brand merek: Honda

  • Jadi Komisaris BUMN, Laporan Kekayaan Denny JA Tembus Rp3 Triliun, Lebih Kaya dari Prabowo

    Jadi Komisaris BUMN, Laporan Kekayaan Denny JA Tembus Rp3 Triliun, Lebih Kaya dari Prabowo

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ditunjuk jadi Komisaris Utama PT Pertamina Hulu Energi (PHE) pada akhir Agustus 2025, Denny Januar Ali atau Denny JA melaporkan harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

    Dilansir dari sistem Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), harta kekayaan Denny JA mencapai Rp3,07 triliun per 27 Agustus 2025 atau awal menjabat sebagai komisaris utama PHE.

    Kekayaan pengamat politik dan pimpinan lembaga survei itu disebut lebih kaya daripada Presiden Prabowo Subianto yang tercatat Rp2,06 triliun per April 2025.

    Adapun kekayaaan Denny JA terdiri dari kepemilikan tanah dan bangunan senilai Rp594,31 miliar. Adapun, tanah dan bangunan itu tersebar di 103 titik di Jakarta, Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Bogor, Karawang, Bali, Minahasa, hingga Kota Bolaang.

    Denny JA juga memiliki kekayaan berupa alat transportasi dan mesin dengan total senilai Rp7,85 miliar. Perinciannya, dia memiliki mobil Mercedes Benz BLE 400 tahun 2018 senilai Rp500 juta. Lalu, mobil Mitsubishi Pajero tahun 2021 senilai Rp500 juta, mobil Mercedes Benz GLE 400 tahun 2025 senilai Rp2,8 miliar, dan mobil Toyota Alphard tahun 2023 senilai Rp1,38 miliar.

    Kemudian, Denny JA juga memiliki mobil Mercedes Benz S 500 L tahun 2007 senilai Rp200 juta, mobil Toyota Land Cruiser GSR 300 tahun 2023 senilai Rp2,3 miliar, dan motor Honda Revo tahun 2014 senilai Rp4,7 juta.

    Berikutnya, motor Honda Revo tahun 2014 senilai Rp4,7 juta dan motor Honda Beat tahun 2011 senilai Rp6,6 juta. Ada pula motor Honda Beat tahun 2014 sebanyak empat unit masing-masing senilai Rp7,8 juta dan mobil Daihatsu Sigra tahun 2023 senilai Rp118 juta.

  • Dalam Hitungan Hari Toprak Bakal Jajal Motor MotoGP

    Dalam Hitungan Hari Toprak Bakal Jajal Motor MotoGP

    Jakarta

    Toprak Razgatlioglu bakal menapaki karier baru di kelas MotoGP. Pebalap World Superbike (WSBK) itu dijadwalkan akan melakukan sesi tes private Yamaha di Aragon pada 9-10 November 2025.

    Tes pribadi ini akan memberi Toprak waktu tambahan yang krusial untuk beradaptasi dengan mesin YZR-M1 sebelum bertemu para rivalnya dalam sesi tes resmi di Valencia pada 18 November 2025.

    Pabrikan Jepang, Yamaha, sangat tertutup mengenai spesifikasi motor yang diuji oleh Toprak Razgatlioglu dan belum membuat pernyataan publik final tentang konfigurasi mesin untuk musim 2026.

    Meskipun demikian, Yamaha sedang berada dalam fase pengembangan yang sangat krusial, dan perdebatan internal antara mesin V4 dan Inline-Four. Inilah yang menjadi sorotan. Yamaha memanfaatkan betul status konsesi mereka untuk memaksimalkan waktu pengujian bagi Toprak.

    Toprak sebelumnya sudah pernah menguji YZR-M1 dua kali, yakni Aragon 2022 dan Jerez 2023. Keduanya menggunakan mesin inline-four. Tes kali ini sangat dinanti karena digadang-gadang sebagai sesi perdananya dengan mesin V4 yang diharapkan menjadi kunci kebangkitan Yamaha.

    “Saya tidak khawatir, karena orang-orang di Yamaha percaya pada saya. Kami sering berdiskusi, dan semua orang bekerja keras untuk meningkatkan motor. Mungkin ini bukan motor terbaik saat ini, tetapi saya pikir Yamaha terus berkembang dan selalu kuat di masa lalu,”jelas Toprak dikutip dari Motosan.es, Kamis (6/11/2025).

    “Sama seperti Honda, Ducati sangat kuat sekarang, baik di MotoGP maupun Superbike, tetapi saya pikir Yamaha akan kembali lebih kuat lagi.Kita lihat saja nanti. Saya siap bekerja untuk mereka dan mencoba meningkatkan motor, dan saya selalu memberikan yang terbaik di balapan. Saya sangat fokus,” tambah dia.

    (riar/dry)

  • Tampang Honda 0 Alpha, Mobil Listrik Futuristis yang Masuk Indonesia 2027

    Tampang Honda 0 Alpha, Mobil Listrik Futuristis yang Masuk Indonesia 2027

    Foto Oto

    Septian Farhan Nurhuda – detikOto

    Kamis, 06 Nov 2025 16:06 WIB

    Jakarta – Honda 0 Alpha meluncur di Japan Mobility Show 2025. Kendaraan listrik bertampang futuristis tersebut akan masuk Indonesia dua tahun lagi. Bagaimana tampangnya?

  • Honda XL750 Transalp 2026 Kini Pakai Teknologi E-Clutch, Apa Itu?

    Honda XL750 Transalp 2026 Kini Pakai Teknologi E-Clutch, Apa Itu?

    JAKARTA – Honda resmi memperkenalkan XL750 Transalp model 2026 dengan pembaruan signifikan berupa teknologi kopling elektronik atau E-Clutch. Fitur ini dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih praktis dan responsif, terutama saat melakukan perpindahan gigi.

    Teknologi E-Clutch bekerja secara otomatis tanpa memerlukan tarikan tuas kopling. Ketika pengendara menekan tuas persneling, sistem elektronik akan mengatur kopling untuk membuka dan menutup dengan presisi, seperti dilansir Visordown, Kamis, 6 November.

    Honda menyebut sistem ini memberi keuntungan lebih besar, terutama ketika pengendara menurunkan gigi. Soal dapur pacunya, mesin yang digunakan pada XL750 Transalp 2026 tetap sama, yakni unit dua silinder paralel berkapasitas 755 cc yang mampu menghasilkan tenaga 90,5 bhp dan torsi 55,3 lb-ft.

    Suspensi depan menggunakan garpu USD Showa 43 mm dengan travel 200 mm yang dapat disetel preload-nya, sementara bagian belakang mengusung sistem Pro-Link dengan travel 190 mm dan penyetelan ulang pada kompresi serta rebound untuk meningkatkan kenyamanan.

    Sektor pengereman mengandalkan cakram bergelombang ganda 310 mm di depan dengan kaliper dua piston, serta cakram 256 mm di belakang dengan kaliper tunggal. Honda juga menyediakan empat mode berkendara utama, yakni Sport, Standard, Rain, dan Gravel, serta satu mode User yang dapat disesuaikan.

    Setiap mode berkendara terintegrasi dengan empat level Engine Power (EP), tiga level Engine Brake (EB), dua level ABS, dan lima level Honda Selectable Torque Control (HSTC). Bagi pengendara yang ingin sensasi penuh kendali, sistem HSTC dan ABS belakang bisa dimatikan sepenuhnya.

    Honda menawarkan tiga pilihan warna untuk Transalp 2026, yaitu Ross White Tricolour, Matt Ballistic Black Metallic, dan Pearl Deep Mud Gray. Selain itu, tersedia juga versi khusus untuk pengendara pemula dengan lisensi A2, menggunakan mesin yang dibatasi pada tenaga 46,9 bhp.

    Kehadiran teknologi E-Clutch pada XL750 Transalp menunjukkan langkah strategis Honda dalam memperluas penerapan sistem kopling otomatis ke segmen motor berperforma menengah. Teknologi ini sebelumnya telah diaplikasikan pada model 500 cc, dan kini dihadirkan untuk memberikan kemudahan lebih tanpa menghilangkan sensasi berkendara manual.

  • Tak Ada CCTV, Polisi Kesulitan Ungkap Pelaku Jambret Maut di Pandaan

    Tak Ada CCTV, Polisi Kesulitan Ungkap Pelaku Jambret Maut di Pandaan

    Pasuruan (beritajatim.com) – Kasus penjambretan yang menewaskan seorang ibu rumah tangga di jalan raya Pandaan–Beji, Kabupaten Pasuruan, masih menjadi perhatian aparat kepolisian. Hingga kini, polisi mengaku kesulitan mengungkap pelaku karena minimnya kamera pengawas di sekitar lokasi kejadian.

    Peristiwa tragis itu terjadi pada Rabu (5/11/2025) pagi sekitar pukul 07.30 WIB, saat korban dalam perjalanan dari Pasar Pandaan menuju rumah kontrakannya di Dusun Wangi. Ketika melintas di depan Pabrik PT Finexco Prima, motor korban dipepet dua pria tak dikenal yang mengendarai Honda CB150R warna putih.

    Salah satu pelaku yang dibonceng menarik kalung emas milik korban hingga korban terjatuh bersama motornya. Akibat benturan keras di bagian kepala, korban tidak sadarkan diri dan segera dilarikan ke rumah sakit.

    Korban diketahui bernama Sri Sulastri (52), warga Kelurahan Sidokerto, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Meski sempat mendapatkan perawatan medis di RS Prima Husada Pandaan, nyawanya tidak tertolong dan korban dinyatakan meninggal dunia.

    Awalnya, petugas kepolisian menerima laporan bahwa kejadian itu merupakan kecelakaan lalu lintas. Namun, setelah mendengar keterangan saksi di lokasi, diketahui bahwa peristiwa tersebut adalah tindak kriminal penjambretan.

    Kasi Humas Polres Pasuruan, Iptu Joko Suseno, menjelaskan bahwa penyelidikan sempat terkendala karena tidak ada rekaman CCTV di sekitar tempat kejadian. “Kebetulan di lokasi tidak ada CCTV, jadi kami kesulitan mengidentifikasi pelaku,” ujarnya, Kamis (6/11/2025).

    Menurut Joko, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polsek Pandaan dan Polres Pasuruan untuk mengumpulkan petunjuk tambahan. Upaya pencarian juga dilakukan melalui keterangan saksi dan pelacakan di wilayah yang diduga menjadi jalur pelarian pelaku.

    “Tim kami masih bekerja di lapangan untuk mencari informasi, termasuk kemungkinan ada saksi lain yang sempat melihat pelaku,” tambahnya. Ia memastikan penyelidikan akan terus dilakukan hingga pelaku tertangkap.

    Sementara itu, jenazah korban telah dibawa ke RS Pusdikgasum Porong untuk dilakukan otopsi. Langkah ini dilakukan untuk memastikan penyebab pasti kematian dan memperkuat bukti dalam proses penyidikan. (ada/but)

  • Mobil-Motor Honda Ditargetkan Nol Kecelakaan pada 2050

    Mobil-Motor Honda Ditargetkan Nol Kecelakaan pada 2050

    Jakarta

    Selain memperbanyak pilihan produk mobilitas, Honda juga fokus meningkatkan fitur keselamatan di mobil dan motornya. Bahkan, perusahaan Jepang itu menargetkan kendaraannya bebas kecelakaan (zero accident) pada 2050 atau 25 tahun mendatang.

    Hal tersebut disampaikan langsung Toshio Kuwahara selaku Vice President of Honda Motor Co., Ltd., Head of Regional Unit (Asia & Oceania) of Regional Operations (Associated Regions) dan President & CEO of Asian Honda Motor Co.

    “Target terbesar dari Honda sendiri pada 2050 mampu mewujudkan carbon neutral kemudian kasus-kasus kecelakaan roda dua dan roda empat bisa menjadi nol,” ujar Toshio Kuwahara saat wawancara eksklusif bersama awak media di Minato, Tokyo, Jepang.

    “Tentu saja di ASEAN, di masing-masing negara punya target yang sama terutama roda dua yang pasarnya besar di sana,” tambahnya.

    Honda 0 Alpha meluncur di Japan Mobility Show 2025 Foto: Septian Farhan

    Sementara untuk target carbon neutral, kata Kuwahara, pihaknya memberikan sedikit kelonggaran untuk masing-masing negara. Sebab, situasinya akan berbeda-beda.

    “Sedangkan untuk carbon neutral tergantung negaranya, terkait kecepatan menuju carbon neutral, bahkan di Korsel juga penting kami pertimbangkan keseluruhan. Dalam proses tersebut pertama-tama dimulai dari hybrid kami ingin memperluas pasar hybrid di ASEAN,” ungkapnya

    Motor sport listrik Honda Foto: Dok. Honda

    Di tempat yang sama, Chief Executive Officer (CEO), Toshihiro Mibe mengatakan, pengembangan teknologi Honda benar-benar merujuk pada manusia. Itulah mengapa, keselamatan dan fungsionalitas merupakan prioritas utama.

    “Teknologi bagi Honda selalu berangkat dari manusia. Tujuan kami adalah menghadirkan inovasi yang tidak hanya efisien, tetapi juga memperkaya kehidupan,” tutur Mibe.

    “Melalui pendekatan human-centered engineering, kami memastikan setiap kemajuan teknologi membawa manfaat nyata–dari keselamatan dan kenyamanan, hingga keberlanjutan lingkungan,” kata dia menambahkan.

    (sfn/rgr)

  • Diskon Motor Honda November 2025, ADV 160 Lawas Kena Pangkas Rp 2,4 Juta

    Diskon Motor Honda November 2025, ADV 160 Lawas Kena Pangkas Rp 2,4 Juta

    Jakarta

    Bagi yang tertarik membeli motor Honda di bulan November 2025, main dealer Wahana Honda menawarkan diskon hingga jutaan rupiah, beserta potongan masa angsuran. Contohnya untuk model ADV 160 lawas yang masih dijual, kena pangkas hingga Rp 2,4 juta.

    Penawaran spesial yang berlaku sampai akhir bulan November bertajuk ‘Spesial Promo Pahlawan’ ini menawarkan diskon untuk pembelian sepeda motor Honda, baik secara tunai, juga potongan tenor khusus konsumen yang melakukan transaksi pembelian secara kredit.

    Honda ADV 160 lawas Foto: Muhammad Hafizh Gemilang / detikOto

    Diskon Motor Honda November 2025

    1. Honda BeAT: potongan harga s/d Rp 1.700.000, potongan tenor s/d 3x untuk pembelian kredit.

    2. Honda BeAT Street: potongan harga s/d Rp 1.000.000, potongan tenor s/d 2x untuk pembelian kredit.

    3. Honda Genio: potongan harga s/d Rp 1.400.000, potongan tenor s/d 2x untuk pembelian kredit.

    4. Honda Scoopy: potongan harga s/d Rp 1.800.000, potongan tenor s/d 3x untuk pembelian kredit.

    5. Honda Vario 160: potongan harga s/d 2.200.000, potongan tenor s/d 4x untuk pembelian kredit.

    6. Honda PCX 160: potongan harga s/d 1.700.000, potongan tenor s/d 4x untuk pembelian kredit.

    7. Honda Old ADV 160: potongan harga s/d Rp 2.400.000, potongan tenor s/d 4x untuk pembelian kredit.

    8. Honda New ADV 160: potongan harga s/d Rp 1.000.000, potongan tenor s/d 4x untuk pembelian kredit.

    Selain promo di tipe AT, diskon juga berlaku untuk pembelian motor tipe Cub, Sport sampai EV. Konsumen yang membeli tunai akan mendapatkan diskon menarik, dan bagi yang memilih kredit juga berkesempatan memperoleh potongan tenor.

    “Bagi kami, kepuasan konsumen tidak berhenti hanya sampai di titik pembelian saja. Kami juga selalu memperhatikan layanan purna jual agar unit konsumen selalu terjaga dan dalam kondisi prima. Promo setiap bulan terus akan kami hadirkan tetapi juga ada benefit lain yang bisa dimanfaatkan salah satunya melalui pemberian voucher oli,” ujar Division Head of Sales PT Wahana Makmur Sejati, Olivia Widyasuwita.

    (lua/din)

  • Motor Mesin Kecil, Performa Setara Moge 1.200 cc

    Motor Mesin Kecil, Performa Setara Moge 1.200 cc

    Milan

    Honda resmi meluncurkan prototipe motor V3R 900 E-Compressor. Motor terbaru Honda yang masih dalam bentuk prototipe ini menampilkan teknologi mesin yang lebih canggih.

    Motor terbaru Honda ini dipamerkan di EICMA 2025 yang digelar di Milan, Italia. Dikutip dari siaran persnya, Honda V3R 900 E-Compressor Prototype menggunakan mesin V3 dengan kompresor yang dikontrol secara elektronik. Dengan teknologi itu, mesin yang digunakan jadi lebih kecil tapi performanya setara moge.

    Tim pengembangan sepeda motor Honda membangun proyek menarik dengan menghadirkan prototipe ini. Prototipe V3R 900 E-Compressor sedang dikembangkan sebagai model sepeda motor yang menawarkan nilai baru kepada pelanggan dengan teknologi Honda asli yang belum pernah ada sebelumnya.

    “Honda berupaya menciptakan model yang dicirikan oleh dua kualitas yang kontras: sensasi yang terjamin dan ketenangan pikiran yang meyakinkan. dengan menggabungkan teknologi terbarunya dengan pengetahuan yang dikumpulkan melalui sejarah panjang pengembangan sepeda motornya,” kata Honda.

    Motor ini menggunakan mesin yang lebih ramping dan ringkas, cuma 900 cc aja. Mesin yang digunakan adalah mesin V3 75 derajat berpendingin air.

    Dilengkapi dengan kompresor yang dikontrol secara elektronik pertama di dunia untuk sepeda motor, mesin ini menghasilkan torsi yang sangat responsif bahkan dari rentang rpm rendah. Mesin ini bekerja mengendalikan kompresi udara masuk terlepas dari rpm mesin. Dengan memanfaatkan fitur ini, Honda berupaya mengembangkan mesin 900cc yang mencapai performa yang sebanding dengan mesin 1.200 cc. Penggunaan mesin yang lebih kecil sekaligus berkontribusi pada kinerja lingkungan yang lebih baik.

    “Honda sedang mengembangkan Honda V3R 900 E-Compressor sebagai model yang akan menandai tonggak baru dalam tantangan yang dihadapi Honda dan akan memungkinkan pelanggan merasakan kesenangan dan kegembiraan berkendara yang belum pernah ada sebelumnya, serta kegembiraan memilikinya. Honda akan melanjutkan pengembangan untuk produksi massal,” katanya.

    (rgr/din)

  • Mau Masuk Indonesia, Berapa Perkiraan Harga Honda Super One?

    Mau Masuk Indonesia, Berapa Perkiraan Harga Honda Super One?

    Tokyo

    Honda Super One telah meluncur di pameran Japan Mobility Show atau JMS 2025. Menariknya, kendaraan listrik bergaya hatchback itu bakal dipasarkan di Indonesia mulai tahun depan. Berapa bocoran harganya?

    Kepastian Honda Super One akan masuk Indonesia tahun depan disampaikan Large Project Leader Honda Super One, Hidetomo Horita sesaat setelah peluncuran kendaraan. Mobil berdimensi kompak itu akan dipasarkan juga di negara Asia Tenggara lainnya.

    “Iya, Indonesia termasuk (negara Asia Tenggara yang akan kedatangan Honda Super One),” ujar Hidetomo Horita di Tokyo Big Sight, Jepang.

    Honda Super One Foto: Septian Farhan

    Sayangnya, ketika ditanya mengenai perkiraan harga, Horita masih tutup mulut. Kini, pihaknya masih merumuskan angka yang tepat untuk kendaraan terbarunya tersebut. Namun, kata dia, angkanya lebih tinggi dari Honda N-One e.

    “Saya pikir harganya akan lebih tinggi dari Honda N-One e karena kami melakukan banyak improvement di kendaraan itu,”

    Honda N-One e dibanderol mulai dari 3,1 juta yen atau sekira Rp 310 jutaan di Jepang. Maka, bukan mustahil, dengan penambahan fitur dan detail eksterior, harganya kemungkinan di kisaran Rp 400 jutaan.

    Namun, perkiraan harga tersebut hanya berlaku untuk Jepang. Sementara untuk Indonesia, gambarannya masih abu-abu.

    “Kalau harga, kami belum bisa berkomentar sekarang, ya,” kata Direktur Pemasaran PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy.

    Honda Super One Foto: Septian Farhan

    Sebagai catatan, Honda Motor Company (HMC) belum mengumumkan spesifikasi maupun fitur Honda Super One. Sebab, secara global memang baru meluncur tahun depan.

    Namun, intinya, Honda Super One dibangun dengan konsep e: Dash Booster yang mengutamakan joy of driving. Menurut informasi yang kami terima, mobil tersebut akan punya fitur active sound control dan boost mode.

    Menariknya, meski ukurannya mungil, namun Super One tak dikategorikan sebagai kei car, melainkan hatchback seperti Honda Brio.

    “Ini bukan kei car. Secara ukuran, ini lebih besar (dibandingkan kei car) dan lebih sporty dibandingkan kei car di Jepang,” kata Horito.

    (sfn/din)

  • Pakai Rangka Unik, Sekali Baterai Penuh Bisa Jalan 140 Km

    Pakai Rangka Unik, Sekali Baterai Penuh Bisa Jalan 140 Km

    Jakarta

    Honda mengungkap spesifikasi motor listrik WN7 di Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori (EICMA) 2025, Italia. Motor bergaya naked sport itu punya spesifikasi jarak tempuh 140 kilometer untuk sekali pengisian. Selain itu, ada yang lebih menarik dari motor ini, lho!

    Dari segi desain, meski merupakan motor listrik, ergonomi motor ini mempertahankan kesan motor sport konvensional, namun dengan tampilan yang jauh lebih bersih dan minimalis.

    Stang kemudi tampak lurus dan lebar, memberikan posisi berkendara yang tegak dan lincah, sesuai dengan karakter naked bike. Proporsinya tampak sporty, dengan postur rendah dan berotot.

    Area lampu utama menggunakan desain bar horizontal. Kabarnya ini menjadi identitas desain umum sepeda motor listrik Honda di masa depan.

    Salah satu keunikan dari motor listrik ini ialah berbeda dengan sepeda motor konvensional yang menggunakan rangka yang menghubungkan bagian depan dan belakang bodi, WN7 mengadopsi struktur frameless di mana kotak baterai aluminium yang diposisikan di tengah membentuk bagian dari rangka utama.

    Motor ini tidak memiliki rangka terpisah seperti motor konvensional. Komponen utama kotak baterai aluminium yang diposisikan di tengah berfungsi ganda sebagai rangka utama.

    Pipa kepala (head pipe) yang menopang sistem kemudi dan braket poros (pivot bracket) yang menopang bagian belakang, keduanya terhubung langsung ke unit daya yang terletak di tengah.

    Lewat inovasi frameless itu, strukturnya menjadi lebih kompak dan ringan.

    Meski terkesan ramping, performa WN7 tak bisa dianggap remeh. Motor listrik ini ditenagai unit baru motor-inverter integrated berpendingin air dengan figur tenaga seperti berikut ini:

    Output Maksimum: 50 kW (setara motor ICE 600 cc!)Torsi Maksimum: 100 Nm (setara motor ICE kelas 1000 cc!)

    Tenaga disalurkan melalui girboks yang baru dirancang ke sistem penggerak sabuk (belt-drive) di roda belakang, yang juga berkontribusi pada operasi yang lebih senyap.

    Motor listrik ini juga punya fitur canggih, yakni regenerative braking dan deseleration selector. Jadi begini, saat deselerasi (gas dilepas), motor melakukan regenerasi energi sekaligus pengereman. Tingkat deselerasi ini bisa diatur melalui Deceleration Selector di setang kiri. Rider bisa memilih antara kontrol kecepatan rendah yang mulus tanpa banyak rem, atau sensasi meluncur (gliding) yang minim deselerasi.

    Honda WN7 juga punya Waking Speed Mode, opsi ini memungkinkan motor bergerak maju atau mundur secara perlahan menggunakan tombol di setang kiri dan gas. Sangat berguna untuk parkir atau bermanuver di ruang sempit perkotaan.

    Soal daya, WN7 dibekali baterai lithium-ion tetap baru berkapasitas 9,3 kWh. Pengisian daya pun tak perlu pusing karena sudah mendukung dua standar sekaligus, yakni CCS2 Fast Charging dan Type 2 Normal Charging.

    Hebatnya, dengan fast charger, baterai bisa diisi dari 20% hingga 80% hanya dalam waktu sekitar 30 menit! Ini tentu sangat mengurangi “stres menunggu” saat isi ulang di perjalanan. Untuk pengisian normal, baterai bisa terisi penuh dari 0% ke 100% di bawah 2,4 jam, dengan jarak tempuh 140 km (mode WMTC).

    Honda WN7 rencananya akan diproduksi di Pabrik Kumamoto Honda dan akan diperkenalkan secara ke pasar global.

    (riar/rgr)