brand merek: Ford

  • Makin Panas! Trump Kirim Kapal Induk AS ke Perairan Amerika Latin

    Makin Panas! Trump Kirim Kapal Induk AS ke Perairan Amerika Latin

    Washington DC

    Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump secara dramatis meningkatkan pengerahan aset militer AS di kawasan Karibia, dengan mengirimkan armada kapal induk USS Gerald R Ford ke perairan Amerika Latin. Hal ini dilakukan saat AS bersitegang dengan Venezuela dan Kolombia terkait operasi antinarkotika mematikan.

    Pengerahan USS Gerald R Ford itu, seperti dilansir Reuters dan AFP, Sabtu (25/10/2025), diumumkan oleh juru bicara Pentagon atau Departemen Pertahanan AS, Sean Parnell, dalam pernyataan via media sosial X pada Jumat (24/10) waktu setempat.

    “Peningkatan kehadiran pasukan AS di USSOUTHCOM AOR akan memperkuat kapasitas AS untuk mendeteksi, memantau, dan menghentikan para aktor dan aktivitas ilegal yang membahayakan keselamatan dan kemakmuran tanah air Amerika Serikat serta keamanan kita di Belahan Barat,” kata Parnell.

    Dia tidak menyebutkan lebih lanjut soal kapan kapal induk AS itu akan bergerak ke kawasan Karibia. Namun beberapa hari yang lalu, diketahui bahwa USS Gerald R Ford telah berlayar melalui perairan Selat Gibraltar dan di perairan Eropa.

    Parnell, dalam pernyataannya, menyebut pengerahan USS Gerald R Ford dan kapal-kapal pendampingnya “akan meningkatkan dan menambah kemampuan yang ada untuk menghentikan perdagangan narkotika serta melemahkan dan membongkar TCO (organisasi kriminal transnasional)”.

    USS Gerald R Ford yang mulai beroperasi tahun 2017, merupakan kapal induk paling baru AS dan kapal induk terbesar di dunia, dengan membawa lebih dari 5.000 personel di dalamnya.

    Kapal induk yang dilengkapi sebuah reaktor nuklir ini, dapat menampung lebih dari 75 pesawat militer, termasuk jet tempur F-18 Super Hornet dan E-2 Hawkeye, yang dapat berfungsi sebagai sistem peringatan dini.

    Kapal induk ini memiliki persenjataan rudal, seperti Evolved Sea Sparrow Missile, yang merupakan rudal permukaan-ke-udara jarak menengah yang dapat digunakan untuk menghadapi drone dan pesawat terbang.

    Pengerahan kapal induk AS ini merupakan bagian dari pengumpulan aset militer AS oleh Trump di kawasan Karibia, yang mencakup delapan kapal perang Angkatan Laut AS dan 10 jet tempur siluman F-35, serta sebuah kapal selam nuklir.

    Keberadaan aset militer yang semakin banyak di Karibia, terutama di dekat Venezuela, semakin meningkatkan kekhawatiran soal tujuan akhir Washington, yang dicurigai untuk menggulingkan rezim Presiden Nicolas Maduro.

    Pada Agustus lalu, AS menggandakan tawaran imbalan untuk informasi yang mengarah pada penangkapan Maduro, yang dituduh terlibat perdagangan narkoba dan kelompok kriminal, menjadi US$ 50 juta. Maduro telah membantah tuduhan tersebut.

    Sejak awal September, pasukan AS yang ada di kawasan tersebut telah melancarkan setidaknya 10 serangan terhadap kapal-kapal yang diduga mengangkut narkoba, sebagian besar di perairan Karibia. Serangan-serangan itu dilaporkan menewaskan sedikitnya 40 orang.

    Pentagon belum memberikan banyak informasi soal serangan semacam itu, namun disebutkan bahwa beberapa yang tewas merupakan warga Venezuela.

    Halaman 2 dari 2

    (nvc/idh)

  • Apes! Detik-detik Ford Everest Nyemplung ke Kali saat Diderek

    Apes! Detik-detik Ford Everest Nyemplung ke Kali saat Diderek

    Jakarta

    Apes benar nasib Ford Everest satu ini. Awalnya mobil menabrak dan nyangkut di tanggul kali. Tapi pas mau diderek, mobil malah nyemplung ke kali.

    Ford Everest nyemplung ke kali di Jalan Daan Mogot II arah timur. Insiden itu bermula saat SUV kekar Amerika tersebut dikemudikan Weily Hoil berusaha menghindari sepeda motor yang melaju dari arah berlawanan. Alhasil Ford Everest itu justru menyerempet mobil yang tengah parkir.

    “Awalnya, mobil ngehindarin motor yang lawan arah. Dia kaget, terus nyerempet mobil parkir, oleng, banting setir, lalu bannya itu nyangkut di tanggul kali. Belum jatuh waktu itu, cuma setengah badan mobil yang nyangkut,” kata Doni pedagang kopi yang menjadi saksi mata di dekat lokasi kejadian sebagaimana dilansir Antara.

    Usai kejadian itu, ada kendaraan derek yang datang ke lokasi. Ketika hendak diderek, mobil yang semula hanya nyangkut di tanggul kali malah nyemplung!

    “Diderek pertama malah nyemplung. Itu derek ada tulisannya derek resmi, tapi bukan punya Dishub. Setelah itu, baru Dishub datang bawa crane buat evakuasi,” jelas Doni.

    Dalam video yang beredar di media sosial seperti dibagikan akun Instagram jakut.info, mobil derek itu tampak kesulitan menarik Ford Everest. Saking sulitnya, mobil justru tidak terderek sama sekali. Saat mobil derek maju, Ford yang ditarik menggunakan tali itu justru malah menyasar ke kali dan berujung nyemplung. Tiga perempat badan mobil pun sudah tenggelam di kali tersebut.

    Kanit Gakkum Satlantas Polres Metro Jakarta Barat AKP Joko Siswanto mengungkapkan kendaraan minibus Ford itu melaju dari arah barat ke timur sebelum oleng dan menyerempet mobil Toyota Calya yang sedang terparkir. Joko juga menjelaskan tak ada korban jiwa dari kejadian ini.

    “Mobil sempat oleng dan menyerempet mobil parkir hingga terperosok ke sungai. Tidak ada korban dalam kejadian ini, dan pengemudi memilih menyelesaikan perkara secara kekeluargaan,” terang Joko.

    (dry/din)

  • Sebuah minibus terperosok di Kali Daan Mogot Jakarta Barat

    Sebuah minibus terperosok di Kali Daan Mogot Jakarta Barat

    Jakarta (ANTARA) – Mobil minibus jenis Ford bernomor pelat B8182WW terperosok ke sungai di Jalan Daan Mogot II arah timur, tepatnya di dekat Gedung Indosiar, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat.

    Diketahui tidak ada korban jiwa maupun luka dalam insiden tersebut.

    Saksi mata, pedagang kopi di dekat lokasi, Doni (36), menceritakan insiden itu bermula saat mobil yang dikemudikan Weily Holil (62), warga Pegadungan, Jakarta Barat, itu berusaha menghindari sepeda motor yang melaju dari arah berlawanan.

    “Awalnya, mobil ngehindarin motor yang lawan arah. Dia kaget, terus nyerempet mobil parkir, oleng, banting setir, lalu bannya itu nyangkut di tanggul kali. Belum jatuh waktu itu, cuma setengah badan mobil yang nyangkut,” kata Doni di lokasi kejadian, Jumat.

    Kendaraan derek kemudian tiba di lokasi sekitar satu jam setelah insiden itu terjadi.

    Namun, kata Doni, saat proses penderekan pertama dilakukan oleh kendaraan derek yang disebut ‘resmi’ namun tidak diketahui asalnya itu, mobil Ford tersebut justru terjun ke sungai.

    “Diderek pertama malah nyemplung. Itu derek ada tulisannya derek resmi, tapi bukan punya Dishub. Setelah itu, baru Dishub datang bawa crane buat evakuasi,” jelas Doni.

    Sementara itu, Kanit Gakkum Satlantas Polres Metro Jakarta Barat AKP Joko Siswanto mengungkapkan kendaraan minibus Ford itu melaju dari arah barat ke timur sebelum oleng dan menyerempet mobil Toyota Calya yang sedang terparkir.

    “Mobil sempat oleng dan menyerempet mobil parkir hingga terperosok ke sungai. Tidak ada korban dalam kejadian ini, dan pengemudi memilih menyelesaikan perkara secara kekeluargaan,” tandas Joko.

    Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
    Editor: Rr. Cornea Khairany
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Harga Tiket GJAW 2025, Mulai Rp 30 Ribu

    Harga Tiket GJAW 2025, Mulai Rp 30 Ribu

    Jakarta

    Pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (Permata Bank GJAW) 2025 digelar di ICE-BSD City, Tangerang, 21-30 November. GJAW 2025 menggunakan area pameran lebih besar dari pameran sebelumnya, yaitu hall 1 hingga hall 10 ICE BSD City. Ini harga tiket GJAW 2025.

    GJAW kembali digelar untuk mendongkrak penjualan otomotif roda empat di akhir 2025. Pameran ini diselenggarakan oleh Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) dengan dukungan penuh Kementerian Perindustrian.

    Menggunakan 90.000 meter persegi dari ICE-BSD City, GJAW 2025 akan diikuti oleh lebih dari 80 merek otomotif ternama terdiri dari kendaraan penumpang, meliputi BAIC, BMW, BYD, Changan, Citroen, Chery, Daihatsu, Denza, DFSK, Ford, GAC Indonesia, Geely, GWM, Honda, Jaecoo, Jeep, Jetour, Lepas, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Polytron, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Vinfast, Wuling.

    Dari segmen kendaraan roda dua, turut berpartisipasi Indomobil E-Motor, Royal Enfield, dan Scomadi, yang akan menghadirkan beragam model serta teknologi terbaru untuk memperkaya pilihan pengunjung. Selain itu, dua merek karoseri nasional, yakni Adiputro dan Tentrem, juga akan ambil bagian, bersama lebih dari 35 merek industri pendukung otomotif yang mencakup produk suku cadang, aksesoris, audio, perawatan kendaraan, hingga gaya hidup otomotif.

    Untuk dapat merasakan segala keseruan yang dihadirkan pada GJAW 2025, pengunjung dapat memanfaatkan promo penjualan tiket presale yang dapat dibeli secara online melalui aplikasi Auto360, dengan jadwal sebagai berikut:

    1. Surprise Drop pada 24-25 Oktober 2025 dengan harga tiket sebesar Rp 12.500 untuk seluruh tiket weekdays dan weekends.

    2. Presale I pada 30 Oktober-02 November 2025 dengan diskon tiket sebesar 50% untuk tiket weekdays menjadi Rp 20.000 dan tiket weekends menjadi Rp 35.000.

    3. Presale II pada 7-9 November 2025 dengan diskon tiket sebesar 25% untuk tiket weekdays menjadi Rp 30.000 dan tiket weekends menjadi Rp 52.500.

    Tiket regular selanjutnya bisa didapatkan mulai 10 November secara online dengan harga tiket weekdays Rp 35.000 dan harga tiket weekends Rp 70.000. Tiket on the spot juga tersedia selama acara berlangsung dengan harga tiket weekdays Rp 50.000 dan harga tiket weekends Rp 80.000.

    (lua/din)

  • Raja Ojol Tutup di RI, Sekarang Bagi-bagi Uang Rp 60 Juta Buat Driver

    Raja Ojol Tutup di RI, Sekarang Bagi-bagi Uang Rp 60 Juta Buat Driver

    Jakarta, CNBC Indonesia – Uber pernah menjadi salah satu raja transportasi online yang beroperasi di Indonesia. Namun, persaingan yang sengit membuat Uber akhirnya menjual operasinya kepada Grab dan meninggalkan pasar Asia Tenggara pada 2018 silam.

    Sejak saat itu, Uber lebih fokus mengembangkan bisnis di pasar-pasar intinya di Amerika Serikat (AS) dan Eropa. Seiring perkembangan waktu, Uber juga terus mengikuti tren, misalnya mengeksplor bisnis taksi tanpa sopir (robotaxi) dengan menggandeng beberapa mitra.

    Terbaru, Uber juga makin gencar mengembangkan taksi listrik untuk mengurangi emisi karbon. Bahkan, opsi angkutan Uber Green diubah menjadi Uber Electric.

    Tak tanggung-tanggung, Uber memberikan insentif senilai US$4.000 (Rp66,5 jutaan) kepada mitra pengemudi yang beralih dari mobil tradisional ke mobil listrik.

    Menurut data Uber, saat ini ada 200.000 mobil listrik yang berkabung di jaringan layanannya secara global, dikutip dari Engadget, Kamis (23/10/2025).

    Tawaran Uber untuk mendorong mitra pengemudi beralih ke mobil listrik bersamaan dengan momentum Presiden AS menghapuskan kredit pajak federal untuk mobil listrik. Alhasil, pengemudi bisa menanggulangi penghapusan kredit pajak itu dengan insentif dari Uber.

    Insentif tersedia untuk pembelian mobil listrik baru maupun bekas. Pengemudi Uber juga bisa mendapatkan tambahan US$1.000 (Rp16 jutaan) ketika mereka membeli kendaraan listrik baru atau bekas melalui TrueCar.

    Uber juga mengumumkan peluncuran fitur pencocokan berbasis baterai (BAM) untuk mobil listrik buatan Kia, Hyundai, Ford, Nissan, Volkswagen, dan Mercedes-Benz di 25 negara, termasuk AS dan Kanada.

    Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk menghubungkan mobil mereka ke aplikasi pengemudi, lalu hanya akan menerima pesanan penumpang yang dapat mereka penuhi dengan sisa jarak tempuh mereka saat itu.

    Uber menyatakan bahwa 49% pengemudi mobil bensin di platformnya enggan beralih ke mobil listrik karena kekhawatiran terkait baterai, yang diharapkan dapat diatasi dengan perluasan BAM.

    Perubahan merek Uber Electric menyusul transisi Uber Green menjadi sepenuhnya listrik di AS awal tahun ini, yang sebelumnya merupakan gabungan mobil hibrida dan listrik murni.

    Para penumpang juga dibujuk untuk mencari pengemudi mobil listrik. Uber menawarkan diskon 20% hingga US$8 (Rp133.000-an) untuk perjalanan listrik berikutnya dengan kode GOELECTRIC20, yang berlaku selama seminggu.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Gantengnya Modifikasi Mobil Listrik Chery J6 EV

    Gantengnya Modifikasi Mobil Listrik Chery J6 EV

    Jakarta

    PT Chery Sales Indonesia (CSI) bikin gebrakan di ajang Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2025 yang digelar 10-12 Oktober di ICE, BSD-City, Tangerang. Tak hanya memamerkan deretan SUV inovatif, Chery juga membawa semangat baru ke dunia modifikasi lewat kehadiran Chery J6 EV yang tampil dengan gaya modifikasi kekinian hasil kolaborasi bersama Cellos ZXZ dan tim National Modificator & Aftermarket Association (NMAA).

    Modifikasi Chery J6 EV ini jadi magnet utama di booth Chery yang berlokasi di Hall 9, seluas 170 meter persegi. Unit spesial itu, bahkan masuk dalam program Supergiveaway On The Spot IMX 2025, memperlihatkan bahwa mobil listrik tak kalah menarik untuk dijadikan kanvas ekspresi kreativitas otomotif.

    Secara tampilan, Chery J6 EV ini tampil lebih maskulin dengan sentuhan grafis berwarna api merah dan api biru. Area kaki-kaki juga didesain ulang dengan velg dan ban lebar. Beberapa equipment pendukung touring pun disematkan, seperti tambahan lampu LED, roof rack, hingga koper yang menempel di bagian kaca belakang.

    “Melalui penampilan Chery J6 hasil modifikasi karya Cellos, kami ingin menunjukkan bahwa SUV listrik berkemampuan offroad ini bisa menjadi medium ekspresi dan kreativitas bagi pemiliknya,” ujar Rifkie Setiawan, Head of Brand & Marketing Department PT Chery Sales Indonesia.

    Dengan tampilan makin gagah dan tetap fungsional, Chery J6 EV versi modifikasi ini menegaskan bahwa kendaraan listrik kini tak sekadar efisien dan ramah lingkungan, tapi juga bisa tampil penuh gaya dan berkarakter.

    Modifikasi Chery J6 EV tampil di pameran IMX 2025 Foto: Dok. Chery

    IMX 2025 Catat Nilai Transaksi Rp 18 Miliar

    Gelaran Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2025 sendiri mengusung tema “8VOLUTION”. Ajang tahunan ini menandai evolusi industri modifikasi Indonesia menuju panggung global.

    Tahun ini, IMX kembali menegaskan diri sebagai pameran modifikasi dan gaya hidup otomotif terbesar di Asia Tenggara. Selama tiga hari, pameran ini dikunjungi puluhan ribu penggemar otomotif dari dalam dan luar negeri. Total nilai transaksi yang tercatat dari seluruh peserta mencapai Rp 18 miliar, mencakup produk aftermarket, lifestyle, dan koleksi diecast eksklusif.

    Salah satu daya tarik utama adalah kehadiran legenda otomotif dunia seperti Wataru Kato (Liberty Walk), Smoky Nagata (Top Secret), Ichiraku (RWB International Director), hingga Hana Vocado dan Takahiro Ueno. Ribuan pengunjung rela antre sejak pagi hanya untuk berfoto dan berbincang dengan idolanya.

    Tak kalah menarik, penggemar diecast berburu tiga model kolaborasi internasional, termasuk IMX x LBWK Aventador Chrome Raffi Ahmad, IMX x R32 Red Chrome Top Secret Edition, dan Hot Wheels Convention Car 2025 – semuanya ludes terjual hanya dalam hitungan jam.

    Pameran modifikasi IMX 2025 Foto: Dok. NMAA

    “Tahun ke-8 IMX menjadi titik evolusi besar industri modifikasi Indonesia. Kehadiran legenda dunia dan kolaborasi global menunjukkan bahwa Indonesia kini ada di garis depan kultur otomotif dunia,” ujar Andre Mulyadi, Project Director IMX 2025.

    IMX 2025 juga jadi ajang peluncuran berbagai karya eksklusif, mulai dari Mazda MX-5 ‘Toraja Roadster’, Supra MK5 Goodfix, BMW M2 Bella, hingga Ford Mustang JETT by Rifat Sungkar. Sementara gelar NMAA Ultimate Builder 2025 disabet Porsche 356 garapan Yumos Garage.

    Puncak acara ini ditutup dengan pengundian Supergiveaway Chery J6 by Cellos ZXZ dan Daihatsu Ayla GH Style by Gofar Hilman, menandai berakhirnya salah satu pameran otomotif paling meriah tahun ini.

    (lua/riar)

  • Cari Kerja Kantoran Makin Susah, Profesi Lama Mendadak Naik Daun

    Cari Kerja Kantoran Makin Susah, Profesi Lama Mendadak Naik Daun

    Jakarta, CNBC Indonesia – CEO Nvidia Jensen Huang menepis anggapan bahwa generasi Z sulit mendapat pekerjaan akibat pesatnya perkembangan kecerdasan buatan (AI). Ia justru menilai peluang kerja semakin terbuka lebar seiring ledakan pembangunan pusat data (data center) di berbagai negara.

    Namun, kata Huang, peluang besar itu bukan untuk lulusan perguruan tinggi, melainkan bagi mereka yang memiliki keterampilan teknis di bidang kejuruan seperti listrik, pipa, hingga pertukangan.

    “Kalau kamu seorang teknisi listrik, tukang ledeng, atau tukang kayu, kita akan membutuhkan ratusan ribu orang seperti itu untuk membangun semua pabrik ini,” ujar Huang dalam wawancara dengan Channel 4 News, dikutip dari Fortune, Jumat (10/10/2025).

    Menurut Huang, sektor tenaga kerja terampil akan menjadi tulang punggung ekonomi baru yang digerakkan oleh teknologi fisik, bukan sekadar perangkat lunak.

    “Segmen tenaga kerja terampil di setiap ekonomi akan mengalami ledakan. Jumlahnya akan terus berlipat ganda setiap tahun,” tegasnya.

    Pernyataan Huang sejalan dengan tren peningkatan permintaan tenaga kerja konstruksi dan teknisi di Amerika Serikat. Berdasarkan laporan McKinsey, belanja modal global untuk pembangunan pusat data diperkirakan mencapai US$7 triliun pada 2030.

    Satu fasilitas pusat data berukuran 250.000 kaki persegi dapat mempekerjakan hingga 1.500 pekerja konstruksi selama masa pembangunan.

    Banyak di antara mereka berpenghasilan lebih dari US$100.000 (Rp1,6 miliar) per tahun tanpa gelar sarjana, belum termasuk lembur. Setelah beroperasi, fasilitas tersebut masih membutuhkan sekitar 50 pekerja tetap untuk perawatan.

    Huang juga menegaskan bahwa Nvidia akan ikut mendukung pembangunan ekosistem tenaga kerja ini.

    Pekan lalu, perusahaan chip raksasa itu mengumumkan investasi US$100 miliar untuk membantu OpenAI mengembangkan jaringan pusat data berbasis prosesor AI milik Nvidia.

    Huang bukan satu-satunya bos teknologi yang menyerukan pentingnya tenaga kerja terampil. CEO BlackRock Larry Fink sebelumnya telah memperingatkan bahwa Amerika Serikat menghadapi krisis tenaga kerja untuk membangun pusat data AI.

    “Saya bahkan mengatakan kepada beberapa anggota tim Trump bahwa kita akan kehabisan teknisi listrik untuk membangun pusat data AI. Kita memang tidak punya cukup banyak tenaga kerja,” kata Fink dalam sebuah konferensi energi pada Maret lalu.

    CEO Ford Jim Farley juga menyampaikan kekhawatiran serupa. Ia menyebut, meski pemerintah AS berambisi memulangkan industri manufaktur (reshoring), tidak ada cukup tenaga kerja untuk mewujudkannya.

    “Bagaimana kita bisa memulangkan industri kalau tidak punya orang untuk bekerja di sana?” ujar Farley kepada Axios.

    Saat ini, AS kekurangan sekitar 600.000 pekerja pabrik dan 500.000 pekerja konstruksi, menurut unggahan Farley di LinkedIn pada Juni lalu.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Japanese Walking Vs Lari, Mana yang Lebih Banyak Bakar Kalori?

    Japanese Walking Vs Lari, Mana yang Lebih Banyak Bakar Kalori?

    Jakarta

    Japanese walking atau jalan kaki ala Jepang melibatkan jalan lambat dan cepat secara bergantian. Disebut juga sebagai latihan jalan interval atau Interval Walking Training (IWT), aktivitas ini melibaka jalan lambat dan cepat yang dilakukan masing-masing 3 menit selama setengah jam.

    Dikutip dari laman Very Well Health, menurut Direkur Program Magister Sains Pendidikan Gizi di America University, Dara Ford, PhD, RD, Japanese walking ataupun berlari merupakan aktivias kardiovaskular yang memberikan manfaat untuk kesehatan jantung.

    “Keduanya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko diabetes melitus tipe 2, membantu mengelola berat badan, serta meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan,” kata Ford.

    Kendati demikian, lari menawarkan latihan kardiovaskular yang lebih intens, sehingga memberikan manfaat kesehatan jantung yang lebih besar. Namun, beberapa penelitian juga menunjukkan, latihan ketahanan yang berlebihan dan berkepanjangan bisa menyebabkan kerusakan kardiovaskular pada beberapa orang, terutama mereka yang tidak aktif dan memiliki kondisi jantung bawaan.

    Pada kesimpulannya, aktivitas apapun yang meningkatkan detak jantung akan bermanfaat bagi ksehaan jantung. Tapi, olahraga yang paling bermanfaat adalah ketika dilakukan secara konsisten.

    “Jika seseorang menikmati atau bisa menoleransi jalan interval dengan waktu yang signifikan dihabiskan untuk jalan cepat atau lari sepanjang latihan, silakan saja, jika secara medis memungkinkan,” kata Ilmuwan penyakit meabolik dan keua departemen nutrisi dan studi makanan di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas, Martin Binks, PhD.

    “Namun, jangan lupa bahwa Anda juga bisa mencapai tujuan ksehatan melalui jalan kaki dengan intensitas sedang secara konsisten,” kata Binks.

    Mana yang Lebih Banyak Membakar Kalori?

    Secara umum berlari lebih membakar banyak kalori, karena intensiasnya secara konsisten lebih tinggi. Selain itu, berlari juga bisa lebh efisien waktu dalam hal pembakaran kalori.

    Lari selama 30 menit kemungkinan akan membakar lebih banyak kalori dibandingkan jalan interval selama 30 menit. Tapi, baik Ford maupun Binks mengingatkan, pembakaran kalori bukanlah satu-satunya manfaat utama dari olahraga.

    “Jika seseorang ingin meningkatkan aktivitas fisik dan merasa berjalan lebih menyenangkan daripada berlari, dan akan melakukannya secara konsisten, maka itu adalah pilihan yang lebih tepat,” kata Ford.

    Mana yang Lebih Mudah Dilakukan?

    Menurut Ford, jalan kaki adalah cara termudah untuk memulai. Jika siap untuk intensitas lebih tinggi, maka beralih ke japanese walking adalah cara yang baik untuk meningkatkan intensitas tanpa menimbulkan dampak negatif.

    “Jika ada kekhawatiran tentang dampak atau cedera, mengatur durasi atau intensitas interval berjalan adalah cara yang baik untuk menyeimbangkan semuanya,” kata Ford.

    “Jika itu bukan masalah, dan ada minat untuk beralih ke lari, hal itu harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak meningkatkan kecepatan atau jarak terlalu tiba-tiba,” ungkapnya.

    Seiring bertambahnya usia, risiko cedera meningkat dan pemulihan pasca latihan menjadi lebih lambat. Jadi, aktivias lari yang berdampak tinggi bisa menjadi lebih berat bagi tubuh.

    Penting untuk mendiskusikan rencana aktivitas dengan penyedia layanan kesehatan. Pastikan untuk memiliki alas kaki yang sesuai dan pilih rute berjalan atau berlari yang sesuai dengan kondisi, stabilitas kaki, dan kesehatan sendi.

    “Hal yang baik dari jalan interval adalah Anda bisa mendorong diri sedikit lebih keras, bahkan hanya selama beberapa detik atau menit, sambil tetap memerhatikan bagaimana respons tubuh Anda,” kata Binks.

    “Latihan ini bisa membantu Anda secara bertahap meningkatkan intensitas program jalan kaki seiring waktu,” tambahnya.

    Jadi, Mana yang lebih baik secara keseluruhan?

    Menurut Binks dan Ford, gerakan apapun lebih baik dari pada tidak sama sekali, terutama karena banyak orang yang kurang berolahraga dalam kesehariannya. Tepat atau tidaknya Japanese walking dan berlari ergantung pada kesehatan, tingkat kebugaan, dan preferensi masing-masing.

    “Meskipun keduanya meningkatkan hasil kardiovaskular, meningkatkan kekuatan otot dan tulang, serta meningkatkan kesejahteraan psikologis, berjalan adalah aktivitas berdampak rendah , yang mungkin cocok untuk individu dengan cedera atau nyeri sendi,” kata Ford.

    “Jika itu bukan masalah, berlari memang membakar lebih banyak kalori, semuanya tergantung pada preferensi dan kemampuan pribadi,” pungkasnya.

    Halaman 2 dari 4

    Simak Video “Video KuTips: Sinyal Tubuh Kelelahan Pas Lari, Segera Lakukan Ini detikers!”
    [Gambas:Video 20detik]
    (elk/kna)

    Tren Japanese Walking

    4 Konten

    Berbagai tren jalan kaki bermunculan, banyak digemari karena lebih low impact dibanding olahraga lain seperti lari. Salah satu yang diklaim ampuh menurunkan berat badan adalah Japanese Walking.

    Konten Selanjutnya

    Lihat Koleksi Pilihan Selengkapnya

  • AI Tak Punya Kesadaran, Etika Pengguna jadi Kunci di Era Digital

    AI Tak Punya Kesadaran, Etika Pengguna jadi Kunci di Era Digital

    Bisnis.com, JAKARTA — Ketua Dewan Pers Komaruddin Hidayat menegaskan teknologi kecerdasan buatan (AI) merupakan mesin cerdas yang mampu bekerja sangat cepat dan melayani manusia tanpa mengenal lelah.

    Namun, menurutnya, AI tidak memiliki sifat dasar dari manusia yaitu kesadaran, terutama kesadaran etika.

    “AI itu smart servant, bahkan kadang lebih pintar dari manusia. Tapi jangan harap soal etika dari AI. Yang punya etika adalah kita penggunanya,” kata Komaruddin dalam kegiatan diskusi kolaborasi GOTO dan Dewan Pers bertema Literasi Media di Era Artificial Intelligence (AI) di Jakarta, Kamis (9/10/2025). 

    Komaruddin menekankan dalam kehidupan di masyarakat terdapat tiga pilar etika yaitu moral, etika, dan akhlak. Moral  adalah tradisi bersama yang dibangun masyarakat.

    Pergeseran moral terjadi akibat perubahan lingkungan dan interaksi lintas budaya di kota-kota besar. Di tingkat global, kata Komaruddin, rasionalitas dalam etika lebih menonjol dibandingkan standar moral lokal

    Sementara itu akhlak berpijak pada ajaran agama dan di Indonesia ketiganya (moral, etika, akhlak) selalu berdampingan dalam kehidupan sehari-hari.

    Dalam penggunaan AI di ranah media dan informasi, Komaruddin menekankan pentingnya literasi digital dan penalaran kritis agar masyarakat tidak terjebak arus informasi yang hanya mengikuti emosi tanpa validasi akademik.

    Wartawan yang menggunakan AI terikat dengan etik.

    “AI hanya alat, bukan agen bermoral atau berkesadaran. Jadi wartawan dan pengguna AI harus bertanggung jawab secara etik dan profesional,” kata Komaruddin.

    Penggunaan AI tanpa etika saat ini terjadi di sejumlah negara yang berdampak cukup merugikan. Dalam pemilihan umum Filipina 2022, politisi memanfaatkan algoritma AI di TikTok untuk manipulasi sosial dan penyebaran propaganda yang menyesatkan generasi muda. Hal ini memperburuk polarisasi politik dan membuat sulit membedakan berita benar dan palsu, seperti diungkap dalam studi Ford tentang bahaya AI di media sosial.

    Di Amerika Serikat, algoritma prediksi kriminal seperti COMPAS digunakan untuk menilai risiko pelaku kejahatan. Ternyata, sistem ini memberi skor risiko lebih tinggi kepada individu kulit hitam dibanding kulit putih untuk kejahatan yang sama akibat bias data historis. Akibatnya, vonis yang dihasilkan justru memperburuk diskriminasi rasial dalam sistem peradilan.

    Selain itu, ada juga kasus bunuh diri yang dilakukan oleh seorang remaja di AS setelah menjalin hubungan emosional dengan chatbot CharacterAI. Chatbot tersebut gagal menempatkan batas etika dan justru memperparah kondisinya, sehingga perusahaan digugat karena dianggap lalai menjaga keselamatan pengguna muda.

  • China Punya Senjata Pembunuh Super Canggih, AS Patut Waspada

    China Punya Senjata Pembunuh Super Canggih, AS Patut Waspada

    Jakarta, CNBC Indonesia – Belum lama ini, China memamerkan kapal induk terbaru yang memiliki sistem pelontar elektromagnetik bernama EMALS. Sistem tersebut bisa meluncurkan pesawat dari atas kapal.

    Aksi kapal induk Fujian itu terekam dalam video yang dirilis lembaga penyiaran negara CCTV. Terlihat pesawat tempur siluman generasi kelima J-35, pesawat tempur generasi 4,5 J-15T dan pesawat peringatan dini serta kontrol KJ-600 lepas landas dari atas kapal menuju angkasa.

    Media itu menyebut ujicoba Fujian sebagai terobosan dan tonggak sejarah untuk transformasi angkatan lautnya.

    Dengan keberhasilan ini nampaknya tinggal menunggu hitungan minggu untuk melihat peluncuran resmi Fujian untuk menjadi bagian armada Angkatan Laut China, ungkap analis militer Carl Schuster.

    EMALS atau Electromagnetic Aircraft Launch System membuat pesawat pengangkut dengan muatan senjata dan bahan bakar lebih berat dapat lepas landas. Sistem itu dilengkapi dengan landasan tipe lompat ski jadi membuat pesawat bisa menyerang target dari jarak yang lebih jauh, dikutip dari CNN Internasional, Kamis (9/10/2025).

    Menurut para analis, kemampuan Fujian itu bisa memberikan kapal jangkauan tempur yang lebih baik dibandingkan pendahulunya. Jadi memberikan kemampuan pada PLAN (People’s Liberation Army Navy/Angkata Laut Tentara Pembebasan Rakyat) atau disebut dengan blue-water.

    Sistem serupa EMALS sendiri hanya dimiliki oleh Amerika Serikat (AS), musuh bebuyutan China. Negara itu menempatkan sistem pelontar pada USS Gerald R Ford.

    AS mengandalkan ketapel bertenaga uap untuk meluncurkan pesawat. Selain itu juga memanfaatkan tenaga nuklir, yang tidak ditemukan pada Fujian milik China.

    Dengan tenaga nuklir itu, kapal induk AS dpaat berada di laut selama persediaan masih ada. Sementara Fujian menggunakan bahan bakar konvensional, jadi harus berlabuh atau menggunakan kapal tanker saat kehabisan bahan bakar.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]