brand merek: Honda

  • Ariel Noah Nggak Suka Koleksi Mobil, Ini Alasannya

    Ariel Noah Nggak Suka Koleksi Mobil, Ini Alasannya

    Jakarta

    Ketika artis lain berlomba-lomba mengoleksi mobil mahal, Nazriel Irham alias Ariel Noah justru lebih ‘merakyat’. Musisi kelahiran Langkat, Sumatera Utara itu lebih senang mengoleksi kendaraan roda dua alias motor. Apa Alasannya?

    Kepada detikOto, Ariel mengatakan, sejak dulu memang sudah menyimpan ketertarikan lebih ke motor, bukan mobil. Bahkan, dia punya motor harian yang dipakai ke mana-mana. Sementara mobil hanya dipakai seperlunya.

    “Emang nggak suka (koleksi mobil) sih. Gue dari dulu sebenarnya emang senengnya sama motor. Kalau mobilnya jadinya cuma dipakai sesuai fungsi aja,” ujar Ariel saat ditemui di kantor detikcom, Tendean, Jakarta Selatan, Kamis malam (3/7).

    Ariel Noah touring naik Italjet Dragster A.R.L. di Bandung. Foto: Doc. Ariel Noah.

    Ariel hanya punya satu mobil biasa yang dipakai harian, yakni Honda CRV. Namun, dia tak mengungkap kendaraan tersebut lansiran tahun berapa. Intinya, dia membelinya dengan dana pribadi.

    Sementara untuk motor, dia masih terus mengoleksinya. Meski sudah tak sebanyak dulu, namun beberapa masih dirawatnya.

    “Koleksinya sekarang udah nggak sebanyak dulu. Ada BMW K100, kemarin baru abis dimodif, kalau harian gue pakai motor bebek, namanya Honda CT125. Motor itu gue beli (pakai duit) pribadi,” tuturnya.

    Selain itu, masih ada beberapa motor lain di garasi rumahnya. Salah satunya, skuter matik asal Italia, Italjet Dragster yang kerap dibuat konten. Bahkan, motor tersebut pernah dipakai Ariel mudik dari Jakarta ke Bandung, Jawa Barat.

    “Italjet masih ada (di rumah). Kalau itu sih kerja sama dengan Cuprum Indonesia. Ya, bisa dibilang itu (motor) sponsor lah,” kata dia.

    Sebagai catatan, Ariel memang dikenal sebagai public figure yang menggemari sepeda motor. Bahkan, dia beberapa kali membagikan keseruannya saat touring bersama teman-teman. Bukan hanya itu, di beberapa kesempatan, dia juga mudik menggunakan kendaraan tersebut.

    Ariel pernah mudik menggunakan sejumlah model motor, mulai dari Honda CT125, Italjet Dragster hingga BMW G310GS. Menariknya, perjalanan ke kampung halaman itu selalu ditempuh sendirian alias tanpa teman.

    (sfn/din)

  • Tolak Tawaran Ducati, Bertahan di Yamaha

    Tolak Tawaran Ducati, Bertahan di Yamaha

    Jakarta

    Maverick Vinales menyebut kesalahan total saat memilih bertahan di Yamaha padahal ditawari kontrak Ducati. Ya, tim Ducati yang kini superior itu pernah kepincut Vinales.

    Vinales bilang pernah dihubungi Ducati untuk bergabung sebagai tim pabrikan. Dia mendapat kesempatan untuk menggantikan Jorge Lorenzo yang kontraknya berakhir pada musim 2018.

    “Itulah penyesalan terbesar saya dalam karier balap saya. Pada tahun 2018, saya mendapat tawaran untuk bergabung dengan tim resmi Ducati pada tahun 2019 dan 2020, sebagai rekan setim Dovizioso,” kata Vinales dikutip dari Diario AS, Kamis (3/7/2025).

    Kala itu pabrikan MotoGP sedang kompetitif. Honda yang digawangi Marc Marquez berada di puncak performa. Vinales berakhir di posisi tiga klasemen akhir MotoGP 2019. Dovizioso menjadi runner up.

    “Mereka meyakinkan saya. Saya benar-benar yakin untuk bergabung dengan Ducati, tetapi tim tempat saya bekerja meyakinkan saya untuk tetap di Yamaha dan mencoba menang di sana. Tentu saja, itu adalah kesalahan total. Kesalahan total,” kata Vinales.

    Maverick Vinales dan Yamaha memiliki hubungan yang bergejolak dengan perpisahan yang mengejutkan.Vinales, yang bergabung dengan Yamaha pada tahun 2017, seharusnya memiliki kontrak hingga akhir MotoGP 2022, tetapi mereka berpisah di tengah musim 2021 setelah serangkaian masalah dan ketidaksepakatan.

    Saat disinggung apakah Vinales bisa menjadi juara dunia bersama Ducati, dia bilang segala keputusan memiliki risiko.

    “Saya tidak tahu. Saya tidak tahu. Saya pikir dalam hidup, semua yang terjadi pasti ada alasannya. Mungkin saya pergi ke Ducati, cedera, cedera lagi, dan tidak akan pernah balapan lagi. Siapa tahu. Yang jelas, takdir telah membawa saya ke sini, ke KTM, dan saya telah membuat evolusi yang saya sukai. Saya merasa bangga pada diri saya sendiri dan saya merasa sangat bangga mewakili keluarga saya saat ini, di momen ini,” kata Vinales.

    (riar/dry)

  • Daftar Harga Honda Stylo 160 Terbaru

    Daftar Harga Honda Stylo 160 Terbaru

    Jakarta

    Honda Stylo 160 bisa jadi opsi buat kamu yang tengah mengincar skutik berdesain retro. Skutik ini ditawarkan mulai harga Rp 28 jutaan.

    Honda Stylo 160 ikut memanaskan persaingan skutik retro di Tanah Air. Honda perdana meluncurkan Stylo pada tahun 2024. Stylo juga menjadi skutik pertama yang mengusung mesin 160 cc di kelasnya. Honda menyadari banyak masyarakat Indonesia yang mencari skutik fashionable. Itulah alasan Honda meluncurkan Stylo 160.

    Lewat Stylo 160, Honda mengincar segmen premium namun banderol harganya cukup kompetitif. Honda Stylo 160 dijual mulai Rp 28 jutaan hingga yang termahal Rp 31 jutaan. Berikut daftar harga Honda Stylo per Juli 2025.

    Honda Stylo 160 dengan aksesori resmi AHM Foto: Luthfi Anshori/detikOtoHarga Honda Stylo Juli 2025

    Stylo 160 CBS: Rp 28,92 juta
    Stylo 160 ABS: Rp 31,911 juta

    Spesifikasi Honda Stylo

    Buat kamu yang menginginkan skutik berdesain retro namun budget mentok di Rp 30 juta, Stylo 160 bisa jadi solusinya. Sebagai informasi tambahan, Honda Stylo 160 berbekal mesin berkapasitas 160 cc, 4 katup, eSP+ dan menjadi skutik retro dengan mesin paling besar dan bertenaga. Mesin itu diklaim bisa menghasilkan tenaga sebesar 11,3 kW pada 8.500 rpm dan torsi maksimum sebesar 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

    Honda Stylo memiliki panjang 1.886 mm, lebar 706 mm, tinggi 1.133 mm, berat 118 kg buat versi ABS dan panjang 1.886 mm, lebar 701 mm, tinggi 1.133 mm, berat 115 kg untuk versi CBS.

    Untuk kemudahan berkendara dengan informasi lengkap, sistem full digital panel meter tersemat pada model ini. Informasi yang dihadirkan antara lain indikator aki, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, indikator penggantian oli mesin, jam, Trip A & Trip B.

    New Honda Stylo 160 Foto: Dok. Astra Honda Motor (AHM)

    NHonda Stylo 160 juga didukung dengan fitur-fitur penunjang bagi pengendara seperti rak depan, rak tengah yang disertai dengan penutup, serta ditunjang oleh Honda Smart Key dan alarm system untuk memberikan rasa aman.

    Pada sistem pengereman, skutik bagi penggemar fashion ini hadir dengan fitur Combi Brake System (CBS) dan Anti-lock Braking System (ABS) satu channel yang dilengkapi disc brake pada bagian depan dan belakang berukuran 220 mm – 220mm di tipe ABS dan memberikan keamanan ekstra. Velg berukuran 12 diselimuti ban berukuran 110/90 pada bagian depan dan 130/80 pada bagian belakang.

    (dry/din)

  • Honda Dikabarkan Bajak Ahli Mesin KTM, Persiapan Buat Rekrut Jorge Martin?

    Honda Dikabarkan Bajak Ahli Mesin KTM, Persiapan Buat Rekrut Jorge Martin?

    Jakarta

    Bursa transfer MotoGP bergolak kendati balapan tahun 2025 baru berjalan setengah musim. Penyebabnya gara-gara Jorge Martin mengeluarkan pernyataan ingin keluar dari Aprilia musim depan dan ingin membela Honda. Efek dominonya, Honda dikabarkan membajak orang penting di balik pengembangan mesin balap KTM.

    Mengutip Speedweek, berembus kabar Chief Engine Development Officer di KTM Racing Kurt Trieb akan bergabung dengan Honda. Trieb adalah kepala pengembangan mesin balap di pabrikan asal Austria itu. Dia sosok penting di balik pengembangan mesin KTM untuk kejuaraan motocross, enduro, reli, Moto3, MotoGP, dan masih banyak lainnya.

    Trieb juga turut memimpin proyek mesin baru, RC16 kapasitas 850 cc, yang akan digunakan pada era baru MotoGP tahun 2027 nanti. Namun saat ini masih belum jelas, soal masa depan KTM di MotoGP menyusul isu krisis finansial yang menimpa induk perusahaan.

    Honda sendiri memiliki ambisi besar untuk kembali kompetitif di MotoGP pada 2027 nanti. Sejauh ini Honda sudah banyak melakukan perombakan pada RC213V, tapi hasilnya belum dianggap maksimal. Motor legenda yang pernah mendominasi kejuaraan MotoGP itu masih mengalami masalah di sistem penggeraknya.

    Pada uji coba MotoGP baru-baru ini di Barcelona, Spanyol, pebalap penguji Aleix Espargaro menyesalkan keterlambatan yang terus berlanjut, dalam akselerasi dan kecepatan tertinggi (top speed).

    Tentunya ilmu yang dimiliki Trieb selama di KTM sangat berguna bagi Honda. Motor MotoGP KTM RC16 diketahui menjadi motor paling kencang di MotoGP, bahkan kecepatan motor KTM diklaim diakui oleh para insinyur dan pebalap Ducati.

    Perpindahan Trieb ke HRC (Honda Racing Corporation) lebih dari sekadar perubahan personel. Melainkan juga revolusi Honda dengan ahli-ahli mesin dari Eropa. Sebelumnya Honda telah merekrut Romano Albesianos dari Italia sebagai Kepala Pengembangan Kendaraan yang baru.

    Di samping itu, Honda sepertinya benar-benar ingin totalitas mengembangkan motornya agar kembali kompetitif, mengingat gencarnya kabar mereka akan merekrut pebalap Spanyol, Jorge Martin, pada musim depan.

    Jorge Martin Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

    (lua/dry)

  • Wujud Motor Matic Pesaing Honda BeAT

    Wujud Motor Matic Pesaing Honda BeAT

    Wujud Motor Matic Pesaing Honda BeAT

  • Intip Garasi Wakil DPRD Banten yang Dicopot Gegara Kasus Titip Siswa

    Intip Garasi Wakil DPRD Banten yang Dicopot Gegara Kasus Titip Siswa

    Jakarta

    Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten Budi Prajogo dicopot terkait kasus memo titip siswa pada Seleksi Penerimaan Murid Baru (SPMB) SMA Negeri di Kota Cilegon. Ini isi garasi Budi Prajogo.

    Dikutip dari detikNews, Budi Prajogo dicopot dari jabatannya sebagai Wakil Ketua DPRD Banten usai ramai soal memo titip siswa pada Seleksi Penerimaan Murid Baru (SPMB) SMA di Kota Cilegon. DPW PKS (Partai Keadilan Sejahtera) Banten menyampaikan permintaan maaf atas kasus tersebut.

    “Terkait kondisi yang sudah, maka Fraksi PKS, DPRD Provinsi Banten, memutuskan untuk me-rolling jabatan pimpinan DPRD, dan yang semula Pak Budi Prajogo digantikan oleh Bapak Imron Rosadi sebagai Wakil Ketua DPRD,” ucap Ketua DPW PKS Banten Gembong R Sumedi, Selasa (1/7).

    “DPW PKS 2019 mengucapkan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya kepada masyarakat yang mungkin terasa terganggu, terasa tersinggung dengan hal yang dilakukan salah satu anggota dewan, yang berasal dari PKS, yaitu Pak Budi,” sambungnya.

    Mengutip laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Budi memiliki total harta kekayaan Rp 6.219.586.315. Harta itu dilaporkan pada periode 21 Maret 2025/Periodik – 2024 dengan jabatan sebagai Wakil Ketua DPRD III Provinsi Banten.

    Dari total harta kekayaan itu, sebesar Rp 5.903.000.000 berbentuk tanah dan bangunan. Kemudian harta bergerak lainnya Rp 43.000.000, lalu kas dan setara kas senilai Rp 126.586.315.

    Sementara untuk harta berupa alat transportasi dan mesin nilainya adalah Rp 147.000.000 dengan rincian sebagai berikut:

    1. MOTOR, HONDA SEPEDA MOTOR Tahun 2013, HASIL SENDIRI Rp 5.000.000
    2. MOBIL, HONDA FREED MINIBUS Tahun 2012, HASIL SENDIRI Rp 125.000.000
    3. MOTOR, KAWASAKI B3175A Tahun 2019, HASIL SENDIRI Rp 17.000.000.

    Budi Pragojo Minta Maaf

    Sebelumnya Budi sudah memberikan klarifikasi terkait memo viral itu. Dia menyebut memo itu dibuat oleh salah satu staf di DPRD Banten dan diminta untuk ditandatangani. Ia menyebut staf tersebut menceritakan bahwa siswa yang akan dibantu berasal dari keluarga tidak mampu.

    “Staf datang ke saya minta tanda tangan saja, sementara stempel dan foto itu staf yang lakuin. Saya tidak tahu soal stempel itu, dan saya juga tidak kenal dengan siswa maupun keluarganya, hanya dengar dari staf saja,” kata Budi, Sabtu (28/6/2025).

    Ia mengaku membantu ala kadarnya tanpa intervensi maupun komunikasi dengan pihak sekolah di Kota Serang tersebut.

    “Adapun diterima tidaknya, saya serahkan semua kepada pihak sekolah tanpa ada intervensi apa pun,” katanya.

    Diketahui, nama siswa yang berada di memo Budi ini tidak masuk dalam SPMB 2025/2026 di sekolah yang dituju. Siswa itu tergeser oleh siswa lainnya pada mekanisme jalur domisili pada SPMB yang memperhatikan nilai rapor.

    Meski begitu, Budi mengakui bahwa tindakannya yang dilakukan adalah sebuah kesalahan. Ia menyesal, dan akan menjadikan kegaduhan ini sebagai bahan pembelajaran.

    “Saya meminta maaf kepada seluruh pihak atas kegaduhan ini,” ucapnya.

    “Saya tidak kenal anak maupun orang tua. Dan saya tidak pernah menghubungi kepala sekolah untuk memberikan tekanan,” tukasnya.

    (lua/rgr)

  • Keeway Luncurkan Pesaing Honda BeAT, Harga Rp 17 Jutaan

    Keeway Luncurkan Pesaing Honda BeAT, Harga Rp 17 Jutaan

    Jakarta

    Pasar skutik entry-level di Asia Tenggara makin ramai dengan hadirnya Keeway Icon 110i. Motor matic bergaya sporty ini resmi meluncur di Filipina dan langsung mencuri perhatian berkat tampilannya yang sangat mirip dengan skutik terpopuler Honda, BeAT 110.

    Mengutip laman 2banh, Keeway Icon 110i dibanderol sekitar 61.900 peso atau setara Rp 17 jutaan. Meski bermain di kelas yang sama dengan BeAT, secara tampilan, Icon 110i justru tampil lebih tajam dan agresif ala Honda Vario.

    Keeway menawarkan dua pilihan warna kekinian, Matte Black dan Mint Green. Keduanya dirancang buat menarik minat kaum muda, pelajar, mahasiswa, termasuk pekerja kantoran yang menginginkan skutik irit, modis, dan fungsional.

    Dari sisi fitur, Keeway Icon 110i cukup lengkap buat motor di kelasnya. Lampu utamanya sudah pakai LED dengan desain unik menyerupai sayap, memberikan penerangan maksimal saat malam hari dan tampilan yang lebih modern. Panel instrumen menggabungkan sistem analog dan digital, lengkap dengan lampu latar untuk kenyamanan membaca informasi saat berkendara malam hari.

    Satu fitur unggulan yang jarang ditemui di skutik sekelasnya adalah port USB untuk pengisian daya ponsel, yang terletak di salah satu dari dua kompartemen depan. Selain itu, bagasinya cukup lega untuk menampung helm dan beberapa barang pribadi lainnya.

    Di balik bodinya, Keeway menyematkan mesin 107,9 cc, satu silinder, 4-tak berpendingin udara. Mesin ini menghasilkan tenaga 8,3 dk pada 7.500 rpm dan torsi 8,5 Nm di 6.000 rpm. Kecepatan maksimumnya diklaim mencapai 90 km/jam, cukup untuk pemakaian harian dalam kota.

    Sistem suspensinya memakai garpu teleskopik di depan dan peredam kejut tunggal di belakang. Icon 110i juga menggunakan velg 14 inci dibalut ban profil 80/90 di depan dan 90/90 di belakang. Rem depan sudah cakram berdiameter 190 mm, sementara belakang masih tromol berukuran 130 mm.

    Dengan harga cuma Rp 17 jutaan, Keeway Icon 110i menawarkan paket menarik bagi konsumen yang mencari motor murah tapi tetap gaya dan fungsional. Jika masuk ke pasar Indonesia, bukan tidak mungkin motor ini akan menjadi ancaman serius bagi dominasi Honda BeAT.

    Honda BeAT Foto: Dok. Astra Honda Motor (AHM)

    (lua/din)

  • 8 Mobil di Garasi Maruarar Sirait, Nilainya Rp 7 Miliar

    8 Mobil di Garasi Maruarar Sirait, Nilainya Rp 7 Miliar

    Jakarta

    Maruarar Sirait diketahui punya harta mencapai 1,54 triliun. Dari total harta itu, isi garasi Maruarar bernilai Rp 7 miliar yang terdiri dari delapan mobil.

    Para menteri di jajaran Kabinet Merah Putih telah melaporkan harta kekayaannya. Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman Maruarar Sirait termasuk salah satunya. Dilihat detikOto dalam laman resmi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK, Maruarar menyetorkan laporan tersebut pada 17 Januari 2025 khusus awal menjabat.

    Diketahui, harta kekayaannya mencapai Rp 1.554.031.909.656 (1,54 triliun). Ada ragam aset kekayaan yang dilaporkan Maruarar, mulai dari tanah dan bangunan, alat transportasi dan mesin, harta bergerak lainnya, surat berharga, kas dan setara kas, serta harta lainnya.

    Isi Garasi Maruarar Sirait

    Dari keseluruhan kekayaan tersebut, alat transportasi dan mesin merupakan aset dengan nilai terkecil. Total ada delapan mobil masuk dalam aset tersebut dan nilainya Rp 7.652.701.000 (7 miliaran). Enam di antaranya merupakan model mobil mewah. Tercatat enam mobil merupakan hasil sendiri dan dua lainnya berstatus hadiah serta warisan. Berikut ini daftar lengkap isi garasi Maruarar Sirait.

    1. Toyota Alphard tahun 2017, hasil sendiri senilai Rp 641 juta
    2. Toyota Fortuner tahun 2017, hasil sendiri senilai Rp 325 juta
    3. Land Rover Range Rover tahun 2018, hasil sendiri senilai Rp 1,2 miliar
    4. Mercedes-Maybach tahun 2022, hasil sendiri senilai Rp 3,5 miliar
    5. Mercedes-Benz E 240 A/T tahun 2004, warisan senilai Rp 110 juta
    6. Lexus (model tak disebutkan) tahun 2018, hasil sendiri senilai Rp 500 juta
    7. Toyota Land Cruiser tahun 2017, hasil sendiri senilai Rp 1,05 miliar
    8. Honda HR-V tahun 2024, hadiah senilai Rp 326.701.000

    Sementara aset paling besar nilainya tembus Rp 900.223.551.910 (900 miliar) berupa surat berharga. Ada juga aset tanah dan bangunan dengan nilai Rp 393.261.530.000 (393 miliar). Status aset tanah dan bangunan itu berbeda-beda, ada yang hibah dengan akta, hasil sendiri, maupun warisan. Lokasinya juga tersebar di Kota Tangerang, Bandung, Toba Samosir, Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Jakarta Utara, Pematang Siantar, Humbang Hasundutan, hingga Bandung.

    Aset lainnya berupa harta bergerak lainnya senilai Rp 33.919.457.123 (33 miliar), kas dan setara kas Rp 65.555.580.924 (65 miliar), serta harta lainnya Rp 163.211.238.714 (163 miliar). Maruarar juga melapor memiliki utang sebesar Rp 9.792.150.015.

    (dry/din)

  • Mobil Jepang Mulai Banting Harga, Produsen China Santai

    Mobil Jepang Mulai Banting Harga, Produsen China Santai

    Jakarta

    Produsen roda empat asal China, Jaecoo tak khawatir soal merek Jepang mulai menurunkan harga jual kendaraan. Sebab, meski ‘gaya mainnya’ mirip, namun mereka yakin ada pendekatan yang berbeda.

    Sebagai catatan, salah satu produsen asal Jepang, Honda, membuat huru-hara setelah meluncurkan Honda HR-V Hybrid di Indonesia. Harga kendaraan tersebut lebih murah Rp 60 jutaan dibandingkan varian termahal di model sebelumnya.

    Langkah berani itu kemudian menimbulkan sejumlah prediksi, produsen Jepang mulai berani perang harga. Meski demikian, Jaecoo sebagai merek asal China tak khawatir seandainya hal tersebut terjadi.

    “Nggak (khawatir) lah, kalau itu kita cukup pede lah untuk bersaing di Indonesia. Karena kan kita bukan grup kecil, Chery kan grup yang begitu besar, kita punya banyak line up, kita punya banyak inovasi teknologi,” ujar Ryan saat ditemui di BSD, Tangerang Selatan, Senin sore (30/6).

    “Kita dari Jaecoo juga harus gimana caranya menghasilkan produk-produk yang inovatifnya dan baik gitu kan, value-nya bagus untuk kustomer Indonesia. Jadi kita kasih mobil yang harganya sekian dan valuenya juga lebih tinggi bahkan kan lebih baik,” ungkapnya.

    Jaecoo J7. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Perang harga kendaraan sebenarnya sudah terjadi di antara brand-brand China. Namun, dengan masuknya brand Jepang ke ‘lingkaran’ yang sama, membuat persaingan makin terbuka. Menurut Ryan, pada akhirnya, konsumen yang berhak memutuskan.

    “Kalau misalnya harga, ya balik lagi sih ke konsumen. Karena semakin banyak variasi di market kan sebenarnya makin bagus,” tuturnya.

    “Jadi harga tetap kompetitif, kustomer bisa ngeliat nanti tinggal, karena nggak cuma harga ya, tapi kan balik lagi ke fiturnya seperti apa, driving feeling-nya seperti apa, itu juga kustomer harus coba rasanya seperti apa gitu,” kata dia menambahkan.

    (sfn/dry)

  • Mesin Motor Injeksi Masih Perlu Dipanaskan?

    Mesin Motor Injeksi Masih Perlu Dipanaskan?

    Jakarta

    Motor-motor keluaran terbaru sudah menggunakan sistem pengabutan bahan bakar injeksi yang lebih modern dan canggih. Dengan teknologi yang semakin maju, apakah motor injeksi masih perlu dipanaskan mesinnya sebelum digunakan?

    Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Wahyu Budhi menjelaskan, motor injeksi tetap perlu dipanaskan mesinnya, sebab ada manfaatnya. Kata Wahyu, motor injeksi tetap perlu dipanaskan mesinnya, terutama jika mau digunakan setelah motor didiamkan semalaman. Memanaskan mesin motor injeksi bisa melancarkan sirkulasi pelumas atau oli mesin.

    Ilustrasi motor injeksi Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Lalu berapa lama waktu yang diperlukan buat memanaskan mesin motor injeksi sebelum digunakan? 10 menit atau 15 menit? Menurut Wahyu, memanaskan motor zaman sekarang tidak perlu lama-lama.

    “Asalkan, saat dipanaskan, mesin motor dalam kondisi langsam atau idle dan tidak digeber-geber,” bilang Wahyu dalam keterangan resmi yang diterima detikOto beberapa waktu lalu.

    Dengan kata lain, tidak perlu memainkan gas atau menggeber motor saat mesinnya dipanaskan.

    “Saat memanaskan mesin motor injeksi juga jangan terlalu lama. Cukup satu sampai lima menit,” tegasnya lagi. Menurut Wahyu, jika terlalu lama memanaskan mesin motor injeksi, maka yang ada bensin akan terbuang.

    “Jika terlalu lama dipanaskan, bakal percuma juga karena bensin akan terbuang sia-sia,” tambahnya.

    Tak kalah penting, buat menjaga kondisi motor Honda tetap prima, selalu lakukan pemeriksaan dan perawatan rutin di bengkel resmi. Kalau di Honda, biasanya Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Selain bengkel resmi, servis motor juga bisa dilakukan di bengkel-bengkel umum kepercayaan Anda.

    (lua/dry)