brand merek: Honda

  • Daftar Harga Tiket IIMS 2025, Ada Paket Terusan 11 Hari

    Daftar Harga Tiket IIMS 2025, Ada Paket Terusan 11 Hari

    Jakarta

    Pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2025 akan digelar kembali di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat pada 13-23 Februari mendatang. Selain tiket regular, Dyandra Promosindo selaku promotor juga menyediakan tiket terusan.

    Rudi MF selaku Project Manager IIMS mengatakan, pameran tahun ini jauh lebih besar dibandingkan tahun lalu. Sebab, bukan hanya luas areanya yang bertambah, pesertanya juga makin banyak.

    “Tahun lalu, luas areanya 133.547 meter persegi, sekarang sampai 154.289 meter persegi. Peserta roda empat juga bertambah 10 merek dibandingkan IIMS 2024,” ujar Rudi MF di Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (16/1).

    Indonesia International Motor Show (IIMS) Foto: Andhika Prasetia

    Untuk roda empat, ada sekira 33 merek yang hadir di IIMS 2025. Namun, mereka baru bisa mengumumkan 31 nama, yakni AION, BMW, BYD, Chery, Daihatsu, Honda, Hyundai, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Subaru, Suzuki, Toyota, Wuling, Audi, BAIC, DFSK, Denza, Citroen, Geely, GWM, Jaecoo, Jetour, KIA, Maxus, Mazda, Neta, Nissan, Seres, Vinfast dan VW.

    Kemudian untuk roda dua, ada Honda, Keeway, Benda, Benelly, BMW Motorrad, Italjet, Kawasaki, QJ Motor, Royal Enfield, Royal Alloy, Scomadi, dan Piaggio. Sementara untuk motor listriknya ada ALVA, Indomobil Motor, United, MAKA, Pasific, Polytron dan Yadea.

    Meski lebih meriah dibandingkan tahun lalu, namun harga tiket IIMS 2025 masih sama dengan tahun lalu. Hanya saja, kali ini, panitia menyediakan tiket terusan untuk pengunjung yang mau datang selama 11 hari berturut-turut.

    Berikut Harga Tiket IIMS 2025Premium Day (VIP) – Rp 150 ribuWeekdays (Senin-Jumat) – Rp 50 ribuWeekend (Sabtu-Minggu) – Rp 100 ribuSilver Pass (11 hari) – Rp 749 ribuGold Pass (11 hari) – Rp 1,4 jutaPlatinum Pass (11 hari) – Rp 1,9 juta.

    Sebagai catatan, tiket terusan antara silver, gold dan platinum punya keunggulan masing-masing. Misalnya, untuk platinum, pengunjung punya akses khusus ke beberapa area, termasuk bertemu artis-artis yang datang ke pameran.

    (sfn/dry)

  • Lihat Lebih Dekat Motor Listrik ‘Paling Enak’ yang Wujudnya Mirip Honda ADV 160

    Lihat Lebih Dekat Motor Listrik ‘Paling Enak’ yang Wujudnya Mirip Honda ADV 160

    Terkait pengecasan, setiap pembelian MAKA Cavalry sudah termasuk dengan MAKA Charger. Buat menempuh jarak sejauh 20 km per hari, motor listrik ini bisa dicas dengan MAKA Charger selama 60 menit menggunakan daya 500 watt, max 6A. Kemudian kalau menggunakan MAKA Charger+ dengan 1.200 watt, max 15 A, bisa dicas selama 26 menit. Selanjutnya jika menggunakan MAKA Fast Charging Station dengan 5.500 watt, max 52 A, hanya membutuhkan waktu 12 menit. Foto: Luthfi Anshori/detikOto

  • Profil Arief Budiman, eks Ketua KPU Diperiksa KPK Terkait Kasus Hasto, Dicecar 29 Pertanyaan – Halaman all

    Profil Arief Budiman, eks Ketua KPU Diperiksa KPK Terkait Kasus Hasto, Dicecar 29 Pertanyaan – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Arief Budiman merupakan mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode 2012-2022 yang kini menjadi Komisaris PT PLN Indonesia Power, anak perusahaan PT PLN (Persero). 

    Namanya menjadi sorotan lantaran ia dipanggil oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (15/1/2025).

    Ia bersama Evi Novida Ginting, yang juga merupakan mantan Komisioner KPU, diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap yang menjerat eks caleg PDIP Harun Masiku dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

    Arief Budiman mengaku dicecar 29 pertanyaan oleh penyidik lembaga antirasuah.

    Baik Arief maupun Evi Novida menyatakan bahwa mereka tidak menyampaikan informasi baru kepada tim penyidik terkait kasus Hasto Kristiyanto dan Harun Masiku.

    “Ada 29 pertanyaan. Sama seperti waktu lima tahun lalu, sama persis enggak ada yang baru,” ucap Arief kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

    Arief juga menyebut penyidik tidak menanyakan nama lain terkait proses pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR 2019–2024. 

    Ia mengatakan, penyidik KPK hanya fokus terhadap perkara Harun Masiku.

    “Enggak sih kalau yang nama baru enggak ada. Enggak, tetap fokus ke yang Harun Masiku saja,” ujarnya.

    Lantas siapa Arief Budiman? Berikut profilnya.

    Profil Arief Budiman

    Arief Budiman, S.S, S.IP, M.BA lahir di Surabaya pada 2 Maret 1974.

    Arief Budiman menempuh dua kali pendidikan Sarjana, yang pertama pada bidang Sastra Inggris di Universitas 17 Agustus 1945. Lalu, ia mengambil jurusan Hubungan Internasional di Universitas Airlangga (Unair).

    Tak sampai di situ, ia juga berhasil meraih gelar Magister di Universitas Gadjah Mada (UGM).

    Arief Budiman mengawali kariernya sebagai Peneliti Jawa Pos Institute of Pro-Otonomi pada 2002–2004.

    Kemudian, ia berkiprah di dunia politik.

    Pada 2004, Arief menjabat sebagai Anggota KPU Provinsi Jawa Timur.

    Berbekal pengalamannya tersebut, ia kemudian menduduki posisi sebagai Anggota KPU RI.

    Setelah itu, Arief Budiman didapuk sebagai Ketua KPU RI periode 2017–2022.

    Namun, Arief diberhentikan karena dianggap melanggar kode etik dengan mendampingi Komisioner KPU, Evi Novida Ginting Manik, dalam mengajukan gugatan atas pemberhentiannya ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN).

    Meski demikian, Arief Budiman ditetapkan sebagai Komisioner KPU RI.

    Pada 2023, Arief ditunjuk untuk mengisi posisi sebagai Komisaris PT PLN Indonesia Power.

    Arief Budiman diketahui juga aktif dalam berorganisasi.

    Menilik laman elhkpn.kpk.go.id, Arief Budiman memiliki total harta kekayaan sebesar Rp 2,5 miliar atau Rp 2.575.690.442.

    Arief terakhir kali melaporkan hartanya pada 29 Februari 2024 untuk periodik 2023.

    Harta terbanyak Arief berasal dari ‘harta lainnya’ senilai Rp 1.450.000.000.

    Ia tercatat memiliki alat transportasi berupa sepeda motor Honda PCX, Honda Beat, Yamaha dan mobil Nissan Serena dengan total nilai Rp 173.000.000.

    Selain itu, Arief mempunyai harta bergerak lainnya sebesar Rp 85.216.000 dan kas Rp 893.674.895.

    Pria berusia 50 tahun itu tercatat memiliki hutang senilai Rp 26.200.453.

    Organisasi:

    Pengurus Senat Fakultas Sastra Universitas 17 Agustus 1945 (1995 – 1996)
    Ketua Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Airlangga (1997 – 1998)
    Koordinator Bidang I Badan Pekerja Senat Mahasiswa (1997 – 1998)
    Koordinator University Network for Free and Fair Election (UNFREL) Jawa Timur (1999)
    Direktur National Network for Democracy Empowerment (1999 – 2001)
    Wakil Sekretaris Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Jawa Timur (2010 – 2015)

    Penghargaan:

    Interpreter For SuzanaPaklar, ICMC’s (International Catholic Migration Commission) Trauma Specialist, (August 2001) 
    Interpreter For JICA Expert, research on East Java Economic Development (2006) 
    Tokoh Nasional asal Jawa Timur Berprestasi, Persatuan Wartawan Indonesia (2018) 
    Alumni Terbaik Berprestasi Universitas Airlangga (2018) 
    Most Popular Leader in Social Media, The 5th Jambore PR Indonesia (JAMPIRO) (2019)

    (Tribunnews.com/Falza/Ilham Rian Pratama)

  • Iritnya Konsumsi BBM Motor Baru Honda, Seliter Bisa untuk 94 Km!

    Iritnya Konsumsi BBM Motor Baru Honda, Seliter Bisa untuk 94 Km!

    Jakarta

    Honda telah meluncurkan motor bebek baru bertampang unik, yakni Honda Cross Cub 50. Meski tampilannya tak biasa, namun kendaraan tersebut punya mesin yang sangat irit bahan bakar.

    Disitat dari Greatbiker, Kamis (16/1), Honda Cross Cub 50 bukan meluncur di Indonesia, melainkan di Jepang. Kuda besi tersebut menggunakan mesin mungil berkapasitas 49cc dengan silinder tunggal dan pendingin udara.

    Pembekalan itu membuat motor mampu menghasilkan tenaga maksimum 3,7 dk pada 7.500 rpm dan torsi puncak 3,8 Nm pada 5.500 rpm. Sementara transmisinya manual empat-percepatan.

    Honda Cross Cub 50. Foto: Doc. Honda Japan.

    Menariknya, Honda Cross Cub 50 punya konsumsi BBM yang di atas rata-rata. Bayangkan saja, hanya dengan seliter bensin, motor bebek tersebut bisa melaju sejauh 94 kilometer lebih!

    Pabrikan membekali Honda Cross Cub 50 dengan tangki berkapasitas 4,3 liter. Maka, dalam kondisi penuh atau full tank, motor bisa dipacu sejauh 405 km tanpa perlu mampir ke SPBU.

    Mengenal Honda Cross Cub 50

    Honda Cross Cub 50 punya tampang unik yang tak biasa. Bahkan, kami menyebutnya ‘salah pergaulan’. Sebab, pabrikan mengawinkan dua konsep berbeda, yakni bebek dan trail.

    Kita mungkin mengenal Honda CT125 sebagai bebek trail yang melegenda. Namun, Honda Cross Cub 50 menawarkan konsep yang berbeda. Kendaraan tersebut menggunakan kursi tunggal seperti seri klasik. Selain itu, spakbornya dirancang besar dengan selongsong knalpot rata.

    Honda Cross Cub 50. Foto: Doc. Honda Japan.

    Sementara sentuhan off road disematkan di bagian kaki-kaki, lampu dan panel instrumen semi telanjang. Kombinasi tersebut membuat Honda Cross Cub 50 memang terlihat seperti motor ‘salah pergaulan’.

    Kuda besi tersebut menggunakan struktur bodi backbone dengan suspensi depan teleskopik dan belakang swing arms. Menariknya, sistem pengeremannya masih menganut double tromol.

    Selain model standar, Cross Cub 50 juga memiliki hadir dalam varian khusus, yakni Kumamon. Kendaraan tersebut hadir dengan warna spesial dan penutup samping merah yang dibuat mencolok.

    Honda Cross Cub 50 sudah mulai dipasarkan di Jepang. Pabrikan membanderolnya mulai dari 308 ribu yen atau Rp 32 jutaan untuk varian regular dan 319 ribu yen atau Rp 33 jutaan untuk varian Kumamon.

    (sfn/dry)

  • Berani Beda! Begini Tampang Motor ‘Kawin Silang’ Honda Seharga Rp 32 Juta

    Berani Beda! Begini Tampang Motor ‘Kawin Silang’ Honda Seharga Rp 32 Juta

    Berani Beda! Begini Tampang Motor ‘Kawin Silang’ Honda Seharga Rp 32 Juta

  • Kok Tampang Motor Listrik MAKA Mirip Honda ADV 160? Ini Kata Pembuatnya

    Kok Tampang Motor Listrik MAKA Mirip Honda ADV 160? Ini Kata Pembuatnya

    Jakarta

    MAKA Motors resmi meluncurkan motor listrik pertamanya, Cavalry. Dari sisi desain, MAKA Cavalry memiliki tampang agresif dengan lekukan cukup banyak. Sepintas, desain motor listrik MAKA ini mirip seperti skuter petualang Honda ADV 160. Seperti apa tanggapan MAKA Motors?

    Dijelaskan Co-Founder & Chief Technology Ocer MAKA Motors Arief Fadillah, saat mengembangkan MAKA Cavalry, dibagi menjadi dua aspek, performa dan desain. Khusus di bagian desain, dipanggil 60 orang atau penilai dari berbagai kalangan, untuk menilai sketsa desain MAKA Motors.

    Honda ADV 160 Foto: Dok. PT Astra Honda Motor

    “Ketika ditanya motor ideal seperti apa, ada jawabannya keren, gagah, dan sebagainya. Setelah itu kita baru gambarkan dari tiga pandangan dari depan, samping, belakang kemudian kita tanya lagi ke publik. Itu akhirnya sampai keluar 80 desain berbeda,” ungkap Arief kepada wartawan di Jakarta, Rabu (15/1/2025).

    Arief menambahkan, desain motor zaman sekarang memang kebanyakan mirip-mirip. Hal itu wajar, sebab menuruti keinginan konsumen motor Indonesia yang suka terhadap motor-motor matic berdesain agresif dan sporty.

    Motor listrik MAKA Cavalry Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    “Kalau mau dimirip-mirip memang desain (motor) begitu-begitu saja. Tetapi yang penting kan vibes secara keseluruhannya, estetika, dan performanya. Betul ada inspirasinya, dari agresif juga lincah,” tambah Arief lagi.

    “Karena pada akhirnya kan konsumen yang akan pakai. Jadi kita perlu mengikuti kemauan mereka,” tegasnya.

    Secara umum, tampilan MAKA Cavalry menggabungkan desain yang agresif di bagian depan, dengan bentuk agresif seperti kepala ular. Lampu depannya sudah menggunakan LED dengan tambahan DRL. Motor ini juga memiliki lekukan bodi samping yang agresif dan elegan di bagian belakang.

    (lua/din)

  • Iritnya Konsumsi BBM Motor Baru Honda, Seliter Bisa untuk 94 Km!

    Honda Luncurkan Motor ‘Salah Pergaulan’, Begini Tampangnya

    Jakarta

    Produsen roda dua asal Jepang, Honda resmi meluncurkan Honda Cross Cub 50 untuk konsumen domestik. Meski mesinnya mungil, namun motor ‘salah pergaulan’ tersebut dibanderol cukup mahal. Apa saja keunggulannya?

    Disitat dari Greatbiker, Rabu (15/1), Honda Cross Cub 50 punya tampang unik yang tak biasa. Bahkan, kami menyebutnya ‘salah pergaulan’. Sebab, pabrikan mengawinkan dua konsep berbeda, yakni bebek dan trail.

    Kita mungkin mengenal Honda CT125 sebagai bebek trail yang melegenda. Namun, Honda Cross Cub 50 menawarkan konsep yang berbeda. Kendaraan tersebut menggunakan kursi tunggal seperti seri klasik. Selain itu, spakbornya dirancang besar dengan selosong knalpot rata.

    Honda Cross Cub 50. Foto: Doc. Honda Japan.

    Sementara sentuhan off road disematkan di bagian kaki-kaki, lampu dan panel instrumen semi telanjang. Kombinasi tersebut membuat Honda Cross Cub 50 memang terlihat seperti motor ‘salah pergaulan’.

    Kuda besi tersebut menggunakan struktur bodi backbone dengan suspensi depan teleskopik dan belakang swing arms. Menariknya, sistem pengeremannya masih menganut double tromol.

    Honda Cross Cub ‘lahir’ sebagai motor bebek kecil. Kendaraan itu menggunakan mesin 49cc bersilinder tunggal dengan muntahan tenaga 3,7 dk dan torsi 3,8 Nm. Pembekalan tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi manual empat-percepatan.

    Honda Cross Cub 50. Foto: Doc. Honda Japan.

    Selain model standar, Cross Cub 50 juga memiliki hadir dalam varian khusus, yakni Kumamon. Kendaraan tersebut hadir dengan warna spesial dan penutup samping merah yang dibuat mencolok.

    Honda Cross Cub 50 sudah mulai dipasarkan di Jepang. Pabrikan membanderolnya mulai dari 308 ribu yen atau Rp 32 jutaan untuk varian regular dan 319 ribu yen atau Rp 33 jutaan untuk varian Kumamon.

    (sfn/din)

  • Inilah Daftar Motor dan Mobil yang Dilarang Isi BBM Pertalite di SPBU per 16 Januari 2025

    Inilah Daftar Motor dan Mobil yang Dilarang Isi BBM Pertalite di SPBU per 16 Januari 2025

    Inilah Daftar Motor dan Mobil yang Dilarang Isi BBM Pertalite di SPBU per 16 Januari 2025

    TRIBUNJATENG.COM- Pemerintah akan memberlakukan peraturan terbaru yang melarang penggunaan BBM Pertalite pada beberapa jenis kendaraan di SPBU di seluruh Indonesia.

    Kendaraan yang mencoba mengisi Pertalite di SPBU Pertamina akan ditolak langsung oleh petugas, dengan daftar kendaraan yang tidak diperbolehkan.

    Keputusan untuk melarang ini masih dalam proses pembahasan dan diharapkan segera diimplementasikan di seluruh wilayah nasional.

    Adapun tujuan dari pembatasan ini adalah untuk memastikan subsidi BBM dari pemerintah tepat sasaran.

    Peraturan ini merupakan bagian dari revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 mengenai Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran BBM.

    Kendaraan yang akan dikenakan larangan penggunaan Pertalite mencakup mobil dengan kapasitas mesin di atas 1.400cc, serta motor dengan kapasitas mesin mulai dari 250cc.

    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, menjelaskan bahwa kriteria pembatasan pembelian BBM subsidi sudah ditetapkan, dengan mobil di atas 1.400cc dan motor mulai dari 250cc termasuk dalam daftar larangan penggunaan Pertalite.

    Berikut daftar motor yang dilarang isi Pertalite di SPBU Pertamina:

    – Yamaha XMAX

    – Yamaha TMAX

    – Yamaha MT25

    – Yamaha R25

    – Yamaha MT09

    – Yamaha MT07

    – Honda Forza

    – Honda CB650R

    – Honda X-ADV

    – Honda CBR250R

    – Honda CB500X

    – Honda CRF250 Rally

    – Honda CRF1100L Africa Twin

    – Honda CBR600RR

    – Honda CBR1000RR

    – Suzuki Gixxer250

    – Suzuki Hayabusa

    – Kawasaki Ninja ZX-25R

    – Kawasaki Ninja H2

    – Kawasaki KLX250

    – Kawasaki KX450

    – Kawasaki Ninja 250SL

    – Kawasaki Ninja 250

    – Kawasaki Vulcan

    – Kawasaki Versys 250

    – Kawasaki Versys 1000

    Berikut daftar mobil yang boleh pakai Pertalite setelah Perpres Disahkah

    Toyota

    Agya 1.197 cc

    Calya 1.197 cc

    Raize 998 cc dan 1.198 cc

    Avanza 1.329 cc

    Daihatsu

    Ayla 998 cc dan 1.197 cc

    Sigra 998 cc dan 1.197 cc

    Sirion 1.329 cc

    Rocky 998 cc dan 1.198 cc

    Xenia 1.329 cc

    Suzuki

    Ignis 1.197 cc

    S-Presso 998 cc

    Honda

    Brio 1.199 cc

    Kia

    Picanto 1.248 cc

    Seltos bensin 1.353 cc

    Rio 1.348 cc

    Wuling

    Formo S 1.206 cc

    Nissan

    Kicks e-Power 1.198 cc Magnite 999 cc

    Mercedes-Benz

    A-Class 1.332 cc

    CLA 1.332 cc

    GLA 200 1.332 cc

    GLB 1.332 cc

    DFSK

    Super Cab diesel 1.300 cc

    Peugeot

    2008 1.199 cc

    Volkswagen

    Tiguan 1.398 cc

    Polo 1.197 cc

    T-Cross 999 cc

    Tata

    Ace EX2 702 cc

    Renault

    Kiger 999 cc

    Kwid 999 cc

    Triber 999 cc

    Audi

    Q3 1.395 cc

    Jenis Kendaraan Dilarang Isi BBM Pertalite

    Khusus untuk mobil dengan kapasitas mesin 1400cc resmi dilarang isi BBM Pertalite setelah Perpres disahkan.

  • Honda ADV Club Karawang Owners Rayakan Anniversary ke-5

    Honda ADV Club Karawang Owners Rayakan Anniversary ke-5

    JABAR EKSPRES – Puluhan bikers yang tergabung dalam Honda ADV Club Karawang Owners (HACKER) merayakan Anniversary ke-5 pada Sabtu dan Minggu, 11-12 Januari 2025.

    Perayaan ini berlangsung di Kebun Agroindustri Dompet Dhuafa, Subang, Jawa Barat, dengan suasana penuh kehangatan dan kebersamaan.

    Mengusung tema “Sur-Five”, acara ini menjadi momentum istimewa untuk mempererat silaturahmi antar anggota sekaligus merayakan hari jadi klub.

    Selain acara syukuran, kegiatan ini juga diramaikan dengan berbagai aktivitas menarik, termasuk pelantikan anggota baru HACKER.

    Ketua Umum HACKER, Koko Baraya, yang akrab disapa Mr. Kobar, menyampaikan rasa syukurnya dalam sambutannya.

    “Atas rahmat Allah SWT, HACKER kini genap berusia lima tahun. Jumlah anggota terus bertambah, menjadikan kami sebuah keluarga besar yang tetap solid, berkomitmen, dan konsisten. Kami berharap setiap anggota dapat menjaga nama baik klub serta bertanggung jawab atas peran dan kontribusinya di HACKER,” ujarnya.

    Para peserta Anniversary ke-5 HACKER memulai perjalanan menuju lokasi dengan jadwal keberangkatan yang terbagi dalam tiga sesi.

    Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan waktu keberangkatan calon anggota yang masih memiliki jadwal kerja di perusahaan masing-masing.

    Perjalanan menuju Kebun Agroindustri Dompet Dhuafa di Subang, yang terletak di kawasan pegunungan, memberikan tantangan tersendiri bagi para peserta.

    Sebagai komunitas yang menjadi pelopor keselamatan berkendara, para member HACKER senantiasa menggunakan perlengkapan safety riding lengkap untuk memastikan perjalanan aman dan nyaman, sejalan dengan semangat kampanye #Cari_Aman.

    Rombongan akhirnya berkumpul lengkap di lokasi pada pukul 23.30.

    Malam itu dimulai dengan pembukaan acara yang berlangsung penuh kehangatan, diiringi canda tawa yang mencairkan suasana setelah perjalanan panjang dan penuh tantangan.

    Selebrasi semakin meriah ketika lagu “Ulang Tahun” dari Band Jamrud berkumandang, mengiringi momen simbolis pemotongan tumpeng sebagai wujud syukur atas kebersamaan selama lima tahun perjalanan komunitas.

    Dalam acara ini juga dilakukan pelantikan resmi anggota baru, yang disebut sebagai Ranger 7.

    Sebanyak enam calon anggota dari berbagai daerah, termasuk salah satu dari Cikarang, telah resmi bergabung menjadi bagian dari keluarga besar HACKER.

  • Penjualan ‘Mobil Murah’ Terjun Payung sepanjang Tahun 2024

    Penjualan ‘Mobil Murah’ Terjun Payung sepanjang Tahun 2024

    Jakarta

    Penjualan mobil pada 2024 menurun, jika dibandingkan dengan penjualan mobil pada 2023. Jika penjualan mobil pada 2023 mencapai 1.005.802 unit, penjualan pada 2024 hanya menyentuh 865.753 unit.

    Segmen ‘mobil murah’ yang dihuni Low Cost Green Car (LCGC) juga ikut merosot, seperti tercermin dalam data Gaikindo dan data penjualan mobil Desember 2024 yang dirilis Astra International. Jika pada 2023 penjualan LCGC mencapai 204.705 unit, penjualan LCGC pada 2024 hanya 176.766 unit.

    Jika dikalkulasi, LCGC turun penurunan hingga 27.939 unit. Wow, penurunan yang cukup besar.

    Berdasarkan data yang sama juga dijelaskan, meski penjualan mobil LCGC mengalami penurunan, mobil LCGC dari Astra Group berhasil menguasai market LCGC hingga 74 persen, dan 26 Persen market dikuasai pabrikan otomotif non Astra Group.

    Berikut penjualan mobil di Indonesia 2024:Ilustrasi Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-31 yang digelar 18-28 Juli 2024 di ICE BSD City, Tangerang. GIIAS merupakan pameran otomotif terbesar. Pengunjung memadati arema GIIAS 2024 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (18/7/2024). Foto: Andhika Prasetia

    Group Astra

    – TOYOTA + LEXUS: 291,566 Unit

    – DAIHATSU: 163,032 Unit

    – ISUZU: 26,379 Unit

    – UD Trucks: 1,960 Unit

    – PEUGEOT: 27 Unit

    Non Group Astra

    – MITSUBISHI: 99,938 Unit

    – HONDA: 94,742 Unit

    – SUZUKI: 66,809 Unit

    – HYUNDAI: 22,361 Unit

    – WULING: 21,923 Unit

    – CHERY: 9,191 Unit

    – BYD: 15,429 Unit

    – Brand Lainnya/Gabungan: 52,366 Unit

    (lth/dry)