brand merek: Honda

  • Honda Vario 125 Baru Meluncur, Tampangnya Makin Segar!

    Honda Vario 125 Baru Meluncur, Tampangnya Makin Segar!

    Jakarta

    Boon Siew Honda Sdn. Bhd., agen pemegang merek Honda di Malaysia, resmi meluncurkan pembaruan untuk skutik andalan mereka, Honda Vario 125.

    Kali ini, ubahannya fokus pada tampilan, dengan pilihan warna baru yang lebih segar dan atraktif.

    “Bagi mereka yang menghargai estetika yang ramping, dewasa, dan mengikuti tren, Matte Blue yang baru menawarkan tampilan yang halus dan canggih. Sementara itu, opsi Vibrant Blue atau biru yang cerah juga menghadirkan pilihan yang energik,” tulis Boon Siew Honda dalam keterangan resminya.

    Honda Vario 125 Malaysia Foto: dok. Boon Siew Honda

    Kedua warna baru itu melengkapi jajaran warna sebelumnya seperti Magenta dan Silver, memberikan lebih banyak opsi gaya bagi para pengendara di Malaysia.

    Secara teknis, ubahan hanya dilakukan pada sisi tampilan. Vario 125 versi Malaysia masih mengusung mesin 125 cc eSP yang sudah dikenal andal. Namun menariknya, spesifikasi mesinnya sedikit berbeda dibanding versi Indonesia.

    Di atas kertas, mesin Vario 125 di Malaysia memiliki kapasitas 124,9 cc dengan tenaga puncak mencapai 11,53 HP di 8.500 RPM. Angka ini sedikit lebih besar dari Vario 125 Indonesia yang tercatat hanya 10,9 HP.

    Torsi maksimumnya pun lebih besar, yakni 11,7 Nm di 5.000 RPM, sementara versi Indonesia hanya 10,8 Nm.

    Dimensi Vario 125 Malaysia dan Indonesia sejatinya identik. Motor ini memiliki panjang 1.918 mm, lebar 679 mm, tinggi 1.066 mm, serta jarak sumbu roda 1.280 mm. Perbedaan kecil hanya terlihat pada bobot, di mana versi Malaysia lebih berat 1 kg.

    Honda Vario 125 Malaysia Foto: dok. Boon Siew Honda

    Untuk fitur, keduanya juga serupa. Mulai dari panel meter full digital, Honda Smart Key System, sistem pencahayaan LED, port USB charger, Idling Stop System, bagasi 19 liter, hingga sistem pengereman CBS tersedia sebagai standar.

    Honda Vario 125 versi Malaysia dijual mulai dari RM 7.268 atau sekitar Rp 27,9 jutaan. Harganya cukup jauh di atas harga Vario 125 di Indonesia, yang mulai dari Rp 23,9 jutaan (OTR Jakarta).

    (mhg/din)

  • Oscar De La Hoya Yakini Jake Paul Bisa Jadi Juara Dunia 

    Oscar De La Hoya Yakini Jake Paul Bisa Jadi Juara Dunia 

    JAKARTA – Legenda tinju Oscar De La Hoya yang kini juga dikenal sebagai promotor, menyebut petinju kelas penjelajah (90,7 kg) Jake Paul memiliki peluang yang nyata untuk menjadi juara dunia berikutnya.

    “Dia (Jake Paul) memiliki kesempatan nyata untuk memenangkan gelar juara dunia,” kata Oscar De La Hoya dalam kanal youtube Boxing News, dilansir dari ANTARA, Sabtu, 5 Juli.

    Paul kembali ke atas ring pada Minggu 29 Juni WIB dengan mengalahkan mantan juara dunia kelas menengah World Boxing Council (WBC) asal Meksiko, Julio Cesar Chavez Jr, di Honda Center, Anaheim, California.

    Itu merupakan penampilan pertama petinju berusia 28 tahun itu di atas ring sejak ia mengalahkan legenda kelas berat berusia 59 tahun, Mike Tyson, dalam pertarungan kontroversial di AT&T Stadium, Texas, pada November 2024.

    Kemenangan atas Chavez secara resmi membuat Paul mendapatkan peringkat dunia kelas penjelajah yang sah, setelah awal pekan ini terungkap bahwa ‘The Problem Child’ berada di peringkat 14 World Boxing Association (WBA).

    De La Hoya memberikan pujian kepada Paul, di mana ia meyakini bahwa petinju kontroversial asal Amerika Serikat itu memiliki peluang yang sangat besar untuk menjadi seorang juara dunia.

    Sang “Golden Boy” kemudian berbicara tentang strategi promosi Paul yang jenius.

    “Saya pikir Jake Paul sangat jenius dalam memikat Canelo hingga membuat Canelo membicarakan Jake Paul, jadi itu adalah langkah yang jenius darinya,” katanya.

    Ia mengatakan, Paul melakukan langkah yang tepat untuk karirnya dan ia percaya bahwa Paul serius dengan olahraga tinju untuk pertama kalinya.

    Paul disebut-sebut menargetkan pertarungan dengan juara dunia kelas penjelajah bersatu Gilberto ‘Zurdo’ Ramirez, yang saat ini memegang gelar WBA dan World Boxing Organization (WBO) di kelas penjelajah (cruiserweight).

  • Honda Vario Diisi Full Tank, Bisa Tembus Jarak Berapa?

    Honda Vario Diisi Full Tank, Bisa Tembus Jarak Berapa?

    Jakarta

    Honda Vario diklaim punya konsumsi BBM hingga 51,7 km/liter. Kalau tangki diisi full, bisa tembus jarak berapa ya?

    Honda Vario bermesin 125 cc menjadi tipe yang termurah di keluarga Vario. Saat ini, dua varian Honda Vario 125 cc yang dijual dengan banderol mulai Rp 23 jutaan. Honda Vario 125 memakai mesin 124,8 cc, 1 silinder, 4 tak, SOHC, eSP, berpendingin cairan, yang bisa hasilkan tenaga maksimal 10,9 dk dan torsi puncak 10,8 Nm. Untuk rasio kompresi mesinnya adalah 11,0:1.

    Konsumsi BBM Honda Vario 125

    Dengan mesin itu, Honda Vario 125 cc diklaim punya konsumsi BBM 51,7 km/liter.

    Tangki bensinnya punya kapasitas sebesar 5,5 liter. Artinya, bila diisi full tank maka motor bisa menjelajah sejauh 284,35 km. Konsumsi BBM di atas bukan acuan, sebab bisa jadi kondisi jalan yang dilintasi saat pengujian dan kondisi asli berbeda.

    Dari sisi fitur maupun tampilan, Honda Vario 125 sudah dilengkapi lampu full LED, suspensi depan teleskopik, suspensi belakang monoshock, rem depan cakram dan rem belakang teromol dengan opsi fitur CBS atau combi brake system.

    Honda Vario 125 sudah dilengkapi panel instrumen digital, fitur idling stop system (ISS), keyless, soket charger, serta bagasi bawah jok seluas 18 liter yang bisa menampung helm open face. Untuk lengkapnya, berikut daftar harga Honda Vario 125.

    Harga Honda Vario 125 Tahun 2025

    1. Honda Vario 125 CBS: Rp 23,91 juta
    2. Honda Vario 125 CBS-ISS: Rp 25,565 juta

    Konsumsi BBM Honda Vario 160

    Konsumsi BBM Honda Vario 125 itu lebih irit ketimbang versi 160 cc. Dalam pengujian internal Honda, Vario 160 itu konsumsi BBM-nya 46,9 km/liter. Artinya, bila tangki Vario 160 diisi full dengan kapasitas 5,5 liter, motor bisa menjelajah sejauh 257,95 km.

    Vario dibekali mesin berkapasitas 160 cc 4 katup eSP+, berpendingin cairan, yang mampu mengurangi gesekan dan menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,3 kW @8500 rpm dengan torsi puncak 13,8 Nm pada 7000 rpm. Fitur yang ditawarkan juga lebih lengkap dari Vario 125.

    Model ini juga dilengkapi full digital panel meter dengan negative display berlatar warna biru tua. Informasi yang disajikan lengkap antara lain indikator kecepatan, jarak tempuh, bahan bakar, indikator Smart Key, jam digital, fuel consumption, indikator tegangan baterai, indikator penggantian oli, trip meter, indikator ISS, dan indikator ABS pada tipe ABS. Bicara harga, berikut ini daftar Harga Vario 160.

    Harga Honda Vario 160

    1. Honda Vario 160 CBS Active: Rp 28,1 juta
    2. Honda Vario 160 CBS Grande: Rp 28,35 juta
    3. Honda Vario 160 ABS: Rp 30,931 juta

    (dry/din)

  • Ini Motor yang Dipakai Ariel Noah buat Harian

    Ini Motor yang Dipakai Ariel Noah buat Harian

    Jakarta

    Berbeda dengan artis lain, Nazriel Irham alias Ariel Noah lebih senang bepergian naik sepeda motor. Bahkan, musisi kelahiran Langkat, Sumatera Utara itu punya satu tunggangan yang kerap dipakai harian.

    Kepada detikOto, Ariel Noah mengatakan, motor hariannya tersebut berjenis bebek, yakni Honda CT125. Dia menegaskan, kendaraan tersebut dibelinya menggunakan dana pribadi, bukan pemberian.

    “Kalau harian gue biasanya pakai motor bebek, namanya Honda CT125. Saya beli motor itu (pakai dana) pribadi, bukan (sponsor dari brand),” ujar Ariel Noah saat berkunjung ke gedung detikcom di Tendean, Jakarta Selatan, belum lama ini.

    Ariel mudik naik Honda CT125 Foto: Instagram @Arielnoah

    Di kesempatan yang sama, Ariel mengaku lebih senang bepergian menggunakan motor, bukan mobil. Sebab, dia sejak dulu memang lebih terbiasa mengendarai kendaraan tersebut.

    “Nggak suka sih (koleksi mobil). Gue dari dulu senengnya emang sama motor sebetulnya. Kalau mobil dipakainya cuma sesuai fungsi aja. Yang gue pakai daily Honda CRV, udah itu aja,” ungkapnya.

    Sebagai catatan, selain Honda CT125, Ariel Noah juga mengoleksi motor lain di garasi rumahnya, misalnya seperti BMW K100, Italjet Dragster dan masih banyak lagi. Namun, yang paling sering dikendarai memang motor bebek buatan Honda tersebut.

    Sebagai catatan, CT125 merupakan salah satu motor Honda yang berstatus impor utuh atau completely built up (CBU). Kendaraan tersebut dibanderol mulai dari Rp 82,5 jutaan dengan status on the road Jakarta.

    Honda CT125 menggunakan mesin SOHC bersilinder tunggal dengan kapasitas 124cc dan teknologi PGM-FI. Pembekalan tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga 6,7 kw dan torsi 10,8 Nm.

    (sfn/dry)

  • Produsen Jepang Diminta Tiru China Pangkas Harga Mobil di Indonesia

    Produsen Jepang Diminta Tiru China Pangkas Harga Mobil di Indonesia

    Jakarta

    Produsen mobil Jepang diminta mengikuti jejak pabrikan China yang berani memangkas harga kendaraan di Indonesia. Sebab, dengan demikian, pertarungan produk makin seru dan kompetitif.

    Hal tersebut disampaikan pengamat otomotif senior dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Bandung, Yannes Pasaribu. Menurutnya, produsen Jepang tak boleh diam saja ketika China diam-diam mulai mendominasi pasar.

    “Produsen Jepang, yang sudah lama mendominasi pasar Indonesia, sepertinya memang perlu menyesuaikan strategi agar tetap kompetitif. Salah satu opsi yang bisa diambil adalah ikut menurunkan harga untuk menyaingi produsen China,” ujar Yannes kepada detikOto, dikutip Sabtu (5/7).

    Honda HR-V Hybrid Foto: Honda

    Strategi pemangkasan harga gila-gilaan sebenarnya sudah diterapkan satu produsen Jepang, yakni Honda Prospect Motor (HPM). Mereka membanderol HR-V Hybrid Rp 60 jutaan lebih murah dibandingkan varian tertinggi di model sebelumnya.

    “Tapi ini tentunya bukan satu-satunya jalan. Mereka juga bisa fokus pada peningkatan fitur dan kualitas produk. Misalnya, menawarkan teknologi lebih canggih, desain yang lebih menarik, atau bahkan menggarap segmen pasar yang lebih premium untuk membedakan diri dari kompetitor,” tuturnya.

    “Jadi, meskipun menurunkan harga bisa jadi langkah cepat untuk menjaga market positioning, Jepang sebetulnya punya peluang untuk bermain lebih smart dengan memanfaatkan rekam jejak reputasi mereka yang sudah kuat di Indonesia,” kata dia menambahkan.

    MG4 EV warna oren. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com

    Menurut catatan detikOto, MG Motors merupakan salah satu produsen mobil China yang memulai tren pemangkasan harga mobil di Indonesia. Bahkan, mereka menjadi nama yang paling radikal dalam menurunkan harga jual.

    Salah satu mobil listrik andalan mereka, MG4 EV mulanya dibanderol Rp 640 juta. Namun, kendaraan itu mengalami revisi harga tiga kali menjadi hanya Rp 395 jutaan atau turun Rp 240 jutaan!

    Bukan hanya MG, produsen China lain seperti BAIC dan Chery juga gila-gilaan menurunkan harga mobilnya di Indonesia. BAIC memangkas harga BJ40 Plus hingga Rp 92 jutaan, sementara Chery memotong harga E5 hingga Rp 105 jutaan.

    (sfn/dry)

  • Harga Beda Rp 300 Ribuan, Mending Beli BeAT atau Motor Listrik Honda CUV e:?

    Harga Beda Rp 300 Ribuan, Mending Beli BeAT atau Motor Listrik Honda CUV e:?

    Jakarta

    Harga motor listrik Honda CUV e: diskon Rp 30 jutaan. Kini motor listrik itu dijual Rp 19 jutaan atau berselisih Rp 300 ribuan dari Honda BeAT termurah. Kira-kira pilih mana nih?

    Harga motor listrik Honda CUV e: per Juli 2025 dipangkas hingga Rp 35,187 juta. Sejatinya motor listrik itu dibanderol Rp 54,45 juta, namun berkat potongan tersebut, maka harga Honda CUV e: jadi Rp 19,263 juta.

    Dengan banderol segitu, harga motor listrik Honda CUV e: itu hanya terpaut Rp 300 ribuan dengan BeAT versi termurah.
    Sebagai informasi, Honda BeAT paling murah saat ini dibanderol Rp 18,93 juta atau lebih murah Rp 333 ribu dari Honda CUV e:. Kalau disuruh memilih antara motor listrik CUV e: dan BeAT, kira-kira kamu ambil yang mana?

    Honda CUV e: Foto: Ridwan ArifinHonda BeAT

    Honda BeAT merupakan salah satu skutik terfavorit di dalam negeri. BeAT yang dijual di Indonesia saat ini merupakan generasi keenam. Honda BeAT menggunakan rangka eSaF atau Enhanced Smart Architecture Frame dengan dimensi panjang 1.876 mm, lebar 669 mm dan tinggi 1.080 mm. Mesin Honda BeAT baru sejatinya masih sama seperti model sebelumnya. Kendaraan tersebut menggunakan mesin eSP berkapasitas 110cc dengan sistem injeksi PGM-FI. Pembekalan tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga 6,6 Kw dan torsi 9,2 Nm.

    Menurut pengujian Worldwide Motorcycle Test Cycle atau WMTC, konsumsi BBM Honda BeAT baru masih sama seperti model sebelumnya, yakni 60,6 km/liter. Sehingga, dalam kondisi full tank, kendaraan ‘sejuta umat’ tersebut bisa menempuh jarak hingga 254,5 km. Bicara fitur

    Honda CUV e:

    Sementara itu, Honda CUV e: ditenagai motor listrik yang bisa menghasilkan power 6 kW. Motor listrik ini bisa melaju hingga kecepatan 83 km/jam dengan jarak tempuh maksimal 80,7 km. Sumber tenaganya berasal dari dua baterai Honda Mobile Power Pack e: yang dapat di-swap (ditukar) atau di-charge sendiri dengan off-board charger.

    Honda CUV e: dibekali baterai lithium-ion dengan voltase 50,26 V x 2 dan kapasitas 29,4 Ah x 2. Pengisian baterai dari kosong hingga penuh memakan waktu 6 jam dan 2,7 jam (160 menit) buat pengisian dari 25% ke 75%. Soal fitur, Honda CUV e: sudah dilengkapi dengan USB type-C charger yang terletak pada console box untuk pengisian baterai ponsel. Kemudian ada panel layar TFT yang dapat menampilkan informasi kendaraan, navigasi, pengontrol musik, hingga menerima dan melakukan panggilan. Smart key system khas Honda terpasang untuk memaksimalkan fitur keamanan.

    (dry/din)

  • Banyak Dilirik Orang Indonesia, Ini Daftar Mobil Listrik China di RI

    Banyak Dilirik Orang Indonesia, Ini Daftar Mobil Listrik China di RI

    Jakarta

    Mobil listrik China banyak dilirik orang Indonesia. Berikut ini deretan mobil listrik China yang dijual di Tanah Air.

    Banyak orang Indonesia kepincut mobil listrik China. Bukan tanpa alasan, harga terjangkau jadi faktor utamanya. Padahal kalau bicara mobil listrik, bukan hanya merek China yang berjualan di Indonesia. Ada merek Jepang lewat Nissan, Honda, Toyota, hingga Mitsubishi.

    Merek Korea Selatan juga cukup agresif menghadirkan mobil listrik yang dibawa oleh Hyundai dan Kia. Di segmen premium, merek Eropa juga menjajakan mobil listriknya di dalam negeri. Ada BMW, Volvo, Mercedes-Benz, dan beberapa merek lainnya berlomba-lomba menyajikan mobil listrik buat orang Indonesia. Dalam riset yang dilakukan Populix, mobil listrik sebenarnya belum umum di kalangan masyarakat, maka harga terjangkau menjadi kuncinya.

    Nah harga terjangkau itu memang ditawarkan para produsen mobil listrik China. Kondisi ini justru berbeda dengan mobil listrik merek Jepang, Eropa, ataupun Korea Selatan.

    “Merek Jepang dan Eropa dipandang mahal, menghadapi persaingan yang ketat karena biayanya yang lebih tinggi dan fiturnya lebih sedikit,” demikian ditulis Populix.

    Masih dalam survei Populix, mobil listrik Eropa, Jepang, dan juga Korea Selatan dianggap kemahalan dibandingkan mobil China. Belum lagi fiturnya juga tak sebanyak mobil dari Negeri Tirai Bambu tersebut.

    Merek China memang membanjiri pasar otomotif Indonesia dengan mobil listriknya. Berikut ini deretan mobil listrik China yang dijual di Indonesia.

    Daftar Mobil Listrik China di Indonesia1. BYDBYD M6BYD Sealion 7BYD SealBYD DolphinBYD Atto 32. Denza3. AION4. Chery5. Seres6. Geely7. WulingWuling Air evWuling BinguoEVWuling Cloud EV8. Xpeng9. Neta

    (dry/din)

  • Yamaha Terus Geber Uji Coba Mesin V4

    Yamaha Terus Geber Uji Coba Mesin V4

    Jakarta

    Honda dan Yamaha melakukan uji coba privat di Sirkuit Brno, Ceko, pada tanggal 1-2 Juli 2025. Pebalap Honda Luca Marini dikabarkan ikut dalam pengetesan ini sekaligus menjadi tanda bahwa dia siap kembali ke lintasan setelah absen lama akibat cedera. Sementara Yamaha, kabarnya terus menguji motor baru mereka yang menggunakan arsitektur mesin V4.

    Mengutip Speedweek, Honda dan Yamaha masih berstatus sebagai tim dengan peringkat konsesi D yang artinya mereka bisa melakukan lebih banyak program pengujian di banyak lintasan. Honda dan Yamaha juga bisa melakukan pengujian motor oleh pebalap reguler mereka.

    Pembalap pabrikan HRC Luca Marini kembali mengendarai RC213V di Brno untuk pertama kalinya, sejak kecelakaan serius pada balap ketahanan Honda di Suzuka. Pebalap Italia itu kabarnya siap kembali ke MotoGP pekan depan.

    Sementara itu pebalap-pebalap reguler Yamaha seperti Alex Rins dan Miguel Oliveira juga ikut dalam tes privat di Brno. Hasilnya baik, Oliveira dan Rins jadi yang tercepat di M1. Keduanya mencatatkan lap time kisaran 1 menit 52,7 detik.

    Sebagai perbandingan, rekor lap time Marc Marquez dari tahun 2016 adalah 1 menit 54,596 detik. Namun, karena catatan waktu hanya berlaku di balap resmi, maka rekor Marquez akan tetap bertahan, setidaknya hingga ajang MotoGP Ceko digelar pada pada pertengahan Juli.

    Yang lebih menarik adalah program yang diselesaikan oleh pebalap penguji Andrea Dovizioso dan Augusto Fernandez. Keduanya mengendarai motor baru M1 bertenaga V4.

    Prototipe V4 tidak hanya berbeda dalam hal mesin dari versi empat silinder segaris pabrikan Jepang itu, tetapi juga dalam hal aerodinamika, lengan ayun, dan jalur knalpot. Terlihat jelas dari luar bahwa motor itu benar-benar berbeda. Sampai saat ini Yamaha belum mengeluarkan pernyataan apapun terkait pengujian motor bermesin V4 tersebut.

    (lua/din)

  • Harga Honda BeAT dan Yamaha Gear Ultima Juli 2025

    Harga Honda BeAT dan Yamaha Gear Ultima Juli 2025

    Jakarta

    Honda BeAT dan Yamaha Gear Ultima menjadi dua model skutik yang bisa dipilih konsumen di segmen entry level. BeAT masih menjadi tulang punggung penjualan Honda di Indonesia, juga skutik terlaris di Indonesia. Sementara Gear Ultima merupakan Gear terbaru yang lebih advance yang diluncurkan Yamaha untuk menantang dominasi BeAT. Seperti apa harga kedua motor ini di bulan Juli 2025?

    Honda BeAT ditawarkan dengan harga mulai Rp 18 jutaan hingga Rp 20 jutaan. Compact sportmatic dari pabrikan sayap mengepak ini ditawarkan dalam dua varian, standard dan street. Berikut pilihan tipe dan harga Honda Beat:

    Honda BeAT dan Yamaha Gear Ultima Foto: Dok. Istimewa

    1. BeAT CBS: Rp 18,.930.000

    2. BeAT Deluxe: Rp 19.801.000

    3. BeAT Deluxe Smart Key: Rp 20.331.000

    4. BeAT Street: Rp 19.801.000

    Sementara itu Yamaha Gear Ultima harganya start dari Rp 19 jutaan. Ini wajar, mengingat Gear Ultima pakai mesin lebih besar, 125cc, berbanding 110cc di Honda BeAT. Gear Ultima juga sudah dilengkapi speedometer digital dan fitur konektivitas Y-Connect. Berikut harga terbaru Yamaha Gear Ultima:

    1. Gear Ultima Hybrid: Rp 19.990.000

    2. Gear Ultima Hybrid S: Rp 21.500.000

    Opsi lainnya ada Yamaha Gear varian standard yang ternyata masih dijual di Indonesia kendati sudah ada versi Gear Ultima. Yamaha Gear varian sebelumnya ini dijual dengan harga lebih terjangkau lagi, mulai Rp 19.045.000.

    Sebagai catatan, harga Honda BeAT dan Yamaha Gear Ultima di atas adalah harga yang berlaku on the road Jakarta pada Juli 2025. Harga di setiap kota atau daerah tentunya bisa berbeda-beda. Untuk informasi lebih detail, kamu bisa mengunjungi dealer resmi Honda dan Yamaha di sekitar rumah.

    Yamaha Gear standard Foto: Yamaha

    (lua/din)

  • Pebalap Muda Meninggal Dunia Usai Kecelakaan, Rider MotoGP Berduka

    Pebalap Muda Meninggal Dunia Usai Kecelakaan, Rider MotoGP Berduka

    Jakarta

    Pebalap muda Borja Gomez (20) meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan di Sirkuit Magny Cours, Prancis, Kamis (3/7/2025). Ucapan duka mengalir dari para rider MotoGP.

    Eks pebalap Moto2 ini mengalami kecelakaan saat melakoni sesi tes pramusim JuniorGP Kejuaraan Eropa Stock 600. Borja diketahui sedang menggeber Honda CBR600RR.

    Dikutip dari Crash, Borja Gomez dilaporkan terjatuh, lalu ditabrak pebalap di belakangnya. Gomez dinyatakan meninggal dunia.

    Ucapan belasungkawa dan doa mengalir dari para pebalap MotoGP melalui akun instagram pribadinya.

    “Hari yang menyedihkan untuk olahraga. Semua dukungan saya untuk keluarga dan teman-teman. Beristirahatlah dengan tenang Borja,” tulis Marc Marquez.

    “Borja, beristirahatlah dengan tenang… Teruslah melakukan apa yang Anda sukai di mana pun Anda berada,” ungkap Jorge Martin.

    “RIP Borja. Semua kekuatan dan cinta saya untuk keluarga dan teman-temannya,” tulis Alex Marquez.

    Gomez tahun ini berkompetisi di Kejuaraan Superstock Eropa dengan mengendarai Honda CBR600RR. Gomez sedang memimpin klasemen setelah meraih posisi kedua di Estoril dan kemenangan di Jerez.

    Pebalap asal Spanyol ini juga telah menjalani peran sebagai penguji dalam proyek HRC World Superbike tahun ini dan ikut serta dalam tes pramusim Eropa bersama Tetsuta Nagashima sebagai bagian dari tim penguji resmi Honda.

    Gomez pernah tampil di ajang Moto2 pada musim 2022 dan 2023. Hasil terbaik Gomez adalah berada di posisi ke-16 di Australia.

    Dia juga mengendarai di empat putaran WorldSSP di musim 2021 dan 2024, mencetak poin untuk tempat ke-12 di Cremona dan Aragon tahun lalu dengan Kawasaki ZX-6R.

    (riar/din)