brand merek: Honda

  • Skutik Premium Lagi Naik Daun, Segini Target Jualan PCX 160 di Bali

    Skutik Premium Lagi Naik Daun, Segini Target Jualan PCX 160 di Bali

    Jakarta

    PCX 160 yang baru mendapat penyegaran jadi senjata Honda untuk merebut pasar skutik premium. Segmen tersebut juga sedang berkembang di Bali. PCX yang masuk lima besar penjualan motor Honda di Pulau Dewata itu diharapkan bisa laku ribuan unit per bulan.

    Astra Motor Bali menjadi salah satu main dealer Honda menargetkan PCX 160 terbaru bisa laku 1.500 unit per bulan. PCX 160 yang masuk jejeran kelas AT high Honda ini disinyalir bakal lebih laris ketimbang ADV 160 ataupun Vario 160.

    “(Target penjualan) 1.500 per bulan. Tapi gabung ya ada ABS, CBS. Semua model ya, sama road sync-nya terbaru juga,” kata Liem Hok Lay selaku Honda Customer Care Center Manager Astra Motor Bali, Minggu (23/2/2025).

    “Itu yang nanti bakal kita push. Tapi kita nggak tau nih seiring berjalan nanti kalau permintaan pasarnya naik, kita bakal ningkatin lagi sebenernya. Karena yang dominan sekarang mungkin Stylo ya,” jelas dia.

    Secara total bulanan, Astra Motor Bali menargetkan bisa menjual antara 10 hingga 11 ribu per bulan.

    Pasar sepeda motor di Bali masih menjadi salah satu sumber penjualan bagi PT Astra Honda Motor. Popularitas Bali sebagai daerah wisata masih menjadi alasan kuatnya penjualan sepeda motor.

    Karakteristik konsumen Bali diketahui lebih menyukai motor skutik dengan gaya yang stylish.

    Berdasarkan data Badan Pusat Statistik yang diambil dari Direktorat Lalu Lintas Polda Bali, sepeda motor yang teregistrasi per tahunnya sampai 4,3 juta unit. Denpasar merupakan kota yang paling banyak menyumbang penjualan motor.

    Dari total tersebut, Denpasar mencapai angka 1,2 juta unit. Kemudian posisi lima besar diikuti wilayah lain seperti Badung (885 ribu unit), Gianyar (486 ribu unit), Buleleng (476 ribu unit), dan Tabanan (421 ribu unit).

    Mengingat bisnis pariwisata yang sedang menggeliat, potensi pasar sepeda motor di Bali diharapkan bisa terus bertumbuh.

    “Kalau kita lihat kan sebenarnya secara perekonomian, pariwisata, segala macem tuh lagi naik-naiknya nih,” ujar dia.

    “Bahkan dari sebelum Covid, sudah naik sekitar berapa ya, lima persen ya,” sambungnya lagi.

    “Itu yang kita yakinin dan kita akui itu sebagai pemicu nanti untuk peningkatan sepeda motor juga di Bali ya khususnya,” jelsnya.

    “Jadi, akhirnya muncul tuh… Entah orang yang work from Bali, segala macem, akhirnya kan butuh sepeda motor. Nah, rental juga sbenernya,” ungkap dia.

    Berikut ini kontribusi motor penjualan per model:

    Stylo: 24 persenScoopy: 20 persenBeat: 19 persenPCX 160: 13 persenVario 125: 10 persen

    (riar/dry)

  • Solusi Pembiayaan Rumah dan Kendaraan, jadi Ringan

    Solusi Pembiayaan Rumah dan Kendaraan, jadi Ringan

    Liputan6.com, Bekasi – PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) sukses menggelar KPR BRI Property Expo 2025. Even ini diperuntukan memberikan solusi bagi masyarakat yang ingin memiliki hunian dan kendaraan impian.

    “Kegiatan seperti ini adalah langkah nyata untuk memberikan akses yang lebih luas kepada nasabah BRI,” ujar Direktur Utama BRI Finance, Wahyudi Darmawan, di sela-sela launching kegiatan di Marketing Gallery Grand Wisata, Sinarmas Land, Bekasi.

    Menurutnya, kegiatan itu sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk mendukung masyarakat dalam mewujudkan tujuan finansial mereka, termasuk memiliki hunian dan kendaraan impian mereka.

    “Kami juga bekerja sama dengan Sinarmas Land dan beberapa brand kendaraan bermotor yang harapannya dapat memfasilitasi kebutuhan nasabah secara komprehensif,” kata dia.

    Selama event KPR BRI Property Expo 2025 berlangsung, para pengunjung menyaksikan secara langsung talkshow beberapa kegiatan yakni ‘Trend Investasi Properti di Tahun 2025’, ‘Elemen Rumah Menurut Feng Shui, ‘Menjaga Stamina Tubuh di Musim Pancaroba’, dan ‘Tips Feng Shui Bawa Hoki’.

    “Pengunjung juga dapat melakukan kunjungan langsung ke lokasi properti Sinarmas Land untuk melihat lingkungan dan fasilitas yang ditawarkan, menikmati music performance, dan turut serta dalam fun games,” papar dia

    Selain itu, BRI Finance menawarkan ragam promosi spesial KPR BRI dengan DP mulai dari 0 persen, bunga mulai dari 2,50 persen, serta free admin dan provisi. Sedangkan untuk KKB, BRI Finance menawarkan pembiayaan dengan mulai dari 2,75 persen.

    “Nasabah yang melakukan transaksi selama acara berlangsung memiliki kesempatan untuk memperoleh hadiah menarik lainnya seperti free voucher bensin senilai 1 juta rupiah,” kata dia.

    Tidak hanya itu, BRI Finance juga menggandeng brand otomotif ternama dalam kegiatan ini yang menawarkan test drive, diantaranya untuk mobil: Cherry, BYD, Hyundai, dan Honda. Sedangkan untuk motor: Harley Davidson, Vespa, dan Yamaha.

     “Semoga acara ini memberikan manfaat nyata dan menjadi langkah awal menuju masa depan yag lebih sejahtera bagi masyarakat, maupun negara Indonesia tercinta,” ujar dia.

  • Pajak Tahunan Honda Vario 125 Keluaran Terbaru

    Pajak Tahunan Honda Vario 125 Keluaran Terbaru

    Jakarta

    Pajak tahunan Honda Vario lansiran 2024 untuk STNK 2025 terungkap. Buat kamu yang mau membeli Vario 125, pajak tahunannya Rp 300 ribuan.

    Honda Vario merupakan salah satu skutik (skuter matik) yang banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Deretan keunggulan yang disajikan menjadi pemikat Honda Vario 125.

    Honda Vario 125 saat ini ditawarkan mulai harga Rp 23 hingga yang termahal Rp 25 jutaan. Dengan harga segitu, berapa uang yang harus disisihkan untuk membayar pajak tahunan ya?

    Pajak Tahunan Honda Vario 2025

    Dilihat detikOto dalam laman Informasi Data Kendaraan dan Pajak Kendaraan Bermotor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, untuk Vario tahun 2024 namun masa pajak aktif 2025, itu pajak tahunannya sebesar Rp 333 ribu. Pajak tahunan Vario terdiri dari:

    PKB Pokok: Rp 298 ribu
    SWDKLLJ: Rp 35 ribu

    Perlu dicatat, pajak tahunan itu berlaku untuk wilayah Jakarta dan kendaraan kepemilikan pertama. Besar pajak bisa jadi tak sama di wilayah lainnya.

    Sebagai informasi tambahan, buat kamu yang baru meminang Vario 125 ini berikut ini spesifikasi skutik bermesin 125 cc itu untuk bahan pertimbangan.

    Spesifikasi Honda Vario 125

    Mesin

    Tipe Mesin: 4-Langkah, SOHC, eSP, Pendinginan Cairan, PGM-FIVolume Langkah: 124,8 ccPerbandingan Kompresi: 11,0:1Tipe Transmisi: Otomatis , V-MaticDaya Maksimum: 8,2 kW (11,1 PS) / 8.500 rpmTorsi Maksimum: 10,8 Nm (1,1 kgf.m) / 5.000 rpmTipe Starter: ElektrikTipe Kopling: Automatic Sentrifugal, Tipe KeringTipe Minyak Pelumas: 0,8 liter (Penggantian Periodik).

    Rangka

    Tipe Rangka: UnderboneTipe Suspensi Depan: TeleskopikTipe Suspensi Belakang: Swing Arm dengan suspensi TunggalRem Depan: Wavy Disc BrakeRem Belakang: TromolSistem pengereman: Combi Brake System (CBS)Ukuran Ban Depan: 90/80 – 14M/C 43 P TubelessUkuran Ban Belakang: 100/80 – 14M/C 48P Tubeless.

    Dimensi

    Panjang x lebar x tinggi: 1.918 x 679 x 1.066 mmJarak Sumbu Roda: 1.280 mmTinggi Tempat Duduk: 769 mmJarak Terendah Ke Tanah: 131 mmBerat kosong: 111 kgKapasitas tangki BBM: 5,5 liter.

    Honda Vario 125 juga dilengkapi beberapa fitur seperti panel indikator full digital, jam digital, speedometer, tripmeter, pergantian oli, bagasi 18 liter, USB charger, hingga teknologi Honda Smart Key System.

    (dry/rgr)

  • Wanita Tulungagung Meninggal Tertemper KA Saat Hendak Nyekar

    Wanita Tulungagung Meninggal Tertemper KA Saat Hendak Nyekar

    Tulungagung (beritajatim.com) – Siti Purwaningsih (44), wanita asal Desa Rejotangan, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, meninggal setelah tertemper kereta api (KA) saat hendak melakukan tradisi nyekar ke makam leluhur. Kecelakaan ini terjadi di perlintasan tanpa palang pintu, diduga karena korban tidak memperhatikan kereta yang melintas dan nekat menyeberang.

    Kasi Humas Polres Tulungagung, Ipda Nanang Murdianto, mengatakan peristiwa tragis ini terjadi kemarin sore. Saat itu, korban mengendarai sepeda motor Honda Vario dengan nomor polisi AG 6104 KCN dari arah selatan ke utara.

    Korban diketahui sedang dalam perjalanan menuju makam leluhur. “Korban mengendarai motor dari arah selatan ke utara,” ujarnya, Senin (24/2/2025).

    Pada saat yang bersamaan, kereta api Dhoho jurusan Kertosono-Surabaya melaju dari arah barat ke timur. Korban diduga kurang konsentrasi dan langsung melintas di perlintasan tanpa palang pintu, hingga akhirnya tertemper kereta yang melaju dengan kecepatan tinggi.

    Benturan keras membuat korban meninggal dunia di tempat. “Korban langsung meninggal dunia di lokasi kejadian,” tuturnya.

    Polisi yang mendapat laporan segera menghubungi tim Inafis dan rumah sakit untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Jenazah korban kemudian dievakuasi ke rumah sakit guna proses lebih lanjut.

    Masyarakat diimbau agar selalu waspada dan berhati-hati saat melintasi perlintasan tanpa palang pintu. “Kami mengimbau masyarakat berhati-hati saat hendak melintas,” pungkasnya. [nm/beq]

  • BeAT Minggir Dulu, Ini Motor Honda yang Populer Dipakai Bule di Bali

    BeAT Minggir Dulu, Ini Motor Honda yang Populer Dipakai Bule di Bali

    Jakarta

    Sepeda motor masih menjadi transportasi yang diandalkan saat berkunjung ke Bali. Ada beberapa model skutik Honda yang popular digunakan para turis.

    Achmad Wahyudi Irmono TSD Manager Astra Motor Bali mengatakan turis asing di Bali untuk gender laki-laki lebih suka dengan skutik dengan perawakan bongsor seperti Honda PCX 160, Vario 160, dan ADV 160.

    “Kalau yang bule, memang biasanya mereka minta motor yang gede,” kata Achmad Wahyudi di Bali, Jumat (23/2/2025).

    Bisnis rental sepeda motor juga menyasar segmen yang lebih murah. Nah, opsi ini biasanya dipilih untuk bule perempuan.

    “Tapi di satu sisi dia (rental) juga menyediakan segmen yang istilahnya harganya lebih terjangkau,” tambah Achmad.

    “Nah terus yang untuk mungkin yang cewek itu, kalau dia baru belajar motor, biasanya pakai Scoopy atau Vario ya,” ujar dia lagi.

    Secara komposisi penjualan dibagi per model, skutik stylish masih mendominasi penjualan Astra Motor Bali. Bila diurutkan lima besar, antara lain Stylo, BeAT, Scoopy, PCX 160, dan Vario 125.

    Bicara target, Astra Motor Bali menargetkan bisa menjual antara 10 hingga 11 ribu unit motor per bulan atau sekitar 100 hingga 120 ribu unit per tahun.

    Pasar sepeda motor di Bali masih menjadi salah satu sumber penjualan bagi PT Astra Honda Motor. Popularitas Bali sebagai daerah wisata masih menjadi alasan kuatnya penjualan sepeda motor.

    Berdasarkan data Badan Pusat Statistik yang diambil dari Direktorat Lalu Lintas Polda Bali, sepeda motor yang teregistrasi per tahunnya sampai 4,3 juta unit. Denpasar merupakan kota yang paling banyak menyumbang penjualan motor.

    Dari total tersebut, Denpasar mencapai angka 1,2 juta unit. Kemudian posisi lima besar diikuti wilayah lain seperti Badung (885 ribu unit), Gianyar (486 ribu unit), Buleleng (476 ribu unit), dan Tabanan (421 ribu unit).

    (riar/rgr)

  • Pemenang Mobil dan Motor Terbaik di IIMS 2025

    Pemenang Mobil dan Motor Terbaik di IIMS 2025

    Jakarta

    Pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2025 telah berakhir. Pada upacara penutupan atau closing ceremony, panitia mengumumkan daftar mobil dan motor terbaik di ajang tahunan tersebut. Siapa saja pemenangnya?

    Sebagai pengingat, IIMS 2025 jauh lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Karuan saja, pameran tersebut diramaikan 31 merek mobil dan 25 merek motor dari berbagai belahan dunia.

    Dari daftar tersebut, tak semuanya meluncurkan produk baru di IIMS 2025. Meski demikian, Dyandra Promosindo selaku promotor pameran tetap memasukkan mobil-motor keluaran lama dalam daftar pemenang.

    Booth Mitsubishi di pameran otomotif IIMS 2025. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Secara umum, Dyandra membagi penghargaan dalam empat kategori utama, yakni mobil ICE, mobil listrik, motor ICE dan motor listrik. Biar tak penasaran, berikut kami rangkum daftar pemenangnya.

    Daftar Pemenang Mobil-Motor Terbaik di IIMS 2025

    Kategori Mobil

    BEST BIG SUV – Mazda CX-80BEST MEDIUM SUV – Hyundai All New Santa Fe HEVBEST CROSSOVER SUV – Mitsubishi XforceBEST SUV OFF-ROAD – BAIC BJ40 Plus Champion EditionBEST LOW MPV – Daihatsu XeniaBEST MEDIUM MPV – Nissan Serena e-Power C28BEST PREMIUM MPV – Toyota AlphardBEST CITY CAR – Toyota AgyaBEST COMPACT CAR – Citroen C3BEST SEDAN – BMW 320i M SportBEST SPORTS CAR – Subaru WRXFAVORITE COMMERCIAL VEHICLE – Toyota All New Hilux RanggaFAVORITE NEW CAR LAUNCH – Hyundai VenueFAVORITE CAR LAUNCH NEW AREA FOR PASSENGER CARS – GWM Haval Jolion Ultra HEVFAVORITE NEW CAR LAUNCH PREMIUM AREA – DenzaD9MOST PREMIUM COMPACT CAR – New MINI CountrymanMOST AFFORDABLE CROSSOVER – Chery Tiggo CrossMOST TESTED CAR CHOICE – Vinfast VF 3FAVORITE NEW COMER CAR – Jetour X50eFAVORITE NEW COMER CAR BRAND – GeelyFAVORITE SUV HYBRID – Jaecoo J7FAVORITE CONCEPT CAR – Suzuki eWXFAVORITE HYPERCAR Lamborghini Huracan Tecnica by PrestigeFAVORITE SOUTH EAST ASIA PREMIERE LAUNCH – Wuling Light of ASEANFAVORITE INDONESIAN PREMIERE LAUNCH – BYD Sealion 7

    Kategori Mobil Listrik

    BEST EV SUV – Chery J6BEST BIG EV SUV – KIA EV9BEST COMPACT EV SUV – MG ZS EVBEST EV CITY CAR – Wuling Air EVBEST EV COMMERCIAL CAR – DFSK Gelora EBEST EV MPV – BYD M6BEST EV SEDAN – BMW i5 eDrive40 M SportBEST LUXURY EV – Denza D9BEST MEDIUM RANGE EV – Hyundai Kona ElectricBEST LONG RANGE EV – Aion VBEST EV VAN – Volkswagen The All-Electric ID. Buzz Long WheelbaseBEST PERFORMANCE EV – BYD Sealion 7BEST EV MODIFICATION – SERES E1 x Gofar HilmanMOST AFFORDABLE CROSSOVER EV – Neta XMOST AFFORDABLE EV – Wuling Air EVFAVORITE SHORT RANGE EV – Honri Boma EVFAVORITE INDONESIAN EV PREMIERE LAUNCH – Honda e:N1FAVORITE WORLD PREMIERE LAUNCH – Jaecoo J5 EV

    Kategori Motor

    BEST ADVENTURE – BMW R1300 GS AdventureBEST CRUISER – Benda Napoleon Bob 250BEST NAKED BIKE – Royal Enfield Guerilla 450BEST SCOOTER – Honda PCX160 RoadSyncBEST SPORT BIKE – QJ Motor SRK 800 RRBEST TOURING – Honda CB150XBEST TRAIL ADVENTURE – Kawasaki KLX 230BEST SPORT SCOOTER – Italjet Dragster 250BEST CLASSIC SCOOTER – Scomadi Turismo Technica 200w Frank Sanderson EditionMOST INNOVATIVE SCOOTER – Royal Alloy GT2MOST TESTED MOTORCYCLE CHOICE – QJ Motor SRV 250 AMTFAVORITE MOTORCYCLE LAUNCH – Keeway Gleiten 125

    Kategori Motor Listrik

    BEST EV MOTORCYCLE PROMO – United T SeriesBEST SPORT EV MOTORCYCLE – Kawasaki Ninja e-1MOST AFFORDABLE EV MOTORCYCLE – Yadea VelaxMOST FUNCTIONAL EV SCOOTER – ALVA N3MOST INNOVATIVE EV SCOOTER – Adora Indomobil E-motorMOST VALUABLE EV SCOOTER – Polytron Fox SFAVORITE EV MOTORCYCLE LAUNCH – Yadea VelaxFAVORITE E-BIKE – Pacific Zeckrom 300FAVORITE NEW COMER EV BRAND – Adora Indomobil E-motor.

    (sfn/din)

  • Touring PCX 160 RoadSync di Bali: Fitur Ini Bikin Nyaman Perjalanan Jauh

    Touring PCX 160 RoadSync di Bali: Fitur Ini Bikin Nyaman Perjalanan Jauh

    Jakarta

    Bukan cuma estetika, Honda PCX 160 RoadSync dirancang dengan berbagai fitur yang membuat perjalanan jauh (touring) menjadi lebih nyaman.

    Sejak diperkenalkan pertama kali pada 2010 lalu, Honda PCX menawarkan tongkrongan bongsor namun tetap punya segitiga ergonomi berkendara yang relaks.

    Penyempurnaan terus dilakukan supaya PCX 160 RoadSync makin bikin nyaman dikendarai sebagai motor harian apalagi diajak touring.

    Pertama soal desain. PCX memposisikan diri sebagai produk yang punya menaikkan gengsi pemiliknya. Kesan mewah yang memikat, begitu kesan kali pertama melihat eksterior terbaru Honda PCX 160 RoadSync. Honda cukup berani memasang cover pada PCX 160 terbarunya. Perubahan tersebut juga menjadikan PCX 160 terasa auranya Honda forza.

    Nah, PT Astra Honda Motor (AHM) mengadakan agenda eksplorasi PCX 160 RoadSync sejauh 193 kilometer di Pulau Dewata. Memasuki hari kedua, karakter jalannya masih sama seperti di hari sebelumnya. Kali ini perjalanannya dari Lovina menuju Ubud.

    Honda PCX 160 RoadSync diajak melewati lalu lintas perkotaan hingga naik turun jalur pegunungan. Tidak ada masalah di sepanjang perjalanan tersebut.

    Berikut ini rangkuman fitur yang berkontribusi pada kenyamanan saat memakai PCX 160 RoadSync:

    Honda RoadSync

    Fitur ini memungkinkan pengendara untuk menghubungkan smartphone dengan panel instrumen motor. Ini memberikan akses mudah ke navigasi, musik, dan panggilan telepon, sehingga pengendara dapat tetap terhubung tanpa harus sering-sering menghentikan perjalanan.

    Berdasarkan pengalaman tim redaksi detikOto, hal sangat berguna untuk perjalanan jauh tanpa harus mengotak-atik handphone.

    Honda PCX 160 RoadSync Foto: Ridwan Arifin

    Belum lagi fitur RoadSync ini bisa digunakan dengan perintah suara. Misalnya tinggal menyebutkan kota tujuan, nantinya peta yang berbasis dari google maps ini akan menunjukkan rute turn by turn pada layar TFT 5 inch.

    Menariknya lagi Honda RoadSync juga memerhatikan aspek keselamatan berkendara di jalan raya. Contohnya, pengaturan RoadSync tidak bisa dilakukan saat motor berjalan.

    Posisi Berkendara Ergonomis:

    Desain PCX 160 RoadSync mengutamakan kenyamanan pengendara dengan posisi berkendara yang relaks dan santai. Jok yang lebar dan empuk juga menambah kenyamanan, terutama saat menempuh perjalanan jauh.

    Honda RoadSync di PCX 160 Foto: Dok. AHM

    Panjang motor ini masih 1.936 mm, lebar 742 mm, dan tingginya 1.123 mm. Sementara untuk tinggi joknya 764 mm dan jarak sumbu roda 1.313 mm. Masih ramah dengan tinggi rata-rata orang Indonesia, kaki pun mudah menapak ke tanah.

    Honda juga melakukan sentuhan baru bagian deknya. Posisi tulang kering jadi tidak menempel dengan dek. Area pijakan kaki juga berubah, sepatu jadi tertutup foot step, tidak lagi menjorok keluar seperti dengan yang dulu. Good job, Honda!

    Suspensi yang Nyaman:

    PCX 160 RoadSync dilengkapi dengan suspensi belakang ganda dengan tabung, yang memberikan redaman yang baik terhadap guncangan jalan. Sebagai gambaran, saat melibas perjalanan di jalan yang tidak rata, masih oke untuk meredam getaran.

    Saat memasuki trek lurus, motor terasa stabil, pun saat meliuk-liuk di rintangan jalan Bedugul Bali, motor terasa nurut dan smooth, tidak ada rasa understeer atau kesan body tertinggal.

    Ban tubeless lebar (110/70-14 di depan dan 130/70-13 di belakang) memberikan daya cengkeram yang kuat di aspal, memungkinkan manuver yang lebih stabil dan presisi.

    Mesin bertenaga untuk dipakai perjalanan jauh

    Berdasarkan pengetesan kami, tenaga yang dimilik PCX 160 terasa pas saat nanjak tipis-tipis di perbukitan maupun melintasi padatnya perkotaan.

    Tarikan awal motor ini memang enteng namun tidak nyentak. Distribusi tenaganya juga merata di putaran bawah. Saat masuk putaran di atas 6.000 rpm masih terasa dorongan tenaga.

    Sistem Pengereman ABS dan HSTC:

    Fitur keselamatan seperti Anti-lock Braking System (ABS) dan Honda Selectable Torque Control (HSTC) memberikan rasa aman dan percaya diri saat berkendara di berbagai kondisi jalan.

    HSTC terutama berguna saat berkendara di jalan licin atau saat melakukan akselerasi.

    Motor dengan akomodasi luas dan kepraktisan yang oke

    PCX 160 RoadSync memiliki kapasitas bagasi yang besar, memungkinkan pengendara untuk membawa barang bawaan yang cukup untuk perjalanan jauh. Hal ini menjadikan pengendara tidak perlu repot repot menambah box tambahan kapasitas bagasinya 30 liter.

    Perlu diketahui Honda PCX 160 untuk semua varian kini punya USB Type-C Charger terbaru, di mana sudah tersedia socket untuk melakukan pengisian

    Kemudian tangki PCX punya kapasitas 8 liter. Dengan konsumsi BBM tembus 40 km per liter, motor ini jarang mampir ke pom bensin.

    Dengan kombinasi fitur-fitur ini, Honda PCX 160 RoadSync menjadi pilihan yang baik untuk pengendara yang mencari skutik yang nyaman dan aman untuk perjalanan jauh.

    (riar/din)

  • Daftar Mobil-motor Dinas yang Dibagi-bagi Dedi Mulyadi, Bikin ‘Lieur’ Takut Boros

    Daftar Mobil-motor Dinas yang Dibagi-bagi Dedi Mulyadi, Bikin ‘Lieur’ Takut Boros

    Jakarta

    Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi bagi-bagi kendaraan dinas. Menurutnya kebanyakan kendaraan dinas bikin lieur dan dikhawatirkan malah boros.

    Stok kendaraan dinas Pemerintah Provinsi Jawa Barat bikin Dedi Mulyadi ‘lieur’. Kata Dedi stok kendaraan yang menumpuk itu justru membuat Pemprov harus menanggung biaya pemeliharaan kendaraan yang besar.

    Dikhawatirkan anggaran jadi boros hanya untuk biaya pemeliharaan kendaraan. Gubernur Jawa Barat itu kemudian memutuskan untuk membagi-bagikan mobil dan motor dinas untuk jajaran di bawahnya.

    “Jangan terlalu banyak (kendaraan dinas), lieur (pusing). Nanti numpuk biaya pemeliharaan, perawatan, pajak, di kita. Nanti jadi boros,” ungkap Dedi dalam video di TikTok pribadinya @dedimulyadiofficial.

    Daftar Kendaraan Dinas yang Dibagi-bagi Dedi Mulyadi

    Dalam video tersebut terlihat ada beberapa kendaraan dinas dengan rincian sebagai berikut.

    1. Toyota Alphard tahun 2020
    2. Hyundai Ioniq 5 tahun 2022
    3. Hyundai Ioniq sedan tahun 2020
    4. Toyota Camry tahun 2016
    5. Toyota Crown tahun 2017
    6. Hyundai Ioniq sedan tahun 2020 (mobil patwal)
    7. Toyota Fortuner tahun 2014 (mobil patwal)
    8. Mercedes-Benz Sprinter 315 CDI A3
    9. Toyota Rush tahun 2014
    10. Suzuki APV tahun 2016
    11. Daihatsu Gran Max pick-up tahun 2015
    12. Motor Royal Enfield tahun 2020
    13. Motor BMW Motorrad tahun 2020
    14. Honda CB500X (motor patwal)
    15. Yamaha Xmax 250 (motor patwal)
    16. Honda CB500X

    Beberapa kendaraan dibagikan untuk Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan sejumlah staf. Ada juga mobil yang disulap jadi RS keliling yaitu Mercedes-Benz Sprinter 315 CDI A3.

    Sementara itu Dedi akan menggunakan Toyota Kijang Innova Zenix untuk kendaraan dinas sehari-hari.

    “Tadi ada Innova yang saya pakai ya. Ya itu bolehlah, Innova mah boleh,” terang Dedi.

    Tak Mau Pakai Beli Mobil Dinas Baru

    Dedi sebelumnya diketahui meminta ke mantan Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin untuk tak dibelikan mobil dinas baru. Dedi sebut, anggaran mobil dinas itu akan dipindahkan untuk kesejahteraan rakyat.

    “Tolong jangan belikan saya mobil baru ke Pak Pj, saya juga punya mobil sudah cukup, jangan identik setiap pemimpin baru, mobil baru. Jangan lah, mobil baru yang sudah dianggarkan untuk jalan rusak dan rakyat miskin di Jawa Barat, nanti kita ubah di perubahan, saya ingin ikut sederhana seperti Pak Pj,” tutur Dedi pada pertengahan Januari lalu.

    (dry/din)

  • Elon Musk Bantah Kabar Minat Investasi Tesla ke Nissan

    Elon Musk Bantah Kabar Minat Investasi Tesla ke Nissan

    Bisnis.com, JAKARTA – CEO sekaligus pendiri Tesla, Elon Musk membantah kabar terkait minat produsen kendaraan listrik itu untuk berinvestasi pada salah satu perusahaan otomotif besar asal Jepang, Nissan.

    Sebelumnya, Financial Times (FT) mengatakan bahwa konsorsium investor Jepang dan mantan politisi berencana mendekati Tesla untuk membahas investasi, berdasarkan keyakinan bahwa produsen mobil AS tertarik membeli pabrik Nissan di AS.

    Meskipun Tesla memiliki operasi manufaktur yang luas di AS, mengakuisisi pabrik Nissan di Tennessee dan Mississippi akan memungkinkan Tesla untuk meningkatkan produksi dalam negeri ketika pemerintahan Trump mengusulkan babak baru tarif pada mobil impor.

    Namun, spekulasi bahwa Tesla mungkin tertarik pada pabrik Nissan dengan cepat ditolak oleh Musk.

    “Pabrik Tesla adalah produknya,” tulisnya di X dikutip dari Business Insider merespons laporan Financial Times tersebut, Senin (24/2/2025).

    Elon Musk menambahkan bahwa lini produksi Cybercab tidak seperti yang lain di industri otomotif, merujuk pada robotaxi tanpa roda kemudi Tesla yang sedang dikembangkan.

    Dalam postingan di X, Hiro Mizuno, mantan anggota dewan Tesla dan salah satu tokoh yang disebutkan dalam artikel FT, membantah keterlibatannya. Mizuno mengaku ragu Tesla akan tertarik dengan pabrik Nissan karena desain pabrik Tesla sangat unik.

    Adapun, lini produksi Tesla banyak menggunakan teknik manufaktur canggih, seperti gigacasting, di mana mesin press raksasa menghasilkan sebagian besar kendaraan. Jadi mengubah pabrik Nissan kemungkinan besar akan sulit dan mahal.

    Musk juga telah mengalihkan perusahaannya dari kendaraan listrik yang diproduksi secara massal ke kendaraan otonom dan robotika, seperti Cybercab yang dapat mengemudi sendiri dan robot Optimus milik Tesla.

    Pada bulan Mei, Tesla diam-diam membatalkan tujuannya untuk memproduksi 20 juta mobil setiap tahunnya. Reuters melaporkan pada bulan April bahwa perusahaan tersebut membatalkan rencana untuk memproduksi kendaraan listrik seharga US$25,000, meskipun Musk mengatakan model yang lebih terjangkau masih akan hadir tahun ini.

    Produsen mobil ini juga menghadapi tantangannya sendiri, di mana Tesla mencatat penurunan penjualan tahunan untuk pertama kalinya pada tahun lalu dan menghadapi ketidakpastian lanskap kendaraan listrik di Amerika Serikat akibat pembatalan dukungan pemerintah federal terhadap kendaraan listrik oleh Trump.

    Nissan menolak berkomentar terkait kabar ini. Sementara itu, Tesla tidak segera menanggapi permintaan komentar.

    Kabar tentang upaya untuk membuat Tesla berinvestasi merupakan indikasi bahwa kondisi raksasa otomotif asal Jepang itu yang kian genting. Lembaga pemeringkat Moody’s sebelumnya telah menurunkan peringkat kredit Nissan ke status junk atau sampah seminggu setelah usulan merger senilai US$50 miliar dengan Honda, gagal.

    Penjualan Nissan anjlok di China dan AS akibat persaingan ketat dari perusahaan kendaraan listrik China dan jajaran produk mobil hybrid yang lesu. 

    Produsen mobil tersebut berada dalam kesulitan keuangan yang parah. Keuntungan perusahaan anjlok, dan perusahaan memproyeksikan kerugian tahunan sebesar 80 miliar yen, atau sekitar US$519 juta, dalam laporan pendapatannya minggu lalu.

    Kondisi finansial yang buruk telah membuat mereka mencari investasi, dengan produsen komponen iPhone, Foxconn, sebagai calon investor.

    CEO Nissan Makoto Uchida, yang berjanji untuk membalikkan keadaan dengan memangkas 9.000 lapangan kerja secara global dan memangkas produksi kendaraan global, mengatakan Nissan akan menjajaki semua opsi “tanpa tabu” untuk menjamin masa depan perusahaan.

  • Nasib Pilu Wanita Tulungagung Tewas Tertabrak KA di Perlintasan, Berawal Saat Melaju Tanpa Menengok

    Nasib Pilu Wanita Tulungagung Tewas Tertabrak KA di Perlintasan, Berawal Saat Melaju Tanpa Menengok

    Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, David Yohanes

    TRIBUNJATIM.COM, TULUNGAGUNG – SP (44) alias Siti, seorang perempuan warga Dusun Pundensari, Desa/Kecamatan Rejotangan atau si wanita tewas tertabrak kereta api di desa setempat, Minggu (23/2/2025) sekitar pukul 16.30 WIB. 

    Kecelakaan ini terjadi diduga karena korban tidak memperhatikan saat akan melintasi rel kereta api tanpa palang perlintasan di Dusun Pundensari. 

    Informasi yang dihimpun dari warga, saat itu korban hendak menjemput anaknya yang sedang mengaji. 

    “Dia naik motor dari arah barat. Kebetulan jalan raya dan rel kereta api dalam posisi sejajar,” terang Didit, salat satu warga yang ada di lokasi. 

    Perlintasan rel KA tempat kejadian dengan jalan raya hanya berjarak sekitar 10 meter.

    Korban yang mengendarai Honda Vario AG 6104 KCN dari arah barat langsung belok ke kiri atau ke arah utara.

    Dia tidak tahu jika saat itu melaju KA Komuter Dhoho juga dari arah barat.

    “Dia langsung belok, padahal dari arah belakang kereta api sudah datang. Akhirnya terjadi kecelakaan,” sambung Didit. 

    Lokasi kecelakaan ini tidak jauh dari Stasiun Rejotangan.

    Perlintasan ini sebenarnya pernah ditutup oleh PT KAI karena sering terjadi kecelakaan antara pengguna jalan dengan kereta api. 

    Namun karena dinilai salah satu akses penting, warga meminta agar PT KAI membuka perlintasan ini kembali.

    Perlintasan pun dibuka dengan syarat ada relawan yang selalu berjaga di lokasi ini.

    Saat kejadian perlintasan sebidang ini tanpa penjagaan sehingga korban tidak ada yang mengingatkan. 

    Informasi yang didapat, relawan yang biasa berjaga sedang pulang untuk mandi

    Akibat kejadian ini korban meninggal dunia di lokasi kejadian. 

    Sementara sepeda motor korban mengalami rusak parah. 

    Polisi dari Polsek Rejotangan bersama Unit Inafis Satreskrim Polres Tulungagung melakukan olah TKP.

    Selanjutnya jenazah korban dievakuasi ke Instalasi Kedokteran Forensik dan Medikolegal (IKF) RSUD dr Iskak Tulungagung.

    “Diduga korban kurang memperhatikan situasi saat itu. Dia tidak berhenti dan tengok kanan kiri sebelum melintasi rel,” jelas Kasi Humas Polres Tulungagung, Ipda Nanang Murdianto. 

    Siti adalah korban kedua yang tertabrak kereta api dalam Minggu ini di wilayah Kecamatan Rejotangan.

    Sebelumnya Dwi Djatmiko (65) asal Kota Blitar tertabrak kereta api di Desa Aryojeding, Kecamatan Rejotangan pada Selasa (18/2/2025) sekitar pukul 05.00 WIB.  

    Saat itu tidak ditemukan identitas di tubuh korban, sehingga proses identifikasi harus menggunakan pengenalan sidik jari. 

    Saat itu korban meninggal dunia dengan kondisi yang parah usai tertabrak kereta Komuter Penataran.