimal 3×24 jam setelah pemesanan melalui aplikasi MyTelkomsel atau GraPARI.

    Sebelumnya, pada 2023, PT XL Axiata Tbk., yang kini beroperasi sebagai PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk. telah lebih dulu meluncurkan teknologi serupa melalui produk konvergensi XL Satu, hasil kolaborasi dengan Huawei.

    Group Head Product Strategy XL Axiata, Rendhita Istimarini Putri, saat itu menyebut FTTR sebagai solusi untuk memastikan koneksi internet yang merata di seluruh ruangan rumah, tanpa tergantung posisi router.

    “Dengan FTTR maka masing-masing ruangan akan terkoneksi dengan serat optik. Jadi, layanannya akan stabil dan sinyalnya akan sama pada setiap ruangan, jadi tidak ada lagi area yang kurang bagus di suatu ruangan,” kata Rendhita pada Juli 2023.

    Menurut data XL Axiata, kecepatan internet rumah 100 Mbps bisa turun menjadi 60 Mbps jika melewati sekat atau dinding. FTTR memungkinkan kecepatan tetap utuh hingga 100 Mbps karena jalur kabel ditarik langsung ke ruangan.

  • Apple Banting Harga di China, iPhone Gak Sampai Rp 13 Juta!

    Apple Banting Harga di China, iPhone Gak Sampai Rp 13 Juta!

    Jakarta, CNBC Indonesia – Raksasa produsen smartphone Apple telah masuk dalam program subsidi Pemerintah China. Dengan demikian, warga China dapat membeli iPhone dan perangkat dari Apple lain dengan harga lebih murah.

    Berdasarkan pernyataan resmi di situs Apple China, konsumen di Beijing dan Shanghai kini bisa mendapatkan potongan harga hingga 2.000 yuan (setara Rp4,5 juta) untuk sejumlah produk Apple seperti iPhone, iPad, Apple Watch, dan MacBook, asalkan pembelian dilakukan langsung melalui Apple.

    Bagi konsumen di Shanghai, subsidi hanya bisa dinikmati bila pembelian dilakukan di delapan toko fisik Apple di kota tersebut. Sementara bagi warga Beijing, subsidi dapat dinikmati melalui pembelian di toko online resmi Apple, asalkan pengiriman dilakukan ke alamat di wilayah ibu kota.

    Apple menjelaskan bahwa model iPhone, iPad, dan Apple Watch tertentu yang dibanderol di bawah 6.000 yuan (Rp 13 juta), mendapatkan subsidi maksimal 500 yuan (sekitar Rp 1,1 juta). Sementara diskon hingga 2.000 yuan berlaku untuk model MacBook tertentu.

    Meski beberapa produk Apple yang dijual melalui platform e-commerce lokal seperti JD.com dan Taobao milik Alibaba Group sebelumnya sudah termasuk dalam program subsidi.

    Pengumuman ini menandai pertama kalinya Apple menawarkan potongan harga lewat kanal ritelnya sendiri di bawah skema subsidi pemerintah, demikian dikutip dari laporan South China Morning Post, Jumat (27/6/2025).

    Langkah Apple ini terjadi di tengah prediksi penurunan pengiriman iPhone di China sebesar 1,9% pada tahun 2025, akibat persaingan yang semakin kuat dari produsen smartphone lokal seperti Huawei, serta perlambatan ekonomi yang lebih luas.

    Menurut firma riset pasar IDC, tidak masuknya sebagian besar model iPhone dalam skema subsidi untuk produk elektronik di bawah 6.000 yuan menjadi salah satu faktor penurunan proyeksi tersebut.

    Sebaliknya, total pengiriman smartphone di China diprediksi tumbuh 3% tahun ini, didorong oleh peningkatan permintaan untuk ponsel Android berkat subsidi pemerintah, menurut IDC.

    Pada kuartal pertama 2025, pengiriman iPhone di China anjlok 9% dibandingkan tahun sebelumnya. Apple menjadi satu-satunya vendor dalam daftar lima besar yang mencatatkan penurunan, menurut laporan IDC yang dirilis Mei lalu.

    Sementara itu, pengiriman smartphone Xiaomi melonjak 39,9%, dan Huawei naik 10% pada periode yang sama.

    “Pengiriman Apple menurun karena struktur harga premiumnya membuat perusahaan tidak bisa memanfaatkan subsidi,” ujar analis IDC Will Wong.

    Ia menambahkan, performa Xiaomi didorong oleh subsidi pemerintah yang sangat cocok dengan karakteristik konsumennya yang sensitif terhadap harga.

    Skema subsidi nasional ini diluncurkan awal tahun ini untuk mendorong konsumsi domestik. Pemerintah memberikan subsidi sebesar 15% untuk pembelian smartphone, tablet, dan smartwatch dengan harga di bawah 6.000 yuan, dengan batas maksimal subsidi 500 yuan per unit.

    Subsidi ini menguntungkan model-model iPhone seperti iPhone 16, iPhone 16e, dan iPhone 15 yang dibanderol mulai 5.999 yuan. Namun, varian iPhone premium seperti Pro dan Pro Max tidak masuk kriteria karena harganya melebihi batas 6.000 yuan.

    (wia)

    [Gambas:Video CNBC]

  • China Dihukum, Amerika Ungkap Modusnya Bantu Iran

    AS di Ambang Kekalahan Mutlak, Terungkap Taktik China Jajah Dunia

    Jakarta, CNBC Indonesia – Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) asal China makin pesat dan membuat Amerika Serikat (AS) bereaksi. Bahkan, OpenAI yang merupakan salah satu raksasa AI kawakan dari AS mewanti-wanti bahwa China bisa mendominasi teknologi canggih tersebut.

    OpenAI mengatakan para analisnya mencatat perkembangan signifikan dari startup Zhipu AI asal China dalam mengamankan kontrak-kotrak pemerintah di berbagai negara.

    Hal ini bisa dilihat sebagai penanda China makin dekat dalam mencapai ambisinya untuk memimpin AI global, dikutip dari Reuters, Kamis (26/6/2025).

    “Zhipu AI yang dibekingi Partai Komunis China bertujuan untuk mengunci sistem dan standar China ke pasar negara-negara berkembang sebelum pesaing dari AS atau Eropa dapat melakukannya,” kata perusahaan pencipta ChatGPT dalam unggahannya.

    OpenAI juga menekankan upaya China dalam menggembar-gemborkan sistem AI yang bertanggung jawab, transparan, dan siap audit.

    Zhipu AI menyediakan solusi AI, termasuk infrastruktur model bahasa besar yang berdaulat dan perangkat keras pribadi dalam kemitraan dengan Huawei, kepada pemerintah dan perusahaan milik negara di Malaysia, Singapura, UEA, Arab Saudi, dan Kenya.

    Startup tersebut dinilai sebagai bagian upaya pemerintah China yang lebih luas untuk membangun sistem AI yang mandiri dan kompetitif di skala global. Pada akhirnya, China bertujuan untuk mengalahkan AS dan mengurangi ketergantungan dengan teknologi buatan AS secara keseluruhan.

    Zhipu AI tidak segera menanggapi permintaan komentar. Startup tersebut didukung oleh pendanaan dalam skema investasi negara senilai lebih dari US$1,4 miliar.

    OpenAI juga mengatakan Zhipu AI memelihara hubungan yang kuat dengan pemerintah China dan badan-badan milik negara.

    Pada Januari 2025 lalu, Zhipu AI dimasukkan dalam daftar entitas yang mengalami pembatasan ekspor teknologi AS oleh Kementerian Perdagangan AS. Artinya, Zhipu AI dilarang untuk membeli komponen-komponen teknologi dari AS.

    Zhipu AI telah memposisikan dirinya sebagai salah satu perusahaan AI kawakan di China, berdampingan dengan DeepSeek, Moonshot AI, Minimax, serta raksasa teknologi seperti ByteDance dan Alibaba.

    OpenAI juga telah membangun kemitraan dan menarik investasi di Timur Tengah dan Asia melalui inisiatif bernama ‘OpenAI for Countries. Inisiatif ini membantu pemerintah di berbagai negara yang berminat mengembangkan kemampuan AI berdaulat untuk memanfaatkan teknologi OpenAI dan berkoordinasi dengan pemerintah AS.

    Laporan dari OpenAI ini muncul saat hubungan geopolitik AS dan China masih panas. Keduanya terlibat perang dagang yang berlarut-larut. Saling blokir teknologi dan komoditas penting lainnya juga berkali-kali digencarkan.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]