brand merek: Honda

  • Truk Bermuatan Ayam Tabrak Enam Motor hingga Masuk Sungai di Kabuh Jombang

    Truk Bermuatan Ayam Tabrak Enam Motor hingga Masuk Sungai di Kabuh Jombang

    Jombang (beritajatim.com) – Kecelakaan lalu lintas melibatkan truk bermuatan ayam dan enam sepeda motor terjadi di Jalan Desa Sumbergondang, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, pada Jumat pagi, 30 Mei 2025, sekitar pukul 07.00 WIB.

    Meski tidak ada korban jiwa, satu orang mengalami luka ringan dan kerugian material ditaksir mencapai Rp5 juta.

    Truk Mitsubishi dengan nomor polisi S-7512-UP yang dikemudikan Yohan Bagus Firmansyah (27), warga Desa Katemas, Kecamatan Kudu, Jombang, melaju dari arah barat ke timur. Saat tiba di lokasi kejadian, pengemudi diduga menghindari seorang pejalan kaki yang menyeberang jalan.

    “Karena menghindari orang menyeberang, pengemudi membanting stir ke kiri dan akhirnya oleng. Truk kemudian menabrak enam motor yang sedang parkir di pinggir jalan dan semuanya masuk ke sungai, termasuk truk itu sendiri,” ujar Kanit Gakkum Satlantas Polres Jombang, Ipda Siswanto.

    Keenam sepeda motor yang tertabrak diketahui sedang terparkir di sisi jalan. Masing-masing: Honda Beat S-5887-OC, atas nama Sutiman (54), warga Desa Sumbergondang: Honda Beat AG-5047-VAH, atas nama Yoyok Dwi Cahyono (28), warga Desa Sumbergondang, serta Yamaha Mio tanpa pelat nomor, atas nama Irawan (44), warga Desa Sumbergondang.

    Kemudian, Honda Bravo S-5633-WF, atas nama Nasikin (54) warga Desa Kauman, Honda Revo S-5471-XG, atas nama Murdi (54) warga Desa Sumbergondang, serta Honda Beat S-3058-NI, atas nama Nur Cahyono (40), warga Desa Genengan Jadem – satu-satunya korban luka ringan yang saat ini menjalani rawat jalan.

    Selain kendaraan yang mengalami kerusakan dan masuk ke sungai, muatan ayam dari truk turut berserakan di lokasi kejadian. Ayam-ayam tersebut sebagian besar masih berukuran kecil.

    Dua saksi mata, Lukson (46) dan Heru (42), warga Desa Sumbergondang, memberikan keterangan kepada polisi. Hasil penyelidikan awal menyebutkan bahwa tidak ada korban jiwa maupun luka berat dalam peristiwa ini.

    “Korban meninggal dunia tidak ada, luka berat tidak ada, hanya satu korban luka ringan atas nama Nur Cahyono,” tambah Ipda Siswanto. [suf]

  • ‘Krisis Kecil di Ducati Mulai Terjadi’

    ‘Krisis Kecil di Ducati Mulai Terjadi’

    Jakarta

    Manajer pebalap sekaligus pengamat MotoGP Carlo Pernat menilai motor pabrikan Ducati tidak berjalan dengan baik.

    Buktinya Ducati gagal menang dalam dua seri terakhir MotoGP. Johann Zarco (Honda) menang di Prancis, dan Marco Bezzecchi (Aprilia) keluar sebagai juara di Inggris.

    Meski faktanya Ducati selalu mengisi podium, tapi motor Desmosedici GP25 tidak bisa konsisten. Para pebalap yang menggeber motor tersebut antara lain Marc Marquez, Francesco Bagnaia, dan Fabio Di Giannantonio, dinilai harus lebih banyak berjuang.

    “Harus dikatakan dan dicatat bahwa krisis kecil sedang dimulai untuk Ducati,” kata Pernat dikutip dari Motosan.

    “Terutama untuk tim pabrikan Ducati, katakanlah bahwa balapan ini telah menunjukkan bahwa motor 2025 tidak tepat.”

    “Mereka yang memakainya adalah Márquez, Bagnaia dan Di Giannantonio, banyak berjuang.”

    “Tetapi setiap tahun Ducati mengajarkan kita hal-hal ini, bahwa pada awalnya selalu butuh waktu cukup lama,” tegasnya.

    Marquez mengakui pada balapan kedua di MotoGP Inggris, lebih hati-hati hingga bisa finis ketiga. Soal jatuhnya di balapan pertama, Marquez merasa tak melakukan kesalahan yang signifikan atau ada masalah di motor. Kali ini jatuhnya berbeda dari di MotoGP Amerika Serikat atau Spanyol.

    Pun demikian dengan rekan setimnya, Bagnaia. Dia terjatuh pada lap keempat dan tidak bisa menyelesaikan balapan.

    “Kali ini, mungkin, lebih. Dan tampaknya masalahnya bahkan sedikit lebih sulit daripada tahun-tahun sebelumnya. Jelas bahwa Marquez menyembunyikannya sedikit, dengan bakat fenomenalnya, sebenarnya dia adalah yang terdepan di kejuaraan dunia. Tetapi dia sering jatuh, dia sering mengeluh, dia tidak bisa memberikan apa adanya dalam caranya,” tambah Pernat.

    Marc Marquez masih unggul di klasemen kejuaraan dengan 196 poin, unggul 24 poin dari saudaranya, Alex. Bagnaia tetap berada di urutan ketiga, 72 poin di belakang sang pemimpin klasemen.

    (riar/rgr)

  • Sahroni Desak Pengendara BMW Penabrak Mahasiswa UGM Dihukum Maksimal

    Sahroni Desak Pengendara BMW Penabrak Mahasiswa UGM Dihukum Maksimal

    Jakarta

    Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni memastikan akan mengawal kasus pengendara BMW yang juga mahasiswa FEB UGM, Christiano Pengarapenta Pengidahen Tarigan (21), yang menabrak hingga tewas mahasiswa UGM Argo Ericko Achfandi (19). Sahroni mendesak pihak kepolisian menerapkan hukuman maksimal.

    “Itu pasalnya banyak sekali tindak pidana yang dilakukan si penabrak, polisi tahu semua, itu pasti ditindak dengan tepat dan saya akan awasi perkara ini bersama semua insan masyarakat luas,” kata Sahroni saat dihubungi, Jumat (30/5/2025).

    Sahroni juga menyinggung upaya Christiano lari dari tanggung jawabnya dengan memalsukan pelat mobil. Menurutnya, Christiano sudah selayaknya dijatuhi pasal berlapis.

    “Kalau sekarang nggak bisa lagi lari dia, dia harus terima resiko yang telah dia lakukan, kasih saja pasal berlapis untuk dia bertanggung jawab dengan apa yang dia lakukan,” ucapnya.

    Lebih lanjut, Bendum DPP NasDem ini juga mendesak pihak kepolisian menerapkan hukuman seberat-beratnya terhadap Christiano.

    “Iya karena itu lah dia harus bertanggungjawab dan harus maskimal hukumannya atas perbuatannya,” ujar dia.

    Nahas, dari arah yang sama melaju mobil BMW yang dikendarai Christiano. Jarak yang terlalu dekat membuat pengemudi BMW itu akhirnya menabrak Argo.

    Setelahnya mobil BMW itu oleng dan menabrak mobil Honda CR-V yang tengah parkir di tepi jalan sisi timur. Akibat insiden ini, Argo megnalami sejumlah luka berat dan meninggal dunia.

    (maa/imk)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Diler-Diler Honda Mobil Tutup di RI, Manajemen Respons Begini

    Diler-Diler Honda Mobil Tutup di RI, Manajemen Respons Begini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Bisnis otomotif kian lesu di Indonesia, terlihat dari banyaknya penutupan diler. Seperti Honda yang terpantau mulai menutup dilernya di tengah maraknya kedatangan merek baru dalam beberapa tahun terakhir.

    Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy pun berbicara terkait tutupnya diler tersebut.

    “Beberapa diler memang mengambil keputusan untuk menutup operasionalnya atas pertimbangan internal masing-masing. Bagi kami di HPM, yang terpenting adalah memastikan konsumen tetap mendapatkan pelayanan terbaik, dengan jaringan yang cepat, mudah dijangkau, dan dekat dengan kebutuhan mereka,” katanya kepada CNBC Indonesia pekan lalu, dikutip Kamis (29/5/2025).

    Terkini, diler Honda Pasteur Honda harus tutup permanen. Sebelumnya, Honda di Jemursari Surabaya juga harus menutup operasionalnya. Billy menegaskan, meski diler-diler itu tutup, Honda tetap melayani pelanggannya.

    “Karena itu, kami terus fokus mengembangkan jaringan di area yang masih belum ter-cover dengan baik. Khususnya di luar Pulau Jawa agar akses terhadap produk dan layanan Honda tetap merata,” ujar Billy.

    Tutupnya diler Honda disinyalir berubah menjadi diler dari brand lain, utamanya mobil listrik China. Ia pun menyatakan tidak gentar dengan banyaknya brand mobil China yang masuk ke pasar otomotif tanah air.

    “Kami menyambut kompetisi sebagai bagian dari dinamika industri. Bagi Honda, kunci untuk tetap bersaing adalah menghadirkan produk yang berkualitas, terbukti, dan relevan dengan kebutuhan konsumen Indonesia,” kata Billy.

    Selain itu, ia melanjutkan, kekuatan jaringan purna jual, kepercayaan konsumen, serta pengembangan teknologi seperti hybrid dan elektrifikasi menjadi fondasi Honda dalam menjaga daya saing di tengah persaingan yang semakin ketat.

    (hoi/hoi)

  • Segini Harga Mobil Termurah Honda di Indonesia

    Segini Harga Mobil Termurah Honda di Indonesia

    Jakarta

    Harga mobil termurah Honda di Indonesia masih di bawah Rp 200 juta. Berikut ini modelnya.

    Honda punya ragam model mobil yang dijual di Indonesia. Ada hatchback, MPV, hingga SUV dengan berbagai opsi teknologi termasuk hybrid. Kalau cari yang termurah, bisa didapat pada model hatchback. Adalah Honda Brio Satya yang saat ini juga masuk dalam kategori mobil di segmen Low Cost Green Car (LCGC).

    Honda Brio Satya Foto: (Luthfi Anshori/detikOto)

    Mobil termurah yang dijual Honda di Indonesia adalah Brio Satya S M/T. Harganya Rp 170,4 juta. Menyandang status sebagai mobil termurah di keluarga Honda, apa saja fitur yang tersemat pada Brio Satya S M/T? Dalam laman Honda Indonesia, Brio Satya S M/T ini menggendong mesin 1.2 L i-VTEC empat silinder yang bisa menyemburkan tenaga sebesar 90 PS.

    Selanjutnya di bagian interior, terdapat digital AC. Interiornya berwarna hitam dan abu serta material joknya menggunakan fabric. Mobil termurah Honda ini juga sudah bisa pengaturan tilt steering sekaligus electric power steering. Untuk menambah kenyamanan sepanjang perjalanan, tersedia layar sentuh berukuran 7 inch yang sudah terintegrasi dengan USB Port, AM/FM radio, bluetooth, hands-free telephone, dan juga screen mirroring.

    Sistem pengeremannya sudah ABS dan EBD. Ada juga parking sensor. Nah itu tadi spesifikasi mobil termurah yang dijual Honda di Indonesia saat ini. Sebagai mobil termurah, tentu kamu jangan terlalu berharap akan fitur yang ditawarkan.

    Kalau mau fitur yang lebih lengkap namun harganya tak jauh berbeda, maka kamu bisa memilih opsi Brio Satya varian tertinggi dengan banderol Rp 202,5 juta. Adapun meski menjadi yang termurah, tak serta merta membuatnya jadi paling laris.

    Dalam data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Honda Brio Satya termurah ini justru tak selaris varian mahalnya. Tercatat sepanjang Januari hingga April 2025, distribusinya hanya 512 unit sementara varian termahal Brio Satya justru bisa mencapai 11.319 unit

    (dry/din)

  • Manfaatkan Kericuhan Tawuran, Maling Gondol Motor di Palembang

    Manfaatkan Kericuhan Tawuran, Maling Gondol Motor di Palembang

    Palembang, Beritasatu.com — Aksi pencurian sepeda motor (curanmor) terjadi di area parkir sebuah restoran di Jalan Noerdin Panji, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Sako, Palembang, Minggu (25/5/2025). Saat itu, di daerah tersebut tengah terjadi tawuran.

    Berkat respons cepat aparat kepolisian, dua pelaku berhasil ditangkap dalam waktu kurang dari 24 jam.

    Kedua pelaku curanmor tersebut adalah M Zakari (43), warga Perum Griya Lestari Abadi, Kelurahan Sei Selincah, dan Eflanhadi (37), warga Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Sako.

    Kanit Reskrim Polsek Sako AKP Apriansyah menjelaskan, kejadian bermula ketika korban, Andi Putra (50), warga Ilir Timur II, memarkirkan sepeda motornya di area restoran. Saat itu, terjadi tawuran di sekitar lokasi, sehingga korban menjauh untuk menghindari bahaya.

    “Sekitar 1 jam kemudian, korban kembali ke lokasi dan mendapati sepeda motornya telah hilang,” ujar AKP Apriansyah saat ditemui di Mapolsek Sako, Kamis (29/6/2025).

    Motor yang dicuri adalah Honda Vario 125 warna putih biru dengan nomor polisi BG 3544 ZC, terdaftar atas nama Muslim. Korban mengalami kerugian sekitar Rp 10 juta dan langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Sako pada malam hari.

    Menindaklanjuti laporan tersebut, Unit Reskrim Polsek Sako langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan mengumpulkan bukti, termasuk rekaman CCTV milik restoran tersebut. Dalam rekaman tersebut, tampak jelas seorang pria tengah mendorong sepeda motor keluar dari area parkir.

    “Berdasarkan rekaman CCTV, tim opsnal lalu melakukan penyelidikan intensif. Hasilnya, dua pelaku berhasil ditangkap pada Senin (26/5/2025) sekitar pukul 01.00 WIB,” jelasnya.

    Penangkapan dilakukan di rumah masing-masing pelaku tanpa perlawanan. Dari tangan mereka, polisi mengamankan sejumlah barang bukti yang kini disita untuk kepentingan penyidikan.

    “Kedua tersangka beserta barang bukti saat ini telah diamankan di Mapolsek Sako untuk proses hukum lebih lanjut,” tambah AKP Apriansyah.

    Para pencuri motor tersebut dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan, yang mengancam dengan hukuman penjara maksimal 9 tahun.

  • Motor Listrik Pertama Suzuki Mulai Diproduksi, Begini Wujudnya

    Motor Listrik Pertama Suzuki Mulai Diproduksi, Begini Wujudnya

    Jakarta

    Suzuki Motorcycle India Pvt Ltd (SMIPL) resmi memproduksi motor listrik pertama mereka, Suzuki e-Access. Skuter ramah lingkungan ini bakal menjadi pesaing Ather Rizta, Ola S1, Honda Activa e, TVS iQube, hingga Bajaj Chetak di pasar India.

    Dikutip website Rushlane, motor listrik Suzuki e-Access akan diproduksi di fasilitas manufaktur Suzuki di Gurgaon, Haryana. Hal ini sekaligus menandai masuknya Suzuki ke pasar skuter listrik India dan menegaskan langkah Suzuki selanjutnya dalam menyediakan lebih banyak pilihan kendaraan roda dua ramah lingkungan bagi konsumen.

    Sedikit mengulas spesifikasinya, Suzuki e-Access ditenagai e-Technology mencakup paket baterai lithium iron phosphate (LFP) yang diklaim memiliki jarak tempuh lebih jauh. Baterai ini juga diklaim telah diuji secara ketat, baik dari segi ketahanan terhadap panas, kelembapan, dan bahkan uji perendaman.

    Suzuki e-Access Foto: Dok. Suzuki

    Yang menjadi keunggulan Suzuki e-Technology adalah Drive Mode Selector-e (SDMS-e) yang memiliki berbagai mode berkendara meliputi Eco Mode, Ride Mode A, Ride Mode B, dan Reverse Mode. Teknologi ini juga mendukung sistem pengereman regeneratif yang bisa memanfaatkan gaya pengereman untuk mengisi ulang daya baterai.

    Tak hanya itu, Suzuki e-Access juga menggunakan sistem penggerak V-belt seperti skutik-skutik konvensional. Artinya, proses perawatannya akan lebih mudah dibandingkan menggunakan sistem motor hub seperti motor listrik kebanyakan.

    Dari sisi desain, Suzuki e-Access memiliki desain serba tajam dan ramping ala skuter modern. Motor ini juga sudah dilengkapi lampu-lampu full LED disertai DRL LED. Lanjut ke area dasbor, motor ini juga sudah mengadopsi panel instrumen full digital TFT berukuran besar dengan dukungan fitur konektivitas.

    Suzuki e-Access Foto: Dok. Suzuki

    Suzuki e-Access akan dilengkapi dengan motor penggerak yang menghasilkan daya maksimum 4,1 kW dan torsi sebesar 15 Nm yang sebanding dengan skuter di kelas 150-200 cc. Kecepatan tertinggi motor ini bisa mencapai 71 km/jam dengan jarak tempuh maksimum 95 km.

    Belum ada detail spesifikasi dan detail harga motor listrik pertama Suzuki ini. Kabarnya Suzuki e-Access baru akan diperkenalkan secara resmi pada kuartal terakhir tahun ini di India.

    Suzuki e-Access Foto: Dok. Suzuki

    (lua/dry)

  • Kecelakaan di Flyover Cibinong, Mobil dan Motor Tertimpa Besi Muatan Truk
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        29 Mei 2025

    Kecelakaan di Flyover Cibinong, Mobil dan Motor Tertimpa Besi Muatan Truk Megapolitan 29 Mei 2025

    Kecelakaan di Flyover Cibinong, Mobil dan Motor Tertimpa Besi Muatan Truk
    Tim Redaksi
    BOGOR, KOMPAS.com

    Kecelakaan
    lalu lintas terjadi di Jalan Raya Bogor-Jakarta, tepatnya di
    flyover
    Cibinong, Bogor, Rabu (28/5/2025) sekitar pukul 14.30 WIB.
    Peristiwa tersebut sempat direkam warga dan diunggah ke media sosial Instagram akun @jabodetabek24info.
    Dalam video yang diunggah, terlihat besi berukuran besar menghantam kap mobil Honda Brio hingga ringsek parah. Motor yang berada di samping mobil tersebut juga terkena imbasnya.
    Kasi Humas Polres Bogor, Ipda Lista, menyebutkan, insiden bermula saat truk yang membawa muatan besi tiba-tiba bergerak mundur dan menghantam kendaraan di belakangnya.
    “Muatan besi terjatuh dan menimpa mobil Honda Brio serta motor Honda Vario yang berada di sampingnya. Pengendara motor mengalami luka lecet di kepala,” ujar Lista saat dikonfirmasi
    Kompas.com
    , Kamis (29/5/2025).
    Akibat kejadian ini, satu pemotor mengalami luka di bagian kepala. Korban dilarikan ke RS Mitra Keluarga Cibinong untuk mendapat perawatan.
    Kecelakaan ini sempat menyebabkan kemacetan panjang di sekitar
    flyover
    Cibinong arah Jakarta.
    Polisi pun disebut turun ke lokasi untuk mengatur arus lalu lintas dan mengevakuasi kendaraan yang terdampak.
    Lebih lanjut, Lista menambahkan, para pihak yang terlibat dalam
    kecelakaan
    telah sepakat untuk menyelesaikan permasalahan secara kekeluargaan.
    “Pihak yang terlibat dalam kecelakaan telah sepakat untuk menyelesaikan masalah secara kekeluargaan dan tidak melanjutkan ke jalur hukum,” kata Lista.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Adu Performa Suzuki Fronx vs Rocky-Raize dan WR-V, Pilih Mana?

    Adu Performa Suzuki Fronx vs Rocky-Raize dan WR-V, Pilih Mana?

    Jakarta

    Pasar compact SUV asal Jepang makin seru. Namun mobil mana yang paling pas buat dipakai harian, yang mesinnya responsif, irit, dan nggak bikin stres di kemacetan?

    Suzuki Fronx jadi penantang baru di segmen compact SUV yang lama dihuni nama-nama beken dari Jepang seperti Daihatsu Rocky, Toyota Raize, dan Honda WR-V.Suzuki Fronx jadi penantang baru di segmen compact SUV yang lama dihuni nama-nama beken dari Jepang seperti Daihatsu Rocky, Toyota Raize, dan Honda WR-V.

    Suzuki Fronx resmi diluncurkan di Jakarta pada Rabu (28/5/25) Foto: Pradita Utama

    Di tengah persaingan yang ketat, Fronx mencoba tampil beda, terutama dari sisi performa yang lebih disesuaikan untuk kebutuhan harian dan diklaim lebih baik secara efisiensi hingga rendah emisi. Lantas mesin mana yang paling pas buat dipakai harian?

    Perbandingan ini akan fokus pada tipe tertinggi. Suzuki Fronx SGX tampil paling ‘canggih’ di antara kompetitornya yang masih pakai mesin konvensional. Mesin K15C milik Fronx dikawinkan dengan Integrated Starter Generator (ISG) dan baterai kecil, menjadikannya satu-satunya mobil dengan sistem mild hybrid di segmen ini.

    Menurut Shodiq Wicaksono, Managing Director PT Suzuki Indomobil Motor, mesin Fronx sudah memenuhi kriteria kendaraan LCEV (Low Carbon Emission Vehicle).

    “Selain itu tentunya kami sangat berterima kasih atas support yang telah diberikan oleh Kementerian Perindustrian dalam usaha Suzuki untuk berkontribusi dalam carbon neutrality dengan power train yang tepat dan SHVS Smart Hybrid Vehicle by Suzuki, Fronx dapat memenuhi kriteria kendaraan LCEV Low Carbon Emission Vehicle menghadirkan efisiensi bahan bakar yang jauh lebih baik dan berkontribusi pada penurunan emisi karbon secara keseluruhan,” ujar Shodiq pada momen peluncuran Suzuki Fronx.

    Secara output, mesin 1.5L mild hybrid Fronx memang “hanya” menghasilkan 100,6 PS dan torsi 135 Nm. Tapi dengan bantuan motor listrik kecil dari ISG, tarikan awal jadi terasa lebih ringan dan responsif, karakter yang sangat cocok untuk pemakaian dalam kota dan lalu lintas stop-and-go.

    Mesin Fronx vs Raize-Rocky vs WR-V

    Fronx juga mengambil jalur berbeda soal transmisi. Jika rivalnya mengandalkan CVT, Fronx justru tetap percaya diri dengan transmisi otomatis konvensional 6-percepatan.

    Buat sebagian pengendara, ini adalah kabar baik. Karena transmisi torque converter dikenal lebih andal dalam jangka panjang dan memberikan rasa perpindahan gigi yang lebih natural. Nggak ada gejala “ngeden” atau lag seperti yang kadang muncul di CVT saat butuh akselerasi mendadak.

    Namun kalau bicara tenaga mentah, memang Honda WR-V masih jadi yang paling unggul. Mesin 1.5L i-VTEC miliknya sanggup menyemburkan tenaga 121 PS dan torsi 145 Nm. Secara teori, ini membuat WR-V paling bertenaga saat dipacu, apalagi di jalan bebas hambatan.

    Tapi karakter mesin WR-V yang baru agresif di putaran atas kadang kurang cocok untuk pemakaian stop-and-go dalam kota. Di kondisi macet atau kecepatan rendah, responsnya cenderung datar dan butuh waktu untuk “bangun”.

    Komparasi Honda WR-V vs Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Foto: dok. detikOto

    Sementara itu, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky juga punya nilai lebih lewat mesin 1.0L turbo yang menyajikan torsi cukup besar di putaran bawah. Diklaim tenaganya tembus 98 PS di 6.000 RPM dan torsi puncak 140 Nm di rentang 2.400-4.000 RPM.

    Raize-Rocky mengusung transmisi CVT layaknya WR-V. Kombinasi mesin kecil, turbo, dan transmisi CVT memang cocok buat cruising, tapi saat dibawa bermanuver cepat atau butuh kickdown, potensi turbo lag khasnya mesin turbo berpotensi memberikan jeda sebelum melesat.

    Dari tiga mobil ini, terlihat jelas perbedaan pendekatan. Suzuki Fronx unggul dalam hal efisiensi bahan bakar, emisi rendah, dan sensasi berkendara yang halus berkat mild hybrid dan transmisi konvensional.

    WR-V jadi pilihan untuk yang mengutamakan performa di jalan tol atau luar kota, sedangkan Raize-Rocky mengkombinasikan efisiensi dan tenaga lewat mesin turbo, meskipun karakternya juga cocok buat penggunaan santai. Jadi mana pilihan kalian, detikers?

    (mhg/dry)

  • Perbandingan Harga Suzuki Fronx Vs Rocky-Raize dan WR-V

    Perbandingan Harga Suzuki Fronx Vs Rocky-Raize dan WR-V

    Jakarta

    Suzuki resmi meluncurkan SUV compact Suzuki Fronx di Indonesia. Di kelas ini, Suzuki Fronx akan menjadi penantang Toyota Raize, Daihatsu Rocky dan Honda WR-V. Intip perbandingan harganya.

    Pasar Indonesia kebagian Suzuki Fronx dengan mesin 1.500 cc N/A dan 1.500 cc mild hybrid. Tak cuma itu, Suzuki juga membawa fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) pertama kali di Indonesia secara lengkap di mobil ini. Teknologi tersebut mengusung nama Suzuki Safety Support dan hanya tersedia di varian tertinggi kendaraan yang harganya Rp 300 jutaan.

    Suzuki Fronx hadir dengan dimensi yang compact. Panjangnya di 3.995 mm, lebar 1.765 mm, dan tinggi 1.550 mm dengan wheelbase 2.520 mm. Dengan dimensi yang compact, Suzuki Fronx punya radius putar 4,8 meter, lebih kecil daripada kompetitornya sehingga mudah untuk bermanuver.

    Mesin Suzuki Fronx tersedia dalam dua opsi. Khusus untuk tipe terendah GL, Suzuki Fronx menggunakan mesin berkode K15B 1.500 cc dengan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan. Sedangkan untuk tipe GX dan SGX hadir dengan mesin K15C 1.500 cc mild hybrid bertransmisi otomatis 6 percepatan.

    Mesin K15B pada Fronx tipe GL memiliki tenaga maksimal hingga 104,7 PS / 6.000 rpm dan torsi maksimal 138 Nm / 4.400 rpm. Sedangkan mesin K15C mild hybrid pada tipe GX dan SGX memiliki tenaga maksimal 100,6 PS / 6.000 rpm dan torsi maksimal 135 Nm / 4.400 rpm.

    Berikut harga resmi Suzuki Fronx di Indonesia:Suzuki Fronx GL (MT) – Rp 259 jutaSuzuki Fronx GL (AT) – Rp 271 jutaSuzuki Fronx GX (MT) – Rp 276 jutaSuzuki Fronx GX (AT) – Rp 293,3 jutaSuzuki Fronx SGX (AT) – Rp 319,9 juta.

    *Khusus untuk pemesanan sebelum September, ada potongan Rp 10 juta.

    Harga Rocky-Raize dan WR-V

    Sebagai perbandingan dan pertimbangan, berikut kami sajikan harga penantang Suzuki Fronx, yaitu Toyota Raize, Daihatsu Rocky, dan Honda WR-V

    Harga Toyota Raize:

    Toyota Raize Foto: Dok. TAM1.2 G M/T ONE TONE (Spot Order*): Rp 242.200.0001.2 G CVT ONE TONE: Rp 257.300.0001.0T G M/T ONE TONE: Rp 262.000.0001.0T G CVT ONE TONE: Rp 277.100.0001.0T G CVT TWO TONE: Rp 279.800.0001.0T GR CVT ONE TONE: Rp 291.300.0001.0T GR CVT TWO TONE: Rp 293.900.0001.0T GR CVT TSS TWO TONE: Rp 316.300.000

    Harga Daihatsu Rocky:

    Daihatsu Rocky. Foto: Rengga Sancaya1.2 M MT: Rp 212.450.0001.2 M CVT: Rp 230.350.0001.2 X MT: Rp 226.550.0001.2 X CVT: Rp 244.450.0001.0 R TC MT: Rp 252.450.0001.0 R TC CVT: Rp 267.450.000.

    Harga Honda WR-V:

    Honda WR-V. Foto: Ari SaputraHonda WR-V 1.5L E M/T: Rp 280.700.000Honda WR-V 1.5L E CVT: Rp 290.700.000Honda WR-V 1.5L RS: Rp 310.700.000Honda WR-V 1.5L RS with Honda Sensing: Rp 330.700.000.

    (rgr/dry)