brand merek: Honda

  • Tol Cipularang Arah ke Jakarta Ditutup Total Pasca Kecelakaan Maut

    Tol Cipularang Arah ke Jakarta Ditutup Total Pasca Kecelakaan Maut

    GELORA.CO  – PT Jasa Marga (Persero), pengelola ruas tol Cipularang, menutup total ruas tol Cipularang arah ke Jakarta pasca kecelakaan maut yang melibatkan banyak kendaraan roda empat di ruas tol Cipularang Km 92 arah ke Jakarta sore ini, Senin, 11 November 2024 pukul 15.15 WIB.

    “Akibat kejadian tersebut lalu lintas di ruas tol Cipularang KM 92 arah ke Jakarta tertutup, sedangkan jalur sebaliknya dibuka dua lajur untuk dapat dilalui,” kata Agni Mayvinna, Senior Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division dalam pernyataannya sore ini.

    Agni menjelaskan, sejumlah petugas 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) melalui Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) dan Kepolisian dilengkapi dengan ambulance, derek dan rescue telah berada di lokasi kejadian dan melakukan pengaturan yang dibutuhkan.

    Alihkan Kendaraan dari Bandung ke Jakarta Via GT Cikamurang

    “Sebagai upaya mengurai kepadatan, pengguna jalan dari Bandung arah Jakarta yang akan melintas, dialihkan keluar melalui Gerbang Tol (GT) Cikamuning di KM 116 dan masuk Kembali melalui GT Jatiluhur di Km 84,” beber Agni.

    Kecelakaan maut ini diduga terjadi akibat truk trailer pengangkut kertas kardus bekas yang terguling dan menghantam beton pembatas di tengah-tengah ruas tol yang memisahkan kendaraan dari arah berlawanan.

    Kecelakaan ini banyak melibatkan kendaraan pribadi. Berdasarkan rekaman video pengendara jalan yang melintas di dekat tempat kejadian perkara, kendaraan yang terlibat antara lain 2 buah Honda Brio warna putih, sebuah mobil travel Toyota Hiace warna putih, sebuah mobil travel Hiace warna merah milik Daytrans, 2 buah Toyota Rush/Daihatsu Terios, sebuah truk Mitsubishi Fuso Canter, sebuah Avanza hitam dan lain-lain.

    Kerasnya tabrakan diantara mobil-mobil yang bertabrakan posisinya saling bertumpuk. Kondisinya benar-benar mengerikan.

    Satu mobil lainnya, sebuah mobil penumpang terlempar ke jalur berlawanan dari Jakarta menuju Bandung dalam kondisi terbalik dan hancur.

    “Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami akibat kejadian tersebut dan selama proses evakuasi berlangsung. Penyebab kecelakaan dan korban masih dalam proses pendataan bersama pihak Kepolisian,” ungkap Agni Mayvinna, Senior Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division dalam pernyataannya sore ini.

  • Akur! Momen Casey Stoner Sambangi Markas Rossi, Balapan Bareng Lagi

    Akur! Momen Casey Stoner Sambangi Markas Rossi, Balapan Bareng Lagi

    Jakarta

    Ada pemandangan tak biasa di Ranch milik Valentino Rossi. Mantan musuh bebuyutan Rossi di MotoGP, Casey Stoner, datang ke The Ranch di Italia.

    Casey Stoner dan Valentino Rossi terlihat akur. Keduanya bahkan kembali ke satu lintasan bersama untuk pertama kalinya sejak tahun 2012, setelah Stoner pensiun. Legenda Ducati dan Honda itu sejatinya berencana untuk menghadiri pameran EICMA 2024 di Italia. Namun Stoner menyempatkan diri untuk mendatangi kampung Rossi di Tavullia.

    Dikutip GP Kingdom, Stoner kabarnya diundang The Doctor untuk mampir ke VR46 Ranch, trek pribadi milik Rossi. Momen kedatangan Stoner itu juga diabadikan oleh kekasih Rossi, Francesca Sofia Novello dalam story di akun Instagramnya.

    [Gambas:Instagram]

    Meski sempat mengalami masalah pada kondisi kesehatannya, Stoner masih bisa memberikan hiburan bagi penggemarnya di EICMA maupun Ranch. Dia juga sempat terjatuh di babak semifinal Champions Charity Race.

    Stoner juga dalam akun Instagramnya mengunggah momen saat dirinya berkunjung ke The Ranch. Dia juga menjelaskan hubungannya dengan Rossi saat ini.

    “Banyak perubahan antara Vale dan saya selama 12 tahun terakhir, keluarga, teman, tetapi hasrat untuk motor akan selalu sama. Terima kasih untuk kesempatannya berbagi lintasan dengan Anda sekali lagi,” begitu tulis Stoner sembari menandai akun Instagram @valeyellow46.

    Di masa lalu, Stoner yang bergabung dengan Ducati pada 2007 itu berhasil mengusik dominasi Rossi. Salah satu momen yang kerap terngiang ialah saat balapan di Laguna Seca pada 2008 silam.

    Momen panas antara Stoner dan Rossi terjadi saat melakoni balapan di Laguna Seca 2008. Keduanya sengit saling menyalip, hingga akhirnya Stoner terjatuh dan finis kedua di belakang Rossi.

    Stoner bahkan menyebut ambisi Rossi melampaui bakatnya usai insiden di Jerez 2011. Kala itu Stoner yang berseragam pabrikan Honda jatuh usai motor Ducati yang ditunggangi Rossi tergelincir. Kendati demikian, pada tahun 2022, Rossi menyebut dirinya dan Stoner memang sudah berdamai.

    “Casey (Stoner) dan saya sudah berdamai. Dia terkadang mengirimku pesan dari Australia, dia juga bertanya tentang bayiku. Kami saling mengabari satu sama lain,” aku Rossi.

    (dry/din)

  • Daftar Harga Honda Scoopy Terbaru, Termurah Rp 22,5 Jutaan!

    Daftar Harga Honda Scoopy Terbaru, Termurah Rp 22,5 Jutaan!

    Jakarta

    Honda Scoopy telah lama menjadi pilihan favorit di kalangan pencinta skuter matik (skutik) di Indonesia. Dengan desain retro yang khas dan fitur-fitur modern, Scoopy terus menarik minat konsumen dari berbagai kalangan.

    Setelah mengalami lima kali pengembangan sesuai dengan perkembangan tren sejak kehadirannya di tahun 2010, New Honda Scoopy dengan konsep Totally Unique memiliki desain terbaru pada beberapa bagian yang dapat menunjang tampilannya yang ikonik. Sistem pencahayaan yang semakin fokus kini menggunakan LED dengan desain teknologi crystal block yang unik dan modern, serta membantu visual pengendara di jalan raya.

    Pada area kemudi, model ini memiliki tampilan yang semakin berbeda dengan desain Digital Panel Meter berkesan modern, area handle cover yang kini tertutup, serta USB Type-C Charger yang semakin mempermudah mobilitas harian penggunanya. Pembaruan pada tampilan dari velg berdesain palang pun membuat kesan skutik fashionable ini kental dengan nuansa retro.

    Di Indonesia, Scoopy merupakan salah satu model terfavorit. Terlebih desainnya cukup khas dan berbeda dari model skutik lainnya.

    Harga Honda Scoopy Baru 2024

    Honda Scoopy 2024 hadir dalam empat varian yakni Fashion, Sporty, Prestige, dan Stylish. Berikut rincian harganya:

    Honda Scoopy Fashion 2024 – Rp 22.525.000Honda Scoopy Sporty 2024 – Rp 22.525.000Honda Scoopy Prestige 2024 – Rp 23.330.000Honda Scoopy Stylish 2024 – Rp 23.330.000Spesifikasi Honda Scoopy 2024

    Semua varian Honda Scoopy 2024 dilengkapi dengan mesin berkapasitas 109,5 cc, single cylinder, 4-stroke, air-cooled, SOHC, eSP. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 9 hp dan torsi maksimal 9,3 Nm. Selain itu, sistem bahan bakar menggunakan PGM-FI (Programmed Fuel Injection) yang lebih efisien.

    Perbedaan utama antara varian Fashion dan Sporty dengan Prestige dan Stylish terletak pada sistem Smart Key. Varian Fashion dan Sporty masih menggunakan kunci konvensional, sementara varian Prestige dan Stylish telah dilengkapi dengan fitur Smart Key yang menawarkan kemudahan dan keamanan lebih bagi pengendara.

    Dalam menunjang mobilitas, New Honda Scoopy memiliki ukuran console box yang lebih besar, menjadi 4 liter (naik 1,3 liter dari generasi sebelumnya) yang mampu menyimpan barang-barang seperti botol minum kesayangan pengguna skutik fashionable ini. Sentuhan warna dan jahitan terbaru pada kulit jok, membuat skutik penggemar fashion ini, semakin bergaya dengan warna coklat pada varian Stylish, serta kombinasi dua warna hitam dan abu-abu pada varian Prestige.

    Fitur unggulan lain pada Honda Scoopy juga dipertahankan seperti desain pijakan kaki untuk pembonceng yang terintegrasi dengan bodi, memudahkan pengendara membonceng dengan tetap nyaman dan stylish. Model ini juga mengaplikasikan desain velg terbaru 5 palang yang membuat model ini memiliki nuansa retro dan ban tubeless 12-inch yang fashionable untuk menghadirkan kenyamanan dan rasa aman pengendara.

    (dry/rgr)

  • Honda Scoopy Terbaru Kenapa Tidak Diluncurkan di IMOS 2024? Begini Jawaban AHM

    Honda Scoopy Terbaru Kenapa Tidak Diluncurkan di IMOS 2024? Begini Jawaban AHM

    Jakarta

    PT Astra Honda Motor (AHM) telah meluncurkan Honda Scoopy baru di Indonesia, Selasa (5/11). Menariknya, momen peluncurannya digelar di Cikarang, Jawa Barat, dua hari setelah pameran Indonesia Motorcycles Show atau IMOS 2024.

    Keputusan AHM meluncurkan Honda Scoopy baru di luar IMOS 2024 tentu membuat sebagian pihak terheran-heran. Sebab, produsen umumnya memilih pameran otomotif sebagai momen peluncuran produk baru.

    Lebih lagi, IMOS 2024 merupakan hajat Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang salah satu membernya merupakan Honda. Lantas, apa alasan mereka mengambil langkah unik tersebut?

    PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan Honda Scoopy baru di Indonesia, Selasa (5/11). Skuter matik (skutik) retro tersebut mengalami sejumlah ubahan. Foto: Pradita Utama

    Octavianus Dwi selaku Direktur Pemasaran PT AHM mengatakan, pihaknya ingin memberikan banyak ruang untuk motor-motor listriknya di IMOS 2024. Itulah mengapa, AHM lebih mengutamakan customer experience ketimbang meluncurkan produk baru.

    “Di IMOS 2024 kemarin kita memang mau fokus memberikan experience ke konsumen terutama motor listrik yang baru meluncur. Ya meskipun selain motor listrik, motor ICE kita juga mendapat perhatian juga,” ujar Octa di Cikarang, Jawa Barat.

    “Event is one thing, tapi kami ingin menghadirkan experience lebih saja untuk pengunjung di pameran itu,” tambahnya.

    Setelah sukses dengan lima generasi sebelumnya, PT AHM akhirnya meluncurkan Honda Scoopy generasi keenam. Motor tersebut banyak berubah dibandingkan model sebelumnya, terutama di bagian desain atau tampilan.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Honda Scoopy baru kini menggunakan headlamp atau lampu utama dengan desain crystal block. Selain itu, sepasang seinnya punya tampilan anyar dengan posisi yang agak ke bawah.

    Bagian setang Honda Scoopy baru kini tak lagi telanjang, melainkan dipasangkan cover atau pelindung tambahan. Kemudian ada aksen lubang udara baru di bagian wajah kendaraan.

    Bukan hanya depan, bagian belakangnya juga berubah. Pabrikan membekalinya dengan lampu ekor baru dengan aksen lengkungan yang membelah area sentral. Sementara sepasang seinnya dibuat lebih lebar dan dominan. Kemudian pelek rodanya kini menganut model palang lima.

    Fiturnya juga berubah. Honda Scoopy baru sekarang menggunakan panel instrumen full digital yang memadukan kesan retro dan canggih. Kemudian soket charger ponselnya kini mengadopsi model tipe-C.

    Perubahan lainnya terdapat di console box yang kini volume-nya 4 liter atau 1,3 liter lebih lega dibandingkan generasi kelima. Hal tersebut membuat pengendara bisa menaruh barang berdimensi panjang seperti botol minum.

    Honda Scoopy baru tersedia dalam empat varian berbeda, yakni Fashion dan Energetic yang dijual seharga Rp 22,5 jutaan, serta Stylish dan Prestige yang dibanderol Rp 23,3 jutaan. Seluruhnya berstatus on the road Jakarta.

    (sfn/sfn)

  • Cedera Dulu, Kalah dan Menang Lagi, Sensasinya Luar Biasa

    Cedera Dulu, Kalah dan Menang Lagi, Sensasinya Luar Biasa

    Jakarta

    Musim 2024 bikin Marc Marquez tersenyum lagi. Dia memilih pergi daripada tak kompetitif bersama Honda. Dulu saat berseragam Honda, kemenangan bagi Marquez biasa-biasa saja karena saking seringnya menang. Pasang surut karier Marquez dalam ajang balapan kelas wahid itu bikin dirinya tersadar.

    Wajar Marquez berpikir menang itu terasa biasa saja, pasalnya Marquez tampil impresif saat usianya masih muda.

    Marquez pernah jadi pebalap termuda yang memenangkan gelar juara dunia kelas MotoGP berturut-turut pada usia 21 tahun 237 hari di musim 2014. Rider kelahiran Lleida ini terus menorehkan rekor-rekor bersama Repsol Honda. Dia enam kali juara bersama Repsol Honda pada musim 2013, 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2019.

    Lebih rinci, Marquez sudah 62 kali pole position, 95 kali naik podium, dan 56 kali menang balapan yang dilakukannya selama di kelas MotoGP dengan Repsol Honda.

    Repsol Honda pernah menjadi tim yang paling ditakutkan di MotoGP pada rentang 2012-2019. Pabrikan Jepang itu menjadi jawara kategori tim dan konstruktor 6 kali dalam 7 tahun.

    Marquez menjadi andalan Repsol Honda dalam periode tersebut. The Baby Alien mampu meraih 6 gelar juara dan terakhir kali melakukannya pada 2019.

    Namun sejak musim balap 2019, Marquez mulai diganggu oleh cedera. Cedera tulang humerus lengan kanan dan masalah penglihatan diplopia jadi mimpi buruk buat Marc Marquez. Musim 2022 dia harus absen panjang dari MotoGP.

    Belum berhenti di situ, rusuk dan beberapa jari kakinya juga patah pada musim 2023.

    Marquez lalu mengubah persepsi tentang kemenangan MotoGP. Pandangan ini diakui Marquez sebelum cedera menghantuinya.

    Marquez menyudahi puasa jadi juara MotoGP setelah 1.043 hari. Terakhir dilakukannya adalah pada MotoGP San Marino di tahun 2021.

    “Sensasinya luar biasa, saya sudah menunggu lama untuk itu. Pada tahun 2014, saya memenangkan sepuluh balapan berturut-turut, tapi sekarang? Hanya satu dalam dua tahun. Jadi nilai-nilai berubah. Sebelum kecelakaan saya (berpikir) menang adalah sesuatu yang normal, bukanlah hal istimewa,” kata Marquez dikutip dari Marca.

    “Menjadi peringkat kedua berarti kalah.”

    “Ini telah mengubah persepsi saya tentang olahraga dan balap,” tambahnya lagi.

    Keputusannya untuk pindah ke tim satelit bukan mencari gelar lagi. Marquez ingin membuktikan apakah dirinya sudah tidak kompetitif lagi. Pria asal Lleida ini menyebut sudah memasuki babak baru.

    “Rencana saya sudah dibuat. Ketika saya tiba di Gresini, saya punya rencana. Prioritasnya adalah memahami apakah saya bisa kompetitif lagi. Rencananya adalah mendapat kesempatan berada di tim pabrikan, tim terbaik dan motor terbaik. Itu adalah Ducati Lenovo,” kata Marquez.

    “Tapi saya perlu menunjukkan kecepatan, karena Anda layak mendapatkan nilai balapan terakhir Anda, bukan apa yang telah Anda capai di masa lalu,” katanya.

    Tahun depan Marquez akan membela tim pabrikan Ducati. Dia menjadi rekan setim Francesco Bagnaia. Musim 2025 belum dimulai, Marquez sudah menabuh genderang perang.

    “Saya ingin menang dan jika ingin menang harus memiliki motor yang tepat, agar mendapat peluang. Lalu, tentu saja harus punya nyali untuk melakukannya. Saya akan bertarung dengan rekan setim yang merupakan juara dunia dan telah membalap bersama Ducati selama enam tahun. Dia tahu semua rahasia sepeda motor,” tutupnya.

    (riar/rgr)

  • Uniknya Motor-motor Komunitas Kalcer Skuter, Nggak Cuma Vespa Matik!

    Uniknya Motor-motor Komunitas Kalcer Skuter, Nggak Cuma Vespa Matik!

    Jakarta

    Komunitas Kalcer Skuter bersama detikOto baru saja menggelar Costume Party di Jakarta, Sabtu (9/11). Pada kesempatan tersebut, selain touring keliling Kota Metropolitan, mereka juga memajang motornya di selasar Kopi Dikolam, Kemang, untuk dipamerkan ke publik yang melintas.

    Sesuai namanya, motor-motor yang dipakai Komunitas Kalcer Skuter mengusung konsep pop culture yang memadukan warna terang dengan sentuhan pop yang khas. Menariknya, tunggangan yang mereka pakai cukup beragam, tak cuma Vespa matik!

    “Memang kita tidak membatasi jenis motornya, yang penting mah skuter matik dan itu boleh empat atau dua tak. Kemudian yang penting juga ada konsepnya,” ujar Adega Anggayasta selaku Founder sekaligus ‘Kepala Suku’ Kalcer Skuter kepada detikOto di Kemang, Jakarta Selatan.

    Komunitas Kalcer Skuter. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Menurut pengamatan kami, Vespa matik memang masih mendominasi di komunitas Kalcer Skuter. Namun, ada motor-motor lain yang tak kalah unik, mulai dari Honda Genio, Honda Scoopy, Honda Stylo, Honda Spacy, Yamaha Grand Filano, Yamaha Fazzio, hingga TVS Callisto.

    Konsep yang diusung juga cukup beragam. banyak yang hanya memainkan kombinasi warna, namun tak sedikit yang memasukkan unsur pop melalui karakter-karakter kartun atau film lain.

    Komunitas Kalcer Skuter. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Adega menjelaskan, Kalcer Skuter telah terbentuk sejak April 2024. Kini, mereka punya 150 anggota yang kebanyakan berdomisili di Jakarta. Bukan hanya kalangan umum, anggotanya juga banyak diisi public figure, seperti Rifat Sungkar, Sissy Prescillia, Rigen dan Arif Brata.

    “Jadi kita memang membuka wadah buat teman-teman yang mau modifikasi motor dengan konsep pop culture. Tak banyak ubahan, tapi kelihatan cakep lah dan bertema. Eh, ternyata pas kita buka wadahnya, udah banyak yang punya motornya, jadi pada tinggal gabung,” kata Adega.

    (sfn/rgr)

  • Honda Scoopy Terjual 1 Juta Unit per Tahun di Indonesia

    Honda Scoopy Terjual 1 Juta Unit per Tahun di Indonesia

    Jakarta

    Sejak pertama muncul 14 tahun lalu, Honda Scoopy langsung menjadi buruan konsumen di Indonesia. Itulah mengapa, pabrikan terus melakukan pembaruan hingga memasuki generasi keenam.

    Thomas Wijaya selaku Vice President Executive PT Astra Honda Motor (AHM) mengklaim, Honda Scoopy kerap menyumbang 20-23 persen penjualan mereka di Indonesia. Itu tandanya, skuter matik retro tersebut terjual 1 juta unit per tahun!

    “Penjualannya bagus, kontribusinya di atas 20 persen. Jadi kurang lebih 1 juta unit lah ya atau 20-23 persen dari total penjualan kita,” ujar Thomas Wijaya saat ditemui awak media di kawasan Cikarang, Jawa Barat.

    PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan Honda Scoopy baru di Indonesia, Selasa (5/11). Skuter matik (skutik) retro tersebut mengalami sejumlah ubahan. Foto: Pradita Utama

    Thomas menegaskan, Honda Scoopy masuk dalam tiga besar penjualan AHM di Indonesia. Kendaraan tersebut bersanding dengan skuter matik tenar lainnya.

    “Pokoknya (Honda Scoopy) masuk tiga besar (penjualan tertinggi). Jadi ada BeAT, ada Vario dan Scoopy,” ungkapnya.

    Honda Scoopy hanya dipasarkan di dua negara, yakni Thailand dan Indonesia. Namun, pasar terbesarnya tetap di Indonesia dengan populasi 8,5 juta unit semenjak kemunculan perdana di tahun 2010.

    Setelah sukses dengan lima generasi sebelumnya, PT AHM akhirnya meluncurkan Honda Scoopy generasi keenam. Motor tersebut banyak berubah dibandingkan model sebelumnya, terutama di bagian desain atau tampilan.

    Honda Scoopy baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikOto

    Honda Scoopy baru kini menggunakan headlamp atau lampu utama dengan desain crystal block. Selain itu, sepasang seinnya punya tampilan anyar dengan posisi yang agak ke bawah.

    Bagian setang Honda Scoopy baru kini tak lagi telanjang, melainkan dipasangkan cover atau pelindung tambahan. Kemudian ada aksen lubang udara baru di bagian wajah kendaraan.

    Bukan hanya depan, bagian belakangnya juga berubah. Pabrikan membekalinya dengan lampu ekor baru dengan aksen lengkungan yang membelah area sentral. Sementara sepasang seinnya dibuat lebih lebar dan dominan. Kemudian pelek rodanya kini menganut model palang lima.

    Fiturnya juga berubah. Honda Scoopy baru sekarang menggunakan panel instrumen full digital yang memadukan kesan retro dan canggih. Kemudian soket charger ponselnya kini mengadopsi model tipe-C.

    Perubahan lainnya terdapat di console box yang kini volume-nya 4 liter atau 1,3 liter lebih lega dibandingkan generasi kelima. Hal tersebut membuat pengendara bisa menaruh barang berdimensi panjang seperti botol minum.

    Honda Scoopy baru tersedia dalam empat varian berbeda, yakni Fashion dan Energetic yang dijual seharga Rp 22,5 jutaan, serta Stylish dan Prestige yang dibanderol Rp 23,3 jutaan. Seluruhnya berstatus on the road Jakarta.

    (sfn/rgr)

  • Pemilik Rumah Salat Magrib, Ibu Rumah Tangga di Jombang Curi Motor dan Perhiasan Emas 20 Gram

    Pemilik Rumah Salat Magrib, Ibu Rumah Tangga di Jombang Curi Motor dan Perhiasan Emas 20 Gram

    Jombang (beritajatim.com) – Pemilik rumah, Sofyan H Abdurrohman (64), warga Desa Keras Kecamatan Diwek, beserta keluarganya sedang menunaikan salat magrib di masjid setempat.

    Nah, saat rumah sedang sepi itulah seorang ibu rumah tangga masuk dan menguras barang-barang di rumah korban. Pulang dari masjid, Sofyan kaget karena rumahnya dalam kondisi acak-acakan.

    Bahkan sejumlah barang miliknya seperti sepeda motor Honda Vario sudah raib. Begitu juga dengan uang tunai dan berbagai perhiasan miliknya istrinya seberat 20 gram. Sofyan sadar dirinya menjadi korban pencurian.

    Pria yang bekerja sebagai petani ini kemudian melaporkan peristiwa yang dialaminya ke Polsek Diwek. Atas laporan itu, korps berseragam coklat mendatangi lokasi guna melakukan olah TKP (Tempat kejadian Perkara). Korban juga dimintai keterangan. Penyelidikan pun dilakukan.

    Walhasil, pada Kamis (7/11/2024), petugas Polsek Diwek membekuk tersangka pencurian itu. Dia adalah Agustin M (35), ibu rumah tangga asal Desa Gadingmangu Kecamatan Perak Kabupaten Jombang. Tersangka mengakui perbuatannya itu.

    Dari pemeriksaan tersebut juga terungkap bahwa tersangka selama ini tinggal di rumah kos Dusun Balongombo Desa Pundong Kecamatan Diwek. Tersangka nekat melakukan pencurian tersebut karena alasan ekonomi.

    Ceritanya, pada Kamis, 24 Oktober 2024, tersangka melihat rumah korban sedang sepi. Agustin menyelinap ke dalam rumah melalui pintu gerbang samping yang hanya ditutup. Tersangka lalu masuk ke dalam dengan cara mendorong pintu dengan keras sehingga merusak gagang slot pintu.

    Pelaku menuju ke kamar pelapor lalu mengambil kalung, gelang, liontin emas dan uang tunai Rp6 juta, BPKB sepeda motor Vario, Hp A38 yang tersimpan didalam kamar tidur istri pelapor. Tersangka juga mengambil sepeda motor Honda Vario yang berada di gudang rumah belakang.

    Setelah itu pelaku juga merusak kamera CCTV yang ada di rumah pelapor. “Atas pencurian tersebut pelapor mengalami kerugian materil sejumlah Rp37 juta. Tersangka sudah kami tangkap,” ujar Kapolsek Diwek Iptu Edy Widoyono, Minggu (10/11/2024). [suf]

  • Rayakan Halloween, Kalcer Skuter Touring di Jakarta Pakai Kostum Unik

    Rayakan Halloween, Kalcer Skuter Touring di Jakarta Pakai Kostum Unik

    Jakarta

    Komunitas Kalcer Skuter mengadakan touring jarak pendek di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (9/11). Menariknya, seluruh anggota mengenakan kostum unik untuk merayakan Halloween Day.

    Menurut pantauan kami di lokasi, anggota Kalcer Skuter mengenakan kostum dari film dan karakter terkenal, mulai dari Star Wars, Mario Bros, Monster Inc, Cinderella dan lainnya. Selain itu, ada juga yang mengenakan kostum dokter, pegawai Alfamart dan tahanan penjara.

    Founder sekaligus ‘Kepala Suku’ Kalcer Skuter, Adega mengatakan, dia dan tim mulanya berencana mengelilingi Jakarta Selatan dan Pusat. Namun, karena hujan lebat, rutenya diubah menjadi Kebayoran Baru-Kemang. Meski singkat, namun perjalanan tersebut tetap berkesan.

    “Jadi semula rutenya tuh ke Jakpus juga, muter lewat Sudirman. Eh, tiba-tiba ujan. Jadi dari Taman Mataram Kebayoran, langsung ke Kafe Dikolam, Kemang. Tapi tetep seru lah,” ujar Adega kepada detikOto di Kemang, Jakarta Selatan.

    Bukan hanya kalangan umum, peserta touring juga diramaikan sejumlah publik figure terkenal, mulai dari Rifat Sungkar, Sissy Prescillia, Rigen dan Arif Brata. Kabarnya, mereka juga bagian dari komunitas yang baru berdiri tahun 2024 tersebut.

    Sementara motor yang dipakai juga beragam, mulai dari Vespa matik, Honda Saluto, Honda Spacy dan masih banyak lagi. Tunggangan tersebut bukan versi standar, melainkan sudah dirombak dengan menyematkan ornamen ‘kalcer’ dan kombinasi warna yang mencolok.

    Setelah touring, komunitas Kalcer Skuter kumpul-kumpul di Kafe Dikolam. Di sana, mereka memajang motor modifikasi, menggelar mini games, kontes kostum, kuis dan masih banyak lagi.

    “Harapannya, acara seperti ini bisa digelar lagi di lain waktu,” kata Adega.

    (sfn/dry)

  • Kenapa Honda Masih Jual Motor 110cc di Indonesia?

    Kenapa Honda Masih Jual Motor 110cc di Indonesia?

    Jakarta

    Honda merupakan satu dari sedikit merek yang masih menjual motor 110cc di Indonesia. Padahal, produsen lain asal Jepang, seperti Suzuki, Yamaha dan Kawasaki sudah meninggalkan segmen tersebut. Apa sebenarnya alasan Honda?

    Sebagai catatan, pilihan motor 110cc Honda di Indonesia cukup banyak. Bahkan, sebagian menjadi kontributor utama penjualan mereka di Tanah Air. Misalnya, Honda BeAT, Scoopy, Genio dan Revo.

    Thomas Wijaya selaku Vice President Executive PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, pasar motor 110cc masih sangat seksi di Indonesia. Sebab, banyak konsumen yang butuh kendaraan kecil untuk mobilitas harian. Itulah mengapa, pihaknya masih bermain di segmen tersebut.

    “Pasarnya masih signifikan karena 110cc itu kan biasanya buat mobilitas harian, produktivitas, sehingga mau tidak mau cari yang ekonomis, yang irit, yang awet, perawatannya juga mudah, penggunanya nyaman,” ujar Thomas saat ditemui di Cikarang, Jawa Barat.

    PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan Honda Scoopy baru di Indonesia, Selasa (5/11). Skuter matik (skutik) retro tersebut mengalami sejumlah ubahan. Foto: Pradita Utama

    Lebih jauh, Thomas menjelaskan, lebih dari separuh penjualan motor Honda di Indonesia masih didominasi produk bermesin 110cc. Sehingga, mustahil untuk meninggalkan segmen tersebut dan beralih ke mesin yang lebih besar.

    “Memang 110cc dinilai cukup bisa memenuhi produktivitas, mobilitas para konsumen kita. Jadi masih cukup besar lah buat kita, mungkin di atas 50 persen lah, lebih minus 50-60 persen kita di 110 cc,” tuturnya.

    Berkat alasan itu pula, Honda masih tetap mempertahankan mesin 110cc di Scoopy baru. Padahal, sebelumnya sempat ada isu, skuter matik retro tersebut akan menggunakan jantung mekanis baru yang lebih besar.

    “Saat ini Scoopy dengan mesin 110-nya sudah cukup diminati konsumen, karena sesuai kebutuhan mobilitas dan kebutuhan gaya mereka. Tapi kita terbuka kalau ada masukan-masukan ke depannya bagaimana,” kata Thomas.

    (sfn/dry)