brand merek: Daihatsu

  • Kecelakaan Maut Bondowoso, Ibu Hamil dan Anak Kecil Meninggal

    Kecelakaan Maut Bondowoso, Ibu Hamil dan Anak Kecil Meninggal

    Bondowoso (beritajatim.com) – Kecelakaan lalu lintas tragis terjadi di Jalan Raya Situbondo–Bondowoso, tepatnya di depan Balai Desa Prajekan Lor, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Minggu (9/11/2025) pagi.

    Tiga orang meninggal dunia dalam peristiwa tersebut. Termasuk seorang ibu hamil delapan bulan dan seorang anak berusia lima tahun.

    Kasi Humas Polres Bondowoso, Iptu Bobby Dwi Siswanto, membenarkan insiden tersebut. Ia menjelaskan, kecelakaan terjadi sekitar pukul 05.30 WIB, melibatkan mobil pikap Daihatsu Grand Max bernomor polisi P 3997 EI dan sepeda motor Honda Vario.

    Pengemudi Grand Max diketahui bernama Fauzi (41), warga Desa Gayam Lor, Kecamatan Botolinggo. Sementara korban meninggal dunia adalah Mudarus (50), pengendara motor; Novita Dian (28), penumpang yang tengah hamil delapan bulan; serta Kiana (5), anak kecil yang turut menumpang motor tersebut.

    Lakalantas maut di Prajekan Lor Bondowoso menewaskan 3 orang, Minggu (9/11/2025). (Polres Bondowoso)

    Menurut keterangan polisi, kecelakaan bermula saat sepeda motor korban melaju dari arah selatan menuju utara dengan tiga orang di atasnya. Dari arah berlawanan, mobil Grand Max yang dikemudikan Fauzi melaju dari arah utara menuju selatan.

    Sesampainya di tikungan depan Balai Desa Prajekan Lor, mobil Grand Max tiba-tiba berpindah jalur dan menabrak sepeda motor dari arah berlawanan. Berdasarkan pengakuan sopir, ia mengantuk hingga kehilangan kendali atas kendaraannya.

    “Akibat kecelakaan itu, tiga orang meninggal dunia di tempat kejadian. Pengemudi mobil saat ini sudah diamankan untuk penyelidikan lebih lanjut oleh Satlantas Polres Bondowoso,” ujar Iptu Bobby, Senin (10/11/2025).

    Petugas kepolisian segera mendatangi lokasi kejadian dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Polisi juga memasang garis pembatas untuk mengamankan arus lalu lintas yang sempat tersendat akibat kecelakaan maut tersebut.

    Unit Laka Lantas Polres Bondowoso kini tengah memeriksa saksi-saksi dan mengumpulkan bukti-bukti di lokasi kejadian. Kendaraan yang terlibat juga telah diamankan sebagai barang bukti.

    Bobby menegaskan, peristiwa ini menjadi peringatan keras bagi masyarakat agar tidak memaksakan diri berkendara saat mengantuk.

    “Jangan memaksakan diri mengemudi ketika lelah atau mengantuk, karena risikonya bisa sangat fatal,” tandasnya.

    Ketiga korban telah dievakuasi dan diserahkan kepada pihak keluarga untuk dimakamkan. Sementara sopir mobil, Fauzi, kini ditahan di Satuan Lalu Lintas Polres Bondowoso untuk menjalani proses hukum lebih lanjut. (awi/but)

  • Ayo Daftar! Astra Daihatsu Buka Rekrutmen Lulusan S1, Penempatan Di Jakarta Utara

    Ayo Daftar! Astra Daihatsu Buka Rekrutmen Lulusan S1, Penempatan Di Jakarta Utara

    1. Customer Satisfaction Analyst

    Bertanggung jawab untuk mengembangkan kompetensi dan kualitas layanan Customer Service melalui kegiatan pelatihan, koordinasi data performa outlet, serta pengelolaan program pengembangan frontliner agar pengalaman pelanggan diseluruh jaringan Astra Daihatsu tetap unggul dan konsisten.

    Deskripsi Pekerjaan:

    a. Memberikan edukasi dan pelatihan kepada frontliner di Cabang Astra Daihatsu;

    b. Menjadi PIC untuk program On the Job Training Customer Relation Officer (CRO);

    c. Mengelola data performa Customer Service Cabang;

    d. Monitoring dan memastikan frontliner bekerja sesuai dengan SOP;

    e. Mengelola Customer Service Bank Data sebagai pusat informasi dan evaluasi performa layanan.

    Kualifikasi:

    a. Pendidikan min. S1 Ilmu Komunikasi atau jurusan lain yang relevan;

    b. Memiliki pemahaman yang kuat mengenai operasional dan standar layanan pelanggan (customer service);

    c. Memiliki kemampuan komunikasi dan presentasi yang baik;

    d. Memahami indikator SSI dan CSI Telesurvey, serta mampu menjaga hasil penilaian di atas standar nasional;

    e. Memiliki kemampuan analisis yang baik, teliti, dan berkomitmen terhadap keunggulan layanan;

    f. Memiliki inisiatif tinggi serta kemampuan bekerja sama secara kolaboratif.

     

    2. Data Analyst

    Bertanggung jawab dalam pengelolaan operasional Digital Channel Astra Daihatsu (Website, Apps, dan Chatbot), termasuk pengelolaan konten, pemantauan performa sistem, serta analisis data yang dihasilkan untuk memastikan setiap kanal digital berfungsi optimal dan menghasilkan leads yang direspon dengan cepat dan tepat.

    Deskripsi Pekerjaan:

    a. Mengelola operasional digital channel Astra Daihatsu (website, apps, chatbot);

    b. Membuat report dan analisis performa digital product Astra Daihatsu serta menyusun insight yang relevan;

    c. Melakukan pembaruan informasi pada website (produk, harga, outlet, dil) dan memastikan akurasi data.

    Kualifikasi:

    a. Pendidikan min. S1 Statistika atau bidang terkait;

    Wajib memahami & mengoperasikan Microsoft Excel;

    b. Memahami penggunaan Python dan Tableau untuk analisis data meniadi nilai tambah;

    c. Memiliki kemampuan analisis dan business understanding yang baik;

    d. Mampu berkoordinasi dan berkolaborasi dalam tim;

    e. Berinisiatif dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

  • Mesin Daihatsu Rocky Hybrid Bisa Dipasang ke Xenia

    Mesin Daihatsu Rocky Hybrid Bisa Dipasang ke Xenia

    Osaka

    Apa jadinya jika Daihatsu Xenia disuntik teknologi hybrid ala Rocky?

    Tim detikcom berkesempatan langsung datang ke markas Daihatsu Motor Corporation (DMC) di Osaka, Jepang, dan membawa bocoran menarik soal hal ini.

    Jurnalis Indonesia bersama Astra Daihatsu Motor mengunjungi markas Daihatsu Motor Corporation dan membedah teknologi Rocky Hybrid langsung bersama insinyurnya. Foto: dok. Astra Daihatsu Motor

    Chief Engineer Product Planning Division of Daihatsu Motor Co., Ltd., Hiroyuki Tokura, mengungkap bahwa teknologi e-Smart Hybrid yang digunakan pada Rocky Hybrid bisa saja dipasang ke model Daihatsu lain.

    Ia menegaskan sistem tersebut secara teknikal tidak terbatas hanya untuk kendaraan dua baris.

    “Secara teknikal point of view-nya dan teknologinya bisa (digunakan model lain),” kata Tokura saat ditemui di Ikeda, Osaka, Jepang beberapa waktu lalu.

    Namun saat disinggung soal kemungkinan penerapannya di Daihatsu Xenia, Tokura tidak langsung mengonfirmasi atau menepis kemungkinan tersebut.

    “Bisa untuk model lain Daihatsu,” tegasnya.

    Teknologi e-Smart Hybrid yang dimaksud Tokura merupakan sistem hybrid seri (series hybrid), di mana motor listrik menjadi penggerak utama roda, sementara mesin bensin berperan sebagai generator yang menghasilkan listrik untuk motor.

    Dengan kemampuan platform e-Smart Hybrid yang fleksibel, peluang teknologi ini digunakan di model tiga baris seperti Xenia terbuka lebar.

    Apalagi, Xenia masih menjadi salah satu tulang punggung penjualan Daihatsu di Indonesia. Kehadirannya dalam versi hybrid akan menjadi langkah penting menuju elektrifikasi di segmen MPV keluarga.

    Perlu diingat bahwa teknologi macam ini sudah ada di Indonesia lewat Daihatsu Rocky Hybrid. Model ini mengusung mesin 1.2 liter tiga silinder yang dikombinasikan dengan motor listrik bertenaga 106 PS dan torsi 170 Nm.

    Efisiensi bahan bakarnya diklaim bisa mencapai lebih dari 28 km per liter bahkan bisa saja di atas 30-an km per liter menurut pengujian.

    Sistem ini dikenal responsif karena torsi motor listrik langsung tersedia begitu pedal gas ditekan, sekaligus menjaga konsumsi bahan bakar tetap hemat.

    Daihatsu mengenalkan varian terbaru Xenia di ajang GIIAS 2024. Diberi nama Daihatsu Xenia ADS X, ini merupakan varian tertinggi dari MPV laris itu. Foto: Andhika Prasetia

    Tanggapan Astra Daihatsu Motor

    Saat dikonfirmasi lebih lanjut, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) belum bisa bicara banyak mengenai rencana menghadirkan Xenia Hybrid. Marketing Director ADM, Sri Agung Handayani, belum memberikan komentar lebih rinci terhadap model tersebut.

    “Ya nanti ditunggu saja bagaimana nanti ke ke depannya,” ujarnya kepada detikcom di Osaka, Jepang.

    Agung juga menjelaskan bahwa teknologi series hybrid ini dianggap paling cocok untuk masyarakat Indonesia saat ini. Sebab bisa merasakan sensasi berkendara bak mobil listrik murni, senyap dan torsinya besar di awal, namun tidak perlu dicas.

    “Tapi kita memang sangat kuat (karena) memiliki (teknologi) series hybrid ini dibandingkan (pabrikan) yang lain,” sambung Agung.

    Saat ini, ADM juga tengah membuka peluang produksi lokal untuk model hybrid, seperti Rocky, di Indonesia.

    Sebelumnya, Daihatsu sempat mengisyaratkan bahwa pabrik Karawang sudah siap untuk menyesuaikan diri dengan tren elektrifikasi, tergantung dari arah kebijakan dan permintaan pasar.

    Bocoran dari Osaka ini memberi sinyal kuat bahwa transisi menuju era hybrid di segmen MPV keluarga hanya tinggal menunggu waktu.

    (mhg/rgr)

  • Tersangka Kasus di Lesong Dhaja Pamekasan Terancam Hukuman Seumur Hidup

    Tersangka Kasus di Lesong Dhaja Pamekasan Terancam Hukuman Seumur Hidup

    Pamekasan (beritajatim.com) – Tersangka kasus tragis yang terjadi di Desa Lesong Dhaja, Kecamatan Batumarmar, Pamekasan, Kamis (6/11/2025), yakni inisial N (36) dan mantan istrinya berinisial SA (30) warga Bira Timur, Sokobanah, Sampang, Madura. Terancam hukuman mati atau penjara seumur hidup.

    Aksi nekad keduanya mengakibatkan pria berinisial M (35) warga Bira Timur, Sokobanah, Sampang, tewas dalam kondisi terbakar di pinggir jalan dan menggegerkan warga di Desa Lesong Dhaja, Kecamatan Batumarmar, Pamekasan. Termasuk perbincangan publik di berbagai platform media sosial (medsos).

    Berawal dari laporan masyarakat tentang kasus tersebut, jajaran personil dari Polsek Tamberu bersama Tim Reskrim Polres Pamekasan, langsung mendatangi lokasi kejadian sekaligus melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

    Berdasar hasil olah TKP dan informasi dari masyarakat, Tim Opsnal Reskrim Polres Pamekasan, berhasil mengamankan dua tersangka pelaku berinisial N dan SA sekitar pukul 12:30 WIB di Bira Timur, Sokobanah, Sampang, Jum’at (7/11/2025).

    Dari penangkapan tersebut, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti (BB), di antaranya sebilah celurit, sebilah pisau, sebuah jaket, 1 unit motor jenis Honda Vario tanpa nopol, 1 unit handphone Redmi hitam, termasuk sebuah handphone Realme biru milik SA.

    Termasuk BB milik korban, di antaranya mobil jenis Daihatsu Sigra putih dengan nomor polisi M 1798 NR, songkok yang sudah terbakar, dan sepasang sandal yang terdapat bercak darah milik korban.

    “Keberhasilan pengungkapan kasus ini merupakan hasil kerja cepat dan sinergi personel di lapangan, petugas langsung bergerak setelah mendapat informasi dari masyarakat dengan adanya kejadian tersebut,” kata Kapolres Pamekasan, AKBP Hendra Eko Triyulianto, melalui Kasatreskrim Polres Pamekasan, AKP Dony Setiawan.

    Selain itu pihaknya menyebut langkah cepat dan terukur yang dilakukan jajarannya, sangat patut mendapatkan apresiasi. “Hal ini membuktikan komitmen kuat Polres Pamekasan dalam penegakan hukum secara profesional,” tegasnya.

    “Oleh karena itu, kami ingin menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang membantu memberikan informasi, sehingga para pelaku dari kasus ini dapat segera diungkap dan diamankan,” ungkap AKP Dony.

    Dalam aksi tersebut, tersangka N melakukan pembuahan terhadap korban dengan cara membacok menggunakan celurit, selanjutnya membakar korban yang sudah meninggal. “Tersangka melakukan pembuahan karena istri tersangka diduga melakukan perselingkuhan dengan korban atau soal asmara,” jelasnya.

    “Akibat kasus ini, tersangka terancam Pasal 340 KUHP Subs 338 KUHP dengan ancaman hukuman pidana mati atau pidana seumur hidup atau selama waktu tertentu 20 tahun penjara,” pungkasnya. [pin/ian]

  • Polisi Tangkap Tersangka Kasus Lesong Dhaja Pamekasan, Ini Motifnya

    Polisi Tangkap Tersangka Kasus Lesong Dhaja Pamekasan, Ini Motifnya

    Pamekasan (beritajatim.com) – Polres Pamekasan mengungkap motif kasus tragis yang mengakibatkan pria berinisial M (35) warga Bira Timur, Sokobanah, Sampang, tewas dalam kondisi terbakar di pinggir jalan menggegerkan warga di Desa Lesong Dhaja, Kecamatan Batumarmar, Pamekasan, Kamis (6/11/2025) malam.

    Bahkan dari kasus tersebut, polisi juga menangkap dua tersangka, yakni inisial N (36) dan mantan istrinya berinisial SA (30) warga Bira Timur, Sokobanah, Sampang, Madura. Keduanya ditangkap berdasar hasil pengembangan yang dilakukan petugas pasca melakukan olah TKP.

    Terlebih kasus tersebut juga menjadi atensi Kapolda Jatim, Irjen Pol Nanang Avianto saat berkunjung ke Pamekasan, Ju’mat (7/11/2025). Khususnya seiring dengan beredarnya video hingga pesan suara kasus tragis tersebut di berbagai platform media sosial (medsos).

    “Dari kasus ini, kita sudah meringkus dua pelaku, yaitu inisial N sebagai pelaku, serta mantan istri pelaku berinisial SA yang berperan mengajak korban ke TKP di Desa Lesong Dhaja. Petunjuk yang mengarah ke kedua pelaku adalah CCTV,” kata Kasat Reskrim Polres Pamekasan, AKP Dony Setiawan.

    Dalam aksi tersebut, tersangka N melakukan pembuahan terhadap korban dengan cara membacok menggunakan celurit, selanjutnya membakar korban yang sudah meninggal. “Tersangka melakukan pembuahan karena istri tersangka diduga melakukan perselingkuhan dengan korban atau soal asmara,” ungkapnya.

    Dari kasus tersebut, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti (BB), di antaranya mobil jenis Daihatsu Sigra putih dengan nomor polisi M 1798 NR, songkok yang sudah terbakar, dan sepasang sandal yang terdapat bercak darah milik korban.

    Sementara BB dari pelaku di antaranya sebilah celurit, sebilah pisau, sebuah jaket, 1 unit motor jenis Honda Vario tanpa nopol, 1 unit handphone Redmi hitam, termasuk sebuah handphone Realme biru milik SA.

    “Dari kasus ini, pelaku terancam Pasal 340 KUHP Subs 338 KUHP dengan ancaman hukuman pidana mati atau pidana seumur hidup atau selama waktu tertentu 20 tahun penjara,” pungkasnya. [pin/ian]

  • Daftar Harga Daihatsu Xenia Terbaru, Termurah Mulai Rp 220 Jutaan

    Daftar Harga Daihatsu Xenia Terbaru, Termurah Mulai Rp 220 Jutaan

    Jakarta

    Harga Daihatsu Xenia dalam empat bulan terakhir belum mengalami ubahan. Berikut ini daftar harga Daihatsu Xenia yang berlaku November 2025.

    Harga Daihatsu Xenia paling murah masih dibanderol Rp 226,15 juta. Dalam catatan detikOto, harganya belum mengalami ubahan dalam empat bulan terakhir. Nah buat kamu yang mau beli Xenia dalam waktu dekat, berikut ini daftar harganya.

    Daftar Harga Daihatsu Xenia TerbaruDaihatsu Xenia 1.3 M M/T: Rp 226,15 jutaDaihatsu Xenia 1.3 X M/T: Rp 229,35 jutaDaihatsu Xenia 1.3 R M/T: Rp 240,35 jutaDaihatsu Xenia 1.3 X CVT: Rp 246,75 jutaDaihatsu Xenia 1.3 R M/T ADS: Rp 249,45 jutaDaihatsu Xenia 1.3 R M/T ADS X: Rp 251,95 jutaDaihatsu Xenia 1.5 R M/T: Rp 257,55 jutaDaihatsu Xenia 1.3 R CVT: Rp 257,85 jutaDaihatsu Xenia 1.5 R M/T ADS: Rp 266,55 jutaDaihatsu Xenia 1.3 R CVT ADS: Rp 266,85 jutaDaihatsu Xenia 1.3 R CVT ADS X: Rp 269,35 jutaDaihatsu Xenia 1.5 R CVT: Rp 271,95 jutaDaihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS: Rp 281,05 jutaDaihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS X: Rp 283,55 juta

    Itu tadi daftar harga kembaran Toyota Avanza. Kalau kamu lagi cari MPV dengan budget Rp 300 juta, Xenia bisa jadi pilihan tepat. Pun kalau mau meminang Avanza tapi budgetnya mentok di Rp 280 jutaan, Xenia juga bisa dilirik. Meski tampilan eksterior sedikit berbeda, namun spesifikasi Xenia sangat identik dengan Avanza.

    Spesifikasi Daihatsu Xenia

    Baik Xenia maupun Avanza sama-sama ditawarkan dalam dua opsi mesin yaitu 1.3 L dan 1.5 L. . Pada mesin 1.3 L, daya yang dihasilkan mencapai 98 tenaga kuda pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 122 Nm pada 4.200 rpm. Pada mesin 1.5 L, daya yang dihasilkan mencapai 106 tenaga kuda pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 138 Nm pada 4.200 rpm. Dari segi keamanan, mobil ini dilengkapi fitur virtual safety car yang mencegah mobil keluar dari jalur ketika di belokan. Kemudian ada fitur collision warning function, hill start assist, dan pedal misoperation control.

    Selain itu ada fitur blind spot monitoring untuk memonitor titik buta pada mobil, serta dilengkapi airbag samping dan curtain airbag. Fitur lain yang tersedia pada Xenia antara lain spion dengan fungsi refraktif otomatis, AC digital, sistem bebas kunci, mesin push start/stop engine.

    (dry/rgr)

  • Jadi Komisaris BUMN, Laporan Kekayaan Denny JA Tembus Rp3 Triliun, Lebih Kaya dari Prabowo

    Jadi Komisaris BUMN, Laporan Kekayaan Denny JA Tembus Rp3 Triliun, Lebih Kaya dari Prabowo

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ditunjuk jadi Komisaris Utama PT Pertamina Hulu Energi (PHE) pada akhir Agustus 2025, Denny Januar Ali atau Denny JA melaporkan harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

    Dilansir dari sistem Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), harta kekayaan Denny JA mencapai Rp3,07 triliun per 27 Agustus 2025 atau awal menjabat sebagai komisaris utama PHE.

    Kekayaan pengamat politik dan pimpinan lembaga survei itu disebut lebih kaya daripada Presiden Prabowo Subianto yang tercatat Rp2,06 triliun per April 2025.

    Adapun kekayaaan Denny JA terdiri dari kepemilikan tanah dan bangunan senilai Rp594,31 miliar. Adapun, tanah dan bangunan itu tersebar di 103 titik di Jakarta, Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Bogor, Karawang, Bali, Minahasa, hingga Kota Bolaang.

    Denny JA juga memiliki kekayaan berupa alat transportasi dan mesin dengan total senilai Rp7,85 miliar. Perinciannya, dia memiliki mobil Mercedes Benz BLE 400 tahun 2018 senilai Rp500 juta. Lalu, mobil Mitsubishi Pajero tahun 2021 senilai Rp500 juta, mobil Mercedes Benz GLE 400 tahun 2025 senilai Rp2,8 miliar, dan mobil Toyota Alphard tahun 2023 senilai Rp1,38 miliar.

    Kemudian, Denny JA juga memiliki mobil Mercedes Benz S 500 L tahun 2007 senilai Rp200 juta, mobil Toyota Land Cruiser GSR 300 tahun 2023 senilai Rp2,3 miliar, dan motor Honda Revo tahun 2014 senilai Rp4,7 juta.

    Berikutnya, motor Honda Revo tahun 2014 senilai Rp4,7 juta dan motor Honda Beat tahun 2011 senilai Rp6,6 juta. Ada pula motor Honda Beat tahun 2014 sebanyak empat unit masing-masing senilai Rp7,8 juta dan mobil Daihatsu Sigra tahun 2023 senilai Rp118 juta.

  • Ternyata Segini Pajak Tahunan Mobil Termurah di Indonesia

    Ternyata Segini Pajak Tahunan Mobil Termurah di Indonesia

    Jakarta

    Mobil termurah di Indonesia dibanderol Rp 138,5 juta. Dengan harga segitu, berapa pajak tahunan mobil termurah di Indonesia?

    Ada banyak model mobil yang dijual di Indonesia. Tapi kalau bicara yang harganya paling murah cuma ada satu. Adalah Daihatsu Ayla 1.0 M bertransmisi manual. Mobil ini dijual seharga Rp 138,5 juta, paling murah di antara model-model lainnya.

    Dengan harga tak sampai Rp 140 juta itu, tak sedikit yang dibuat penasaran dengan pajak tahunannya. Berapa yang harus dibayar pemilik mobil termurah di Indonesia tiap tahunnya?

    Pajak tahunan itu bisa dihitung dengan mengalikan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB) dengan tarif pajak yang berlaku di suatu daerah. Di Jakarta misalnya, tarif PKB yang dikenakan terhadap kendaraan pertama adalah 2 persen. Tarif 2 persen itu dikalikan dengan DP PKB yang berlaku untuk salah satu model kendaraan yang tercantum dalam Permendagri setiap tahunnya.

    Pajak Tahunan Mobil Termurah di Indonesia

    Maka mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 7 tahun 2025 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama, Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat tahun 2025, DP PKB Ayla 1.0 M M/T sebesar Rp 92,4 juta. Bila kendaraan terdaftar di Jakarta sebagai kendaraan pertama, maka dikenakan tarif 2 persen.

    Dengan demikian hitungan pajaknya sebagai berikut

    PKB Pokok : DP PKB x tarif PKB
    : Rp 92,4 juta x 2%
    : Rp 1,848 juta

    Selanjutnya selain PKB pokok, pembayaran pajak tahunan juga ada tarif SWDKLLJ. Nah untuk mobil tarifnya Rp 143 ribu. Dengan demikian pajak tahunan mobil termurah di Indonesia yang terdaftar sebagai kendaraan pertama di Jakarta sebagai berikut.

    PKB Pokok: Rp 1,848 juta
    SWDKLLJ: Rp 143 ribu
    Total: Rp 1,991 juta

    Itu tadi perhitungan pajak tahunan mobil termurah di Indonesia. Pajaknya bisa jadi berbeda bila kendaraan terdaftar di daerah lain dan juga bukan kepemilikan pertama.

    Spesifikasi Mobil Termurah di Indonesia

    Sekadar informasi tambahan, mobil termurah di Indonesia ini menggendong mesin 1.000 cc, 1 KR-VE, DOHC VVT-i, yang bisa menghasilkan tenaga 66 dk pada 6.000 rpm dan torsi 88 Nm pada 4.400 rpm. Secara dimensi, mobil kembaran Toyota Agya ini punya panjang 3.760 mm, ground clearance 160 mm, jarak sumbu roda 2.525 mm, serta lebar 1.665 mm.

    Dari segi safety, mobil ini sudah dilengkapi airbag, namun di website resmi tak dijelaskan berapa jumlahnya. Dengan harga paling murah, beberapa fitur pun absen di varian terbawah ini, seperti alarm dan remote, immobilizer, hingga lampu kabut.

    (dry/rgr)

  • BYD Bantah Mau ‘Acak-acak’ Pasar Kei Car Jepang

    BYD Bantah Mau ‘Acak-acak’ Pasar Kei Car Jepang

    Tokyo

    BYD baru saja meluncurkan mobil listrik berbentuk kei car untuk pasar domestik Jepang. BYD membantah anggapan yang menyebutkan pabrikan China itu mau mengacak-acak pasar kei car Jepang.

    BYD menjadi pabrikan non-Jepang pertama yang meluncurkan kei car di pasar domestik Negeri Sakura itu. Sebelunmnya, pasar kei car hanya diramaikan produsen mobil Jepang seperti Daihatsu, Mitsubishi, Nissan, hingga Suzuki.

    BYD Racco Foto: (Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto)

    Untuk diketahui, kei car merupakan mobil mungil dengan spesifikasi dan ukuran tertentu dan hanya dijual di Negeri Sakura. BYD justru bikin kejutan dengan menghadirkan kei car bertenaga listrik bernama Racco untuk pasar Jepang.

    General Manager of Asia-Pacific Automotive Sales Division BYD, Liu Xueliang, mengatakan BYD meyakini bahwa pesaing utama BYD di pasar Jepang adalah produsen mobil impor lainnya. BYD membantah menjadi pesaing merek lokal Jepang di negara itu.

    “Kami telah lama menyatakan bahwa kami di sini bukan untuk bersaing dengan perusahaan Jepang, melainkan untuk memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen Jepang, sehingga mereka bebas menentukan produk dan merek mobil mana yang akan dibeli,” kata Liu dikutip media lokal China, IT Home.

    BYD baru resmi memasuki pasar kendaraan penumpang di Jepang pada Juli 2022. Hingga saat ini, BYD telah meluncurkan beberapa model kendaraan listrik murni di negara tersebut, termasuk Yuan PLUS, Dolphin, Seal, dan Sealion 7. Di Jepang, BYD mencatatkan total penjualan kendaraan penumpang sebanyak 7.123 unit.

    “Kami melampaui total penjualan tahun lalu hanya dalam sembilan bulan. Pada dasarnya, tiga tahun ini telah mengalami pertumbuhan yang berkelanjutan, dan tren pertumbuhannya cukup optimis,” katanya.

    Namun, Liu Xueliang juga mengakui bahwa pertumbuhan di pasar Jepang tidak akan secepat di negara lain. “Saya pikir pertumbuhan yang stabil ini justru lebih kondusif bagi pengembangan platform kami, karena proses pertumbuhan juga merupakan proses ‘terus-menerus menemukan kesalahan dan memperbaiki diri’.”

    Kehadiran BYD Racco di pasar Jepang bisa menjadi ancaman baru bagi produsen otomotif domestik negara itu. Kompetisi kei car di Jepang semakin menantang.

    “Ada banyak standar untuk mobil kecil di dunia, dan BYD telah memilih standar Jepang untuk kendaraan ringan. Saya sangat senang. Kompetisi baru akan segera dimulai, dan saya harap kita dapat saling belajar dan berjuang maju. Ambang batas konsumen Jepang untuk membeli produk China semakin menurun. Saya yakin (BYD) merupakan ancaman besar,” kata Presiden Suzuki, Toshihiro Suzuki.

    (rgr/din)

  • Reaksi Bos Lexus Saat Toyota Umumkan Century Jadi Brand Termewah Toyota

    Reaksi Bos Lexus Saat Toyota Umumkan Century Jadi Brand Termewah Toyota

    Jakarta

    Century resmi menjadi brand tertinggi dari Toyota Group. Jika seluruh dunia dibuat terkejut dengan peluncuran brand termewah Toyota tersebut, tapi tidak untuk orang nomor satu Lexus, President Lexus International Takashi Watanabe.

    Lelaki yang kerap disapa Watanabe ini mengatakan tidak ada waktu dan pembicaraan khusus untuk memperkenalkan Century untuk menjadi brand tertinggi Toyota group. Karena menurut dirinya, Toyota Group hanya membicarakan visi dan misi ke depan, serta langkah apa yang harus dipersiapkan untuk menyambut masa depan.

    “Jadi, tidak ada tanggal atau waktu tertentu khusus untuk membicarakan Century. Jadi, percakapannya dengan Ketua Akio Toyoda (Chairman of Toyota), selalu membahas tentang apa yang perlu kita lakukan untuk brand-brand bergerak maju ke masa depan. Mereka selalu melakukan percakapan seperti ini,” ucap Watanabe.

    “Jadi, pembicaraan yang selalu dilakukan dengan Ketua Akio adalah tentang bagaimana membuat, misalnya, Century. Ketika mereka mengadakan pertemuan dan pembicaraan ini, Century memiliki visi yang pasti tentang di mana mereka ingin berada, apa yang perlu mereka lakukan, dan juga nilai-nilai apa yang mereka rasa dan dapat mereka tawarkan. Lexus juga memiliki visinya sendiri, dan apa yang bisa kita lakukan? Tantangan baru apa yang bisa kita hadapi? Nilai apa yang hanya bisa Lexus miliki? Apa yang bisa kita berikan sebagai satu-satunya Lexus?” Watanabe menambahkan.

    Selanjutnya, kata Watanabe, kini seluruh masyarakat dunia mengetahui perbedaan antara Century dan Lexus.

    Lexus LS Concept 6 Roda Foto: (Mohammad Luthfi Andhika/detikOto)

    “Dan tiba-tiba Anda mulai melihat kedua merek tersebut pada porosnya masing-masing, dan kami kemudian dapat memiliki pandangan yang jauh lebih jelas tentang apa yang perlu dilakukan masing-masing brand dan peran apa yang dapat mereka mainkan dalam keseluruhan grup. Jadi, dari sudut pandang Lexus, apa yang unik dari Lexus? Bagaimana caranya? Bagaimana kita mewujudkannya menjadi produk nyata?” ucap Watanabe.

    “Jadi, siklus percakapan ini terus berlanjut, dan tentu saja, kami memiliki GR di dalam Toyota Group dan dalam tubuh Toyota sendiri. Begitu juga Daihatsu, spesialis mobil kecil. Dan inti dari semua diskusi ini adalah, sungguh, karena kami memiliki GR dan Daihatsu dan semua pendatang baru lainnya yang menjadi bagian dari group. Peran setiap orang menjadi jelas, dan hasil akhirnya adalah jauh lebih baik bagi pelanggan, karena sekarang kami benar-benar dapat menargetkan apa yang mereka butuhkan,” jawab Watanabe.

    Sehingga semua langkah yang Toyota Group terhadap brand di dalamnya, merupakan langkah strategis.

    “Tapi intinya adalah kami melakukan semuanya bersama-sama. Dan kami melakukan semuanya bersama-sama dengan peran masing-masing, dan saya pikir itulah pesan terbesar yang ingin kami sampaikan,” tutup Watanabe.

    (lth/rgr)