brand merek: Honda

  • Kapan Honda Scoopy Baru Mulai Dikirim ke Konsumen?

    Kapan Honda Scoopy Baru Mulai Dikirim ke Konsumen?

    Jakarta

    Honda Scoopy baru telah meluncur di Indonesia, Selasa (5/11). Lantas, untuk konsumen yang melakukan pemesanan sekarang, kapan mereka menerima unitnya?

    Vice President Executive PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya mengatakan, Honda Scoopy baru akan diproduksi dalam waktu dekat. Dia memastikan, pengiriman unitnya akan dimulai sebelum pergantian bulan.

    “Mulai diproduksinya bulan November ini, mulai delivery ke konsumen juga November,” ujar Thomas Wijaya kepada awak media di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (5/11).

    PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan Honda Scoopy baru di Indonesia, Selasa (5/11). Skuter matik (skutik) retro tersebut mengalami sejumlah ubahan. Foto: Pradita Utama

    Meski demikian, konsumen sudah bisa melakukan pemesanan unit di dealer-dealer sehari setelah peluncuran. Dia memastikan, sejauh ini tak ada inden kendaraan.

    “Jadi konsumen sudah bisa memesan unitnya di dealer-dealer, ke showroom kami lah, ke jaringan kami,” kata dia.

    Ketika ditanya mengenai target penjualan, tak biasanya, Thomas tak mengungkapnya secara detail. Dia hanya menegaskan, angkanya tergantung minat konsumen dan kondisi pasar di Indonesia.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Honda Scoopy baru merupakan generasi keenam yang banyak berubah dibandingkan model sebelumnya. Perubahan yang paling kentara dari kendaraan tersebut berada di bagian desain atau tampilan.

    Honda Scoopy baru kini menggunakan headlamp atau lampu utama dengan desain cristal block. Selain itu, sepasang seinnya punya tampilan anyar dengan posisi yang agak ke bawah.

    Bagian setang Honda Scoopy baru kini tak lagi telanjang, melainkan dipasangkan cover atau pelindung tambahan. Kemudian ada aksen lubang udara baru di bagian wajah kendaraan.

    Bukan hanya depan, bagian belakangnya juga berubah. Pabrikan membekalinya dengan lampu ekor baru dengan aksen lengkungan yang membelah area sentral. Sementara sepasang seinnya dibuat lebih lebar dan dominan. Kemudian pelek rodanya kini menganut model palang lima.

    Fiturnya juga berubah. Honda Scoopy baru sekarang menggunakan panel instrumen full digital yang memadukan kesan retro dan canggih. Kemudian soket charger ponselnya kini mengadopsi model tipe-C.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Perubahan lainnya terdapat di console box yang kini volume-nya 4 liter atau 1,3 liter lebih lega dibandingkan generasi kelima. Hal tersebut membuat pengendara bisa menaruh barang berdimensi panjang seperti botol minum.

    Honda Scoopy baru tersedia dalam empat varian berbeda, yakni Fashion dan Energetic yang dijual seharga Rp 22,5 jutaan, serta Stylish dan Prestige yang dibanderol Rp 23,3 jutaan. Seluruhnya berstatus on the road Jakarta.

    (sfn/dry)

  • Harga Rp 180 Jutaan, Segini Pajak Tahunan Honda Brio Satya Tipe E M/T 2024

    Harga Rp 180 Jutaan, Segini Pajak Tahunan Honda Brio Satya Tipe E M/T 2024

    Jakarta

    Honda Brio Satya E M/T dijual seharga Rp 182,8 juta. Dengan harga segitu, segini besar pajak tahunan Honda Brio Satya E M/T.

    Honda Brio Satya ditawarkan dalam beberapa varian. Untuk opsi transmisi manual, tersedia pada varian S M/T dan E M/T. Sementara varian tertinggi ada pada Brio Satya E CVT. Brio Satya CVT itu juga menjadi mobil termahal di segmen LCGC (Low Cost Green Car).

    Harganya juga berbeda-beda tergantung dengan varian yang dipilih. Khusus untuk varian E M/T dibanderol Rp 182,8 juta. Dengan harga segitu, mungkin kamu penasaran berapa sih besar pajak tahunan Brio Satya E M/T?

    Pajak Tahunan Honda Brio Satya E M/T

    Dalam setahun, pemilik Honda Brio Satya E M/T ini harus mengeluarkan dana sekitar Rp 2,3 jutaan untuk membayar pajak tahunannya. Berikut ini rincian pajak tahunan Honda Brio Satya E M/T keluaran tahun 2024:

    PKB Pokok: Rp 2.240.400SWDKLLJ Pokok: Rp 143.000Total: Rp 2.383.400

    Perlu digarisbawahi pajak itu berlaku untuk Honda Brio Satya E M/T yang terdaftar di wilayah Jawa Barat kepemilikan pertama. Bisa jadi besar pajak tahunan berbeda tergantung wilayah kendaraan terdaftar.

    Bicara soal Brio Satya E M/T, varian ini berada di tengah-tengah antara S M/T dan E CVT. Bila mengacu pad data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), varian ini juga menjadi yang terfavorit kedua setelah Brio Satya E CVT.

    Spesifikasi Honda Brio Satya E M/T

    Soal spesifikasi, Honda Brio Satya E M/T mengusung mesin 1.2L i-VTEC yang bisa menyemburkan tenaga 90 PS pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm. Rasio kompresi mesinnya 10,1:1. Mesinnya dipasangkan dengan transmisi manual 5 percepatan.

    Dari sisi fitur, di bagian interior terdapat display audio berupa layar sentuh berukuran 7 inch yang sudah terintegrasi ke USB Port, AM/FM Radio, bluetooth, telepon, serta screen mirroring. Pengaturan AC juga sudah bisa dilakukan secara digital. Selain itu, bagasi belakang juga bisa dibuka secara elektrik. Kabinnya mengusung perpaduan warna hitam dan abu-abu.

    Beralih ke fitur, Honda menyematkan immobilizer, auto door lock by speed serta sistem alarm. Untuk fitur keselamatan, Honda Brio Satya E M/T ini juga sudah memiliki dual SRS airbag, side impact beam, hingga parking sensor.

    (dry/rgr)

  • Kapan Honda Scoopy Baru Mulai Dikirim ke Konsumen?

    Honda Scoopy Baru Pakai Mesin Honda BeAT, tapi Ada Bedanya

    Jakarta

    Honda Scoopy baru menggunakan mesin yang sama seperti Honda BeAT. Namun, pabrikan memberikan ‘sentuhan tambahan’ agar sesuai dengan karakter pengendara skuter matik tersebut.

    Kepastian itu disampaikan Nattawat Akrasukphaisan selaku Product Engineering Division Honda R&D Southeast Asia. Menurutnya, ‘sentuhan tambahan’ tersebut merupakan optimasi di bagian injeksi.

    “Honda Scoopy baru dan BeAT pakai mesin yang sama, eSP 110cc. Perbedaannya ada di FI (fuel injection) tunning yang disesuaikan dengan karakter motor,” ujar Nattawat di sela-sela peluncuran produk di Cikarang, Jawa Barat.

    PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan Honda Scoopy baru di Indonesia, Selasa (5/11). Skuter matik (skutik) retro tersebut mengalami sejumlah ubahan. Foto: Pradita Utama

    Hal yang sama juga disampaikan Senior Analyst New Model Service and Publication Dept PT AHM Sarwono Edhi. Sehingga, Honda Scoopy baru menawarkan sensasi berkendara yang sedikit berbeda dibandingkan Honda BeAT.

    “Mesin motornya sama kayak Honda BeAT baru. Perbedaannya hanya FI tuning saja. Itu disesuaikan dengan karakter pengguna yang lebih slow dan fashion,” kata Sarwono Edhi.

    Sebagai catatan, Honda Scoopy baru menggendong mesin eSP 110cc SOHC dengan teknologi PGM-FI. Pembekalan tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga maksimum 6,6 kW dan torsi puncak 9,2 Nm. Mesin itu sudah memenuhi standar Euro 3.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Sementara konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 59 km/liter. Honda Scoopy baru punya tangki bensin berkapasitas 4,2 liter. Sehingga, dalam kondisi full tank, skutik tersebut bisa menempuh jarak 247 km!

    Namun, perlu dicatat, angka itu merupakan klaim internal AHM. Sedangkan untuk mengetahui hasil pastinya, kami perlu melakukan pengetesan pribadi secara fuel to fuel.

    (sfn/rgr)

  • 10
                    
                        Sulap Parkiran Kampus Unnes seperti Diler Motor hingga Viral, Sujatmiko Punya Cita-cita Terpendam
                        Regional

    10 Sulap Parkiran Kampus Unnes seperti Diler Motor hingga Viral, Sujatmiko Punya Cita-cita Terpendam Regional

    Sulap Parkiran Kampus Unnes seperti Diler Motor hingga Viral, Sujatmiko Punya Cita-cita Terpendam
    Tim Redaksi
    SEMARANG, KOMPAS.com
    – Sebuah video yang menampilkan
    parkiran
    sepeda motor dengan penataan unik viral di media sosial.
    Di tempat parkir ini, motor-motor tampak tersusun rapi layaknya sebuah
    showroom
    , dengan pengelompokan berdasarkan merek, model, dan warna.
    Video terkait parkiran ini viral setelah diunggah pada Sabtu (2/11/2024).
    Dari penelusuran, video parkiran yang viral tersebut ternyata berada di Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Semarang (
    Unnes
    ).
    Dalam video berdurasi 24 detik tersebut, terlihat bagaimana motor-motor seperti Honda Scoopy dan BeAT diparkir dengan teratur, bahkan dikelompokkan berdasarkan warna, mulai dari krem, hitam, hingga merah.
    Hasilnya, parkiran tersebut terlihat malah mirip dengan pameran motor di diler.
    Sujatmiko (28), juru parkir Fakultas Kedokteran, mengatakan, ide tersebut berawal dari kebiasaannya melihat banyak motor dengan warna yang sama diparkir di tempat yang sama.
    “Awalnya kok banyak yang pakai motor warnanya sama semua, makanya coba iseng diatur biar rapi,” ujar Sujatmiko saat ditemui di lokasi parkir, Kamis (7/11/2024).
    Sejak 2023, Sujatmiko menata motor-motor di parkiran fakultas tersebut dengan mengelompokkan motor berdasarkan warna dan mereknya.

    “Saya menata ini bareng teman-teman. Kalau kayak gini butuh waktu sekitar dua jam, karena harus ambil motor satu per satu dari belakang dan menatanya ulang sesuai warna,” kata Sujatmiko.
    Meskipun membutuhkan waktu ekstra dan tenaga, Sujatmiko mengaku mempunyai kepuasan tersendiri jika parkiran rapi.
    “Saya yang ambil motor-motor itu, mahasiswa enggak peduli. Mereka lebih suka melihat parkiran yang rapi dan bagus dilihat,” ujar dia.
    Sujatmiko, yang sudah menghabiskan waktu delapan tahun di Unnes, menyebutkan bahwa impiannya sejak kecil adalah memiliki diler motor.
    “Cita-cita saya dulu pingin punya diler motor. Melihat motor yang tertata dengan rapi seperti ini, rasanya seperti lewat di
    showroom
    motor. Jadi termotivasi,” tambah Sujatmiko.
    Ternyata, usaha Sujatmiko membuahkan hasil. Mahasiswa Unnes kini lebih mudah menemukan motor mereka, dan banyak di antaranya yang tertarik untuk berfoto di parkiran unik tersebut.
    Setiap hari, parkiran itu menjadi tempat favorit bagi mahasiswa yang ingin membuat konten di TikTok.
    “Banyak yang foto di sini, apalagi kalau pulang, mereka merasa lebih mudah karena motor sudah tertata dengan baik,” ungkap Sujatmiko.
    Parkiran
    viral di Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Semarang (Unnes), Jawa Tengah, Kamis (7/11/2024).
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • 10
                    
                        Sulap Parkiran Kampus Unnes seperti Diler Motor hingga Viral, Sujatmiko Punya Cita-cita Terpendam
                        Regional

    Sulap Parkiran Kampus Unnes Seperti Dealer Motor hingga Viral, Sujatmiko Punya Cita-cita Terpendam Regional 7 November 2024

    Sulap Parkiran Kampus Unnes seperti Diler Motor hingga Viral, Sujatmiko Punya Cita-cita Terpendam
    Tim Redaksi
    SEMARANG, KOMPAS.com
    – Sebuah video yang menampilkan
    parkiran
    sepeda motor dengan penataan unik viral di media sosial.
    Di tempat parkir ini, motor-motor tampak tersusun rapi layaknya sebuah
    showroom
    , dengan pengelompokan berdasarkan merek, model, dan warna.
    Video terkait parkiran ini viral setelah diunggah pada Sabtu (2/11/2024).
    Dari penelusuran, video parkiran yang viral tersebut ternyata berada di Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Semarang (
    Unnes
    ).
    Dalam video berdurasi 24 detik tersebut, terlihat bagaimana motor-motor seperti Honda Scoopy dan BeAT diparkir dengan teratur, bahkan dikelompokkan berdasarkan warna, mulai dari krem, hitam, hingga merah.
    Hasilnya, parkiran tersebut terlihat malah mirip dengan pameran motor di diler.
    Sujatmiko (28), juru parkir Fakultas Kedokteran, mengatakan, ide tersebut berawal dari kebiasaannya melihat banyak motor dengan warna yang sama diparkir di tempat yang sama.
    “Awalnya kok banyak yang pakai motor warnanya sama semua, makanya coba iseng diatur biar rapi,” ujar Sujatmiko saat ditemui di lokasi parkir, Kamis (7/11/2024).
    Sejak 2023, Sujatmiko menata motor-motor di parkiran fakultas tersebut dengan mengelompokkan motor berdasarkan warna dan mereknya.

    “Saya menata ini bareng teman-teman. Kalau kayak gini butuh waktu sekitar dua jam, karena harus ambil motor satu per satu dari belakang dan menatanya ulang sesuai warna,” kata Sujatmiko.
    Meskipun membutuhkan waktu ekstra dan tenaga, Sujatmiko mengaku mempunyai kepuasan tersendiri jika parkiran rapi.
    “Saya yang ambil motor-motor itu, mahasiswa enggak peduli. Mereka lebih suka melihat parkiran yang rapi dan bagus dilihat,” ujar dia.
    Sujatmiko, yang sudah menghabiskan waktu delapan tahun di Unnes, menyebutkan bahwa impiannya sejak kecil adalah memiliki diler motor.
    “Cita-cita saya dulu pingin punya diler motor. Melihat motor yang tertata dengan rapi seperti ini, rasanya seperti lewat di
    showroom
    motor. Jadi termotivasi,” tambah Sujatmiko.
    Ternyata, usaha Sujatmiko membuahkan hasil. Mahasiswa Unnes kini lebih mudah menemukan motor mereka, dan banyak di antaranya yang tertarik untuk berfoto di parkiran unik tersebut.
    Setiap hari, parkiran itu menjadi tempat favorit bagi mahasiswa yang ingin membuat konten di TikTok.
    “Banyak yang foto di sini, apalagi kalau pulang, mereka merasa lebih mudah karena motor sudah tertata dengan baik,” ungkap Sujatmiko.
    Parkiran
    viral di Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Semarang (Unnes), Jawa Tengah, Kamis (7/11/2024).
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Polisi Berhasil Ringkus Spesialis Pencuri Rumah di Padang Panjang.

    Polisi Berhasil Ringkus Spesialis Pencuri Rumah di Padang Panjang.

    GELORA.CO  –Tim Operasional Macan Marapi Polres Padang Panjang Bersama Tim 1 Klewang Polresta Padang berhasil meringkus seorang pelaku spesialis pencurian rumah yang kerap beraksi dan meresahkan warga di wilayah hukum Polres Padang Panjang. Pelaku yang diamankan berinisial SY, (42). 

    Ia ditangkap di Gang Pusara, Kelurahan Parak Laweh Pulau Aia Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, pada Kamis (31/11) malam. 

    Pelaku berhasil ditangkap, berkat penyelidikan intens oleh Tim Macan Merapi yang dipimpin Aipda Adri Suherman. 

    Tim Macan Merapi kemudian memulai dengan kegiatan olah tempat kejadian perkara (TKP), pengumpulan barang bukti dan pemeriksaan saksi-saksi. 

     “Dari tangan pelaku, petugas kita berhasil mengamankan sejumlah barang bukti hasil kejahatan dalam bentuk 1 unit sepeda motor Honda Scoopy, empat buah anak kunci, satu potong emas padu, satu unit HP, dan uang tunai sebesar Rp2.300.000. 

    Mudah-mudahan setelah kita tangkap pelaku SY ini bisa menjawab keresahan masyarakat sehubungan dengan tindak pidana pencurian,” Ulasnya. 

    Pada kesempatan yang sama Kasat Reserse Polres Padang Panjang AKP Wiko Satria Afdal, juga menambahkan “berdasarkan hasil penyelidikan kita sementara, pelaku telah melakukan aksinya di beberapa lokasi yang berbeda di wilayah Polres Padang Panjang, setidaknya ada tiga laporan polisi yang telah dibuat terkait aksi kejahatannya.” “Modus pelaku melakukan pencurian yaitu  dengan beraksi di, saat rumah-rumah dalam keadaan sepi. 

    Ia juga kerap mengincar rumah-rumah yang ditinggal penghuninya dan kemudian masuk dengan menggunakan kunci palsu. 

    Setelah berhasil masuk, tersangka kemudian menggasak barang-barang berharga milik korban. 

    Saat ini pelaku sudah kita amankan di mapolres Padang Panjang lengkap dengan barang bukti hasil kejahatan dari tanganya. 

    Dan saat ini pelaku sudah kita tahan sebagai tersangka dalam proses penyidikan, dengan sangkaan pasal 363 KUHP.”. Ulas kasat.

     Berdasarkan modus yang dilakukan pelaku. Polres Padang Panjang menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan meningkatkan keamanan rumah masing-masing. 

    Pastikan pintu dan jendela rumah terkunci rapat saat ditinggal keluar. Jika ada hal yang mencurigakan, segera laporkan ke pihak kepolisian pungkas kasat reskrim

  • Alasan Setang Honda Scoopy Baru Pakai Cover, Tak Lagi Telanjang

    Alasan Setang Honda Scoopy Baru Pakai Cover, Tak Lagi Telanjang

    Jakarta

    Honda Scoopy baru mendapat banyak pembaruan dibandingkan generasi sebelumnya. Skuter matik bertampang retro tersebut kini menggunakan setang model tertutup, bukan telanjang seperti model-model terdahulu!

    Nattawat Akrasukphaisan selaku Product Engineering Division Honda R&D Southeast Asia menjelaskan, Honda Scoopy baru hadir dengan konsep ‘Totally Unique’ yang mendefinisikan kebaruan total. Dia ingin, kendaraan tersebut tampil benar-benar berbeda dibandingkan model sebelumnya.

    Selain itu, kata dia, dengan keberadaan cover pelindung di area setang, pengendara jadi punya pandangan baru ketika berkendara.

    “Jadi kami ingin memberikan kesan premium di Honda Scoopy baru. Kami menambahkan itu (cover di area setang), agar ketika user mengendarai motor, dia bisa melihat sesuatu yang baru dan berbeda dari motor ini,” ujar Nattawat saat ditemui di Cikarang, Jawa Barat.

    “Memang kita ingin menjaga tampilan Scoopy sendiri yang sudah diminati konsumen di Indonesia. Makanya kita berikan kesan premium, termasuk di bagian lampu utamanya,” tambahnya.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Keputusan AHM menambahkan cover di area setang memang membuat sejumlah pihak bertanya-tanya. Sebab, sejak dulu, Scoopy selalu identik dengan setang telanjang. Namun, perubahan tersebut membuat kendaraan terlihat lebih ‘kalcer’ dan kekinian.

    Spesifikasi Honda Scoopy Baru

    Selain setang, banyak detail lain di Honda Scoopy baru yang mengalami perubahan. Kendaraan tersebut kini menggunakan headlamp atau lampu utama dengan desain crystal block. Selain itu, sepasang seinnya punya tampilan anyar dengan posisi yang agak ke bawah.

    Bukan hanya depan, bagian belakangnya juga berubah. Pabrikan membekalinya dengan lampu ekor baru dengan aksen lengkungan yang membelah area sentral. Sementara sepasang seinnya dibuat lebih lebar dan dominan. Kemudian pelek rodanya kini menganut model palang lima.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Fiturnya juga berubah. Honda Scoopy baru sekarang menggunakan panel instrumen full digital yang memadukan kesan retro dan canggih. Kemudian soket charger ponselnya kini mengadopsi model tipe-C.

    Perubahan lainnya terdapat di console box yang kini volume-nya 4 liter atau 1,3 liter lebih lega dibandingkan generasi kelima. Hal tersebut membuat pengendara bisa menaruh barang berdimensi panjang seperti botol minum.

    Honda Scoopy baru tersedia dalam empat varian berbeda, yakni Fashion dan Energetic yang dijual seharga Rp 22,5 jutaan, serta Stylish dan Prestige yang dibanderol Rp 23,3 jutaan. Seluruhnya berstatus on the road Jakarta.

    (sfn/dry)

  • Honda Pamer 2 Konsep Motor Listrik Futuristik

    Honda Pamer 2 Konsep Motor Listrik Futuristik

    Milan

    Honda memamerkan dua konsep motor listrik yang futuristik, yaitu EV Fun Concept dan EV Urban Concept. Dua motor listrik itu diluncurkan di pameran sepeda motor EICMA di Milan, Italia.

    Honda bertujuan untuk mencapai netralitas karbon melalui semua produk dan aktivitas perusahaannya pada tahun 2050. Produsen otomotif asal Jepang ini memiliki target untuk mencapai netralitas karbon untuk semua produk sepeda motornya pada tahun 2040-an. Untuk mencapai tujuan ini, Honda berupaya untuk mengelektrifikasi sepeda motornya sebagai andalan strategi lingkungan masa depannya.

    “Honda akan mempercepat upayanya untuk mengembangkan jajaran lengkap sepeda motor listrik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin beragam dan mempromosikan pengembangan berbagai macam kendaraan listrik. Melalui upayanya, Honda bertujuan untuk memperluas pangsa pasar globalnya dan menjadi perusahaan terkemuka juga di bidang sepeda motor listrik,” demikian dikutip dari siaran pers Honda.

    Sebagai salah satu strateginya itu, Honda meluncurkan dua konsep motor listrik sekaligus. Berikut profil lengkapnya.

    EV Fun Concept

    EV Fun Concept adalah sepeda motor listrik yang dirancang untuk penggunaan yang menyenangkan. Ini adalah motor sport naked yang setara dengan sepeda motor bermesin pembakaran internal (ICE) berukuran sedang. Dilengkapi dengan baterai fix, EV Fun Concept adalah motor sport listrik pertama Honda dan dijadwalkan untuk dikomersialkan pada tahun 2025.

    2025 Honda EV Urban concept Foto: Dok. Honda

    EV Fun Concept sedang dikembangkan sebagai sepeda motor listrik generasi berikutnya yang menawarkan sensasi baru berkendara yang tenang dan perasaan emosional yang unik untuk sepeda motor listrik.

    Motor ini menawarkan tingkat “berkendara, berbelok, dan berhenti” yang tinggi yang diciptakan oleh teknologi sepeda motor Honda yang telah lama dikembangkan. Honda EV Fun Concept juga menghadirkan pengendaraan yang senyap dan bebas getaran yang hanya dimungkinkan dengan tenaga listrik dan paket sasis yang ramping dan mudah diatur.

    2025 Honda EV Urban concept Foto: Dok. Honda

    Sistem dan pengisian daya EV Fun Concept dikembangkan dengan menerapkan pengetahuan dan teknologi Honda yang dikembangkan pada mobil Honda. Baterainya kompatibel dengan pengisi daya cepat CCS2 (standar yang sama dengan mobil listrik) dan telah dikembangkan untuk mengoptimalkan keseimbangan antara bobot yang ringan dan kinerja pengisian daya yang cepat, serta untuk memberikan jarak tempuh lebih dari 100 km, yang cukup untuk penggunaan di dalam kota.

    EV Urban Concept

    Selanjutnya EV Urban Concept. Ini adalah motor listrik yang mewujudkan visi Honda tentang mobilitas listrik perkotaan dengan desain yang berfokus pada fungsi, teknologi yang terhubung, dan paket baterai yang dikembangkan sendiri oleh Honda.

    2025 Honda EV Urban concept Foto: Dok. Honda

    Konsep motor listrik ini merekonstruksi dari awal visi Honda tentang seperti apa seharusnya mobilitas listrik perkotaan. Motor ini mewujudkan visi mobilitas masa depan yang bekerja sama dan selaras dengan masyarakat melalui gaya yang canggih, antarmuka manusia-mesin (human-machine interface/HMI) yang intuitif, dan pengalaman baru yang diciptakan oleh perpaduan perangkat lunak dan perangkat keras. Tujuan Honda adalah untuk membuka kebebasan mobilitas bagi sebanyak mungkin pelanggan, dan memperluas kemungkinan mobilitas bagi setiap pelanggan.

    (rgr/dry)

  • Makin Banyak Motor Matic Jepang ‘Bergaya’ Vespa, Begini Kata Piaggio

    Makin Banyak Motor Matic Jepang ‘Bergaya’ Vespa, Begini Kata Piaggio

    Jakarta

    Makin banyak pabrikan Jepang yang melahirkan motor matic dengan cita rasa khas Eropa. Tak ayal mereka pun kerap dibenturkan dengan matic ikonik produksi Italia, Vespa. Bagaimana tanggapan Piaggio Indonesia dalam menghadapi persaingan ini?

    Dijelaskan PR Communications & Brand Activation Manager at PT Piaggio Indonesia (PTPI) Ayu Hapsari, Vespa merasa tidak tersaingi dengan kehadiran skutik-skutik bergaya klasik bikinan pabrikan Jepang seperti Honda dan Yamaha.

    Yamaha Grand Filano Foto: Ridwan Arifin

    “Karena kami tahu bahwa calon konsumen Vespa itu mau yang original, yang the real one, bukan motor yang look a like (terlihat mirip),” kata Ayu kepada wartawan di Jakarta, Rabu (6/11).

    Ayu menjelaskan, produk-produk motor matic buatan Vespa memiliki ciri khas tersendiri dan tidak akan bisa disaingi oleh merek mana pun. Selain itu, Vespa ibarat kendaraan impian bagi setiap pengguna motor, sehingga tidak bisa digantikan posisinya oleh model-model skutik klasik lainnya.

    “Pasar kami baik-baik saja. Dan makin banyaknya pilihan, berarti kan motor kami menginspirasi banyak orang (banyak brand). Tapi kalau once seseorang punya uang, rezeki, pasti penginnya beli Vespa,” tambah Ayu.

    Vespa LX 2024 Foto: Dok. Piaggio Indonesia

    Diketahui, saat ini motor matic klasik menjadi target pasar yang diincar pabrikan Jepang seperti Honda dan Yamaha. Honda memiliki dua model klasik, yakni Scoopy dan Stylo, sementara Yamaha mempunyai Fazzio dan Grand Filano. Keempat model tersebut terbukti laris di pasaran dan sering ditemui di jalanan Jabodetabek.

    Vespa sendiri memiliki banyak lini model motor matic, dari model basic seperti LX, Primavera, Sprint, hingga model-model yang lebih premium lagi seperti seri GTS, GTS Super Tech, GTV, hingga 946 Dragon. Vespa juga telah membangun fasilitas pabrik perakitan di Cikarang, Jawa Barat, yang memproduksi seri LX.

    (lua/rgr)

  • Kenapa Honda Scoopy Baru Belum Pakai Mesin 125Cc?

    Kenapa Honda Scoopy Baru Belum Pakai Mesin 125Cc?

    Jakarta

    Honda Scoopy baru telah meluncur di Indonesia, Selasa (5/11). Skuter matik bertampang retro tersebut masih menggunakan mesin berkapasitas 110cc. Kenapa bukan 125cc?

    Beberapa bulan lalu, sempat muncul rumor, Honda akan menanamkan mesin 125cc di Scoopy generasi terbaru. Sebab, skutik retro buatan merek sebelah, yakni Yamaha Fazzio dan Grand Filano bermain di segmen tersebut.

    Namun, Honda akhirnya tetap mempertahankan mesin 110cc. Sebab, kapasitas tersebut dianggap telah sesuai dengan karakter dan kebutuhan konsumen Honda Scoopy di Indonesia.

    “Saat ini Scoopy dengan mesin 110-nya sudah cukup diminati konsumen, karena sesuai kebutuhan mereka, kebutuhan gaya mereka. Tapi kita terbuka kalau ada masukan-masukan ke depannya bagaimana,” ujar Thomas Wijaya selaku Vice President Executive PT Astra Honda Motor (AHM) saat ditemui di Cikarang, Jawa Barat.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Thomas menegaskan, kehadiran Honda Scoopy baru tak akan merusak pasar Honda Genio di segmen skutik retro 110cc. Sebab, meski mesinnya sama, karakter konsumennya berbeda.

    “Beda, keduanya beda segmen. Meski fashion tapi kalau Genio benar-benar yang entry level. Kalau Scoopy kan sudah kelas yang unik dan benar-benar suka fashion,” kata Thomas.

    Sebagai catatan, Honda Scoopy baru menggunakan mesin yang sama seperti Honda BeAT baru. Hanya saja, pabrikan melakukan optimalisasi di bagian FI. Hal tersebut bertujuan untuk menyesuaikan karakter kendaraan yang nyaman dipakai santai.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Honda Scoopy baru mengadopsi mesin eSP 110cc SOHC dengan teknologi PGM-FI. Pembekalan tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga maksimum 6,6 kW dan torsi puncak 9,2 Nm. Mesin itu sudah memenuhi standar Euro 3.

    Sementara konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 59 km/liter. Honda Scoopy baru punya tangki bensin berkapasitas 4,2 liter. Sehingga, dalam kondisi full tank, skutik tersebut bisa menempuh jarak 247 km!

    (sfn/rgr)