brand merek: Honda

  • Polda Metro Bongkar Sindikat Judi Online Akurasi4D, 5 Pelaku Ditangkap

    Polda Metro Bongkar Sindikat Judi Online Akurasi4D, 5 Pelaku Ditangkap

    ERA.id – Polda Metro Jaya membongkar kasus judi online situs Akurasi4D. Sebanyak lima orang ditangkap dalam perkara perjudian ini.

    “Operasi yang berlangsung pada Kamis (28/11) menghasilkan penangkapan lima pelaku di dua lokasi berbeda, yaitu Kecamatan Wanadadi dan Kecamatan Bawang, Banjarnegara, Jawa Tengah,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan, Selasa (10/12/2024).

    Terpisah, Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Rovan Richard Mahenu menjelaskan kelima pelaku berinisial RP, R, RPN, RY, dan A. Untuk Pelaku RP dan R berperan sebagai pengurus script, domain, dan api web.

    Pelaku RPN dan A perannya melakukan promosi web judi online Akurasi4D di media sosial Facebook. Sementara untuk RY berperan mengurus live chat dan sebagai admin website Akurasi4D.

    Pengungkapan kasus ini bermula ketika penyidik melakukan patroli siber dan menemukan aktivitas mencurigakan di situs Akurasi4D pada 14 November silam. Laman itu menawarkan berbagai permainan seperti slot games, kasino, hingga togel secara ilegal. 

    Pengusutan pun dilakukan dan polisi berhasil menangkap para pelaku dan menyita sejumlah barang bukti.

    Barang bukti itu di antaranya berupa 15 handphone, empat kartu ATM, satu unit PC dan CPU.

    “Selain itu, polisi juga menemukan uang tunai Rp3 juta, saldo rekening senilai Rp500 juta, dua buku tabungan, dan sebuah mobil Honda Odyssey hitam yang digunakan pelaku,” ujar Rovan.

    Akibat perbuatannya, para pelaku dijerat Pasal 303 KUHP dan/atau Pasal 27 ayat (2) UU ITE dan/atau Pasal 3, 4, serta 5 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), dengan ancaman pidana 20 tahun penjara dan denda maksimal Rp10 miliar.

    “Penyidik terus mendalami jaringan ini dan menargetkan pelaku lainnya dan kepolisian mengimbau masyarakat untuk tidak tergoda dengan aktivitas judi online,” jelas Rovan.

  • Bisnis Industri Otomotif di RI Tuai Sorotan

    Bisnis Industri Otomotif di RI Tuai Sorotan

    Jakarta

    Pasar otomotif di Indonesia saat ini terus berkembang pesat, namun pasar ini dinilai masih dikuasai oleh pemain besar dan sudah lama mendominasi pasar serta memiliki kontrol yang sangat kuat.

    Salah satu faktor yang menghambat pertumbuhan pasar otomotif domestik adalah adanya kebijakan yang diterapkan oleh Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM), yang membatasi ruang gerak para dealer melalui perjanjian eksklusivitas.
    Perjanjian tersebut secara langsung menghalangi investor untuk mendirikan badan usaha baru yang dapat menjual merek-merek lain yang berpotensi masuk ke pasar Indonesia, yang pada gilirannya mengurangi tingkat persaingan dan inovasi dalam industri otomotif.

    Namun, menurut Direktur Marketing PT Suzuki Indomobil Sales Donny Saputra, tidak ada klausul yang mengarah kepada Oligopoli antara ATPM dengan para distributor.

    Donny menyoroti fakta bahwa tidak ada dealer yang hanya menjual satu merek. “Misalnya Arista, mereka tidak hanya menjual satu merek, tetapi memiliki berbagai merek seperti Honda, Isuzu, Wuling, bahkan BYD. Jadi, jelas ini bukan persaingan yang tidak sehat. Ini hanya kompetisi biasa di industri otomotif,” ujar Donny dihubungi, Selasa (10/12/2024).

    Menurut Donny, penguasaan pangsa pasar oleh beberapa merek besar seperti Toyota atau Honda bukan karena struktur pasar yang oligopoli, melainkan karena preferensi konsumen yang sudah terbentuk sejak lama.
    Produsen bersaing dengan menawarkan keunggulan produk dan inovasi, sehingga keberhasilan di pasar sangat bergantung pada pilihan konsumen. Selain itu, harga dan inovasi yang dilakukan oleh pabrikan menentukan volume penjualan. Menurutnya, industri otomotif di Indonesia memiliki tingkat kompetisi yang sangat sehat.

    “Mereka yang menguasai pasar itu adalah pilihan konsumen. Produsen menawarkan keunggulan produk dan inovasi, jadi ini murni kompetisi, bukan oligopoli,” tegasnya.

    Namun demikian, Donny mengakui bahwa industri otomotif Indonesia menghadapi tantangan besar yang menyebabkan stagnasi. Ia menyebut tiga faktor utama, yaitu peluncuran model baru, kondisi ekonomi, dan regulasi pemerintah.

    Menurutnya, waktu peluncuran model baru sangat mepengaruhi dinamika pasar, sementara kondisi ekonomi global dan kebijakan pemerintah, seperti aturan emisi dan impor, juga menjadi faktor yang signifikan.

    “Industri otomotif saat ini memang stagnan, tetapi itu lebih karena faktor eksternal, bukan karena pasar yang tidak kompetitif,” katanya.

    Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie Sugiarto, menyatakan bahwa dirinya tidak ingin terlalu terlibat dalam polemik oligopoli yang terjadi di sektor industri otomotif tanah air. Menurut Jongkie, persoalan yang muncul terkait dengan dominasi pasar oleh beberapa pemain besar lebih merupakan urusan Agen Pemegang Merek (APM), yaitu perusahaan-perusahaan yang memiliki otoritas penuh untuk mengimpor, memproduksi, dan menjual merek kendaraan tertentu di Indonesia.

    Gaikindo sebagai asosiasi industri kendaraan bermotor memiliki fungsi utama untuk mendukung pertumbuhan industri otomotif secara keseluruhan, termasuk mendorong peningkatan produksi, penjualan, serta daya saing industri Indonesia di pasar global. Oleh karena itu, isu-isu yang berkaitan dengan strategi bisnis masing-masing APM, termasuk perjanjian eksklusivitas yang mereka terapkan dengan jaringan dealer, dianggap berada di luar lingkup wewenang Gaikindo.

    Sementara itu, Wakil Ketua Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Aru Amando menegaskan bahwa KPPU masih akan melakukan penelaahan lebih lanjut terkait aturan yang dianggap menimbulkan oligopoli tersebut. KPPU mengungkapkan bahwa mereka belum bisa memutuskan apakah aturan ini melanggar hukum persaingan usaha karena mereka harus terlebih dahulu menilai secara rinci isi perjanjian yang berlaku.

    “KPPU akan sangat terburu-buru kalau mengatakan ini salah, ini benar. Tanpa kita melihat isi di dalam perjanjiannya itu tadi seperti apa. Yang melarangi. Kita harus lihat dulu perjanjiannya,” ujar Aru.

    Jika merujuk kepada peraturan perundang-undangan, perjanjian eksklusivitas antara pemegang merek dan pabrikan telah melanggar Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat (UU 5/1999) khususnya pasal 19 poin (a) dan (d).

    Disebutkan bahwa pelaku usaha dilarang melakukan kegiatan yang dapat mengakibatkan oligopoli atau persaingan usaha tidak sehat berupa menolak atau menghalangi pelaku usaha tertentu untuk melakukan kegiatan usaha yang sama pada pasar yang bersangkutan atau melakukan praktek diskriminasi terhadap pelaku usaha tertentu.

    Direktur Eksekutif INDEF, Tauhid Ahmad, menyoroti bagaimana pabrikan otomotif asal Jepang telah memiliki posisi yang kuat di pasar Indonesia berkat jaringan distribusi yang mapan, layanan purna jual yang andal, serta reputasi kualitas produk yang sudah lama dipercaya konsumen. Namun, Tauhid menegaskan bahwa keunggulan tersebut tidak boleh menjadi alasan untuk mengabaikan perlunya pengawasan yang ketat guna memastikan terciptanya persaingan usaha yang sehat.

    Menurut Tauhid, peran Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) sangat penting dalam menjaga iklim industri yang sehat dan kompetitif. Ia menilai bahwa langkah-langkah strategis perlu diambil untuk mendobrak praktik oligopoli yang saat ini menghambat perkembangan pemain baru di sektor otomotif. Salah satu solusi utamanya adalah membuka pintu investasi yang lebih luas di sektor otomotif.

    Ia menjelaskan bahwa pemerintah perlu menciptakan kebijakan yang mendorong masuknya lebih banyak produsen otomotif dari berbagai negara. Dengan demikian, jumlah pabrikan yang bersaing di pasar domestik dapat meningkat, sehingga konsumen memiliki lebih banyak pilihan.

    “Ya, supaya kompetitif ya. Pertama ya dibuka keluar bagaimana investasi di sektor otomotif jauh lebih banyak, pabrikan lebih banyak. Tambatan-tambatan untuk investasi di bidang otomotifya katakanlah harus diperluas,” ujar Tauhid.

    (rrd/rir)

  • Koleksi Kendaraan Pramono dan Rano Cagub-Cawagub Jakarta

    Koleksi Kendaraan Pramono dan Rano Cagub-Cawagub Jakarta

    Jakarta, CNN Indonesia

    Pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta terpilih Pramono AnungRano Karno yang akan dilantik pada 7 Februari 2025 memiliki sejumlah koleksi kendaraan di garasi rumahnya.

    Koleksi kendaraan yang mereka miliki beraneka ragam mulai SUV hingga MPV premium. Seperti Pramono, berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK, Pramono memiliki harta kekayaan Rp104.285.030.477.

    Pramono mendaftarkan kekayaannya itu 18 Maret 2024, saat itu ia masih menjabat sebagai Sekretaris Kabinet. Ia punya tiga kendaraan dengan total Rp1,385 miliar yakni Toyota Alphard lansiran 2023 senilai Rp1,1 miliar, Mini Cooper lansiran 2007 senilai Rp200 juta, dan Mitsubishi Outlander lansiran 2013 senilai Rp85 juta.

    Sementara koleksi kendaraan Ranopunya Toyota Alphard keluaran 2017 senilai Rp352 juta, Toyota Innova keluaran 2017 senilai Rp135 juta, Mitsubishi Pajero keluaran 2016 senilai Rp225 juta, dan Honda Jazz keluaran 2015 senilai Rp135 juta

    Berdasarkan halaman LHKPN, Rano terakhir melaporkan harta kekayaannya kepada negara yaitu pada 31 Maret 2024, dengan total kekayaan Rp 18.493.410.489.

    Hartanya didominasi dalam bentuk tanah dan bangunan senilai total Rp 13.255.300.000. Sedangkan harta dalam bentuk kendaraan dan mesin hanya Rp848.546.200.

    Seperti diketahui, KPU DKI Jakarta telah menetapkan pasangan calon nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno atau Si Doel meraih suara terbanyak dalam Pilgub Jakarta 2024.

    Pram-Doel mendapatkan suara sebanyak 2.183.239 suara, sementara paslon lainnya yakni nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) mendapatkan 1.718.160 suara. Di posisi ketiga paslon nomor urut 2, Dharma Pongrekun-Kun Wardana meraih 459.230 suara.

    (can/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha, S.I.P., M.Sc. – Halaman all

    Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha, S.I.P., M.Sc. – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Mayor Jenderal atau Meyjen TNI Rudy Rachmat Nugraha, S.I.P., M.Sc. adalah Panglima Komando Daerah Militer VI/Mulawarman.

    Perwira tinggi TNI AD ini, menjabat sebagai Pangdam VI/Mulawarman sejak 6 Desember 2024.

    Mutasi TNI ini, tertuang dalam SK Panglima TNI Nomor Kep/1545/XII/2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

    Tentara kelahiran 29 Januari 1969 ini menggantikan posisi Achiruddin.

    Mayjen Rudy akan memimpin Kodam Mulawarman yang dari kewilayahan pertahanan militer meliputi Provinsi Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Ibu Kota Nusantara dan Kalimantan Selatan.

    Jenderal bintang dua ini, sebelumnya menjabat Asisten Intelijen atau Asintel Panglima TNI.

    Meyjen TNI Rudy Rachmat Nugraha diketahui merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil 1991) yang berasal dari Korps Artileri Pertahanan Udara.

    Karier

    Karier Mayjen Rudy Rachmat Nugraha memiliki perjalanan karier yang cukup beragam.

    Mayjen Rudy Rachmat Nugraha terakhir menjabat sebagai Asisten Intelijen (Asintel) Panglima TNI.

    Jenderal bintang dua ini, diketahui juga pernah menduduki posisi sebagai Perwira Staf Ahli Tingkat III Bidang Komunikasi Sosial Panglima TNI.

    Nama Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha juga pernah menjadi Danpusintelad dan Direktur E Bais TNI.

    Berikut adalah rincian jabatan yang pernah diemban oleh Meyjen TNI Rudy Rachmat Nugraha, dikutip dari Wikipedia:

    Kasiops Satgas Kongo XXVI-A (2009)

    Direktur E Bais TNI (2018)
    Waaster Kasad Bidang Tahwil Komsos Dan Bakti TNI (2021)
    Waasintel Kasad Bidang Bin Intel (2023)
    Danpusintelad[1] (2023)
    Pa Sahli TK III Bid. Komsos Panglima TNI[2] (2023—2024)
    Asintel Panglima TNI (2024)
    Pangdam VI/Mulawarman (2024—sekarang)

    Harta Kekayaan

    Dilihat dari laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara atau LHKPN miliknya, Meyjen TNI Rudy Rachmat Nugraha terbilang jarang melaporkan harta kekayaan miliknya.

    Laporan terakhir LHKPN Meyjen Rudy Rachmat Nugraha  adalah tahun 2020 lalu.

    Berdasarkan LHKPN yang dilaporkan pada 28 April 2020 jenis laporan khusus Calon PN, harta kekayaan Meyjen Rudy Rachmat Nugraha ada di angka Rp 2.380.000.000.

    Dalam LHKPN tersebut, Meyjen Rudy Rachmat Nugraha diketahui tidak memiliki hutang.

    Berikut adalah rincian harta kekayaan Meyjen TNI Rudy Rachmat Nugraha dilansir dari e-LHKPN :

    II. DATA HARTA

    A. TANAH DAN BANGUNAN Rp. 900.000.000

    1. Tanah dan Bangunan Seluas 126 m2/90 m2 di KAB / KOTA BOGOR, HASIL SENDIRI Rp. 900.000.000

    B. ALAT TRANSPORTASI DAN MESIN Rp. 150.000.000

    1. MOBIL, HONDA MOBILIO Tahun 2015, HASIL SENDIRI Rp 150.000.000

    C. HARTA BERGERAK LAINNYA Rp. 30.000.000

    D. SURAT BERHARGA Rp. —-

    E. KAS DAN SETARA KAS Rp. 1.300.000.000

    F. HARTA LAINNYA Rp. —-

    Sub Total Rp. 2.380.000.000

    III. HUTANG Rp. —-

    IV. TOTAL HARTA KEKAYAAN (II-III) Rp 2.380.000.000

    (TRIBUNNEWS.COM/Ika Wahyuningsih)

  • Polda Metro Bongkar Jaringan Judi Online Situs Akurasi4D, 5 Pelaku Ditangkap di Luar Jakarta – Halaman all

    Polda Metro Bongkar Jaringan Judi Online Situs Akurasi4D, 5 Pelaku Ditangkap di Luar Jakarta – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tim Opsnal Subdit Jatanras Polda Metro Jaya membongkar jaringan judi online melalui situs Akurasi4D. 

     

    Operasi berlangsung pada Kamis (28/11/2024) hingga Jatanras Polda Metro Jaya menangkap lima pelaku di dua lokasi berbeda yaitu Kecamatan Wanadadi dan Kecamatan Bawang, Banjarnegara, Jawa Tengah.

     

    Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Rovan Richard Mahenu menuturkan peran masing-masing pelaku.

     

    Di antaranya pelaku berinisial RP dan R berperan sebagai pengurus Script, Domain, dan API Web, RPN melakukan promosi web judi di Facebook, RY berperan Mengurus Live Chat dan Admin Web Judi Online, dan A Melakukan promosi web judi di Facebook

     

    Pengungkapan bermula dari patroli siber yang mendeteksi aktivitas mencurigakan di situs Akurasi4D sejak 14 November 2024.

     

    “Situs Akurasi4D menawarkan berbagai permainan seperti slot games, kasino, hingga togel secara ilegal. Setelah penyelidikan mendalam, tim bergerak cepat mengamankan para pelaku bersama sejumlah barang bukti,” ungkap Rovan dalam keterangan, Selasa (10/12/2024).

     

    Polisi menyita berbagai barang bukti termasuk 15 ponsel yang digunakan untuk operasional dan keperluan pribadi, empat kartu ATM, serta peralatan IT seperti satu unit PC dan CPU. 

     

    Selain itu, polisi menemukan uang tunai Rp 3 juta, saldo rekening senilai Rp 500 juta, dua buku tabungan, dan sebuah mobil Honda Odyssey hitam yang digunakan pelaku.

     

    Para pelaku dijerat dengan pasal berlapis, yakni Pasal 303 KUHP tentang perjudian dengan ancaman pidana penjara hingga 10 tahun, Pasal 27 ayat (2) UU ITE yang memuat ancaman pidana penjara maksimal 6 tahun, dan Pasal 3, 4, serta 5 UU No. 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), yang mengatur ancaman pidana hingga 20 tahun dan denda maksimal Rp 10 miliar.

    Penyidik terus mendalami jaringan ini dan menargetkan pelaku lainnya dan Kepolisian mengimbau masyarakat untuk tidak tergoda dengan aktivitas judi online yang tidak hanya melanggar hukum, tetapi juga merugikan secara sosial dan ekonomi.

  • Iritnya Konsumsi BBM Mobil Baru Honda yang Harganya Rp 140 Jutaan di India

    Iritnya Konsumsi BBM Mobil Baru Honda yang Harganya Rp 140 Jutaan di India

    Jakarta

    Honda Amaze generasi ketiga telah meluncur di India. Mobil sedan untuk konsumen pemula itu menawarkan dua keunggulan utama, yakni harga murah dan mesin irit bahan bakar.

    Disitat dari Gaadiwaadi dan Hindustan Times, Selasa (10/12), Honda Amaze baru menggunakan mesin bensin VTEC berkapasitas 1.200cc dengan muntahan tenaga 90 PS dan torsi 110 NM. Pembekalan itu disalurkan ke roda melalui transmisi CVT dan manual lima-percepatan.

    Konsumsi BBM Honda Amaze baru terbilang irit untuk sekelas mobil sedan. Bahkan, menurut pengujian internal produsen, angkanya bisa tembus 18,6 km hingga 19,4 km/liter!

    Honda Amaze baru. Foto: Doc. Honda India.

    Namun, perlu diingat, catatan tersebut dipengaruhi banyak faktor, mulai dari bobot penumpang, gaya mengemudi, hingga jenis BBM yang dipakai. Selain itu, angkanya juga berasal dari klaim perusahaan, bukan pengujian pihak ketiga.

    Lebih detail, Honda Amaze baru punya kapasitas tangki BBM hingga 35 liter. Maka, jika klaim tersebut benar dan akurat, mobil sedan itu bisa melaju sejauh 670-an km dalam kondisi full tank.

    Spesifikasi Honda Amaze Baru

    Honda Amaze baru terlihat mewah di bagian depan berkat penggunaan gril model honeycomb dan headlamp atau lampu utama modern yang alisnya terhubung dengan kap mesin. Sementara logo ‘H’ terpasang di posisi sentral.

    Nuansa mewah juga terlihat di bagian samping hingga ke belakang, termasuk pemilihan warna single tone yang simpel namun elegan. Desain tersebut konon terinspirasi dari Honda Elevate dan City.

    Honda Amaze baru. Foto: Doc. Honda India.

    Honda Amaze punya dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.733 mm, tinggi 1.500 mm, jarak sumbu roda 2.470 mm dan ground clearance 172 mm. Dimensi tersebut cukup kompak untuk ukuran mobil perkotaan.

    Kendaraan baru itu telah dibekali sejumlah fitur kekinian, mulai dari layar sentuh berukuran besar yang bisa terhubung dengan ponsel melalui aplikasi Apple CarPlay dan Android Auto, panel instrumen 7 inch semi-digital, automatic climate control, enam airbags, kamera mundur, ADAS Honda Sensing dan masih banyak lagi.

    Selain itu, ada fitur keselamatan standar seperti adaptive cruise control (ACC), collision mitigation braking system (CMBS), lane keeping assist system (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDMS), auto high beam dan lead car departure notification system.

    Honda Amaze baru telah tersedia di dealer-dealer resmi Honda di India. Konsumen yang berminat membeli unitnya cukup menyediakan mahar 7.99 lakh atau sekira Rp 140 jutaan.

    (sfn/din)

  • Ada Kijang Innova Reborn Diesel Dilelang KPK, Dibuka Harga Rp 200 Jutaan

    Ada Kijang Innova Reborn Diesel Dilelang KPK, Dibuka Harga Rp 200 Jutaan

    Jakarta

    Ada Kijang Innova Reborn Diesel bekas koruptor yang bakal dilelang KPK hari ini. Innova Reborn Diesel itu ditawarkan mulai Rp 200 jutaan. Simak cara ikut lelangnya.

    Komisi Pemberantasan Korupsi hari ini akan melakukan lelang terhadap sejumlah barang eks koruptor atas nama terdakwa Rafael Alun Trisambodo. Barangnya pun beragam mulai dari tas, motor gede (moge), hingga mobil mewah. Dikutip laman KPK, lelang eksekusi barang rampasan dalam rangka Hakordia Sesi 2 itu digelar mulai 10.30 waktu server aplikasi lelang.

    Dalam lelang kali ini diketahui ada 68 objek lelang. Dua di antaranya merupakan Kijang Innova Diesel yang ditawarkan mulai Rp 200 jutaan.

    Pertama adalah Toyota Innova 2.4 G A/T dengan nomor polisi AB-1016-IL (barang bukti gratifikasi 543/TTPU 402). Tertulis kendaraan tersebut tidak dilengkapi dengan dokumen kepemilikan kendaraan. Innova itu ditawarkan dengan harga limit Rp 214,1 juta dan uang jaminan Rp 100 juta.

    Selanjutnya ada juga Innova Venturer 2.4 A/T dengan nomor polisi B 777 RCO. Mobil ini juga merupakan barang bukti gratifikasi 544/TPPU 403. Tertulis Innova Venturer ini hanya dilengkapi dengan dokumen kepemilikan berupa BPKB. Innova Venturer ini ditawarkan dengan harga limit Rp 285.283.000 dan uang jaminannya Rp 140 juta.

    Daftar Kendaraan dari Kasus Rafael Alun yang Dilelang KPK

    Selain itu masih banyak kendaraan dari kasus Rafael Alun yang dilelang, berikut daftarnya:

    1. Mercedes-Benz E 300, harga limit Rp 532.034.000
    2. Mercedes-Benz tipe GLB 200, harga limit: Rp 477.565.000
    3. Lexus LX570, harga limit: Rp 1.008.240.000
    4. Jeep Wrangler Rubicon, harga limit: Rp 1.041.561.000
    5. Hummer H3, harga limit: Rp 610.296.000
    6. Cadillac Escalade, harga limit: Rp 401.134.000
    7. Motor BMW nomor mesin WB10AO606GZ67412, harga limit: Rp 137.532.000
    8. Harley-Davidson nomor mesin BXVH013022, harga limit: Rp 76.440.000
    9. Harley-Davidson nomor mesin HPHD803463, harga limit: Rp 72.397.000
    10. Toyota Camry 2.4 V A/T, harga limit: Rp 71.894.000
    11. Toyota FJ40RV UC, harga limit: Rp 137.680.000
    12. Triumph Speedmaster Bonneville, harga limit: Rp 390.504.000
    13. harley-Davidson Street Glide, harga limit: Rp 187.507.000
    14. Toyota Land Cruiser 200, harga limit: Rp 713.579.000
    15. VW Carravelle, harga limit: Rp 28.726.000
    16. Mini Cooper S 5 Door AT, harga limit: Rp 370.898.000
    17. Harley-Davidson Nomor Mesin KB49626507, harga limit: Rp 337.041.000
    18. Harley-Davidson Nomor Mesin KHMD636590, harga limit: Rp 465.768.000
    19. BMW 530i, harga limit: Rp 342.504.000
    20. Mercedes-Benz CLA 200, harga limit Rp 345.617.000
    21. Mazda 2, harga limit: Rp 155.818.000
    22. Chevrolet Nomor Mesin 2811930, harga limit: Rp 203.374.000
    23. Chevrolet Type Mesin Isuzu 4B02, harga limit: Rp 60.622.000
    24. Jeep Willys, harga limit: Rp 94.626.000
    25. Motor Honda Nomor Mesin JB02E-0001374, harga limit: Rp 53.394.000
    26. Harley-Davidson Nomor Mesin 282-37, harga limit: Rp 267.833.000
    27. Toyota Fortuner 2.4 VRZ, harga limit: Rp 255.384.000
    28. Harley-Davidson No Mesin: JN5A026801, harga limit: Rp 291.204.000
    29. Suzuki Baleno, harga limit: Rp 111.778.000

    Cara Ikut Lelang

    Lelang ini bisa diikuti dengan cara mengakses https://portal.lelang.go.id/ atau https://lelang.go.id/ pada 10 Desember 2024 dengan batas akhir penawaran berikut.

    No. Urut 1-2: pukul 10.40 WIBNo. urut 3-11: pukul 10.45 WIBNo. Urut 12-26: pukul 10.50 WIBNo. Urut 27-70: pukul 11.00 WIB

    Nantinya penetapan pemenang lelang akan ditentukan setelah batas akhir penawaran. Pembeli juga akan dikenakan 3 persen dari harga lelang.

    (dry/din)

  • Masih Minat PCX 160 Lama Tanpa Cover Setang? Begini ‘Nasibnya’

    Masih Minat PCX 160 Lama Tanpa Cover Setang? Begini ‘Nasibnya’

    Jakarta

    Honda PCX 160 kini mengadopsi desain yang lebih segar, kalau dulu setangnya dibuat telanjang, kini PCX 160 hadir dengan cover. PCX kini seperti matic kebanyakan, cover tersebut mengikuti jejak sang kakak, Forza 250.

    Bagi sebagian orang ada yang menyukai PCX 160 stang model telanjang. Namun PT Astra Honda Motor (AHM) menegaskan penambahan cover itu masih sesuai dengan tema PCX, sebagai matic yang mewah dan elegan. Stok PCX lama hanya tinggal menghabiskan sisanya saja.

    “Ya, akan digantikan full dengan yang baru,” kata Thomas Wijaya selaku Executive Vice President Director di Cikarang, Jawa Barat, beberapa waktu yang lalu.

    “Tergantung sisa stok yang ada market saja,” ujar dia.

    Shinichiro Ishida, Large Project Leader Honda Motor Co.,Ltd menjelaskan perubahan itu untuk menyesuaikan konsep luxurious dari PCX.

    “Kami mengembangkan PCX konsepnya adalah luxury. Kali ini kami memberikan cover bagian handle untuk menambah kesan mewah,” kata Shiniciro Ishida saat peluncuran di AHM Safety Riding and Training Center,Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (6/12/2024).

    Keputusan AHM menambahkan cover di area setang memang membuat sejumlah pihak bertanya-tanya. Sebab, sejak dulu, PCX selalu identik dengan setang telanjang. Perubahan tersebut membuat kendaraan terlihat lebih mirip Forza dan kekinian.

    Selain setang, banyak detail lain di Honda PCX baru yang mengalami perubahan. Inovasi terbaru disematkan pada New Honda PCX160 tipe RoadSync. Berfokus untuk memberikan pengalaman berkendara yang premium, berkelas, dan nyaman, motor skutik besar Honda ini kini memiliki fitur Smartphone Connection yaitu Honda Roadsync yang memiliki fungsi navigasi, telepon, musik, message, hingga voice command yang mengajak pengendara menikmati perjalanan dengan menyenangkan.

    Honda PCX 160 terbaru ini memiliki sentuhan baru dengan model dual headlamp. Selain itu bagian fairing dibuat lebih lebar dan agresif dengan tambahan lekukan-lekukan. Sama seperti generasi sebelumnya, generasi PCX 160 terbaru ini juga memiliki fitur lampu DRL LED.

    Lanjut ke buritan belakang, ada sedikit perubahan desain pada lampu rem dan lampu seinnya. Lampu remnya masih berbentuk siluet huruf ‘X’ kini berubah menjadi bertingkat dibuat lebih simple menyatu dengan body. Sementara itu lampu seinnya menjorok ke bawah, jadi seperti taring.

    Dari struktur hingga bentuk desain bodi masih terbilang sama. Kapasitas bagasi All New PCX untuk tipe CBS dan ABS masih bisa menampung 30 liter.

    Faktanya dengan model setang telanjang PCX berhasil mendapatkan tempat di masyarakat Indonesia. Selama 14 tahun berkiprah di pasar otomotif nasional, kira-kira sudah berapa banyak unit yang mengaspal di jalanan Indonesia?

    “Sejak 2010, waktu kita (penjualan awal) impor, sampai sekarang itu populasinya 2,2 juta. Total tahun ini (2024) saja 500 ribuan,” ujar Marketing Director PT Astra Honda Motor Octavianus Dwi Putro di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (7/12/2024).

    (riar/din)

  • Ini Dia Mobil Terbaik di Jepang 2024, Sayang Nggak Dijual di Indonesia

    Ini Dia Mobil Terbaik di Jepang 2024, Sayang Nggak Dijual di Indonesia

    Jakarta

    Japan Car of The Year telah mengumumkan 10 nominasi mobil terbaik periode 2024-2025. Keluar satu nama sebagai pemenang mobil terbaik.

    Mobil terbaik itu dinilai dari kritikus otomotif, jurnalis, dan pakar. Totalnya sebanyak 59 juri, perwakilan dari 41 media otomotif.

    Honda Freed keluar sebagai pemenang dengan perolehan 220 suara. Berada di tempat kedua setelah mengumpulkan 196 suara adalah Mazda CX-80. Atas hasil ini Honda Freed generasi ketiga dinobatkan sebagai Japan Car of the Year 2024-2025.

    “Tim kami bekerja sama untuk dapat terus menyempurnakan nilai-nilai yang selalu dijunjung oleh Freed, dengan tujuan menciptakan mobil yang tidak hanya sesuai dengan gaya hidup pelanggan kami, tetapi juga perasaan orang yang menggunakannya. Kami sangat senang bahwa apa yang kami ciptakan ini telah diterima dengan baik oleh banyak orang sehingga mobil tersebut dapat terpilih sebagai Japan Car of the Year,” kata Satoru Azumi, Freed Development Manager Honda Motor Co., Ltd.

    Freed mengalahkan merek lain. Dari 10 daftar tersebut, hanya BYD Seal yang jadi satu-satunya pabrikan China. Kemudian dua merek Eropa antara lain Mini Cooper dan Volvo EX30.

    Sementara itu, penghargaan Technology Car of the Year diberikan kepada Honda CR-V e:FCEV sebagai pionir untuk kendaraan berbahan bakar sel. Kemudian, truk pickup Mitsubishi Triton yang gagah memenangkan Penghargaan Desain.

    Berikut ini urutan 10 mobil terbaik untuk tahun 2024-2025: Honda Freed (220), Mazda CX-80 (196), Mini Cooper (172), Suzuki Fronx (110), Lexus LBX (70), Hyundai IONIQ 5 N (52), Toyota Land Cruiser (44), BYD Seal (32), Volvo EX30 (30), dan Mitsubishi Triton (18).

    Di antara mobil-mobil yang dinominasikan tetapi tidak mencapai sepuluh besar adalah Honda CR-V e: FCEV, Ferrari Purosangue, Lexus LM, G60 BMW 5 Series, Honda WR-V, Honda Spacia, Suzuki Swift, Mitsubishi Minicab EV, Honda N-Van e;, Land Cruiser 70, Fiat 600e, Hyundai Kona, Hyundai Ioniq 5 N, Mini Cooper, Porsche Panamera, Toyota Crown, dan Tesla Model 3 Performance.

    Daftar 10 mobil terbaik di Jepang dalam 10 tahun terakhir:

    2024: Honda Freed
    2023: Toyota Prius
    2022: Nissan Sakura/Mitsibishi eK Cross EV
    2021: Nissan Note
    2020: Subaru Levorg
    2019: Toyota Rav4
    2018: Volvo XC40
    2017: Volvo XC60
    2016: Subaru Impreza
    2015: Mazda Roadster
    2014: Mazda Demio
    2013: Volkswagen Golf

    (riar/din)

  • Honda CR-V e:FCEV Raih Penghargaan Teknologi Terbaik di Jepang

    Honda CR-V e:FCEV Raih Penghargaan Teknologi Terbaik di Jepang

    Jakarta, CNN Indonesia

    Honda CR-V e:FCEV meraih penghargaan Japan Car of the Year 2024 untuk kategori Technology Car of the Year. CR-V e:FCEV dianggap sebagai pionir kendaraan berbahan bakar sel, dan efisiensi.

    Mobil ini menyuguhkan teknologi plug-in hybrid untuk pengisian daya eksternal.

    Inovasi ini tidak hanya meningkatkan fleksibilitas penggunaan, tetapi juga memperkenalkan keunggulan dari FCEV. Pengembangan fuel cell stack bekerja menghasilkan peningkatan kinerja signifikan yang menjadi dasar penghargaan ini.

    “CR-V e:FCEV adalah solusi yang reasonable untuk jenis kendaraan FCEV, dimana mobil ini menawarkan nilai baru bagi FCEV, seperti fungsi plug-in yang memungkinkan penggunaan sehari-hari tanpa menggunakan hidrogen, fungsi penyaluran daya yang memungkinkan ekstraksi listrik dengan mudah,” kata Koichi Ikoma, Chief Engineer for CR-V e:FCEV, Honda Motor Co., Ltd dikutip dari keterangan resmi.

    Mobil memiliki dimensi Panjang 1.876 mm x Lebar 7.350 x Tinggi 6.660 dan jarak sumbu roda 1.063 mm untuk menggendong baterai litium ion 17,7 kWh.

    Mobil ini dapat mengeluarkan tenaga maksimum yaitu 174 dk dan torsi maksimum 310 Nm. Pada hal pengisian daya, CR-V e:FCEV dilengkapi dengan modul fuel cell yang ‘menghirup’ gas hidrogen.

    Fuel cell pada CR-V e:FCEV dapat menghasilkan output hingga 92,2 kW. Fuel cell ini juga dapat memasok listrik ke motor dan meningkatkan jarak tempuh hingga 270 mil atau 434 km.

    Selain itu, Honda Freed generasi ketiga dinobatkan sebagai Car of the Year 2024-2025, sementara Honda CR-V e:FCEV meraih penghargaan sebagai Technology Car of the Year.

    Honda Freed generasi terbaru unggul berkat desainnya yang inovatif sebagai mobil keluarga kompak dengan konfigurasi kursi tiga baris.

    Menurut pabrikan, mobil ini menawarkan menyempurnakan kenyamanan interior dan kemudahan penggunaan, serta performa berkendara.

    (tim/mik)

    [Gambas:Video CNN]