brand merek: Honda

  • Bocah Perempuan Usia 8 Tahun di Bantul Jadi Korban Percobaan Penjambretan – Halaman all

    Bocah Perempuan Usia 8 Tahun di Bantul Jadi Korban Percobaan Penjambretan – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribun Jogja  Neti Istimewa Rukmana

    TRIBUNNEWS.COM, BANTUL – Bocah perempuan berinisial AKR (8), menjadi korban percobaan pencurian dengan kekerasan di Nglarang Kalurahan Triharjo, Kabupaten Bantul.

    Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widyana mengatakan, insiden terjadi saat korban sedang asyik bermain di lokasi kejadian.

    Tiba-tiba, seorang pelaku yang mengendarai sepeda motor Honda Vario dengan nomor polisi AB 2703 TL mendekat dan melakukan aksi penjambretan.

    “Saat pelaku melintas dari arah selatan ke utara, ia merampas kalung yang dikenakan oleh korban,” kata Nengah Jeffry 

    Kalung tersebut berbobot dua gram.

    “Beruntung, aksi tersebut tidak sepenuhnya berhasil, karena kalung jatuh di pundak korban sebelum pelaku sempat melarikan diri,” jelas Jeffry dalam penjelasannya kepada awak media.

    Setelah kejadian, pelaku melarikan diri ke arah utara atau Jalan Srandakan.

    Meskipun kalung tersebut berhasil dipertahankan oleh korban, ia mengalami luka lecet pada bagian leher akibat percobaan pencurian itu.

    Setelah mengetahui kejadian tersebut, orangtua korban segera melapor ke Polsek Pandak.

    Pihak kepolisian saat ini masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap identitas dan keberadaan pelaku.

     

  • Indikator Bensin Honda PCX 160 Kedip-kedip, Sisa Berapa Liter?

    Indikator Bensin Honda PCX 160 Kedip-kedip, Sisa Berapa Liter?

    Jakarta

    Honda PCX 160 RoadSync jadi motor yang datang ke redaksi detikOto kali ini. Motor tersebut kami jajal dari bensin penuh sampai indikatornya kedip-kedip. Kira-kira berapa liter yang tersisa dalam tangki?

    Indikator PCX 160 RoadSync berbeda dari PCX 160 trim bawahnya. Kini versi trim paling atas itu menggunakan model bar vertikal. Beda dengan tipe lain yang memanjang horizontal.

    Saat indikator bensin mau habis, indikator bar tersebut lalu berkedip-kedip. Sebenarnya dengan munculnya indikator masih ada BBM yang tersisa dalam tangki.

    Sebelumnya Honda PCX 160 RoadSync itu sudah diisi bensin sampai penuh. Perlu diketahui, kapasitas tangki BBM PCX 160 ini sampai 8,1 liter.

    Motor tersebut kami bawa buat harian dengan melintasi jalan perkotaan hingga diajak ke perbukitan menanjak kawasan Pancawati, Bogor, Jawa Barat. Indikator bensin sudah kedip-kedip setelah dipakai sejauh 256,9 kilometer.

    Langsung saja, mumpung ada pom bensin terdekat, kami isi kembali bensin secara penuh. Angkanya mencapai 6,63 liter. Artinya saat indikator bensin PCX 160 RoadSync ini kedip-kedip masih ada bensin tersisa dalam tangki sekitar 1,47 liter.

    Honda PCX 160 RoadSync Foto: Ridwan Arifin

    Secara konsumsi BBM PCX 160 pada layar MID itu sekitar 42 km/liter. Angka itu tentu masih bisa diperdebatkan. Sebab ada cara lain untuk menghitung konsumsi bahan bakar, yakni dengan metode full to full.

    Kalau melirik bensin yang sudah habis terpakai setelah jarak tempuh 256,9 km. Maka angka konsumsi BBM secara full to full dari Honda PCX 160 ini mencapai 38,7 km/liter. Perlu diketahui tinggi penguji 168 cm sedangkan bobotnya 78 kg. Pengujian ini tidak menerapkan prinsip eco riding. Hasil pengetesan orang lain bisa saja berbeda-beda tergantung gaya berkendara, bobot, kondisi jalan dan cuaca.

    Honda masih percaya diri dengan mesin 157 cc eSP+, 4 katup, 1 silinder, SOHC, yang bisa memuntahkan tenaga maksimal hingga 11,8 kW di 8.500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm di 6.500 rpm.

    (riar/lua)

  • Mugen Kenalkan Perangkat Tuning untuk Honda WR-V di Jepang, Apa Saja?

    Mugen Kenalkan Perangkat Tuning untuk Honda WR-V di Jepang, Apa Saja?

    JAKARTA – Mugen, perusahaan tuner asal Jepang akan mempersembahkan produk aftermarket terbarunya yang dikhususkan untuk model SUV kompak Honda WR-V spesifikasi Jepang. Melansir dari laman resmi Mugen, Sabtu, 28 Desember, perusahaan akan menjual suku cadang dengan konsep “Active Sports Gear” yang terpasang pada WR-V sehingga meninggalkan kesan sporty dan kokoh dari biasanya.

    Tuner spesialis mobil Honda ini akan memamerkan dua gaya yakni dengan warna hitam matte berperan sebagai overfender yang menonjolkan karakter SUV sejati dan overfender yang sewarna dengan bodi sehingga memiliki tampilan ala kendaraan perkotaan kekinian.

    Tidak hanya dari sisi tampilannya, Mugen juga sediakan suku cadang yang mendukung pengendaraan seperti peredam sporty dan pelek aluminium 18 inci. Selain itu, terdapat paket terdiri dari stiker demi meningkatkan tampilan seperti mobil balap dan hadirnya pelindung berventilasi.

    Pemesanan suku cadang Mugen untuk mobil ini akan dimulai pada akhir Januari 2025 mendatang. Untuk informasi detail mengenai suku cadang dan harganya akan diumumkan mendekati peluncurannya di negeri Sakura.

    Honda WR-V spesifikasi Jepang memiliki perbedaan dengan pasar Indonesia. SUV tersebut berbasis dari Elevate yang saat ini dijual untuk pasar India.

    Secara desain memiliki tampang yang modern dan elegan dengan beberapa lekukan yang disematkan. Apalagi dilengkapi dengan grill depan yang besar membuatnya terlihat gagah.

    Lebih detailnya, mobil tersebut sudah hadir dengan lampu yang serba LED. Dilengkapi pelek 17 inci aksen dual tone membuatnya terlihat elegan dari tampak samping.

    Sementara itu, untuk versi Jepang dilengkapi dengan platform yang sama Honda Jazz. Dapur pacunya menggendong mesin 1.5L DOHC i-VTEC yang dikawinkan dengan transmisi CVT yang menggunakan G-design shift control.

    Hadir dengan tiga tipe, X, Z, dan Z+ harga Honda WR-V 2024 termurah dibanderol 2.098.800 yen atau setara dengan Rp215,1 jutaan. Varian tertinggi menyentuh angka 2.489.300 yen Jepang atau Rp256,1 jutaan.

  • Fakta-fakta Honda dan Nissan Merger

    Fakta-fakta Honda dan Nissan Merger

    Daftar Isi

    Jakarta, CNN Indonesia

    Dua perusahaan otomotif asal Jepang, Honda dan Nissan, telah mengumumkan merger pada Senin lalu. Dari perkawinan raksasa otomotif itu akan lahir perusahaan induk baru.

    Kendati masih dalam tahap perampungan, Honda dan Nissan memproyeksikan pembentukan induk perusahaan akan rampung pada Agustus 2026.

    Kedua perusahaan tersebut telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) pada 1 Agustus 2024. Poin dari kesepakatan bersama itu yakni melakukan penelitian bersama dalam teknologi untuk kendaraan berbasis perangkat lunak (SDV) khususnya di bidang kecerdasan buatan (teknologi self-driving) dan kendaraan elektrifikasi.

    Selanjutnya, penggabungan dua perusahaan juga bertujuan untuk memperluas solusi mobilitas. Berikut fakta-fakta merger antara dua raksasa otomotif Nissan dan Honda:

    Bukan untuk menyelamatkan Nissan

    CEO Honda Motor Co Toshihiro Mibe mengatakan merger dengan Nissan Motor Co bukan untuk menyelamatkan perusahaan itu dari keterpurukan.

    Menurutnya, merger Honda dan Nissan adalah langkah perubahan besar dari perusahaan otomotif Jepang.

    Sebelumnya Nissan mengumumkan rencana untuk melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada 9.000 karyawannya dan merevisi target penjualan tahunannya. Nissan juga melaporkan penurunan laba bersih sebesar 93 persen pada semester pertama 2024.

    Penguatan rantai pasok

    Integrasi fungsi pengadaan akan memungkinkan Honda dan Nissan meningkatkan daya saing dengan menyelaraskan sumber komponen dari rantai pasokan yang sama.

    Dengan berkolaborasi bersama mitra bisnis, kedua perusahaan dapat memperoleh komponen secara lebih efisien, yang akan mendukung pengembangan dan produksi kendaraan secara optimal.

    Standardisasi platform kendaraan

    Berbagai platform dari kedua perusahaan dipercaya menciptakan produk yang lebih kompetitif sambil mengurangi biaya produksi dan pengembangan.

    Lewat standardisasi platform kendaraan memungkinkan perusahaan menawarkan berbagai jenis kendaraan, termasuk mesin pembakaran dalam mobil konvensional (ICE), hybrid (HEV), plug-in hybrid (PHEV), dan kendaraan listrik (EV). Cara ini diharapkan mampu meningkatkan volume penjualan dan profitabilitas.

    Sinergi R&D

    Penelitian dan pengembangan (R&D) yang terintegrasi di bidang teknologi meliputi aplikasi, dan platform untuk kendaraan berbasis perangkat lunak (SDV). Kedua perusahaan diharapkan dapat mempercepat pengembangan teknologi kendaraan lebih terima konsumen namun dengan biaya tidak terlalu besar.

    Optimasi sistem dan fasilitas manufaktur

    Pengoptimalan fasilitas produksi menjadi salah satu prioritas utama dalam merger ini. Dengan berbagi lini produksi dan mengintegrasikan fasilitas, kedua perusahaan berharap dapat meningkatkan utilisasi pabrik, mengurangi biaya sehingga lebih efisiensi. Pengurangan emisi karbon dari pabrik juga menjadi fokus kedua perusahaan.

    Upaya menekan biaya operasional

    Penggabungan sistem dan proses operasional, termasuk back-office, akan menjadi fokus utama untuk menciptakan efisiensi yang signifikan.

    Standardisasi proses dan integrasi operasional, maka kedua perusahaan dapat menekan biaya secara signifikan, meningkatkan profitabilitas, dan mempercepat pengambilan keputusan.

    Manajemen keuangan

    Merger ini memungkinkan kedua perusahaan untuk meningkatkan fungsi operasional mulai dari pemasaran, produksi, hingga logistik untuk keberlangsungan kendaraan di dunia.

    Membentuk SDM yang berkualitas

    Sumber daya manusia merupakan aset penting bagi kedua perusahaan. Setelah integrasi, pertukaran karyawan dan kolaborasi teknis akan ditingkatkan untuk memacu pengembangan keterampilan karyawan.

    Kedua perusahaan menilai SDM yang berkualitas diharapkan siap bertransformasi menuju era kendaraan listrik dan teknologi cerdas.

    (can/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • Daftar Lengkap Penerima Penghargaan di Better Kertajati Fest 2024

    Daftar Lengkap Penerima Penghargaan di Better Kertajati Fest 2024

    Jakarta, CNN Indonesia

    Better Kertajati Festival 2024 digelar pada Sabtu (28/12). Tahun ini acara yang digelar di Bandara Internasional Kertajati itu mengambil tema “Exploring the Hidden Beauty of West Java,”.

    Acara ini menampilkan berbagai kegiatan yang mempromosikan keindahan dan potensi Jawa Barat, serta memberikan penghargaan kepada mitra dan pemerintah daerah yang berprestasi dalam berbagai kategori.

    Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas kontribusi dan komitmen para mitra serta pemerintah daerah dalam mendukung inovasi, kepatuhan pajak, dan pelayanan terbaik di Jawa Barat.

    Selain penyerahan penghargaan, festival ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, termasukKertajatiFun Run 5K yang menarik partisipasi masyarakat luas.

    Berikut adalah daftar penerima penghargaan dalam festival tersebut:

    Kategori Mitra:
    • Mitra Pendukung Inovasi Terbaik: PT Telkom Indonesia
    • Mitra Pendukung Peningkatan Kepatuhan Pajak: PT Pertamina Patra Niaga
    • Mitra Aspirasi Terbaik: Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO)
    • Mitra Layanan Terbaik: Tokopedia dan Indomaret

    Kategori Badan Usaha:
    • Badan Usaha Teladan Pajak Kendaraan Bermotor: PT Mitra Bisnis Madani
    • Badan Usaha Teladan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor: PT Mandiri Cipta Sejahtera
    • Badan Usaha Teladan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor: PT Petro Gasindo Inti Niaga
    • ATPM Kendaraan Roda Empat dengan Kontribusi Terbesar untuk Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor: PT Toyota Astra Motor
    • ATPM Kendaraan Roda Empat dengan Kontribusi Terbesar Bea Balik Nama: PT Honda Prospect Motor
    • ATPM Kendaraan Roda Dua dengan Kontribusi Terbesar Bea Balik Nama: PT Astra Honda Motor dan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing
    • Kawasan Industri Pendukung Peningkatan Kepatuhan Pajak: Karawang International Industrial City dan PT East Jakarta Industrial Park
    • Badan Usaha Teladan Pajak Alat Berat: PT Cirebon Energi Prasarana
    • Badan Usaha Teladan Pajak Rokok: PT HM Sampoerna
    • Badan Usaha Teladan Mitra Kerja Sama Pemanfaatan Aset: PT Tritunggal Lestari Makmur
    • Badan Usaha Milik Daerah Teladan: PT Bank BJB

    Kategori Pemerintah Daerah:
    • Pemerintah Kota Teladan Pajak Kendaraan Bermotor: Pemerintah Kota Bandung
    • Pemerintah Kota Teladan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor: Kota Depok
    • Pemerintah Daerah Teladan Pajak Air Permukaan: Kabupaten Subang
    • Penerima Kategori Pemerintah Pajak Alat Berat: Kabupaten Cirebon
    • Kategori Pemerintah Kabupaten Teladan Pembina Kepatuhan Pajak: Kabupaten Pangandaran
    • Pemerintah Kabupaten Teladan Pajak Kendaraan Bermotor: Kabupaten Bogor
    • Pemerintah Kabupaten Teladan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor: Kabupaten Bogor
    • Pemerintah Kota Teladan Pembina Kepatuhan Pajak: Kota Banjar
    • Mitra Inovasi Kolaborasi Terbaik: Kementerian Kesehatan RI Pusat Data dan Informasi

    (asa/asa)

    [Gambas:Video CNN]

  • Honda CB125R 2025 Resmi Meluncur, ini Tampangnya

    Honda CB125R 2025 Resmi Meluncur, ini Tampangnya

    JABAR EKSPRES – Honda CB125R 2025 akhirnya resmi diluncurkan dan membawa angin segar bagi penggemar motor sport, khususnya di Jepang.

    Honda CB125R tetap mempertahankan DNA khasnya sebagai motor sport bergaya Neo-Sport Cafe yang modern dan kekinian.

    Meskipun tren motor sport di beberapa negara Asia seperti Indonesia mulai meredup, Honda tetap yakin bahwa model ini masih memiliki tempat istimewa di hati para pecinta otomotif, terutama di Jepang, tempat motor ini pertama kali diperkenalkan ke publik.

    Baca juga : Cara Mengaktifkan Anti Theft Alarm pada Motor Scoopy

    Menurut laporan dari Greatbiker.com, Honda Motorcycle Jepang secara resmi meluncurkan CB125R 2025 tanpa banyak perubahan dari versi sebelumnya.

    Desainnya tetap ikonik, mengusung perpaduan gaya klasik dan modern yang cocok untuk generasi muda hingga dewasa.

    Spesifikasi CB125R 2025

    Dari segi mesin, Honda CB125R 2025 masih menggunakan spesifikasi unggulan yang sudah terbukti performanya sejak model 2020. Berikut detailnya:

    Mesin: 125 cc, 1 silinder, 4 tak, DOHC, 4 katup.Sistem Pendingin: Berpendingin cairan untuk menjaga suhu optimal meskipun digunakan dalam perjalanan jauh.Tenaga Maksimal: 11 kW (sekitar 15 tenaga kuda) pada putaran 10.000 rpm.Torsi Puncak: 11,6 Nm pada 8.000 rpm, memastikan akselerasi responsif di berbagai medan.

    Dengan spesifikasi ini, CB125R 2025 tidak hanya menawarkan pengalaman berkendara yang nyaman tetapi juga tetap bertenaga, menjadikannya pilihan sempurna untuk pengendara yang menginginkan performa dan gaya.

    Honda CB125R dikenal sebagai motor yang tidak hanya mengedepankan performa, tetapi juga estetika.

    Konsep Neo-Sport Cafe yang diusungnya menciptakan perpaduan antara tampilan retro dan modern yang tak lekang oleh waktu.

    Baca juga : Memahami Fungsi Lampu Hazard di Sepeda Motor

    Motor ini juga dirancang dengan ergonomi yang memanjakan pengendara, baik untuk perjalanan jarak pendek maupun jauh.

    Meskipun tidak ada perubahan signifikan dari model sebelumnya, Honda tampaknya percaya bahwa desain dan spesifikasi yang sudah solid ini masih relevan dengan kebutuhan pasar motor sport saat ini.

  • Kata-kata Kompol Jamalinus soal Kasus Pemerasan Penonton DWP Sebelum Dicopot…
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        28 Desember 2024

    Kata-kata Kompol Jamalinus soal Kasus Pemerasan Penonton DWP Sebelum Dicopot… Megapolitan 28 Desember 2024

    Kata-kata Kompol Jamalinus soal Kasus Pemerasan Penonton DWP Sebelum Dicopot…
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Pusat
    Kompol Jamalinus
    Laba Pandapotan Nababan merupakan salah satu dari 34 polisi yang dicopot imbas dugaan pemerasan polisi terhadap penonton Djakarta Warehouse Project (DWP) 2024 asal Malaysia.
    Sebelum dimutasi dari jabatannya, Jamalinus sempat ditanya awak media soal kasus tersebut.
    Kala itu, ia mengaku belum mengetahui perihal protes penonton DWP asal Malaysia yang diperas oleh polisi.
    “Kalau dipalak dan dites urine saat acara itu, saya belum dan sampai saat ini kami tidak monitor ya,” ujar Jamalinus saat dikonfirmasi Kamis (19/12/2024).
    Saat ditanya apakah ada penonton yang ditangkap terkait narkoba, Jamalinus menyebut kepolisian hanya mengamankan berlangsungnya DWP 2024 di Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta Pusat agar berjalan lancar.
    Meski begitu, Jamalinus akan mengecek jajaran Polres Metro Jakarta Pusat usai adanya kabar tersebut.
    “Kami juga sedang cek juga saat ini terkait berita itu. Kami sedang cek juga ke jajaran kami apakah ada kejadian seperti yang diberitakan,” kata dia.
    Untuk diketahui, Jamalinus merupakan salah satu dari 34 anggota Polda Metro Jaya yang dimutasi ke Pelayanan Markas (Yanma) Polri.
    Berdasarkan informasi dari situs elhkpn.kpk.go.id, Jamalinus terakhir melaporkan harta kekayaan pada 31 Desember 2023 saat menjabat sebagai Kapolsek Gambir.
    Jamalinus memiliki total harta kekayaan senilai Rp 605 juta atau Rp 605.500.000 berupa tanah dan bangunan seluas 200 meter per segi di Bekasi senilai Rp 800 juta; alat transportasi meliputi mobil Daihatsu Terios Tahun 2023 senilai Rp 100 juta serta motor Honda Beat tahun 2023 seharga Rp 5 juta; serta kas sebanyak Rp 500.000.
    Kendati demikian, Jamalinus mempunyai utang sebanyak Rp 300 juta. Oleh karena itu, total harta kekayaan Jamalinus senilai Rp 605.500.000.
    Diberitakan sebelumnya, sebanyak 18 anggota polisi menjalani pemeriksaan oleh Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri terkait kasus dugaan pemerasan terhadap 45 warga negara asing (WNA) asal Malaysia.
    Pemalakan itu terjadi saat WNA asal Malaysia itu tengah menyaksikan Djakarta Warehouse Project (DWP) berlangsung di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, mulai 13 hingga 15 Desember 2024.
    Ke-18 anggota polisi berbagai macam pangkat itu berasal dari Polsek Kemayoran, Polres Metro Jakarta Pusat, hingga Polda Metro Jaya.
    Berdasarkan hasil penyelidikan kepolisian, jumlah barang bukti yang sudah dikumpulkan dari hasil pemerasan itu senilai Rp 2,5 miliar.
    Kini, 18 anggota polisi itu telah menjalani penempatan khusus (patsus) dan akan menghadapi sidang kode etik pada pekan depan.
    Selepas pengumuman penanganan perkara oleh Div Propam Polri, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto mengeluarkan surat telegram dengan nomor ST/429/XII/KEP./2024.
    Surat telegram tersebut ditandatangani oleh Karo SDM Polda Metro Jaya Kombes Pol Dwita Kumu Wardana.
    Sebanyak 34 anggota dari Polsek Kemayoran, Polres Metro Jakarta Pusat, dan Polda Metro Jaya dimutasi ke Pelayanan Marksa (Yanma) Polri.
    Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi berujar, 34 anggota yang dimutasi dalam rangka pemeriksaan kasus dugaan
    pemerasan penonton DWP
    asal Malaysia.
    “Dalam rangka pemeriksaan (kasus pemerasan penonton DWP),” ujar Ade Ary saat dikonfirmasi, Kamis (26/12/2024).
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Profil dan Rincian Harta Kekayaan Hakim Eko Aryanto yang Vonis Ringan Harvey Moeis – Page 3

    Profil dan Rincian Harta Kekayaan Hakim Eko Aryanto yang Vonis Ringan Harvey Moeis – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Hakim Eko Aryanto yang memvonis ringan Harvey Moeis selama 6,5 tahun penjara rupanya memiliki harta kekayaan lebih dari Rp 2 miliar. Hal ini terlihat dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). 

    Eko melaporkan harta kekayaan terkahir pada 29 Januari 2024 untuk periode laporan 2023 dan tercatat memiliki harta kekayaan dengan total Rp2.820.981.000.

    Berikut rincian harta kekayaan hakim tersebut:

    1. Tanah dan bangunan seluas 200 m2/100 m2 di Malang: Rp1.350.000.000

    2. Alat transportasi dengan total Rp910.000.000

    – Mobil Honda Civic Sedan 2013: Rp300.000.000

    – Mobil Honda CR-V Minibus 2013: Rp300.000.000

    – Mobil Toyota Innova Reborn G 2.0 AT 2016: Rp240.000.000.

    – Motor Kawasaki Ninya 2013: Rp50.000.000

    – Motor Kawasaki KLV 2013: Rp20.000.000

    3. Harta bergerak lainnya: Rp395.000.000

    4. Kas dan setara kas: Rp165.981.000.

    Apabila dibandingkan dengan pelaporan tahun 2022 lalu, ia memiliki harta kekayaan sejumlah Rp2.783.981.000. Jumlah ini naik sebesar Rp 37 juta pada 2023.

     

    Eko Aryanto merupakan pria kelahiran Malang, Jawa Timur pada 25 Mei 1968. Ia merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan golongan IV/d.

    Eko meraih gelar sarjana Hukum Pidana pada 1987 dari Universitas Brawijaya. Dia lulus S2 Ilmu Hukum dari IBLAM School of Law pada 2002.

    Lalu, Hakim usia 56 tahun ini meraih gelar S3 Ilmu Hukum yang didapatnya dari Universitas 17 Agustus 1945 pada 2015 silam.

    Kemudian, setelah menjadi CPNS pada 1988, Eko Aryanto berkarier di sejumlah Pengadilan Negeri seperti di Jawa Barat, Aceh, Jawa Timur, serta Jawa Tengah.

    Selama berkarier, Eko pernah menjadi ketua pengadilan negeri di Pandeglang pada 2009, Blitar pada 2015, Mataram pada 206, dan Tulungagung pada 2017.

    Dalam mengemban amanah, Eko kerap mengadili sejumlah tindak pidana kriminal seperti kasus kelompok kriminal John Kei, Bukon Koko, dan Yeremias Farfarhukubun terkait kasus kematian Yustis Corwing (Erwin).

  • Siapa Penemu Motor? Ini Dia Para Tokoh Pembawa Perubahan Otomotif Dunia

    Siapa Penemu Motor? Ini Dia Para Tokoh Pembawa Perubahan Otomotif Dunia

    Jakarta

    Tahukah kalian siapa penemu motor? Sosok ini tentu berjasa untuk membawa perubahan otomotif dunia. Kini, rasanya sulit untuk membayangkan kehidupan modern tanpa kehadirannya.

    Sepeda motor, atau kini hanya kita sebut dengan motor, bukan hanya alat transportasi. Namun juga menjadi simbol inovasi yang telah mengubah cara manusia berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

    Lalu, siapa sosok yang pertama kali menciptakan motor? Dalam perjalanan sejarah otomotif, penemuan oleh beberapa tokoh di baliknya, menjadi fondasi bagi perkembangan teknologi kendaraan bermotor di dunia. Dengan segala keterbatasan teknologi pada masanya, sang penemu berhasil menciptakan inovasi yang tidak hanya menginspirasi, tetapi juga membuka jalan bagi perkembangan industri otomotif global.

    Siapa Penemu Motor?

    Siapa penemu motor? Mungkin banyak yang mengenal sosoknya yakni Gottlieb Daimler, dengan bantuan Wilhelm Maybach. Namun sebetulnya sejak abad ke-18, sepeda motor telah mengalami berbagai transformasi. Penemuan mesin uap pada masa itu memotivasi manusia untuk menciptakan kendaraan bermotor roda dua yang lebih canggih.

    Seperti halnya alat transportasi lain, sepeda motor juga memiliki cerita panjang yang penuh inovasi. Sepeda motor berbahan bakar bensin pertama kali ditemukan di Jerman, sedangkan sepeda motor dengan mesin uap pertama kali dibuat di Prancis dan Amerika Serikat.

    Dikutip dari buku Ensiklopedia Transportasi Dunia (2012), sepeda motor pertama di dunia diciptakan oleh Pierre Michaux, penemu asal Prancis, pada tahun 1867. Ia membuat sepeda besi berpedal (velocipede) yang dilengkapi mesin uap satu tabung buatan Louis Guillaume Perreux.

    Dalam laman Bycicle History juga dijelaskan sepeda motor bertenaga uap pertama dibuat pada tahun 1867, di pabrik penemu sepeda terkenal Pierre Michaux. Kendaraan ini dinamai ‘The Michaux Perreaux Steam Velocipede’ dan memperoleh hak paten pada 16 Maret 1869.

    Sepeda motor ini memiliki berat 88 kg dan mampu mencapai kecepatan 14 km/jam. Di Amerika Serikat, Sylvester H. Roper juga mengembangkan sepeda motor uap pada periode 1867-1869. Sepeda motor ciptaannya menggunakan mesin uap dua tabung yang dipasang di kedua sisi rangka.

    Pada 1884, Roper menyempurnakan desainnya dengan mesin uap satu tabung yang memiliki kekuatan setara 3 tenaga kuda dan kecepatan hingga 64 km/jam. Ia mempersembahkan velocipede uap silinder kembarnya dengan tungku pembakaran batu bara, sebelum akhirnya meninggal pada tahun 1896.

    Gottlieb Daimler Sang Penemu Sepeda Motor Bensin

    Inovasi sepeda motor terus berlanjut. Di lain sisi pada tahun 1871, Insinyur asal Prancis Louis-Guillaume Perreaux sempat mengembangkan sepeda motor uap satu silinder dengan pembakar alkohol. Inovasi demi inovasi terus dilakukan oleh banyak ilmuwan lainnya.

    Hingga akhirnya, temuan tentang sepeda motor dengan cepat diikuti dengan dikembangkannya sepeda dan mesin-mesin 4 TAK berbahan bakar bensin. Kusnanto dalam buku Menelusuri Sejarah Alat Transportasi, menjelaskan sepeda motor berbahan bakar bensin pertama kali dibuat oleh insinyur asal Jerman, Gottlieb Daimler, pada tahun 1885.

    Buku Ensiklopedi Teknologi Penemuan dan Perkembangannya 4, menjelaskan Daimler memasang sebuah mesin 4 TAK berbahan bakar bensin pada kerangka sepeda yang terbuat dari kayu. Ia kemudian menambahkan dua roda samping ekstra untuk stabilitas, mirip dengan roda-roda tambahan pada sepeda yang digunakan untuk latihan.

    Daimler memasang mesin pembakaran internal pada sepeda kayu yang didesain khusus. Kendaraan ini, yang memiliki empat roda dan mesin berkapasitas 246 cc, diberi nama Reitwagen atau ‘riding car’. Putra Daimler, Maybach, menjadi orang pertama yang mengendarai Reitwagen, menempuh jarak sekitar 3 km di sepanjang Sungai Neckar dengan kecepatan 12 km/jam.

    Laman National Inventors Hall of Fame menyebut, Daimler dan Maybach menghabiskan waktu sepuluh tahun untuk mengembangkan mesin bertenaga bensin yang lebih praktis. Pada tahun 1885, mesin berbahan bakar bensin pertama dipasang pada sepeda motor.

    Daimler dan Maybach terus menyempurnakan mesin bertenaga bensin, menciptakan mesin empat tak, dua silinder, dan seterusnya. Mesin itu menjadi fondasi bagi mesin mobil masa kini. Daimler juga mendirikan Daimler Motoren-Gesellschaft pada tahun 1890 untuk membangun mesin sesuai rancangannya.

    Hingga pada dekade 1950-an, hampir semua sepeda motor di Amerika Utara diproduksi oleh Harley-Davidson atau oleh pabrik-pabrik Inggris, seperti Birmingham Small Arms Company (BSA), Norton, dan Triumph. Pada dekade 1960-an, para pembuat motor Jepang, termasuk Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha, mulai memperkenalkan berbagai jenis sepeda motor modern.

    Sekitar tahun 1980-an, beberapa sepeda motor berdaya kerja tinggi dengan mesin ‘turbo’ mulai diperkenalkan. Pada dekade 1990-an, injeksi bahan bakar menggantikan karburator pada sejumlah mesin.

    Lini Masa Perkembangan Industri Sepeda Motor

    Sepeda motor memiliki pengaruh besar dalam dunia otomotif. Seiring waktu, berbagai inovasi terus bermunculan, menjadikan sepeda motor semakin canggih dan efisien. Berikut adalah urutan perkembangan sepeda motor berdasarkan periode waktu:

    Periode 1867-1900

    1867: Pierre Michaux menciptakan sepeda motor uap pertama.1868: Sylvester H. Roper mengembangkan sepeda motor dengan mesin uap dua tabung.1871: Louis Guillaume Perreaux merancang sepeda motor uap satu tabung dengan bahan bakar alkohol.1881: Lucius Copeland menciptakan sepeda dengan mesin uap kecil, mencapai kecepatan 12 mph.1885: Gottlieb Daimler menciptakan sepeda motor berbahan bakar bensin pertama.1894: Hildebrand dan Wolfmüller memproduksi sepeda motor secara massal.

    Periode 1901-Sekarang

    1901-1903: Pabrik besar seperti Royal Enfield dan Harley Davidson mulai memproduksi sepeda motor.1928: Produsen Jerman menjadi yang terbesar di dunia.1950-an: Veteran perang di AS mendirikan klub sepeda motor.1959: Honda menjadi produsen sepeda motor terbesar di dunia.1960-an: Jepang mendominasi industri sepeda motor global, dengan merek seperti Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki.

    Kini, produsen dari berbagai negara, seperti Ducati, BMW, dan Harley Davidson, terus bersaing menciptakan inovasi terbaru dalam dunia sepeda motor. Di Indonesia, sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan. Nah itulah tadi penjelasan soal tokoh-tokoh penemu sepeda motor. Semoga menambah wawasanmu, ya!

    (aau/fds)

  • Sabtu, Samsat Keliling hadir di delapan wilayah

    Sabtu, Samsat Keliling hadir di delapan wilayah

    pastikan untuk membawa beberapa dokumen yang diperlukan untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan, seperti KTP, BPKB, dan STNK asli masing-masing disertai lampiran fotokopi

    Jakarta (ANTARA) – Polda Metro Jaya membuka layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Keliling yang berkolaborasi dengan Dinas Pendapatan Daerah di Depok, Tangerang, dan Bekasi (Detabek) tersedia di delapan wilayah pada Sabtu.

    Berdasarkan informasi dari akun ‘X’ atau Twitter resmi TMC Polda Metro Jaya, layanan Samsat Keliling tersedia di delapan wilayah, yakni:

    Samling Kota Tangerang di Apartemen Ayodhya pukul 08.00-11.00 WIB; Samling Serpong di halaman parkir Samsat Serpong pukul 08.00-11.30 WIB dan ITC BSD Serpong pukul 13.00-15.00 WIB; Samling Ciledug di halaman parkir Samsat dan Rukan Fresh Market Green Lake City Ketapang Cipondoh pukul 09.00-11.30 WIB; Samling Ciputat di Kantor Kelurahan Pondok Betung Ciputat dan Pasar Gintung Ciputat Timur pukul 09.00-11.30 WIB; Samling Kelapa Dua di Pasar Intermoda Cisauk dan halaman G Town House pukul 08.00-11.30 WIB; Samling Kota Bekasi di Kantor Kecamatan Bekasi Barat pukul 09.00-11.00 WIB; Samling Depok di halaman parkir Samsat Depok dan Dealer Honda Simpang Depok pukul 08.00-11.30 WIB; Samling Cinere di halaman parkir Samsat Cinere pukul 08.00-11.30 WIB.

    Ada beberapa hal yang harus diperhatikan wajib pajak sebelum menyambangi gerai untuk membayar pajak kendaraan, antara lain memastikan kendaraan yang akan dibayar pajaknya tidak memiliki tunggakan pajak kendaraan bermotor lebih dari satu tahun.

    Kemudian, pastikan untuk membawa beberapa dokumen yang diperlukan untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan, seperti KTP, BPKB, dan STNK asli masing-masing disertai lampiran fotokopi.

    Gerai Samsat Keliling ini hanya melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) tahunan. Sedangkan untuk perpanjangan STNK dan ganti plat nomor kendaraan harus datang langsung ke kantor Samsat.

    Pewarta: Syaiful Hakim
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2024