brand merek: Honda

  • Si Legendarsis All New Honda Prelude Resmi Dijual

    Si Legendarsis All New Honda Prelude Resmi Dijual

    Si Legendarsis All New Honda Prelude Resmi Dijual

  • Honda Prelude Lahir Kembali

    Honda Prelude Lahir Kembali

    Jakarta

    Mobil legendaris Honda Prelude dilahirkan kembali. Honda Motor Co., Ltd. di Jepang resmi menjual All New Honda Prelude. Mobil coupe sport legendaris itu kini hadir dengan sistem hybrid pintar Honda e:HEV.

    Honda Prelude memiliki sejarah panjang sebagai coupe legendaris yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1978. Mobil itu dikenal sebagai coupe futuristis dengan inovasi teknologi di masanya.

    Setelah lima generasi, kini melalui generasi keenam, Honda membangkitkan kembali nama Prelude sebagai ikon masa depan yang menggabungkan warisan emosional dengan visi elektrifikasi Honda.

    Honda Prelude terbaru mengusung konsep Ulimited Glide. Desain Prelude terbaru terinspirasi dari gerakan glider yang melayang bebas di udara. Bagian depan mobil dirancang rendah dan tajam, sementara garis bodi yang halus berpadu dengan postur rendah dan lebar, menegaskan karakter sporty.

    Lampu depan Honda Prelude dilengkapi multifunction lights dengan garis menyerupai kepakan sayap, dipadukan dengan Adaptive Driving Beams dan Active Cornering Lights untuk visibilitas optimal saat malam. Teknologi laser brazing membuat atap terlihat mulus tanpa molding, sementara antena dengan glass-printing mempertegas kesan bersih. Detail seperti flush door handle, grille berlapis black chrome, serta aksen biru di fascia depan-belakang melengkapi nuansa premium.

    Honda Prelude Foto: Dok. Honda

    Beralih ke interior, Honda Prelude menawarkan kabin dua-tone Blue & White yang kontras dan elegan. Kursi pengemudi dirancang untuk pengalaman berkendara sporty, sementara kursi penumpang menawarkan kenyamanan. Logo Prelude bordir pada headrest serta desain door lining yang ergonomis menciptakan kebanggaan kepemilikan. Fitur interior lainnya meliputi setir D-shaped, paddle shift berbahan metal, serta full-graphic meter cluster eksklusif yang memperkuat nuansa sporty.

    Honda Prelude Foto: Dok. Honda

    Prelude dilengkapi layar sentuh 9 inci dengan Honda CONNECT berbasis Google built-in. Di dalamnya tersedia Google Maps, Google Play, dan Google Assistant. Sistem audio Bose Premium 8-speaker dengan fitur Dynamic Speed Compensation menyesuaikan kualitas suara sesuai kecepatan, memberikan pengalaman layaknya konser.

    Untuk pertama kalinya, Honda memperkenalkan teknologi Honda S+ Shift pada sistem hybrid e:HEV. Sistem ini menghadirkan virtual 8-speed transmission yang menciptakan sensasi perpindahan gigi nyata meskipun mobil digerakkan motor listrik.

    Honda menghadirkan Active Sound Control, yang menghasilkan suara mesin bertenaga sinkron dengan putaran RPM melalui sistem audio. Fitur baru Coasting Control memungkinkan mobil melambat seperti dalam posisi netral, memberikan sensasi meluncur bebas layaknya glider. Pengemudi dapat memilih mode berkendara Sport, GT, Comfort, atau Individual yang dapat disesuaikan hingga enam aspek berbeda, termasuk suspensi, suara mesin, hingga adaptive cruise control.

    Menggunakan chassis yang sama dengan Honda Civic Type R, Prelude terbaru menggunakan suspensi depan Dual-Axis Strut,Adaptive Damper System, sistem kemudi dengan Variable Gear Ratio (VGR), drive shaft rigid, serta rem cakram depan Brembo. Velg 19 inci dengan desain rigid meredam kebisingan sekaligus menjaga stabilitas.

    Dari sisi keselamatan, All New Honda Prelude dilengkapi standar dengan teknologi keselamatan canggih Honda SENSING, yang telah disesuaikan khusus untuk model ini agar memberikan kontrol lebih natural dan kenyamanan berkendara sehingga menghadirkan ketenangan pikiran dan rasa aman bagi pengemudi maupun penumpang.

    Sistem ini mencakup lebih dari 15 fitur, di antaranya Collision Mitigation Braking System, Collision Mitigation Throttle Control dan Rear Collision Mitigation Throttle Control,Low Speed Brake Function,Pedestrian Collision Mitigation Steering System,Road Departure Mitigation System,Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow dan Traffic Jam Assist,Lane Keeping Assist System, Traffic Sign Recognition,Adaptive Driving Beam Headlights,Blind Spot Information System dan Cross Traffic Monitor,Parking Sensor System serta Unintended Acceleration Mitigation.

    (rgr/lth)

  • Potret Skutik Terbaru Yamaha Penantang Honda Vario 150

    Potret Skutik Terbaru Yamaha Penantang Honda Vario 150

    Potret Skutik Terbaru Yamaha Penantang Honda Vario 150

  • Yamaha Luncurkan Skutik Dek Rata Penantang Honda Vario

    Yamaha Luncurkan Skutik Dek Rata Penantang Honda Vario

    Jakarta

    Yamaha resmi memperkenalkan Cygnus XR 155 DX 2025 di Taiwan. Skutik anyar ini tampil sporty layaknya Yamaha Aerox, namun memiliki keunggulan berupa dek rata yang fungsional untuk membawa barang. Jika dipasarkan di Indonesia, motor ini bakal cocok melawan Honda Vario 160.

    Cygnus XR sendiri bukan pemain baru. Skutik ini sudah eksis di Taiwan sejak 2002 dan kini memasuki generasi ketujuh. Untuk pertama kalinya, kapasitas mesin ditingkatkan dari 125 cc menjadi 155 cc, berbasis platform yang sama dengan Nmax dan Aerox.

    Yamaha Cygnus XR 155 Foto: Dok. Yamaha Taiwan

    Mesin tersebut sudah dibekali teknologi katup variabel VVA, tetapi masih pakai transmisi CVT konvensional, tanpa mode Turbo ataupun YECVT seperti di Nmax Turbo maupun Aerox Alpha.

    Dari sisi tampilan, Cygnus XR 155 DX tampil garang. Lampu depannya menggunakan proyektor LED dengan desain yang mirip-mirip moge Italia Ducati Panigale. Lampu depan tersebut juga sudah dilengkapi DRL vertikal dan lampu sein yang terpisah di cover setang.

    Fitur yang ditawarkan motor ini pun cukup lengkap. Ada panel instrumen LCD berwarna yang bisa terkoneksi ke smartphone, sistem Smart Key, rem ABS, hingga kontrol traksi (TCS). Yamaha juga menempatkan tangki bahan bakar di depan, mirip seperti konsep Yamaha FreeGo.

    Yamaha Cygnus XR 155 Foto: Dok. Yamaha Taiwan

    Suspensi belakangnya memakai shock ganda dengan sub-tank yang dipasang terbalik, cukup jarang ditemui pada skutik di kelas ini. Sementara rodanya pakai velg alloy 12 inci dengan ban 110/70 di depan dan 130/70 di belakang. Walau dimensinya terlihat berisi, proporsi keseluruhannya tetap ramping dan tajam.

    Belum ada kepastian apakah Cygnus XR 155 DX bakal dipasarkan di luar Taiwan. Namun, dengan desain agresif, dek rata yang praktis, dan fitur premium, skutik ini sangat bisa menjadi pesaing serius Honda Vario di segmen skutik 150 cc ke atas.

    Soal harga, Yamaha Cygnus XR 155 dijual 109.500 dolar Taiwan atau setara Rp 58,8 juta. Sementara Yamaha Cygnus XR 155 DX dijual 114.500 – 115.500 dolar Taiwan atau setara Rp 61,5 juta – Rp 62,1 juta.

    Yamaha Cygnus XR 155 Foto: Dok. Yamaha Taiwan

    (lua/lth)

  • Ada Diskon Motor Listrik Honda, Harga Jadi Segini

    Ada Diskon Motor Listrik Honda, Harga Jadi Segini

    Jakarta

    Ada diskon buat kamu yang mau membeli motor listrik Honda. Diskonnya pun beragam, dan membuat harganya jadi sedikit lebih murah.

    Motor listrik Honda bisa dimiliki dengan harga lebih rendah. Sebab, ada promo diskon yang kamu bisa manfaatkan sepanjang September 2025. Dilihat detikOto dalam laman resmi dealer sekaligus distributor resmi motor Honda untuk wilayah Jakarta serta Tangerang, Wahana Honda, ada diskon untuk motor listrik CUV e:, EM1 e:, dan Icon E.

    Honda CUV e: misalnya, ada potongan hingga Rp 2 juta. Potongan itu berlaku untuk potongan angsuran maksimal Rp 2 juta dan juga potongan tenor sampai dengan tiga kali. Adapun motor listrik CUV e: itu harganya Rp 54,45 juta.

    Selanjutnya, ada juga potongan harga sebesar Rp 17,76 juta yang ditawarkan untuk pembelian EM1 e:. Dari harga Rp 40 juta, berkat potongan tersebut EM1 e: bisa dimiliki mulai Rp 22 jutaan.

    Terakhir ada potongan harga untuk Honda Icon e:. Promonya berupa potongan hingga Rp 1 juta yakni potongan angsuran maksimal Rp 1 juta dan potongan tenor sampai dengan tiga kali. Icon e: merupakan motor listrik termurah Honda dengan banderol Rp 28 juta.

    Dari ketiga motor listrik Honda yang dijual, CUV e: merupakan yang termahal. Punya banderol tembus Rp 50 jutaan, Honda CUV e: ditenagai motor listrik yang bisa menghasilkan power 6 kW. Motor listrik ini bisa melaju hingga kecepatan 83 km/jam dengan jarak tempuh maksimal 80,7 km.

    Sumber tenaganya berasal dari dua baterai Honda Mobile Power Pack e: yang dapat di-swap (ditukar) atau di-charge sendiri dengan off-board charger. Honda CUV e: dibekali baterai lithium-ion dengan voltase 50,26 V x 2 dan kapasitas 29,4 Ah x 2. Pengisian baterai dari kosong hingga penuh memakan waktu 6 jam dan 2,7 jam (160 menit) buat pengisian dari 25% ke 75%.

    Sementara Icon e: mengambil basis model EM1 e:, dilengkapi dengan Honda Mobile Power Pack e:. Komponen listrik utama, termasuk baterai telah diganti, dan juga eksteriornya telah didesain ulang sesuai selera konsumen Indonesia.

    Honda Icon e: hadir untuk konsumen yang mencari fleksibilitas mengendarai sepeda motor listrik, dengan menawarkan bodi yang ringan dan kelincahan di jalan raya. Honda ICON e: mengusung konsep Advance – Compact yang cocok untuk penggunaan harian. Konsumen dapat melakukan pengisian daya dengan Honda Power Pack Charger e: dengan waktu pengisian daya 2,7 jam (160 menit) untuk 25%-75% dan 6 jam untuk 0%-100%. Dijual mulai dari Rp 5 juta. Harga itu di luar dari pembelian motor.

    (dry/rgr)

  • Dites Jalan, Motor Listrik Honda EV Fun Concept Segera Diproduksi Massal

    Dites Jalan, Motor Listrik Honda EV Fun Concept Segera Diproduksi Massal

    Jakarta

    Honda semakin serius menggarap segmen motor listrik. Setelah memasarkan skutik listrik seperti EM1 e: dan CUV e:, produsen asal Jepang itu tampaknya siap meluncurkan motor listrik baru bergaya sport naked bike. Kabar terbaru, motor listrik yang diberi nama EV Fun Concept itu kedapatan sedang dites jalan di Eropa.

    Mengutip Young Machine, EV Fun Concept pertama kali tampil di pameran EICMA 2024 lalu. Honda mengonfirmasi motor ini akan dijual pada 2025. Dengan sisa empat bulan menuju akhir tahun, uji jalan yang dilakukan di berbagai wilayah Eropa menjadi sinyal kuat bahwa versi produksinya sudah dekat.

    Dalam video terbaru, motor terlihat dilapisi kamuflase buat menyamarkan desain aslinya. Meski begitu, terlihat jelas bahwa ada perubahan detail dibandingkan model konsep sebelumnya, seperti spakbor depan yang lebih panjang dan penambahan spakbor belakang.

    Honda EV Fun Concept Foto: Dok. Honda

    Honda merancang EV Fun Concept setara dengan motor sport bermesin 600 cc. Motor ini memakai baterai permanen dengan jarak tempuh lebih dari 100 km. Desainnya unik karena baterai berbentuk kotak dibiarkan terlihat dan diposisikan horizontal, menyatu dengan gaya bodi.

    Salah satu fitur penting adalah dukungan pengisian cepat CCS2. Honda mengusung filosofi ‘Be the Wind’ yang menggambarkan pengalaman berkendara mulus, senyap, dan menyatu dengan mesin-sensasi yang hanya bisa diberikan motor listrik.

    Pengujian ekstensif di Eropa mencakup performa, sistem pengisian, hingga kemudahan penggunaan harian. Hal ini semakin menguatkan dugaan bahwa pengumuman resmi atau peluncuran global motor ini akan segera dilakukan.

    Motor listrik Honda EV Fun Concept dites di jalanan Eropa Foto: Young Machine

    Menariknya, proyek EV Fun Concept dipimpin Masashi Tanaka, insinyur veteran Honda dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Ia sebelumnya terlibat dalam pengembangan motor-motor ikonik seperti CBR600RR, CBR1000RR Fireblade, Gold Wing, hingga Africa Twin.

    Sejak 2022, Tanaka fokus di divisi elektrifikasi, membawa pengalaman dari mesin konvensional ke motor listrik. Dengan bekal tersebut, EV Fun Concept diproyeksi jadi motor listrik sport perdana Honda yang bukan hanya ramah lingkungan, tetapi juga tetap mempertahankan DNA performa tinggi khas motor gede pabrikan sayap mengepak.

    (lua/rgr)

  • Kecelakaan Tragis di Jombang: Pelajar Tewas Tertabrak Truk Usai Senggolan dengan Motor Lain

    Kecelakaan Tragis di Jombang: Pelajar Tewas Tertabrak Truk Usai Senggolan dengan Motor Lain

    Jombang (beritajatim.com) – Kecelakaan lalu lintas (laka lantas) tragis terjadi di Jalan Raya Dusun Banjarpoh, Desa Pulorejo, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, yang melibatkan dua kendaraan sepeda motor dan sebuah truk, Kamis (4/9/2025).

    Kejadian ini menewaskan seorang pemuda berusia 16 tahun yang merupakan pelajar asal Desa Sambongdukuh, Jombang. Kanit Gakkum Satlantas Polres Jombang, Ipda Siswanto, membenarkan adanya kecelakaan yang merenggut satu nyawa tersebut.

    Kronologinya, sepeda motor Honda Beat yang dikendarai oleh M. Ardyansyah, seorang pelajar, melaju dari arah timur ke barat. Secara bersamaan, sebuah sepeda motor lain yang identitasnya belum diketahui, juga bergerak dari arah yang sama. “Kedua sepeda motor ini kemudian bersenggolan di jalan,” ujar Ipda Siswanto.

    Akibat senggolan tersebut, pengendara Honda Beat terjatuh ke aspal. Sangat malang, tubuhnya tertabrak oleh truk yang melaju dari arah berlawanan. Truk tersebut langsung menggilas tubuh korban tanpa bisa menghindar, yang menyebabkan korban meninggal dunia di tempat kejadian.

    Identitas korban yang meninggal dunia dalam kecelakaan ini adalah M. Ardyansyah, seorang pelajar yang tercatat sebagai warga Jalan Abdulrahman Saleh, Gang III, Desa Sambongdukuh, Kecamatan Jombang. Korban mengalami luka berat dan meninggal dunia di lokasi kejadian.

    Sedangkan pengemudi sepeda motor lainnya yang terlibat dalam kecelakaan ini, yang identitasnya masih belum diketahui, berhasil melarikan diri dari lokasi kejadian. Adapun truk yang terlibat dalam kecelakaan tersebut dikemudikan oleh Adiyanto, seorang karyawan swasta berusia 28 tahun yang tidak mengalami luka.

    Pihak kepolisian masih menyelidiki lebih lanjut tentang kecelakaan ini dan berusaha mencari tahu lebih lanjut mengenai sepeda motor kedua yang terlibat dalam kecelakaan tersebut. Ipda Siswanto mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan selalu memperhatikan keselamatan saat berkendara di jalan raya. [suf]

  • Segini Biaya Servis Honda HR-V Hybrid

    Segini Biaya Servis Honda HR-V Hybrid

    Jakarta

    Berikut ini rincian biaya servis berkala Honda HR-V Hybrid.

    Honda HR-V hybrid jadi opsi baru buat kamu yang mencari mobil irit BBM. Ya, dalam pengujian internal yang dilakukan Honda, mobil ini hanya butuh satu liter bensin untuk menempuh jarak 25,5 km. Dengan kondisi tangki penuh, mobil bisa berjalan hingga 1.000 km.

    Selain konsumsi BBM lebih hemat, harga jualnya juga lebih murah. Ini lantaran insentif yang diberikan pemerintah untuk mobil hybrid buatan lokal. Khusus varian hybrid, harga paling mahalnya bahkan tak sampai Rp 500 juta. HR-V paling mahal saat ini harganya Rp 488 juta. Sebagai perbandingan, pada model turbo RS, harga HR-V itu sebelumnya Rp 540 jutaan.

    Lalu bagaimana dengan biaya servisnya? Biaya servis ini berbeda-beda tergantung dari periodenya. Namun untuk servis berkala enam bulan atau 10.000 km hingga 30 bulan atau 50.000 km masih gratis. Pada periode tersebut, pemilik mobil tak dikenakan biaya jasa.

    Biaya Jasa Servis Berkala Honda HR-V Hybrid

    Biaya jasa itu baru dikenakan pada perawatan berkala 36 bulan atau 60.000 km. Biayanya sebesar Rp 992 ribu. Selanjutnya tiap enam bulan sekali dilakukan servis dengan biaya jasa berbeda-beda. Nah berikut ini rincian biaya jasa servis Honda HR-V hybrid mulai 36 bulan atau 60.000 km hingga 90 bulan atau 150.000 km.

    36 bulan atau 60.000 km: Rp 992 ribu42 bulan atau 70.000 km: Rp 724 ribu48 bulan atau 80.000 km: Rp 938 ribu54 bulan atau 90.000 km: Rp 724 ribu60 bulan atau 100.000 km: Rp 1.046.00066 bulan atau 110.000 km: Rp 724 ribu72 bulan atau 120.000 km: Rp 992 ribu78 bulan atau 130.000 km: Rp 724 ribu84 bulan atau 140.000 km: Rp 831 ribu90 bulan atau 150.000 km: Rp 1,26 jutaBiaya Sparepart Honda HR-V Hybrid

    Nah itu tadi rincian biaya jasa di luar sparepart. Biaya sparepart juga berbeda-beda, rinciannya berikut ini.

    6 bulan atau 10.000 km : Rp 659.340
    12 bulan atau 20.000 km Rp 708.180
    18 bulan atau 30.000 km: Rp 1.040.070
    24 bulan atau 40.000 km: Rp 907.980
    30 bulan atau 50.000 km: 659.340
    36 bulan atau 60.000 km: Rp 1.188.810
    42 bulan atau 70.000 km: Rp 659.340
    48 bulan atau 80.000 km: Rp 907.980
    54 bulan atau 90.000 km: Rp 1.040.070
    60 bulan atau 100.000 km: 1.906.980

    Spesifikasi Honda HR-V Hybrid

    Sebagai catatan, biaya sparepart bisa jadi berbeda terlebih bila ada penggantian komponen di luar masa pakai. Sekadar informasi tambahan, HR-V versi teranyar ini mengusung mesin 1.5L DOHC I-VTEC (Hybrid) dengan muntahan tenaga 106 PS pada 6.000-6.400 rpm dan torsi 127 Nm @ 4.500-5.000 rpm. Sedangkan tenaga motor listriknya 131 PS. Torsi motor listrik mencapai 253 Nm. Khusus varian e:HEV ini terdapat logo hybrid yang menunjukkan mobil ini sudah berteknologi elektrifikasi.

    Seluruh sistem ini dikendalikan secara otomatis melalui Electronic CVT, Power Control Unit, dan Intelligent Power Unit, yang memungkinkan transisi mulus antara tiga mode berkendara: EV Drive, Hybrid Drive, dan Engine Drive sesuai kondisi jalan dan gaya berkendara.

    Berbeda dari sistem hybrid yang diusung beberapa model lain di pasaran, system e:HEV menggunakan pendekatan “electric-first”, di mana motor listrik menjadi sumber tenaga utama saat berkendara. Sementara mesin bensin akan bekerja pada kecepatan tinggi dan konstan, untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar yang tinggi tanpa mengurangi kesenangan berkendara.

    (dry/din)

  • SUV Baru Honda Elevate Meluncur, Harga Rp 200 Jutaan

    SUV Baru Honda Elevate Meluncur, Harga Rp 200 Jutaan

    Jakarta

    Honda menyegarkan SUV kompak Honda Elevate di India. SUV Honda tersebut menghadirkan tema interior baru dan sejumlah penambahan fitur.

    Honda Elevate merupakan kompak SUV andalan Honda di pasar India. Meluncur pertama kali dua tahun lalu, Honda Elevate kini mendapat pembaruan di bagian interiornya. Dikutip Cartoq, pembaruan yang paling menonjol adalah warna kabinnya.

    Honda Elevate tipe ZX sebagai trim tertinggi hadir dengan interior dua warna Ivory dan Black dengan jok kulit imitasi dan sisipan soft-touch, menggantikan opsi Tan sebelumnya. Tampilan yang lebih terang dirancang untuk menambah kesan premium. Sedangkan tipe di bawahnya hadir dengan jok kain hitam dengan sisipan ivory, menggantikan jok Shadow Beige.

    Honda Elevate Foto: Dok. Honda

    Sementara itu, di bagian eksterior, Honda telah memperkenalkan “Alpha-Bold Plus Grille” opsional dengan desain yang lebih lebar untuk tampilan yang lebih tegas di jalan. Hal ini ditujukan bagi pembeli yang menginginkan gaya SUV yang lebih berani tanpa mengubah desain dasar Elevate.

    Honda Elevate Foto: Dok. Honda

    Honda juga telah meluncurkan dua varian Black Edition. Versi standar memadukan cat gelap dengan detail krom dan silver, sementara Signature Black Edition hadir dengan sentuhan serba hitam, gril Alpha-Bold, dan pencahayaan ambient sebagai standar. Edisi-edisi ini ditujukan untuk pembeli muda yang lebih menyukai gaya yang lebih dramatis.

    Dari segi mekanis, Elevate tetap tidak berubah. Honda Elevate mengusung mesin 1.5 i-VTEC DOHC yang menghasilkan tenaga maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Honda Elevate menggunakan transmisi CVT dan juga memiliki versi transmisi manual dengan 6 percepatan. Powertrain tersebut telah dioptimalkan untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang menyenangkan serta ramah lingkungan.

    Honda Elevate Foto: Dok. Honda

    Honda Elevate telah dilengkapi teknologi Honda Connect serta teknologi keselamatan terdepan Honda SENSING. Teknologi ini merupakan teknologi keselamatan yang memberikan perlindungan menyeluruh bagi pengemudi dan penumpang. Teknologi ini dapat memberikan peringatan untuk secara otomatis mengambil tindakan untuk mengurangi risiko kecelakaan.

    Di India, Honda Elevate terbaru dijual dengan harga 1.239.000 rupee sampai 1.551.000 rupee. Kalau dirupiahkan, mobil ini setara dengan Rp 230,9 juta sampai Rp 289 jutaan.

    (rgr/dry)

  • Ternyata Konsumen Kayak Gini yang Beli Mobil Baru Masih Mikirin Harga Bekasnya

    Ternyata Konsumen Kayak Gini yang Beli Mobil Baru Masih Mikirin Harga Bekasnya

    Jakarta

    Masih ada sebagian konsumen Indonesia yang memikirkan harga jual kembali. Berikut ini profil konsumennya.

    Harga jual kembali masih jadi pertimbangan utama bagi sebagian orang Indonesia saat hendak membeli mobil. Bukan tanpa alasan, bagi banyak orang mobil termasuk salah satu investasi. Makanya, saat dijual kembali setidaknya harganya tidak anjlok tajam.

    Pengamat otomotif sekaligus akademisi dari Institut Teknologi Bandung Yannes Pasaribu mengungkap mereka yang mempertimbangkan harga jual kembali saat membeli mobil umumnya berusia 40 tahun ke atas. Kata Yannes, konsumen tersebut termasuk generasi baby boomers dan juga gen X.

    “Merekalah yang sering kali melihat pembelian kendaraan sebagai aset finansial jangka panjang untuk menjaga stabilitas ekonomi keluarganya,” urai Yannes saat dihubungi detikOto belum lama ini.

    Hal ini juga yang mempengaruhi harga jual kembali mobil-mobil bermesin konvensional masih cukup tinggi di pasaran. Berbeda halnya dengan harga jual kembali mobil listrik bekas yang terjun bebas. Sebab, kebanyakan mereka yang membeli mobil listrik justru tak memikirkan harga jual kembali. Nah konsumen tersebut berasal dari generasi milenial dan gen Z.

    “Gen Y (millennials) dan Gen Z (usia di bawah 40 tahun) mulai mengesampingkannya relatif, dengan hanya 40-50 persen yang menjadikannya prioritas, lebih memilih BEV untuk manfaat lingkungan dan fitur teknologi seperti sistem ADAS yang membuat mengemudi semakin menjadi pengalaman yang menyenangkan, meskipun masih dipengaruhi oleh subsidi pemerintah yang mengurangi beban awal dan meningkatkan daya saing resale di masa depan,” ujar Yannes.

    Kendati demikian, Yannes menyebut harga jual kembali masih akan jadi pertimbangan seseorang sebelum membeli mobil, sekalipun generasi milenilal dan generasi Z ini tak terlalu memikirkannya.

    “Untuk kendaraan ICE, resale value tetap tinggi dan stabil hingga 70-80 persen setelah tiga tahun penggunaan, didukung oleh pasar sekunder yang kuat dan merek-merek Jepang yang mapan seperti Daihatsu, Suzuki, Toyota atau Honda,” tutup Yannes.

    (dry/rgr)