brand merek: Honda

  • Lihat Lebih Dekat Honda PCX Model 2025

    Lihat Lebih Dekat Honda PCX Model 2025

    Lihat Lebih Dekat Honda PCX Model 2025

  • Motor Honda Bikin Luka Bakar di Kaki

    Motor Honda Bikin Luka Bakar di Kaki

    Jakarta

    Luca Marini mengalami penderitaan selama balapan MotoGP Malaysia 2024. Adik tiri Valentino Rossi ini mendapatkan luka bakar gara-gara hawa panas yang muncul dari motor RC213V.

    Rider kelahiran 1997 itu finis ke-15 setelah melahap 19 putaran Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu (3/11/2024). Artinya Marini berhasil mencuri satu poin, secara total dia sudah mengemas 14 poin dari 19 seri MotoGP yang sudah digelar.

    Marini bilang balapan MotoGP Malaysia digelar di bawah cuaca menyengat. Hal ini berimbas pada suhu mesin di motor Honda.

    “Kami harus mencoba memperbaiki cara pembuangan panas dari motor, karena saya mengalami luka bakar di kaki,” kata Marini dikutip dari Diario AS, Selasa (5/11/2024).

    “Kami perlu meningkatkannya pada balapan pertama tahun depan di Thailand, karena kalau cuaca panas seperti ini, akan sulit,” tambah dia.

    “Lintasan ini sangat licin dengan suhu seperti ini dan dengan motor kami, kami semakin kesulitan.”

    “Pada awalnya, sepertinya semua orang terlalu memaksakan diri, dan saya kehilangan beberapa torsi, beberapa performa mesin dengan suhu panas ini,” tambah Marini.

    Marini menambah satu poin di Malaysia. Tapi memperbaiki performa jelek Honda di atas lintasan lebih utama.

    “Kami mengalami getaran seperti biasa, saya pikir di sini banyak rider yang kesulitan dengan getaran di tikungan 5 dan tikungan 12, tapi bagi kami sangat sulit untuk mengendarai motor di tikungan tersebut,” jelas Marini.

    “Kami kehilangan sekitar dua persepuluh detik di setiap tikungan setiap lap, karena kami tidak bisa miring (saat belokan), jadi saya pikir ini adalah salah satu masalah terbesar kami saat ini. Dan kemudian selalu ada cengkeraman.

    “Namun selama balapan, manajemen ban kami juga tidak terlalu buruk. Hanya saja kami start dari posisi yang sangat jauh di belakang, dan mustahil untuk menyalip, karena wing, karena temperatur, cengkeraman belakang, dan semuanya.”

    Rekan setimnya, Joan Mir, gagal finis karena masalah pada rem belakang yang membuatnya terjatuh.

    Honda belum menunjukkan perbaikan yang signifikan. Jika dibandingkan dengan Yamaha, performa pabrikan garpu tala masih lebih baik. Fabio Quartararo rajin finis 10 besar, dia berada diperingkat 13 dengan torehan 108 poin.

    Pebalap terbaik Honda saat ini justru datang dari tim satelit, Johann Zarco berada di peringkat 17. Rider Prancis itu mengemas 53 poin.

    (riar/rgr)

  • Alasan Honda Scoopy Baru Tetap Pakai Rangka eSAF

    Alasan Honda Scoopy Baru Tetap Pakai Rangka eSAF

    Jakarta

    Honda Scoopy baru telah meluncur di Indonesia, Selasa (5/11). Meski secara desain dan fitur banyak berubah, namun skuter matik tersebut tetap menggunakan rangka model sebelumnya, yakni eSAF atau enhanced Smart Architecture Frame.

    PT Astra Honda Motor (AHM) telah menyematkan rangka eSAF di Honda Scoopy generasi kelima atau empat tahun lalu. Mereka memutuskan tetap mempertahankan rangka tersebut di generasi keenam yang baru saja meluncur di Indonesia.

    “Jadi mengenai pemakaian frame eSAF, kami memang tetap gunakan untuk di model baru ini. Karena kami juga menyesuaikan dengan kebutuhan di step floor dan part-part terkait lainnya,” ujar Naoki Kajino selaku Marketing Director AHM saat sesi tanya-jawab di Cikarang, Jawa Barat.

    Honda Scoopy baru tetap pakai rangka eSAF. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Kajino menjelaskan, eSAF tak hanya digunakan di produk-produk Honda di Indonesia, melainkan di negara lainnya. Dia memastikan, rangka tersebut sejauh ini tak ada masalah di luar negeri.

    “Kemudian apakah ada masalah terkait dengan rangka eSAF di negara lain, tidak ada. Di negara lain tidak ada masalah,” kata dia.

    Sebagai catatan, rangka eSAF sempat dikeluhkan segelintir pihak tahun lalu. Namun, AHM langsung mengambil langkah cepat dengan melakukan pemeriksaan, optimalisasi rangka dan memberikan garansi lima tahun tanpa batasan jarak.

    Spesifikasi Honda Scoopy Baru

    Honda Scoopy baru merupakan generasi keenam yang banyak berubah dibandingkan model sebelumnya. Perubahan yang paling kentara dari kendaraan tersebut berada di bagian desain atau tampilan.

    Honda Scoopy baru kini menggunakan headlamp atau lampu utama dengan desain crystal block. Selain itu, sepasang seinnya punya tampilan anyar dengan posisi yang agak ke bawah.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Bagian setang Honda Scoopy baru kini tak lagi telanjang, melainkan dipasangkan cover atau pelindung tambahan. Kemudian ada aksen lubang udara baru di bagian wajah kendaraan.

    Bukan hanya depan, bagian belakangnya juga berubah. Pabrikan membekalinya dengan lampu ekor baru dengan aksen lengkungan yang membelah area sentral. Sementara sepasang seinnya dibuat lebih lebar dan dominan. Kemudian pelek rodanya kini menganut model palang lima.

    Fiturnya juga berubah. Honda Scoopy baru sekarang menggunakan panel instrumen full digital yang memadukan kesan retro dan canggih. Kemudian soket charger ponselnya kini mengadopsi model tipe-C.

    Perubahan lainnya terdapat di console box yang kini volume-nya 4 liter atau 1,3 liter lebih lega dibandingkan generasi kelima. Hal tersebut membuat pengendara bisa menaruh barang berdimensi panjang seperti botol minum.

    Honda Scoopy baru tersedia dalam empat varian berbeda, yakni Fashion dan Energetic yang dijual seharga Rp 22,5 jutaan, serta Stylish dan Prestige yang dibanderol Rp 23,3 jutaan. Seluruhnya berstatus on the road Jakarta.

    (sfn/rgr)

  • Alasan Honda Scoopy Baru Tetap Pakai Rangka eSAF

    Irit Banget! Konsumsi BBM Honda Scoopy Baru Diklaim Tembus Segini

    Jakarta

    Honda Scoopy baru telah meluncur di Indonesia, Selasa (5/11). Skuter matik tersebut menggunakan mesin yang sama seperti Honda BeAT generasi terbaru. Berapa konsumsi bahan bakarnya?

    Senior Analyst New Model Service and Publication Dept PT AHM Sarwono Edhi mengatakan, meski menggunakan mesin yang sama seperti Honda BeAT baru, namun pihaknya melakukan optimasi di bagian FI. Hal tersebut bertujuan untuk menyesuaikan karakter Honda Scoopy yang nyaman dipakai santai.

    “Mesin motornya sama kayak Honda BeAT baru. Perbedaannya hanya FI tuning saja. Itu disesuaikan dengan karakter pengguna yang lebih slow dan (mengutamakan) fashion,” ujar Sarwono saat ditemui di kawasan Cikarang, Jawa Barat, Selasa (5/11).

    Konsumsi BBM Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Motor tersebut mengadopsi mesin eSP 110cc SOHC dengan teknologi PGM-FI. Pembekalan tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga maksimum 6,6 kW dan torsi puncak 9,2 Nm. Mesin itu sudah memenuhi standar Euro 3.

    Sementara konsumsi BBM-nya diklaim mencapai 59 km/liter. Honda Scoopy baru punya tangki bensin berkapasitas 4,2 liter. Sehingga, dalam kondisi full tank, skutik tersebut bisa menempuh jarak 247 km!

    Namun, perlu dicatat, angka itu merupakan klaim internal AHM. Sedangkan untuk mengetahui hasil pastinya, kami perlu melakukan pengetesan pribadi secara fuel to fuel.

    Perubahan Honda Scoopy Baru

    Secara keseluruhan, Honda Scoopy baru paling banyak berubah dari segi tampilan. Kendaraan tersebut kini menggunakan headlamp atau lampu utama dengan desain cristal block. Selain itu, sepasang seinnya punya tampilan anyar dengan posisi yang agak ke bawah.

    Bagian setang Honda Scoopy baru kini tak lagi telanjang, melainkan dipasangkan cover atau pelindung tambahan. Kemudian ada aksen lubang udara baru di bagian wajah kendaraan.

    Konsumsi BBM Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Bukan hanya depan, bagian belakangnya juga berubah. Pabrikan membekalinya dengan lampu ekor baru dengan aksen lengkungan yang membelah area sentral. Sementara sepasang seinnya dibuat lebih lebar dan dominan. Kemudian pelek rodanya kini menganut model palang lima.

    Fiturnya juga berubah. Honda Scoopy baru sekarang menggunakan panel instrumen full digital yang memadukan kesan retro dan canggih. Kemudian soket charger ponselnya kini mengadopsi model tipe-C.

    Perubahan lainnya terdapat di console box yang kini volume-nya 4 liter atau 1,3 liter lebih lega dibandingkan generasi kelima. Hal tersebut membuat pengendara bisa menaruh barang berdimensi panjang seperti botol minum.

    Honda Scoopy baru tersedia dalam empat varian berbeda, yakni Fashion dan Energetic yang dijual seharga Rp 22,5 jutaan, serta Stylish dan Prestige yang dibanderol Rp 23,3 jutaan. Seluruhnya berstatus on the road Jakarta.

    (sfn/dry)

  • Peran Penting Orang Tua dalam Menjaga Keselamatan Anak Berkendara Saat ke Sekolah

    Peran Penting Orang Tua dalam Menjaga Keselamatan Anak Berkendara Saat ke Sekolah

    JABAR EKSPRES – Setiap pagi, jalanan penuh dengan siswa yang berangkat sekolah, banyak diantaranya menggunakan sepeda motor. Bagi orang tua, ini bukan hanya rutinitas biasa, tapi juga momen yang penuh tanggung jawab. Bayangkan, satu langkah kecil saja dalam memastikan keselamatan anak bisa berarti perlindungan dari berbagai risiko yang mengintai di jalan.

    Menyadari peran ini, orang tua memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan anak-anak tidak hanya tiba di sekolah tepat waktu, tetapi juga dengan aman. Karena itu, penting bagi orang tua untuk memahami risiko yang bisa dihadapi anak-anak mereka saat berada di jalan.

    BACA JUGA: Daya Adicipta Motora Ajak Gathering Konsumen Honda Vario 160 dan PCX 160

    Bukan hanya orang dewasa, anak-anak dan remaja yang berada di usia sekolah pun termasuk dalam kelompok pengguna kendaraan bermotor yang rawan kecelakaan, terutama pada pagi hari saat berangkat sekolah dan sore hari saat pulang. Di usia yang masih tergolong muda, mereka mungkin belum memiliki kewaspadaan dan keterampilan berkendara yang matang. Inilah mengapa peran orang tua sangat penting dalam memastikan anak memahami risiko di jalan dan mengutamakan keselamatan. Orang tua dapat membimbing anak agar mereka tetap aman, mematuhi aturan, dan selalu berhati-hati saat berkendara.

    Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma menjelaskan, “Sebagai pendidik utama bagi anak, orang tua memiliki banyak peran dalam membangun kebiasaan berkendara yang aman. Salah satu penyebab kecelakaan yang sering terjadi adalah persiapan yang kurang matang sebelum berkendara, termasuk perlengkapan yang tidak lengkap. Oleh karena itu, orang tua bisa memberikan beberapa panduan sederhana sebelum anak berangkat ke sekolah.”

    Pertama, manajemen waktu sangat penting. Mengingat jam sekolah dimulai pagi hari, orang tua bisa mengingatkan anak untuk mengatur waktu agar mereka tidak terburu-buru di jalan. Kedua, memilih rute yang aman dapat membantu menghindari titik-titik macet dan meminimalisir risiko kecelakaan. Sebagai tambahan, jika orang tua membonceng anak ke sekolah, pastikan bahwa baik pengendara maupun anak yang dibonceng mengenakan perlengkapan berkendara yang lengkap, karena keduanya memiliki risiko yang sama di jalan.

  • Honda Luncurkan ADV350, Siap Libas Segala Medan

    Honda Luncurkan ADV350, Siap Libas Segala Medan

    Milan

    Honda resmi meluncurkan skuter matik (skutik) Honda ADV350. Motor ini hadir dengan gaya ala motor petualang.

    Honda ADV350 meluncur di pameran otomotif roda dua di EICMA, Milan, Italia. Motor ini mengadopsi desain ala Honda X-ADV dengan sudut yang kokoh dan warna blok yang mempromosikan tampilan off-road.

    Gaya petualang memamerkan bagian depan ADV350 yang unik. Garpu terbalik (upside-down) berdiameter 37 mm dan shock breaker belakang dengan tabung telah direvisi untuk menghadirkan performa bantingan suspensi yang premium.

    25YM Honda ADV350 Foto: Dok. Honda

    Roda depan berukuran 15 inci dan belakang 14 inci. Velg yang ringan dibalut ban tubeless dengan ukuran 120/70-15 di depan dan 140/70-14 di belakang. Ban berpola ala motor dual purpose memungkinkan ADV350 memiliki cengkeraman yang cukup baik di semua kondisi. Untuk pengereman, ada rem cakram tunggal 256mm di depan dipadukan cakram belakang 240mm.

    25YM Honda ADV350 Foto: Dok. Honda

    Kepraktisan tidak dilupakan, ada ruang untuk dua helm full-face di bawah jok (sekarang dengan lampu internal), soket USB di glovebox dan kenyamanan pengoperasian Smart Key. Windshield bisa diatur ketinggiannya dengan empat tahap penyesuaian. Layar TFT lima inci yang baru mengintegrasikan konektivitas smartphone Honda RoadSync dengan sakelar kontrol empat arah yang intuitif.

    25YM Honda ADV350 Foto: Dok. Honda

    Honda ADV350 ditenagai mesin SOHC empat katup Smart Power+ (eSP+) 330cc yang disempurnakan. Mesin itu diklaim menghasilkan performa yang kuat sekaligus ramah lingkungan.

    Daya puncaknya mencapai 21,5 kW @ 7.500 rpm diimbangi dengan torsi 31,5 Nm @ 5.250 rpm. Diameter dan langkah ditetapkan pada 77 mm x 70,8 mm, dengan rasio kompresi 10,5:1.

    Rocker arm tipe rol dan bak mesin tertutup memberikan keandalan jangka panjang bersama dengan kinerja yang kuat. Untuk meningkatkan pendinginan piston, ada oil jet seperti yang digunakan pada CRF450R, untuk menyemprotkan oli langsung ke bagian belakang piston, memajukan waktu pengapian dan meningkatkan kinerja pembakaran. Kapasitas olinya adalah 1,8 liter.

    25YM Honda ADV350 Foto: Dok. Honda

    Pengaturan ECU telah diperbarui, bersama dengan struktur internal knalpot (serta penutup luar pelindungnya) baru, katalisator yang ditingkatkan, dan sensor O2 ditambahkan untuk memastikan motor lebih ramah lingkungan. Konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 28,6 km/liter (mode WMTC). Dengan kapasitas tangki bahan bakar 11,7 L, motor ini bisa menjangkau jarak hingga lebih dari 330 km.

    Keamanan disediakan dalam bentuk Honda Selectable Torque Control (HSTC) dan Emergency Stop Signals.

    (rgr/dry)

  • Honda Scoopy 2024 Rilis di Indonesia, Intip Spesifikasi dan Harganya

    Honda Scoopy 2024 Rilis di Indonesia, Intip Spesifikasi dan Harganya

    Liputan6.com, Bandung – PT Astra Honda Motor (AHM) baru-baru ini resmi memperkenalkan motor terbarunya yaitu New Honda Scoopy. Melansir dari siaran pers yang dibagikannya motor ini memiliki perubahan signifikan terutama dari desain dan fiturnya yang modern.

    Presiden Direktur AHM, Susumu Mitsubishi menyampaikan bahwa New Honda Scoopy 2024 menawarkan tampilan menarik dan fitur yang meningkat untuk kenyamanan berkendara para penggunanya.

    “Perubahan tampilan dari New Honda Scoopy serta fitur terbaik dapat meningkatkan kenyamanan berkendara dan diharapkan dapat semakin menunjang gaya hidup penggunanya,” ucapnya pada Selasa (5/11/2024).

    Pihaknya juga menyebutkan bahwa pada tahun ini New Honda Scoopy memiliki pembaruan desain setelah mengalami lima kali pengembangan sesuai dengan perkembangan tren sejak kehadirannya di tahun 2010 lalu.

    Selain itu, motor ini juga disebut-sebut memiliki desain menarik dari sistem pencahayaan yang menggunakan LED dengan desain teknologi crystal block sehingga memberikan bantuan untuk visual pengendara di jalan raya.

    Kemudian New Honda Scoopy juga memiliki model baru pada area kemudinya sehingga berbeda dengan desain Digital Panel Meter yang berkesan modern. Area handle cover nya menjadi tertutup dan memiliki USB Type-C Charger yang membantu mobilitas pengguna.

    Executive Vice President Director AHM, Thomas Wijaya juga menyebutkan bahwa motor jenis baru tersebut diharapkan bisa menjadi kendaran yang digemari oleh masyarakat terutama bagi pengguna yang senang menjadi pusat perhatian.

    “Selama lebih dari satu dekade, Honda Scoopy terus diminati dan menjadi salah satu skutik terlaris di Indonesia. Kami berharap kehadiran generasi terbaru New Honda Scoopy dapat semakin memberikan kebanggan bagi pengendaranya yang menggemari gaya hidup sebagai trendsetter dan menjadi pusat perhatian di jalan,” katanya.

  • Lihat Lebih Dekat Honda PCX Model 2025

    Tampang Lebih Ganteng, Konsumsi BBM 47,6 Km/Liter

    Jakarta

    Honda PCX 125 2025 resmi meluncur di Eropa. Model terbaru Honda PCX mendapatkan ubahan pada bagian desain, khususnya area fascia, setang, juga bagian buritan. Tidak hanya itu, motor matic bongsor ini juga mendapatkan fitur kekinian berupa konektivitas smartphone. Berikut spesifikasi lengkapnya.

    New Honda PCX 125 2025 Foto: Dok. HondaDesain dan Dimensi

    New Honda PCX 125 2025 kini memiliki tampang lebih agresif dengan model dual headlamp. Selain itu bagian fairing dibuat lebih lebar dan agresif dengan tambahan lekukan-lekukan. Sama seperti generasi sebelumnya, generasi PCX 125 terbaru juga memiliki fitur lampu DRL LED.

    Geser ke bagian belakang, ada sedikit perubahan desain pada lampu rem dan lampu seinnya. Kini lampu remnya berbetuk huruf ‘V’ berubah dari sebelumnya yang bentuknya mirip huruf ‘X’. Sementara itu lampu seinnya menjorok ke bawah, jadi seperti taring.

    Setang New Honda PCX 125 2025 kini pakai cover. Foto: Dok. Honda

    Nah, yang menarik, area setang yang biasanya telanjang mirip setang motor sport, kini menggunakan cover seperti Honda Forza. Ini tentunya menghilangkan identitas Honda PCX yang sebelumnya selalu menggunakan setang model telanjang. Cover setang PCX 125 2025 ini menggunakan paduan warna hitam dan silver.

    Secara dimensi, motor ini memiliki panjang 1.935 mm, lebar 740 mm, tinggi 1.125 mm, tinggi jok 763 mm, jarak sumbu roda 1.315 mm, dan ground clearance 135 mm. Lalu untuk bobotnya, versi standar 133 kg dan versi DX 134 kg.

    Desain lampu belakang New Honda PCX 125 2025. Foto: Dok. HondaMesin dan Konsumsi BBM

    Honda PCX 125 terbaru menggendong mesin 125 cc, SOHC, 4 katup, eSP+, yang bisa menghasilkan tenaga 12,3 dk pada 8.750 rpm dan torsi 11,7 Nm pada 6.500 rpm. Soal konsumsi bahan bakar, Honda PCX ini bisa mencatatkan konsumsi rata-rata 47,6 km/liter. Tangki BBM yang berkapasitas 8,1 liter bisa buat menempuh jarak hingga 385 km.

    Suspensi dan Kaki-kaki

    Motor ini menggunakan suspensi depan teleskopik 31 mm dengan travel 89 mm. Sementara suspensi belakangnya pakai model ganda dengan travel 95 mm. Rem depan pakai cakram kaliper 2 piston dengan disc ukuran 220 mm. Sementara rem belakang pakai kaliper 1 piston dengan disc 220 mm.

    Geser ke bagian rodanya, bagian depan pakai velg ukuran 14 inci yang dipadu ban profil 110/70, selanjutnya ban belakang pakai velg ukuran 13 inci dengan profil ban 130/70.

    Panel instrumen layar TFT pada New Honda PCX 125 2025 tipe DX. Foto: Dok. HondaFitur-fitur

    Honda PCX 125 2025 sudah dilengkapi lampu-lampu berteknologi LED. Selain itu juga sudah dibekali charger dengan tipe colokan USB-C. Untuk panel instrumennya, pada tipe standar menggunakan layar LCD, sementara buat tipe DX sudah menggunakan layar TFT full warna. Pada varian DX ini juga sudah memiliki fitur konektivitas Honda RoadSync.

    Pilihan Warna

    New Honda PCX 125 2025 ditawarkan dalam empat pilihan warna, yakni pearl dark ash blue, pearl snowflake white, matte dim grey metallic, dan matte galaxy black metallic. Untuk harganya, situs resmi Honda Eropa belum mencatumkan harga New Honda PCX 125 model 2025.

    Lampu depan New Honda PCX 125 2025. Foto: Dok. Honda

    (lua/rgr)

  • Speedometer Baru, Setang Pakai Cover

    Speedometer Baru, Setang Pakai Cover

    Jakarta

    New Honda PCX model 2025 resmi meluncur di Eropa. Tapi bukan varian mesin 160 cc, melainkan PCX varian mesin 125 cc yang diperbarui. Di Eropa, New Honda PCX 125 MY (model year) 2025 memiliki sedikit ubahan di bagian fascia, serta penggunaan speedometer baru, termasuk model setang yang kini pakai cover seperti Honda Forza.

    Seperti dilihat detikOto di laman Motorcycle News, New Honda PCX 125 2025 kini memiliki tampang lebih agresif dengan model dual headlamp. Selain itu bagian fairing dibuat lebih lebar dan agresif dengan tambahan lekukan-lekukan. Sama seperti generasi sebelumnya, generasi PCX 125 terbaru juga memiliki fitur lampu DRL LED.

    New Honda PCX 125 2025 Foto: Dok. Honda

    Geser ke bagian belakang, ada sedikit perubahan desain pada lampu rem dan lampu seinnya. Kini lampu remnya berbetuk huruf ‘V’, berubah dari sebelumnya yang bentuknya mirip huruf ‘X’. Sementara itu lampu seinnya menjorok ke bawah, jadi seperti taring.

    Nah, yang menarik, area setang yang biasanya telanjang mirip setang motor sport, kini menggunakan cover seperti Honda Forza. Ini tentunya menghilangkan identitas Honda PCX yang sebelumnya selalu menggunakan setang model telanjang. Cover setang PCX 125 2025 ini menggunakan paduan warna hitam dan silver.

    New Honda PCX 125 2025 juga ditawarkan dalam varian DX. Varian DX ini memiliki panel instrumen atau speedometer baru. Menggunakan layar TFT ukuran 5 inci, panel layar ini bisa menjalankan fungsi konektivitas smartphone Honda RoadSync.

    New Honda PCX 125 2025 Foto: Dok. Honda

    Soal jantung pacu, New Honda PCX 125 2025 menggendong mesin 125 cc, eSP+, yang bisa menghasilkan tenaga 12,3 dk dan torsi 11,7 Nm. Soal konsumsi bahan bakar, bisa mencatatkan konsumsi rata-rata 47,6 km/liter.

    New Honda PCX 125 juga dilengkapi beberapa fitur penting lainnya, seperti Idling Stop System (ISS) dan juga Honda Selectable Torque Control (HSTC), untuk mencegah roda belakang tergelincir saat kehilangan traksi.

    Pertanyaannya, apakah model baru Honda PCX 160 di Indonesia juga akan memiliki desain dan fitur yang sama dengan New Honda PCX 125 di Eropa?

    New Honda PCX 125 2025 Foto: Dok. Honda

    (lua/dry)

  • Tampang Berubah, Konsumsi BBM 59 Km/L

    Tampang Berubah, Konsumsi BBM 59 Km/L

    Jakarta

    Honda Scoopy baru telah meluncur di Indonesia, Selasa (5/11). Skuter matik bertampang retro tersebut mengalami banyak perubahan dibandingkan model sebelumnya.

    Honda Scoopy baru yang meluncur kemarin merupakan model generasi keenam. Kendaraan itu mengusung konsep ‘Totally Unique’ lantaran tampangnya yang benar-benar berubah.

    “Perubahan tampilan dari New Honda Scoopy serta fitur terbaik yang dapat meningkatkan kenyamanan berkendara diharapkan dapat semakin menunjang gaya hidup penggunanya,” ujar Susumu Mitsuishi selaku Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) saat peluncuran produk.

    Honda Scoopy baru tersedia dalam empat varian berbeda, yakni Fashion dan Energetic yang dijual seharga Rp 22,5 jutaan, serta Stylish dan Prestige yang dibanderol Rp 23,3 jutaan. Seluruhnya berstatus on the road Jakarta.

    Nah, biar kenal Honda Scoopy baru lebih dekat, berikut kami rangkum spesifikasi lengkapnya!

    Spesifikasi Honda Scoopy BaruTampangHonda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Secara garis besar, desain Honda Scoopy baru masih membawa tarikan model lama, yakni berdimensi kompak dengan aksen membulat di hampir semua bagian. Hanya saja, produsen melakukan perubahan di sejumlah sisi, utamanya di area muka dan ekor.

    Kendaraan tersebut kini menggunakan headlamp atau lampu utama dengan desain cristal block. Selain itu, sepasang seinnya punya tampilan anyar dengan posisi yang agak ke bawah.

    Bagian setang Honda Scoopy baru kini tak lagi telanjang, melainkan dipasangkan cover atau pelindung tambahan. Kemudian ada aksen lubang udara baru di bagian wajah kendaraan.

    Bukan hanya depan, bagian belakangnya juga berubah. Pabrikan membekalinya dengan lampu ekor baru dengan garis pembelah di area sentral. Sementara sepasang seinnya dibuat lebih lebar dan pelek rodanya mengadopsi palang lima.

    FiturHonda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Honda Scoopy baru kini menggunakan panel instrumen full digital yang memadukan kesan retro dan modern. Seluruh informasi di dalamnya dibuat sederhana dan mudah dipahami.

    Skutik yang kerap dipakai anak muda itu juga menggunakan smart keyless dengan alarm dan anti-thief, kemudian ada soket charger ponsel dengan model tipe-C, ruang penyimpanan dasbor dengan volume empat liter, bagasi lega dan masih banyak lagi.

    MesinHonda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Honda Scoopy baru membawa mesin eSP 110cc SOHC dengan teknologi PGM-FI. Pembekalan itu membuat motor mampu menghasilkan tenaga maksimum 6,6 kW dan torsi puncak 9,2 Nm. Mesin itu sudah memenuhi standar Euro 3.

    Sementara konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 59 km/liter. Honda Scoopy baru punya tangki bensin berkapasitas 4,2 liter. Sehingga, dalam kondisi full tank, skutik tersebut bisa menempuh jarak 247 km!

    (sfn/din)