brand merek: Honda

  • Wujud Skutik Bongsor Honda Seharga Rp 30 Jutaan yang Lebih Canggih dari PCX

    Wujud Skutik Bongsor Honda Seharga Rp 30 Jutaan yang Lebih Canggih dari PCX

    Foto Oto

    Septian Farhan Nurhuda – detikOto

    Kamis, 21 Agu 2025 13:31 WIB

    Jakarta – Honda NWT150 secara resmi telah meluncur di China. Skutik bongsor tersebut diposisikan setara dengan Honda PCX 160, namun dengan teknologi lebih canggih!

  • Lebih Canggih dari PCX! Honda Rilis Skutik Bongsor Baru, Segini Harganya

    Lebih Canggih dari PCX! Honda Rilis Skutik Bongsor Baru, Segini Harganya

    Jakarta

    Honda NWT150 secara resmi telah meluncur. Skuter matik (skutik) bongsor tersebut diposisikan setara dengan Honda PCX 160, namun dengan teknologi yang jauh lebih canggih!

    Disitat dari Greatbiker, Kamis (21/8), Honda NWT150 bukan meluncur di Indonesia, melainkan di China. Skutik gambot tersebut merupakan hasil pengembangan bersama Honda Jepang dan Wuyang Honda China.

    Secara tampilan, Honda NWT150 menggunakan DNA yang sama seperti Honda NWG150, yakni berdimensi bongsor dengan aksen mematah di hampir seluruh bagian. Sementara lampu utama atau headlamp-nya berukuran besar dengan windshield atau penghalang angin yang cukup dominan.

    Honda NWT150. Foto: Doc. Wuyang Honda

    Kemudian bagian lainnya dirancang sangat agresif, mulai dari fairing atau sayap, jok, sisi-sisi kendaraan, hingga bagian ekor. Sedangkan setangnya menggunakan model naked atau telanjang.

    Honda NWT150 dibekali ragam fitur canggih, mulai dari pencahayaan full LED, layar TFT dengan konektivitas smartphone melalui Wi Link, kartu NFC sebagai kunci, sistem pengereman ABS berkanal ganda, kontrol traksi, Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan kamera yang berfungsi sebagai dashcam.

    Menariknya, NWT150 juga menjadi motor Honda pertama yang menggunakan teknologi millimeter-wave radar system untuk mendeteksi blindspot. Fitur tersebut mencakup jangkauan 100 meter dan mampu mendeteksi hingga 20 obyek secara bersamaan dalam radius 150 derajat.

    Honda NWT150. Foto: Doc. Wuyang Honda

    Jika ada kendaraan mendekat dari samping, lampu peringatan akan menyala di kaca spion samping untuk memberi tahu pengendara. Fitur tersebut merupakan teknologi inovatif yang hampir tak pernah ada sebelumnya di skutik mana pun.

    Honda NWT150 menggunakan mesin 149cc dengan semburan tenaga 11,4 kw dan torsi 14,4 Nm. Sementara konsumsi BBM-nya diklaim tembus 2,3 liter per 100 km.

    Di China, Honda NWT150 dibanderol mulai dari 14.980 yuan atau sekira Rp 33-34 jutaan. Menarik sekali, bukan?

    (sfn/rgr)

  • Belum Pernah Menang, Ini Sirkuit yang Masih ‘Angker’ buat Marc Marquez

    Belum Pernah Menang, Ini Sirkuit yang Masih ‘Angker’ buat Marc Marquez

    Jakarta

    Marc Marquez berhasil mencoret Sirkuit Red Bull Ring, Austria, dari daftar lintasan yang belum pernah juara. Tinggal tiga sirkuit lagi yang belum pernah dimenangkan Marquez.

    Kemenangan sempurna Marc Marquez pada akhir pekan lalu membuat catatan emasnya makin lengkap. Austria biasanya menjadi trek yang selalu menyulitkan Marquez sejak masih di Honda.

    Marc Marquez berulang kali gagal menang di sana, termasuk duel epik melawan Andrea Dovizioso pada 2017 dan 2019, serta Jorge Lorenzo pada 2018.

    Marc sendiri mengaku lega bisa meraih kemenangan di sirkuit yang sudah lama ia impikan.

    “Saya sangat senang dengan akhir pekan ini. Hari Kamis lalu saya bilang, tidak ada alasan, karena sekarang saya mengendarai motor merah yang membuat saya kalah di tikungan terakhir tiga kali berturut-turut. Itu adalah sirkuit yang sangat saya nanti-nantikan,” ujar Marc Marquez dikutip dari Mundo Deportivo, Rabu (20/8/2025).

    Marquez kini hanya memiliki dua sirkuit tersisa di mana ia belum pernah menang: Mandalika (Indonesia) dan Portimao (Portugal).

    MotoGP Mandalika selalu menghadirkan deretan kesialan buat Marquez. Pada musim perdana dihelat, Marquez mengalami crash di tengah kualifikasi, sampai pebalap Spanyol itu mengalami gangguan penglihatan. Pun tahun berikutnya, Marquez mengalami kecelakaan dan gagal finis. Musim lalu, saat menunggangi Desmosedici GP23, motornya mengalami gangguan teknis. Apakah tahun ini Marc Marquez bisa memutus rentetan nasib apes tersebut? Menarik untuk dilihat aksinya pada 3-5 Oktober 2025.

    Kemudian MotoGP Portugal. Sejak pertama kali MotoGP menggelar balapan di Algarve International Circuit, Portimão, Marquez belum pernah mencatat kemenangan. Bahkan podium pun belum pernah dia rasakan di sana. Sirkuit dengan karakter naik-turun bak roller coaster itu belum memihak Marquez. Tahun lalu saja, Marquez finis di urutan 16, alias di luar zona poin. Musim ini, MotoGP Portugal akan digelar pada 7-9 November 2025.

    Perlu dicatat bahwa ada sirkuit lain di kalender musin ini. Baik Marc Marquez maupun siapa pun, belum pernah menang. Akhir pekan ini, Balaton Park akan memulai debutnya sebagai tuan rumah seri GP Hungaria.

    (riar/rgr)

  • 7
                    
                        Perdamaian Alot, Korban Koma Kecelakaan Lalulintas di Blitar Jadi Tersangka
                        Surabaya

    7 Perdamaian Alot, Korban Koma Kecelakaan Lalulintas di Blitar Jadi Tersangka Surabaya

    Perdamaian Alot, Korban Koma Kecelakaan Lalulintas di Blitar Jadi Tersangka
    Tim Redaksi
    BLITAR, KOMPAS.com
    – Dicky Wahyudi (25), pengendara sepeda motor yang mengalami kecelakaan lalu lintas di Blitar, Sabtu (22/3/2025), kini menyandang status tersangka.
    Warga Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, itu mengalami kecelakaan dengan Toyota Hiace yang dikemudikan Andik Rohmanudin (39) di simpang tiga “Patung Garuda” Jalan Raya Sumberasri.
    Kini, setelah hampir lima bulan sejak peristiwa itu, tepatnya pada Rabu (13/8/2025) pekan lalu, penyidik Satlantas Polres Blitar Kota akhirnya menetapkan Dicky sebagai tersangka.
    Dicky lalu datang ke Mapolres Blitar Kota pada Senin (18/8/2025) guna memenuhi panggilan penyidik Satlantas Polres Blitar Kota, sekaligus mempertanyakan penetapan dirinya sebagai tersangka.
    “Keluarga Dicky sudah mengeluarkan biaya pengobatan mencapai Rp 60 juta dan hanya mendapatkan penggantian biaya Rp 20 juta dari Jasa Raharja.”
    “Dia yang menjadi korban sekarang malah dijerat sebagai tersangka,” kata pendamping Dicky, Sutarto, Selasa (19/8/2025).
    Menurut Sutarto, mewakili keluarga Dicky, pihaknya meminta kepolisian meninjau ulang penetapan Dicky sebagai tersangka.
    Menanggapi hal ini, Kepala Unit Penegakan Hukum Satlantas Polres Blitar Kota Ipda Suratno mengatakan, penetapan Dicky sebagai tersangka telah melalui proses panjang sesuai peraturan perundangan yang berlaku.
    Dia menyebutkan, salah satu prosedur yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta peraturan turunannya adalah mengedepankan penyelesaian secara
    restorative justice
    .
    Namun, syarat
    restorative justice
    dalam perkara pidana lalu lintas, kata Suratno, adalah tercapainya perdamaian antara pihak-pihak yang terlibat.
    “Tapi upaya menuju penyelesaian
    restorative justice
    dalam perkara ini masih terganjal oleh belum adanya titik temu antara pihak Dicky dan Andik,” ujar Suratno.
    “Kami sudah tiga kali memfasilitasi perdamaian antara kedua pihak. Bahkan sudah melibatkan Kepala Desa dan Kepala Dusun Sumberasri karena mereka ini
    kan
    satu dusun, satu desa. Namun, belum ada titik temu juga,” imbuh Suratno.
    Menurut Suratno, dalam tiga kali mediasi untuk perdamaian itu, terungkap bahwa biaya pengobatan Dicky sebesar Rp 38 juta, di mana Rp 20 juta telah tertutup oleh Jasa Raharja, sehingga tersisa Rp 18 juta.
    Dari sisa Rp 18 juta tersebut, ujar dia, pihak pengemudi Toyota Hiace mengaku hanya sanggup memberikan kontribusi sebesar Rp 4 juta.
    “Kami sudah minta agar semua pihak mau mencari titik temu. Tolong yang satu mau turun dan satunya mau naik biar tercapai titik temu. Tapi nyatanya, semua pihak tetap
    keukeuh
    pada posisi masing-masing,” ujar Suratno.
    Suratno mengaku, baru kali ini dia menghadapi perdamaian dalam kasus kecelakaan lalu lintas yang sedemikian alot, di sepanjang kariernya sebagai penyidik selama 18 tahun.
    Akibat tekanan tenggat waktu penyelesaian perkara, polisi pun akhirnya meningkatkan perkara dari penyelidikan ke penyidikan diikuti dengan penetapan Dicky sebagai tersangka.
    “Dalam kasus kecelakaan lalu lintas sebenarnya tidak ada pihak yang menghendaki kecelakaan itu terjadi. Maka hal pertama yang penyelidik kepolisian lihat adalah siapa dan apa yang memicu atau menjadi sebab terjadinya kecelakaan,” ungkap dia.
    Menurut Suratno, berdasarkan alat bukti yang diperkuat keterangan saksi-saksi, posisi Dicky mengambil lajur kanan yang merupakan jalur Toyota Hiace dari lawan arah, berada dalam posisi hukum yang lemah.
    Bahkan, tambahnya, teman-teman Dicky yang bermotor di depan dan belakang Dicky memberikan kesaksian yang tidak menguntungkan posisi Dicky.
    Selain itu, kata Dicky, sebenarnya Toyota Hiace, dengan dua penumpang tujuan Surabaya, yang berjalan lurus di simpang tiga itu, seharusnya diprioritaskan untuk melintas lebih dulu dibandingkan Dicky yang berbelok di persimpangan yang sama.
    Meski demikian, Suratno menegaskan, selama berkas perkara belum dilimpahkan ke pihak kejaksaan, polisi akan terus mengupayakan terjadinya perdamaian agar dapat direalisasikan
    restorative justice
    .
    “Kami akan segera mediasi lagi upaya damai. Semoga kedua belah pihak punya iktikad baik untuk mencapai titik temu perdamaian,” tutur Dicky.
    Kala kecelakaan terjadi, Dicky yang mengendarai sepeda motor Honda Megapro melaju dari arah selatan, berbelok ke arah timur di simpang tiga. Namun, karena terdapat genangan air, Dicky mengambil lajur kanan.
    Pada saat yang sama, melaju Toyota Hiace yang dikemudikan Andik, warga satu dusun dan desa yang sama dengan Dicky.
    Benturan di antara kedua kendaraan pun tak terhindarkan hingga membuat Dicky terlempar sekitar tiga meter, dan kepalanya membentur benda keras.
    Dalam keadaan koma, Dicky menjalani perawatan medis di rumah sakit dan baru siuman dari kondisi koma setelah beberapa hari kemudian.
    Selanjutnya, Dicky pun masih harus menjalani perawatan pemulihan yang cukup lama hingga menghabiskan biaya puluhan juta rupiah.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Ojol dan Opang Stasiun Pondok Ranji Buat Kesepakatan Soal Titik Jemput Penumpang
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        19 Agustus 2025

    Ojol dan Opang Stasiun Pondok Ranji Buat Kesepakatan Soal Titik Jemput Penumpang Megapolitan 19 Agustus 2025

    Ojol dan Opang Stasiun Pondok Ranji Buat Kesepakatan Soal Titik Jemput Penumpang
    Tim Redaksi
    TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com –
    Perselisihan antara ojek
    online
    (ojol) dan ojek pangkalan (opang) di Stasiun Pondok Ranji, Ciputat, Tangerang Selatan, berakhir damai.
    Kesepakatan itu dicapai setelah dilakukan mediasi pada Selasa (19/8/2025). Poin utama hasil mediasi adalah pengaturan titik jemput penumpang ojol agar tidak menimbulkan konflik dengan opang.
    “Kami ingin wilayah Stasiun Pondok Ranji menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi semua. Kesepakatan antara opang dan ojol sudah ada dan tertulis. Jadi kita harus patuhi aturan itu,” ujar Kapolsek Ciputat Timur Kompol Bambang Askar Sodiq saat ditemui di Stasiun Pondok Ranji, Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa.
    Dalam kesempatan itu, dijelaskan bahwa ojol hanya diperbolehkan menjemput penumpang di titik yang telah ditentukan, yaitu di depan Alfamidi dan
    dealer
     motor Honda.
    Namun, pengecualian berlaku pada kondisi darurat, misalnya penumpang sakit, penyandang disabilitas, atau ibu hamil. Dalam situasi seperti itu, pengemudi ojol dapat menjemput di luar titik yang ditetapkan dengan melakukan koordinasi kepada pihak keamanan stasiun.
    “Intinya jangan sampai ada kebuntuan komunikasi. Segala hal harus diinformasikan kepada pihak keamanan stasiun agar kami bisa memfasilitasi,” kata dia.
    Selain itu, koordinasi dengan angkutan kota (angkot) juga diperketat. Koordinator angkot telah dipanggil dan diingatkan agar kendaraan tidak parkir sembarangan yang dapat mengganggu perlintasan kereta maupun akses keluar-masuk stasiun.
    “Ini kan banyak angkot yang ngetem, jadi hari ini kita panggil koordinatornya angkot, kita akan memberikan
    warning
    agar tidak mengganggu perlintasan kereta api dan masyarakat yang akan keluar masuk dari Stasiun Pondok Ranji,” kata dia.
    Bambang menegaskan, jika terjadi pelanggaran terhadap kesepakatan tersebut, pihaknya akan mengambil tindakan tegas.
    Adapun pelaku perampasan kunci motor pengemudi ojol, Fidiansyah, yang sebelumnya viral diwajibkan melakukan wajib lapor selama tiga minggu.
    “Wajib lapor, kita lakukan wajib lapor selama tiga minggu, hari Senin dan Kamis. Kita akan melihat perkembangan,” ucap dia.
    Sebelumnya, Fidiansyah ditangkap polisi setelah aksinya merampas kunci motor ojol dan memaksa penumpang turun viral di media sosial.
    Fidiansyah ditangkap pada Minggu (17/8/2025), tepatnya setelah polisi menerima laporan terkait peristiwa tersebut.
    Adapun peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (16/8/2025) sekitar pukul 15.00 WIB.
    Saat itu, pelaku menghampiri ojol tersebut dan mencabut paksa kunci motornya. Kemudian, memaksa seorang penumpang ojol untuk turun dan menggunakan jasanya.
    “Pelaku menghampiri ojol sambil memaki-maki. Dia juga mencabut secara paksa kunci kontak motor milik ojol tersebut,” ujar Bambang saat dikonfirmasi
    Kompas.com
    , Senin (18/8/2025).
    Korban yang merupakan seorang karyawan swasta berinisial KDR (32), sempat bersitegang dengan pelaku.
    Bahkan, ia juga sempat memberikan penjelasan kepada opang tersebut bahwa dirinyalah yang meminta ojol itu untuk jemput di depan stasiun. Alasannya karena sedang buru-buru untuk ke rumah sakit.
    Pelaku pun tak terima dengan alasan korban dan justru mengarahkan korban untuk menggunakan jasa opang.
    “Pelaku juga menyampaikan bahwa ojol hanya boleh mengambil penumpang di depan Alfamidi dan dealer Honda,” kata Bambang.
    Peristiwa tersebut terekam warga dan diunggah ke media sosial hingga viral.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Suzuki Bakal Luncurkan Skutik Gambot Pesaing Yamaha Xmax dan Honda Forza

    Suzuki Bakal Luncurkan Skutik Gambot Pesaing Yamaha Xmax dan Honda Forza

    Jakarta

    Pasar skutik gambot diprediksi bakal makin sengit. Kabar terbaru dari China menyebut Suzuki tengah menyiapkan skutik besar bermesin 350 cc yang dikembangkan bareng mitra lokalnya, Haojue. Kehadiran motor ini diyakini akan menjadi penantang serius Honda Forza 350 dan Yamaha Xmax 300.

    Diketahui selama ini Suzuki memang sudah memiliki skutik gambot dalam wujud Burgman 400. Model tersebut juga sudah dipasarkan di sejumlah negara. Namun, di pasar China belum ada model yang setara untuk melawan Forza 350 maupun Xmax 300.

    Mengutip laman Greatbiker, bocoran pihak internal menyebut ada proyek baru bernama Haojue UHR350. Skutik ini disebut-sebut bakal menjadi prototipe Burgman 350 yang kemungkinan besar kelak dipasarkan dengan merek Suzuki.

    Informasi awal menyebutkan UHR350 menggunakan basis mesin Suzuki agar biaya pengembangan lebih efisien. Langkah ini dianggap masuk akal, sebab kecil kemungkinan Haojue mengembangkan mesin khusus hanya buat satu model. Ada dugaan platform baru ini juga akan dipakai untuk motor lain.

    Tak hanya motor matic, rumor lain menyebut Haojue juga sedang menggarap motor kelas menengah lain seperti GSX500 dan juga TR500, yang juga berpeluang dipasarkan dengan nama Suzuki.

    Meski detail teknis maupun desain UHR350 belum terungkap, kolaborasi Haojue dan Suzuki bukanlah hal baru. Sebelumnya, beberapa model hasil pengembangan bersama sukses diluncurkan ke pasar global. Karena itu, banyak yang meyakini Burgman 350 akan hadir dengan identitas Suzuki yang kuat, lengkap dengan emblem S khas pabrikan Jepang tersebut.

    Soal jadwal debutnya, Suzuki masih tutup mulut. Namun, dari perkembangan yang ada, motor anyar ini diperkirakan akan resmi meluncur pada awal tahun 2026. Jika benar, Burgman 350 dipastikan bakal menjadi pesaing baru di kelas skutik gambot premium dengan perpaduan desain modern, teknologi terkini, serta harga kompetitif.

    (lua/rgr)

  • Honda Logistics Indonesia (HLI) Dilikuidasi

    Honda Logistics Indonesia (HLI) Dilikuidasi

    Bisnis.com, JAKARTA — Pemegang saham PT Honda Logistics Indonesia (HLI) resmi melikuidasi perusahaan logistik itu.

    Dalam pengumuman tim likuidator HLI, pembubaran ditetapkan dalam akta keputusan para pemegang saham No. 6 tanggal 14 Agustus 2025.

    “Para pemegang saham PT Honda Logistics Indonesia telah menyetujui pembubaran dan likuidasi perseroan secara sukarela,” tertulis dalam pengumuman.

    Disebutkan, rapat pemegang saham luar biasa juga menetapkan Bobby Christianto Manurung dan Bosni Gondo Wibowo sebagai tim likuidator.

    “Dan memberikan kepada tim likuidator kewenangan yang diberikan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku kepada tim likuidator,” dijelaskan lebih lanjut dalam pengumuman.

    Disebutkan juga, para kreditor dapat mengajukan tagihan beserta dokumen pendukung ke sekretariat tim likuidator di Altruist Lawyers, Wisma Nugraha Sentana Jakarta.

    Tagihan juga dapat diajukan melalui jasa pengiriman selambat-lambatnya pada tanggal 19 Oktober 2025 pukul 18.00 WIB.

    HLI beralamat di  Kawasan Industri Mitra (KIM), Jl. Mitra Timur IV Desa No.7-10 Blok K, Parungmulya, Kec. Ciampel, Karawang. Perusahaan ini sebelumnya menangani distribusi produk Honda.

  • Klasemen Pebalap Usai MotoGP Austria 2025, Fermin Aldeguer Meroket

    Klasemen Pebalap Usai MotoGP Austria 2025, Fermin Aldeguer Meroket

    Jakarta

    Pebalap rookie Fermin Aldeguer melesat naik dua tangga di klasemen sementara MotoGP 2025. Pebalap Gresini Racing itu meraih hasil positif dengan finis podium kedua di MotoGP Austria 2025, akhir pekan lalu.

    Keputusan prinsipal Ducati untuk merekrut Fermin Aldeguer dari Moto2 rasanya sangat tepat. Sebab pebalap muda asal Spanyol itu langsung menampilkan performa bagus pada musim pertamanya. Terbukti Aldguer bisa naik podium dan merangsek ke posisi sepuluh besar klasemen sementara MotoGP 2025.

    Terbaru, Aldeguer yang ditempatkan di tim satelit Ducati, Gresini Racing, mampu meraih podium kedua di MotoGP Austria 2025. Tambahan 20 poin membuat posisi Aldeguer naik dua tingkat ke posisi kedelapan. Kini pebalap berusia 20 tahun tersebut mengoleksi 144 poin.

    Aldeguer pun jadi kandidat terkuat memenangi gelar rookie of the year. Karena para pesaingnya seperti Ai Ogura maupun Somkiat Chantra masih kesulitan buat menemukan performa terbaiknya. Ogura kini ada di urutan ke-16 dengan 53 poin dan Chantra ada di posisi juru kunci dengan satu poin.

    Selebihnya, klasemen MotoGP 2025 tak banyak berubah. Marc Marquez semakin kokoh di puncak, setelah memenangi MotoGP Austria 2025. The Baby Alien kini mengoleksi angka 418 poin, unggul 142 poin dari Alex Marquez di urutan kedua dengan 276 poin. Di tempat ketiga ada Francesco Bagnaia yang tertahan dengan 221 poin.

    Klasemen Pebalap Usai MotoGP Austria 2025

    1. = Marc Marquez SPA Ducati Lenovo (GP25) 418
    2. = Alex Marquez SPA BK8 Gresini Ducati (GP24) 276 (-142)
    3. = Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP25) 221 (-197)
    4. = Marco Bezzecchi ITA Aprilia Racing (RS-GP25) 178 (-240)
    5. ^1 Franco Morbidelli ITA Pertamina VR46 Ducati (GP24) 144 (-274)
    6. ˅1 Fabio di Giannantonio ITA Pertamina VR46 Ducati (GP25) 144 (-274)
    7. = Pedro Acosta SPA Red Bull KTM (RC16) 144 (-274)
    8. ^2 Fermin Aldeguer SPA BK8 Gresini Ducati (GP24)* 121 (-297)
    9. ˅1 Johann Zarco FRA Castrol Honda LCR (RC213V) 114 (-304)
    10. ˅1 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1) 103 (-315)
    11. = Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16) 82 (-336)
    12. ^1 Raul Fernandez SPA Trackhouse Aprilia (RS-GP25) 73 (-345)
    13. ˅1 Maverick Viñales SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16) 69 (-349)
    14. ^2 Enea Bastianini ITA Red Bull KTM Tech3 (RC16) 63 (-355)
    15. = Luca Marini ITA Honda HRC Castrol (RC213V) 55 (-363)
    16. ^1 Ai Ogura JPN Trackhouse Aprilia (RS-GP25)* 53 (-365)
    17. ˅3 Jack Miller AUS Pramac Yamaha (YZR-M1) 52 (-366)
    18. ^1 Joan Mir SPA Honda HRC Castrol (RC213V) 42 (-376)
    19. ˅1 Alex Rins SPA Monster Yamaha (YZR-M1) 42 (-376)
    20. = Takaaki Nakagami JPN Idemitsu Honda LCR (RC213V) 10 (-408)
    21. = Jorge Martin SPA Aprilia Racing (RS-GP25) 9 (-409)
    22. = Lorenzo Savadori ITA Aprilia Factory (RS-GP25) 8 (-410)
    23. = Pol Espargaro SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16) 8 (-410)
    24. = Augusto Fernandez SPA Yamaha Factory Racing (YZR-M1) 6 (-412)
    25. = Miguel Oliveira POR Pramac Yamaha (YZR-M1) 6 (-412)
    26. = Somkiat Chantra THA Idemitsu Honda LCR (RC213V)* 1 (-417)

    (lua/rgr)

  • Konsumen Mobil LCGC Pindah ke Atto 1? Ini Kata BYD

    Konsumen Mobil LCGC Pindah ke Atto 1? Ini Kata BYD

    Jakarta

    BYD Atto 1 diperkenalkan dengan harga yang kompetitif, mulai Rp 195 jutaan. Di segmen harga tersebut, banyak dihuni oleh mobil murah LCGC (Low Cost Green Car) dari pabrikan Jepang. Apakah konsumen mobil LCGC mulai ada yang beralih ke Atto 1?

    Luther T. Panjaitan, Head of Public & Government Relations PT BYD Motor Indonesia, menjelaskan, data penjualan BYD Atto 1 sebenarnya sudah ada. Tapi kata Luther, pihak BYD masih terus melakukan pengumpulan data penjualan Atto 1.

    “Datanya ada, kita capture juga dari penjualan-penjualan yang terjadi, namun kita masih kalkulasi,kita tidak mau terlalu early(awal) untuk menginformasikan, takutnya misleading dan misunderstanding terhadap real situation market Atto 1,” jelas Luther di sela-sela kegiatan media test drive BYD Atto 1 Semarang-Solo-Yogyakarta (13/8/2025).

    Diberitakan sebelumnya, BYD Atto 1 yang baru diperkenalkan di GIIAS 2025, menjadi buah bibir di kalangan pecinta otomotif Indonesia. Soalnya, mobil listrik mungil dengan gaya sporty dan modern ini punya harga relatif terjangkau, dari Rp 195 juta hingga Rp 235 juta.

    Di segmen harga tersebut, BYD Atto 1 berhadapan dengan mobil-mobil LCGC buatan Jepang, seperti Daihatsu Ayla, Toyota Agya, serta Honda Brio. Lalu apakah Atto 1 bakal menggeser pasar mobil LCGC? Menurut prediksi Toyota Indonesia, hal itu butuh waktu. Karena bagaimanapun, mobil listrik seperti BYD Atto 1 dan mobil mesin konvensional seperti LCGC, memiliki karakteristik berbeda.

    “Nanti kita bisa lihat tiga bulan ke depan, siapa kustomernya, first buyer, replacement atau additional? Kalau memang ujug-nya additional (mobil kedua), mungkin itu dibilang berbeda dengan LCGC,” kata Marketing Planning General Manager PT Toyota Astra-Motor (TAM) Resha Kusuma Atmaja di arena GIIAS 2025, belum lama ini.

    (lua/din)

  • Pasar Mobil RI: China Kuasai Mobil Listrik, Jepang Pimpin Mobil Hybrid

    Pasar Mobil RI: China Kuasai Mobil Listrik, Jepang Pimpin Mobil Hybrid

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kendaraan elektrifikasi di segmen hybrid electric vehicle (HEV) semakin laku belakangan, bahkan masih lebih tinggi dibandingkan mobil BEV.

    Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) wholesales atau pengiriman dari pabrik ke diler mobil hybrid sepanjang Juli 2025 yakni sebanyak 6.605 unit.

    Angka tersebut lebih tinggi dari penjualan BEV yang tercatat 5.433 unit di periode yang sama. Meski demikian, Penjualan HEV tersebut memang turun dibandingkan Juni 2025 yang terjual sebanyak 7.235 unit.

    Uniknya, ketika mobil terlaris BEV dikuasai oleh mobil China, namun mobil hybrid dikuasai oleh pabrikan Jepang. Dari 10 besar mobil hybrid terlaris, hanya ada 1 brand China yang masuk, sedangkan sisanya dipegang oleh brand Jepang.

    Suzuki Fronx Hybrid menjadi hybrid terlaris dengan penjualan 2.047 unit, disusul Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid yang terjual 1.398 unit, lalu Honda HR-V e:HEV terjual 1.268 unit, kemudian Suzuki XL7 Hybrid terjual 493 unit serta Toyota Yaris Cross HEV 334 yang terjual unit.

    Adapun wholesales mobil di Indonesia sepanjang Januari-Juli 2025 tercatat 435.390 unit. Angka tersebut turun 10,09 persen dibanding periode yang sama tahun lalu yang mencapai 484.250 unit.

    Daftar Mobil Hybrid Terlaris Juli 2025:
    1. Suzuki Fronx Hybrid: 2.047 unit
    2. Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid: 1.398 unit
    3. Honda HR-V e:HEV: 1.268 unit
    4. Suzuki XL7 Hybrid: 493 unit
    5. Toyota Yaris Cross HEV 334 unit
    6. Chery Tiggo Cross CSH: 320 unit
    7. Hyundai Palisade Hybrid: 119 unit
    8. Toyota Alphard HEV: 65 unit
    9. Lexus LM350h: 52 unit
    10. Honda Civic e:HEV: 42 unit

    (hoi/hoi)

    [Gambas:Video CNBC]