brand merek: Ducati

  • Ducati Lewat, Ini Motor Terkencang di MotoGP 2025

    Ducati Lewat, Ini Motor Terkencang di MotoGP 2025

    Jakarta

    Meski mengantarkan Marc Marquez juara dunia musim lalu, namun Ducati bukan motor terkencang di MotoGP 2025. Lantas, motor apa yang ‘diam-diam’ mampu mengungguli kecepatan El Rosso di lintasan?

    Disitat dari Motosan, Rabu (17/12), kemenangan terbanyak yang diraih Marc Marquez dan Alex Marquez musim kemarin nyatanya tak cukup mengantarkan Ducati Desmosedici sebagai motor terkencang di MotoGP 2025. Bahkan, mereka hanya menempati urutan ketiga.

    Motor Ducati menghuni posisi ketiga sebagai motor terkencang dengan kecepatan rata-rata 332,82 km/jam. Nominal tersebut merupakan angka maksimum (top speed) rata-rata yang dihimpun dari seluruh balapan yang telah dijalani.

    Motor MotoGP paling kencang di musim 2025. Foto: Dok. Ducati

    Sementara peringkat pertama dihuni KTM dengan motor RC16-nya. Kombinasi empat pebalap mereka, yakni Brad Binder, Pedro Acosta, Enea Bastianini dan Maverick Vinales mampu mencatatkan rata-rata kecepatan puncak 333,62 km/jam sepanjang musim kemarin.

    Kemudian peringkat kedua ada Aprilia dengan top speed rata-rata 333,40 km/jam. Catatan tersebut sebenarnya cukup mengejutkan. Sebab, salah satu pebalap mereka, Jorge Martin, lebih sering absen karena cedera. Namun, beruntungnya, Marco Bezzecchi kerap tampil baik.

    Jika dilihat dari angkanya, sebenarnya selisih peringkat pertama ke posisi ketiga tak terlalu jauh. Hal tersebut membuktikan betapa kompetitifnya pabrikan Eropa di kejuaraan musim lalu.

    Sedangkan peringkat keempat, seperti yang telah diprediksi, ada Honda dengan rata-rata top speed 331,21 km/jam. Sumber yang sama menyebut, Luca Marini merupakan sosok paling berjasa dalam ‘mengukir’ angka tersebut.

    Sementara Yamaha hanya menempati urutan kelima dengan rata-rata kecepatan puncak 330,62 km/jam. Mereka mungkin akan memperbaiki angkanya musim depan dengan mesin baru V4 yang ditanamkan ke YZR-M1.

    (sfn/dry)

  • Tim Balap Rossi Rilis Livery Baru Tahun Depan, Catat Tanggalnya

    Tim Balap Rossi Rilis Livery Baru Tahun Depan, Catat Tanggalnya

    Jakarta

    Pertamina Enduro VR46 Racing Team bersiap membuka lembaran baru di MotoGP 2026. Tim asal Italia itu dijadwalkan meluncurkan livery terbaru Ducati Desmosedici GP pada 14 Januari 2026. Peluncuran akan digelar di Roma, sekaligus menjadi momen penting jelang dimulainya musim kelima tim yang bermarkas di Tavullia tersebut.

    Berdasarkan keterangan resmi, acara peluncuran akan berlangsung di Villa Miani, sebuah lokasi prestisius di Roma yang dikenal memiliki pemandangan langsung ke pusat ibu kota Italia. Pemilihan Roma juga memiliki makna tersendiri, lantaran kota tersebut merupakan tempat kelahiran dua pebalap Pertamina Enduro VR46 Racing Team, yakni Fabio Di Giannantonio dan Franco Morbidelli.

    Musim 2026 akan jadi tantangan baru untuk tim milik Valentino Rossi tersebut. Setelah menjalani musim 2025 yang dinilai positif dan penuh progres, tim kini datang dengan optimisme tinggi. Pada MotoGP 2025, Pertamina Enduro VR46 Racing Team berhasil menyelesaikan musim di posisi keenam dan ketujuh, sebuah pencapaian penting di tengah ketatnya persaingan dalam balap MotoGP.

    Tak hanya konsisten, performa tim juga ditandai dengan raihan podium yang impresif. Sepanjang musim 2025, VR46 Racing Team mengoleksi enam podium Grand Prix dan tujuh podium Sprint Race. Hasil tersebut jadi modal kuat untuk kembali bersaing di papan atas pada musim 2026, terlebih dengan pengalaman yang terus bertambah serta dukungan teknis dari Ducati.

    Peluncuran tim ini sekaligus mengisyaratkan adanya warna dan grafis baru pada Ducati Desmosedici GP yang akan digunakan Diggia dan Morbidelli. Meski detail livery belum diungkap, Pertamina Enduro VR46 mengisyaratkan bakal ada elemen warna hitam yang disematkan di motor Ducati mereka untuk musim 2026.

    Dari sisi sponsor, Pertamina Lubricants dipastikan kembali menjadi mitra utama tim untuk tahun ketiga berturut-turut. Kolaborasi ini menjadi bagian penting dalam perjalanan VR46 Racing Team di MotoGP, sekaligus memperkuat eksistensi merek Indonesia di panggung balap motor dunia.

    Acara peluncuran akan dimulai pukul 12.00 waktu setempat (CET) dan dapat disaksikan secara langsung oleh penggemar di seluruh dunia lewat kanal YouTube Pertamina Enduro VR46 Racing Team, serta berbagai platform digital resmi lainnya.

    (lua/dry)

  • Cuci Gudang! Beli Ducati Akhir Tahun, Ada Harga Khusus Cuma Rp 200 Juta

    Cuci Gudang! Beli Ducati Akhir Tahun, Ada Harga Khusus Cuma Rp 200 Juta

    Jakarta

    Buat pecinta motor sport Ducati, pasti happy nih dengar kabar yang satu ini. Bayangin aja, untuk bisa memiliki motor Ducati cukup mengeluarkan kocek Rp 200 juta, padahal harga yang biasanya ditawarkan lebih dari itu.

    Dalam siaran resminya dijelaskan, Ducati Indonesia tengah menggelar program penjualan akhir tahun. Dikatakan menjelang tutup tahun 2025, Ducati Indonesia menghadirkan kesempatan istimewa bagi para penggemar dan kolektor untuk menambah jajaran Ducati di garasi.

    Melalui penyesuaian untuk sejumlah model terpilih berupa dukungan harga khusus hingga Rp 200 juta. Program spesial akhir tahun ini mencakup berbagai model unggulan Ducati, antara lain:

    1. Ducati DesertX

    2. Ducati DesertX Discovery

    3. Ducati Diavel Bentley

    4. Ducati Hypermotard 698

    5. Ducati Hypermotard 698 RVE

    6. Ducati Hypermotard 950 SP

    Ilustrasi Ducati Multistrada V4 RS Foto: Dok. Ducati

    7. Ducati Multistrada V4 RS

    8. Ducati Multistrada V4 Pikes Peak

    9. Ducati Multistrada V4 Rally

    10. Ducati Multistrada V4 S

    11. Ducati Monster

    12. Ducati Monster Plus

    13. Ducati Panigale V2

    14. Ducati Streetfighter V4 S

    15. Ducati Streetfighter V4 Supreme

    16. Ducati SuperSport 950 S

    17. Ducati Scrambler 800 Icon

    18. Ducati Scrambler 800 Nightshift

    19. Ducati Scrambler 800 Full Throttle

    Nah buat detikers yang memimpikan Ducati cukup menghubungi tim Sales untuk mendapatkan penawaran spesial akhir tahun ini atau langsung berkunjung ke Ducati Bintaro yang berlokasi di Jalan Boulevard Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

    Selanjutnya dijelaskan tim Ducati Indonesia siap memberikan informasi lengkap, konsultasi pilihan motor, hingga pendampingan proses pembelian untuk memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik dalam memiliki Ducati impian.

    Bagaimana detikers? Menarik bukan!

    (lth/din)

  • Marquez Kasih Kode Maafkan Rossi, Tak Lagi Simpan Dendam

    Marquez Kasih Kode Maafkan Rossi, Tak Lagi Simpan Dendam

    Jakarta

    Pebalap Ducati asal Spanyol, Marc Marquez mengaku tak mau menyimpan dendam ke rivalnya di masa lalu. Sebab, menurutnya, rivalitas merupakan situasi biasa dalam sebuah kompetisi. Pernyataan tersebut sangat jelas mengacu ke Valentino Rossi.

    Pesan itu disampaikan Marquez saat menghadiri seremoni penutupan di Valencia, Spanyol. Ketika dia naik ke atas panggung dan panitia memutar klip Rossi, penonton bersorak tak terima. The Baby Alien kemudian berusaha menghentikan keributan tersebut.

    “Ya, salah satu hal yang saya pelajari selama karier olahraga saya adalah untuk menghormati para rival,” jelas Márquez dalam sebuah wawancara dengan El Periódico, dikutip Jumat (5/12).

    “Di lintasan, semua orang berusaha memberikan yang terbaik dan semua situasi atau kecelakaan yang bisa Anda atau orang lain alami selalu tidak disengaja, karena kami semua berusaha sampai batas maksimal,” tambahnya.

    Marc Marquez dan Valentino Rossi. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images

    Marquez menjelaskan, semua orang seharusnya tahu risiko saat membalap, yakni berbenturan dan terlibat crash. Hal tersebut, kata dia, dinamika yang biasa dalam perlombaan. Itulah mengapa, dia tak mau menyimpan dendam kepada siapapun yang pernah dihadapinya.

    “Para penggemar menghargai tontonan ini, tetapi ada risikonya. Sering kali seorang pembalap, dengan adrenalin yang terpompa, melakukan kesalahan, terkena penalti dan itu saja, selesai,” tuturnya.

    “Salah satu hal yang saya pelajari adalah sulit untuk hidup dengan kebencian, itu tidak mungkin,” kata dia menambahkan.

    Sebagai catatan, retaknya hubungan Marquez dan Rossi bermula di musim 2015. Ketika itu, keduanya beberapa kali terlibat gesekan. Situasinya memburuk saat MotoGP Sepang 10 tahun lalu. Ketika itu, Rossi diduga sengaja mengayunkan tendangan ke Motor Marquez.

    (sfn/dry)

  • Kata Miller soal Perbedaan Mesin Inline 4 dan V4 Yamaha M1

    Kata Miller soal Perbedaan Mesin Inline 4 dan V4 Yamaha M1

    Jakarta

    Pebalap Pramac Yamaha Jack Miller bicara soal perbedaan mesin inline 4 dan V4 Yamaha M1. Kata Miller, mesin inline 4 dan V4 memiliki perbedaan dari segi desain. Perbedaan itu akan membuat Yamaha lebih gampang mengatasi masalah akut yang dialaminya selama ini, yaitu minimnya cengkeraman ban belakang.

    Yamaha resmi beralih ke mesin V4 pada MotoGP 2026. Yamaha mengakhiri era M1 bermesin inline 4 yang telah mereka gunakan sejak era MotoGP modern tahun 2002. Sudah banyak prestasi ditorehkan Yamaha M1 inline 4, dengan delapan gelar MotoGP bersama Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, termasuk Fabio Quartararo pada 2021.

    Namun sejak pertengahan 2022, M1 inline 4 tersebut mengalami penurunan performa. Alih-alih bersaing memperebutkan gelar juara dunia, untuk memenangkan seri maupun sekadar naik podium pun sangat sulit. M1 inline 4 kalah saing dengan motor-motor Eropa yang sudah menggunakan mesin V4.

    Yamaha YZR-M1 terbaru bermesin V4 Foto: Dok. Yamaha Factory Racing

    “Kami punya motor solid di bagian depan, tidak terlalu banyak wheelie, dan jelas bisa berbelok dengan sangat baik,” ungkap Miller dikutip dari Crash. “Dan jika terjadi wheelie atau semacamnya, efeknya tidak terlalu buruk, karena distribusi berat motor kami jauh lebih banyak di bagian depan dibandingkan motor lain,” tambah Miller.

    Namun karakteristik M1 inline 4 yang bertumpu pada bagian depan ini mengorbankan cengkeraman bagian belakang yang sangat penting. Terlebih Michelin mengeluarkan ban generasi terbaru.

    “Keempat silindernya ada di ban depan (dengan mesin inline), jadi di mana pun Anda mengubah posisi tangki bahan bakar, bobotnya akan tetap berada di depan,” jelas Miller. Sementara dengan arsitektur mesin V4, distribusi bobot motor bisa lebih merata, sebab mesin V4 memposisikan dua silinder di depan dan dua silinder di belakang.

    “Rangka silinder (belakang) itu (pada mesin V4) berarti semuanya bergerak sedikit lebih ke belakang. Hanya tata letak dan cara penempatannya saja yang berbeda. Begitulah cara kerjanya antara V4 dan inline,” sambung rider asal Australia itu.

    Miller pun merasa bahwa keputusan Yamaha mengganti mesin dari inline 4 ke V4 adalah keputusan yang tepat. Terutama setelah YZR-M1 V4 mulai menunjukkan potensi yang menjanjikan pada cengkeraman belakangnya.

    “Tentu saja kami mendapatkan sasis yang berbeda. Dan ketika mesin V4 diuji, ada kemajuan dalam mengatasi masalah yang kami alami dengan motor inline 4,” jelas pebalap yang pernah membela KTM dan Ducati itu.

    (lua/rgr)

  • Marquez Nilai Ducati Masih Butuh Pecco

    Marquez Nilai Ducati Masih Butuh Pecco

    Jakarta

    Marc Marquez menilai tim pabrikan Ducati masih membutuhkan seorang Francesco ‘Pecco’ Bagnaia. Terlepas buruknya performa Pecco secara keseluruhan pada MotoGP 2025, dia tetap merupakan salah satu pebalap terkencang Ducati di lintasan.

    “Kami membutuhkan Pecco (Francesco Bagnaia) kembali ke levelnya, karena dia sangat sensitif di atas motor, dan itu akan sangat membantu untuk masa depan,” bilang Marc Marquez kepada MotoGP.com, seperti dikutip dari Crash, Minggu (30/11/2025).

    “Bagi saya, kecepatan Pecco ada di sana, kecepatannya ada di sana, dia menunjukkannya di beberapa latihan, di beberapa balapan. Maksud saya, di GP Motegi (Jepang), apa yang dia lakukan? Dia meraih 37 poin, dan saya terus menekan dan saya tidak bisa mengejarnya,” sambung juara MotoGP 2025 itu.

    “Terkadang, hanya dua bulan yang cukup untuk mengatur ulang semuanya, jadi Desember dan Januari akan menjadi waktu terbaik bagi Pecco buat mengatur ulang semuanya dan memulai kembali uji coba di Malaysia,” jelas Marquez.

    Sebagai informasi, pada MotoGP 2025 Pecco hanya finis di posisi kelima klasemen akhir. Pecco kalah 257 poin dari Marquez yang menjuarai MotoGP 2025. Pecco bahkan tidak bisa bersaing dengan pebalap muda macam Alex Marquez, Marco Bezzecchi, dan Pedro Acosta. Maka itu, musim 2026 bisa menjadi momen yang bagus buat Pecco untuk memperbaiki performanya.

    Kontrak Pecco di Ducati sendiri bakal tuntas di akhir musim 2026. Jika dia tidak mau kehilangan tempat di musim 2027, maka Pecco harus menampilkan performa terbaiknya. Pada tahun 2027, MotoGP akan merubah banyak regulasi, seperti peralihan mesin dari 1.000 cc ke 850 cc, hingga pergantian pemasok ban dari Michelin ke Pirelli.

    (lua/riar)

  • Motor MotoGP Makin Bagus, tapi Tidak Kalau Ditonton

    Motor MotoGP Makin Bagus, tapi Tidak Kalau Ditonton

    Jakarta

    Jorge Martin, pebalap Aprilia bersuara terkait regulasi terbaru yang bakal hadir di MotoGP 2027. Salah satu yang banyak disorot adalah kapasitas mesin yang diturunkan dari 1.000 cc menjadi 850 cc.

    Menurut Martin motor MotoGP itu semakin maju dalam hal teknologi, tapi di sisi lain makin kurang asyik buat ditonton. Manuver salip menyalip jarang terjadi.

    “Aneh bagi saya, di satu sisi, rasanya kita benar-benar mundur. Secara teknologi, saya pikir motor MotoGP semakin baik, tetapi dari segi tontonan, mereka tidak jauh lebih baik,” kata Martin dikutip dari Motosan, Minggu (30/11/2025).

    Sekadar informasi, pada 2027 nanti MotoGP akan melakukan perombakan besar-besaran. Mesin 1.000 cc akan dipangkas jadi 850 cc. Selain itu ban juga akan ganti merek, dari Michelin ke Pirelli.

    Martin optimis tontonan bisa lebih menarik di MotoGP 2027. Pabrikan bisa mengambil keuntungan dari situasi acak yang terjadi pada 2027, di mana semua melakukan riset ulang dengan mesin dan ban baru. Bukan mustahil Aprilia akan bisa lebih sering naik podium MotoGP ketimbang Ducati.

    “Pada akhirnya, motor-motor itu sedikit lebih kecil yang bisa gunakan untuk bersaing; berada di belakang atau di bawah tekanan tidak akan terlalu penting,” kata Martin.

    “Saya pikir motor-motor itu akan menjadi motor di mana bakat akan lebih bersinar, akan lebih baik, karena sekarang sangat sulit untuk menyalip, sangat berisiko, jadi akan ada lebih banyak kegembiraan.”

    “Sejujurnya, Marco mengejutkan saya. Saya telah bersaing dengannya sejak Moto3, di mana kami bersaing memperebutkan gelar juara, lalu di Moto2, dan bahkan di MotoGP pada 2023, di mana kami sedikit bersaing untuk memperebutkan gelar juara.Melihatnya sekarang beradaptasi dengan Aprilia dan memenangkan balapan sungguh mengejutkan saya,” tutup Martin.

    (riar/lua)

  • MotoGP Direset Tahun 2027, Zarco Yakin Honda Bisa Saingi Ducati

    MotoGP Direset Tahun 2027, Zarco Yakin Honda Bisa Saingi Ducati

    Jakarta

    MotoGP akan disetel ulang atau reset pada tahun 2027 dengan pemberlakuan banyak regulasi baru. Pebalap LCR Honda Johann Zarco yakin situasi tersebut akan memberi keuntungan bagi timnya. Zarco percaya dia bisa lebih banyak bersaing di papan atas.

    Sekadar informasi, pada 2027 nanti MotoGP akan melakukan perombakan besar-besaran. Mesin 1.000 cc akan dipangkas jadi 850 cc. Selain itu ban juga akan ganti merek, dari Michelin ke Pirelli. Untung bagi Zarco, dia sudah memperpanjang kontrak dua tahun bersama LCR Honda, dari 2026 hingga 2027. Jadi masa depannya terjamin.

    Zarco pun optimis mampu tampil bagus di MotoGP 2027. Dia bisa mengambil keuntungan dari situasi acak yang terjadi pada 2027, di mana semua pabrikan melakukan riset ulang dengan mesin dan ban baru. Bukan mustahil Honda akan bisa lebih sering naik podium MotoGP ketimbang Ducati.

    “Saya ingin memiliki kesempatan untuk menjalani musim 2027 karena saya yakin dengan regulasi baru dan ban baru, akan ada beberapa situasi acak, dengan pengalaman saya, dapat memberi saya peluang untuk meraih lebih banyak podium, bahkan mungkin lebih banyak kemenangan,” ujar Zarco dikutip dari Crash.

    Pebalap gaek berusia 35 tahun itu kenyang pengalaman di MotoGP. Zarco pernah membalap buat Yamaha, KTM, juga Ducati. Dan kini dia memanfaatkan segala pengalaman yang telah didapat untuk balapan bersama tim satelit Honda.

    “Saya masih yakin bisa bertarung dan menjadi pebalap papan atas. Dan dengan kerja keras yang telah dilakukan, dan rasa percaya diri yang makin tumbuh di atas motor, hal itu justru memberi saya motivasi lebih untuk terus membalap lebih lama,” ungkap rider asal Prancis.

    “Jadi saya langsung meneken kontrak dua tahun, itu sangat penting bagi saya. Saya ingin mengamankan musim 2027,” tukasnya.

    (lua/lth)

  • 9
                    
                        Tren KPK Pamer Duit Miliaran Hasil Sitaan, Dulu Jadi "Showroom" Mobil Mewah 
                        Nasional

    9 Tren KPK Pamer Duit Miliaran Hasil Sitaan, Dulu Jadi "Showroom" Mobil Mewah Nasional

    Tren KPK Pamer Duit Miliaran Hasil Sitaan, Dulu Jadi “Showroom” Mobil Mewah
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memamerkan uang hasil rampasan senilai Rp 300 miliar dari kasus korupsi investasi fiktif PT Taspen (Persero) pada Kamis, 20 November 2025.
    Tumpukan uang miliaran ini merupakan bagian dari total uang lebih dari Rp 883 miliar yang dirampas dari eks Direktur Utama PT Insight Investment Management (PT IIM) Ekiawan Heri Primaryanto.
    Dalam kasus ini, Eki divonis sembilan tahun penjara dan denda Rp 500 juta, serta denda uang pengganti senilai 253.660 dollar Amerika Serikat (AS) subsider dua tahun penjara.
    Vonis terhadap Eki sudah berkekuatan hukum tetap karena terdakwa tidak mengajukan banding. Oleh karenanya, perampasan sudah dilakukan sebagaimana vonis hakim.
    Penampakan tumpukan uang miliar tersebut menjadi pemandangan yang berbeda dari
    KPK
    .
    Sebab, uang sebanyak Rp 300 miliar tersebut menjadi yang terbanyak dipamerkan KPK ke hadapan awak media.
    Juru Bicara KPK Budi Prasetyo mengatakan, aksi memamerkan uang rampasan ini merupakan bentuk transparansi dan akuntabilitas komisi antirasuah kepada masyarakat.
    “Yang pertama, tentu sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas kepada publik sehingga masyarakat bisa betul-betul melihat bahwa barang rampasannya,” kata Budi di Gedung Merah Putih, Jakarta, Jumat (21/11/2025).
    KPK memang sering memamerkan hasil sitaannya. Tapi, dalam beberapa kesempatan sebelumnya, KPK lebih sering memamerkan aset dan barang mewah yang mereka amankan dari para tersangka.
    Terbukti, gedung Merah Putih KPK pernah disulap menjadi showroom pada 21 Agustus 2025.
    Saat itu, KPK tengah memamerkan hasil sitaan kasus dugaan pemerasan pengurusan sertifikat keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di Kementerian Ketenagakerjaan.
    Pameran mobil dan motor mewah ini dilakukan tidak lama setelah KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Immanuel Ebenezer yang sempat menjabat sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker).
    Lapangan parkir KPK penuh dari depan hingga belakang karena diisi dengan tujuh motor dan 15 mobil mewah.
    Merek-merek besar menghiasi area parkir. Mulai dari mobil Toyota Corolla Cross, Nissan GT-R, Hyundai Palisade, Suzuki Jimny, Honda CR-V, Jeep, Toyota Hilux, Mitsubishi Xpander, Hyundai Stargazer, CR-V, hingga BMW 330i.
    Sejumlah motor mewah juga tak mau kalah. Sebut saja motor pabrikan Ducati Scrambler, Ducati Hypermotard 950, Ducati Xdiavel, dan Vespa.
    Perhitungan sementara KPK, Immanuel Ebenezer dan 10 tersangka lainnya telah menyebabkan kerugian keuangan negara senilai Rp 81 miliar.
    Dari jumlah itu, setidaknya Rp 3 miliar diduga mengalir ke kantong Immanuel Ebenezer.
    Pameran uang hasil rampasan dari koruptor lebih sering dilakukan Kejaksaan Agung (Kejagung).
    Lembaga yang dipimpin oleh ST Burhanuddin ini memang punya kebiasaan untuk memamerkan tumpukan uang miliaran usai menyelesaikan penanganan perkara.
    Uang sitaan terbanyak yang pernah ditampilkan oleh Kejaksaan Agung senilai Rp 2 triliun pada 17 Juni 2025 lalu.
    Saat itu, Kejagung baru saja menerima penitipan uang yang diduga berasal dari kasus korupsi ekspor crude palm oil (CPO) yang menyeret Wilmar Group.
    “Barang kali, hari ini merupakan konferensi pers terhadap penyitaan uang, dalam sejarahnya, ini yang paling besar (angka penyitaan dan jumlah barang buktinya),” ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung saat itu, Harli Siregar, saat konferensi pers di Gedung Bundar Jampidsus Kejaksaan Agung, Jakarta, saat itu.
    Angka uang yang dititipkan ini sebenarnya mencapai Rp 11,8 triliun lebih. Namun, jumlah ini tidak mungkin seluruhnya ditampilkan ke hadapan publik karena keterbatasan ruang di Kejagung.
    Selain kasus CPO, Kejagung juga sering menampilkan uang sitaan untuk kasus lain. Misalnya, untuk kasus korupsi importasi gula yang menyeret nama Eks Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong.
    Pada kasus ini, Tom Lembong tidak menerima uang suap. Uang yang dipajang berasal dari sembilan perusahaan swasta yang diuntungkan dari kebijakan importasi gula.
    Kejagung memamerkan uang tunai senilai Rp 565,3 miliar dari kasus importasi gula pada 25 Februari 2025 .
    “Pada hari ini, Selasa 25/2/2025, tim penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) telah melakukan penyitaan uang sebanyak Rp 565.339.071.925,25,” ujar Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus saat itu, Abdul Qohar, saat konferensi pers di Gedung Kartika kawasan Kejagung, Jakarta.
    Uang bundelan yang dikemas per Rp 1 miliar itu dianggap sebagai pengembalian uang dari para pengusaha yang kini sudah divonis bersalah dan dihukum empat tahun penjara.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Bezzecchi Juara, Raul Kedua, Diggia Ketiga

    Bezzecchi Juara, Raul Kedua, Diggia Ketiga

    Jakarta

    Hasil MotoGP Valencia 2025 bisa Anda simak di sini. Marco Bezzecchi keluar sebagai juaranya, diikuti Raul Fernandez di urutan kedua, dan Fabio Di Giannantonio melengkapi tiga besar.

    Seri ke-22 sekaligus seri pamungkas MotoGP 2025 digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, pada 14-16 November 2025. Tahun 2024, sirkuit ini absen menggelar balap lantaran mengalami musibah banjir bandang.

    Balap utama MotoGP Valencia 2025 pada Minggu (16/11) berlangsung selama 27 lap dengan kondisi cuaca yang cerah. Ada kejadian unik sebelum balapan dimulai, di mana Franco Morbidelli hilang fokus dan terjatuh di area starting grid setelah menabrak motor Luca Marini yang berhenti.

    Marco Bezzecchi Foto: Getty Images/Gold & Goose Photography

    Motor Ducati Desmosedici tunggangan Morbidelli yang mengalami kerusakan pun harus dibawa ke garasi dan Morbidelli tak bisa melanjutkan balapan. Oh iya, di lap pertama, Bezzecchi langsung ngacir terdepan, diikuti Alex Marquez, dan Fabio Di Giannantonio. Mereka memimpin rombongan pertama di awal-awal lap.

    Nasib sial menimpa Francesco ‘Pecco’ Bagnaia. Sudah start dari posisi ke-14, Bagnaia juga harus masuk garasi lebih cepat lantaran mengalami crash di lap pertama tikungan kelima. Bagnaia keluar lintasan dan crash setelah dipepet Johann Zarco. Gara-gara itu, Zarco dihukum long lap penalty.

    Pada lap kelima, rider Aprilia Trackhouse Raul Fernandez menyodok ke posisi ketiga, diikuti rider Red Bull KTM Pedro Acosta yang mengklaim tempat keempat. Diggia turun ke urutan kelima. Pada lap ketujuh, teman satu paddock Fernandez, Ai Ogura, mengalami crash.

    Berstatus sebagai juara sprint race MotoGP Valencia 2025, Alex berusaha sekuat mungkin untuk menyalip Bezzecchi. Namun alih-alih memberi perlawanan sengit, Alex justru semakin melorot posisinya.

    Fernandez menyalip Alex di lap ke-12, kemudian giliran Acosta mempecundangi adik Marc Marquez itu di lap ke-20. Di lap selanjutnya, gantian Diggia yang menyalip Alex. Tak hanya itu, Alex bahkan disalip oleh oleh rekannya, Fermin Aldeguer, di lap-lap akhir, hingga ia hanya bisa finis di urutan keenam.

    Bezzecchi berhasil menjadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis Sirkuit Ricardo Tormo, diikuti Fernandez, dan Diggia yang secara heroik bisa memperjuangkan podium usai melakukan take over terhadap Acosta di lap ke-26.

    Sejumlah pebalap tak bisa menuntaskan balapan di MotoGP Valencia 2025. Jorge Martin masuk pit stop di lap ke-16. Fabio Quartararo mengalami crash di lap ke-24. Maverick Vinales masuk pit stop di lap ke-24. Franco Morbidelli dan Aleix Espargaro juga tak menuntaskan balapan kali ini.

    Hasil MotoGP Valencia 2025

    1. Marco Bezzecchi (Aprilia Racing) 40:52.45

    2. Raul Fernandez (Trackhouse MotoGP Team) +0.686

    3. Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46 Racing Team) +3.765

    4. Pedro Acosta (Red Bull KTM Factory Racing) +4.749

    5. Fermin Aldeguer (BK8 Gresini Racing MotoGP) +8.048

    6. Alex Marquez (BK8 Gresini Racing MotoGP) +8.166

    7. Luca Marini (Honda HRC Castrol) +12.644

    8. Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) +14.582

    9. Jack Miller (Prima Pramac Yamaha MotoGP) +15.497

    10. Enea Bastianini (Red Bull KTM Tech3) +17.460

    11. Miguel Oliveira (Prima Pramac Yamaha MotoGP) +19.304

    12. Johann Zarco (Castrol Honda LCR) +21.286

    13. Joan Mir (Honda HRC Castrol) +22.079

    14. Alex Rins (Monster Energy Yamaha MotoGP Team) +23.255

    15. Nicolo Bulega (Ducati Lenovo Team) +26.144

    16. Augusto Fernandez (Yamaha Factory Racing Team) +36.854

    17. Somkiat Chantra (Idemitsu Honda LCR) +39.136

    (lua/din)