brand merek: Honda

  • 5 Mobil Cicilan Rp 1 Jutaan Beserta Simulasi DP hingga Tenornya

    5 Mobil Cicilan Rp 1 Jutaan Beserta Simulasi DP hingga Tenornya

    Jakarta

    Memiliki mobil kini bisa semakin mudah, salah satunya dengan pilihan cicilan terjangkau. Mobil cicilan Rp 1 jutaan per bulan juga ada lho.

    Namun, biasanya nominal cicilan tersebut untuk pembelian mobil bekas. Berbagai promo dan pilihan kredit yang fleksibel memungkinkan kita untuk beli mobil dengan cicilan Rp 1 jutaan.

    Mobil Cicilan Rp 1 Jutaan

    Dilihat detikOto dari beberapa situs jual beli mobil bekas (19/12/2024), berikut adalah beberapa gambaran pilihan jenis mobil dengan cicilan Rp 1 jutaan untuk wilayah Jabodetabek:

    1. Toyota Innova DIESEL E 2.5 MT 2008

    Cicilan: Rp 1,09 juta per bulan.Tenor pinjaman: 7 tahun.Uang muka: Rp 23,45 juta.Harga: Rp 93 juta.Suku bunga: 8 %Lokasi: Jakarta Barat

    2. Toyota Rush S AT 2010

    Cicilan: Rp 1,11 juta per bulan.Tenor pinjaman: 8 tahunUang muka 25%: Rp 26,25 juta.Harga: Rp 105 juta.Suku bunga: 8 %Lokasi: Jakarta Barat

    3. Mazda 2 R 2011

    Cicilan: Rp 1,56 juta per bulan.Tenor pinjaman: 4 tahun.Uang muka 25%: Rp 21,25 juta.Harga: Rp 85 juta.Suku bunga: 8 %Lokasi: Tangerang

    4. Toyota Yaris E AT 2008

    Cicilan: Rp 1,41 juta per bulan.Tenor pinjaman: 5 tahun.Uang muka 25%: Rp 21,25 juta.Harga: Rp 92,5 juta.Suku bunga: 8 %Lokasi: Tangerang

    5. Honda CRV 2.4L AT 2008

    Cicilan: Rp 1,29 juta per bulan.Tenor pinjaman: 7 tahun.Uang muka 25%: Rp 27,50 juta.Harga: Rp 110 juta.Suku bunga: 8 %Lokasi: Depok.Rata-rata DP Mobil

    Dilansir laman Toyota Astra Finance, rata-data DP mobil adalah 20-30% dari harga mobil. Namun, persentase DP mobil juga bervariasi.

    (khq/fds)

  • Lansia Tewas Kecelakaan saat Beli Makan untuk Istri yang Sakit, Motor Tabrakan dengan 2 Mobil

    Lansia Tewas Kecelakaan saat Beli Makan untuk Istri yang Sakit, Motor Tabrakan dengan 2 Mobil

    TRIBUNJATENG.COM, BANDAR LAMPUNG – Kecelakaan di Bandar Lampung, Jumat (20/12/2024), menewaskan seorang lansia.

    Korban bernama Bawon (74).

    Lansia yang mengendarai sepeda motor itu meninggal setelah terlibat kecelakaan dengan dua mobil.

    Anak korban, Juwandi (48), mengatakan, korban saat itu sedang keluar untuk membelikan makan istrinya yang sakit.

    “Kata ibu saya, bapak mau beli sayur di daerah Gunung Sulah dan ditunggu-tunggu tidak pulang,” ujarnya, Jumat, dikutip dari Tribun Lampung.

    Ia menuturkan, ayahnya kerap menggunakan sepeda motor untuk membelikan makan istrinya.

    “Tadi pas saya di rumah dikabarin oleh pihak kelurahan kalau yang meninggal itu ayah saya, dan saya langsung ke lokasi kejadian,” ucapnya.

    Juwandi menilai, ayahnya merupakan sosok pengayom keluarga.

    Kronologi Kecelakaan

    Kanit Laka Lantas Polresta Bandar Lampung Ipda Gunawan mengungkapkan, kecelakaan itu terjadi di Jalan Sultan Agung.

    Mulanya, korban mengendarai Honda Supra bernomor polisi BE 6454 YP.

    Sebelum insiden terjadi, korban melaju di belakang mobil Toyota Avanza BE 1539 AMS.

    Tiba-tiba, korban ditabrak dari belakang oleh Honda Brio BE 1702 AAQ.

    Mobil yang dikendarai REP (31) warga Kelurahan Sepang Jaya, Kecamatan Labuhan Ratu, Bandar Lampung, tersebut melaju searah dengan motor korban dan Avanza.

    “Kemudian Supra tersebut terhenti setelah menabrak Toyota Avanza hitam, hingga terjadilah kecelakaan beruntun tersebut,” ungkapnya, Jumat.

    Korban meninggal dunia di tempat kejadian karena mengalami luka-luka.

    Jenazah korban lantas dievakuasi ke RSUD Abdul Moeloek, Bandar Lampung. (*)

     

  • Pelajar Putri Asal Jakarta Tewas dalam Kecelakan Maut Motor Vs Truk Trailer di Jalan Wates-Purworejo

    Pelajar Putri Asal Jakarta Tewas dalam Kecelakan Maut Motor Vs Truk Trailer di Jalan Wates-Purworejo

    TRIBUNJATENG.COM, KULON PROGO – Kecelakaan maut terjadi di Jalan Wates-Purworejo, Kelurahan Wates, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Kamis (19/12/2024) sekitar pukul 21.27 WIB.

    Pelajar putri berusia 16 tahun, ZNF, tewas mengenaskan setelah terlindas truk tronton bermuatan berat.

    Korban meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit.

    Menurut keterangan Kanit Gakkum Satlantas Polres Kulon Progo, Ipda Tanto Kurniawan, ZNF mengalami luka berat di bagian perut dan pinggang.

    “Korban meninggal dunia dalam perawatan rumah sakit,” ujar Tanto melalui pesan singkat pada Jumat (20/12/2024).

    Kronologi kejadian

    ZNF, yang berasal dari Kampung Buaran, Kecamatan Cakung, Kota Administrasi Jakarta Timur, diketahui tinggal di Padukuhan Kemiri, Kalurahan Margosari, Kapanewon Pengasih selama menempuh pendidikan di Kulon Progo.

    Saat kejadian, korban mengendarai sepeda motor Honda Genio berwarna biru tua dengan nomor polisi AB 2824 OS.

    Saat melaju di jalan provinsi, ZNF bergerak dari arah simpang traffic light dengan patung Nyi Ageng Serang di sebelahnya, menuju Terminal Wates.

    Ia berada di lajur kiri ketika tiba-tiba motor yang dikendarainya oleng dan terjatuh ke kanan, tepat di saat truk Tractor Head Isuzu putih dengan nomor polisi B 9231 UWY melaju di sebelahnya.

    Truk tersebut dikemudikan oleh Dodi Setiawan (31) yang berasal dari Kabupaten Brebes dan membawa muatan penuh yang ditutup terpal.

    “Pengendara motor terjatuh ke kanan kemudian terlindas,” jelas Tanto.

    Setelah kejadian, dua unit ambulans, satu dari PMI dan satu dari PSC, segera tiba untuk mengevakuasi korban.

    ZNF ditemukan terjepit di antara ban truk trailer namun masih dalam keadaan sadar.

    Humas PMI Kulon Progo, Wisnu Rangga, menjelaskan bahwa tim medis terlebih dahulu menstabilkan kondisi korban sebelum mengeluarkannya dengan hati-hati.

    “Sekitar sepuluh menit bisa segera dilarikan ke rumah sakit,” kata Rangga.

    Proses evakuasi sempat terhambat oleh kerumunan warga yang antusias menyaksikan kejadian tersebut.

    “Ada yang teriak histeris dan ada yang foto-foto. Cukup sulit dalam situasi ini,” kata Rangga. (*)

     

  • Terungkap Alasan Marc Marquez Cerai dengan Red Bull Mulai 2025

    Terungkap Alasan Marc Marquez Cerai dengan Red Bull Mulai 2025

    Jakarta

    Marc Marquez tak lagi disponsori Red Bull. Marquez dan Red Bull bercerai saat rider Spanyol itu membela Ducati merah mulai musim depan.

    Marc Marquez mengungkap dirinya tak akan lagi disponsori Red Bull mulai musim depan saat mulai membela Ducati merah. Padahal Marquez sudah menjadi atlet Red Bull sepanjang kariernya di MotoGP. Logo Red Bull bahkan juga masih tersemat saat dirinya pindah ke Gresini Racing sejak awal musim 2024.

    Perceraian Marquez dan Red Bull ini diduga kuat ada kaitan antara hubungan Ducati dan Monster Energy. Sinyal perpisahan keduanya juga sudah terasa sejak tes pascamusim di Barcelona bulan lalu. Saat menunggangi Ducati Desmosedici GP25, tak ada lagi logo Red Bull di baju balap, helm, maupun motornya.

    Mantan rider Repsol Honda itu sepenuhnya menggunakan warna merah di motor maupun di baju balapnya. Terbaru, Marquez mengkonfirmasi bahwa tak lagi membawa Red Bull sebagai sponsornya.

    “Ducati punya sponsor lain, jadi kami tidak bisa melanjutkannya. Untuk menghormati Red Bull, saya tidak akan memiliki sponsor pribadi,” ungkap Marquez dilansir Crash.

    “Saya ingin berterima kasih ke keluarga Red Bull dan saya harap kami masih berteman,” lanjutnya lagi.

    Belum diketahui apakah Marquez nantinya bakal mendapat sponsor dari Monster Energy. Sekalipun iya, itu jelas bukan sponsor untuk dirinya pribadi. Pada kesempatan yang sama, rider kelahiran Cervera itu juga menegaskan bahwa kedatangannya ke Ducati bukan untuk jadi pebalap nomor satu.

    “Saya datang ke tim juara dunia. Saya juga sudah merasakan tekanan, tapi memang menginginkannya. Saya sudah bilang saya harus meninggalkan zona nyaman di Honda,” ujarnya.

    “Saya punya kesempatan sekarang dan mengambil kesempatan itu. Tahun depan pendekatannya akan berbeda. Di Honda, saya memang nomor satu. Ada pebalap baru selalu datang dan berusaha klop dengan saya. Tapi sekarang saya baru di tim dan Pecco meraih kemenangan lebih banyak di sana (Ducati) dalam beberapa tahun terakhir,” tutur Marquez.

    (dry/din)

  • Profil Sakti Wahyu Trenggono, Menteri KKP yang Jadi Waketum PAN 2024-2029

    Profil Sakti Wahyu Trenggono, Menteri KKP yang Jadi Waketum PAN 2024-2029

    Bisnis.com, JAKARTA — Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mengumumkan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono sebagai Wakil Ketua Umum PAN untuk periode 2024-2029.

    Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas dalam acara Workshop Partai Amanat Nasional bertajuk “Terdepan Mewujudkan Kedaulatan Pangan” di Surabaya, pada kamis (19/12/2024).

    Tak hanya mengumumkan Sakti Wahyu Trenggono sebagai salah satu petinggi PAN, Zulhas juga mengangkat Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso dan Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN.

    “Malam ini hanya pengumuman, Pak Sakti Wahyu Trenggono sebagai Wakil Ketua Umum PAN, Budi Santoso sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat PAN, Dudy Purwagandhi sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional,” kata Zulhas dalam acara tersebut.

    Sementara itu, Sakti Wahyu Trenggono juga turut menyampaikan bahwa dirinya tidak pernah pergi dari partai berlogo matahari putih tersebut.

    “Saya tidak pernah pergi [dari PAN] saya Wakil Bendahara Umum PAN di tahun 2012,” pungkas dia.

    Profil Sakti Wahyu Trenggono

    Sakti Wahyu Trenggono lahir di Semarang pada 3 November 1962. Dia merupakan sarjana (S1) Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (ITB), dan S1 School of Information System Universitas Bina Nusantara (Binus University). 

    Pendidikannya dilanjutkan ke jenjang S2 dalam program Magister Manajemen di Institut Teknologi Bandung (ITB). Setelah lulus dari ITB, Trenggono memulai karirnya di PT Astra Honda Motor dan bekerja di perusahaan itu selama 11 tahun. 

    Dia kemudian memiliki perusahaan PT Solusindo Kreasi Pratama (SKP) dan PT Tower Bersama Infrastruktur, dua perusahaan yang bergerak di sektor menara telekomunikasi. Kedua perusahaan tersebut tumbuh menjadi penyedia menara telekomunikasi terbesar di Indonesia. 

    Lalu dia mendirikan PT Teknologi Riset Global (TRG) Investama, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi, teknologi, properti, media, dan e-commerce. 

    Selanjutnya, karier politik Sakti Wahyu Trenggono dimulai saat dia bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN). Dia tercatat sebagai salah satu tokoh dalam tim kampanye pasangan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin, pada Pilpres 2019. 

    Selain itu, Sakti Wahyu Trenggono juga sempat menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) mendampingi Menteri Pertahanan (Menhan) RI saat itu Prabowo Subianto. 

    Diketahui juga, jabatan menteri yang diembannya saat ini bukanlah hal yang baru bagi Trenggono, pasalnya dia sudah pernah dipercaya menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) periode 2019–2024. 

  • Bos Mitsubishi Buka Suara Soal Rumor Merger Honda-Nissan

    Bos Mitsubishi Buka Suara Soal Rumor Merger Honda-Nissan

    Jakarta

    Bos Mitsubishi buka suara soal kabar merger antara Nissan dan Honda. Representative Executive Officer, President, and CEO Mitsubishi Motor Corporation Takao Kato selaku prinsipal dari Jepang belum bisa memberikan informasi lebih lanjut.

    “Soal merger Nissan-Honda. Banyak orang bertanya, tapi ini masih rahasia,” kata Takao Kato di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (20/12/2024).

    Nissan dan Honda dikabarkan ingin melakukan merger guna menghadapi ketatnya persaingan di industri mobil listrik.

    Honda dan Nissan disebut-sebut telah membicarakan soal potensi merger. Langkah itu ditempuh di tengah ketatnya persaingan mobil listrik, terutama di China

    “Tapi sejauh ini belum ada keputusan. Berita ini merupakan prediksi dari apa yang sedang terjadi,” kata dia lagi.

    “Belum ada keputusan dari Mitsubishi Motors maupun perusahaan lain,” jelas Takao.

    “Kami sedang mempelajari lebih lanjut step yang lebih baik untuk melakukan kolaborasi bersama brand lain,” sambung dia.

    Melansir CNN, meski kedua perusahaan tersebut telah melakukan pembicaraan, tetapi mereka tidak memberikan rincian terkait kapan rencana merger tersebut terjadi.

    “Seperti yang diumumkan pada bulan Maret, Honda dan Nissan sedang menjajaki berbagai kemungkinan untuk kolaborasi di masa mendatang, memanfaatkan kekuatan masing-masing,” tulis pernyataan Nissan dan Honda.

    Honda dan Nissan juga mengonfirmasi kepada CNN bahwa Mitsubishi adalah bagian dari pembicaraan awal ini, yang akan melibatkan produsen mobil besar ketiga Jepang yang potensial.

    Pada bulan Maret, Honda dan Nissan mengumumkan bahwa mereka akan bermitra untuk kendaraan listrik dan pada bulan Agustus mengatakan mereka akan berkolaborasi dalam teknologi baterai.

    Saat ini sejumlah produsen memang tengah menghadapi ketatnya persaingan dari industri otomotif yang beralih dari mesin bensin dan diesel ke kendaraan listrik. Produksi kendaraan listrik di China juga mengalami peningkatan yang pesat. Honda dan Nissan tak menampik kabar tentang potensi merger antar dua perusahaan. Namun disebut diskusi tersebut masih tahap awal dan belum tentu ada kesepakatan yang tercapai.

    Hal ini lantaran konsumen Tiongkok telah berbondong-bondong ke merek asing tetapi sebagian besar telah beralih ke merek domestik, yang memiliki nilai yang lebih baik di negara tersebut.

    Pemerintah Tiongkok juga telah memberikan insentif untuk membantu mempercepat adopsi kendaraan listrik dan hibrida plug-in oleh pelanggan. Meskipun kedua perusahaan menawarkan EV dan plug-in – Nissan, khususnya, adalah pelopor dalam teknologi EV – merek Tiongkok seperti BYD telah melampaui teknologi mereka dan harganya lebih murah.

    Nissan mengatakan bahwa pendapatan operasionalnya antara Maret dan September turun 90% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

    Sementara itu, Honda, yang kira-kira lima kali lebih besar dari Nissan, juga menghadapi tantangan. Perusahaan mengumumkan rencana untuk hanya menjual kendaraan tanpa emisi di pasar-pasar utama pada tahun 2040. Namun, transisi berjalan lambat, karena harga gas yang relatif rendah, infrastruktur pengisian daya yang tidak memadai, dan meningkatnya persaingan telah menurunkan permintaan EV di Amerika Serikat dan Eropa.

    Honda sejauh ini merupakan yang terbesar dari tiga produsen Jepang tersebut. Perjanjian baru ini belum diungkapkan secara gamblang,

    Diketahui aliansi Honda-Nissan-Mitsubishi sudah tercium pada 1 Agustus, kala itu rinciannya masih belum jelas. Namun Honda dan Nissan secara terpisah sudah menandatangani kesepakatan untuk mengerjakan baterai, motor listrik, dan kendaraan yang ditentukan software-defined vehicles (SDV). Selain itu, Nissan dan Honda akan saling melengkapi jajaran mobil internal combustion engine (ICE) dan mobil listrik.

    (riar/dry)

  • Segini Pajak Tahunan Honda Brio Satya E CVT, LCGC Termahal di RI

    Segini Pajak Tahunan Honda Brio Satya E CVT, LCGC Termahal di RI

    Jakarta

    Honda Brio Satya E CVT saat ini merupakan mobil LCGC termahal. Dengan harga nyaris Rp 200 juta, berapa pajak tahunan Honda Brio Satya E CVT?

    Ada tiga varian mobil LCGC (Low Cost Green Car) Brio Satya yang ditawarkan Honda. Namun yang termahal adalah Honda Brio Satya E CVT dengan banderol Rp 198,3 juta. Brio Satya E CVT itu tak hanya termahal di keluarga Brio Satya. Jika dibandingkan dengan mobil LCGC lainnya, harga Honda Brio Satya E CVT itu memang yang paling tinggi.

    Pajak Tahunan Honda Brio Satya E CVT

    Dengan harga nyaris Rp 200 juta itu, pajak tahunan Honda Brio Satya rupanya menyentuh Rp 3 jutaan. Berikut ini rincian pajak tahunan Brio Satya E CVT keluaran tahun 2024 yang tercantum dalam Informasi Data Kendaraan dan Pajak Kendaraan Bermotor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

    PKB Pokok: Rp 3.024.000SWDKLLJ: Rp 143.000Total: Rp 3.167.000

    Perlu digarisbawahi, pajak di atas berlaku untuk wilayah Jakarta dan kendaraan pertama atas nama pribadi. Besar pajak bisa saja berbeda di wilayah lain. Di luar soal pajak, meski jadi yang termahal di kelasnya, Honda Brio Satya E CVT justru jadi model terlaris. Sebagaimana dilihat detikOto dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Honda Brio Satya E CVT distribusinya mencapai 30.468 unit sepanjang Januari-November 2024. Unggul cukup jauh dibandingkan model lainnya.

    Di posisi kedua, ada Toyota Calya G M/T. LCGC berkapasitas tujuh penumpang yang mengusung transmisi manual itu terdistribusi sebanyak 24.599 unit. Calya G M/T saat ini dibanderol seharga Rp 178,4 juta. LCGC terlaris ketiga ada Daihatsu Sigra 1.2 R M/T. Kembaran Calya itu dijual dengan banderol Rp 164 juta.

    Dari sisi spesifikasi, Honda Brio Satya menggendong mesin 1.2L i-VTEC 4 silinder yang bertenaga 90 PS. Mesin itu diklaim yang terbesar di kelasnya, sekaligus hemat bahan bakar. Khusus untuk Honda Brio Satya termahal, mesinnya dipasangkan dengan transmisi CVT Earth Dreams Technology. Selain itu juga ada Tweeter Speaker, ECO Assist, serta fitur keselamatan seperti Dual Front SRS Airbags, struktur rangka G-CON + ACE, dan sistem pengereman ABS + EBD.

    (dry/din)

  • Iwan Henry Wardhana – Halaman all

    Iwan Henry Wardhana – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Iwan Henry Wardhana adalah Kepala Dinas Kebudayaan Jakarta.

    Ia dilantik sebagai Kepala Dinas Kebudayaan Jakarta pada tahun 2020 oleh Anies Baswedan yang kala itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. 

    Namun, Iwan Henry Wardhana resmi dinonaktifkan per 19 Desember 2024 terkait dugaan korupsi sebesar Rp150 miliar berupa penyimpangan dalam pelaksanaan sejumlah kegiatan di Dinas Kebudayaan Jakarta pada Tahun Anggaran 2023.

    Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta menyebut modusnya mencairkan dana kegiatan fiktif, disertai penggunaan ratusan stempel palsu yang menjadi alat laporan pertanggungjawaban kegiatan tersebut.

    Profil

    Iwan Henry Wardhana lahir pada tanggal 21 November 1975.

    Ia menempuh pendidikan jenjang S1 pada bidang Ekonomi di Universitas Trisakti pada 1998. 

    Kemudian, Iwan melanjutkan studi S2 in Urban Development di Universitas Indonesia pada 2004, dan kini tengah menjalani program doktor di School of Strategic and Global Studies Universitas Indonesia sejak 2020.

    Iwan Henry Wardhana memiliki karier yang cemerlang di instansi pemerintahan DKI Jakarta.

    Mengabdi sebagai aparatur sipil negara (ASN) sejak 1994, Iwan memulai kariernya sebagai staf kelurahan usai lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA).

    Dari situlah, karier Iwan semakin moncer.

    Ia pernah menduduki posisi sebagai Kepala Penyusunan Program di Dinas Kebersihan DKI Jakarta pada 2007-2012.

    Pada 2015, Iwan bekerja di Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDH dan KLN).

    Lulusan Ekonomi Universitas Trisakti ini pernah magang di Jepang pada tahun 2007 dan memimpin Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta.

    Mengabdi selama 26 tahun di Pemprov DKI Jakarta, Iwan berhasil menduduki jabatan Kepala Dinas Kebudayaan pada tahun 2020. 

    Dikutip dari TribunJakarta.com, ia mengaku kesuksesannya diraih lewat tekad kuat dan kerja keras, tanpa bergantung pada keberuntungan. Bahkan, ia pernah meraih kenaikan pangkat istimewa sebanyak empat kali.

    Diperiksa terkait kasus dugaan korupsi di Dinas Kebudayaan Jakarta

    Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jakarta telah memeriksa tiga orang saksi, termasuk Iwan Henry Wardhana sebagai Kadis Kebudayaan Provinsi Jakarta.

    Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Jakarta, Syahron Hasibuan mengatakan, pemeriksaan ini merupakan mekanisme hukum yang harus dilakukan untuk memperkuat bukti dan melengkapi berkas perkara, sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

    “Pemeriksaan saksi merupakan bagian dari prosedur hukum yang dilakukan untuk mendapatkan informasi, klarifikasi, memperkuat pembuktian, dan melengkapi berkas terkait perkara tersebut,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

    Sebelumnya, Kejati melakukan penggeledahan di Kantor Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Jakarta terkait dugaan korupsi anggaran pada Rabu (18/12/2024). 

    Dalam penggeledahan di kantor Dinas Kebudayaan Provinsi Jakarta dan empat lokasi lainnya, Kejati menyita uang tunai senilai Rp 1 miliar.

    Penggeledahan ini terkait dugaan korupsi senilai Rp 150 miliar berupa penyimpangan dalam pelaksanaan sejumlah kegiatan di Dinas Kebudayaan Jakarta pada Tahun Anggaran 2023. 

    “(Total uang tunai yang disita) Rp 1 miliar,” ungkap Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Jakarta, Syahron Hasibuan, saat dikonfirmasi awak media, Rabu (18/12/2024) malam.

    Hal ini dibenarkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta.

    “Penggeledahan tepatnya di ruang Kepala Dinas Kebudayaan,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi Jakarta, Budi Awaluddin, dalam keterangannya pada Kamis (19/12/2024). 

    Budi menambahkan bahwa penggeledahan terkait dengan dugaan penyimpangan aktivitas anggaran ini tidak hanya dilakukan di kantor Dinas Kebudayaan, tetapi juga di beberapa lokasi lainnya.

    “Informasi dari Sekretaris Dinas Kebudayaan, tidak hanya kantor Dinas Kebudayaan yang digeledah, tetapi juga rumah Kepala Bidang Pemanfaatan Kebudayaan dan kantor pihak ketiga (swasta),” jelasnya.

    Harta Kekayaan

    Iwan Henry Wardhana tercatat memiliki harta kekayaan sebesar Rp9,6 miliar.

    Hartanya itu terdaftar di dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK yang dilaporkannya pada tanggal 27 Februari 2024.

    Berikut daftar lengkap rincian harta kekayaan milik Iwan Henry Wardhana:

    DATA HARTA

    A. TANAH DAN BANGUNAN Rp. 9.300.000.000

    1. Tanah dan Bangunan Seluas 292 m2/505 m2 di KAB / KOTA KOTA JAKARTA TIMUR , WARISAN Rp. 1.200.000.000

    2. Tanah dan Bangunan Seluas 322 m2/219 m2 di KAB / KOTA KOTA JAKARTA TIMUR , HASIL SENDIRI Rp. 600.000.000

    3. Tanah dan Bangunan Seluas 720 m2/200 m2 di KAB / KOTA KOTA JAKARTA TIMUR , HASIL SENDIRI Rp. 1.500.000.000

    4. Tanah dan Bangunan Seluas 330 m2/500 m2 di KAB / KOTA KOTA JAKARTA TIMUR , WARISAN Rp. 6.000.000.000

    B. ALAT TRANSPORTASI DAN MESIN Rp. 70.000.000

    1. MOBIL, HONDA CITY Z Tahun 2000, HASIL SENDIRI Rp. 70.000.000

    C. HARTA BERGERAK LAINNYA Rp. —-

    D. SURAT BERHARGA Rp. —-

    E. KAS DAN SETARA KAS Rp. 1.098.585.623

    F. HARTA LAINNYA Rp. —-

    Sub Total Rp. 10.468.585.623

    III. HUTANG Rp. 800.000.000

    IV. TOTAL HARTA KEKAYAAN (II-III) Rp. 9.668.585.623

    (Tribunnews.com/Falza) (TribunJakarta.com/Jaisy Rahman Tohir) (Kompas.com/Firda Janati)

  • Harta Kekayaan Djoko Poerwanto, Digadang-gadang jadi Kapolda Termiskin

    Harta Kekayaan Djoko Poerwanto, Digadang-gadang jadi Kapolda Termiskin

    Bisnis.com, JAKARTA – Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Pol Djoko Poerwanto kini digadang-gadang menjadi Kapolda yang harta kekayaannya paling sedikit di antara Kapolda lainnya. Lantas, bagaimana rincian harta kekayaannya? 

    Djoko merupakan Jenderal polisi dengan pangkat bintang dua ini lahir pada 7 November 1967. Ia merupakan lulusan Akademi Kepolisian pada 1989. 

    Saat ini, ia memegang posisi sebagai Kepala Kepolisian di Kalimantan Tengah, yang diemban sejak Oktober 2023 lalu. 

    Terlebih, sebelumnya ia juga sempat memegang posisi sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat. Ia juga memiliki pengalaman panjang di bidang reserse.

    Harta Kekayaan Djoko Poerwanto

    Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 6 Februari 2024, Djoko memiliki kekayaan sebesar Rp926 juta. 

    Djoko diketahui memiliki dua tanah dan bangunan di Tasikmalaya. Keduanya merupakan hasil sendiri dengan total sebesar Rp480 juta. 

    Selain itu, ia juga memiliki dua transportasi. Ia melapor bahwa memiliki Honda CR-V keluaran 2016 dengan nilai Rp 210 juta dan motor Yamaha NMAX keluaran 2015 senilai Rp 15 juta.

    Kemudian, ia memiliki kas dan setara kas sebesar Rp 221 juta. Djoko juga tidak memiliki utang. 

  • CEO Mitsubishi Bicara Merger Honda-Nissan Saat di RI: Masih Rahasia

    CEO Mitsubishi Bicara Merger Honda-Nissan Saat di RI: Masih Rahasia

    Jakarta, CNN Indonesia

    Takao Kato, President & Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation merespons potensi merger antara Honda dan Nissan yang belakangan santer terdengar. Merger ini bisa jadi melibatkan Mitsubishi yang sebagian besar sahamnya dipegang Nissan.

    “Banyak yang tanya soal merger Nissan-Honda, tapi masih rahasia,” kata di pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (20/12).

    Menurut Kato perusahaanya belum memiliki informasi apa pun terkait merger dua raksasa otomotif asal Jepang itu. Namun, pihaknya masih mempelajari kolaborasi tersebut.

    “Tapi sejauh ini belum ada apapun yang dikonfirmasi. Kita masih mempelajari kolaborasi itu,” kata dia.

    Nissan Motor pada 2016 melakukan akuisisi terhadap 34 persen saham Mitsubishi dan menjadikannya pemegang saham terbesar. Hal ini juga membuat Mitsubishi bergabung dengan aliansi Nissan dan Renault.

    Nissan dan Mitsubishi berkolaborasi dalam pengembangan kendaraan, riset serta pembelian barang hingga saling berbagi teknologi. Salah satu contohnya yang ada di Indonesia adalah Nissan Livina, kembaran Mitsubishi Xpander, diproduksi di Indonesia.

    Sebelumnya, laporan Nikkei Asia menyebut Honda dan Nissan akan memulai negosiasi soal kemungkinan merger paling cepat pada 23 Desember.

    Berdasarkan laporan sumber anonim, potensi merger ini makin serius lantaran negosiasi bakal dilakukan secara resmi.

    Pertemuan di meja formal itu bisa mengakselerasi momentum konsolidasi kedua perusahaan asal Jepang tersebut.

    Bloomberg juga telah mengonfirmasi bahwa kesepakatan ini sedang dipertimbangkan oleh para pejabat senior masing-masing perusahaan dan bisa melebar hingga melibatkan Mitsubishi Motor yang sebagian besar sahamnya dimiliki Nissan.

    (can/fea)

    [Gambas:Video CNN]