brand merek: Ducati

  • Alex Marquez Ungguli Marc Marquez

    Alex Marquez Ungguli Marc Marquez

    JAKARTA – Alex Marquez berhasil keluar sebagai yang tercepat dalam sesi Free Practice 1 (FP1) MotoGP Jerez 2025 mengalahkan sang kakak, Marc Marquez.

    Pebalap milik Gresini Racing itu menyelesaikan sesi ini di Sirkuit Jerez pada Jumat, 25 April 2025, dengan catatan waktu 1 menit 36,831 detik. Dia unggul sebanyak +0,357 detik dari kakaknya.

    Alex Marquez sebenarnya sempat mengalami kecelakaan di Tikungan 1. Meski demikian, dia berhasil bangkit dan kemudian menggeser sang kakak ketika sesi Latihan Bebas tersisa enam menit saja.

    Marc Marquez sempat mengalami kendala terhadap motornya sebelum membalikkan keadaan untuk mengekori sang adik. Sementara itu, pebalap Yamaha, Fabio Quartararo, berada di tempat ketiga.

    Penampilan impresif juga diperlihatkan oleh Maverick Vinales dari tim Red Bull KTM Tech3. Pebalap berjuluk Top Gun tersebut berhasil membawa RC16 miliknya finis di posisi keempat.

    Vinales unggul atas kompatriotnya, Joan Mir (Honda HRC Castrol), dan pebalap Australia Jack Miller (Prima Pramac Yamaha). Adapun berada di urutan ketujuh dihuni Francesco Bagnaia.

    Rekan setim Marc Marquez di Ducati Lenovo Team tersebut terpaut 0,701 detik dari Alex Marquez. Bagnaia sejauh ini memang belum tampil sempurna untuk bersaing dengan Marc Marquez.

    Berturut-turut setelah itu melengkapi 10 besar adalah Johann Zarco di posisi kedelapan, Alex Rins menghuni urutan kesembilan, dan Franco Morbidelli di posisi ke-10.

    Balapan di Spanyol adalah seri kelima dalam kalender tahun ini. Marc Marquez saat ini menguasai puncak klasemen dengan 123 poin, diikuti oleh adiknya di tempat kedua dengan koleksi poin 106.

  • Ducati Rekrut Marquez Gara-gara Kesalahanku

    Ducati Rekrut Marquez Gara-gara Kesalahanku

    Jakarta

    Francesco Bagnaia menyalahkan dirinya atas keputusan Ducati merekrut Marc Marquez. Kenapa bisa begitu?

    Bagnaia bilang tim pabrikan Ducati harus rela kehilangan gelar tahun lalu, — Jorge Martin memenangkan gelar membela tim satelit Ducati. Bagnaia mentok finis kedua dengan perolehan 498 poin di klasemen akhir, berjarak 10 poin dari juara Jorge Martin.

    “Aku pikir Ducati sendiri yang ingin situasi ini tercipta. Tahun lalu mereka kehilangan gelar karena kesalahanku. Punya motor tercepat, menang 18 balapan termasuk sprint dan kemudian gagal juara dunia berarti ada sesuatu yang salah,” ucap Bagnaia dikutip dari GPone, Jumat (25/4/2025).

    Menurut Bagnaia, Ducati gagal meraih hat-trick juara dunia beruntun setelah dia finis runner-up di bawah Jorge Martin. Bagnaia mengatakan, Ducati merekrut Marc Marquez untuk bisa mengunci gelar lagi.

    “Butuh waktu untuk menerimanya (Marc Marquez), tetapi ini 100 persen kesalahanku dan apa yang aku lakukan adalah mencoba untuk maju,” kata Bagnaia.

    “Setelah 2025 akan menjadi penting untuk ke perebutan gelar. Tentu saja, jika saya bisa melakukannya tahun ini akan sangat bagus, tapi saya melihatnya sulit sih,” aku Bagnaia.

    Ducati menjalani awal musim dengan impresif. Marc Marquez memenangi empat sprint race dan tiga full race dari empat seri MotoGP.

    Sementara Pecco, sapaan akrab Bagnaia baru mengukir kemenangan saat mentas di MotoGP Amerika Serikat.

    Marquez saat ini berada di puncak klasemen MotoGP 2025. Alex Marquez masih berada di peringkat dua dengan 106 poin. Di tempat ketiga ada Francesco Bagnaia dengan 97 poin, dan Franco Morbidelli di peringkat empat dengan 78 poin.

    (riar/rgr)

  • Potret Cuma Rossi yang Dilarang Pakai Logo Ducati di Tim Balapnya

    Potret Cuma Rossi yang Dilarang Pakai Logo Ducati di Tim Balapnya

    Potret Cuma Rossi yang Dilarang Pakai Logo Ducati di Tim Balapnya

  • Jadwal MotoGP Spanyol 2025 Akhir Pekan Ini

    Jadwal MotoGP Spanyol 2025 Akhir Pekan Ini

    Jakarta

    Jadwal MotoGP Spanyol 2025 bisa Anda simak di sini. MotoGP Spanyol diselenggarakan pada tanggal 25 April hingga 27 April. Anda bisa menyaksikan balap motor ini melalui stasiun televisi Trans7 maupun sejumlah aplikasi berbayar.

    Setelah Qatar, kampanye MotoGP 2025 berlanjut ke daratan Spanyol, tepatnya di Sirkuit Jerez yang terletak di Jerez de la Frontera. Sirkuit Jerez dibuka pada 1985 dan mulai menyelenggarakan balap MotoGP sejak tahun 1992. Selain digunakan untuk balap motor, sirkuit ini juga digunakan untuk balap mobil F1.

    Kilas balik ke musim lalu, tim Ducati masih perkasa di Sirkuit Jerez. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) menjuarai MotoGP Spanyol 2024, diikuti Marc Marquez yang ketika itu masih membela Gresini Ducati, dan Marco Bezzecchi di urutan ketiga dengan timnya saat itu Pertamina VR46 Ducati.

    Tentunya pada MotoGP Spanyol 2025, pebalap-pebalap Ducati masih dijagokan berkuasa di sirkuit ini. Apalagi Ducati sapu bersih kemenangan di empat seri perdana MotoGP, dengan Marc Marquez (Ducati Lenovo) memenangi tiga seri di antaranya (Thailand, Argentina, Qatar) dan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) memenangi seri Amerika.

    Bicara soal Bagnaia, rider Italia itu tentu paling difavoritkan juara di Sirkuit Jerez. Betapa tidak, anak didik Valentino Rossi itu memenangkan balapan di sirkuit sepanjang 4,42 km tersebut selama tiga tahun berturut-turut (2022, 2023, 2024). Pastinya perjuangan Bagnaia akhir pekan ini bakal lebih sulit, karena dia bakal bersaing langsung dengan rekan satu paddock-nya, Marc Marquez, yang tampil konsisten di awal musim ini.

    Rangkaian MotoGP Spanyol 2025 dimulai dengan sesi latihan dan latihan bebas pada Jumat (25/4). Kemudian dilanjutkan dengan sesi kualifikasi dan balap sprint pada Sabtu (26/4), dan diakhiri balap utama semua kelas pada hari Minggu (27/4).

    Jadwal MotoGP Spanyol 2025

    Jumat (25/4)

    1. 14:00-14:35 WIB: Moto3 Free Practice Nr. 1
    2. 14:50-15:30 WIB: Moto2 Free Practice Nr. 1
    3. 15:45-16:30 WIB: MotoGP Free Practice Nr. 1
    4. 18:15-18:50 WIB: Moto3 Practice
    5. 19:05-19:45 WIB: Moto2 Practice
    6. 20:00-21:00 WIB: MotoGP Practice

    Sabtu (26/4)

    1. 13:40-14:10 WIB: Moto3 Free Practice Nr. 2
    2. 14:25-14:55 WIB: Moto2 Free Practice Nr. 2
    3. 15:10-15:40 WIB: MotoGP Free Practice Nr. 2
    4. 15:50-16:05 WIB: MotoGP Qualifying Nr. 1
    5. 16:15-16:30 WIB: MotoGP Qualifying Nr. 2
    6. 17:50-18:05 WIB: Moto3 Qualifying Nr. 1
    7. 18:15-18:30 WIB: Moto3 Qualifying Nr. 2
    8. 18:45-19:00 WIB: Moto2 Qualifying Nr. 1
    9. 19:10-19:25 WIB: Moto2 Qualifying Nr. 2
    10. 20:00 WIB: MotoGP 12 Laps Tissot Sprint

    Minggu (27/4)

    1. 14:40-14:50 WIB: MotoGP Warm Up
    2. 16:00 WIB: Moto3 19 Laps Race
    3. 17:15 WIB: Moto2 21 Laps Race
    4. 19:00 WIB: MotoGP 25 Laps Grand Prix

    (lua/rgr)

  • Tikung Pedro Acosta dari Valentino Rossi, Honda Siap Tawarkan Gaji Besar

    Tikung Pedro Acosta dari Valentino Rossi, Honda Siap Tawarkan Gaji Besar

    Jakarta

    Pedro Acosta bakal jadi komoditas panas di bursa transfer MotoGP. Pebalap Red Bull KTM itu diketahui jadi incaran utama tim balap Valentino Rossi pada musim depan. Tetapi di sudut lain, Honda juga siap merekrut si bocah ajaib dengan iming-iming gaji besar.

    Seperti dikutip dari Speedweek, Honda bersedia mengajukan tawaran besar sebesar 30 juta euro untuk membajak Acosta dari KTM. Laporan itu tak menjelaskan berapa lama kontraknya, tetapi jika dibagi dalam tiga musim, artinya Acosta akan mendapatkan gaji 10 juta euro per musim atau setara Rp 191,5 miliar.

    Jika kesepakatan itu terwujud, maka pebalap Spanyol itu akan menjadi salah satu pebalap MotoGP berpenghasilan tertinggi. Fabio Quartararo dari Monster Yamaha dikabarkan menjadi penerima gaji tertinggi saat ini di MotoGP, dengan gaji 12 juta euro (Rp 229,8 miliar) per tahun.

    Acosta yang saat ini masih baru berusia 20 tahun tengah mengalami kesulitan bersama KTM yang motornya tidak kompetitif dan memiliki masalah getaran. Selain itu, pabrikan asal Austria itu juga didera isu krisis finansial yang bikin masa depannya di MotoGP menjadi tanda tanya.

    Di tengah berbagai permasalahan yang menimpa KTM, Acosta tetap berkomitmen kepada pabrikan yang memberinya kesempatan besar di MotoGP itu. Dari empat seri MotoGP yang sudah diselenggarakan, saat ini Acosta tertahan di peringkat ke-11 dengan 24 poin.

    Beberapa waktu lalu Acosta memberikan teka-teki soal masa depannya di MotoGP. Acosta mengaku tidak terlalu memikirkan soal gaji. Yang dipikirkan Acosta adalah kendaraan yang kompetitif dan tim yang solid.

    Menurut pengamat MotoGP, Carlo Pernat, pernyataan itu diyakini sebuah pesan buat Ducati agar merekrut dirinya untuk membalap di salah satu tim satelit mereka. “Ya, ketika Pedro Acosta membuat pernyataan ‘saya tidak peduli dengan uang’, dia hanya mengirimkan pesan yang jelas untuk Ducati (supaya merekrutnya). Itu jelas!,” ungkap Pernat.

    (lua/riar)

  • Potret Cuma Rossi yang Dilarang Pakai Logo Ducati di Tim Balapnya

    Saat Rossi Dilarang Pakai Logo Ducati

    Jakarta

    Valentino Rossi terpantau mendukung langsung Pertamina Enduro VR46 Racing saat MotoGP Qatar 2025. Satu hal yang menarik perhatian, tidak ada logo Ducati pada kaus legenda balap tersebut.

    Rossi tampak kasual menggunakan topi logo minuman berenergi, t-shirt hitam yang dibalut berbagai sponsor, termasuk Pertamina Enduro. Namun seragamnya itu sedikit berbeda dengan t-shirt kru VR46 Pertamina Enduro Racing, area t-shirt dada sebelah kiri Rossi tidak memiliki logo Ducati.

    Ya tak ada embel-embel Ducati di baju Rossi, padahal Ducati yang saat ini memasok motor untuk timnya.. Sementara semua anggota timnya, mulai dari mekanik, teknisi, pebalap, dan bahkan staf kantor-mengenakan logo Ducati pada pakaian resmi mereka, hanya rider kelahiran Tavullia ini yang mendapat pengecualian.

    Pertamina Enduro VR46 Racing Team Foto: Pertamina Enduro VR46 Racing Team

    Dikutip dari Mundodeportivo, hal ini berkaitan dengan batasan branding dan perjanjian sponsor. Meski VR46 Racing Team saat ini bermitra teknis dengan Ducati, Rossi pribadi tidak terikat kontrak sebagai duta merek Ducati.

    Rossi memiliki kontrak yang ditandatangani pada 2023 sebagai duta besar Yamaha di seluruh dunia.

    Jasa Valentino Rossi nampaknya masih dibutuhkan Yamaha. Juara dunia 9 kali itu tidak di-plot sebagai pebalap pabrikan garpu tala. Yamaha Motor Co., Ltd dan Valentino Rossi mencapai kesepakatan baru. The Doctor menjadi brand ambassador dari Yamaha.

    Valentino Rossi saat mendukung timnya langsung di paddock MotoGP Foto: Pertamina Enduro VR46 Racing Team

    Perjanjian dengan rumah Iwata ini disepakati setelah hubungan olahraga yang panjang, empat gelar juara dunia dan 56 kemenangan bersama.

    Dengan menghilangkan logo Ducati, secara kontraktual mencegah Valentino Rossi untuk secara terbuka menampilkan logo merek pesaing langsung seperti Ducati.

    Ini menjadi paradoks yang nyata bagi legenda MotoGP berusia 46 tahun ini, yang mendapati dirinya sebagai kepala tim satelit Ducati, tetapi tidak dapat menampilkan nama merek tersebut. Namun di sisi lain, ini juga menjadi tanda kesetiaan Rossi kepada Yamaha.

    Tak mengejutkan kalau Yamaha memilih Rossi sebagai duta mereknya. Kisah epik Yamaha dan Rossi dimulai dengan kemenangan ikonik pada balapan GP pertama The Doctor untuk Yamaha di Afrika Selatan pada tahun 2004. Sejak saat itu kerja sama di antara Yamaha dan Rossi melahirkan banyak aksi balap yang mendebarkan dan banyak momen hebat di paddock dan di luar jalur.

    Tercatat Rossi bersama Yamaha mengamankan 142 podium, merayakan 56 kemenangan GP, dan memenangkan empat gelar juara dunia MotoGP pada tahun 2004, 2005, 2008, dan 2009.

    (riar/lua)

  • Miller Curhat Pebalap MotoGP Digaji Kecil, Ini Sebabnya

    Miller Curhat Pebalap MotoGP Digaji Kecil, Ini Sebabnya

    Jakarta

    Jack Miller mengeluhkan gaji pebalap MotoGP saat ini yang dinilainya kecil. Kata pebalap Pramac Yamaha itu, pebalap MotoGP saat ini mendapatkan gaji yang tak sebanding dengan risikonya.

    “Para pebalap di masa lalu – tiga atau empat pebalap besar – dibayar dengan sangat tinggi,” kata Miller kepada podcast Gypsy Tales, dikutip dari Crash, Minggu (20/4/2025).

    “Sekarang, para pemula – atau pebalap mapan, termasuk saya – menandatangani kontrak dengan harga murah, hanya untuk bisa naik motor MotoGP atau coba peruntungan,” sambung rider asal Australia.

    Jack Miller Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

    Kilas balik ke masa lalu, rider MotoGP memang pernah mendapatkan gaji yang sangat fantastis. Valentino Rossi misalnya, pernah mendapatkan gaji hingga 30 juta euro atau setara Rp 574,7 miliar per tahun pada musim 2008, 2009, 2010, di masa puncak kejayaannya.

    Sementara saat ini, pebalap MotoGP paling banter digaji tinggi hanya 12 juta euro (Rp 229,8 miliar) seperti yang didapatkan oleh Fabio Quartararo (Monster Yamaha) dan Marc Marquez (Ducati Lenovo). Bahkan pebalap juara MotoGP 2024 seperti Jorge Martin saja hanya digaji sebesar 5,8 juta euro (Rp 111,1 miliar) di tim Aprilia Racing.

    Miller pun mengungkapkan alasan mengapa pasaran pebalap MotoGP saat ini mengalami penurunan. Kata pebalap yang memasuki tahun ke-11 di MotoGP itu, saat ini pabrikan memiliki posisi lebih kuat dibanding pebalap. Pabrikan dengan motor terbaik di lintasan MotoGP memiliki daya tawar yang lebih baik di mata pebalap.

    Hal ini terjadi pada kasus Marc Marquez yang rela memangkas gajinya besar-besaran saat memutuskan pindah dari Honda ke tim satelit Ducati pada 2024 lalu. Marquez yang ingin mengendarai motor balap yang kompetitif, harus mengendarai motor Ducati, meski pada akhirnya hal itu mengurangi pendapatannya.

    “Para pebalap ingin menang, melakukan yang terbaik. Itulah yang mereka kejar – hasil (bukan gaji). Sayangnya beberapa dari mereka tak mendapatkan gaji yang seharusnya, padahal mereka mempertaruhkan nyawa setiap akhir pekan,” bilang Miller.

    “Mereka punya waktu terbatas untuk menghasilkan uang. (Uang yang dibayarkan kepada pebalap) telah berkurang banyak dalam 10 tahun terakhir,” tukas rider yang pernah membalap buat Ducati dan KTM itu.

    (lua/riar)

  • Penampakan Motor Yamaha Pakai Mesin V4 buat Lawan Ducati Cs?

    Penampakan Motor Yamaha Pakai Mesin V4 buat Lawan Ducati Cs?

    Jakarta

    Bukan rahasia lagi jika Yamaha sedang mengembangkan mesin V4 untuk tarung di ajang MotoGP. Namun pabrikan masih menyimpan informasi terkait pengujian motor tersebut di sirkuit.

    Pergantian mesin Yamaha dari inline4 ke V4 sejalan dengan adanya regulasi baru pada tahun 2027 mendatang. Dengan adanya sisa waktu dua musim, Yamaha memiliki cukup kesempatan buat mengembangkan mesin V4 baru.

    Selepas Suzuki cabut dari MotoGP, cuma Yamaha yang menggunakan mesin empat silinder segaris. Para rivalnya yang kini berada di urutan terdepan sudah menggunakan mesin V4.

    Upaya beralih ke mesin V4 tidak semudah menyeduh mie instan. Buktinya Honda juga pakai mesin V4 tapi tertinggal dari Ducati, bahkan kesulitan untuk bersaing dengan KTM dan Aprilia.

    Direktur teknis Yamaha, Max Bartolini, telah mengonfirmasi bahwa pabrikan secara resmi telah memulai pengujian mesin MotoGP bertenaga V4.

    Namun, Bartolini kembali menekankan bahwa peralihan dari mesin Inline4 saat ini hanya akan terjadi jika paket V4 memberikan keunggulan performa yang jelas.

    “Motor tahun depan akan menggunakan mesin V4 jika mesinnya lebih cepat daripada motor [Inline] yang sekarang,” kata Bartolini dalam wawancara video dengan MotoGP.com.

    Augusto Fernández tested the Yamaha M1 today at Valencia, if the rumours are true, a V4 was tested 👀 #MotoGP pic.twitter.com/KCKDBs1NhN

    — Everything Moto Racing (@everythingmrace) April 16, 2025

    Bartolini tidak mengonfirmasi apakah uji coba privat di Cheste, Valencia minggu ini – yang melibatkan Cal Crutchlow dan Augusto Fernandez – memakai mesin V4 baru, ia menegaskan bahwa pengembangannya masih dalam tahap awal. Baru-baru ini videonya menyebar di media sosial.

    Yamaha esta probando el esperado motor V4 en Cheste. Este es el sonido de la futura M1. #Motogp pic.twitter.com/P6KV4IEuKA

    — Paddock gp (@Paddockgp1) April 15, 2025

    “Kami telah mulai menguji mesin V4,” kata Bartolini.

    “Kemudian pengujian bersama pebalap resmi tergantung pada bagaimana perkembangan berjalan. Jika motor sudah siap, maka secepat mungkin.”

    “Mengembangkan mesin dan motor membutuhkan waktu. Saat ini kami masih dalam tahap awal pengembangan,” kata dia.

    “Saat ini, kami masih belum memiliki kemungkinan untuk membandingkan performanya secara akurat,” ungkapnya lagi.

    (riar/mhg)

  • Trackday Mandalika Digelar Bulan Depan, Siapin Biaya Segini Kalau Mau Ikutan

    Trackday Mandalika Digelar Bulan Depan, Siapin Biaya Segini Kalau Mau Ikutan

    Jakarta

    Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, tak hanya dibuat untuk kegiatan balap profesional. Sirkuit ini juga terbuka untuk masyarakat umum atau komunitas motor maupun mobil. Bagi Anda yang tertarik mencicipi aspal Mandalika bisa mengikuti kegiatan trackday.

    Bulan depan Sirkuit Mandalika akan menyelenggarakan ajang trackday yang digagas oleh RC Motogarage berkolaborasi dengan One3 Motoshop. Ini menjadi kesempatan untuk para motorcycle enthusiast menjajal langsung sirkuit MotoGP terindah di dunia tersebut.

    Kegiatan bertajuk RC Motogarage x One3 Motoshop Mandalika Trackday Experience ini rencananya diselenggarakan pada 15-18 Mei 2025 mendatang. Nah, bagi yang berminat mengikuti kegiatan ini, calon peserta diwajibkan membayar Rp 17.500.000 untuk perjalanan 4 hari trip dan 2 hari trackday.

    Adapun biaya trackday tersebut sudah mencakup biaya hotel 4 hari 3 malam, tiket pesawat PP (pergi-pulang), transportasi di Lombok, towing motor PP (pergi-pulang) Jakarta – Lombok, konsumsi selama trip, trackday Mandalika selama 2 hari (16 – 17 Mei), dokumentasi event (foto dan video), hingga merchandise (t-shirt event + handuk).

    Selain itu peserta akan mendapatkan coaching clinic langsung oleh pebalap profesional Doni Tata. Tak cukup itu saja Ducati juga menghadirkan program test ride, menyediakan model-model Scrambler, Desert X, Panigale V4 2025, dan Monster. Ada juga dukungan Ducati technical assistance, Michelin Technical Assistance, dan Motul Service Pit.

    CEO One3 Motoshop Benny Saputra mengatakan, target trackday ini mencapai 60 peserta. Peserta dibolehkan memakai motor kapasitas 250 cc ke atas dengan kategori sport, naked, ataupun adventure. Perlengkapan balap dari peserta sendiri.

    “Ini juga salah satu cara kami sebagai pelaku usaha di dunia otomotif, untuk menggerakan roda ekonomi industri roda dua, dan acara ini juga akan membangun ekonomi dan pariwisata lokal lombok,” ungkap Benny.

    (lua/dry)

  • Kata Marc Marquez Balapan Pakai Sayap Copot Usai Ditabrak Alex

    Kata Marc Marquez Balapan Pakai Sayap Copot Usai Ditabrak Alex

    Jakarta

    Marc Marquez mengalami insiden dengan adiknya, Alex Marquez. Imbas tabrakan itu sayap motor belakang Marc copot. Meski begitu, The Baby Alien bisa lanjut balapan dan memenangkan seri MotoGP Qatar 2025.

    Marc yang start dari posisi depan sempat lepas dari posisi pertama lantaran disalip Franco Morbidelli. Tepat selepas tikungan pertama, motor Marc ditabrak Alex, walhasil ada komponen belakang motor yang lepas.

    Meski bagian buntut motor yang berfungsi sebagai perangkat aerodinamika dengan bentuk seperti sayap itu hilang, Marquez tetap tampil kompetitif. Dia masih bisa bertarung dengan Maverick Vinales hingga Franco Morbidelli.

    Marquez mengatakan hilangnya rear wing itu tidak menggangu stabilitas motor. Dia masih bisa mengatur motor sesuai keinginannya.

    “Meskipun sayapnya hilang, saya tidak merasakan adanya perubahan perilaku pada motor saya,” kata Marquez dalam keterangan resminya dikutip Senin (14/4/2025).

    Marc mengatakan senggolan yang terjadi selepas start bisa saja membahayakan keduanya. Namun kali ini Marc mengakui kesalahannya.

    “Bersenggolan di tikungan pertama dengan Alex lebih merupakan kesalahan saya daripada dia,” ucap Marquez.

    Dengan kemenangan Marquez ini, Ducati menguasai Sirkuit Lusail usai memenangi enam dari tujuh balapan terakhir di sana, termasuk tiga edisi terakhir melalui Enea Bastianini (2022), Di Giannantonio (2023), dan Bagnaia (2024).

    Hasil ini mengukuhkan posisi Marc di puncak klasemen MotoGP 2025 dengan 123 poin, unggul 17 angka dari Alex di urutan kedua. Alex sendiri harus puas finis keenam karena senggolan dan mendapat hukuman penalti.

    Márquez kini memimpin klasemen kejuaraan dengan 123 poin, dengan Bagnaia berada di urutan ketiga dan tertinggal 26 poin. Ducati Lenovo Team masih berada di puncak klasemen tim (220 poin), dengan Ducati memimpin klasemen pabrikan (148 poin).

    “Marc memiliki kemampuan balapan yang sangat cerdas: dia sedikit mengatur situasi dan ketika saatnya tiba untuk mulai menekan, dia mencatatkan dua waktu putaran tercepat secara berurutan, dengan cara yang cukup bersih, jadi saya yakin dia menunjukkan bahwa dia sedikit lebih kuat,” kata Luigi Dall’Igna, Ducati Corse General Manager.

    (riar/din)