brand merek: Honda

  • Mario Aji Tidak Pernah Puas Usai Ukir Sejarah

    Mario Aji Tidak Pernah Puas Usai Ukir Sejarah

    JAKARTA – Mario Suryo Aji tidak pernah berpuas diri setelah berhasil menorehkan sejarah sebagai pebalap pertama Indonesia yang bisa finis di posisi 10 besar ajang balap Grand Prix.

    Pebalap berusia 21 tahun ini menyelesaikan balapan di posisi kesembilan dalam balapan terbaru Moto2 di Grand Prix Amerika di Circuit of the Americas (COTA) Austin, Texas, Amerika Serikat, pada Minggu, 30 Maret 2025 waktu setempat atau Senin subuh waktu Indonesia.

    Posisi kesembilan merupakan finis terbaik yang pernah diraih pebalap Indonesia dalam sejarah Grand Prix. Ia memecah rekornya sendiri saat finis di posisi ke-12 kelas Moto3 musim 2023 di tempat yang sama.

    “Finis di posisi 10 besar sebagai pebalap Indonesia pertama yang melakukannya adalah pencapaian yang luar biasa. Saya senang, tetapi tidak pernah puas. Saya selalu haus akan hal yang lebih,” kata dia, dilansir situs Honda Racing.

    Mario memulai balapan di COTA dari posisi ke-12. Dia lalu pelan-pelan melewati lawan-lawannya dan finis dengan gap waktu 33,466 detik dari Jake Dixon yang memenangi balapan.

    Mario mengaku finis di posisi 10 besar dalam kondisi lintasan yang basah adalah pengalaman yang tidak dia bayangkan sebelumnya. Itu karena dia melakukan persiapan dengan motor untuk lintasan kering.

    “Namun, keadaan tiba-tiba berubah saat hujan mulai turun. Sejujurnya, saya tidak terlalu optimis karena saya kesulitan dalam kondisi basah pada hari Jumat. Namun, saat balapan, kepercayaan diri saya di lintasan basah semakin meningkat,” ujar dia.

    Mario berhasil mengamankan tujuh poin berkat hasil yang dia dapat di COTA. Dia sekarang total mengoleksi delapan poin dan duduk di posisi ke-17 klasemen sementara dari tiga seri balapan yang telah digelar.

    Ini kali kedua Mario mengamankan poin dalam kalender balapan musim 2025. Dia sebelumnya mengamankan satu poin dalam balapan pembukaan di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand.

    “Saya ingin mendedikasikan hasil ini untuk tim saya karena saya tidak bisa melakukannya tanpa mereka. Terima kasih banyak untuk keluarga dan teman-teman yang selalu mendukung saya, baik di rumah maupun di lintasan. Saya sangat menghargainya,” kata Mario.

    Balapan berikutnya atau seri keempat musim ini akan berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar. Perlombaan di sana akan digelar pada 11-13 April terdekat.

  • Isuzu Bangun Mobil Jadul tapi Modern, Desain Kotak-Mesin Lebih Ngebut

    Isuzu Bangun Mobil Jadul tapi Modern, Desain Kotak-Mesin Lebih Ngebut

    Jakarta

    Isuzu membawa mobil reinkarnasi dari pikap jaman dulu. Ya, desain kotak dan minim lekukan, namanya Dragon Max. Namun keunggulan mobil itu menjadi lebih modern.

    Dengan konsep “Restomod”, mobil ini dimodifikasi dari kendaraan klasik yang telah direstorasi dan dimodifikasi, tak ketinggalan untuk mengusung konsep kekinian, sudah dibenamkan teknologi dan komponen modern.

    Isuzu Dragon Max Foto: Isuzu Thailand

    Isuzu Thailand menggunakan basis dari TFR tahun 1988. Sebuah model yang memakai banyak wajah di seluruh pasar global, tergantung di mana Anda tinggal, truk ini sudah diberi lencana sebagai Faster, Rodeo, Pickup, Invader, atau bahkan Honda Ippon. Model ini juga muncul di bawah papan nama Opel, Vauxhall, Holden, dan Chevrolet.

    Aura Panther pikap juga masih terasa, hal ini terlihat dari bentuk body dan mukanya serba kotak.

    Proses restomod TFR ini menggunakan warna abu-abu. Mayoritas bentuk body lawas masih dipertahankan.

    Tampilan makin oke berkat suspensi yang dibuat lebih ceper, sehingga menampilkan kesan seperti truk drag.

    Lampu depan dan lampu belakang lama diganti dengan lebih banyak unit LED. Area kaki-kaki terlihat nyetel dengan velg hitam 17 inci, ban Yokohama Advan Fleva profil 225/50. Tampilan sporty diperkuat dengan spoiler bak truk.

    Masuk ke area dalam, dasbor bersudut dimodernisasi dengan kluster instrumen digital, layar sentuh infotainment bergaya potret, start stop system dan stopkontak USB.

    Isuzu Dragon Max Foto: Isuzu Thailand

    Fitur lainnya termasuk trim Alcantara, aksen serat karbon, jahitan kontras serta kursi baru dan roda kemudi yang dibungkus kulit dan suede.

    Lewat modifikasi ini, Isuzu membangkitkan TFR sebagai legenda yang layak dibayangkan kembali untuk dunia modern.

    Peningkatan yang paling signifikan adalah mekanis. Di jantung Dragon Max adalah mesin turbodiesel MaxForce 2.2-liter Isuzu, unit modern yang sama yang baru-baru ini pada D-Max dan Mu-X.

    Mesin telah disetel untuk menghasilkan 217 hp (162 kW / 220 PS) dan torsi 550 Nm. Ada kenaikan 57 PS dan 150 Nm di atas spesifikasi standar, dan lebih dari dua kali lipat dibandingkan output TFR asli. Tenaga tersebut dikirim ke roda belakang melalui transmisi otomatis delapan kecepatan modern.

    (riar/din)

  • Kegilaan Alex Marquez Sampai Bikin Tangan Kanan Rossi Geleng-geleng

    Kegilaan Alex Marquez Sampai Bikin Tangan Kanan Rossi Geleng-geleng

    Jakarta

    Alex Marquez tampil menggila di awal musim 2025. Pebalap tim satelit Ducati Gresini Racing itu konsisten finis di posisi kedua dan hanya kalah dari sang kakak, Marc Marquez, yang selalu finis pertama. Performa itu pun bikin ‘tangan kanan’ Valentino Rossi, Uccio Salucci, geleng-geleng kepala.

    Hingga berita ini ditulis, Alex telah meraih podium dua di balap sprint dan balap utama MotoGP Thailand dan MotoGP Argentina. Alex juga meraih podium kedua di balap sprint dan balap utama MotoGP Amerika.

    Team Director Pertamina Enduro VR46 Racing Team Alessio ‘Uccio’ Salucci Foto: Dok. Pertamina Enduro VR46 Racing Team

    Performa gemilang Alex pun jadi perhatian bos Pertamina Enduro VR46, Uccio Salucci. Prestasi Alex menjadi perhatian khusus tangan kanan legenda balap, Valentino Rossi itu.

    “Marc Marquez bukan satu-satunya ‘ancaman’. Ada saudaranya, yang melaju sangat cepat. Alex benar-benar membuat saya takjub. Kita semua membicarakan Alex Marquez,” ungkap Uccio dikutip dari Motosan.

    Uccio tak heran Alex bisa menampilkan performa konsisten di awal musim 2025. Bagaimanapun, Alex adalah seorang juara dunia di level balap junior. Alex pernah menjuarai balap kelas Moto3 (2014) dan Moto2 (2019). Alex juga memiliki pengalaman pernah membalap di tim pabrikan Repsol Honda.

    “Dia adalah juara dunia dua kali, dan ada perbedaan besar antara tidak menjadi juara dunia dan pernah menjadi juara dunia. Dia adalah juara dunia dua kali, dan saya tidak heran dia melaju kencang. Dia memiliki motor yang hebat, dia memiliki tim yang bagus,” kata Uccio lagi.

    (lua/din)

  • Kecelakaan Hari Ini di Kulonprogo, Pasutri Pensiunan PNS Tewas, Honda Jazznya Adu Banteng dengan APV

    Kecelakaan Hari Ini di Kulonprogo, Pasutri Pensiunan PNS Tewas, Honda Jazznya Adu Banteng dengan APV

    TRIBUNJAKARTA.COM – Dua orang meninggal dunia setelah kecelakaan yang melibatkan Honda Jazz dan Suzuki APV di Jalan Yogyakarta-Wates, tepatnya di wilayah Kapanewon Wora Wari, Kalurahan Sukoreno, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (31/3/2025).

    Korban meninggal adalah pasangan lanjut usia, Mardjuki (65) dan istrinya, Sumarti (62), warga Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

    Keduanya merupakan mantan pegawai negeri sipil.

    “Meninggal dunia dalam penanganan RSUD Wates,” ujar Ipda Tanto Kurniawan, Kepala Unit Penegakan Hukum Satuan Lalu Lintas Polres Kulon Progo, melalui pesan singkat, Senin.

    Kronologi

    Kecelakaan terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Mardjuki yang mengemudikan Honda Jazz AB 1392 HF bersama istrinya melaju dari arah Wates menuju Yogyakarta.

    Saat di lokasi kejadian, mobilnya melewati marka tengah dan masuk ke jalur kanan, sehingga bertabrakan dengan Suzuki APV silver AE 1835 BT yang dikemudikan Achmad Mustofa (23), warga Kabupaten Gunung Kidul.

    Sementara, penumpang Suzuki APV, yakni Lisnawati Naimbo (35), warga Sleman, serta Agnes Kimora (7), asal Bukittinggi.

    Akibat tabrakan ini, Achmad mengalami cedera kepala ringan, luka lecet pada pelipis dan kaki, serta cedera paru-paru. 

    Lisnawati mengalami cedera kepala, luka sobek pada pelipis dan pipi, serta luka lecet di tangan dan kaki.

    Sementara Agnes mengalami cedera kepala ringan, luka robek di wajah, serta luka lecet di kaki dan tangan.

    Ketiga penumpang APV masih dalam perawatan intensif di rumah sakit.

     

  • Kronologi 2 Lansia Pasutri Tewas Dalam Kecelakaan Adu Banteng

    Kronologi 2 Lansia Pasutri Tewas Dalam Kecelakaan Adu Banteng

    TRIBUNJATENG.COM – Kecelakaan tragis terjadi di Jalan Yogyakarta-Wates, pasangan suami istri (Pasutri) lanjut usia tewas.

    Dua orang korban tewas tersebut melibatkan Honda Jazz dan Suzuki APV di wilayah Kapanewon Wora Wari, Kalurahan Sukoreno, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (31/3/2025). 

    Korban meninggal adalah pasangan lanjut usia, Mardjuki (65) dan istrinya, Sumarti (62), warga Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. 

    Keduanya merupakan mantan pegawai negeri sipil.

    “Meninggal dunia dalam penanganan RSUD Wates,” ujar Ipda Tanto Kurniawan, Kepala Unit Penegakan Hukum Satuan Lalu Lintas Polres Kulon Progo, melalui pesan singkat, Senin. 

    Kronologi

    Kecelakaan terjadi sekitar pukul 16.30 WIB.

    Mardjuki yang mengemudikan Honda Jazz AB 1392 HF bersama istrinya melaju dari arah Wates menuju Yogyakarta. 

    Saat di lokasi kejadian, mobilnya melewati marka tengah dan masuk ke jalur kanan, sehingga bertabrakan dengan Suzuki APV silver AE 1835 BT yang dikemudikan Achmad Mustofa (23), warga Kabupaten Gunung Kidul.

    Sementara, penumpang Suzuki APV, yakni Lisnawati Naimbo (35), warga Sleman, serta Agnes Kimora (7), asal Bukittinggi.

    Akibat tabrakan ini, Achmad mengalami cedera kepala ringan, luka lecet pada pelipis dan kaki, serta cedera paru-paru.

    Lisnawati mengalami cedera kepala, luka sobek pada pelipis dan pipi, serta luka lecet di tangan dan kaki. 

    Sementara Agnes mengalami cedera kepala ringan, luka robek di wajah, serta luka lecet di kaki dan tangan.

    Ketiga penumpang APV masih dalam perawatan intensif di rumah sakit. (*)

     

  • Tarif Impor Trump: Lonjakan Harga Kendaraan di AS – Halaman all

    Tarif Impor Trump: Lonjakan Harga Kendaraan di AS – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Kebijakan tarif impor yang diterapkan oleh mantan Presiden Donald Trump telah memberikan dampak besar pada pasar kendaraan di Amerika Serikat.

    Dengan dikenakannya tarif impor sebesar 25 persen bagi kendaraan asing, harga mobil diprediksi akan naik secara signifikan.

    Mari kita lihat lebih dekat bagaimana kebijakan ini mempengaruhi harga dan penjualan mobil di AS.

    Berapa Kenaikan Harga Kendaraan di AS?

    Menurut prediksi dari Cox Automotive, harga rata-rata mobil yang diproduksi di Amerika Serikat akan mengalami kenaikan sekitar 3.000 dolar AS atau setara dengan Rp49 juta.

    Kenaikan yang lebih signifikan diperkirakan terjadi pada kendaraan yang diproduksi di Kanada atau Meksiko, yang dapat naik hingga 6.000 dolar AS atau Rp99 juta per unit.

    Hal ini akan berimbas pada berbagai jenis kendaraan, terutama yang memiliki margin tipis, seperti Honda dan General Motors (GM).

    Apa Dampaknya pada Produsen Mobil?

    Produsen kendaraan mewah seperti Bentley atau Ferrari mungkin dapat mengalihkan beban biaya kepada konsumen.

    Namun, produsen dengan margin yang lebih kecil seperti Honda dan GM diperkirakan akan menghadapi kesulitan.

    “Model SUV murah seperti Honda CR-V dan Honda HR-V serta SUV buatan GM seperti Chevy Trax dan Chevy Equinox akan terpengaruh oleh kenaikan harga,” kata Erin Keating, analis dari Cox Automotive.

    Saat ini, diler mobil di AS masih memiliki stok kendaraan yang cukup untuk sekitar 90 hari ke depan.

    Namun, dengan banyaknya konsumen yang khawatir harga akan melonjak, permintaan mobil diperkirakan akan meningkat.

    Eric Mann, manajer penjualan di diler Szott M59 Jeep Michigan, menyatakan bahwa semakin banyak pelanggan yang membeli mobil karena ketakutan akan kenaikan harga.

    Bagaimana Kebijakan Ini Akan Berlanjut di Masa Depan?

    Tarif impor akan mulai berlaku pada 2 April 2025, dan ini dapat berdampak negatif pada penjualan mobil di AS.

    Dengan beberapa model mobil murah yang berpotensi dihentikan karena harga jualnya menjadi kurang kompetitif, SP Global Mobility memperkirakan bahwa penjualan mobil tahunan di AS akan turun menjadi antara 14,5 juta hingga 15 juta unit pada beberapa tahun mendatang, dari 16 juta unit pada tahun 2024.

    Apa yang Dikatakan Trump Tentang Kebijakan Ini?

    Kenaikan harga kendaraan ini merupakan dampak dari perintah Trump untuk menerapkan tarif pajak 25 persen pada semua kendaraan yang tidak diproduksi di AS.

    “Apa yang akan kami lakukan adalah mengenakan tarif 25 persen untuk semua mobil yang tidak dibuat di Amerika Serikat. Jika mereka dibuat di Amerika Serikat, maka tidak akan dikenakan tarif sama sekali,” jelas Trump dalam konferensi pers di Gedung Putih.

    Trump berpendapat bahwa langkah ini adalah untuk melindungi industri otomotif dalam negeri.

    “Saya tidak peduli jika mereka menaikkan harga karena orang-orang akan mulai membeli mobil Amerika,” tambahnya,

    Trump menegaskan bahwa kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan pemerintah dan memberikan tekanan kepada negara lain agar memenuhi prioritas perdagangan AS.

    Kebijakan tarif impor yang diterapkan oleh Trump tidak hanya berdampak pada kenaikan harga kendaraan di pasar AS, tetapi juga berpotensi memengaruhi penjualan dan strategi bisnis produsen otomotif.

    Meskipun tujuan dari kebijakan ini adalah untuk melindungi industri dalam negeri, konsekuensinya mungkin akan dirasakan oleh konsumen dalam bentuk harga yang lebih tinggi untuk kendaraan baru dan bekas.

    Konten ini disempurnakan menggunakan Kecerdasan Buatan (AI).

  • Kebijakan Tarif Impor Trump Bawa Petaka, Buat Harga Mobil di AS Naik Gila-Gilaan – Halaman all

    Kebijakan Tarif Impor Trump Bawa Petaka, Buat Harga Mobil di AS Naik Gila-Gilaan – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Sebagian besar harga kendaraan di pasar Amerika Serikat (AS) diprediksi melonjak tajam usai Presiden Donald Trump memberlakukan tarif impor 25 persen bagi kendaraan asing.

    Cox Automotive memprediksi harga rata-rata mobil yang diproduksi di AS akan mengalami kenaikan mulai 3.000 dolar AS atau Rp 49 jutaan.

    Sementara untuk kendaraan yang dibuat di Kanada atau Meksiko dibanderol naik hingga 6.000 dolar AS atau Rp99 jutaan per unit.

    Merek mewah seperti Bentley atau Ferrari mungkin bisa meneruskan beban biaya ke konsumennya.

    Akan tetapi produsen otomotif dengan margin tipis seperti Honda dan General Motors (GM) diproyeksi akan kesulitan menghadapi tarif impor yang diberlakukan Trump.

    Ini lantaran SUV murah besutan Honda seperti Honda CR-V dan Honda HR-V serta SUV buatan GM seperti Chevy Trax, Subaru Forester, Chevy Equinox akan ikut terdampak, berpotensi terseret naik ke harga tertingginya.

    “Produsen tahu ada beberapa kendaraan yang bisa bertahan dengan margin lebih kecil, tetapi Honda CR-V, Chevy Trax, Subaru Forester, Chevy Equinox, dan Honda HR-V mungkin terlalu mahal untuk dijual,” kata Erin Keating, analis di Cox Automotive.

    Saat ini, sejumlah dealer mobil di AS masih memiliki stok yang cukup untuk sekitar 90 hari, tetapi harga diperkirakan akan naik setelah itu.

    Eric Mann, manajer penjualan di dealer Szott M-59 Jeep, Michigan, mengatakan semakin banyak pelanggan membeli mobil karena khawatir harga akan melonjak.

    Namun setelah tarif impor diberlakukan pada 2 April 2025 mendatang, kemungkinan permintaan mobil di AS akan menyusut.

    Ini lantaran beberapa model murah yang ditujukan bagi pembeli kemungkinan akan dihentikan karena harga jualnya menjadi kurang kompetitif.

    Imbasnya, S&P Global Mobility memperkirakan penjualan mobil tahunan di AS akan turun menjadi 14,5 juta hingga 15 juta unit dalam beberapa tahun mendatang dari 16 juta unit pada 2024.

    Tarif impor juga berpotensi menghantam rute perdagangan senilai 240 miliar dolar AS, dengan mobil dan truk ringan impor menyumbang sekitar setengah dari sekitar 16 juta kendaraan yang dijual di AS tahun lalu.

    Kebijakan Trump Biang Keroknya

    Adapun kenaikan harga kendaraan di pasar AS terjadi buntut kebijakan Trump atas perintah untuk menerapkan tarif pajak sebesar 25 persen pada impor mobil yang masuk ke pasar AS, berlaku per 2 April 2025.

    Trump tidak menyebutkan secara spesifik apakah tarif tersebut akan menargetkan negara-negara tertentu.

    Namun dalam keterangan resminya, Trump menuturkan, tarif pajak berlaku pada semua mobil yang tidak dibuat di Amerika Serikat, termasuk komponen otomotif seperti mesin dan transmisi.

    “Apa yang akan kami lakukan adalah mengenakan tarif 25 persen untuk semua mobil yang tidak dibuat di Amerika Serikat. Jika mereka dibuat di Amerika Serikat, maka tidak akan dikenakan tarif sama sekali,” ujar Trump dalam konferensi pers di Gedung Putih, dilansir dari AFP.

    “Kami akan mengenakan tarif kepada negara-negara yang melakukan bisnis di negara kami dan mengambil pekerjaan kami, mengambil kekayaan kami, mengambil banyak hal yang telah mereka ambil selama bertahun-tahun,” imbuh Trump.

    Kendati kebijakan Trump dapat memicu kenaikan harga mobil baru dan bekas, akan tetapi Trump mengatakan bahwa pihaknya “tidak peduli” jika produsen otomotif menaikkan harga mobil sebagai tanggapan atas tarif yang direncanakan untuk kendaraan impor.

    “Saya tidak peduli jika mereka menaikkan harga karena orang-orang akan mulai membeli mobil Amerika,” jelas Trump

    “Saya berharap mereka menaikkan harga, karena jika mereka melakukannya, orang-orang akan membeli mobil buatan Amerika,” katanya, mengulang frasa “Saya tidak peduli” dua kali lagi dalam jawabannya yang panjang.

    Langkah Trump mengenakan tarif tinggi pada mobil impor telah lama menjadi bagian dari strategi ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan pemerintah.

    Selain itu, kebijakan ini diklaim dapat menghidupkan kembali industri dalam negeri, dan menekan negara lain agar memenuhi prioritas perdagangan AS.

    Nantinya kebijakan tarif impor ini tak hanya berlaku untuk kendaraan rakitan luar AS, tetapi juga meliputi komponen otomotif seperti mesin dan transmisi.

    (Tribunnews.com/Namira)

  • Ariel Noah Bikin Heboh! Dulu Mudik Naik Motor Bebek, Kini Naik Skutik ‘Sultan’

    Ariel Noah Bikin Heboh! Dulu Mudik Naik Motor Bebek, Kini Naik Skutik ‘Sultan’

    Jakarta

    Nazriel Irham alias Ariel Noah kerap naik sepeda motor saat mudik Lebaran ke kampung halaman. Jika sebelumnya mengendarai motor bebek Honda CT125, kini dia menggunakan skuter matik (skutik) ‘sultan’ Italjet Dragster 200!

    Pada mudik Lebaran tahun 2023, Ariel Noah berangkat ke Bandung, Jawa Barat naik Honda CT125 yang berstatus sebagai motor bebek termahal di Indonesia. Kendaraan tersebut dibanderol Rp 81,8 juta dengan status on the road Jakarta.

    Seperti biasa, sebelum berangkat, dia mengabadikan swafoto bersama motornya tersebut. Ketika itu, unggahannya dibanjiri komentar netizen yang salut dengan keputusan Ariel mudik naik kendaraan roda dua.

    Ariel NOAH naik motor bebek mahal. Foto: dok. Instagram Ariel NOAH

    Menariknya, saat kembali ke Jakarta, Ariel Noah tak menggunakan motor yang sama, melainkan BMW G310GS yang jauh lebih mahal. Kendaraan tersebut dibanderol hampir Rp 150 juta dengan status on the road Jakarta.

    Ketika arus balik Lebaran 2023, banyak masyarakat yang memergoki Ariel naik BMW G310GS di jalan raya. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang sapaannya dibalas langsung vokalis 43 tahun tersebut.

    Dua tahun berlalu, Ariel masih setia menggunakan sepeda motor untuk mudik ke kampung halaman. Kali ini, dia kedapatan mengendarai skutik ‘sultan’ buatan Italia, Italjet Dragster 200!

    Ariel NOAH mudik pakai motor Foto: dok. Instagram Ariel NOAH

    Di Indonesia, Italjet Dragster 200 sempat dipasarkan melalui importir umum Utomocorp. Namun, kendaraan tersebut saat ini dipasarkan melalui PT Cuprum Performance Indonesia (CPI).

    Menurut penelusuran kami, Italjet Dragster 200 dibanderol cukup beragam, yakni berkisar Rp 155 jutaan hingga Rp 175 jutaan. Nominal tersebut berstatus on the road Jakarta.

    Skutik dengan tampang radikal tersebut memiliki dimensi panjang 1.890 mm, lebar 750 mm, tinggi tempat duduk 770 mm, jarak sumbu roda 1.350 mm dan bobot kosong 124 kg. Sementara kapasitas tangkinya sembilan liter.

    Italjet Dragster 200 menggunakan mesin DOHC berkapasitas 180,7cc dengan silinder tunggal dan pendingin cairan. Pembekalan tersebut membuat motor mampu menghasilkan tenaga 19,8 dk dan torsi 17 Nm.

    (sfn/sfn)

  • 5 Tahun Bayar Rp 22 Juta Langganan Mobil Listrik Honda, Langsung Jadi Hak Milik?

    5 Tahun Bayar Rp 22 Juta Langganan Mobil Listrik Honda, Langsung Jadi Hak Milik?

    Jakarta

    Mobil listrik Honda bisa dipinang dengan mahar Rp 22 juta setiap bulan selama lima tahun. Setelahnya, mobil langsung jadi hak milik?

    Honda menyajikan sesuatu yang berbeda di pasar mobil listrik Tanah Air. Seperti diketahui, belum lama ini Honda resmi meluncurkan mobil listriknya di Indonesia e:N1. Mobil listrik itu sudah mulai dijual. Tapi skema penjualannya berbeda dengan model lainnya. Mobil ini hanya bisa dibawa pulang dengan skema langganan.

    Konsumen yang tertarik, harus membayar Rp 22 juta per bulan. Uang tersebut dibayarkan selama lima tahun. Kalau sudah lima tahun, mobil jadi hak milik? Honda memang menawarkan opsi kepemilikan, namun untuk persyaratannya tak dijelaskan dengan detail.

    “Ada opsi kepemilikan, lebih detail bisa hubungan dealer kami ya,” terang Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy kepada detikOto, Rabu (26/3/2025).

    Dengan harga segitu, rupanya Honda e:N1 banyak memikat konsumen di kalangan fleet. Kata Billy, sudah ada 105 perusahaan yang memesan mobil ini untuk digunakan. Meski begitu, konsumen retail pun bisa memilikinya dengan skema serupa.

    “86 perusahaan sudah kontrak, 19 lainnya sedang dalam proses,” lanjut Billy.

    Kalau dihitung kasar, membayar Rp 22 juta per bulan setiap bulan selama lima tahun, konsumen bakal keluar duit sekitar Rp 1,32 miliar. Namun biaya tersebut sudah termasuk biaya perawatan berkala dan juga pajak tahunan.

    Spesifikasi Honda e:N1

    Sebagai informasi tambahan, Honda e:N1 dilengkapi dengan motor listrik bertenaga 204 PS. Sementara torsinya sebesar 310 Nm. Tenaga tersebut disalurkan melalui roda depan. Honda e:N1 menggendong baterai lithium-ion berkapasitas 68,8 kWh yang menawarkan daya jelajah sejauh 500 km (dalam pengujian NEDC).

    Honda e:N1 memiliki tiga mode berkendara yaitu Econ, Normal, dan Sport. Terdapat pula deceleration paddle selectors. Soal fitur, Honda e:N1 sudah dilengkapi dengan Honda Sensing yang memiliki fungsi sebagai berikut:

    – CMBS (Collision Mitigation Braking System)
    – LKAS (Lane Keeping Assist System)
    – ACC with LSF (Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow)
    – AHB (Automatic High Beam)
    – LCDN (Lead Car Departure Notification System)
    – RDM with LDW (Road Departure Mitigation System with Lane Departure Warning)

    Selain itu, ada juga fitur lain seperti blind spot information, cross traffic monitor, 6 airbag, sistem pengereman ABS dan EBD, vehicle stability assist, 4 sensor parkir di depan dan 4 sensor parkir di belakang, agile handling assist, isofix, acoustic vehicle alerting system, serta tire pressure monitoring system.

    (dry/din)

  • Waspada! Begal Modus Menuntun Motor Sasar Warga Surabaya

    Waspada! Begal Modus Menuntun Motor Sasar Warga Surabaya

    Surabaya (beritajatim.com) – Warga Surabaya tampaknya harus berhati-hati untuk menolong orang yang sedang kesusahan di jalan.

    Pasalnya, baru – baru ini ada modus baru yang mengincar kebaikan hati warga Surabaya. Jika biasanya para pelaku begal berani untuk langsung memepet korban dan mengancam baru mengambil barang berharga, lain hal yang dialami oleh AP warga Sidoarjo.

    AP menceritakan, pada awal Maret 2025 lalu ia baru saja menjadi korban begal. Modusnya, pelaku pura-pura menuntun sepeda motor seperti kehabisan bensin.

    Saat itu, AP kasihan dan langsung mendatangi kedua orang yang tampak mendorong motornya itu.

    “Waktu itu saya mau pulang ke arah Sidoarjo. Saat berada di Jalan MERR (Ir. Soekarno) wilayah Gunung Anyar, saya melihat ada dua orang sedang menuntun sepeda motor. Karena kasihan saya datangi,” kata AP, Senin (31/03/2025).

    AP lantas menawarkan bantuan untuk menyetut sepeda motor yang mogok ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBBU) terdekat.

    Kedua pelaku setuju, Satu orang dibonceng AP sementara satu orang yang lain menaiki sepeda motor yang mogok. Belum jauh mendorong sepeda motor yang mogok,ada dua orang lain yang mendekat dan langsung menodongkan pisau ke AP.

    “Mulanya saya kira saya dan orang yang saya tolong itu jadi korban begal. Ternyata mereka itu komplotan,” imbuh AP.

    Korban yang ketakutan menyerahkan sepeda motor dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Keempat pelaku pun kabur ke arah Pondok Candra Sidoarjo.

    Seingat Korban AP, pelaku berusia dewasa. Keempat masing-masing berboncengan dua orang mengendarai motor Vario dan PCX. Dua orang yang bertugas menyergap dirinya memakai jaket serba hitam, dan bermasker penutup hidung serta mulut.

    “Pelaku berjumlah 4 orang. Untuk sepeda motor Honda Scoopy saya sudah lunas. Beruntungny nyawa saya selamat dan tidak ada luka,” tutur AP.

    Walaupun telah menjadi korban, AP mengaku belum melaporkan hal ini ke pihak kepolisian. Alasannya, ia masih bingung dan belum ada Waktu lebih. Ia pun berencana akan melapor ke Polsek Gunung Anyar dalam waktu dekat. (ang/ted)