brand merek: Honda

  • Nyaman Dapat, Canggihnya Berasa Punya Asisten

    Nyaman Dapat, Canggihnya Berasa Punya Asisten

    Jakarta

    Touring dari Kota Mataram menuju Mandalika menjadi arena uji ketangguhan New Honda ADV160 RoadSync. Agenda ini sekaligus jadi pembuktian ADV160 RoadSync menjadi motor spesial lantaran punya asisten, sehingga tidak kehilangan fokus di jalan.

    Tim redaksi detikcom, mengikuti agenda touring yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM) sejauh 138 kilometer dari Kota Mataram menuju Mandalika, Sabtu (4/10/2025). Rute yang ditawarkan cukup untuk pengujian karakter ADV160; melintasi jalur pesisir, hingga perbukitan khas Lombok.

    Sejak awal perjalanan, ADV160 langsung menunjukkan karakter sejatinya sebagai “The SUV Pride” di segmen skutik premium. Desain barunya, terutama pada leg shield yang kini lebih gagah dan modern, memancarkan aura lebih maskulin.

    Nyaman di Setiap KilometerTouring ADV 160 RoadSync di Lombok. Foto: dok. Astra Honda Motor (AHM)

    Posisi berkendara terasa ergonomis dan rileks, suspensinya bekerja lembut namun tetap kokoh di medan bergelombang.

    Handling ringan tapi stabil membuat ADV160 mudah dikendalikan saat melewati tikungan tajam atau jalur menanjak. Ruang kaki luas memberi keleluasaan ekstra selama perjalanan panjang, sementara windscreen dua posisi efektif menahan terpaan angin.

    Honda masih menawarkan segitiga ergonomi berkendara oke untuk perjalanan jauh bersama ADV 160. Tim redaksi detikcom yang ikut menguji kali ini masih nyaman mengikuti agenda touring.

    Ketika melintasi jalur Gilimas – Eyat Mayang – Sekotong, tim redaksi detikcom menikmati sensasi berkendara yang menyenangkan. Honda ADV 160 melaju lincah di antara jalur pesisir dengan latar laut biru di sisi kanan jalan – pengalaman touring yang tak hanya seru, tapi juga memanjakan mata.

    Memasuki kawasan Tugu Persaudaraan Bikers di dataran tinggi Lombok Barat, jalan menanjak dan berliku bukanlah halangan. Mesin eSP+ 160cc ADV160 terasa bertenaga dan responsif, didukung sistem pengereman ABS yang memberi rasa aman saat deselerasi di medan ekstrem.

    ADV 160 dengan mudah melibas spot ini. Yang menarik lagi, sekilas pantai Barat Lombok juga bisa dinikmati dari atas bukit.

    Perjalanan dilanjutkan menuju titik finish di kawasan Mandalika. Kondisi jalan kurang mulus disertai tanjakan, turunan. Berkat dukungan fitur HSTC, tim detikcom tetap tak kesulitan berakselerasi dengan aman dan stabil dalam medan tersebut. Performa ADV 160 membuat kami terasa percaya diri.

    Perjalanan jauh tidak akan lengkap tanpa fitur pendukung yang memadai. Beruntungnya, New ADV 160 memahami betul kebutuhan ini. Bagasi under seat-nya. Dengan kapasitas super lega, 30 liter, tim redaksi detikcom tak perlu pusing memikirkan barang bawaan. Jas hujan, tas kecil, topi-semuanya muat dan aman tersimpan di sana.

    Ketika daya ponsel mulai menipis, motor ini langsung menawarkan solusi modern. Tak perlu lagi adaptor besar, karena ADV 160 sudah menyediakan power outlet USB Type-C yang siap siaga mengisi daya.

    Teknologi Canggih: Honda RoadSync, Teman Touring TerbaikIlustrasi Roadsync Honda New ADV 160 dipamerkan dalam IMOS 2025 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang. Foto: Andhika Prasetia

    Kejutan terbaik ada pada Honda RoadSync. Fitur ini bukan sekadar pelengkap, melainkan co-pilot digital sejati. Ponsel terintegrasi dengan motor, memungkinkan kami mengakses navigasi dan notifikasi penting lainnya tanpa harus repot menyentuh gawai. Benar-benar membuat touring terasa lebih aman dan menyenangkan!

    Sistem konektivitas cerdas yang menjadikan touring lebih praktis dan menyenangkan. Cukup dengan menghubungkan ponsel melalui Bluetooth ke aplikasi Honda RoadSync, pengendara bisa menikmati berbagai fitur tanpa perlu menyentuh smartphone.

    Berdasarkan pengalaman tim detikcom, pengendara bisa tetap terhubung, mendengarkan musik, bahkan cek navigasi langsung di panel meter.

    Navigasi peta tampil langsung di layar speedometer digital, sementara pesan, panggilan, dan musik dapat diakses melalui tombol di handle bar.

    Melalui Honda RoadSync, kami dapat tetap mengakses beragam fitur smartphone tanpa harus menyentuh atau membuka perangkatnya, sehingga tetap fokus berkendara.

    Berdasarkan pengetesan tim redaksi detikcom. Semua fungsi ini berjalan mulus dan intuitif, memastikan fokus berkendara Anda tidak terganggu sedikit pun. Inilah yang menjadikan RoadSync benar-benar teman touring yang efektif dan cerdas.

    (pur/lth)

  • Aksi Percobaan Pencurian Motor di Probolinggo Gagal Setelah Korban Teriak ‘Maling!’

    Aksi Percobaan Pencurian Motor di Probolinggo Gagal Setelah Korban Teriak ‘Maling!’

    Probolinggo (beritajatim.com) – Aksi percobaan pencurian sepeda motor di Kota Probolinggo berhasil digagalkan setelah korban memergoki pelaku dan berteriak meminta tolong. Peristiwa itu terjadi di depan toko sepeda Anda Baru di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Senin (13/10/2025) malam sekitar pukul 20.30 WIB.

    Korban diketahui bernama Fajar Ramadhan (21), warga Kelurahan Mayangan yang juga merupakan karyawan toko tempat kejadian. Aksi pelaku terekam jelas kamera CCTV toko dan kini menjadi bukti penting bagi kepolisian.

    Menurut keterangan rekan korban, Ovi Dwi Syaputra, dua orang pelaku sudah terlihat mondar-mandir di sekitar lokasi sebelum beraksi. “Kejadiannya sangat cepat. Kedua pelaku sempat berhenti di depan toko tempat kami memarkir motor,” ujarnya, Selasa (14/10/2025).

    Fajar menuturkan, salah satu pelaku berusaha menyalakan motornya menggunakan kunci palsu. “Pelaku pakai Honda Vario merah dan mengenakan jaket. Saat saya lihat, motor saya hampir dibawa kabur. Saya langsung teriak ‘maling!’,” ungkapnya.

    Teriakan tersebut membuat pelaku panik dan langsung kabur ke arah selatan tanpa sempat membawa motor incarannya. “Kami sempat mengejar, tapi mereka menghilang di gang-gang kecil,” kata Fajar.

    Polisi yang datang ke lokasi menemukan barang bukti berupa kunci T yang tertinggal dan masih tertancap di motor korban. “Sekarang kunci T-nya sudah dibawa polisi. Tapi akibatnya motor saya rusak dan tidak bisa dinyalakan lagi,” tambahnya.

    Kasus percobaan pencurian ini kini dalam penanganan Polres Probolinggo Kota, yang tengah melakukan penyelidikan untuk mengidentifikasi pelaku berdasarkan rekaman CCTV dan keterangan saksi di lokasi. [ada/beq]

  • Harganya Rp 190 Jutaan, SUV Terbaru Suzuki Diserbu Pembeli

    Harganya Rp 190 Jutaan, SUV Terbaru Suzuki Diserbu Pembeli

    Jakarta

    Setelah meluncur pertengahan September lalu, Suzuki Victoris langsung mendapat sambutan positif dari para pembeli. Mobil SUV yang hanya dipasarkan di India itu telah terjual 4.261 unit dalam sebulan!

    Disitat dari Gaadiwaadi, Selasa (14/10), Suzuki Victoris merupakan kendaraan yang dikembangkan dan dipasarkan di Tanah Bharata. Mobil tersebut bersaing dengan nama-nama populer seperti Tata Harrier, Honda Elevate dan Tata Safari.

    Menariknya, angka booking untuk Suzuki Victoris jauh lebih besar, yakni mencapai 25 ribu unit dan tersebar di seluruh India. Bahkan, masa tunggunya tembus 10 minggu atau sekira dua-tiga bulan.

    Suzuki Victoris Foto: Dok. Maruti Suzuki

    Suzuki menyediakan beberapa pilihan mesin untuk Suzuki Victoris. Pertama, ada mesin K-Series 1.5L Dual Jet Dual VVT berkapasitas 1.462 cc. Mesin itu memiliki tenaga 103,06 PS dengan torsi maksimalnya 139 Nm. Tersedia pilihan transmisi manual, otomatis, Allgrip AT, dan manual S-CNG.

    Selain itu, Suzuki juga menyediakan pilihan mesin 1.5 Strong Hybrid. Suzuki Victoris dengan mesin hybrid itu memiliki kapasitas 1.490 cc dengan tenaga 92,45 PS dan torsi maksimal 122 Nm. Khusus tipe hybrid, Suzuki memasangkan mesinnya dengan transmisi e-CVT.

    Produsen mengklaim, Suzuki Victoris varian mild-hybrid punya konsumsi bahan bakar 21 km/liter. Sementara untuk varian strong hybrid, angkanya tembus 28,6 km/liter. Kemudian untuk varian CNG berkisar 27 km/kg.

    Suzuki Victoris Foto: Dok. Maruti Suzuki

    Secara umum, Suzuki Victoris memang tersedia dalam tiga pilihan mesin dan enam varian berbeda. Biar tak penasaran, berikut harga kendaraan yang sementara hanya dipasarkan di India tersebut.

    Harga Suzuki Victoris

    Mild Hybrid

    MT LXi – 10.50 lakh (Rp 195 jutaan)MT VXi – 11.80 lakh (Rp 219 jutaan)AT VXi – 13.36 lakh (Rp 248 jutaan)MT ZXi – 13.57 lakh (Rp 252 jutaan)AT ZXi – 15.13 lakh (Rp 281 jutaan)MT ZXi (O) – 14.80 lakh (Rp 274 jutaan)AT ZXi+ – 17.19 lakh (Rp 319 jutaan)MT ZXi+ – 15.82 lakh (Rp 293 jutaan)AT ZXi+ (O) – 17.77 lakh (Rp 330 jutaan)

    All Grip/CNG

    AT ZXi+ – 18.64 lakh (Rp 346 jutaan)AT ZXi+ (O) – 19.22 lakh (Rp 357 jutaan)MT LXi – 11.50 lakh (Rp 213 jutaan)MT VXi – 12.80 lakh (Rp 237 jutaan)MT ZXi – 14.57 lakh (Rp 270 jutaan)

    Strong Hybrid

    e-CVT VXi – 16.38 lakh (Rp 304 jutaan)e-CVT ZXi – 17.80 lakh (Rp 330 jutaan)e-CVT ZXi (O) – 18.39 lakh (Rp 341 jutaan)e-CVT ZXi+ – 19.47 lakh (Rp 361 jutaan)e-CVT ZXI+ (O) – 19.99 lakh (Rp 371 jutaan).

    (sfn/din)

  • Mobil Double Cabin Tabrak 2 Motor di Cikupa, 2 Orang Tewas

    Mobil Double Cabin Tabrak 2 Motor di Cikupa, 2 Orang Tewas

    Jakarta

    Mobil kabin ganda atau double cabin menabrak dua motor di Jalan Raya Otonom, Cikupa, Kabupaten Tangerang. Kejadian itu mengakibatkan dua orang pengendara sepeda motor meninggal dunia.

    Peristiwa itu terjadi pada Senin (13/10) sore. Dari video yang beredar pascakejadian, terlihat mobil double cabin berhenti dan rusak usai menabrak tembok. Sementara itu, satu motor tergeletak di pinggir jalan, dan satu motor lainnya terlindas di bawah mobil.

    Kanit Lakalantas Satlantas Polresta Tangerang, Ipda Irruandy Aritonang, menyampaikan kecelakaan itu terjadi di dekat PT Federal Food. Mobil dan dua sepeda motor melintas dari arah berlawanan.

    Mitsubishi Strada Triton dengan nomor polisi R 8244 B, yang dikemudikan saudara AW, melaju ke arah Pasar Kemis. Dari arah berlawanan, terdapat dua sepeda motor Honda Beat, masing-masing bernomor polisi A 3632 CED dikendarai wanita berinisial AP, dan A 6319 VBB dikendarai pria berinisial S.

    Akibat kecelakaan tersebut, dua pengendara sepeda motor tewas dan dibawa ke RSUD Balaraja.

    Aritonang menambahkan, polisi masih menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut. “Kita masih melakukan penyelidikan untuk mengumpulkan petunjuk dan bukti di lapangan,” ujarnya.

    (aik/whn)

  • Frustasi di Yamaha, Mungkinkah Quartararo Tiru Jejak Marquez?

    Frustasi di Yamaha, Mungkinkah Quartararo Tiru Jejak Marquez?

    Jakarta

    Fabio Quartararo sudah empat tahun puasa gelar MotoGP. Setelah menjuarai MotoGP 2021, prestasi El Diablo surut di musim-musim selanjutnya. Bahkan buat menembus tiga besar saja, dia sangat kesulitan. Apakah Quartararo harus mengikuti jejak Marc Marquez yang kembali menjuarai MotoGP usai pindah dari Honda ke Ducati?

    Yamaha memang sukses menjadikan Quartararo sebagai pebalap dengan gaji paling tinggi di MotoGP, tapi Yamaha gagal dalam memberikan prestasi berkelanjutan untuk rider asal Prancis tersebut. Setelah 2021, motor Yamaha YZR-M1 tak lagi kompetitif dan sangat jarang naik podium. Tak jarang, Quartararo juga meluapkan rasa frustasinya.

    Situasi yang sama juga terjadi di Honda. Hal itu pun kemudian disadari oleh pebalap andalan mereka, Marc Marquez. Rider Spanyol itu kemudian melakukan keputusan besar, dengan hengkang dari tim Repsol Honda yang telah memberinya enam gelar juara dunia MotoGP.

    Pada 2024 Marquez pindah ke tim satelit Ducati, Gresini Racing. Dan di musim perdananya mengendarai Desmosedici, Marquez langsung nyetel dan finis di urutan ketiga pada klasemen akhir MotoGP 2024. Prestasi itu pun bikin Marquez digaet ke tim pabrikan Ducati Lenovo. Sesuai prediksi, Marquez tampil bagus dan menjuarai MotoGP 2025.

    Apakah Quartararo tidak ingin meniru langkah Marquez yang sukses bangkit dari keterpurukan dengan cara pindah tim?

    Fabio Quartararo Foto: Bayu Baskoro/detikcom

    Quartararo mengatakan, perlu mempertimbangkan berbagai hal sebelum memutuskan pindah tim. Marquez pindah ke Gresini Racing dengan kontrak yang masih tersisa empat tahun di Repsol Honda. Marquez juga bisa pindah tim dengan mudah karena saat itu para pebalap MotoGP banyak yang terikat kontrak dengan timnya masing-masing.

    “Yah, pada akhirnya Marc pergi ke Gresini di saat semua pebalap sudah punya kontrak dan itu di antara (siklus) kontrak,” kata Quartararo kepada DAZN seperti dikutip Crash.

    “Tentu saja, saya harus membuat keputusan. Tapi saya masih perlu melihatnya, karena saya masih berpikir ini terlalu dini. Namun saya yakin bahwa dengan potensi yang kami miliki, saya rasa kami layak berada di tim pabrikan,” tambah Quartararo.

    Marc Marquez Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon

    Dengan pernyataan itu, sepertinya Quartararo tak tertarik mengikuti jejak Marquez yang rela ‘turun’ ke tim satelit lebih dahulu sebelum digaet tim pabrikan. Quartararo lebih memilih opsi pindah langsung ke tim pabrikan jika dia harus angkat kaki dari Yamaha.

    Di sisi lain, saat ini Quartararo masih percaya dengan proyek Yamaha. Apalagi Yamaha banyak melakukan perubahan dan juga mengembangkan mesin baru berkonfigurasi V4.

    “Anda harus selalu mempertimbangkan dan melihat bagaimana Yamaha bekerja pada motor barunya,” tukasnya.

    (lua/dry)

  • Skema Kredit Honda Scoopy Kuromi, Bisa Dicicil Mulai Rp 900 Ribuan per Bulan

    Skema Kredit Honda Scoopy Kuromi, Bisa Dicicil Mulai Rp 900 Ribuan per Bulan

    Jakarta

    Honda Scoopy Kuromi resmi meluncur di Indonesia. Mengusung tampilan funky dan lucu dengan pernak-pernik ala Kuromi, Scoopy edisi terbatas ini dijual Rp 24.696.500 OTR Jakarta. Jika Anda tertarik membelinya secara kredit, Honda Scoopy Kuromi bisa dicicil mulai Rp 900 ribuan per bulan.

    Main dealer Wahana Honda menawarkan berbagai skema uang muka dan cicilan bagi konsumen yang mau meminang Scoopy Kuromi secara kredit. Pilihan uang mukanya dari angka Rp 2.700.000 hingga yang tertinggi Rp 6.800.000. Sementara tenor angsuran yang ditawarkan mulai 11 bulan hingga paling lama 35 bulan.

    Sebagai contoh, jika ingin membeli Honda Scoopy Kuromi secara kredit dengan uang muka Rp 2.700.000 dan tenor 11 bulan, maka cicilannya Rp 2.667.000. Lantas, jika ingin cicilannya lebih murah, pilih tenor angsuran 35 bulan dengan cicilan Rp 1.233.000.

    Kalau ingin cicilannya lebih ringan lagi, bisa pilih uang muka terbesar Rp 6.800.000 dengan tenor angsuran 35 bulan, di mana cicilannya adalah Rp 997.000. Dan kalau memilih tenor angsuran yang lebih cepat yakni 11 bulan, maka siapkan uang cicilan 2.174.000.

    Sebagai informasi, Honda Scoopy Kuromi hadir dengan aksesoris lucu dari karakter Kuromi, terdiri dari sticker di area bodi dan spakbor depan, hiasan di bagian sein belakang, cover knalpot, air cleaner, cover fan, lampu sein depan, dan cover jok. Selain itu, konsumen juga mendapatkan sertifikat khusus pemilik kolaborasi Scoopy dan Kuromi.

    Selain memiliki desain yang lucu dan unik, kolaborasi Honda Scoopy dan Kuromi ini juga siap mendukung mobilitas penggunanya dengan fitur terbaik. Memiliki ukuran console box sebesar 4 liter membuat penggunanya mampu menyimpan barang-barang seperti botol minum kesayangan di skutik fashionable ini.

    Desain pencahayaan juga telah menggunakan teknologi LED crystal block pada lampu depan. Di bagian lampu belakang memiliki desain yang menunjang keseluruhan desain Honda Scoopy yang tampil unik dan bergaya.

    Honda Scoopy mengusung mesin 109,5 cc, SOHC, eSP, PGM-FI, yang bisa menghasilkan tenaga puncak 8,8 dk pada 7.500 rpm dan torsi maksimal 9,2 Nm pada rentang 6.000 rpm.

    (lua/dry)

  • Honda CR-V Kini Berusia 30 Tahun, 15 Juta Unit Beredar di Bumi

    Honda CR-V Kini Berusia 30 Tahun, 15 Juta Unit Beredar di Bumi

    Jakarta

    Honda CR-V telah menginjak usia yang ke-30 tahun. Sebanyak 15 juta unit mobil CR-V telah beredar di dunia sejak generasi pertamanya meluncur pada 1995 silam.

    Dikutip dari keterangan tertulisnya, Honda CR-V melakoni debutnya pada 1995 di Jepang. Bermula dari Negeri Sakura, pertumbuhan Honda CR-V dengan cepat meluas ke seluruh dunia. Kini, Honda CR-V telah terjual di sekitar 150 negara. Penjualan global kumulatifnya melebihi 15 juta unit!

    CR-V, yang awalnya merupakan singkatan dari “Comfortable Runabout Vehicle”, dikembangkan sebagai model SUV inovatif. Mobil ini dibuat dengan tujuan untuk mendukung masyarakat dalam menciptakan gaya hidup yang lebih menyenangkan, memelopori genre baru urban SUV yang menawarkan kenyamanan dan kemampuan berkendara yang luar biasa. Dalam 30 tahun sejak peluncuran awal di Jepang pada tahun 1995, CR-V telah meraih dan mempertahankan popularitasnya di seluruh dunia.

    Seiring perluasan penjualan ke banyak negara, Honda CR-V terus berkembang sejalan dengan kebutuhan pelanggan di setiap era. Bahkan, pada tahun lalu Honda meluncurkan CR-V e:FCEV yang bisa menenggak hidrogen sebagai sumber energinya.

    Kini, Honda CR-V memasuki generasi keenam yang melakoni debut global pada 2022. Berikut perjalanan Honda CR-V selama 30 tahun dari generasi ke generasi.

    Generasi 1Honda CR-V Gen 1 Foto: Dok. Honda

    Honda CR-V generasi pertama diperkenalkan di Jepang pada tahun 1995 sebagai model kedua dari seri “Honda Creative Mover”, yang menampilkan kemampuan berkendara layaknya mobil penumpang dan kabin yang lapang. Dilengkapi dengan fitur-fitur khas seperti meja lipat terintegrasi yang juga berfungsi sebagai lantai kargo kaku di bawah karpet, CR-V generasi pertama menciptakan genre kendaraan baru, yaitu “SUV urban”. Setelah meluncur di Jepang, penjualan CR-V meluas ke Amerika Serikat pada tahun 1997 serta ke Eropa dan Asia. CR-V generasi pertama menjadi titik awal model SUV global Honda.

    Generasi 2Honda CR-V Generasi 2 Foto: Dok. Honda

    Honda CR-V generasi kedua menampilkan kemasan baru yang semakin meningkatkan ukuran dan kegunaan ruang kabin. Selain di Jepang, Amerika Utara, dan Eropa, penjualan CR-V dimulai di China, memperluas posisinya sebagai model SUV global Honda.

    Generasi 3Honda CR-V Generasi 3 Foto: Dok. Honda

    Honda CR-V generasi ketiga menampilkan desain gaya baru, yang sepenuhnya diubah dari gaya kotak menjadi gaya SUV urban yang lebih canggih dan modern. Mesin i-VTEC 2.4L dan suspensi yang baru dikembangkan semakin meningkatkan performa berkendara, kesenyapan, dan kenyamanan penumpang.

    Generasi 4Honda CR-V Generasi Keempat Foto: Dok. Honda

    Honda CR-V generasi keempat mencapai peningkatan signifikan dalam hal kegunaan dengan menampilkan bodi aerodinamis yang ramping dan sangat efisien, penghematan bahan bakar serta kenyamanan penumpang yang luar biasa. Kabin dan ruang kargo juga dibuat lebih luas. Pada tahun 2011, penjualan global CR-V secara kumulatif mencapai tonggak sejarah 5 juta unit di generasi keempat.

    Generasi 5Honda CR-V Generasi Kelima Foto: Dok. Honda

    Memasuki generasi kelima, Honda CR-V untuk pertama kalinya mengusung teknologi hybrid. Dilengkapi dengan sistem hybrid dua motor Honda, SPORT HYBRID i-MMD, CR-V Hybrid menandai babak baru sebagai model SUV yang ramah lingkungan. Selain itu, di Jepang, Honda SENSING menjadi perlengkapan standar pada semua varian CR-V untuk pertama kalinya. Di generasi ini, pada tahun 2018 penjualan global kumulatif mencapai tonggak sejarah 10 juta unit.

    Generasi 6Honda CR-V Hybrid. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com

    Ini menjadi generasi terbaru Honda CR-V. Generasi keenam inilah yang saat ini masih dijual di Indonesia. Honda CR-V Hybrid disokong mesin 1.5L turbo yang bisa menyemburkan tenaga sebesar 190 PS pada 6.000 rpm. Torsinya 240 Nm pada rentang 1.700-5.000 rpm. Ada pula pilihan CR-V Hybrid. Mesin pada CR-V hybrid dipasangkan dengan motor listrik bertenaga 184 PS pada 5.000-8.000 rpm. Sementara mesinnya punya tenaga 147 PS pada 6.100 rpm. Perpaduan antara keduanya bisa menyemburkan tenaga sebesar 207 PS. Torsi dari mesin sebesar 335 Nm dan torsi motor listrik 181 PS.

    CR-V FCEVHonda CR-V e: FCEV Foto: Honda

    Honda menjadi produsen mobil Jepang pertama yang memperkenalkan kendaraan bertenaga hidrogen dengan kemampuan pengisian daya plug-in. Dikembangkan berdasarkan CR-V generasi keenam, CR-V e:FCEV mengakomodasi beragam kebutuhan pelanggan dengan utilitas dan kemasan khusus SUV-nya.

    (rgr/dry)

  • Kehadiran Motor Listrik Mulai Ancam Motor Bensin di Indonesia?

    Kehadiran Motor Listrik Mulai Ancam Motor Bensin di Indonesia?

    Jakarta

    Motor listrik semakin menjamur di Indonesia. Bahkan banyak bermunculan merek-merek lokal seperti ALVA, MAKA, serta Polytron. Apakah kehadiran motor listrik di Tanah Air bisa mengancam motor bensin?

    General Manager Corporate Communication PT AHM (Astra Honda Motor) Ahmad Muhibbuddin menjelaskan, saat ini keberadaan motor listrik belum mengancam motor bensin. Soalnya, baik motor bensin maupun motor listrik memiliki pasarnya masing-masing.

    Motor listrik Honda CUV e: Foto: Ridwan Arifin

    “Jadi masing-masing kami berharap bisa memasarkannya dan bisa dua-duanya diterima dengan baik oleh konsumennya. Saya rasa masing-masing punya ekspektasi dan juga konsumennya sendiri,” ungkap Muhib di Jakarta (10/10).

    Saat ini Honda juga sudah mulai memasarkan kendaraan elektrifikasinya, seperti ICON e:, EM1 e:, EM1 e: PLUS, CUV e:, dan CUV e: RoadSync Duo. Jadi selain sepeda motor berbahan bakar bensin, Honda juga memberikan opsi motor listrik buat para konsumennya.

    Ilustrasi motor bensin Honda Foto: Dok. Astra Honda Motor (AHM)

    “Yang pasti kami di Indonesia saat ini sedang berusaha untuk, tidak hanya menjual ICE (motor bensin), tapi juga memasarkan EV (motor listrik) kita. Untuk penetrasi EV ini kan masih butuh proses ya di Indonesia. Banyak hal yang perlu di-adjust (disesuaikan),” sambung Muhib.

    Muhib kembali menegaskan bahwa masing-masing produk punya pasarnya masing-masing. “Menurut saya so far (sejauh ini) tidak ada mengganggu lah ya. Masing-masing bertumbuh di ruangnya sendiri-sendiri. EV sendiri kan memang belum besar (volume penjualannya) di negara kita. Saya kira dalam beberapa tahun terakhir progress-nya belum terlalu kuat ya. Problemnya apa? Banyak hal,” tukas Muhib.

    (lua/rgr)

  • Gibran Rakabuming Raka: Sepak Terjang Wakil Presiden Termuda Indonesia – Page 3

    Gibran Rakabuming Raka: Sepak Terjang Wakil Presiden Termuda Indonesia – Page 3

    Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diserahkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) per 31 Desember 2024, total kekayaan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka tercatat mencapai Rp27,519 miliar. Angka ini menandai kenaikan sekitar Rp2 miliar dibandingkan laporan kekayaan sebelumnya yang berada di kisaran Rp25,576 miliar.

    Komponen harta kekayaan Gibran sebagian besar disumbang oleh aset tidak bergerak dan surat berharga. Aset tanah dan bangunan miliknya memiliki nilai total tertinggi, yakni mencapai Rp17,44 miliar, yang tersebar di beberapa lokasi di Surakarta dan Sragen, Jawa Tengah. Selain itu, Gibran juga mencatatkan kepemilikan surat berharga yang nilainya signifikan, yaitu sebesar Rp5,552 miliar, serta kas dan setara kas senilai Rp3,935 miliar. Terdapat pula harta bergerak lainnya senilai Rp280 juta yang melengkapi total asetnya.

    Hal yang menarik dari rincian aset Gibran adalah daftar koleksi alat transportasi yang nilainya tergolong moderat, yakni total Rp312 juta. Koleksi ini mencakup kombinasi kendaraan harian yang populer di masyarakat hingga kendaraan klasik dan vintage. Uniknya, Gibran dilaporkan tidak memiliki utang sama sekali, sehingga total asetnya sama dengan jumlah kekayaan bersihnya saat ini.

    Berikut adalah rincian kendaraan yang dilaporkan dalam LHKPN Gibran:

    Sepeda Motor:

    Honda Scoopy tahun 2015
    Honda CB-125 tahun 1974
    Royal Enfield tahun 2017

    Mobil:

    Isuzu Panther tahun 2012
    Daihatsu Grand Max tahun 2015
    Toyota Avanza tahun 2012
    Toyota Avanza tahun 2016

  • Terlibat Kecelakaan Maut di Bojonegoro, Sopir Bus Dali Jaya Sempat Kabur

    Terlibat Kecelakaan Maut di Bojonegoro, Sopir Bus Dali Jaya Sempat Kabur

    Bojonegoro (beritajatim.com) – Sopir bus Dali Jaya yang diduga terlibat kecelakaan maut di Jalan Raya Bojonegoro-Babat hingga menewaskan seorang pengendara motor, akhirnya berhasil diamankan polisi.

    Sopir berinisial J tersebut sempat melarikan diri usai kejadian nahas yang merenggut nyawa Muhammad Iqbal Baihaqi.

    Kepala Unit Penegakan Hukum (Kanit Gakkum) Sat Lantas Polres Bojonegoro, Ipda Septian Nur Pratama, membenarkan bahwa sopir dan bus sudah diamankan.

    “Sopir sudah diamankan, saat ini masih kita mintai keterangan dan kita amankan busnya di Satlantas,” ujar Ipda Septian, Senin (13/10/2025).

    IPDA Septian menerangkan, sopir bus dengan inisial J warga Kecamatan Duduk Sampeyan, Kabupaten Gresik itu diamankan di garasi bus beserta kendaraannya. “Kami ambil (sopir dan bus) di garasi,” tambah Ipda Septian.

    Penangkapan terhadap sopir bus itu didapatkan setelah pihak kepolisian memeriksa sejumlah saksi serta alat bukti rekaman cctv di sekitar lokasi kejadian. Saat ini, pihak kepolisian masih mendalami insiden tersebut dengan mengumpulkan keterangan dari sejumlah saksi.

    Untuk diketahui, kecelakaan maut itu terjadi pada Minggu (12/10/2025) sekitar pukul 12.30 WIB di Jalan Raya Bojonegoro-Babat, tepatnya di Desa Ngemplak, Kecamatan Baureno. Berdasarkan keterangan saksi, kecelakaan bermula ketika bus yang melaju dari timur ke barat diduga mengambil haluan ke kanan hingga melebihi garis as jalan.

    “Sesampainya di TKP, kendaraan bus diduga mengambil haluan ke kanan hingga melebihi garis as jalan,” jelas Ipda Septian.

    Nahas, dari arah berlawanan (barat ke timur) melaju sepeda motor Honda Vario bernomor polisi S 3153 BF yang dikendarai oleh Muhammad Iqbal Baihaqi. Pengendara motor diduga terkejut melihat bus yang tiba-tiba berpindah jalur.

    “Karena kaget, Iqbal hilang kendali dan terjatuh dari motornya, kemudian langsung tertabrak oleh bus yang melaku ke arahnya,” terang Ipda Septian.

    Akibat tabrakan keras tersebut, korban Muhammad Iqbal Baihaqi mengalami luka serius dan dilarikan ke RS Karang Kembang Babat, namun nyawanya tidak tertolong. “Korban Muhammad Iqbal Baihaqi meninggal dunia saat dalam perawatan di rumah sakit,” tegasnya.

    Mirisnya, bus yang terlibat kecelakaan tersebut tidak berhenti untuk memberikan pertolongan dan langsung melarikan diri melanjutkan perjalanan ke arah barat. Polisi saat ini masih melanjutkan pemeriksaan terhadap sopir bus J untuk mengungkap detail lengkap insiden tabrakan maut ini. [lus/ted]