brand merek: Ducati

  • Marquez Disebut-sebut Ingin ‘Kuasai’ Garasi Ducati

    Marquez Disebut-sebut Ingin ‘Kuasai’ Garasi Ducati

    Jakarta

    Marc Marquez disebut-sebut ingin menguasai garasi Ducati. Marquez ingin menjadi pebalap utama Ducati Lenovo dan menyingkirkan pengaruh Francesco Bagnaia. Hal itu bisa sangat mungkin terjadi mengingat kehadiran Marquez dan Bagnaia di Ducati ibarat dua matahari kembar.

    “Pecco (Bagnaia) adalah juara dunia MotoGP dua musim berturut-turut dan telah memimpin garasi (Ducati Lenovo) selama beberapa tahun terakhir,” ujar komentator MotoGP dari TNT Sports, Michael Laverty. “Tiba-tiba, duri besar (Marquez) di sisinya muncul. Ya, Marquez ingin menguasai garasi Ducati,” sambung dia.

    Kendati hubungan Marquez dan Bagnaia tampak baik-baik saja di layar kaca, tidak ada yang tahu bagaimana hubungan keduanya di balik layar. Di masa lalu, Marquez menjadi salah satu rival berat Valentino Rossi. Dan Bagnaia adalah anak didik Rossi. Jadi saat ini Bagnaia ibarat representasi Rossi di MotoGP.

    Francesco Bagnaia Foto: Anadolu via Getty Images/Anadolu

    Sebelumnya Bagnaia juga telah mewanti-wanti Marquez agar tidak bikin gaduh garasi Ducati Lenovo yang selama ini harmonis dan solid. Kata Bagnaia, kehadiran Marquez bisa jadi berkah, sekaligus bencana buat tim asal Italia tersebut.

    “Yang pasti dia akan sangat kompetitif. Tahun ini dia sangat cepat dan tahun depan dia akan memiliki materi motor terbaik. Berada di tim merah tentu saja memberi Anda lebih banyak motivasi untuk menjadi yang teratas,” ungkap Bagnaia.

    “Saya pikir (ini) bisa menjadi sangat bagus atau bencana! Jadi kita lihat saja tahun depan. Ini bisa menjadi bencana jika kami mulai berteriak atau kami mulai berdiskusi. Tapi, saya rasa kami berdua sangat cerdas dan dia akan beradaptasi dengan sempurna,” lanjut Bagnaia.

    Tentu bukan hal mustahil bagi Marquez jika dia ingin menjadi pebalap utama yang dipercaya mengembangkan motor Ducati Desmosedici. Sebagai pemegang enam gelar juara dunia MotoGP, Marquez masih memiliki ambisi dan egoisme yang tinggi.

    Contohnya pada pertengahan musim 2024, ketika Marquez diproyeksikan pindah ke tim satelit Ducati Pramac Racing pada 2025, Marquez dengan tegas menolaknya. Marquez pun hanya ingin membalap buat tim pabrikan Ducati Lenovo.

    Ducati pun menyerah. Awalnya mereka ingin merekrut Jorge Martin. Tapi kemudian mereka lebih memilih Marquez, meski dengan risiko besar kehilangan Martin yang pindah ke Aprilia dan Pramac Racing yang pindah ke Yamaha.

    (lua/rgr)

  • Pujian Rossi buat Lorenzo yang Pensiun

    Pujian Rossi buat Lorenzo yang Pensiun

    JAKARTA – Jelang Grand Prix Valencia, pada Kamis waktu setempat, Jorge Lorenzo yang didampingi CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta secara resmi mengumumkan rencana pensiun setelah musim 2019 berakhir. Banyak pihak merasa kehilangan sosok hebat ini. Termasuk Valentino Rossi. 

    Menurut The Doctor, MotoGP kehilangan salah satu bagian terbaiknya, salah satu pebalap MotoGP yang cepat, bertalenta dan penting di era modern.

    “Saya punya banyak kenangan dengan Jorge karena kami menjadi rekan satu tim di banyak musim di Yamaha dan dia selalu menjadi motivasi yang baik sebagai rekan karena dia sangat kuat, penuh konsentrasi dan selalu memberi yang maksimal,” kata Rossi, melansir laman resmi MotoGP.

    “This will be my last race in #MotoGP” 🎙️@lorenzo99 announces his retirement in front of the world’s media in Valencia 💬#ThankYouJorge | #ValenciaGP pic.twitter.com/AmamdnCZeO

    — MotoGP™ 🇪🇸 (@MotoGP) November 14, 2019

    Rossi menjalani tujuh musim bersama Lorenzo di Yamaha (2008, 2009, 2010, 2013, 2014, 2015, 2016) sebagai rekan satu tim sekaligus rival. Hal yang paling berkesan bagi pebalap 40 tahun adalah pertarungannya dengan Lorenzo di Grand Prix Catalunya 2009.

    “Kami bertarung untuk gelar kejuaraan musim itu tapi khususnya kami bertarung di sepanjang akhir pekan untuk memenangi balapan itu. Pada akhirnya saya menang di tikungan terakhir namun pertarungannya epik, salah satu balapan terbaik di sepanjang karier saya,” kata penggemar klub sepak bola Inter Milan itu.

    “Di akhir kami berpelukan, kenangan yang indah. Itu adalah kenangan terbaik yang pernah saya miliki,” sambung dia.

    Selama menjadi rekan satu tim, keduanya berhasil menyumbangkan empat gelar juara, Rossi pada 2008 dan 2009 sedangan Lorenzo pada 2010 dan 2015. Lorenzo menambah satu gelar lagi bagi Yamaha pada 2012 di saat Rossi menjalani tahun keduanya bersama Ducati.

    Sepanjang 18 tahun perjalanan kariernya di atas aspal, Lorenzo meraih gelar juara dunia MotoGP pada 2010, 2012, dan 2015 dengan Yamaha. Dia juga merupakan juara dunia 250cc – sekarang Moto2 – pada 2006 dan 2007.

  • Daftar Sepeda Motor Kena PPN 12 Persen di 2025

    Daftar Sepeda Motor Kena PPN 12 Persen di 2025

    Jakarta, CNN Indonesia

    Selain mobil mewah, sejumlah sepeda motor juga potensi terkena dampak kenaikan pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar 12 persen yang akan berlaku 1 Januari 2025. Daftar model roda dua itu di berasal dari merek Honda, Kawasaki dan Yamaha.

    Ketentuan PPN 12 persen untuk jenis kendaraan mewah ini sudah dipastikan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (5/12).

    “Mobil mewah, apartemen mewah, rumah mewah, yang semuanya serba mewah,” kata Dasco yang belum merinci spesifikasi mobil mewah yang akan dikenai tarif baru PPN 12 persen.

    Sepeda motor mewah terkena PPN 12 persen bila pemerintah mengenakan pajak baru berdasarkan tarif PPnBM motor mewah untuk CBU atau impor utuh.

    Menyitat Peraturan Menteri Keuangan nomor 141/PMK.010/2021 tentang Penetapan Jenis Kendaraan Bermotor yang dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah dan Tata Cara Pengenaan Pemberian dan Penatausahaan Pembebasan, dan Pengembalian Pajak Penjualan atas Barang Mewah, ada ketentuan menerangkan motor mesin di atas 250 cc masuk kategori mewah. Berikut bunyi aturan tersebut:

    Pasal 22

    Kendaraan bermotor beroda 2 (dua) atau 3 (tiga) dengan kapasitas isi silinder lebih dari 250 (dua ratus lima puluh) cc sampai dengan 500 (lima ratus) cc; atau

    Kendaraan khusus yang dibuat untuk perjalanan di atas salju, di pantai, di gunung, atau kendaraan sejenis, yang dikenai PPnBM dengan tarif sebesar 60 persen.

    Pasal 23

    Kemudian Jenis Barang Kena Pajak yang tergolong mewah, berupa:

    a. kendaraan bermotor dengan kapasitas isi silinder lebih dari 4.000 (empat ribu) cc;

    b. kendaraan bermotor beroda 2 (dua) atau 3 (tiga) dengan kapasitas isi silinder lebih dari 500 (lima ratus) cc; atau

    c. trailer, semi-trailer dari tipe caravan, untuk perumahan atau kemah, yang dikenai PPnBM dengan tarif sebesar 95 persen.

    Daftar sepeda motor yang potensi tersandung PPN 12 persen

    Honda

    – Honda CB 650R
    – Honda CBR 1000RR
    – Honda XL 750
    – Honda CB 500X
    – Honda CFR 1100 L
    – Honda Rebel 1100
    – Honda Rebel 500
    – Honda Gold Wing 1800

    Yamaha

    – Yamaha WR 155T
    – Yamaha YZ 125X
    – Yamaha YZ 250X
    – Yamaha YZ 250 F
    – Yamaha YZ 250 FX

    Kawasaki

    – Kawasaki Ninja ZX 4 RR
    – Kawasaki Ninja ZX 6 RR
    – Kawasaki Ninja ZX 10 R
    – Kawasaki Ninja H2
    – Kawasaki Versys 650
    – Kawasaki Versys 1000
    – Kawasaki Versys 1100
    – Kawasaki W800

    Selain itu masih banyak lagi sepeda motor mewah lainnya di Indonesia dengan mesin di atas 500 cc yakni dari BMW, Ducati, Harley-Davidson, KTM, Triumph hingga Royal Enfield.

    (can/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Bos Ducati Nggak Nyangka Motornya Dipakai Pebalap Sehebat Marquez

    Bos Ducati Nggak Nyangka Motornya Dipakai Pebalap Sehebat Marquez

    Jakarta

    Direktur Ducati Corse, Gigi Dall’Igna tak menyangka, motor Ducati Desmosedici 2025 hasil racikan timnya bisa ditunggangi pebalap sehebat Marc Marquez. Dia mengaku, kenyataan tersebut membuatnya sangat emosional!

    Disitat dari Motorsport, Dall’Igna mengatakan, Marquez berstatus sebagai juara dunia delapan kali. Itulah mengapa, suatu kehormatan The Baby Alien bisa mengendarai motor berkelir merah tersebut.

    “Ketika Anda melihat seorang juara dunia (seperti Marquez) mengendarai motor Anda, itu selalu menjadi emosi yang sangat kuat,” ujar Dall’Igna, dikutip Jumat (6/12).

    Marc Marquez naik Ducati. Foto: Getty Images/Eric Alonso

    Kendati begitu, sebelum kedatangan Marquez, tim pabrikan Ducati sudah punya Francesco Bagnaia yang juga berstatus juara dunia. Meski jumlah gelarnya masih kalah jauh dibandingkan Marquez, namun pebalap Italia tersebut tetaplah pebalap hebat.

    Maka, ketika ditanya siapa yang dijagokannya musim depan, Dall’Igna tak bisa menjawabnya. Dia sebagai petinggi tim hanya berharap, keduanya bisa bersaing dalam perebutan gelara juara.

    “Saya tidak mengunggulkan salah satu dari mereka, saya harus mengatakan bahwa setiap kali kami melakukannya, saya merasakan perasaan yang luar biasa,” tuturnya.

    Luigi Dall’Igna Foto: SOPA Images/LightRocket via Gett/SOPA Images

    Dall’Igna juga yakin, meski membela tim yang sama dan berstatus sebagai juara dunia, hubungan Marquez-Bagnaia sejauh ini baik-baik saja. Mereka malah sering komunikasi mengenai performa motornya.

    “Mereka adalah dua juara, dua pembalap yang tentunya memiliki banyak pengalaman, jadi mengapa tidak?” ungkapnya.

    “Pebalap pada akhirnya mengatakan apa yang dia rasakan mengenai motor dan memang perasaannya sangat mirip. Hal ini, seperti yang dikatakan Pecco, membantu pekerjaan kami, karena memberi kami kepastian untuk melangkah ke depan,” tambahnya.

    Dengan perpanjangan kontrak Pecco dan kedatangan Marc, Ducati dipastikan memiliki pasangan juara dunia MotoGP yang saling melengkapi untuk dua tahun ke depan.

    “Saya pikir mereka berdua adalah juara yang hebat dan inilah yang membuat mereka mirip: pengalaman yang banyak. Mereka berdua sangat bertekad, tetapi di sisi lain itulah semangat yang harus dimiliki seorang juara,” kata Dall’Igna.

    (sfn/dry)

  • Marquez Disebut-sebut Ingin ‘Kuasai’ Garasi Ducati

    Sulitnya Dapat Hati Fans Italia

    Jakarta

    Gesekan antara Marc Marquez dan Valentino Rossi juga melibatkan para penggemar. Marquez bahkan curhat dirinya masih sulit merebut hati fans Italia.

    Hubungan antara para penggemar Italia dan Marc Marquez masih belum mencair. Sekalipun Marquez sudah membela tim asal Italia Gresini sekaligus menunggangi motor pabrikan Borgo Panigale, nyatanya tak membuat para penggemar Italia luluh. Sebagai mantan musuh bebuyutan legenda MotoGP Italia, Valentino Rossi, Marquez masih sering dicemooh saat balapan di Mugello maupun Misano.

    “Buat saya tahun ini tak ada yang berubah. Saya selalu berusaha keras dan saya menang balapan di Misano dengan tim Gresini. Mari kita lihat tahun ini apakah saya bisa mendapat hasil bagus di Mugello di hadapan fans Italia,” kata Marquez dikutip Motorsport.

    “Pada akhirnya, hubungan dengan penggemar Italia memang sangat sulit, tapi semakin ke sini kian membaik,” kata Marquez lagi.

    The Baby Aliens menyebut dirinya selalu berusaha untuk bisa profesional dan mengerjakan pekerjaannya dengan baik. Rider kelahiran Cervera itu juga berharap dengan kontraknya bersama tim Italia, bisa membuat hubungannya dengan penggemar makin harmonis.

    Marquez juga menanggapi hubungan dengan beberapa pebalap zaman sekarang. Menurut kekasih Gemma Pinto itu, hubungan antara dia dan para rival itu sangat terjaga dengan baik.

    “Orang-orang yang membalap dengan saya sekarang lebih ramah. Rasanya baru kemarin saya tiba di sini saat usia 20 tahun sebagai pemuda yang minim pengalaman, sementara saat ini saya adalah salah satu yang paling berpengalaman,” tutur Marquez.

    “Saya sangat menyukai hal ini. Setiap orang memiliki karir dan kisahnya masing-masing, tetapi semua anak muda datang ke MotoGP dengan tekad yang kuat dan kami siap bertarung dengan mereka,” sambung dia.

    Mulai musim depan, Marquez masih akan membela tim Italia, Ducati Lenovo. Ditambah lagi, dia juga akan berpasangan dengan rider Italia binaan akademi Valentino Rossi, Francesco Bagnaia.

    (dry/din)

  • Bagnaia-Marquez Favorit Jadi Juara Dunia MotoGP 2025

    Bagnaia-Marquez Favorit Jadi Juara Dunia MotoGP 2025

    Jakarta

    Dunia Jorge Martin berubah. Kemarin menunggangi Ducati hingga menjadi juara dunia, Martin sudah ditunggu Aprilia untuk musim 2025. Tahun depan, The Martinator tak mau pasang target muluk-muluk, apalagi bermimpi mempertahankan gelar.

    Target juara Martin baru bisa dilihat setelah dirinya bisa meraih podium, konsistensi, dan tentu saja waktu untuk beradaptasi.

    “Aku masih tidak tahu apa yang bisa dilakukan. Aku harus melihat bagaimana motornya bekerja,” ujar Martin dikutip dari Gazzetta.

    “Aprilia bisa kompetitif karena sudah menunjukkannya tahun lalu dan aku tahu bisa memberikan konsistensi yang lebih besar. Tapi memenangi gelar juara adalah tujuan yang lebih besar. Aku bahkan tidak memikirkannya sekarang,” ucap Martin.

    “Aku pikir bisa bermain (perburuan gelar) di tahun 2026. Sekarang saatnya untuk memulai dari awal, lihat kapan podium pertama kita akan tiba, kemenangan pertama dan selanjutnya bertumbuh,” ucap dia.

    Martin sadar betul Ducati punya tim impian; motor paling superior, duet Marc Marquez dan Francesco Bagnaia. Dua pebalap ini menyandang status juara dunia. Bagi Martin dua pebalap itu punya kans paling besar.

    “Wajar menganggap Bagnaia dan Marquez adalah pemain utamanya. Pecco dan Marc adalah pebalap aktif dengan gelar MotoGP terbanyak dan Ducati adalah motor pemenang. Mereka pasti akan menjadi favorit,” jelas Martin.

    Martin merasa sejatinya bisa masuk ke dalam tim pabrikan Ducati. Namun dia sadar pemilihan Marquez ke tim lebih menguntungkan dari segi bisnis.

    “Secara pribadi, pada akhirnya itu hampir menghilangkan beban dari pundak. Aku sudah bekerja untuk waktu yang lama. Tidak masuk akal untuk tidak dimasukkan dalam tim Lenovo, tetapi, karena situasi yang sulit untuk dikendalikan, itu berjalan berbeda. Ini tentang bisnis dan aku memahaminya dengan sempurna pada saat itu. Saya hanya fokus untuk terus memberikan 100 persen,” tambah Martin.

    MotoGP 2025 baru akan start pada 2 Maret 2025. Seri balapan MotoGP Thailand yang akan menjadi pembuka.

    (riar/dry)

  • Marc Marquez Mampir ke Markas Ducati

    Marc Marquez Mampir ke Markas Ducati

    Jakarta

    Marc Marquez mampir ke markas Ducati di Borgo Panigale. Apa yang dilakukan Marquez di markas Ducati itu?

    Untuk kedua kalinya, Marc Marquez mengunjungi markas Ducati di Borgo Panigale, Bologna, Italia. Sebelumnya, The Baby Aliens diketahui pernah menyambangi markas Ducati pada Januari 2024 bersama adiknya, Alex Marquez. Tapi pada kesempatan kali ini berbeda, karena Marquez sudah resmi berseragam Ducati merah dan bakal bersanding dengan Francesco Bagnaia mulai musim depan.

    Kedatangan Marquez ke markas Ducati itu rupannya untuk menghadiri acara ‘Champions at Party’ yang digelar di Bologna Fair. Acara ini digelar dengan tujuan untuk memamerkan pencapaian mengesankan Ducati selama musim 2024. Dilansir Motociclismo, selain Marquez, nama-nama besar lainnya juga turut hadir, yaitu Joge Martin, Francesco Bagnaia, Enea Bastianini, Marco Bezzechi, hingga Franco Morbidelli. Dalam kesempatan itu, Bastianini juga melakukan perpisahan karena akan hengkang ke KTM mulai musim depan.

    Tak cuma itu, beberapa figur di balik Ducati juga hadir seperti Davide Tardozzi, Gigi Dall’Igna, Mauso Grassili, serta Claudio Domenicalli juga hadir. Kedatangan Marquez juga sekaligus menandai hubungan erat antara Ducati dan juga rider Spanyol.

    Sejatinya, Marquez sudah menunggangi motor Ducati sejak awal musim 2024. Namun, motor yang ditunggangi Marquez itu umurnya setahun lebih tua ketimbang tunggangan Bagnaia. Meski begitu, Marquez justru bisa menunjukkan dirinya masih kompetitif di atas Desmosedici GP.

    Hal itulah yang membuat Ducati memberi kepercayaan penuh ke Marquez untuk menggeber Desmosedici GP25 bersama dengan Bagnaia. Padahal di saat yang bersamaan, performa Jorge Martin yang menunggangi motor spek serupa dengan Bagnaia juga tengah moncer.

    Marquez, resmi menandatangani kontrak dengan Ducati Lenovo selama dua tahun. Praktis, Marquez akan berseragam Ducati merah sampai 2026. Bagi Ducati The Baby Aliens itu memiliki talenta yang tak perlu diragukan lagi. Kontribusi Marquez diharapkan bisa mengantar Ducati lagi merebut titel juara berikutnya.

    “Pada akhirnya, pilihan kami jatuh pada talenta yang tidak perlu dipertanyakan lagi seperti Marc Marquez. Hanya dalam beberapa balapan, ia berhasil beradaptasi secara sempurna dengan Desmosedici GP kami, dan ambisi bawaannya mendorongnya untuk terus berkembang. Di dalam garasi, kami akan memiliki dua pebalap yang bersama-sama memegang 11 gelar Juara Dunia, dan kemampuan untuk mengandalkan pengalaman dan kedewasaan mereka juga akan sangat berharga bagi pertumbuhan kami,” ungkap Luigi Dall’Igna General Manager Ducati Corse saat mengumumkan kepindahan Marquez.

    (dry/rgr)

  • Martin Angkat Topi Buat Ducati, Tak Ganggu Jalannya Raih Gelar Juara MotoGP

    Martin Angkat Topi Buat Ducati, Tak Ganggu Jalannya Raih Gelar Juara MotoGP

    Jakarta

    Jorge Martin angkat topi setinggi-tingginya buat Ducati karena tak mengganggu jalannya dalam meraih jelar juara dunia MotoGP 2024. Diketahui, Ducati dengan kekuatannya bisa saja mengganggu Martin di akhir musim 2024 yang bisa menghilangkan peluangnya untuk merebut gelar MotoGP pertama kalinya.

    Ketakutan Martin tentunya sangat beralasan. Sebab di pertengahan musim 2024, Martin mengumumkan kesepakatannya bergabung dengan tim pabrikan Aprilia Racing pada musim depan. Ducati sebagai penyuplai motor tim Pramac Racing dan Martin bisa saja melakukan berbagai hal yang bisa mencegah Martin dan Pramac meraih gelar MotoGP. Ducati tentunya lebih suka pebalap factory mereka, Francesco Bagnaia, yang menjadi juara MotoGP 2024.

    Jorge Martin meraih gelar juara dunia MotoGP 2024 Foto: REUTERS/Pablo Morano

    “Yang pasti saya takut, Paolo (Campinotti) takut, semua orang takut, media takut. Semua orang mengira mereka (Ducati) akan melakukan sesuatu hal untuk membuat saya kehilangan kejuaraan ini,” bilang Martin dikutip dari Crash.

    Tapi kemudian ketakutan Martin dan Pramac tidak terbukti. Ducati tetap memberikan dukungan buat Martin dan Pramac hingga kerja sama mereka dengan Ducati berakhir di penghujung musim 2024. Martin dan Pramac pun meraih gelar juara MotoGP 2024 sekaligus mengukir rekor sebagai pebalap dan tim independen pertama yang meraih gelar MotoGP di era modern.

    “Ya, mereka tidak melakukannya, jadi salut buat Ducati, angkat topi, dan saya sangat berterima kasih kepada Ducati karena membawa saya ke MotoGP dan menjadikan saya juara dunia,” bilang Martin.

    Pada awalnya Martin muncul sebagai kandidat kuat pebalap tim pabrikan Ducati Lenovo untuk musim 2025. Namun, ternyata Ducati lebih memilih merekrut Marquez. Martin pun meluapkan kekecewaannya dengan pindah ke Aprilia Racing. Pramac Racing yang kecewa kemudian juga berganti mitra dari Ducati ke Yamaha mulai musim depan.

    (lua/dry)

  • Bisa Menang, Jadi Juara Dunia!

    Bisa Menang, Jadi Juara Dunia!

    Jakarta

    Toprak Razgatlioglu masih berharap masuk ke ajang balap nomor wahid, MotoGP. Bukan sekadar jadi pebalap Turki pertama, namun dia ingin memiliki rekor kemenangan juga.

    Toprak sukses menjadi juara dunia World Superbike (WSBK) musim ini setelah pindah dari Yamaha ke BMW. Dia menjadi pebalap yang berhasil menang dengan dua tim berbeda.

    Tahun lalu, ia sempat menguji motor Yamaha MotoGP, tetapi tidak ada kesepakatan untuk pindah ke MotoGP. Sejak itu, ia meninggalkan merek Jepang tersebut.

    “Sekarang saya bahagia di paddock Superbike, tapi saya juga punya impian MotoGP. Saya ingin pergi ke sana setelah tahun depan, tetapi saya memerlukan kontrak yang bagus,” ujar Toprak dikutip dari Corsedimoto, Senin (2/12/2024).

    Pebalap kelahiran 1996 itu pasang target paling maksimal 2026 sudah bisa naik kelas ke MotoGP. Artinya saat itu umur Toprak menginjak usia yang matang bagi seorang pebalap. Toprak juga hanya ingin motor dengan dukungan spek pabrikan.

    “Saya tidak tertarik menjadi pebalap Turki pertama di MotoGP, itu bukan impian saya. Impian saya di MotoGP adalah mencetak podium, menang, dan mungkin menjadi juara dunia. Lihat saja. Saya pikir setelah empat-lima bulan kami akan mulai membicarakan masa depan. Saya akan berusia 29 tahun depan, saya hampir mencapai batas saya,” kata dia.

    Honda dirumorkan sudah menjalin komunikasi dengan Toprak. Sementara brand lain yang juga mendekat kepada El Turco itu adalah Yamaha.

    Toprak diketahui berguru kepada Kenan Sofuoglu yang saat ini menjadi manajernya. Sofuoglu merupakan juara lima kali World Supersport.

    Perlu kehati-hatian, sebab rider WSBK yang pindah ke MotoGP namun bukannya moncer malah meredup.

    Ben Spies diketahui sekali menjadi juara dunia WSBK pada 2009. Tahun berikutnya, dia pindah ke MotoGP tim satelit Yamaha Tech 3. Dua tahun berikutnya dia ditarik ke tim Yamaha Factory, Spies sekali memenangi balapan di Belanda pada 2011 dan tiga kali finis di posisi ketiga.

    Ben Spies sering terjatuh pada 2012 saat menunggangi YZR-M1. Dia kemudian pindah ke Pramac Ducati pada 2013. Lalu pada usia 29 tahun, Spies mengumumkan pensiun dari dunia balap motor terkait cedera berkepanjangan yang dideritanya

    Tujuan besar Razgatlioglu adalah membuat lompatan besar ke MotoGP, meski begitu, Toprak punya rencana B, yakni tetap berada di grid Superbike dengan merek selain BMW dan Yamaha untuk mencoba menjadi juara dan kembali membuat sejarah.

    “Jika saya tidak harus pergi ke MotoGP, saya akan punya rencana berbeda. Belum ada pebalap yang memenangi kejuaraan dunia SBK dengan tiga merek berbeda,” kata Toprak.

    (riar/dry)

  • Ducati Mungkin Menyesal Melepas Saya

    Ducati Mungkin Menyesal Melepas Saya

    Jakarta

    Pebalap Aprilia Racing Jorge Martin menilai Ducati mungkin menyesali keputusannya melepas dirinya ke tim rival. Martin ‘terpaksa’ pindah ke tim pabrikan Aprilia setelah tim pabrikan Ducati lebih memilih Marc Marquez sebagai tandem Francesco Bagnaia untuk MotoGP musim depan.

    “Ketika semua ini diputuskan, saya belum menjadi seorang juara. Sulit untuk mengetahui hal-hal ini. Namun jelas, bahwa saat ini mereka mungkin menyesalinya. Anda juga harus menanyakan hal ini kepada mereka (Ducati),” ungkap Martin dikutip dari Crash.

    Jorge Martin di Aprilia Foto: Twitter MotoGP

    Sebelumnya Martin memang menjadi kandidat kuat untuk dipromosikan, dari tim satelit Pramac Racing ke tim pabrikan Ducati Lenovo. Tapi pada 2023, Ducati lebih memilih pebalap Italia, Francesco Bagnaia. Selanjutnya mulai tahun 2025, Ducati lebih memilih Marquez sebagai pengganti Bastianini.

    Ducati tentunya tidak ingin melewatkan kesempatan emas merekrut Marquez yang merupakan legenda MotoGP. Martin yang kecewa pun akhirnya menerima pinangan merek Italia lainnya, Aprilia. Di tim pabrikan Aprilia Racing, Martin menggantikan posisi Aleix Espargaro yang pensiun di akhir musim 2024.

    Bagaimanapun, tim pabrikan memang menjadi mimpi dan tujuan bagi setiap pebalap MotoGP. Terbukti Martin pun tidak puas cuma membela tim satelit Pramac Racing, meski dengan dukungan motor spek pabrikan. Martin yang berhasil menjadi juara dunia MotoGP 2024 pun memilih pindah ke tim pabrikan Aprilia.

    “Perlengkapan saya dengan ‘Pecco’ Bagnaia (di Ducati Lenovo) itu benar-benar sama, tidak bisa saya pungkiri. Namun, perlakuan di tim factory benar-benar berbeda. Ketika Anda menjadi pebalap resmi, semua orang bekerja untuk Anda, berusaha menjadikan Anda pemenang,” ungkap Martin.

    “Saya merasa ada 12 orang di tim saya melawan dua atau tiga ratus orang. Itu membuat keadaan menjadi lebih sulit. Tetapi saya berterima kasih kepada Ducati karena tidak melakukan apapun (hal yang buruk) terhadap kami. Mereka sangat bermartabat dan itu patut dikagumi,” terang pebalap asal Spanyol.

    (lua/riar)